Patricia Shanti Arya Sathyani

Yuyu Kangkang

Selasa, 12-08-2008 17:15:17 oleh: Patricia Shanti Arya Sathyani
Kanal: Opini

Masih ingatkah Anda akan cerita Ande-ande Lumut ?

Sekedar menyegarkan ingatan dan mungkin memberi gambaran, ringkas ceritanya begini :

Tiga orang putri bersaudara, Klenting Abang, Klenting Ijo dan Klenting Kuning diundang ke pesta di istana Pangeran Ande-ande Lumut yang terletak di seberang sebuah suang yang berarus deras dan berbahaya yang dijaga oleh seekor ketam, Yuyu Kangkang. K. Abang dan K. Ijo tiba lebih dahulu ke istana itu dengan bantuan Yuyu Kangkang dengan imbalan sesuatu yang berharga dari keduanya. Sementara K. Kuning yang telah diberi kotoran ayam hingga sangat bau dan tidak menarik, dengan susah payah berhasil mencapai istana. Akhirnya, K. Kuning lah yang dipilih sebagai istri Ande-ande Lumut. Kedua kakaknya tidak dipilih karena dianggap sebagai "bekas" si yuyu kangkang.

Baru-baru ini, dan beberapa kali terjadi, saya bertemu dengan orang-orang yang bersikap seperti si Yuyu Kangkang ini. Mereka adalah orang-orang dengan posisi yang memungkinkan segala sesuatu yang melewatinya jadi atau batal. Contohnya, misalkan seorang dosen yang sebenarnya dapat dengan mudah meluluskan mahasiswanya dengan metode sederhana, ujian.  Jika lulus, ya lulus, gagal, silakan mengulang.

Tetapi, ada (dan semua orang juga tahu hal ini) beberapa, yang membuat arus sungai menjadi terlihat deras dan sangat berbahaya jika diseberangi tanpa bantuan Yuyu Kangkang. Dengan kata lain, mereka membuat orang lain mau tidak mau melakukan sesuatu yang lebih dan bahkan terkadang di luar kewajaran, dengan dalih apapun demi tujuan di balik itu semua.

Ribet ? Misalnya (maaf jika ada yang merasa tersinggung)

Jika dengan ujian biasa seorang mahasiswa hanya dapat mencapai nilai C+, seorang dosen yang baik akan memberi tugas tambahan, atau memintanya datang kembali untuk ujian perbaikan. Tetapi dosen tipe yuyu kangkang, akan meminta kompensasi yang lain, entah itu dalam bentuk materi, seperti uang atau benda, barang-barang elektronik yang ingin dimilikinya, atau apapun itu, agar si mahasiswa itu dapat lulus dengan nilai B atau A.

Tinggallah kita menentukan sikap. Mau mengikuti jejak Klenting Abang atau Klenting Ijo, atau mengikuti Klenting Kuning yang idealis.

Di zaman sekarang, hasil akhir tak melulu sesuai dengan mimpi indah yang dituturkan dongeng-dongeng. Bahkan, terkadang berkali-kali kita nampak bahwa yang berjuang akan tetap menjadi pejuang tanpa hasil yang sepantasnya mereka dapatkan, sementara si klenting-klenting abang ini menikmati hasil yang sangat memuaskan.

 

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label opini, renungan, uneg-uneg
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Rabu, 13-08-2008 02:02:25 oleh: Bagus Y Prayitno

Cerita Ande-ande Lumut ...hmmm
merupakan cerita favorit anakku yg usia 3.5 thn, yang minta didongengin menjelang tidur. Walau tdk mengerti bahasa jawa, tapi paling suka dinyanyikan lagu Ande-Ande Lumut dalam bahasa Jawa sampai bobo....
Saya juga gak ngerti anakku kok suka cerita dan lagu Ande-ande Lumut versi Jawa tsb...
Mungkin karena bapaknya Wong Jowo Deles...
he..he..he




Rabu, 13-08-2008 14:44:10 oleh: Phil Lea

Filosofi dibalik cerita ande-ande lumut sebenarnya sangat dalam, analogi yang disampaikan dalam artikel diatas mengenai tipe dosen yuyukangkang, sebenarnya tipe-tipe yuyukangkang ini ada dimana-mana di Indonesia dalam metamorfosa yang berupa, petugas DLLAJR, polisi, jaksa, hakim, anggota DPR dan banyak lagi, yang mempunyai kecenderungan memakai kekuasaan yang ada pada jabatannya untuk mencari upeti, baik berupa materiel maupun non materiel. Mengikuti jejak Klenting Kuning saat ini, banyak orang yang tidak mau bersusah payah, dan lebih senang memakai jalan pintas seperti klenting merah atau klenting hijau yang menghalalkan segala cara termasuk mengorbankan kehormatannya...so...pilihan mau menjadi klenting apa saja ada di tangan kita. Salam.!!



Selasa, 13-10-2009 02:00:07 oleh: RONNY SUDARLIM

Saya bukannya mau kasih komentar, tapi saya adalah salah satu sahabat lamamu. Dulu kita pernah se-kelas di sd kristus raja dok v bawah jayapura. Kita se-kelas dari kelas 1a (wali kelasnya ibu kanti) sampai kelas 6a (wali kelasnya pak alip). terakhir kita bertemu tahun 1996. selama 9 tahun terakhir saya berusaha dan berjuang mencari tahu dimana kamu berada sekarang. Kalau kamu baca tulisan ini, saya mohon beritahu melalui rubrik ini sekarang juga alamat tempat kamu tinggal sekarang. alamat rumahmu di japyapura saya lupa, tapi jalan menuju kesana saya masih ingat. salam kangen dari saya RONNY SUDARLIM, teman dan sekaligus sahabat dekatmu waktu di sd dulu. TUHAN YESUS SELALU MENYERTAI DAN MEMBERKATIMU.



Rabu, 21-10-2009 17:26:35 oleh: patricia shanti a.s

ronny, apa kabar ... kamu bisa add saya di facebook ... ada beberapa teman lama lain juga disana, ditunggu ya ....



Jumat, 23-10-2009 05:25:16 oleh: ronny sudarlim

shanti, tolong segera kirim alamat emailmu. alamat emailku roda@yahoo.co.id. ronny sahabatmu.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY