A. Ciu

Apa Itu Sentriol dan Apa Itu Mikrotubulus?

Jumat, 25-07-2008 07:39:27 oleh: A. Ciu
Kanal: Iptek

Hei Guys, u wanna know more about biology?

Oke, pertama denger artikel berikut ini ya...

Sentriol  

I.PENGERTIAN

 

Sentriol adalah sebuah organel berbentuk tabung yang biasa ditemukan Hewan Bersel Eukariot, meskipun tidak ditemukan di tumbuhan tingkat tinggi dan Jamur. Dinding sel di tiap sentriol biasanya terdiri dari Sembilan 3 pasang Mikrotubulas(Protein Sitoskeleton). Beberapa hewan mempunyai, beberapa perbedaan dari Sentriol yang biasanya, contohnya Lalat Buah(Drosophila melanogaster), dan Caenorhabditis eleganssel sperma dan Embrio baru, dengan 9 Satu pasang. Sentriol yang berpasangan, diatur secara tegak lurus dan diselimutioleh gumpalan besar tidak terbentuk yang terbuat dari material-material padat(Biasanya diketahui sebagai Material Pericentriolar) mendasari struktur persenyawaan yang biasa diketahui sebagai sentrosom.

 

II.ASAL MULA SENTRIOL

 

Keberadaan sentriol dan sentrosom, ditemukan oleh Theodor Boveri pada 1888, dan Boveri juga mengemukakan teori awal bahwa kanker disebabkan oleh kesalahan selama sel pembelahan. Walaupun teorinya ditolak pada saat itu, Boveri ternyata terbukti benar. Disamping memainkan tugas penting di sel pembelahan, sentriol juga menolong untuk menyediakan bantuan struktural untuk sel intinya. Juga akan muncul bahwa centriole mempunyai kode genetik uniknya sendiri yang jelas dari kitab undang-undang sel; ilmuwan percaya bahwa kode ini memungkinkan sentrosom untuk membagi dan melakukan fungsi berbagainya di sel.

 

III.KEGUNAAN SENTRIOL

 

Sentriol di antara banyak organel-organel yang menolong sel eukariotik untuk berjalan dengan lancar. Sel Eukariotik adalah sel kompleks dengan sejumlah organ sel miniatur yang semua melayani fungsi berbeda. Sel Eukariotik juga mempunyai inti sel dan struktur fisik yang kompleks yang menyisihkannya dari sel prokatiotik seperti yang dipunyai bakteri. Manusia, di antara binatang lain, dibuat dari sel eukariotik, dan sel ini pada waktu-waktu tertentu membagi untuk memperbarui sendiri agar inti sel mereka yang lebih besar bisa tumbuh dan tetap sehat.

Binatang yang mempunyai sentriol, masing-masing sel mempunyai pasang centrioles. Bentuk yang ini organel-organel sebetulnya cukup mempesona dan indah; mereka terdiri atas sembilan tiga pasang microtubulas mengatur dalam bentuk kincir angin sekitar satu silinder pusat.

Ketika sel membagi, sentrosom mereplikasi driinya sendiri, membentuk dua sentrosom yang pindah ke ujung berlawanan sel. Masing-masing sentrosom lalu mengeluarkan gelondong yang seharusnya memisahkan DNA sel, membedakan sel ke dalam dua tiruannya sendiri yang kemudian bisa pecah menjadi sel segar. Kesalahan selama proses ini bisa membuat sel yang diubah, yang dengan tak membahayakan mungkin mati satu demi satu atau menjadi lebih ganas, tergantung pada mutasi.

IV. BAGIAN-BAGIAN SENTRIOL

 Sel pada periode G0 dan G1 biasanya berisi dua sentriol sempurna. Yang lebih tua di antara dua centrioles di pasang disebut ibu centriole, sedangkan yang lebih muda disebut anak centriole. Selama siklus pembelahan sel, sentriol baru tumbuh dari bagian samping masing-masing "ibu" yang sudah ada sentriol. Sesudah sentriol berduplikasi, kedua pasang sentriol tinggal berangkaian dalam rangkaian orthogonal sampai mitosis, waktu ibu dan anak sentriol tergantung dari enzim separasi mereka. Kedua sentriol di sentrosom puberhubungan dengan satu sama lain tak diketahui oleh protein. Ibu centriole memancarkan perpanjangan di distal akhir poros panjangnya dan diberikan kepada anak centriole di akhir proksimal yang lain. Masing-masing sel anak terbentuk sesudah sel pembelahan akan mewarisi salah satu pasang ini (satu lebih tua dan satu lebih baru)

                                        

 

MIKROTUBULUS

 

I.PENGERTIAN

 

Microtubulus adalah salah satu bagian sitoskeleton. Mereka tersusun dari berbagai mikrotubulin. Mereka mempunyai garis tengah sepanjang 25 Nm dan panjang berubah-ubah dari 200 nanometers ke 25 mikrometer. Microtubulus berfungsi sebagai bagian struktural dalam sel dan dilibatkan di banyak proses seluler termasuk mitosis, sitokinesis, dan angkutan vesikular. [1]

 

II. STRUKTUR

Microtubulus adalah polimer dari dimers tubulin α dan β. Tubulin dimers berpolimerisasi dari akhir ke akhir di protofilaments. Fungsi daripada tubulin adalah menarik kromatid menuju kutub pembelahan. Protofilaments lalu mengumpul di kawat pijar silindris yang berongga. Biasanya, protofilaments mengatur sendiri dalam bentuk helix tidak sempurna dengan satu helix berisi 13 tubulin dimers masing-masing dari berbeda protofilament. Tampilan di atas menghiasi sebagian kecil microtubulus, sedikit αβ dimer di panjang. Ciri-ciri penting lain microtubulus struktur adalah polaritas. Tubulin berpolimerisasi dan selalu berakhir dengan sub-kesatuan α suatu tubulin dimer menghubungi sub-kesatuan β yang berikutnya. Oleh karena itu, di protofilament, pada satu bagian akhir akan mempunyai sub-kesatuan α terbuka sedangkan bagian akhir yang lain akan mempunyai sub-kesatuan β terbuka. Ujungnya ini ditunjuk (−) dan (+) masing-masing. Protofilaments berkas sejajar kepada satu sama lain, oleh sebab itu di microtubulus, ada satu bagian akhir, berakhir dengan (+), dengan yang lain sub-kesatuan-β terbuka sedangkan akhir yang lain, ujung yang berakhir (-) hanya mempunyai sub-kesatuan-α terbuka

 

sumber : wikipedia

Bookmark and Share

Tag/Label sentriol, mikrotubulus
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
15 komentar pada warta ini
Minggu, 27-07-2008 18:23:13 oleh: Ferius

Nice posting, lebih menarik lagi bila dihubungkan dengan masalah kesehatan seperti kanker, kelainan genetik atau dihubungkan dengan masalah practical lainnya misalnya rekayasa genetika...



Selasa, 29-07-2008 15:38:42 oleh: A. Ciu

Oh... gitu ya... sorry deh klo kg bgitu mnrk...



Selasa, 29-07-2008 20:54:36 oleh: Ferius

Hei, saya tidak bilang gak menarik lho, saya bilang ini posting yang nice. Tapi bisa dibuat lebih menarik lagi...



Senin, 11-08-2008 11:41:49 oleh: Jocelyn Wijaya

Postingannya keren jg....
boleh tanya ngga ??
Yg disebut rangka sel itu apa sih ??
mikrotubulus, mikrofilamen, sentriol, membran sel atau apa ??
thanks buat jawabannya




Selasa, 12-08-2008 15:26:58 oleh: A. Ciu

Kan Setiap sel kan punya organel seperti mikrotubulus dan sentriol tadi... nah bagian organel itu lah yang disebut sebagai
RANGKA SEL

Jocelyn...




Kamis, 16-10-2008 14:08:43 oleh: Agus T

sudah sistematis.
Mau tanya: Sel tumbuhan punya sentrosom gak?lalu pembelahan sel nya menggunakan organel apa? apa bedanya sentriol dengan sentrosom?




Kamis, 16-10-2008 14:40:00 oleh: Agus T

sudah sistematis.
Mau tanya: Sel tumbuhan punya sentrosom gak?lalu pembelahan sel nya menggunakan organel apa? apa bedanya sentriol dengan sentrosom?




Kamis, 01-01-2009 12:22:18 oleh: Rizqi Maulidina

mau tanya : sentriol itu kan punya benang spindel yang nanti digunakan dalam proses pembelahan sel, baik secara mitosis maupun meiosis. bagaimana prosesnya?



Senin, 25-05-2009 11:02:14 oleh: zulkifli

mau tanya: bagaimana dengan sel tumbuhan yang tidak memiliki sentriol.Organel apa yang berperan dalam pembelahan untuk menggantikan sentriol?



Kamis, 01-10-2009 09:08:17 oleh: adh3n_eng

sebrnax biologi 2 seru bg.bs mempljri smua ilmu.
j




Kamis, 15-07-2010 15:57:41 oleh: Liyana

thanks....
jdi tao dcc kegunaan na and pngertian na..




Kamis, 26-07-2012 09:24:11 oleh: achyar

sungguh bermanfaat



Kamis, 13-12-2012 19:59:03 oleh: syifa azzahra

bagus.....
boleh nanya ngga? sel tumbuhan punya microfilamentes & microtubulas ngga?
mohon di jawab




Senin, 26-08-2013 07:43:10 oleh: aditya yoga adi pratama

thank atas solusinya



Rabu, 02-10-2013 08:26:10 oleh: alviyandry barus

mo tanya:sebutkan sembilan triplet mikrotubulus pada sentriol



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY