Yulius Haflan

Fakta Unik: Indonesia Memiliki 8 Presiden??

Selasa, 08-07-2008 10:52:31 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Opini

Fakta Unik: Indonesia Memiliki 8 Presiden??

Selama ini kita mengenal bahwa Indonesia memiliki 6 Presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, dan sekarang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, menurut sejarah, sebenarnya Indonesia memiliki lebih dari 6 Presiden, tepatnya 8 Presiden. Tidak percaya? Coba perhatikan fakta-fakta berikut ini:

Pemerintahan Darurat RI

Pada 19 Desember 1948, saat Belanda melakukan agresi militer II dengan menyerang dan menguasai ibu kota RI saat itu di Yogyakarta, mereka berhasil menangkap dan menahan Presiden Soekarno, Moh. Hatta, serta para pemimpin Indonesia lainnya untuk kemudian diasingkan ke Pulau Bangka.

Kabar penangkapan terhadap Soekarno dan para pemimpin Indonesia itu terdengar oleh Sjafrudin Prawiranegara yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran dan sedang berada di Bukittinggi, Sumatra Barat. Untuk mengisi kekosongan kekuasaan, Sjafrudin mengusulkan agar dibentuk pemerintahan darurat untuk meneruskan pemerintah RI, atau lebih dikenal dengan PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia).

Padahal, saat itu Soekarno - Hatta telah mengirimkan telegram yang berbunyi, "Kami, Presiden Republik Indonesia memberitakan bahwa pada hari Minggu tanggal 19 Desember 1948 djam 6 pagi Belanda telah mulai serangannja atas Ibu Kota Jogjakarta. Djika dalam keadaan pemerintah tidak dapat mendjalankan kewajibannja lagi, kami menguasakan kepada Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Menteri Kemakmuran RI untuk membentuk Pemerintahan Darurat di Sumatra".

Sayang, telegram tersebut tidak sampai ke Bukittinggi. Meski demikian, ternyata pada saat bersamaan Sjafruddin Prawiranegara telah mengambil inisiatif yang senada. Dalam rapat di sebuah rumah dekat Ngarai Sianok Bukittinggi, 19 Desember 1948, ia mengusulkan pembentukan suatu pemerintah darurat (emergency government). Gubernur Sumatera Mr. T.M. Hasan menyetujui usul itu "demi menyelamatkan Negara Republik Indonesia yang berada dalam bahaya, artinya kekosongan kepala pemerintahan, yang menjadi syarat internasional untuk diakui sebagai negara".

Pada 22 Desember 1948, di Halaban, sekitar 15 km dari Payakumbuh, PDRI "diproklamasikan" . Sjafruddin duduk sebagai ketua/presiden merangkap Menteri Pertahanan, Penerangan, dan Luar Negeri, ad. interim. Kabinatenya dibantu Mr. T.M. Hasan, Mr. S.M. Rasjid, Mr. Lukman Hakim, Ir. Mananti Sitompul, Ir. Indracahya, dan Marjono Danubroto. Adapun Jenderal Sudirman tetap sebagai Panglima Besar Angkatan Perang. Sjafruddin menyerahkan kembali mandatnya kepada Presiden Soekarno pada tanggal 13 Juli 1949 di Yogyakarta. Dengan demikian, berakhirlah riwayat PDRI yang selama kurang lebih delapan bulan melanjutkan eksistensi Republik Indonesia.

Republik Indonesia Serikat

Dalam perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) yang ditandatangani di Belanda, 27 Desember 1949 diputuskan bahwa Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS). RIS terdiri dari 16 negara bagian, salah satunya adalah Republik Indonesia. Negara bagian lainnya seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur, dan lain-lain. Karena Soekarno dan Moh. Hatta telah ditetapkan menjadi Presiden dan Perdana Menteri RIS, maka berarti terjadi kekosongan pimpinan pada Republik Indonesia.

Assaat adalah Pemangku Sementara Jabatan Presiden RI. Peran Assaat sangat penting. Kalau tidak ada RI saat itu, berarti ada kekosongan dalam sejarah Indonesia bahwa RI pernah menghilang dan kemudian muncul lagi. Namun, dengan mengakui keberadaan RI dalam RIS yang hanya beberapa bulan, tampak bahwa sejarah Republik Indonesia sejak tahun 1945 tidak pernah terputus sampai kini. Kita ketahui bahwa kemudian RIS melebur menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 15 Agustus 1950. Itu berarti, Assaat pernah memangku jabatan Presiden RI sekitar sembilan bulan! Jadi, dari fakta tersebut bisa disimpulkan bahwa Indonesia memiliki 8 Presiden, bukannya 6 seperti yang kita sangka selama ini.

Sumber:http://www.kaskus.us/

Sumber foto:www.atlaswords.com

Keterangan foto: Mr. Sjafrudin Prawiranegara

Bookmark and Share

Tag/Label sjafrudin prawiranegara, assaat, presiden, yulius, pdri, ris, opini
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
26 komentar pada warta ini
Selasa, 08-07-2008 11:02:39 oleh: Engelbertus Pr Degey

ANgka 8 memang angka keramat bagi Indonesia. 1908 Budi Utomo, 1928 Sumpah Pemuda, 1998 Soeharto lengser, 2008 Obama anak indonesia itu akan menjadi presiden USA.......



Selasa, 08-07-2008 11:18:04 oleh: isfahani

selain Mr Sjafruddin dan Mr. Assaat sebagai Presiden PDRI (Pemerintah Darurat RI) kita juga punya Presiden lain yaitu SM. Kartosuwiryo yg merupakan Presiden Negara Islam Indonesia (NII).

Silahkan lihat sejarah dan urutkan dalam Time Table maka ketika Jogja direbut Belanda, Indonesia punya negara lain yg berkedudukan di Pasundan dan diakui pula oleh propinsi Aceh, Makasar dan Kalimantan Selatan sebagai Negara Islam Indonesia. Jadi secara defacto dan dejure ketika saat RIS hilang di Negeri ini tidak ada Vacuum of Power.

Bagaimana pendapat teman-teman ?




Selasa, 08-07-2008 11:49:06 oleh: Oni Suryaman

Bisa jadi demikian. Cuma kalau dilihat dari perjanjian internasional, sebelum 27 Desember 1949 alias penyerahan kedaulatan dari kerajaan Belanda ke Indonesia, Indonesia belum eksis, walaupun sudah ada beberapa negara yang mengakui Indonesia pasca 17 Agustus 1945.

Ini kalau dari sudut pandang hukum internasional. Jadi vacuum of power tidak ada, karena sebelum tanggal itu Indonesia masih dikuasai Belanda.




Selasa, 08-07-2008 15:05:57 oleh: Sochib Anwar

@Isfahani
Kartosoewirjo tidak pantas dimasukkan dalam jajaran presiden Indonesia karena NII tidak pernah diakui dan dianggap upaya makar sehingga RI melakukan operasi penangkapan Kartosoewirjo yng kemudian dihukum mati tahun 1962.




Selasa, 08-07-2008 16:06:54 oleh: isfahani

@Pak Sochib Anwar
Saya sepakat dengan pernyataan anda. NII memang bukan RI. dan kita tidak pernah menjadi WN-NII, jadi memang Kartosuwiryo bukan presiden kita.

tapi yg saya ungkapkan adalah bahwa di Indonesia pernah berdiri dan juga diakui eksistensinya sebagai NEGARA ketika RI tidak ada, RIS tidak ada dan PDRI pun kedudukannya nun jauh disana.

dan sekedar info (penambah wawasan) saja nih : Panglima Besar Soedirman ketika ditanya oleh Bung Karno pada saat beliau ditangkap Belanda "Siapa penjaga negara kita sekarang?" Sudirman menjawab "Saya telah mempercayakannya pada orang kita di Pasundan, Pak !" . Orang yg dimaksud Sudirman adalah Kartosuwiryo selaku Panglima Divisi Siliwangi waktu itu.




Selasa, 08-07-2008 16:59:57 oleh: Eko Nurhuda

Waktu itu kan Indonesia yg sekarasng ini kita kenal sbg NKRI memang berbentuk federasi dengan banyak negara. Sebagain besar merupakan negara boneka bentukan Belanda, sedangkan RI dan NII adalah dua negara yang berangkat dari proses perjuangan panjang bangsa Indonesia (khusus NII adalah umat Islam bangsa Indoensia).

Siapa bilang NII makar? Pada saat NII diproklamasikan, wilayah RI hanyalah Yogya plus 8 karesidenan. Dan jelas wilayah Jawa Barat yang menjadi basis NII bukan wilayah RI. Ingat, setelah perjanjian Renville disepakati adanya garis van Mook yang membuat laskar Siliwangi "hijrah" ke Jogja karena wilayah Jabar sudah menjadi milik Belanda. Artinya, kalau NII dibilang makar, maka mereka makarnya kepada Belanda, bukan RI yg waktu itu hanya tinggal Jogja plus beberapa karesidenan di Jawa.




Rabu, 09-07-2008 13:41:21 oleh: isfahani

@ Mas Eko
Setuju banget.

Dan sudah semestinya sejarah bangsa indonesia ini ditulis dengan sejujur-jujurnya dan juga tanpa ada modus untuk pembunuhan karakter maupun ideologi tertentu.

Jadi kesimpulannya presiden-nya bangsa indonesia sampai saat ini tidak hanya 6 atau 8 saja.




Rabu, 09-07-2008 16:12:56 oleh: Yulius Haflan

@semuanya,

Untuk masalah NII, saya tdk akan banyak berkomentar soal itu. Mungkin bagi saya tidak akan banyak menjelaskannya. Yang saya tahu, ketika Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaannya, maka seluruh wilayah Indonesia yang berada dibawah jajahan Belanda, zonder Timor leste, secara de facto adalah wilayah kesatuan RI, termasuk Pasundan. Masalah adanya perjanjian dgn Belanda dan segala bentuknya serta berdirinya negara boneka, menurut pribadi saya itu hanyalah salah satu bentuk usaha Belanda untuk memecah belah Indonesia.

Masalah NII ini sepatutnya harus kita pahami dengan hati-hati dan kritis. Mempelajari sejarah haruslah secara menyeluruh, tidak dengan sepotong-sepotong. Terkait dengan masalah jumlah presiden kita, itu terserah pada pemahaman masing-masing. Bagi saya, presiden Republik Indonesia tetap berjumlah 6, sedangkan presiden Indonesia (tanpa embel-embel Republik maupun Serikat), bisa jadi lebih dari 6.




Minggu, 13-07-2008 10:57:43 oleh: Eko Nurhuda

"Masalah NII ini sepatutnya harus kita pahami dengan hati-hati dan kritis. Mempelajari sejarah haruslah secara menyeluruh, tidak dengan sepotong-sepotong."

SETUJU BGT!!!!! JANGAN TAKUT MENGUNGKAP KEBENARAN!!!!




Kamis, 09-10-2008 12:06:51 oleh: aNak_negRI

PD amat kalo obama menang! ! !
tp Qt seluruh rakyat indonesia berdoa c, spy obama menang! ! !
Ya G?




Kamis, 09-10-2008 12:18:10 oleh: ikhwan kunto alfarisi

skrg klo sdh belajar sejarahnya, apa sdh siap menerapkan nilai-nilai perjuangan mereka (para pejuang yg tak kenal uang) utk bangsa?

ayo kita bersatu utk membangun bangsa!





www.ikhwanFORindonesia.co.cc




Jumat, 10-10-2008 17:37:17 oleh: rastajingga

buat gw presiden RI cuma SATU, yaitu eyang Suharto.
Gw baru brojol presidennya Harto, gw TK presidennya Harto, gw SD presidennya Harto, gw SMP presidennya Harto, gw SMA presidennya Harto, baru masuk kuliah presidennya Harto,.....ketika udah tingkat akhir baru deh rame2 nurunin si eyang.




Jumat, 06-02-2009 22:36:12 oleh: faris!

ia nih kata guru saya juga gitu kok .



Jumat, 27-03-2009 09:24:41 oleh: ismail

Semoga bangsa Islam Indonesia berjaya menjadi satu contoh bagi sekalian umat manusia.



Senin, 27-04-2009 12:04:14 oleh: danial m wawang

komentar saya yaitu semoga indonesia semakin jaya dan tidak ada lagi penjajahan tapi, yang namannya penjajahan didak akan pernah terselesaikan sebelum kita (bangsa indonesia) melelakukan yang benar maka dari itu bangunlah para pemuda-pemudi indonesia berjuanglah.

MERDEKA MERDEKA MERDEKA




Selasa, 12-05-2009 15:41:34 oleh: mukliz aneh

klo bnar2 mengaku orang islam maka sepatutnya kita mau diatur oleh semua aturan islam yang ada pada al-quran dan hadist, jangan mengikuti aturan yang dibuat oleh manusia...
contohnya anda bisa memikirkan sendiri apa saja aturan yang dibuat oleh manusia...
wss




Rabu, 08-07-2009 21:55:20 oleh: Dimas

Memang dalam hal teori segala sesuatu dapat dilakukan
untuk mengubah menjadi negara islam tidak semudah membalikkan telapak tangan
kembali kepada kesadaran diri kita masing2 sbagai warga negara indonesia,.. dan juga kembali kepada pemimpinya juga

dan ingat saat ini negara kita dalam keadaan terjajah,...
di Jajah oleh bangsa sendiri
Cam kan itu,..!!!!




Minggu, 15-11-2009 15:16:03 oleh: sumber jaya sinulingga

assalamualaikum wr.wb.
setelah saya membaca artikel diatas terutama bagian yang membahas tentang upaya berdirinya Negara Islam Indonesia yang diusahakan oleh Soekarmadji maridjan Kartosuirdjo (SMK), sekiranya saya mendapat suatu pelajaran bahwa kita selaku bagian dari bangsa Indonesia yang merupakan negara kesatuan dengan beragam suku, adat, bahasa , maupun agama yang berbeda-beda betapa pentingnya kita memaknai kembali artinya Nasionalisme bagi bangsa ini.
Hal itulah yang sekiranya menjadi problem disaat Kartosuirdjo ingin melahirkan sebuah negara di dalam negara kesatuan . Betapa pilunya hati bangsa ini sebenarnya melihat beliau yang merupakan salah satu anak bangsa yang dikala itu merupakan anti terhadap kolonialisme Belanda maupun pendudukan Nipon di Indonesia, yang akhirnya harus berakhir dengan yang sangat memilukan..
oleh karena itu saya selaku mahasiswa yang akan bercita-cita menciptakan kemakmuran bagi bangsa ini akan lebih gigih lagi untuk menghayati tragedi-tragedi yang sangat berkaitan dengan bangsa yang saya cintai ini .. INDONESIA tetap JAYA.




Selasa, 24-11-2009 11:15:50 oleh: ADI SAPUTRO

GAK USAH NGURUSI BENTUK NEGARA KITA SEPERTI APA.. MAU NII, REPUBLIK, NKRI, KOMUNIS, ATAU YG LAIN,. SEMUANYA SAMA AJA.. GAK ADA BEDANYA.. SEMUA TERGANTUNG DARI SOSOK PEMIMPINNYA.. MAU JD NEGA RA APAPUN JG KLO PEMIMPINNYA BERMORAL BEJAD YA SAMA AJA.. SAKYAT TE2P SUSAH..



Jumat, 18-12-2009 03:27:08 oleh: farouk asyatri

Bagi saya semua telah simak dengan jalan membaca keseluruhan tanggapan ,saran saya sederhana ,problem bangsa kita untuk saat saat ini diporakporandakan deng,an berbagai kepentingan pribadi dan golongan yang tidak sehat dan diluar batas, dengan mengesampingkan kepentingan rakyat yang dari detik menit jam hari bulan bahkan tahun tidak pernah merasakan apa apa yang tercantum pada pancasila dan uud45 yang semasa dulu kita ikrarkan bersama ,dalam penerapannya dari pemerintah kepemerintahan berikutnya pada butir kesejahteraan dan keadilan tdk mengalami perubahan peningkatan,soal ketuhanan terpulang kepada masing masing penganutnya,itu saja >.....



Jumat, 18-12-2009 04:17:46 oleh: farouk asyatri

Dan bagi saya kesatuan NKRI tidak perlu diutak atik keberadaannya,dimata dunia Internasional telah diakui keabsahannya dengan berbagai corak ragam budayanya adat istiadat yang harus perlu kita jaga dan lestarikan bersama,..persoalan sejarah perjuangan tetap kita akui namun bukan dijadikan tolak ukur untuk merubah tatanan negara yang telah berjalan selama ini dan ini bukan suatu kekeliruan bangsa dan negara dgn pemimpin terdahulu dalam penerapan sebuah kenegaraan dalam hal ini negara Republik Indonesia dengan beragam suku bangsa,yang perlu kita fokuskan bagaimana rakyat rakyat Indonesia disejahterakan dari keterpurukan nasibnya yang layak sandang pangan dan papan biliknya yang kadang penderitaan rakyat jauh dari kelayakan hidup tidak menutup kemungkinan makan sehari kemudian keesokannya tidak makan ini yang jadi beban dan tanggungjawab kita selaku bangsa Indonesia yang turut prihatin dengan kondisi keleyakan tinggal domisilih kesehatan tidak terjamin bagaimana terjamin sementara tidur beralaskan tikar pengemis dan anak terlantar katanya masuk perlindungan uu perlindungan kesejahteraan rakyat oleh pemerintah namun sepertinya tidak terealisasikan kebijakn tsbt,seandainya ada namun tidak maksimal dalam penerapannya,bangsa persoalan bangsa yang butuh tangan2 terampil dalam penyelasainnya,kasihan pemerintah jangan diganggu dengan hal hal yang sifatnya memprokasikan keadaan biarkan mereka kerja nanti bagi yang punya kompetensi terhadap kebijakan yang diterapkan jalankan DPR sebagai rujukan rakyat dalam memberi penilainnya,satu periode bukanlah waktu yang panjang jadi beri waktu dan peluang untuk bagi yang mau mengabdi berkarya bagi bangsa dan negara yang sama sama kita cintai dan kita junjung keberadaannya.



Jumat, 18-12-2009 06:11:29 oleh: farouk asyatri

saya sependapatdengan saudara rastajingga,..untuk sosok seorang pemimpin Pak Harto punya klas tersendiri bagi bangsa dan negara ini,saya turut mengalami kesejahteraannya sebagai rakyat sekalipun masih jauh dari harapan namun telah maksimal turut dirasakan masyarakat kebanyakan,,dari sisi keamanan keadilan terjamin ,sandang pangan papan ada dan terjangkau,keresahan rakyat tidak mengalami apalagi gelisah dalam menempuh menutupi kebutuhan hidup dalam keseharian bisa terpenuhi,..beliau sosok pemimpin pilihan hati rakyat,fans saya untuk figur seorang pemimpin negarawan hanya Pak Harto, ..dari kita semasa SD bagian dari pagar hidup disepanjang jalan yang di lalui beliau ketika melakukan kunjungan kerja dengan kibaran bendera sangsaka merah putih berkibar tancapan tiang bendera pada saat saat itu, ditangan tangan generasi penerus bangsa yang masih polos dengan ayunan kibaran bendera Merah Putih yang dililitkan pada pucuk sapu lidi berbaris sepanjang jalan siswa siswi sekolah dasar hingga SMP SMA Perguruan tinggi terkesan , beliau bagian dari pembentukan jatidiri menggapai hidup menanjak dewasa,beliau adalah bapak bangsa figur teladan kenegaraan bangsa dan negara Indonesia.....



Kamis, 18-02-2010 14:53:20 oleh: Khairuddin Abdul

Kebanyakan tanggapan yang diberikan sarat gengan muatan pribadi bukan atas intelektual dan kejujuran, bagi saya berapa pun dan siapapun presiden yang anda banggakan di negeri ini, selama tidak jujur mengungkap sejarah maka bangsa ini tidak akan menjadi bangsa yang besar dan maju serta menjadi contoh bangsa2 di dunia, seperti kata pepatah "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawan dan sejarahnya",suatu saat Indonesia akan terpecah seperti uni soviet karena mereka begitu lama menyimpan kebohongan kepada rakyatnya,demiki pula Indonesia, tapi Alhamdulillah saya sudah berhasil mengatasi kebohongan ini karena saya bukan lagi warga negara Indonesia, assalmu'alaikum wr.wb



Kamis, 18-02-2010 15:52:23 oleh: Khairuddin Andul

Bismillah....
Assalamu'alaikum wr.wb

Saudaraku, Sebagai muslim saya ingin menyampaikan beberapa hal PERTAMA wajib kita imani bahwa sejak Allah SWT menciptakan bumi dan segala isinya termasuk manusia maka Allah menciptakan dua aturan ( Perintah / Hukum ) yaitu aturan Allah dan bukan aturan Allah, maka barang siapa dalam hidupnya menggunakan aturan lain selain aturan Allah dan sedikitpun tidak mengusahakannya bahkan membencinya maka ia termasuk musuh Allah,maaf !jika saudara2 ku ingin membantah pernyataan saya mohon terlebih dahulu mempelajari isi dan makna ayat Allah SWT yang tersurat dan yang tersirat KEDUA Agama apapun memerintahkan ummatnya untuk melaksanakan aturan Tuhannya, maka bagi Indonesia,ia akan berkembang sesuai aturannya maksudnya Indonesia akan berkembang sesuai dengan Pancasilanya dan ia tidak mungkin berhukum dengan hukum Islam sedangkan aturan Islam akan digunakan di negara yang dikaruania Allah yang dapat disebut Negara Islam KETIGA Jika Indonesia ingin maju maka ia harus jujur ( rakyat dan bangsanya jujur, pemimpinnya jujur, aparatnya jujur, hukumnya jujur, seluruh yang menjadikan negara itu berdiri harus jujur ), ngerti nggak maksudnya ? kalo gak ngerti, kasian deh lu....capek deh...




Rabu, 24-03-2010 22:49:24 oleh: udin

saya setuju komentar terahir oleh Bang Khairudin Andul,klo bisa saya juga ingin seperti negara islam



Selasa, 28-12-2010 15:39:39 oleh: Satya_bali

INDONESIA ADALAH NEGARA BERDASARKAN PANCASILA.JADI BUKAN SUATU NEGARA YG BERSUMBER PADA SALAH SATU AJARAN AGAMA.YG KITA BUTUH ADALAH TOLERANSI....DG CINTA[LOVE] DAN RESPECT[SALING HARGAI] DEMI TERWUJUUDNYA PER_1 AN DAN KE_1 AN[UNITY],MAKA AKAN TERWUJUD SUATU KEDAMAIAN[PEACE]...JADI KITA GA USAH SESEKALI PUNYA GAGASAN UTK MENGUTAK ATIK NKRI DG GAGASAN MENDIRIKAN NII MISALNYA.......ITU KONYOLLLLLLLLLLLLL...URUS SAJA ISI PERUT KITA DAN KELUARGA....NEGARA INI UDAH KOYAK......JG LAGI ADA IDE2 NYELENEHHHHHHH....JALANKAN HIDUP SESUAI DG KEYAKINAN MSG2.....ITU URUSAN KITA PRIBADI DG TUHAN MSG2,UTK URUSAN NEGARA MARI KITA JAGA NKRI YG SUDAH EKSIS INI...MARI KITA HARGAI PERBEDAAN..BUKANKAN DARI PERBEDAAN ITU LAHIR KEINDAHAN...."IT'S SUCH A GREAT THING TO APRECIATE THE ART OF DIFFRENCES" THANKS A LOT.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY