Eryawan Nurcahya

Wisata – Perkampungan Betawi Setu Babakan

Selasa, 22-07-2008 17:13:30 oleh: Eryawan Nurcahya
Kanal: Peristiwa

Sekali ini, Wikimuers akan kita ajak untuk pergi tamasya untuk sejenak melupakan kepenatan yang timbul dari bau knalpot, hiruk pikuk dan deru debu suasana perkotaan. Barangkali tak banyak yang tahu bahwa di ujung selatan kota metropolitan kita, masih terdapat perkampungan tradisional dari komunitas Betawi yang terawat dengan baik.

Tempat yang lebih dikenal dengan - Perkampungan Betawi Setu Babakan, di jalan raya Moh. Khafi II, Ciganjur, Jakarta Selatan- ternyata memiliki daya tarik yang unik. Berlokasi tidak jauh dari rumah mantan presiden RI kita yang ke 4, Gus Dur, setiap pengunjung akan dimanjakan oleh alam desa yang segar. Setelah melewati gerbang si Pitung sebagai Gerbang Utama, pengunjung akan melewati lingkungan pemukiman penduduk yang mayoritas Betawi dengan bentuk rumah yang khas, yaitu teras yang luas dan bentuk atap yang unik.

Di Setu Babakan sendiri terdapat sebuah panggung yang berdiameter 60 meter persegi sebagai tempat dilakukannya berbagai atraksi seni budaya aseli Betawi. Mulai dari Qasidah, Marawis, Keroncong, gambang Keromong, Lenong dan Gambus. Juga tak lupa tari Topeng dan Ondel-Ondel turut ditampilkan dengan ceria.

Setelah mata terpuaskan, maka perut giliran meronta-ronta menuntut perlakuan yang sama. Jangan khawatir, di sinilah sebenarnya surga masakan Betawi berada. Bagaimana tidak? Mulai dari Soto Mie, Kerak Telor, Roti Buaya (bukan buaya darat lho ...), Soto Betawi, Karedok, Rujak Begbeg, Rujak Cuhi, Manisan KolangKaling, Sayur Gabus Pucung, Opor Jengkol, dan yang utama serta tiada duanya adalah ... Bier Pletok. Oleh masyarakat Betawi asli diklaim bahwa inilah satu-satunya Bier yang Halal di dunia. Dikatakan halal karena kandungan alkoholnya adalah nol persen.

Oh yaa ... semua pertunjukan di atas hanya dapat disaksikan pada hari Sabtu dan Minggu saja. Oleh karena itu disimak baik-baik waktu tamasya Wikimu :

Hari/Tanggal : Sabtu / 26 Juli 2008

Jam : 13.30 WIB langsung kumpul di Setu Babakan

Acaranya : Pertunjukan kesenian Betawi, menurut informasi dimulai pukul 15.00 WIB. Sebelumnya kita bisa melihat-lihat dulu arsitektur rumah Betawi, mencoba makanan khas Betawi, naik perahu di danau (ada danau di situ), dll.

Jalur menuju Setu Babakan dengan transportasi umum :

- Pakai bis, dari Terminal Blok M, naik Bus Kopaja S-616, minta turun di Setu Babakan.

- Pakai KRL, dari Stasiun Lenteng Agung , naik Bus Kopaja S-606, turun di kampus ISTN, lalu sambung lagi S-616. Minta turun di Setu Babakan.

Mungkin ada yang bisa berangkat bareng dari daerah rumah masing-masing, entah naik kendaraan pribadi atau umum, silakan isi kolom komentar artikel ini, berangkat dari mana, menggunakan apa. Misalnya siapa yang mau berangkat dari Kuningan? Kalau bareng-bareng akan lebih enak.

Bawalah keluarga, suami-istri, anak-anak, tetangga, agar kita sama-sama belajar tentang budaya Betawi.

Trims ...
Bookmark and Share

Tag/Label wikimu, wisata, setu babakan, betawi, sosial
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
15 komentar pada warta ini
Rabu, 23-07-2008 06:10:49 oleh: Retty N. Hakim

Ya...aku mau ikutan, tapi paginya harus kumpul ortu murid sekolah anakku....jadi dari Serpong lewat mana ya?



Rabu, 23-07-2008 14:49:40 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Retty ...

Waaduuh senang rasanya bisa jumpa lagi dengan si kembar, Mbak.

Jika dari Serpong, berarti langsung aja masuk tol TB. Simatupang dan exit di pintu keluar Depok (depan ANTAM lurus sedikit lalu balik arah).

Di jalan raya Lenteng Agung menuju Depok depan kampus IISIP (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), kembali mobil balik arah lagi ke Pasar Minggu.

Kira-kira 500 meter dari kampus IISIP, ada pertigaan kecil belok ke kiri (Jln. Joe). Dari Jln. Joe masuk terus ke dalam hingga jumpa Jln. Moh. Kahfi II.

Di Jln. Kahfi II, lurus ke arah kampus ISTN. Nah, setu Babakan ada di sebelah kiri jalan sebelum kampus ISTN.

Oh yaa, ada informasi kalau Pak Phil dan keluarga juga mau berangkat dari Serpong. Lebih baik " Konvoi " bareng aja Mbak.

Trims ...




Kamis, 24-07-2008 09:21:49 oleh: ajeng tiara

Yah... yang ini sih mainan saya tiap sore. Kalau anak lagi susah makan, tinggal dibawa ke Setu Babakan, sambil naik Ducking Boat, lahap deh...
Hehehe...
Ikut donk... Soalnya sambil merem juga sampe...
:-)




Kamis, 24-07-2008 10:27:46 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Ajeng ...

Boleh koq Mbak. Anak dan suami sekalian diajak biar tambah ramai. Sekalian silaturahmi dengan Wikimuers yang lain. Nanti saya bawakan stiker "Wikimu" khusus buat Mbak Ajeng.

Omong-omong, anaknya lahap makannya karena makanan di sana memang ... nyam ... nyam ... khan ? Ditunggu yaa Mbak ...

Trims ...




Kamis, 24-07-2008 10:48:31 oleh: Retty N. Hakim

He..he...he..mas Ery juga wajib bawa pasangan dan anak, biar nggak ada yang salah sangka masih jomblo... (atau justru itu yang dicari? he..he...he...pengennya pasang gambar smiley yang sedang guling-guling sambil terpingkal-pingkal...)



Selasa, 29-07-2008 07:40:12 oleh: ajeng tiara

Sorry kmrn tlpnya keputus. Soalnya sy pakai hp buatan cina yg dual mode gsm cdma. Sewaktu2 ada tlp di gsm, tiba-tiba sy dapat panggilan di cdma sinyalnya sering bentrok.



Selasa, 05-08-2008 20:46:18 oleh: mia chery

Wah asik juga wisata ini. Sebagai guru IPS di sekolah dasar tempat ini dapat menjadi tempat karya wisata untuk memperdalam pengetahuan anak2 tentang betawi. Usul ada juga dong tour keliling di hari kerja dan pagi hari. Saya yakin banyak sekolah2 lainnya yang akan memilih tempat ini untuk karya wisata betawi mengingat kita kan tinggal di tanah betawi.



Selasa, 23-12-2008 17:22:11 oleh: mansur amin

Sayang sekali mana foto2 perkampungan dg rumah betawinya dan juga foto danaunya.

sukses selalu. mansur amin




Selasa, 10-02-2009 18:26:53 oleh: naella masna R

saya ingin pErkampungan buDaya betaWi tepatnya di jl.mOch kahfi II Setu babakan jagakarsa,,yaitu dengan tersedianya sarana dan prasarana yang bagus,saya ingin lebih maju lagi, lebih ditingkatkan dengan acra2 tiap minggu khususnya topeng.karena selama ini setu babakan sudah menjadi tempat wisata yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung,..
saya ini juga sbgai pltih tari setiap minggu...
saya merasa bangga karena bertmbahnya anak2 yang ingin belajar menari di setu babakan.....
maka dari itu, kunjungi lah wisata setu babakan....




Kamis, 29-10-2009 23:53:19 oleh: Yudi arnof

Kpingin maen,ksana lg ... Dh lama ni.tiap hari nangkring teUs dkemayOran...




Rabu, 16-12-2009 13:55:52 oleh: stania devi k

Ass.wr.wb. Sy br membuka warta ini, dan saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tempat ini, kalau boleh ada fotonya.

Kami berniat membawa ibu2 dari perumahan kami untuk berwisata ketempat ini, untuk itu mohon informasi lebih lanjut apakah ditempat ini juga ada tempat outbond nya dll.

Terimakasih,wass.




Rabu, 16-12-2009 17:12:00 oleh: Retty

Waktu itu tidak terlihat ada sarana seperti outbond, kalau mau lihat foto suasananya ada di
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=13451

Agak lama baru muncul fotonya ;), tempat ini cocoknya untuk wisata keluarga...santai menikmati hidangan dan suasana senja.





Jumat, 14-05-2010 19:59:49 oleh: Nailul

terimakasih banyak, besok Insya Allah bareng ma temen mau kesana and ni lagi nyari info tentang setu babakan plus transportnya,eh...ada...makasih....



Senin, 24-05-2010 17:29:57 oleh: riyanto

q pnya rncna mau sjnak menenangkan pkran dan oatk ku,n q dpt slsi tuk dtng k setu babakan.
klo dri pulogadung k setu babakan rutenya gmn n naik bis umum pa??
n klo k blok M dlu kr2 brp jam dri Blok M k setu babakan naik kopaja S-616????????




Sabtu, 28-04-2012 06:50:09 oleh: Kardoman Tumangger

Infornya sangat berguna, hari ini saya dan teman2 akan kesana..



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY