Sandhy.ED

Jamu dan Keamanannya

Kamis, 26-06-2008 08:57:37 oleh: Sandhy.ED
Kanal: Kesehatan

Jamu dan Keamanannya

 

Jamu merupakan salah satu sediaan obat tradisional, sediaan obat tradisional yang lainnya adalah obat herbal terstandar dan sediaan fitofarmaka. Definisi masing-masing sediaan adalah sebagai berikut:

Jamu : adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (data empirik). Klaim penggunaan sesuai dengan jenis pembuktian tradisional dan tingkat pembuktiannya yaitu tingkat pembuktian umum dan medium. Jenis klaim penggunaan harus diawali dengan kata-kata; "Secara tradisional digunakan untuk ......", atau sesuai dengan yang disetujui pada pendaftaran.

Herbal Terstandar : adalah sediaan yang memenuhi kriteria aman, klaim khasiat dibuktikan secara ilmiah, telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang dipergunakan dalam produk jadi, memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian yaitu tingkat pembuktian umum dan medium.

Fitofarmaka : adalah sediaan dengan persyaratan aman, klaim khasiat berdasarkan uji klinis, telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang dipergunakan, dan memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Jenis klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian medium dan tinggi.

Jadi sediaan obat tradisional seharusnya mempunyai kandungan bahan alami tanpa campuran bahan kimia obat. Sayangnya saat ini ditemukan banyak jamu yang mengandung bahan kimia obat. Konsumen menggemari jamu seperti ini karena merasa khasiatnya "cespleng", sekali minum langsung terasa pengaruhnya. Jamu yang mengandung bahan kimia obat biasanya mempunyai nomor registrasi palsu/fiktif, walaupun ada juga beberapa produsen nakal yang teregistrasi di badan POM tetapi mencampurkan bahan kimia obat pada produknya seperti yang dapat dilihat pada public warning Badan POM No. KH.00.01.43.2773 tanggal 2 Juni 2008 tentang Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat. Dari 54 produk jamu yang mengandung bahan kimia obat 7 di antaranya terdaftar di Badan POM dan mempunyai izin edar.

Ditemukannya peredaran jamu yang mengandung bahan kima obat telah membuat masyarakat pengguna jamu merasa resah. Konsumen merasa bingung dan bertanya-tanya apakah produk yang selama ini mereka gunakan aman untuk dikonsumsi. Kalau keadaan sudah seperti ini, biasanya pemerintah langsung dituding "gak becus" kerja, tidak bisa melindungi masyarakat dari produk yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal sebetulnya pengawasan jamu memiliki aspek permasalahan berdimensi luas dan kompleks. Oleh karena itu diperlukan sistem pengawasan yang komprehensif semenjak awal suatu proses suatu produk hingga produk tersebut beredar ditengah masyarakat.

Untuk menekan sekecil mungkin risiko yang merugikan, dilakukan pengawasan 3 lapis. Lapis pertama adalah pengawasan yang dilakukan oleh produsen dengan menerapkan sistem mutu, sehingga produk yang dihasilkan memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Secara hukum produsen bertanggung jawab untuk menghasilkan produk yang bermutu dan apabila produsen memproduksi jamu yang dapat merugikan kesehatan, maka dapat dikenakan sangsi baik administrative maupun pro-justisia.

Lapis kedua adalah pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah dengan membuat peraturan dan kebijakan serta melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya produk yang berbahaya beredar di pasaran.

Lapis ketiga adalah pengawasan oleh konsumen melalui peningkatan kesadaran dan peningkatan pengetahuan mengenai kualitas produk yang digunakannya dan cara-cara penggunaan produk yang rasional. Pengawasan oleh masyarakat sendiri sangat penting dilakukan karena pada akhirnya masyarakatlah yang mengambil keputusan untuk membeli dan menggunakan suatu produk. Konsumen dengan kesadaran dan tingkat pengetahuan yang tinggi terhadap mutu dan kegunaan suatu produk, di satu sisi dapat membentengi dirinya sendiri terhadap penggunaan produk-produk yang tidak memenuhi syarat dan tidak dibutuhkan, sedang pada sisi lain akan mendorong produsen untuk ekstra hati-hati dalam menjaga kualitasnya.

Bahan kimia obat yang ditambahkan dalam jamu umumnya merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan aktif obat keras (obat yang harus digunakan dibawah pengawasan dokter). Bahan-bahan tersebut jika digunakan tanpa pengawasan dokter dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada konsumen. Bahan kimia obat yang sering ditambahkan pada jamu adalah:

Sibutramin Hidroklorida (pada jamu pelangsing) merupakan obat untuk menekan nafsu makan yang bekerja pada sistem syaraf pusat. Obat ini merupakan obat keras yang dalam penggunaannya harus dalam pengawasan dokter. Efek samping yang dapat terjadi antara laindapat meningkatkan tekanan darah (hipertensi),denyut jantung serta sulit tidur. Obat ini akan sangat berbahaya bila digunakan oleh pasien dengan riwayat penyakit jantung atau stroke.

Sildenafil Sitrat (pada jamu kuat untuk pria) merupakan obat untuk mengatasi gangguan ereksi. Obat ini juga merupakan obat keras yang dalam penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.Efek samping yang dapat terjadi antara lain sakit kepala, pusing, dispepsia, mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, rinitis (radang hidung), infark miokard, nyeri dada, palpitasi (denyut jantung cepat) bahkan kematian.

Siproheptadin (pada jamu gemuk)dapat menyebabkan mual, muntah, mulut kering, diare, anemia hemolitik, berkurangnya jumlah leukosit (sel darah putih) di dalam darah.

Fenilbutason (pada jamu pegel linu, jamu asam urat)dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, edema karena penumpukan cairan, pendarahan lambung, nyeri lambung yang dapat diikuti dengan perdarahan, reaksi hipersensitivitas, hepatitis, nefritis (radang ginjal), gagal ginjal, berkurangnya jumlah leukosit (leukopenia), anemia aplastik, agranulositosis (berkurangnya jumlah granulosit dalam darah) dan lain-lain.

Asam Mefenamat (jamu pegel linu, jamu asam urat) dapat menyebabkan diare, ruam kulit, trombositopenia (berkurangnya trombosit dalam darah), anemia hemolitik dan kejang serta dikontraindikasikan bagi penderita tukak lambung/usus, asma dan ginjal.

Prednison (jamu pegel linu, jamu asam urat)dapat menyebabkan moon face; gangguan saluran cerna seperti mual dan tukak lambung; gangguan muskuloskeletal (gangguan pada tulang dan otot) seperti osteoporosis; gangguan endokrin seperti gangguan haid; gangguan neuropsikiatri seperti ketergantungan psikis, depresi dan insomnia; gangguan penglihatan seperti glaukoma; dan gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit.

Metampiron (jamu pegel linu, jamu asam urat) dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti mual, pendarahan lambung, rasa terbakar serta gangguan sisten saraf seperti tinitus (telinga berdenging) dan neuropati, gangguan darah, pembentukan sel darah dihambat (anemia aplastik), agranulositosis (berkurangnya jumlah granulosit dalam darah), gangguan ginjal, syok, kematian dan lain-lain.

Teofilin (jamu sesak nafas) dapat menyebabkan takikardi (denyut jantung yang sangat cepat), aritmia, palpitasi (denyut jantung yang cepat dan tidak teratur), mual, gangguan saluran cerna, sakit kepala dan insomnia.

Parasetamol (jamu pegel linu, jamu asam urat)dalam penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Konsumen yang bijak akan memilih jamu yang sudah terdaftar di Badan POM untuk memperkecil risiko yang mungkin terjadi. Selain itu konsumen diharapkan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk yang akan dikonsumsi sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi produk tersebut. Untuk melihat apakah jamu tersebut terdaftar di badan POM dapat dilihat di website Badan POM http://www.pom.go.id/, dan apabila masih menemukan kesulitan, dapat langsung bertanya pada Pusat Informasi Obat Nasional.

Secara visual, jamu yang mengandung bahan kimia obat sulit dibedakan dengan jamu yang tidak mengandung bahan kimia obat. Tetapi konsumen harus curiga bila jamu yang diminum langsung terasa berkhasiat, atau konsumen tiba-tiba merasakan efek samping seperti jantung berdebar, keringat yang berlebihan, pusing, perih pada lambung atau gejala lain yang sebelum minum jamu tersebut tidak terasa, karena kemungkinan jamu ini mengandung bahan kimia obat atau konsumen alergi terhadap salah satu kandungan jamu tersebut. Bahan kimia obat yang dicampurkan pada jamu dosisnya tidak terukur dan karena pencampuran yang tidak homogen, maka dosis bahan kimia obat pada tiap kemasan bisa berbeda. Hal ini bisa berbahaya karena memungkinkan konsumen mengkonsumsi bahan kimia obat secara berlebihan.

Agar penggunaan jamu tepat, rasional dan aman, sehingga kemungkinan timbulnya kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari, maka sebelum mengkonsumsi jamu, konsumen harus mengetahui dan memahami informasi mengenai jamu yang akan digunakan. Informasi tersebut dapat diperoleh dari penandaan pada etiket, bungkus luar produk atau brosur yang menyertai produk tersebut.

Jadi Wikimuers, pilih produk yang keamanannya terjamin, jangan pilih produk yang menjanjikan kesembuhan secara instan. Katanya sih.., orang pintar...., pasti mencari informasi tentang produk yang akan dikonsumsi sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.

Sumber: http://www.pom.go.id/

Obat Asli Indonesia

BNF 52

Bookmark and Share

Tag/Label sandhy, jamu, bahan kimia obat, badan pom
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
20 komentar pada warta ini
Kamis, 26-06-2008 18:12:57 oleh: rahmah hasjim

Wah tulisan ini banget bagusnya karena saya jadi inget waktu beberapa tahun lalu minum obat pelangsing yg bikin jantung deg-degan terus, bibir kering dan pipis terus. Akibatnya mama saya marah dan menyuruh stop minum itu. Sekarang sih saya merasa lebih baik ikut fitnes 3x seminggu aja dan kata tukang pijat langganan lemak di tubuh saya banyak berkurang hehehehe...



Kamis, 26-06-2008 21:58:34 oleh: Sandhy.ED

Wah jangan2 pelangsingnya mengandung sibutramin Mbak. Sibutramin HCl sebetulnya obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi obesitas. Pemakaiannya harus sangat hati2, karena langsung berpengaruh pada sistim syaraf pusat dan oleh sebab itu pemakaiannya harus dalam pengawasan dokter.

Cara yang paling aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga dan mengatur gizi seimbang.

Salah satu cara mengatur asupan makanan kita supaya lebih terkontrol adalah dengan puasa Mbak...., jadi pahala dapet, sehat dan langsing..., ok nggak ^_^




Kamis, 26-06-2008 22:51:59 oleh: Christo

mbak sandhy,

Sediaan obat tradisional seharusnya mempunyai kandungan bahan alami tanpa campuran bahan kimia obat. Sayangnya saat ini ditemukan banyak jamu yang mengandung bahan kimia obat.

biar sesedikit apapun bahan kimia?
terlarang?
walau campuran alami dan kimia tidak berdampak negatif?

zero tolerance??





Jumat, 27-06-2008 15:30:49 oleh: Sandhy.ED

Mas Christo, jamu tidak boleh mengandung bahan kimia obat berapapun jumlahnya. Bahan kimia yang boleh dicampurkan kedalam jamu hanya pengawet, pemanis dan pewarna yang diijinkan untuk pangan dengan kadar maksimal seperti tertera pada PerMenKes No. 722.

Larangan pencampuran bahan kimia obat bukan hanya karena dikhawatirkan terjadi reaksi antara bahan alami dan bahan kimia, tetapi juga karena dikhawatirkan dosis bahan kimia obat yang diminum oleh konsumen tidak tepat sehingga dapat membahayakan bagi konsumen itu sendiri.




Senin, 30-06-2008 10:42:26 oleh: Anwariansyah

Jamu berbahan obat kimia laku keras dipasaran disebabkan perilaku konsumen yang suka dengan obat cespleng, mirip dengan kasus laku kerasnya dokter yang memberi obat paten (baca = obat keras). Jadi supply ada karena ada demand. Yang aman bikin jamu sendiri dengan membeli buku tentang campuran jamu (salah satunya oleh Hembing) dan mencari / membeli bahannya di pasaran.




Senin, 30-06-2008 16:00:17 oleh: Sandhy.ED

Bener Bang Anwar.
Seharusnya masyarakat mendapatkan edukasi yang lebih banyak, sehingga tidak menganggap dokter dan/atau obat adalah dewa yang langsung bisa menyembuhkan atau menghilangkan semua keluhan mereka dengan seketika.

Balik lagi, konsumen yang bijak akan mengerti bahwa untuk "sembuh" membutuhkan proses..., so... jadilah konsumen yang bijak yang gak mau diakal akalin oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti pemalsu obat atau produsen jamu yang nakal.




Selasa, 01-07-2008 11:05:14 oleh: panjikristo

trims untuk infonya mbak. Sangat berguna.
Selamat ini pada obat-obat yang dijual bebas hanya ditulis mengandung ini dan itu tapi tidak dijelaskan manfaat dan akibatnya. Nah justru disanalah bahayanya, mereka mengkonsumsi tanpa mengetahui bahaya yang mengintainya.
Tulisan ini saya copy ya mbak. (tentu dengan mencantumkan sumbernya).
saya ingin menyebarkan ke yang lainnya, yang mungkin belum tahu.
Salam




Selasa, 01-07-2008 11:36:41 oleh: Sandhy.ED

Senang sekali Mas Panji, kalau tulisan ini bisa berguna bagi temen-temen...
Salam




Rabu, 02-07-2008 20:31:40 oleh: phil lea

Mbak Sandhy..klo jamu gendongan yang sering lewat di komplex apakah mereka juga pakai bahan kimia.????



Kamis, 03-07-2008 07:50:44 oleh: Sandhy.ED

Pak Phil untuk jamu gendongan saya kurang tahu apakah mereka mencampur bahan kimia obat atau tidak karena saya belum pernah dapat data tentang pengujian terhadap jamu gendong.

Yang pernah saya dan teman2 lakukan adalah memberikan penyuluhan terhadap pelaku usaha dibidang jamu tentang bagaimana cara membuat jamu yang baik, dan pastinya menyampaikan bahaya yang bisa terjadi bila jamu dicampur bahan kimia obat.

Hmm, ada sih yang bilang kalau jamu kunir asem yang dijual oleh penjual jamu gendongan ada yang menggunakan bahan pewarna yang tidak diijinkan untuk pangan, tapi itu baru selentingan yang saya dengar, saya gak punya datanya...., mungkin temen2 wikimuers ada yang punya data?




Selasa, 15-07-2008 19:59:45 oleh: Siti aisyah

ASSlm...bu shandy tyt artikelnya d muat di sini ya..hehehe..isah baru tau.isah baru buka.:)



Jumat, 01-08-2008 18:03:30 oleh: Panjikristo

mbak Sandhy bisa bikin jamu gak?
Kalau bisa, boleh pesen gak? hehehe :-D
^_^




Jumat, 01-08-2008 20:25:41 oleh: Sandhy.ED

Mas Panji, aku bisanya cuma ceramahin tukang jamu hehehe...




Kamis, 29-01-2009 12:20:43 oleh: Ahmad

tulisan bagus untuk mengingat kembali label ,jenis produk yang ada dipasaran .jadi stiap produsen harus memperhatikan produknya jangan asal mencantumkan jenis sediaan obatnya.



Senin, 07-12-2009 17:17:31 oleh: Darke

Tolomg Masukan Definisi dari sedian galenik



Senin, 22-02-2010 11:08:37 oleh: purnomo sidi

jamu berbahaya



Kamis, 22-04-2010 13:18:29 oleh: odex sjam

1) fitness OK...
2) makanan cukup gizi & vitamin tapi tidak berlebihan
3) minum teh (apa saja hijau, merah, hitam dll) satu gelas sehari...

kombinasi 'aksi' tsb di atas bantu menurunkan lemak tuh..




Jumat, 13-05-2011 17:25:31 oleh: Guntur Bisowarno

Salam Kesehatan Herbal Terjamin dan Terstandarkan

Senang dapat materi pendampingan dan pengarahan seperti ini, semoga semakin mantap pembinaan dan pengembangan kurikulum pendampingan lapangan petani, usaha tani herbal dan perdagangan herbal yang benar dan rasional dari langkah2 ini.

Semoga kita bisa saling melengkapi dan menyempurnakan perjuangan bersama ini.

Salam Herbal Nuswantara
Guntur Bisowarno S.Si., Apt
Aktivis Herbal Yang Benar dan Rasional untuk masyarakat pecinta herbal
Dari Desa Purwosari Pasuruan




Jumat, 23-09-2011 23:17:50 oleh: Guntur Bisowarno

Alamat Email atau Nama Facebook Mbak Sandy
boleh kita tahu

Apa benar ini sandhy adik kelasku di unair

salam perjuangan herbal indonesia




Minggu, 20-05-2012 14:42:31 oleh: yoshef

jamu adalah obat herbal yg terstandar... bila konsumen tidak mau diboh0ngin cek label komposisina...n cek juga logo dari BPOMna...

tulisan ttg jamu yg terkontaminasi obat kimia... ru ngerti aku..mkasih y mba santy... ditunggu tulisan yg lain... aku tunggu cz aku juga penjual terapi jamu/obat herbal terstandar...




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY