Leonardo Paskah Suciadi

Dokter itu 'Dr.' atau 'dr.' ?

Minggu, 25-05-2008 14:33:35 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Iptek

Dokter itu 'Dr.' atau 'dr.' ?

Dalam artikel yang pernah saya tulis di wikimu tentang batu saluran kemih yang lalu, Mbak Retty sempat memberi komen yang menanyakan tentang penulisan singkatan gelar dokter yang benar. Wah kebetulan sekali, karena memang masalah penulisan tersebut seringkali membingungkan bukan hanya bagi masyarakat tetapi juga malah di kalangan para dokter dan mahasiswa FK sendiri. Saya pun sempat bingung karena beberapa tempat menuliskan gelar dokter sebagai ‘dr.’ sedangkan yang lain menuliskannya dengan ‘Dr.’ , hal tersebut merancukan antara dokter dengan doktor.

Jadi saya ingin berterima kasih kepada Mbak Retty atas pertanyaannya yang memang mengingatkan saya untuk suatu waktu menuliskan apa yang saya tahu tentang masalah ini.

Saya juga sempat bingung tentang polemic tersebut, sehingga saya pun pernah mencari tahu sumber resmi tentang hal itu. Penulisan singkatan kata dokter ternyata ada perbedaan paham antara ketentuan dari departemen kesehatan dengan departemen pendidikan dan kebudayaan. Departemen kesehatan sejak lama menganut penulisan yang benar adalah sebagai ‘dr.’ (dengan ‘d’ huruf kecil) untuk mengacu pada dokter dan ‘Dr’ (dengan ‘d’ huruf besar) sebagai acuan ke gelar doktor. Namun timbul permasalahan dalam dunia jurnalistik, yaitu bagaimana jika suatu kalimat dimulai dengan tulisan ‘dr A’ karena jika dimulai dengan huruf kecil di awal suatu kalimat maka hal tersebut berarti mengingkari cara penulisan yang benar sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang mengharuskan huruf pertama di awal setiap kalimat berupa huruf capital. Menyiasati masalah tersebut maka penulisan ‘dr. A’ untuk diawal kalimat harus diubah sebagai ‘Dokter A’.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang juga bertanggung jawab tentang masalah bahasa Indonesia yang baik dan benar kemudian mengklaim bahwa penulisan yang tepat untuk dokter sebaiknya justru sebagai ‘Dr.’ sehingga dengan demikian permasalahan tentang huruf kapital diatas dapat terselesaikan. Dan dengan demikian penulisan yang benar untuk gelar Doktor menurut mereka adalah sebagai ‘DR.’

Kecenderungan yang ada saat ini, klaim cara penulisan seperti departemen pendidikan dan kebudayaan tersebutlah yang sudah resmi dipakai. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mengenakan singkatan ‘Dr.’ sebagai singkatan resmi untuk dokter, hal ini tampak dari seminar-seminar medis resmi yang diselenggarakan IDI dimana penulisan para dokter disana sudah sebagai ‘Dr’. Selain itu majalah kedokteran ‘DOKTER KITA’ yang notabene dikelola langsung oleh DR.Dr.Siti Fadillah,SpJP (Menteri Kesehatan RI) merupakan majalah kesehatan pertama di Indonesia yang komitmen menuliskan singkatan dokter sebagai ‘Dr.’

Dengan demikian menurut saya, bagi semua masyarakat dan kolega, sudah saatnya menyamakan persepsi penulisan gelar dokter yang tepat sebagai ‘Dr’ supaya polemic tentang permasalahan tersebut dapat terselesaikan.

Terima Kasih, semoga artikel ini dapat memberikan info yang cukup jelas.

Bookmark and Share

Tag/Label doktor, dokter
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
14 komentar pada warta ini
Minggu, 25-05-2008 16:44:56 oleh: Nurliati Sari Handini

Hmm..Bingung juga ya?
Dulu saat masih SMA, guru bahasa Indonesia saya mengajarkan penulisan "dr" untuk dokter dan "DR" untuk doktor. Tapi itu kira2 sudah 6 thn lalu siy. Mungkin ttg aturan penulisan yang berlaku saat ini perlu ditanyakan ke ahli tata bahasa ya? -Olly-




Minggu, 25-05-2008 17:30:55 oleh: Anwariansyah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisan yang benar (1). dr. = dokter - S1 (2) Dr. = Doktor - S3 (3). Drg. = Dokter Gigi (S1) (4) DR. = Doktor Honoris Causa (Penghargaan Non Akademik). Apabila di dalam suatu kalimat gelar dr. berada pada bagian awal kalimat maka dr. Nisa bisa ditulis Dokter Nisa. Sedangkan bila merupakan penyebutan nama misal di papan nama atau isian formulir tetap ditulis dr. Nisa

Demikian




Senin, 26-05-2008 08:04:55 oleh: GUS WAI

Kalau tidak salah, penulisan dr. di awal kalimat masih memungkinkan menggunakan Dr. tetapi untuk menghindari kesimpangsiuran maka ditulis panjang saja menjadi Dokter jika di awal kalimat.



Senin, 26-05-2008 08:58:22 oleh: Dani Ampriyanto

nah kalo drs ma dra kira2 ada hubungannya gak?




Senin, 26-05-2008 16:15:11 oleh: chika

Mas Dani, kalo doktorandus/a kayaknya sih tetap ditulis Drs/Dra ya.

Kalo untuk dokter, saya kok udah telanjur terbiasa nulis 'dr' ya. Susah banget untuk ganti ke 'Dr'. Sejak awal diajarinya begitu sih, meski tahu itu kurang tepat.




Rabu, 28-05-2008 19:13:20 oleh: Anwariansyah

@chika

La, Mba, khan udah dibilang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar memang dr. untuk dokter (S1), sedang Dr. untuk Doktor (S3)




Jumat, 27-06-2008 11:23:57 oleh: handi

Saya setuju sama tulisannya..
Untuk mas Anwariansyah mohon dilihat lagi itu kamus terbitan tahun berapa ya? kali aja udah diperbaiki dalam edisi yang baru.. piss ah..




Senin, 30-06-2008 09:46:40 oleh: mitha

jadi, tata cara yang terbaru untuk dokter apakah Dr atau dr? soalnya saya sering mengirimi surat untuk para dokter nih....thx



Senin, 30-06-2008 16:39:34 oleh: Leonardo Paskah S

Secara Bahasa Indonesia EYD saya menyerahkan kepada pihak yang kompeten, karena hal tersebut bukan bidang saya. Silahkan jika ada wikimuers yang ahli Bahasa Indonesia, mohon dibantu ^^

Untuk mbak Mitha, menilik pada salah satu korespondensi formal yaitu majalah Dokter Kita, maka saya kira cara penulisan Dr.Anu tidak menjadi masalah..
Trims




Selasa, 07-10-2008 19:33:11 oleh: ismail hasan

mas/mba Qu minta daftar nama dokter spesialis yg SIP y masih ada dong yg djakarta y



Jumat, 03-04-2009 08:19:02 oleh: Efendi Arianto

Informasi yang menarik tentang bagaimana gelar profesional "dokter" dicantumkan, antara lain dapat dilihat pada link di bawah:

http://tonangardyanto.blogspot.com/2006/06/memahami-gelar-dokter.html

Negara kita memang agak terlambat mengatur penulisan gelar akademik dan profesional. Gelar warisan pendidikan jaman Belanda (Ir., Drs., Dra., Mr., dr.) sebenarnya merancukan antara gelar profesi dengan gelar akademik.

Sebutan "Dokter" disingkat "dr." adalah sebutan profesional, serupa dengan "Akuntan" disingkat "Ak." atau "Insinyur Profesional" disingkat "IP".




Jumat, 19-03-2010 11:18:23 oleh: satria

nah yang jadi masalah lagi, bolehkah penyebutan gelar tersebut diletakkan di belakang nama, misal Nisa, Dr. MM. Hj (misal). karena permasalahan juga ketika membuat sebuah daftar tabel dengan urutan berdasarkan alfabet, itu urutan namanya tidak mungkin klop, misal Dr. Nisa lebih awal dari Mufid, SH, artinya orang dengan nama diawali alfabet lebih awal bisa jadi terletak dibagian belakang karena penulisan gelar tersebut... bagaimana..?



Rabu, 18-08-2010 00:21:57 oleh: dwiantono

http://www.ilunifk83.com/peraturan-dan-perijinan-f16/selintas-tentang-ikatan-dokter-indonesia-t137.htm

ini link keputusan IDI terbaru




Rabu, 21-09-2011 10:22:35 oleh: Dito

menurut EYD 2009
http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan
Yang benar/disepakati penulisan dokter (dr), Doktor (Dr.), tapi tidak ada aturan penggunaan DR.

namun di website bahasa Indonesia ini
http://elcom.umy.ac.id/elschool/muallimin_muhammadiyah/file.php/1/materi/Bahasa_Indonesia/Bab-3_Bahasa.pdf
penggunaan DR untuk Doktor dianggap kurang tepat, yang tepat Dr.

Saya kira IDI harusnya mengacu ke ahli Bahasa (EYD), kita tunggu saja kesepakatan para ahli bahasa.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY