Anwariansyah

Tips : Membaca Isi Hati Orang dengan Memahami Bahasa Tubuhnya

Kamis, 31-07-2008 08:56:13 oleh: Anwariansyah
Kanal: Opini

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari posting saya kemarin berjudul Tips : Membaca Pikiran Orang (Curiga itu Payah, Waspada Ngga Salah). Bisa dilihat di warta terkait. Sedangkan maksud dari disajikannya tulisan ini adalah untuk membantu Anda agar bisa lebih memahami pikiran dan perasaan orang lain serta respon jujur dari lawan bicara atau orang di sekitar Anda. Karena Anda membutuhkan umpan balik yang jujur, bukan kepura-puraan, agar tindak lanjut yang akan diambil oleh Anda dalam suatu perencanaan, baik rencana membina hubungan dengan orang lain secara umum atau pribadi, hubungan bisnis maupun politik dapat berlangsung dengan baik dan tepat sasaran.

 

Bahasa tubuh (body language)

Bahasa tubuh (body language) merupakan alat komunikasi primitif yang sudah lama dipergunakan oleh manusia. Bahasa tubuh merupakan gerakan tubuh dan bagian-bagiannya yang terjadi secara spontan dan merupakan hasil olah alam bawah sadar dalam upayanya mengekspresikan perasaan dan keinginan tersembunyi di dalam hati. Sejak manusia masih berupa bayi, perubahan mimik (ekspresi) wajah dan gerak anggota tubuh merupakan alat komunikasi antara si bayi dengan orang di sekitarnya. Karena seorang anak bayi masih belum bisa berkata-kata, maka bahasa tubuh menjadi bahasa utama dan penting sebagai alat pengungkap perasaan dan keinginannya yang harus dimengerti oleh orang di sekitarnya agar dapat memahami keinginan si bayi dan memenuhi kebutuhannya.

 

Beberapa contoh bahasa tubuh seorang anak bayi :

- Menggerak-gerakkan bibir dan mengecap-ngecapnya atau mengisap-isap jarinya : Salah satu tanda bahwa bayi sedang haus dan lapar.

- Memainkan lidah : Sedang senang, biasanya diikuti dengan menggerak-gerakkan tangan dan kaki.

- Telapak tangan menggenggam erat : Aku merasa udara dingin.

- Telapak Tangan membuka : Aku merasa udara hangat.

- Mengangkat kedua tangannya : Aku ingin digendong atau ingin bermain-main.

- Tersenyum : Aku sedang merasa senang dan bahagia karena terpuaskan keinginanku.

- Menangis : Aku sedang marah dan kesal karena tidak ada seorang pun yang memenuhi keinginanku.

- Menghentak-hentakkan kaki berarti perasaannya sedang meluap-luap. Apabila sambil tertawa berarti : Aku sedang merasa sangat senang dan bahagia yang luar biasa karena aku puas. Apabila sambil menangis berarti Aku merasa sangat marah dan kesal karena tidak ada orang yang memenuhi keinginanku.

 

Setelah manusia menjadi lebih dewasa dan mampu berkomunikasi dengan bahasa lisan secara fasih, bahasa tubuh masih merupakan alat komunikasi penting yang harus diperhatikan di dalam menjalin hubungan di antara sesama manusia. Ekspresi perasaaan dan keinginan yang muncul dari alam bawah sadar ini bisa menjadi tanda bagi kita dalam membaca isi hati lawan bicara kita. Bahkan seringkali ucapan kata-kata yang keluar dari mulut seseorang ternyata tidak bersesuaian dengan bahasa tubuh yang ditunjukkan oleh gerak tubuh dan mimik wajahnya, atau dengan kata lain ada upaya menutup-nutupi perasaan yang sesungguhnya.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami bahasa tubuh :

1. Bagian-bagian tubuh yang harus diperhatikan seperti kepala dan wajah serta bagian-bagiannya, dan tubuh bagian bawah dan anggotanya seperti tangan dan kaki.

2. Perubahan mimik atau ekspresi wajah.

3. Gerakan tangan dan kaki.

4. Arah dan posisi tubuh.

5. Areal atau wilayah di dalam dan di luar tubuh.

 

Bahasa tubuh dalam pergaulan sehari-hari

1. Apabila Anda sedang berbicara dengan seseorang dan lawan bicara kita tampak melakukan hal-hal seperti berikut ini :

- Berbicara dan tidak berani bertatapan mata, biasanya setelah terjadi kontak mata sebentar langsung mengalihkan pandangan ke arah lain : Pada dasarnya dia tidak mau diketahui maksud hatinya yang sesungguhnya, kemungkinan juga ada rahasia yang disembunyikan.

- Berbicara sambil memegang-megang ujung hidung atau daun telinga dan biasanya tidak berani menatap mata kita : Kemungkinan besar dia sedang berbohong

- Apabila berbicara pada posisi berdiri dan dia tidak menghadapkan tubuhnya persis kearah Anda : Dia tidak begitu berminat berbicara dengan Anda, bahkan meremehkan Anda.

- Berbicara sambil melihat ke sekeliling : Dia sedang mencari seseorang atau sedang mencari perhatian orang-orang di sekitar.

- Berbicara sambil mengangkat salah satu kakinya dan diletakkan di atas kaki yang lain : Dia berusaha menunjukkan statusnya.

- Berbicara sambil kedua tangan saling meremas atau salah satu tangan mengelus-elus tangan yang lain dan badan agak membungkuk : Dia sedang berusaha memperoleh rasa belas kasihan Anda.

- Mendengarkan Anda sambil memegang dagu dan mengelus-elusnya : Dia sedang berusaha menilai Anda dan apa yang Anda bicarakan.

- Mendengarkan Anda sambil menopang dagu dengan tangannya : Dia sedang memperhatikan Anda dan apa yang Anda bicarakan. Apabila dia bersikap seperti itu sambil mencibir dan sedikit mendongakkan kepala serta alis mengernyit : Dia sedang berpikir keras memahami pembicaraan Anda atau ada isi pembicaraan yang tidak sesuai dengan pemikirannya.

- Mendengarkan dengan salah satu tangan menopang kepala dengan jari telunjuk menyentuh pelipis : Dia sedang berpikir atau berusaha menunjukkan bahwa sedang menyimak pembicaraan Anda.

- Mendengarkan Anda sambil mengelus-elus lehernya, terkadang memandang ke arah lain : Dia sudah bosan berbicara dengan Anda atau dengan topik pembicaraannya.

- Mendengarkan Anda sambil garuk-garuk kepala : Dia terpaksa mendengarkan pembicaraan Anda atau terpaksa bertemu dengan Anda.

- Mendengarkan Anda tapi kedua telapak tangan ditekankan di atas paha atau lutut : Dia sudah ingin mengakhiri pembicaraan dan ingin meninggalkan tempat itu.

- Mendengarkan sambil menoleh ke kanan dan ke kiri : Dia sedang tidak fokus dengan pembicaraan dan suka minta perhatian orang atau sedang mencari seseorang.

- Mendengarkan Anda dengan kedua mata terbuka lebar menatap Anda : Dia berminat dengan Anda atau pembicaraannya.

- Mendengarkan sambil kedua tangan bersedekap di dada dan/atau kedua kaki disilangkan : Apabila tatapannya tajam, maka hati-hati ada pembicaraan Anda yang agak bertentangan dengannya atau cara Anda berbicara yang tidak disukainya. Apabila dia sering menoleh ke arah lain tampaknya dia kurang berminat untuk berbicara (sedang ingin diam atau sendiri).

- Apabila dia adalah tamu Anda dan dia sering berdehem-dehem sambil menelan air liur atau membasahi bibir dengan lidah : Kemungkinan besar dia sedang haus dan Anda harus segera menawarkan minuman kepadanya.

- Apabila dia sering menatap ke cangkir atau gelas di depannya : Dia menunggu dipersilakan minum oleh Anda atau meminta tambahan air.

 

2. Apabila Anda sedang berkumpul dan mengobrol dengan beberapa orang, maka perhatikanlah hal-hal seperti berikut ini :

- Apabila selama pembicaraan Anda jarang ditoleh dan disapa : Anda tidak diharapkan ikut di dalam pembicaraan itu atau pendapat Anda tidak dibutuhkan oleh mereka.

- Perhatikan dada teman-teman bicara Anda di sebelah kanan maupun kiri, apabila cenderung mengarah kepada Anda : Anda tetap diharapkan ikut di dalam pembicaraan tersebut.

- Pembicaraan Anda disela dan dipotong, lalu teman-teman Anda berbicara sesama mereka : Anda sudah seharusnya pergi karena kehadiran Anda benar-benar tidak diharapkan.

- Apabila dalam posisi berdiri, arah salah satu telapak kaki teman-teman Anda menuju ke arah Anda : Mereka berminat berbicara dengan Anda.

 

3. Apabila Anda seorang pria dan di depan Anda ada seorang wanita yang belum dikenal.

- Dia sering melihat ke arah Anda : Dia berminat terhadap Anda

- Dia menghadapkan duduknya ke arah Anda : Dia benar-benar menunjukkan minatnya kepada Anda

- Dia tersenyum terlebih dulu kepada Anda : Dia mengharap disapa oleh Anda

- Dia memain-mainkan rambutnya sambil sesekali melirik ke arah Anda : Dia mencoba menarik perhatian Anda.

- Dia mengelus-elus bagian tubuhnya seperti tangan, leher atau dada : Dia mencoba menarik perhatian Anda secara seksual dengan menunjukkan kecantikannya.

- Dia duduk dengan mengangkat salah satu kakinya dan diletakkan di atas kaki yang lain : Dia sedang menunjukkan status sosialnya. Apabila dia memperlihatkan betisnya berarti dia juga berusaha menunjukkan kecantikannya.

- Dia menatap ke arah lantai sambil memainkan bagian pakaiannya atau menggoyang-goyangkan kakinya dengan sudut matanya mencuri-curi pandang ke arah Anda : Dia benar-benar mengharapkan Anda segera mendekatinya, menyapanya dan memulai perkenalan.

- Dia menggeser duduknya atau mencari tempat duduk baru yang ada ruang kosong di sampingnya : Dia mempersilakan Anda untuk pindah duduk di sampingnya.

- Dia mengedipkan sebelah matanya kepada Anda : Dia membuka peluang untuk suatu hubungan intim.

 

4. Saat Anda seorang pria sedang berbicara dengan seorang wanita.

- Dia mendengarkan sambil menatap Anda dengan mulut agak terbuka dan membasahi bibirnya dengan lidah : Dia akan bersedia bila dicium.

- Dia mendengarkan sambil menatap Anda dengan mencondongkan dadanya : Dia akan bersedia bila dipeluk.

- Dia berbicara sambil kedua tangan bersedekap di dada : Dia mempertegas bahwa dia hanya seorang teman bicara atau diskusi.

- Dia tidak menarik tangannya ketika disentuh jarinya : Dia membuka kesempatan untuk membina hubungan lebih dekat.

- Dia tidak menarik tangannya ketika disentuh bagian siku : Dia tidak akan menolak apabila diajak kencan.

- Pada umumnya semakin dekat suatu sentuhan dengan tubuh bagian dalam (dada dan perut), maka semakin intim suatu hubungan.

- Apabila didekati oleh Anda, dia mengambil sedikit langkah mundur : Dia menunjukkan sikap defensif, jadi Anda harus berhati-hati dan jangan keliru bersikap.

- Apabila dia secara atraktif mencubit atau menepuk tangan Anda atau membersihkan debu atau kotoran di baju Anda, dan biasanya diikuti lirikan ke sekeliling : Dia berusaha menunjukkan kepada orang lain di sekitar bahwa dia akrab atau intim dengan Anda.

 

5. Apabila Anda seorang wanita dan di depan Anda ada seorang pria yang belum dikenal.

- Dia tersenyum kepada Anda : Anda sesuai dengan seleranya.

- Dia menggaruk-garuk lehernya dan menatap ke atas maupun ke kanan-kiri : Dia gugup dan salah tingkah.

- Dia memalingkan wajah ke arah lain tapi sering melirik ke arah Anda : Dia tidak berani mendekati Anda atau karena ada pria lain di samping Anda yang diduganya adalah pasangan Anda.

 

6. Saat Anda seorang wanita sedang berbicara dengan seorang pria.

Sambil berdiri :

- Salah satu tangannya memegang tangan yang lain di depan pinggangnya : Dia adalah pria yang sangat sopan.

- Salah satu atau kedua tangannya ada di saku celananya : Dia merasa lebih berkuasa dari Anda.

- Dia meletakkan salah satu tangannya ke dinding tempat Anda bersandar : Dia merasa bisa menguasai Anda.

- Dia berbicara dengan terus-menerus menatap mata Anda : Dia sedang menunjukkan perasaannya kepada Anda.

- Dia sering melihat ke dada Anda atau bagian tubuh lainnya : Dia menyukai bagian-bagian yang dilihatnya tersebut.

 

Sambil duduk :

- Jari jemari kedua tangannya disilangkan seperti orang berdoa dan diletakkan di depan mulutnya : Dia sedang bingung untuk mengambil keputusan.

- Dia mendengarkan Anda berbicara dengan salah satu atau kedua telapak tangannya menopang pipinya : Dia bosan dengan pembicaraan atau bosan dengan duduk-duduk saja atau sedang mengantuk.

- Dia melingkarkan tangannya ke bahu Anda atau sandaran kursi di belakang Anda : Dia ingin memeluk Anda dan memberi kesan melindungi Anda. Apabila dilakukan di hadapan orang lain : Dia ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa dialah pemilik diri Anda.

 

7. Apabila Anda sedang berada dalam situasi jual beli

- Penjual yang akan mengambil untung sangat besar dari Anda biasanya tidak berani menatap mata Anda saat tawar-menawar, saling mencuri-curi pandang dengan temannya sesama pedagang dan ketika Anda sedang mempertimbangkan harga yang ditawarkannya, dia kemudian pergi menjauh dan pura-pura sibuk, lalu melirik Anda sambil berharap Anda menerima tawaran tersebut.

- Penjual yang berbohong tentang keaslian suatu barang, biasanya tidak berani menatap mata Anda saat tawar-menawar dan berkesan tidak mau banyak bicara untuk menjelaskan spesifikasi barang tersebut dan tidak mau berlama-lama dalam tawar-menawar.

- Pembeli yang memegang-megang banyak barang : Dia tidak benar-benar berniat membelinya satu pun.

- Pembeli yang memegang satu macam barang dan dengan serius menanyakannya kepada Anda (Penjual) : Dia benar-benar berniat membelinya.

- Pembeli yang kehilangan senyumannya setelah Anda memberitahukan harganya : Dia sedang mempertimbangkan untuk menawar harganya atau tidak jadi membelinya.

- Pembeli yang pergi menjauh namun matanya masih melirik barang yang tidak jadi dibelinya : Dia benar-benar berminat terhadap barang itu.

 

Demikianlah sebagian bahasa tubuh yang barangkali pernah dilihat atau mungkin dilakukan oleh kita dan orang di sekitar kita. Apabila Anda sudah mengetahui maknanya, semoga bermanfaat untuk Anda dalam membina hubungan dengan orang lain di masa yang akan datang. Salam.

Bookmark and Share

Tag/Label membaca pikiran, bahasa tubuh, body language, perasaan, maksud isi hati, anwar, anwariansyah, kiat
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
32 komentar pada warta ini
Kamis, 31-07-2008 09:44:29 oleh: Eryawan Nurcahya

Mas Anwariansyah ...

Apakabar Mas ... waduh jadi seperti bercermin ke diri sendiri, apakah kita sudah memberikan yang terbaik kepada lawan bicara kita atau siapapun yang kita kenal, baik kenalan lama ataupun baru. Karena intinya berbuat baik kepada sesama itu adalah ibadah.

Omong-omong, di uraian ...
3. Apabila Anda seorang pria dan di depan Anda ada seorang wanita yang belum dikenal.

Jadi teringat pada waktu makan siang ataupun saat menunggu seseorang di Lobby untuk urusan kantor, selalu ada " someone watch over me " dengan ciri-ciri diatas.

Biasanya yang akan saya lakukan adalah dengan memperlihatkan cincin pernikahan dengan sikap dan kesan yang tidak disengaja untuk menghormati perasaan yang bersangkutan ...

Trims ...




Kamis, 31-07-2008 11:25:21 oleh: Anwariansyah

@Mas Eryawan N

Sama-sama Mas. Eh, gimana kalo tu cewe pikir : Wah, ini tantangan buat gue. Gue harus cari tau, kantornya di mana, ya ? ... :)




Jumat, 15-08-2008 14:27:00 oleh: wendywahyudi

very good



Kamis, 28-08-2008 16:12:57 oleh: mulyadi

yah makasih banyak tuh artikelnya, thanks berat gue jadi sadar kalow gue slamaini g peduli ama temen n saudara gt



Kamis, 28-08-2008 16:15:12 oleh: ikhwan kunto alfarisi

wah, aku baca ini spt lg kuliah.. bahasan ku ini trus euy...

hehehehee




Rabu, 24-09-2008 01:35:58 oleh: mbambang

tergantung situasi, terkadang semuanya bisa terbalik 180'



Sabtu, 17-01-2009 15:31:56 oleh: dony http://donyseptyono.com

mantep mas postingannya



Jumat, 13-03-2009 22:46:09 oleh: trise anggraeni

cukup lengkap dan terperinci. kalo bisa tolong dibuatkan bahasan bahasa tubuh anak untuk anak-anak cos aku kan seorang guru jd sering aja ngeliahatin pola tingkah anak-anak yang lucuuu..thanks



Rabu, 20-05-2009 13:25:33 oleh: setia

nice post here.



Rabu, 27-05-2009 21:48:08 oleh: jhon

mas gimana kalau menarik simpati wanita yang kita dekati tetapi kemudian dia menjadi bosan dengan keberadaan kita ?



Rabu, 27-05-2009 22:07:09 oleh: Anwariansyah

Cari cewe lain ... :)



Minggu, 12-07-2009 22:11:53 oleh: edy

makasih atas tulisannya. gimana kalo lain kali dibahas mengenai bahasa tubuh terhadap lawan bicara saat transaksi penjualan. saya seorang marketing mas.



Minggu, 26-07-2009 06:41:18 oleh: Muhammad Nurdin

terkadang apa yang kita lihat dari orang lain itu sangat mudah ,tetapi sepintar2 kita ....adakalahnya kita juga bisa terkecoh ,,,,,karna orang bisa melihat keperihalan luar orang lain ,,,,tapi pikiran/isi hati seseorang belum tentu sesuai dengan apa yang kita pikirkan



Jumat, 31-07-2009 10:53:41 oleh: Miftahkurohmah

wah , aku jadi nyadar diri deh "maybe"
kan diriku pernah melirik si do'i .

si do'i taw g' ya?
hehe
kalo boleh?
kasih artikel tentang orang yang dapt mengetahui isi hati Qt donk...




Kamis, 17-09-2009 22:23:24 oleh: YUPITA

artikel yang anda buat sangat menarik sekali dan saya punya banyak pertanyaan tentang bahasa tubuh jadi bisa diadakan sesi konsultasi nggak?



Jumat, 18-09-2009 03:43:32 oleh: Anwariansyah

@YUPITA

Silakan, semoga bisa jawab




Jumat, 30-10-2009 08:35:38 oleh: angga k

waawwwwwww......... sangat menarik dan bermanfaat. kususnya dalam membina hubungan baik dengan lingkungan sekitar.



Jumat, 30-10-2009 09:22:27 oleh: Haris Setiawan Tan

Like This...!



Senin, 14-12-2009 23:21:44 oleh: mimin

mas,saya tu paling anti melihat bola mata lawan bicara karena saya kurang percaya diri bagaimana mengatasinya.thanks



Minggu, 03-01-2010 11:14:53 oleh: imam

mas, bagus banget infonya

klo boleh minta sumbernya dunk, klo g minta info lebih banyak. saya mau blajar lebih banyak tentang bahasa tubuh gtu klo bisa.

d kirim k email ku aja mas klo boleh,,

makasih banyak ya sblumnya :)




Senin, 18-01-2010 13:58:02 oleh: Adam.S

kalau membaca gerak mata yg menandakan berbohong atau tdknya,gmn?
nambah lagi
cara utk memastikan bahwa seorang perempuan jatuh cinta sama pria tu tandanya pa saja
THANK'S




Jumat, 22-01-2010 08:56:16 oleh: hafidz

good



Sabtu, 06-02-2010 16:18:54 oleh: ien

bahasan yang menarik...jadi bahan instropeksi diri.
kira kira..tanda tanda cowok naksir cewek..gimana yaa...
jadi penasaran..hehe




Kamis, 06-01-2011 17:45:23 oleh: fauzie

ini merupakan ilmu bagi saya dalam menghadapi wanita, saya baru menadari apa yang wanita harapkan dari saya ketika saya baca tulisan di atas.thanks



Minggu, 30-01-2011 11:54:06 oleh: vyckhi

ini adalah senjta bagi kita apa lagi sedang dalam jenjang berpacaran



Sabtu, 03-03-2012 18:52:38 oleh: meriyanti

wahh kren bangat ...





Kamis, 05-04-2012 05:03:31 oleh: lestari

Assalamualaikum ..
salam knal aja sbelumnya kac,...

oh ea kac saya di ajari dunk kac dlam memahmi bhasa2 dmikian..sya kpingin bgd..

terimakasih..




Rabu, 06-03-2013 17:30:32 oleh: moor

Artikel ini sungguh bermanfaat untuk memperkaya "ilmu pergaulan", khususnya bagi kaum wanita yang hari-harinya banyak berinteraksi dengan banyak pria sebagai "radar" sehingga tidak ada yang "selonong boy".
Mohon ijinnya Sob, saya sudah pasang link wikimu.com ke web saya kaoswisatahati.com
Makasih dan selamat berkarya.




Selasa, 23-04-2013 17:31:06 oleh: surya

Sangat berguna untuk menunjang suatu komunikasi yang nyaman. tks



Kamis, 02-05-2013 19:15:11 oleh: danang

gimana gan kalo ada cewe yang kalau berbicara itu matanya terus menatap mata saya seolah gak mau lepas, malah saya sendiri biasanya yang pertama memalingkan pandangan mata saya dari dia.. saya ngerasa ge er sendiri gan.. hehe tapi ragu-ragu soalnya dia udah punya pacar.. ??????



Jumat, 10-05-2013 18:54:14 oleh: rien

dah lama ga berkunjung ke wikimu..ehh nemu artikel menarik....thanks mas Anwariansyah



Selasa, 28-05-2013 09:11:21 oleh: hanung sumbogo jati

wooww...



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY