Ferdinandus Setu

Makna Kata Sahabat

Sabtu, 21-06-2008 06:54:30 oleh: Ferdinandus Setu
Kanal: Opini

Bahasa Indonesia cukup kaya dengan kata untuk menyebut seseorang yang bukan anggota keluarga kita atapun kerabat kita tapi memiliki kedekatan personal dengan kita: teman, kawan, sahabat. Dan dalam istilah lain sering juga disebut sobat atau sohib. Ada yang berpendapat bahwa kelima kata yang memiliki padanan dalam bahasa Inggris “Friend” itu berbeda nuansa satu sama lain. Teman itu tingkatannya paling rendah, sehingga tak heran kita sering mendengar ucapan: "ah dia hanya teman saya, tapi bukan kawan, apalagi sahabat."

Menurut golongan yang berpendapat bahwa “teman, kawan, dan sahabat” itu berbeda, selalu mengurutkan intesitas dan kedekatan hubungan dari yang paling “biasa” sebagai “teman”, lalu meningkat menjadi teman dekat dengan sebutan “kawan”, dan terakhir kawan yang sudah benar-benar sangat dekat disebut sebagai “sahabat”. Kepada “teman” saya menceritakan humor-humor untuk bahan tertawa bersama. Kepada “kawan” , selain humor jenaka, saya juga mulai berkisah tentang duka saya dengan tetap menyembunyikan hal-hal paling rahasia. Namun hanya kepada “sahabat” saya berbagi segalanya: tawa, duka, dan juga rahasia.

Namun ada golongan yang lain berpendapat bahwa ketiga kata itu “teman, kawan, sahabat” adalah sinonim yang tak berbeda nuansa. Ia bisa dipakai kapan saja, tanpa perlu membedakan tingkatan kedekatan kita. Golongan ini berpendapat bahwa, pilihan kita menggunakan ketiga kata itu adalah selera kita tanpa didasarkan pada intesitas hubungan. Silahkan pakai kata teman. Silahkan gunakan kata kawan atau sahabat. Apalah arti sebuah ”kata” jika ketiganya mengacu pada satu entitas makna.

Lalu saya berada pada golongan yang mana? Apakakah pada golongan pertama yang suka membedakan makna bahasa dari setiap kata berbeda? Ataukah saya termasuk golongan kedua yang berpendapat: "Apalah arti sebuah kata jika ketiga kata itu merujuk pada satu makna yang sama yaitu: bukan kerabat tapi dekat dengan kita." Saya tak akan menentukan pilihah pada salah satu golongan di atas. Kedua golongan itu benar dengan argumennya masing-masing.

Daripada berdebat tentang pilihan kata yang tepat, lebih baik saya bertanya kepada Kahlil Gibran tentang makna teman, kawan atau Sahabat. Maka sang penyair Libanon ini pun menjawab saya dengan uraian singkat berikut ini:

"Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang mendapatkan imbangan. Dialah ladang hati yang penuh kasih kau taburi dan kau pungut buahnya dengan penuh rasa terimakasih. Persembahkan yang terindah bagi persahabatan! Jika ia harus tahu musim surutmu, biarkan ia mengenal musim pasangmu. Sebab siapakah sahabat itu, hingga kau hanya mendekatinya untuk bersama sekedar membunuh waktu. Carilah ia, untuk bersama menghidupkan sang waktu!! Sebab dialah orang untuk mengisi kekuranganmu, bukan sekedar mengisi kesenanganmu. Dan dalam kemanisan persahabatan, biarkanlah ada tawa-tawa kegembiraan, berbagi duka dan kebahagiaan. Sebab dari titik kecil embun pagi, hati manusia menghirup fajar pagi dan menemukan gairah segar kehidupan". (Kahlil Gibran--Sang Nabi) 

Demikian Kahlil Gibran menyajak tentang sahabat. Sebelum menutup tulisan ini saya ingin mengutip salah satu moto yang sering dikutip para politisi ketika berkampanye terkait persahabatan : satu musuh sudah terlalu banyak, seribu kawan masih terlalu kurang. Pertanyaan saya: "Sudah berapa sahabat, teman atapun kawan dalam daftar orang terdekat Anda?"

 

Salam,

Ferdinandus Setu

Bookmark and Share

Tag/Label persahabatan, kahlil gibran, kiat
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
24 komentar pada warta ini
Minggu, 22-06-2008 22:35:35 oleh: Aprilia

Bung Ferdi jadi termehek-mehek nih...

Mikir, brp org yg sudah kukecewakan karena tidak kusadari ataupun kusadari, aku tidak mau berteman dgn-nya...buanyak deh...gimana mau dpt banyak sahabat ya :(

kata-kata yg paling kusuka 'Sebab dari titik kecil embun pagi, hati manusia menghirup fajar pagi dan menemukan gairah segar kehidupan'

semoga aku bisa selalu berusaha menjadi titik kecil embun pagi buat org lain...




Selasa, 19-01-2010 12:53:10 oleh: roma tobing

keren bangat kata2nya.........
setelah bacanya bener2 bwt aq jd lebih paham lagi tentang apa itu arti seorang SAHABAT......




Jumat, 19-03-2010 09:19:35 oleh: nicky

IS VERY GOOD



Selasa, 13-04-2010 16:39:54 oleh: iwan putra

bagi ku sahabat itu sangat penting, tanpa sahabat apalah arti hidup ini...
dan aku ingin selalu berada di samping sahabat-sahabat ku... seperti aku berada di samping kedua orang tua ku....... dan aku tak ingin sahabat yang berbohong terhadap ku,,,
by : iwan putra




Jumat, 23-04-2010 16:17:42 oleh: abdeezky

bagiku shabat n teman sangat lah berbeda yaitu sahabat adalah orang disaat kita sedih dia juga ikut merasakAN pahit myg kita rasakan sedangkan teman hanya dpat hadir di saat kita hanya gembira saja di saat kita mengalami kesulitan dia mlah mnjauh n tertawa dlam pnderitaan kita



Senin, 03-05-2010 18:44:16 oleh: ama aurera

bagi aku sahabat ituh belahan jiwa.....seperti keluarga sendiri.......



Kamis, 20-05-2010 13:12:41 oleh: marco kateluang

bgus2 it kta2 noch chy....
wkwkwwwwwkwkwk
mmg sdap lu mch dgr nich kta2 noch???
smbil mnum tehhhhh




Minggu, 30-05-2010 22:15:16 oleh: verie creamocc

kren bro..........
jd kangen ne m shbat2 Q.....
pngen bnget ktmu m mrka.....




Sabtu, 05-06-2010 15:06:45 oleh: andi indra anasir

satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan
diri sendiri by:DEBO




Selasa, 08-06-2010 22:22:18 oleh: ericksaputra

arti sahabat



Jumat, 18-06-2010 15:40:53 oleh: Githa tingginehe

kata - katanx keren banget .. !







Jumat, 02-07-2010 14:53:12 oleh: kim adian

saHabt tU bWat Q.....
tAq bIsa hanya d Ungkap kan dngAn kaTa"....
tapI sHabAT tu...
niLai nya taq dpaT d ukur...
snabT bgaI kan pEnerang daLam geLaP...
ibaraT LILIN iank reLa habIs meLeLeH demI mEnerangI.....




Senin, 19-07-2010 20:46:07 oleh: Ansari The Oboy

Y..
Bgi q sahabat tu sgt pntg tk mncpai tjuan




Sabtu, 07-08-2010 06:00:20 oleh: bhoday poetra assegaff

bagi qu sahabat adalah tempat curhat untuk sahabat-sahabat !y . . . !!



Selasa, 04-01-2011 13:58:52 oleh: noerdien

akh pada sok tao lo smua....



Senin, 10-01-2011 23:47:04 oleh: ery

arti sahabat bagi aq,,
dia sllalu ada saat aq butuhkan
dan dia sllalu ada disaat aq susah dan senang,




Kamis, 03-03-2011 14:26:08 oleh: gion chebino

saya punya sahabat seperti kata-kata diatas,
serasa tidak mau kehilangan....
karena susah mencari sahabat daripada teman..

"salam sahabat sejati"




Sabtu, 02-04-2011 00:56:02 oleh: muammae one

sahabat sejati tidak jauh beda sama pacar... makanya sahabat sejati itu tidak da bagi q... ibarat hanya seperti permen.. apabila sudah habis manisnya tidak terasa lagi.. hanya sebatas dunia saja





Selasa, 26-04-2011 12:34:30 oleh: nananq vangeance

Sahabat sejati berawal dari penderitaan & kesulitan,saling membahu dalam suka & duka,memberi dgn tulus……& dikenang hingga akhir hayat,selamanya. Entah dimana dia kini……….



Jumat, 10-06-2011 22:11:10 oleh: abdul kaka

sahabat itu memang gila gak jls gk papa yang penting hepy



Jumat, 10-06-2011 23:28:41 oleh: xaepxetiadi

shbat adlah sglnya untuk'q dn dia udh aq anggp sbgai saudra'q sndri...
mskipun dia mnghianti'q aq akn tetap mnganggap dia sbgai shbat'q...




Sabtu, 25-06-2011 15:21:53 oleh: fendi Craig

apa asumsi kalian tentang arti kata sahabat dan jika anda dihadapkan pada pilihan antara sahabat ,pacar, dan keluarga mana yang akan anda pilih--->disertai alasan yg tepat.....!

thank's
BY: Fendi Craig(FC)




Kamis, 15-03-2012 13:57:37 oleh: Rijki salpia

Sahabat ku yang baik ,,
apabila aku mati,jangan mandikan aku dengan air matamu :'(
apbila aku terkubur,kuburlah aku dalam hatimu




Kamis, 17-01-2013 09:10:14 oleh: berliana siregar

sahabat itu bagaikan kasih sayang yang tak bisa qu lupakan. bahkan qu mengingatnya sampai ujung hayat qu.tapi sahabat itu ntah diman ?? qu sendiri sekarang.qu merindukam mereka, di saa bersama dulu.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY