Dr Widodo Judarwanto Spa

Tidak Semua Psikopat Adalah Kriminal

Rabu, 30-07-2008 10:15:58 oleh: Widodo Judarwanto
Kanal: Kesehatan

Bila seorang penjahat dalam aksi kriminalnya dilakukan dengan keji, kejam dan tak berperikemanusian maka orang pasti akan memvonis sebagai psikopat. Tetapi sebenarnya tidak semua pembunuh adalah psikopat dan tidak semua psikopat pembunuh. Sebenarnya lebih banyak lagi psikopat yang berkeliaran dan hidup di tengah-tengah masyarakat, bukan sebagai pelaku kriminal.

Selama ini mungkin tidak disadari psikopat ada di sekitar kita. Apakah tetangga, teman kerja atau bahkan pasangan serta anggota keluarga mengalaminya. Penyimpangan perilaku itu adalah sikap egois, tidak pernah mengakui kesalahan bahkan selalu mengulangi kesalahan, tidak memiliki empati, dan tidak punya hati nurani. Bila itu semua ada kecurigaan psikopat layak diberikan.

DEFINISI

Psikopat adalah suatu gejala kelainan yang sejak dulu dianggap berbahaya dan mengganggu masyarakat. Istilah psikopat yang sudah sangat dikenal masyarakat justru tidak ditemukan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) IV. Artinya, psikopat tidak tercantum dalam daftar penyakit, gangguan atau kelainan jiwa di lingkungan ahli kedokteran jiwa Amerika Serikat. Psikopat dalam kedokteran jiwa masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial. Selain psikopatik, ada gangguan antisosial, asosial, dan amoral yang masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial.

Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan skizofrenia karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut "orang gila tanpa gangguan mental". Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopat. Beberapa seorang ahli memprediksi tiga dari 10 laki-laki di Amerika Serikat dan satu dari 30 laki-laki di Inggris adalah psikopat. Prediksi ini didasarkan pada penelitiannya, yang sebagian besar respondennya adalah laki-laki.

Psikopat ditemukan di berbagai profesi dan kelas sosial, laki- laki dan perempuan. Karena yang dirugikan oleh kejahatannya tak hanya individu tetapi juga masyarakat luas, Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau dirumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan. Dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, pemabuk, penjudi, penipu, pelaku kekerasan dalam rumah tangga, pelaku bunuh diri dan koruptor. Namun, kasus kriminal itu hanya terjadi pada sekitar 15-20 persen dari semua penderita psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.

PENYEBAB

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab psikopat. Berbagai teori dikemukakan oleh para peneliti. Teori kelainan struktural otak seperti penurunan intensitas bagian otak di daerah prefrontal grey matter dan penurunan volume otak di bagian "posterior hippocampal" dan peningkatan intensitas otak bagian "callosal white matter". Teori lain adalah gangguan metabolisme  serotonin, gangguan fungsi otak dan  genetik yang diduga ikut menciptakan karakter monster seorang psikopat.

Mungkin tidak terdapat kerusakan otak sebagai penyebab psikopatik. Tetapi terdapat anomali dalam cara psikopat memproses informasi. Dalam penelitian menggunakan MRI melalui pengenalan gambar-gambar kasus bunuh diri yang tidak menyeramkan. Pada orang non-psikopat terlihat banyak sekali aktivasi di amigdala sedangkan pada psikopat tidak ada perbedaan sama sekali. Namun ada peningkatan aktivitas di area lain pada otak yaitu area ekstra-limbik. Tampaknya psikopat menganalisis materi emosional di area otak tersebut.

Selain ada anomali di otak, faktor genetik dan lingkungan juga berperan besar melahirkan karakter psikopat. Stres atau tekanan hidup yang besar bisa pula merubah perilaku seseorang menjadi brutal. Namun bila sifatnya sementara, karena ada pemicu yang masuk akal, maka tidak bisa dikatakan psikopat. Ciri psikopat sebenarnya bisa dideteksi sejak kanak-kanak melalui berbagai perilaku yang tidak biasa. Perilaku antisosial pada anak-anak ternyata merupakan warisan genetik. Penelitian terhadap anak-anak kembar menunjukkan, anak menunjukkan kecenderungan psikopatik dini. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 3.687 pasang anakkembar berusia tujuh tahun.

GEJALA PSIKOPAT

Terdapat tiga ciri utama yang biasanya melakat pada seorang psikopat, yakni egosentris, tidak punya empati, dan tidak pernah menyesal. Terdapat sepuluh karakter spesifik psikopat. Di antaranya adalah tidak memiliki empati, emosi dangkal, manipulatif, pembohong, egosentris, pintar bicara, toleransi yang rendah pada frustasi, membangun relasi yang singkat dan episodik, gaya hidup parasitik, dan melanggar norma sosial yang persisten. Seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Sejumlah penelitian menunjukkan, psikopat lebih suka menyiksa pasangan daripada membunuhnya. Dari sekian banyak pembunuhan dalam rumah tangga, hanya 2% yang pelakunya benar-benar seorang psikopat. Para psikopat umumnya tidak menyesal setelah melakukan aksinya. Hanya sedikit psikopat yang menyesal lalu memutuskan bunuh diri. Dari 2% psikopatyang melakukan pembunuhan, seperempatnya melakukan bunuh diri.

Selengkapnya gejala psikopat adalah sebagai berikut :

  1. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
  2. Sering berbohong, fasih dan dangkal. Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain. Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya dan mengolahnya seakan-akan itu fakta.
  3. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki respon fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar -- bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah "dingin".
  4. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
  5. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
  6. Senang melakukan pelanggaran dan bermasalah perilaku di masa kecil.
  7. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
  8. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
  9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
  10. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
  11. Sikap antisosial di usia dewasa.

DIAGNOSIS

Tidak mudah mendiagnosa psikopat. Mencocokan kepribadian pasien dengan 20 kriteria yang ditetapkan Prof. Hare. Pencocokkan ini dilakukan dengan cara mewawancara keluarga dan orang-orang terdekat pasien, pengaduan korban, atau pengamatan prilaku pasien dari waktu ke waktu. Pemeriksaan elektroensefalogram, MRI, dan pemeriksaan kesehatan secara lengkap. Hal ini dilakukan karena menurut penelitian gambar hasil PET (positron emission tomography) perbandingan orang normal, pembunuh spontan, dan pembunuh terencana berdarah dingin menunjukkan perbedaan aktivitas otak di bagian prefrontal cortex yang rendah. Bagian otak lobus frontal dipercaya sebagai bagian yang membentuk kepribadian.  Wawancara menggunakan metode DSM IV (The American Psychiatric Association Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder versi IV) yang dianggap berhasil untuk menentukan kepribadian antisosial.  Dilakukan pengamatan perilaku dan  kepribadian pasien. Biasanya sejak usia pasien 15 tahun mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan kejiwaan.  Pemeriksaan psikotes untuk menilai tingkat kecerdasan. Psikopat biasanya memiliki IQ yang tinggi.

MMPL (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah metode yag selama ini digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan jiwa secara umum, termasuk psikopat. Namun MMPLmasih mempunyai kelemahan. Tidak sulit bagi seorang psikopat yang cerdas untuk merekayasa laporan dan berbohong. Akhirnya dikembangkan Psychopathy Checklist (PCL) dan versi revisinya Psychopathy Checklist-Revised (PCL-R), untuk penilaian secara valid dan benar tentang psikopat. PCL-R merupakan metode yang sudah dilengkapi dasar-dasar interview semi-struktural dengan seseorang yang dicurigai sebagai psikopat, bersama-sama diolah dengan berbagai informasi tentang orang tersebut. Penilaian ditentukan dengan skala, mulai dari 0 artinya tidak ada insikasi psikopat hingga 2 yang artinya seseorang positif memiliki karakter psikopat. Total skor adalah 40, dan seseorang didiagnosa psikopat jika dia memiliki skor antara 30 hingga 40. Pada beberapa kasus, skor 25 juga sudah dikategorikan psikopat.

Terdapat sekitar 20 kriteria dalam PCL-R dalam menegakkan diagnosis psikopat. Di antaranya  sebagai berikut  : persuasif dan memesona di permukaan, menghargai diri yang berlebihan, butuh stimulasi atau gampang bosan, pembohong yang patologis, menipu dan manipulatif, kurang rasa bersalah dan berdosa, emosi dangkal, kasar dan kurang empati, hidup seperti parasit, buruknya pengendalian perilaku, longgarnya perilaku seksual, masalah perilaku dini (sebelum usia 13 tahun), tidak punya tujuan jangka panjang yang realistis, impulsif, tidak bertanggung jawab atas kewajiban, tidak bertanggung jawab atas tindakan sendiri, pernikahan jangka pendek yang berulang, kenakalan remaja, melanggar norma dan keragaman kriminal.

Alat diagnosis lain yang digunakan berdasarkan teori yang sudah eksis (metode deduksi) adalah Primitive Defense Guide, Rorschach, ToM (Theory of Mind), SCT (Sentence Completion Test) dan NEO PIR.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN

Pada dasarnya, psikopat tidak bisa diterapi secara sempurna tetapi hanya bisa terobservasi dan terdeteksi. Untuk tahap pengobatan dan rehabilitasi psikopat saat ini baru dalam tahap kopleksitas pemahaman gejala. Terapi yang paling mungkin adalan non obat seperti konseling. Namun melihat kompleksitas masalahnya, terapi psikopat bisa dikatakan sulit bahkan tidak mungkin. Seorang psikopat tidak merasa ada yang salah dengan dirinya sehingga memintanya datang teratur untuk terapi adalah hal yang mustahil. Yang bisa dilakukan manusia adalah menghindari orang-orang psikopat, memberikan terapi pada korbannya, mencegah timbul korban lebih banyak dan mencegah psikopat jangan berubah menjadi kriminal.

Psikopat salah satu perilaku menyimpang yang banyak ditakuti masyarakat sebenarnya selama ini banyak terdapat disekitar kita. Sekitar 1 dari 100 orang di dalam masyarakat adalah psikopat. Hampir seperlimanya akan berperilaku kriminal seperti pembunuh, pemerkosa, koruptor, pemabuk, atau penjudi. Mungkin salah satunya akan berpotensi menjadi "monster penjagal manusia". Bila deteksi dini gangguan perilaku pada anak dan pendekatan lingkungan dilakukan dengan baik, maka idealnya psikopat tidak akan berubah menjadi kriminal.

Beberapa penelitian faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Lingkungan tersebut bisa berupa fisik, biologis dan sosial. Tetapi kebanyakan orang-orang beresiko biasanya memasuki lingkungan yang sama yang berpotensi terjadinya kejahatan tersebut. Faktor lingkungan fisik dan sosial yang beresiko berkembangnya seorang psikopat menjadi kriminal adalah tekanan ekonomi yang buruk, perlakuan kasar dan keras sejak usia anak, penelantaran anak, perceraian orang tua, kesibukan orangtua, faktor pemberian nutrisi tertentu, dan kehidupan keluarga yang tidak mematuhi etika hukum, agama dan sosial. Lingkungan yang beresiko lainnya adalah hidup ditengah masyarakat yang dekat dengan perbuatan criminal seperti pembunuhan, penyiksaan, kekerasan dan lain sebagainya.

Sedangkan lingkungan biologis salah satunya yang saat ini banyak diteliti adalah pola makan apakah berpengaruh terhadap tindak kriminal tersebut. Adanya penelitian yang dilakukan Peter C dkk tahun 1997 cukup mengejutkan. Didapatkan kaitan diet, alergi makanan, intoleransi makanan dan perilaku kriminal di usia muda cukup menjadi informasi dan fakta ilmiah yang menarik dan sangat penting, Meskipun demikian masih belum dapat dijelaskan mengapa beberapa faktor tersebut berkaitan.Terdapat beberapa faktor resiko untuk terjadi tindak kekerasan dan kriminal tersebut seperti agresifitas, emosi, impulsifitas, hiperaktif, gangguan tidur dan sebagainya. Ternyata banyak faktor resiko tersebut juga terjadi pada penderita alergi. Belakangan terungkap bahwa alergi menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya, karena alergi dapat mengganggu semua organ atau sistem tubuh kita termasuk gangguan fungsi otak. Gangguan fungsi otak itulah maka timbul gangguan perkembangan dan perilaku pada anak seperti gangguan konsentrasi, gangguan emosi, gangguan tidur, gangguan konsentrasi, impulsifitas hingga memperberat gejala penderita Autism dan ADHD.

Bila faktor genetik, gangguan fungsi otak, dan diikuti oleh lingkungan fisik, biologis dan sosial yang negatif maka tindak kriminal pada penderita psikopat lebih gampang terjadi. Sehingga sangatlah penting untuk mengetahui faktor resiko dan gangguan perilaku pada usia anak untuk dilakukan pencegahan sejak dini.

 

 

Klinik Alergi Anak , RS Bunda Jakarta Ph. 021-5703646, 70081995
htpp://alergianak.blogspot.com

Bookmark and Share

Tag/Label ryan, pembunuh berantai, jombang, psikopat, kriminal
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
32 komentar pada warta ini
Rabu, 30-07-2008 11:36:55 oleh: karwo

apakah seorang nabi psikopat atau skizofren? atau bukan dua-duanya?



Rabu, 30-07-2008 11:40:35 oleh: josephine putri

Rumit juga ternyata hidup ini, Informasi ini tampaknya akan membuat saya lebih hati-hati dengan lingkungan di mana saja.



Rabu, 30-07-2008 12:08:21 oleh: Anwariansyah

Apabila seseorang senang hatinya apabila teman sekantornya melakukan kesalahan dan dimarahi boss, apalagi sampai diberhentikan juga adalah seorang PSIKOPAT dengan kadar minimum.

"Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain."

Untungnya hanya satu ciri itu yang saya punya ... :)




Rabu, 30-07-2008 12:44:22 oleh: Abdullah Ibnu Ahmad

@karwo

Murid SD juga tau kalo pertanyaan ente itu ngeledek, udah jelas ngga bisa dijawab wong belum pernah ketemu ama nabinya. Kami ini percaya sama agama karena iman.

Jadi mendingan ente periksa deh sana ke psikiatri otak dan jiwa ente.




Rabu, 30-07-2008 13:45:53 oleh: karwo

saya juga percaya sama nabi. skizofrenia bukan sesuatu yg memalukan. pemenang nobel matematika John Nash juga seorang skizofren.
sedangkan Anwariansyah mungkin seorang psikopat yg pengetahuannya luas. jadi psikopatik juga bukanlah sesuatu yg memalukan.




Kamis, 31-07-2008 10:28:08 oleh: heri_spica

kepada Dr. Widodo, maaf saya minta konsultasi gratis :)

setelah membaca artikel anda, saya menyadari ada bbrp gejala psikopat pada diri saya dari 11 gejala tersebut, bukan hanya satu

walau IQ tinggi, berarti psikopat secara EQ dan SQ rendah, betul begitu?

apakah saya termasuk psikopat skala menengah? apa saya harus konsultasi pada psikiater?

maaf kalau saya ambil kesempatan konsultasi gratis di sini

thks

heri_spica




Selasa, 05-08-2008 20:04:25 oleh: ajengtiara

Psikopat dan skizofren kadang bisa juga seorang yang super jenius...
Tapi kok dihubung2kan dengan nabi ya???




Rabu, 06-08-2008 16:15:31 oleh: artalita

kayaknya saya juga mengalami sekitar 75% gejala psikopat, alhamdullillah saya tidak pernah berbuat kriminal, mudah2an selanjutnya jangan, anak saya yang ke dua juga banyak mengalami hal yang sama, dapatkah dicegah



Sabtu, 23-08-2008 22:10:17 oleh: eko

apakah seorang koruptor itu adalah psikopat?




Minggu, 24-08-2008 20:47:56 oleh: widodo judarwanto

pak, eko , Psikopat bisa saja cenderung seorang psikopat. tapi tidak semua koruptor adalah psikopat



Minggu, 24-08-2008 20:51:30 oleh: widodo judarwanto

pak, eko , Koruptor bisa saja cenderung seorang psikopat. Karena sebagian sifat psikopat berkecenderungan sebagai koruptor, tapi tidak semua koruptor adalah psikopat



Minggu, 24-08-2008 22:34:48 oleh: Micky Jo

saya pernah diteror melalui sms, saat saya balas dengan satu kata...PSIKOPAT, eh..akhirnya teror-pun menghilang...mujarab juga ya kata tersebut hehehe...



Kamis, 11-09-2008 08:18:26 oleh: ety

Apakah orang yang suka menteror termasuk ciri orang psikopat??
Tx




Minggu, 19-10-2008 11:45:24 oleh: Ryn

hampir 100% ciri ciri psikopat non kriminal yg tertera diatas sama dengan seseorang yg sedang saya hadapi...dan sampe sekarang saya dn teman2 saya masih blm bisa menghadapinya..
karna klo dikasarin dia bisa lebih kasar,dibaikin dia malah semena mena..tp klo dibiarin bakal berlarut larut dn meresahkn warga..




Jumat, 31-10-2008 12:05:05 oleh: lia natalia

bagaimana kalo terlanjur menikah dg seorang psikopat? takutnya kalo diceraikan malah mencelakai saya dan keluarga? bagaimana mengatasinya? terima kasih



Rabu, 12-11-2008 15:00:00 oleh: aryo penangsang

...........jaman sekarang banyak orang yg mengalami gagguan kepribadian.............kejiwaan.........



Jumat, 12-12-2008 15:43:19 oleh: itha azizah

Tidak semua psikopat adalah penjahat, melainkan hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi psikopat, seperti; lingkungan, ekonomi(aristoteles), dll.....



Minggu, 01-02-2009 12:30:22 oleh: edo saputra

apakah rasa ingin memiliki yang terlalu tinggi juga termasuk psikopat..?

dan melakukan sex untuk mengobati rasa takut kehilangan juga termasuk psikopat..?




Jumat, 06-02-2009 15:25:57 oleh: kuchiki rukia

saya seorang mahasiswi psikologi semester 8 yang lagi nyusun skripsi tentang pengaruh faktor lingkungan terhadap kecenderungan kepribadian psikopat pada anak jalanan di kota bandung. info dari bapak bermanfaat bagi saya sebagai data tambahan. terima kasih banyak



Sabtu, 07-02-2009 14:54:14 oleh: al - faruq

ILMU PENGETAHUAN HANYA BERSIFAT TEORITIS!

PERTANYAANNYA BUKANKAH TEORI ITU ADALAH HASIL PEMIKIRAN KITA!

KITA SANGAT MUDAH TERJEBAK DENGAN KONSEP BERPIKIR KITA SENDIRI.JIKA KONSEP BERPIKIR KITA SUDAH MEMPENGARUHI KEYAKINAN KITA.BERARTI SANGAT MUDAH KITA MENGHAKIMI SESEORANG,APA ITU DIA SEORANG PSIKOPAT DAN LAEN-LAEN.




Selasa, 31-03-2009 23:52:46 oleh: muchammadmuadib

bebrapa hal akan menjadi seperti psikopat, jika semua dipandang dari sudut itu...



Minggu, 12-04-2009 13:18:26 oleh: siska kartikasari

Minggu, 12-04-2009 13:05:21 oleh: siska kartikasari

# Sering berbohong, fasih dan dangkal,pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain(dengan cerita2nya kpda saya). Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya dan mengolahnya seakan-akan itu fakta,Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang dia mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.# Tidak mampu bertanggung jawab(pada saya maupun pekerjaannya)dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
# Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya(dengan memanfaatkan saya tentunya)

itu yang saya rasa ada dalam pacar saya,mungkinkah dia seorang psikopat?karna terlalu banyak ciri2 psikopat yang dia miliki.haruskah saya sudahi hubungan kami?

bagi syapa saja yang baca koment saya,saya harapkan bantuannya..

thx allot




Minggu, 12-04-2009 16:31:20 oleh: ella nurlaela

untuk mbak siska kartikasari: saya punya saudara yg suaminya mempunyai ciri psikopat di atas; juga punya karyawan yg istrinya memiliki ciri2 itu . Kehidupan rumah tangga mereka terlihat oleh orang luar seperti tanpa masalah, berkecukupan secara materi, punya kedudukan penting di perusahaan/tempat kerja dan masyarakat. Di balik itu semua, saudara saya yg suaminya 'psikopat' bersama anak-anaknya setiap hari dicekam ketakutan krn kalau suaminya/bapaknya sedang tdk 'mood' ia bisa melakukan tindak kekerasan apa saja dan kepada siapa saja yg ada di dekatnya. Dalam pengambilan keputusan juga, suaminya tdk mau mendengar pendapat orang lain, walaupun pengetahuan dan pengalaman orang itu lebih darinya.Kalau ada orang yg berani memberitahu apa dan bagaimana sebaiknya; suaminya itu langsung 'murka' dan merasa kalau orang yg berani ngomong itu menganggapnya bodoh, lalu memaki-maki siapa saja yg ada di dekatnya dengan kata-kata yg sebetulnya tdk pantas keluar dari mulutnya, yg kesehariannya adalah seorang pendidik. Krn sikapnya yg sprt itu, karirnya tdk meningkat, hubungan pertemanan pun terbatas hanya dg org yg bersedia selalu 'membenarkan'nya alias para penjilat. Kalau dgn orang-orang 'penjilat', dia baiknya luar biasa dan royal dalam memberi.
Demikian juga dengan istri karyawan itu, betapa seringnya saya menjadi 'tempat mengadu' istri karyawan lain (kami tinggal di satu komplek rumah dinas perusahaan)yg diperlakukan semena-mena oleh orang itu.Tak jarang yg dilakukannya 'overlapping' dgn jabatan suaminya di kantor. Scr struktural, suaminya yg bekerja di perusahaan itu, tapi kenyataannya, istrinya yg 'mengendalikan' suaminya. Sering mereka dipanggil, ditegur, dan diperingatkan krn manuver istrinya itu mengganggu kinerja perusahaan, tapi istrinya itu menangis, menyesal, dan berjanji hanya waktu dipanggil saja. Begitu SP berakhir,ya kembali ke'selera asal'.Suaminya tdk berdaya sama sekali 'mendidik' istrinya; krn klo diomongin,istrinya itu akan 'mengamuk' dan memaki siapa pu




Kamis, 19-11-2009 09:23:09 oleh: larso

dalam sekian banyak ciri penderita, sebagian besar adalah sama dgn ciri-ciri orang SOLEH,(tentunya dengan tidak membahas;'tdk berempati, egosentris, antisosial, melanggar norma sosial yg persisten'). kekawatirannya: ciri pada orang SOLEH yang benar-benar SOLEH, bisa dijadikan bahan FITNAHan kalo orang Soleh tsb psikopat...(tentunya FITNAH ini keluar dari penderita)
Tanda-tanda manusia di akhir jaman.
Salam Sejahtera - terimakasih atas ijin boleh berbagi.




Selasa, 16-02-2010 19:17:39 oleh: chandra sari

saya menikah dengan seseorang yang menurut saya adalah seorang psikopat, sampai saat ini masalah saya belum selesai, baik yang di Pengadilan agama maupun di POLRES. sulit benar untuk meyakinkan pada pihak-pihak yang bersangkutan bahwa suami adalah seorang psikopat ( apakah karena suami adalah seorang pengusaha dan terlihat rajin ngaji dan puasa?) saya dan anak-anak telah menjadi korban begitu juga teman dan rekan bisnis suami. adakah yang bisa menolong saya?



Minggu, 28-03-2010 20:47:52 oleh: Aliev

Tapi Salah satu sifat dari psikopat ada disetiap orang yang ada dilingkungan kita jadi bagi kita yang tahu ga usah mengucilkan atau mengasingkan ,toh mereka juga bisa jadi orng yang baik selama mereka ingin diterima di lingkungannya .



Senin, 26-04-2010 20:58:11 oleh: Muhamad imam al hamidi

Assalamualaikum
saya sudah menyimak dan membaca semuanya...
menurut hemat saya...
kita itu telah TERDOKRIN dengan istilah "PSIKOPAT" oleh orang yang menciptakan dan meyakini istilah "PSIKOPAT"...

COBA PERHATIKAN...
dalam AL-QUR'AN tidak disebut istilah psikopat...
yang ada itu perbuatan baik,, perbuatan buruk,, fitnah,, akhlak baik,, akhlak buruk,, bohong,, jujur,, pandai,, pelit,, kikir,, Qonaah,, fathonah,, amanah,, iri,, dengki,, munafik,, pembunuhan,, marah,, suka,, cinta,, kasih sayang,, dll...

TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA...
setiap orang bisa melakukan kesalahan.. kebaikan.. kebenaran.. kejahatan... dan lain2x..

APAKAH pikiran anda akan terjebak atau terkotak2x dalam istilah "PSIKOPAT" ????

ANDA PASTI AKAN STRESSS kalau sudah mempercayai istilah "PSIKOPAT"....

jika ada orang yg melakukan kesalahan.. kejahatan.. perbuatan yang salah dan tidak benar maka ingatkanlah dia dg cara yg baik.. pendekatan yg baik.. dengan perhatian yg tulus dari hati...

MAKA LURUSKANLAH...

jika ada orang yg melakukan kebenaran.. akhlak/perilaku yg baik MAKA CONTOHLAH...

jika terjadi salah paham JANGAN MALU UCAPKAN "MAAF ANDA SALAH PAHAM"

setiap orang punya peluang untuk melakukan kesalahan akibat kecerobohan dan kekurang kontrolan dan kekurang sabaran...

semoga ini bermanfaat...

Wahai hati
akankah terus merasa sedih
seakan-akan nikmati luka
yang membuatmu merasa letih

wahai jiwa
akankah sembuhkan goresan luka
dan membuang semua rasa ragu
hanya yakin pada Allah yang satu

serahkan semuanya hanya kepada Allah semata
tiada manusia yang tak pernah rasakan luka

wahai hati
woo ooo ooo oo ooo
wahai jiwa

wahai hati
akan kah terus merasa sedih
seakan-akan nikmati luka
yang membuatmu merasa letih

ingatlah selangkah kau
dekati tuhanmu
dengan langkah penuh keikhlasan
seribu langkah DIA mendekatimu

serahkan semuanya hanya kepada Allah semata
tiada manusia yang tak pernah ra




Senin, 26-04-2010 21:01:29 oleh: Muhamad imam al hamidi

serahkan semuanya hanya kepada Allah semata
tiada manusia yang tak pernah rasakan luka
yakinlah akan adanya takdir Allah yang kuasa
semua berjalan sesuai dengan kehendakNYA

wassalamualaikum




Senin, 26-04-2010 21:55:56 oleh: Muhamad imam al hamidi

قل أعوذ برب الناس(1)
ملك الناس(2)
إله الناس(3)
من شر الوسواس الخناس(4)
الذي يوسوس في صدور الناس(5)
من الجنة و الناس(6
(AL QUR'AN Surat AN NAS 1-6)

Artinya
(1) Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan
(yang memelihara dan menguasai) manusia.
(2) Raja manusia.
(3) Sembahan manusia.
(4) dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa
bersembunyi,
(5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada
manusia.
(6) dari (golongan) jin dan manusia.

قل أعوذ برب الفلق(1)
من شر ما خلق(2)
ومن شر غاسق إذا وقب(3)
ومن شر النفاثات في العقد(4)
ومن شر حاسد إذا حسد(5
(AL QUR'AN Surat AL FALAQ 1-5)

Artinya
1) Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang
Menguasai subuh,
2) dari kejahatan makhluk-Nya,
3) dan dari kejahatan malam apabila telah gelap
gulita,
4) dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir
yang menghembus pada buhul-buhul,
5) dan dari kejahatan orang yang dengki apabila
ia dengki".

قل هو الله أحد(1)
الله الصمد(2)
لم يلد ولم يولد(3)
ولم يكن له كفوا أحد(4)
(AL QUR'AN SURAT AL IKHLASH 1-4)

Artinya
1) Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
2) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya
segala sesuatu.
3) Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
4) dan tidak ada seorang pun yang setara dengan
Dia".

Moga bermanfaat jangan berkecil hati...




Rabu, 20-10-2010 16:59:53 oleh: invisa

sepertinya saya pun punya seseorang terdekat saya,paling dekat segala sesuatunya terlalu berlebihan.lebih protek,cemburu berlebihan,angkuh,selalu merasa benar&pintar,tidak bisa menerima coment dari orang,menghalalkan sgalanya,dllnya yang tidak wajar.apa itu termasuk psikopat???



Jumat, 11-05-2012 17:59:11 oleh: dina

saya punya pacar, bbrapa org blg klo pacar saya psikopat. stlah saya selidiki slama 6bulan smua ciri2 dan prilaku hampir 90% sama dgn yg saya baca d atas. saya tdk hnya skali dua kali dpt luka d tubuh saya bahkan dia slalu mngancam akn membunuh saya. dia prnah blg "km tusuk aku skali pake jarum saya bakal tusuk km pake pisau" dia jahat, tp saya sgt sayang sm dia saya cinta dia, saya ingin bertahan sm dia.. apa itu baik ato harus d hindari? gmn cara mnghadapi org sprti itu? tolong bantu saya... makasih..



Selasa, 23-04-2013 19:03:54 oleh: Audi Ferdian

@karwo
Anda menanyakan apakah seorang Nabi adalah penderita skizofrenia atau psikopat. Insya Allah, ada ulasannya... Silahkan kunjungi blog ini... http://www.lampuislam.blogspot.com/2012/10/apakah-muhammad-saw-benar-benar-seorang.html




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY