Bayu Sapta Hari

Apa Definisi Sebenarnya Dari Alkohol?

Selasa, 29-07-2008 17:33:27 oleh: Bayu Sapta Hari
Kanal: Opini

Kita telah mengenal istilah alkohol secara kimia sejak lama, yaitu saat belajar kimia di sekolah menengah. Lama sebelum itu, kita juga sudah sering mendengar istilah alkohol secara agama, sejak pertama kali diperkenalkan agama dan syariatnya oleh orang tua kita. Saya mencoba menemukan titik temu istilah alkohol secara agama dan secara kimia. Karena sampai saat ini saya melihat masih ada kerancuan pengertian alkohol secara kimia dan secara agama.

Menurut pengertian agama (dalam hal ini Islam), sejauh yang saya ketahui (mohon dikoreksi jika ada yang salah atau kurang), alkohol dikaitkan dan identik dengan minuman atau zat yang memabukkan jika diminum secara berlebihan. Selain itu, dalam cara pandang ini, alkohol didefinisikan sebagai zat yang sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, alkohol diharamkan oleh agama dan digolongkan sebagai najis yang bisa membatalkan kesucian seseorang jika menyentuhnya. Substansi keharaman alkohol pun mutlak yang tidak bergantung dari kadar (jumlah/kuantitas) alkohol itu, tetapi seberapa pun alkohol tersebut dikonsumsi (sedikit atau banyak, memabukkan atau tidak) semua jatuh ke dalam hal yang diharamkan.

Di pihak lain, secara kimia pengertian alkohol berkaitan dengan suatu gugus fungsi tertentu (kalo boleh saya tulis: R-OH). Di mana semua zat yang memiliki gugus fungsi ini termasuk ke dalam golongan alkohol (masih ingat ngga pelajaran kimia SMA?). Jadi, menurut kimia alkohol adalah sekelompok zat yang memiliki gugus fungsi yang spesifik. Apakah alkohol ini yang termasuk diharamkan oleh agama?

Di sinilah letak permasalahannya. Coba bayangkan, berapa banyak zat yang dapat memiliki gugus fungsi ini, apakah semua zat ini masuk dalam kategori yang diharamkan? Selain itu, sejauh yang pernah saya baca, sangat mudah suatu senyawa diubah menjadi zat dengan gugus fungsi alkohol ini, apakah ini juga dapat jatuh menjadi sesuatu yang haram? Juga, banyak jenis senyawa lain yang dibuat dengan perantaraan alkohol ini atau salah satu zat antara sebelum menjadi produk akhir berupa zat dengan gugus fungsi alkohol, bagaimana hukumnya?

Lebih lanjut, apakah yang diharamkan oleh agama menunjuk pada satu golongan zat alkohol atau hanya sebagian dari alkohol yang memang sudah terbukti merupakan zat berbahaya dan mempunyai efek memabukkan (misalnya lebih spesifik metanol CH3OH atau etanol C2H5OH)? Mengapa dalam agama alkohol yang sedikit pun (yang tidak sampai memabukkan) juga diharamkan?

Saat ini, zat yang dapat digolongkan ke dalam alkohol banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai jenis minuman, obat-obatan, dan pengharum (parfum). Coba aja perhatikan bungkus atau kotak parfum atau obat dan lihat di bagian bahan pembuat (ingredients), banyak tertera bahan kimia yang berakhiran –ol (etanol atau butanol, dll) yang merupakan alkohol. Apakah bahan-bahan ini termasuk yang digolongkan sebagai haram menurut agama?

Kita sangat membutuhkan bahan-bahan tersebut baik obat-obatan maupun parfum, yang ternyata mengandung alkohol, dan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Bagaimana kita mendefinisikan alkohol?

 

Sumber: http://bayureason.blogspot.com
Bookmark and Share

Tag/Label opini, alkohol, memabukkan, parfum, obat-obatan, etanol, butanol
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
20 komentar pada warta ini
Selasa, 29-07-2008 18:04:32 oleh: Febi

Kalo tidak salah proses pembuatan tape ketanpun itu juga menghasilkan alkohol setelah mengalami proses fermentasi.



Selasa, 29-07-2008 18:04:45 oleh: karwo

yg penting kita ngga boleh jadi orang bebal.
selalu bertumpu pada sains.




Selasa, 29-07-2008 18:12:00 oleh: Anwariansyah

Kembali ke tekstualnya : Yang haram itu khamar dan berhubungan dengan sifatnya yang memabukkan.

Kalo alkohol bukan khamar, tapi unsur penyusun khamar. Kalau fungsinya bukan untuk diminum berarti tidak masalah.

Contoh : Yang haram adalah babi dan bagian-bagian tubunya. Sedangkan asam amino tidak haram asalkan berasal dari daging selain babi.




Selasa, 29-07-2008 18:32:10 oleh: karwo

kalau minum madu boleh?
kalau makan madu tidak boleh?




Selasa, 29-07-2008 21:28:10 oleh: dinar

yg haram ya mo limo. wis.



Kamis, 31-07-2008 08:34:22 oleh: Wendie Razif Soetikno, S.Si.,

Ini isu yang tak pernah selesai. Makan buah anggur, tidak apa-apa.Tetapi begitu anggur diubah menjadi wine merah, lalu menjadi haram. Padahal wine merah (dari fermentasi anggur), kadar alkoholnya rendah. Anehnya kalau wine merah itu dibuat campuran kue, lalu menjadi halal. Banyak desert di hotel berbintang lima menggunakan wine merah untuk campuran kue dan puding.
Masalah yang sama muncul pada isu babi. Apapun yang berasal dari babi itu haram. Padahal, sikat gigi dari bulu babi itu sangat halus dan sangat lentur, sehingga sangat baik untuk sikat gigi anak-anak, tapi karena diharamkan, sikat gigi itu tak bisa masuk ke Indonesia. Akibatnya rata-rata gigi anak Indonesia jadi jelek, meskipun dia rajin gosok gigi (karena sikat giginya dari bahan plastik yang keras untuk gigi dan gusi).

Lemak babi bagus untuk campuran sabun mandi, karena :
1. Mampu menetralisir sifat basa (alkali) dari sabun mandi, sehingga sabun menjadi tidak kasat di kulit (kulit tidak menjadi kering setelah mandi karena memakai sabun mandi alkali yang biasa kita pakai di Indonesia)
2. Lemak babi mampu menyerap aroma dan bau, sehingga bau dan aroma sabun menjadi awet. Tanpa lemak babi, bau dan aroma sabun mandi hanya bertahan 3 hari, setelah itu ngabar (sabun mandi menjadi tidak berbau dan beraroma lagi begitu kemasannya dibuka).

Tapi di Indonesia, tidak peduli apa manfaatnya, ya kalau dari babi, pasti haram.
Akibatnya, gigi dan kulit orang Indonesia rata-rata jelek. Para wanita Indonesia jadi mesti mengeluarkan ekstra uang untuk perawatan kulit dan giginya

Perdebatan alkohol dan babi ini tak pernah selesai, selalu pakai pendekatan : "pokoknya haram"




Kamis, 31-07-2008 10:15:05 oleh: karwo

madu itu mengandung alkohol tapi tidak diharamkan.



Kamis, 31-07-2008 12:12:15 oleh: Sandhy.ED

@Wendi Razif
Lebih baik punya gigi dan kulit jelek di dunia, tapi kita cantik dimata Allah saat di akhirat...

Lagipula itu sebetulnya tantangan bagi umat muslim untuk mencari alternatif bahan lain yang dihalalkan oleh agama.

Oh ya, kata siapa wine yang dicampur dalam puding dan kue halal? Wong essence rhum aja haram kok...

Hmm aku setuju dengan Bang Anwariansyah, yang haram itu khamar dan turunannya bukan alkohol, jadi bir yang zero alkohol ya tetep haram dong, karena itu berasal dari khamar.




Jumat, 01-08-2008 08:23:16 oleh: karwo

logika teroris kira-kira sama dg logika Sandhy.



Jumat, 01-08-2008 08:51:51 oleh: Sandhy.ED

logika pencinta dunia kira-kira sama dengan logika karwo ^_^



Jumat, 01-08-2008 10:22:23 oleh: karwo

Sandhy, Allah itu menginginkan yg terbaik untuk umat-Nya, baik di dunia maupun di akhirat.
Allah sangat mencintai manusia. Ini terbukti dari kandungan madu yg mengandung alkohol.

An Nahl
69...Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.



KANDUNGAN ALKOHOL DALAM MADU LEBAH

1. Benzyl Alcohol
2. Beta-Methallyl Alcohol
3. Ethanol
4. Isobutanol
5. 2-Butanol
6. 2-Methyl-1-Butanol
7. 3-Methyl-1-Butanol
8. 3-Methyl-1-Butanol
9. 3-Pentanol
10. n-Butanol
11. n-Pentanol
12. n-Propanol
13. Phenylethyl Alcohol

Ternyata ditemukan kandungan ALKOHOL dalam madu lebah, yang ikut menentukan aroma madu yang bermacam-macam.

Baca : Sihombing, DTH, Prof, DR, Ilmu Ternah Lebah Madu, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2005, Hal 109. ISBN 979-420-408- 0 saya setuju bhw madu mengandung vitamin (larut lemak dan larut air), mineral (esensial dan non esensial) seperti anda sebut di atas.

Namun madu juga mengandung beberapa jenis alkohol seperti di atas.Ilmu Ternak Lebah Madu, Prof, DR, DTH, Sihombing, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2005. ISBN 979-420-408- 0
Penulis adalah sbg dosen fakultas pasca sarjana IPB Bogor

Buku yg sama:
Crane, E, Honey: A Comprehensive Survey, IBRA, London, 1987.
IBRA adalah asosiasi penelitian lebah




Jumat, 01-08-2008 11:24:54 oleh: Sandhy.ED

Mas Karwo (?), aku setuju banget kalau dikatakan Allah selalu menginginkan yang terbaik untuk umatNya di dunia dan akhirat. Untuk itu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi manusia yang menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat.

Kalau manusia yang berusaha mengikuti aturan yang ditetapkan Allah disebut teroris... mak oi.. mengerikan sekali... ^_^

Aku belum pernah membaca penelitian terkait madu, tapi sejauh yang aku tahu madu halal karena bukan khamar. Terus terang untuk masalah halal haramnya alkohol atau babi atau apapun, pengetahuanku masih miniiiiim banget. Mungkin Mas Karwo (?) bisa bertanya langsung dengan pakar-pakarnya di www.halalguide.info

Moga kita semua tercerahkan...






Jumat, 01-08-2008 12:29:17 oleh: karwo

saya tidak menyebut orang yg mematuhi perintah Allah itu teroris. Mungkin teroris memiliki logika yg keliru dalam memahami aturan-aturan dari Allah.

Yang harus selalu kita ingat adalah kebesaran Allah. Ia maha mengetahui apa yg baik dan apa yg buruk. Manusia saja yg salah mengartikan apa yg baik dan apa yg buruk. Jalan Allah memang sulit dijangkau akal manusia. Manusia karenanya harus selalu belajar agar tidak disesatkan orang lain ke jalan yg salah.




Jumat, 01-08-2008 16:44:50 oleh: Sandhy.ED

OK... tercapai kata sepakat..., Alhamdulillah... ^_^



Selasa, 28-10-2008 18:57:16 oleh: Hijrah

Berdasarkan maklumat yang telah diberikan, pengeluaran alkohol itu bisa dihasilkan melalui dua proses :

Pertama, melalui proses kimia(hydration of alkene).Proses kimia ini menggunakan bahan daripada sumber minyak tanah, iaitu hasil pemecahan gasolin atau hidrokarbon yang menghasilkan ethene. Ethene bersatu dengan air untuk menghasilkan alkohol.

kedua, melalui proses penapaian (fermentation).
Hasil tambahan daripada proses penyediaan minuman keras seperti arak dari buah anggur.




Minggu, 25-01-2009 07:23:22 oleh: ustadi

maaf sedikit nambahin... semoga berkenan
Kandungan ALKOHOL DALAM MADU
Pada madu yang baru panen, madu tidak mengandung alkohol.
Senyawa yang paling penting dalam menentukan rasa madu adalah gula (fruktosa dan glukosa), asam glukonat dan proline. disamping senyawa ini terdapat beberapa komponen aroma dan rasa, seperti berbagai gula, amino- dan beberapa asam, tannin dan substansi volatil.
lebih jauh, rasa dan aroma madu dikuatkan oleh senyawa glukosida atau alkaloid, yang spesifik pada tanaman. hampir 200 senyawa volatil aromatik yang diisolasi dari madu.
rasa dan aroma madu tergantung dari tipe madu (darimana nektar berasal, dari bunga, honeydew, atau sekresi insekta)dan dari jenis tanaman apa madu berasal (tanaman pakan sumber nektar).
ketika madu dipanen dalam keadaan kurang matang (kadar air diatas 20%) madu akan mengalami fermentasi dalam penyimpanan (kecuali telah dilakukan proses pemanasan). fermentasi ini dilakukan oleh khamir dalam madu, khamir ini berkembang biak dengan baik pada madu encer. Pada madu kental khamir tetap ditemukan, dalam keadaan hidup, tetapi tidak berkembang biak. Hasil dari proses fermentasi ini adalah :
- alkohol, etanol
- Karbon dioksida
- Asam, asam format, asam malat, asam asetat
- aldehid dan komponen aromatik
jadi alkohol adalah produk samping yang dihasilkan oleh proses fermentasi yang secara alami akan terjadi pada madu dengan kadar air tinggi.
lebih lanjut, jika madu kita encerkan dengan perbandingan 1:4 maka proses fermentasi ini akan terjadi dengan cepat, sehingga akan kita dapatkan BEER MADU, yang mampu mencapai kadar alkohol 14%. Pada kadar ini, lumayan puyeng jika kita minum.
lebih lanjut lagi, jika proses kita lanjutkan dan kita tambahkan dengan jenis bakteri tertentu, maka proses ini akan berlanjut. Bakteri yang kita tambahkan akan memakan semua alkohol dan menghasilkan cuka. setelah proses ini selesai akan kita dapatkan suatu produk yang disebut CUKA MADU. Cuka madu ini halal.
sory kebanyakan karakterny




Selasa, 18-01-2011 00:27:55 oleh: duray

sebenarnya yang dipermasalahkan dalam hal yang dimaksud alkohol,khamr,memabukan ialah terfokus pada inti masalahnya,,,,yaitu yang diharamkan dan dilarang keras itu zatnya atau sifatnya.
apabila kita mengambil pengertian zatnya saja,maka segala yang mengandung zat alkhol itu sendiri haram atau dilarang.
begitu kita ke arah sifatnya,maka yang terjadi adalah apabila anda meminum wine,vodka,jack D' dan lain sebagainya dengan kadar sedikit itu tidak dilarang/haram...bagaimana apabila pemabuk kelas berat yang mampu meminum berliter-liter miras itu tanpa mabuk ??? haramkah??
disinilah fiqh islam berperan.
jadi yang diharamkan oleh negara dan agama itu sebenarnya bukan khamr yg dalam artian dahulu kala yaitu perasan anggur,tetapi yang dilarang ialah segala yang mengandung zat dan sifatnya memabukan itu dilarang dan haram.
jadi apabila singkong diberi ragi dan bertujuan untuk dikonsumsi bukan untuk diminum maka itu dibolehkan.akan tetapi asas sebaliknya,maka haram/dilarang.
sekian dan terima kasih.




Kamis, 19-05-2011 12:15:33 oleh: abonahl

HEHEHHE SETELAH BACA TULISAN DIATAS SERU JUGA...
C2H5OH adalah gugus fungsi Alkohol dia tersusun dari atom2 C=Carbor, H=Hidrogen dan O=Oksigen
dimana atom2 tersebut adalah barang suci yang mana kita hirup dan sebagai penyusun tubuh kita...
jadi halal dan haram nya tergantung sebagai apa..?? klo dibuat untuk mabuk (sengaja) ya haram lah... klo dibuat untuk antiseptik ya tidak najis lah... semua barang suci.. yg haram/halal adalah perbuatan kita... mau dibawa kemana??? -/+..???




Rabu, 18-01-2012 19:41:13 oleh: Muhammad Iqbal

Bismillaah... Komentar ini Saya tujukan untuk SEMUA KOMENTATOR (Terutama Ummat Islam) mengenai "Kesalahpahaman tentang Penggunaan Alkohol"
DI AKHIR KOMENTAR INI, SAYA BAHAS SEDIKIT TENTANG HUKUM BABI, JADI TOLONG DIBACA SAMPAI SELESAI YA.
Sebelumnya perhatikan dan renungi Ayat Al-Qur'an berikut:
"...kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia pada Allah (Al-Qur'an) dan Rosul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian..." (Q.S. An-Nisa : 59, lihat tafsir Ibnu Katsir)

Nah, setelah membaca Ayat Al-Qur'an di atas, mari simak artikel yang saya copy dari sumber RUMAYSHO.COM:
Pembahasan ini adalah lanjutan pembahasan Rumaysho.com yang mengangkat tema "Menjawab Kerancuan Seputar Alkohol". Saat ini kita akan membahas lebih jauh mengenai alkohol. Banyak sekali di antara kaum muslimin yang tidak bisa membedakan antara alkohol, etanol dan minuman beralkohol. Akhirnya ia pun jadi ragu mengkonsumsi berbagai macam bahan yang mengandung alkohol. Alangkah lebih baiknya agar mendapat kejelasan, silakan simak dalam pembahasan berikut.

***

Alkohol[1] sering dipakai untuk menyebut etanol, yang juga disebut grain alkohol; dan kadang untuk minuman yang mengandung alkohol (minuman beralkohol). Hal ini disebabkan....(MOHON MAAF TIDAK BISA DILANJUTKAN KARENA KETERBATASAN KARAKTER), Bagi yang ingin mengetahui kelanjutannya, silahkan kunjungi situs http://rumaysho.com/hukum-islam/umum/2888-salah-kaprah-dengan-alkohol-dan-khomr.html

Saran saya, wahai saudaraku jangan sekali-kali berpendapat tanpa ilmu, jika tidak tau-menau lebih baik diam. Contoh, Ada yang mengatakan LEMAK BABI itu bermanfaat, dan bertanya "MENGAPA TETAP DIHARAMKAN?" Saya Jawab "SUATU PERKARA YANG PADA AWALNYA DIHUKUMI HARAM, MAKA HUKUMNYA TIDAK AKAN PERNAH BERUBAH WALAUPUN DENGAN ALASAN ADANYA MANFAAT DARI PERKARA TERSEBUT" (Ini KAIDAH ISLAM, bukan perkataan pribadi saya)




Selasa, 31-07-2012 08:49:55 oleh: Zahwa el-marwah

Assalamu'alaikum,.
Terima kasih untuk semua komentar2 yang memberikan saya tambahan ilmu, dan asumsi jika masih ada umatNya yang masih peduli pada perintahNYa untuk memerangi kemungkaran dan kebathilan yang semakin marak didunia fana ini. Alhamdulillah,... :D

Setelah membaca berbagai argumentasi diatas, saya jadi teringat dengan perkataan dosen favorite saya Prof.Dr Syifaa Hitou. Beliau selalu berkata "ISLAM TIDAK PERNAH BERUBAH (Ajarannya, Hukumnya, perintahnya) TAPI DUNIA LAH YANG BERUBAH. Berangkat dari satu kalimat ini, saya ingin kembali mengingatkan kita semua untuk terus waspada terhadap efek dari kemajuaan pesat penghuni bumi.Biarlah kita tak terlihat keren dimata dunia ini, cukuplah keren dan modis dimata Allah SWT. Rasul-RasulNya, juga para Sahabat-nya.
قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم
إنماالدنيا سجن للمؤمنين, والجنّة للكفرين
Rasulullah shallahu 'alaihi wassalam, bersabda:
"Sesungguhnya dunia adalah penjara bagi seorang mukmin, dan syurga bagi orang kafir" Hadits Hasan

Jazakumullah Khaer, untuk ilmunya.
Wassalam




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY