Mei Giok

Gizi Sehat di Usia Senja

Minggu, 21-01-2007 22:42:28 oleh: Mei Giok
Kanal: Kesehatan

Di milis health talk, Prof. Iwan menganjurkan untuk menemui Gerontology. Aku mencoba googling. Dibawah adalah hasil yang aku dapat. Masih jauh dari lengkap tapi semua ini memberi awal yang lebih jelas.

Tetap Sehat di Usia Lanjut Dengan Gizi Sehat

TURNIANI LAKSMIARTI DAN HERTI MARYANI

Puslitbang Pelayanan dan Teknologi Kesehatan Surabaya

Artikel pada Horizon – tempo.co.id

________________________________________

Pendahuluan

Tetap berprestasi dimasa tua adalah harapan setiap insan, baik individu itu sendiri maupun keluarga dan kerabatnya. Namun demikian, tidak setiap harapan dapat diwujudkan dengan mulus. Harapan yang demikian pernah dikemukakan oleh seorang Gerontolog dari Amerika yang menyatakan "Not only add years to life, but also life to years" atau jangan hanya menambah tahun pada kehidupan, tetapi juga menambah kehidupan pada tahun-tahun itu.

Dengan berkurangnya malnutrisi dan penyakit infeksi karena peningkatan sosio-ekonomi sehingga standar hidup menjadi lebih baik, serta dengan adanya kemajuan ilmu dan teknologi, termasuk teknologi kedokteran, maka umur harapan hidup manusia menjadi lebih panjang dan umur rata-rata penduduk menjadi lebih tua. Tetapi, menambah panjang umur tanpa peningkatan kualitas hidup tentunya tidak cukup, karena hanya akan menambah panjang penderitaan bagi individu tersebut maupun keluarga dan masyarakat, baik ditinjau dari segi budaya, sosial, maupun ekonomi.

Dengan bertambahnya usia, ditunjang kemunduran kemampuan psikis dan fisik, serta menderita berbagai penyakit, merupakan keadaan yang sangat tidak diharapkan. Padahal, pada kenyataannya terdapat beberapa orang usia lanjut yang masih mempunyai keinginan dan harapan-harapan yang ingin dicapai. Dalam tulisan ini, dicoba untuk mengatasi sedini mungkin agar di usia lanjut masih berpotensi walaupun tidak semaksimal dibanding usia produktif.

Tulisan ini merupakan analisis deskriptif yang diambil dari berbagai pustaka yang meliputi: (a) Batasan usia lanjut; (b) Permasalahan usia lanjut; (c) Beberapa jenis penyakit pada usila; (d) Macam-macam olah raga/latihan yang baik bagi usila; (e) Nutrisi sehat bagi usila.

Batasan Usia Lanjut

Batas umur untuk usia lanjut dari waktu ke waktu berbeda. WHO membagi umur tua sebagai berikut: 1. Umur lanjut (elderly): 60--74 tahun 2. Umur tua (old): 75--90 tahun 3. Umur sangat tua: (very-old) > 90 tahun.

Permasalahan Usia Lanjut

Untuk dapat meningkatkan kualitas hidup sehingga berpestasi di masa tua, perlu diketahui permasalahan yang dialami di usia lanjut:

1. Kondisi mental. Secara psikologis, umumnya pada usia lanjut terdapat penurunan baik secara kognitif maupun psikomotor. Contohnya, penurunan pemahaman dalam menerima permasalahan dan kelambanan dalam bertindak.

2. Keterasingan (loneliness). Terjadi penurunan kemampuan pada individu dalam mendengar, melihat, dan aktivitas lainnya, sehingga merasa tersisih dari masyarakat.

3. Post power syndrome. Kondisi ini terjadi pada seseorang yang semula mempunyai jabatan pada masa aktif bekerja. Setelah berhenti bekerja, merasa ada sesuatu yang hilang dalam kehidupannya.

4. Masalah penyakit. Selain karena proses fisiologis yang menuju ke arah degeneratif, juga banyak ditemukan gangguan pada usia lanjut. Antara lain infeksi, jantung, dan pembuluh darah, penyakit metabolik (osteoporosis), kurang gizi, penggunaan obat dan alkohol, penyakit syaraf (stroke), serta gangguan jiwa terutama depresi dan kecemasan.

5. Masalah ekonomi. Penerimaan atau pendapatan pada usia lanjut tidak seperti pada masa produktif, sehingga masalah ekonomi merupakan salah satu masalah yang perlu dipahami.

Beberapa Jenis Penyakit pada Usila

Jenis penyakit yang ditemukan pada kelompok usia lanjut sebenarnya tidak berbeda dengan yang ditemukan pada kelompok usia lebih muda. Penyakit yang diketemukan pada usia lanjut antara lain osteoporosis, osteomalasia, dementia, penyakit alzheimer, katarak, dan otosklerosis. Beberapa penyakit yang frekuensinya lebih lebih tinggi dari usia muda lainnya antara lain osteoartritis, artritis reumatoid, penyakit keganasan, penyakit parkinson, dan gangguan pembuluh darah otak ( cerebro-vascular disease = CVD). Beberapa penyakit lain yang menimbulkan masalah pada kelompok usia lanjut, misalnya diabetes militus, hipertensi, penyakit infeksi, bronkopneumonia, penyakit paru obstruksi menahun, tuberkulosis, fraktur, dan lain-lain.

Macam-macam Olah Raga/ Latihan yang Baik bagi Usila

1. Pekerjaan rumah dan berkebun Pekerjaan rumah dan berkebun merupakan suatu latihan untuk menjaga kesegaran dan daya tahan tubuh. Tetapi, pekerjaan dimaksud perlu dilakukan secara cepat sehingga denyut jantung dan otot akan lebih cepat, karena denyut jantung usia lanjut cenderung melemah.

2. Berjalan-jalan Berjalan-jalan dengan baik berguna untuk meregangkan kaki dan menjaga daya tahan tubuh. Bila berjalan dilakukan makin lama makin cepat, akan makin sempurna.

3. Senam tera dan aerobik Senam tera dan aerobik atau yoga memberikan keuntungan dalam mempertahan bentuk fisik dan mental.

4. Jogging Dilakukan dengan tidak terlalu cepat, berguna untuk memperbaiki kemampuan pengambilan zat asam (O2) yang menyangkut fungsi jantung, paru-paru, peredaran darah kaki, dan lain-lain.

5. Bersepeda atau berenang Kegiatan ini dapat dilakukan apabila memungkinkan, terutama untuk penderita artritis, karena dapat meningkatkan keregangan dan daya tahan tubuh, tapi tidak menambah kelenturan pada derajat yang lebih tinggi.

Nutisi Sehat pada Usia Lanjut

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air (62,4%), protein (16,9%), lemak (13,8%), hidrat arang, dan garam (6,9%). Untuk mencapai komposisi tubuh yang demikian, manusia memenuhinya melalui makanan yang berasal dari hewani dan tumbuh-tumbuhan. Makanan terdiri dari bagian-bagian yang berbentuk ikatan kimia atau unsur-unsur organik yang disebut zat gizi atau nutrisi. Begitu pula dengan kesehatan usia lanjut. Agar tetap terpelihara dan agar selama mungkin dapat hidup secara produktif maka faktor gizi/nutrisi usia lanjut perlu diperhatikan. Yang dimaksud zat gizi ini adalah zat yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh supaya berfungsi dengan sempurna. Tubuh membutuhkan sekitar 50 jenis zat gizi. Tubuh yang sehat sempurna dapat membentuk 25 dari ke 50 zat gizi tersebut.

Zat gizi dapat digolongkan ke dalam 6 golongan, yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air. Semua zat gizi tersebut dapat digolongkan ke dalam 3 golongan, yaitu:
  1. Zat gizi yang memberikan energi untuk pergerakan tubuh maupun reaksi. Yang tergolong ini adalah karbohidrat, lemak, dan protein.
  2. Zat gizi yang membangun dan memperbaiki tubuh (merupakan bahan bangunan tubuh). Yang termasuk golongan ini adalah air, protein, lemak, karbohidrat, dan mineral.
  3. Zat gizi yang berfungsi sebagai pelumas berbagai reaksi kimia maupun reaksi fisik dalam tubuh. Termasuk di dalamnya adalah vitamin dan mineral.

Sementara orang yang sudah lanjut usia, laju metabolisme tubuhnya cenderung menurun. Dengan demikian, tingkat kegiatan tubuh biasanya berkurang, sehingga kebutuhan kalori relatif lebih rendah daripada ketika masih muda atau dewasa. Kebutuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan sebagainya boleh jadi tidak berkurang, bahkan bertambah. Kalsium, misalnya, dibutuhkan lebih banyak oleh orang dewasa, terlebih wanita yang telah mencapai masa menopause. Hal ini guna memperbaiki kerusakan–kerusakan pada jaringan tulang (osteoporosis) sehingga tulang tidak cepat rapuh.

Beberapa Bahan Makanan yang Perlu Diperhatikan di Usia Lanjut

  1. Makanan berlemak Ada dua jenis substansi lemak yang dibutuhkan dan dibuat oleh tubuh kita, yakni kolesterol dan trigliserida. Trigleserida adalah energi yang tersimpan dalam jaringan-jaringan lemak. Kolesterol merupakan komponen penting dinding sel dan menjadi bahan dasar pembentuk asam empedu, juga hormon seks. Kedua jenis substansi ini perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Tapi, masalahnya ialah sistem transportasi tubuh kita sebagian besar dibentuk oleh air, sementara kolesterol dan trigleserida tidak larut dalam air. Telah diketahui bahwa makanan dengan kandungan lemak tinggi menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit jantung dan sirkulatori. Lemak akan mengendap di sepanjang dinding arteri, sehingga akan mengurangi kelancaran peredaran darah. Pada kasus yang sangat parah, dapat memblokir keseluruhan sistem. Makanan yang mengandung tinggi lemak juga telah dinyatakan berhubungan erat dengan pertambahan insiden kanker payudara, kolon, dan rektal. Makanan yang tingkat kolesterolnya tinggi, bertoleransi dengan penyakit kardiovaskular, sedang kadar trigliserida yang tinggi menyebabkan obesitas (kegemukan).
  2. Kurangi gula Gula putih memgandung kalori yang cukup tinggi dan dapat mengakibatkan obesitas. Bagi mereka yang mewarisi diabetes sebagai faktor keturunan, akan lebih cepat terserang. Sedangkan bagi yang tidak mempunyai faktor turunan, terlalu banyak mengkonsumsi gula akan terjadi kegemukan, karena gula sangat mudah diserap untuk dijadikan energi. Secara alami dan sehat, lebih baik gula didapatkan dari buah, karena selain mendapatkan rasa manis juga terkandung vitamin C, vitamin A, kalsium, dan berbagai nutrisi lainnya.
  3. Kurangi garam Beberapa ahli nutrisi berpendapat bahwa garam yang terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga mengancam keutuhan sistem kardivaskular. Juga dapat merusak fungsi ginjal dan menaikkan tekanan darah ke jantung. Sedang kekurangan natrium, salah satu komponen garam (NaCl) mengakibatkan penderita merasa sakit kepala, lemah, kurang bergairah, kurang konsentrasi, dan daya ingat lemah. Makanan-makanan sumber hewani biasanya mengandung garam yang lebih tinggi dari nabati. Itulah sebabnya mereka yang vegetaris (pemakan sayuran, buah-buahan, biji-bijian) biasanya memakan garam lebih sedikit. Jika menginginkan hidup berumur panjang maka batasilah penggunaan garam.
  4. Hindari zat kimia tambahan Teknologi industri saat ini telah mengolah banyak zat kimia untuk berbagai kegunaan, seperti pengawetan, pembersih, pemutih, atau pewarna, antibiotik, insektisida, pelarut, dan lain-lain yang secara alami bukan untuk dimakan oleh manusia. Sedang struktur dan fisiologi tubuh manusia tidak didesain untuk zat-zat tersebut. Sebagian di antara zat-zat tersebut bersifat racun. Sekalipun efeknya bersifat kumulatif dan bukti berbahaya bagi kesehatan memang belum terbukti nyata, demi kesehatan sebaiknya hindari saja.
  5. Hindari rokok dan alkohol Efek merokok bagi perokok dapat menimbulkan berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung, bronkitis kronis, kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, dan pankreas. Akibat buruk lainnya adalah sukar menelan, gangguan tidur, rasa sakit di dada, masalah gusi dan gigi, nafas bau, suara parau, serta mempercepat munculnya keriput.
  6. Tingkatkan makanan berserat Serat adalah komponen makanan yang berasal dari sumber nabati, berguna untuk membuang segala materi sisa-sisa pencernaan dari dalam saluran pencernaan. Serat adalah karbohidrat kompleks yang terdiri dari polisakarida dan substansi lignin yang memberi bentuk pada sel tumbuhan, merupakan bagian dari sisa pencernaan yang mencapai usus halus sampai ke usus besar. Menurut B.H. Ershof (1974), zat-zat beracun yang terdapat dalam makan dapat dinetralisir apabila makanan yang mengandung serat banyak dimakan.
  7. Konsumsi cukup kalsium Kalsium merupakan komponen penting bagi tulang dan gigi. Kebutuhan akan kalsium (zat tulang) meninggi pada wanita sesudah menopause, karena penyerapan dan retensi kalsium yang berasal dari makanan menurun. Hal ini erat hubungannya dengan berhentinya hormon estrogen pada wanita yang sudah tidak haid lagi. Akibatnya, kehilangan zat tulang dalam tubuh menjadi lebih besar daripada jumlah yang didapat dari makanan. Tetapi, kalsium dapat diperlambat apabila aktif melakukan kerja atau olah raga.

Fungsi Vitamin pada Tubuh Manusia

1. Vitamin C dikenal sebagai asam askorbik, merupakan faktor utama yang mengontrol dan membangkitkan beberapa aspek pertahanan serta ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit, termasuk kanker, infeksi gusi, varikosa (penonjolan pembuluh darah pada betis dan paha), dll.

2. Vitamin E sebagai antioksidan (kerusakan berbagai sel dan jaringan tubuh), membantu mata tetap awet, sebagai anti polusi (penyakit yang diakibatkan oleh polusi udara), meningkatkan HDL, dll.

3. Vitamin A adalah sejenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini menjaga integritas kulit dan dinding pelapis saluran pernafasan serta saluran pencernaan, yang merupakan benteng utama terhadap serangan bakteri dan mikro-organisme lain.Vitamin A juga berfungsi menurunkan insiden kanker.

4. Vitamin B 12 Pada usila sering dijumpai kekurangan vitamin B12. Hal tersebut dapat menyebabkan kekurangan darah (anemia), gangguan saraf tepi, dan sebagainya.

Beberapa Resep dengan Buah dan Sayuran

1. Alpukat ( Persea americana MIII) Khasiat buah alpukat antara lain menurunkan kolesterol, membantu regenerasi darah merah dan mencegah anemia, melembabkan kulit, serta mencegah sembelit. Kandungan gizi:
  • Energi 93.00Kal
  • Fosfor 24.00mg
  • Protein 0,90g
  • Serat 1,40g
  • Lemak 6,20g
  • Besi 0.80mg
  • Karbohidrat 10,50g
  • Vit A 70.00RE
  • Kalsium 6,00mg
  • Vit B10,05mg
  • Vit B 20,06mg
  • Vit C13,00mg

 

2. Jeruk bali (Citrus maxima) Khasiat jeruk bali antara lain menurunkan kolesterol, anti kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, menormalkan tingkat hematokrit, dan membersihkan sel darah merah. Kandungan gizi:
  • Energi 46,00kal
  • Protein 0.80g
  • Lemak 0,80g
  • Karbohidrat 10,10g
  • Kalsium 26,00mg
  • Fosfor 16,00mg
  • Serat 0,40g
  • Besi 0,70mg
  • Vit A 30.00 RE
  • Vit B 10,05mg
  • Vit B 20,02mg
  • Vit C 40,00mg
  • Niacin 0,20g
3. Melon (Cucumis melo cantalupensis) Khasiat melon antara lain membantu sistem pembuangan, anti kanker, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta mencegah penggumpalan darah. Kandungan gizi:
  • Energi 21 kal
  • Protein 0,60g
  • Lemak 0,10g
  • Karbohidrat 5,10g
  • Kalsium 15,00mg
  • Fosfor 25,00mg
  • Serat 0,30g
  • Besi 0,50mg
  • Vit A 640,00 SI
  • Vit B1 0.03mg
  • Vit B2 0,02mg
  • Vit C 34,00mg
  • Niacin 0,80mg

4. Asparagus (Asparagus officinalis) Khasiat asparagus antara lain mengobati gangguan ginjal, mengobati hipertensi, mencegah anemia, dan mencegah konstipasi. Kandungan gizi:

  • Energi 14kal
  • Protein1,60g
  • Lemak 0,20g
  • Karbohidrat 2,40g
  • Kalsium 10,00mg
  • Fosfor 39,00mg
  • Vit A 125,00 RE
  • Vit B1 0.10mg
  • Vit B2 0102mg
  • Vit C 12,00mg
  • Niacin 1,20mg

5. Bawang putih (Allium sativum) Khasiat bawang putih antara lain sebagai obat sakit gigi, sakit telinga, diare, disentri, vaginitas, diptheri, menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah pada penderita diabetes, membantu menghilangkan logam berat, menambah kekebalan, melindungi serangan kanker, pengobatan asma dan gangguan pernafasan, serta pengobatan gangguan pencernaan. Kandungan gizi bawang putih :

  • Energi 116,00kal
  • Protein7,00g
  • Lemak 0,30g
  • Karbohidrat 24,60g
  • Kalsium 28,00mg
  • Fosfor 121,00mg
  • Serat 1,10g
  • Besi 0,20mg
  • Vit A
  • Vit B1 0.23mg
  • Vit B2 0,08mg
  • Vit C7,00mg
  • Niacin 0,40mg

6. Bit (Beta vulgaris) Khasiat bit antara lain pengobatan hati dan kantung empedu, penghancur sel tumor atau kanker, mencegah anemia, dan menurunkan kolesterol. Kandungan gizi bit antara lain:

  • Energi 147,00kal
  • Protein5,40g
  • Lemak 0,30g
  • Karbohidrat 32,60g
  • Kalsium 51,00mg
  • Fosfor 928,00mg
  • Serat 0,80g
  • Besi 3,40m,g
  • Vit A 22700,00 UI
  • Vit B1 0.07mg
  • Vit B2 0,16mg
  • Vit C 80,00mg
  • Niacin 1,50mg
7. Cabai (Capsicum annuum) Khasiat cabai antara lain pembersih paru, pengobatan bronchitis, pengobatan masuk angin, pengobatan sinusitis, dan asma. Kandungan gizi cabai antara lain:
  • Energi 31,00kal
  • Protein 7100g
  • Lemak 0,30g
  • Karbohidrat 7,30g
  • Kalsium 29,00mg
  • Fosfor 24,00mg
  • Serat 0,30g
  • Besi 0,50m,g
  • Vit A 71,00RE
  • Vit B10.05mg
  • Vit B2 0,03mg
  • Vit C18,00mg
  • Niacin 0,20mg
8. Jagung ( Zen mays lina) Khasiat jagung antara lain pembangun otot dan tulang, baik untuk otak dan sistem syaraf, mencegah konstipasi, menurunkan risiko kanker dan jantung, mencegah gigi berlubang, serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah. Kandungan gizi jagung:
  • Energi 150,00kal
  • Protein 1,600g
  • Lemak 0,60g
  • Karbohidrat 11,40g
  • Kalsium 2,00mg
  • Fosfor 47,00mg
  • Serat 0,40g
  • Besi 0,30m,g
  • Vit A 30,00 RE
  • Vit B1 0.07mg
  • Vit B2 0,04mg
  • Vit C 3,00mg
  • Niacin0,60mg
9. Kecambah (Bean sprouts) Khasiat kecambah antara lain memperlambat proses penuaan, anti kanker, menambah kesuburan, dan memperlancar pencernaan. Kandungan gizi pada kecambah antara lain :
  • Energi 50,00kal
  • Protein 5,70g
  • Lemak 0,10g
  • Karbohidrat 10,00g
  • Kalsium 32,00mg
  • Fosfor 96,00mg
  • Serat 0,70g
  • Besi 1,10m,g
  • Vit A1 3.00RE
  • Vit B10.13mg
  • Vit B2 0,15mg
  • Vit C41,00mg
  • Niacin 1,00mg
10. Kentang (Salanum tuberosum) Khasiat dari kentang antara lain mencegah kanker, pengobatan asam urat, ginjal, sistem lambung dan jantung, untuk kesehatan lever, jaringan otot, untuk proses peremajaan kulit. Kandungan gizi kentang dalam 100 g BDD:
  • Energi 83,00kal
  • Protein 2,00g
  • Lemak 0,30g
  • Karbohidrat 19,10g
  • Kalsium 11,00mg
  • Fosfor 56,00mg
  • Serat 0,30g
  • Besi0,30m,g
  • Vit A 0,00 RE
  • Vit B1 0.09mg
  • Vit B2 0,03mg
  • Vit C 16,00mg
  • Niacin 1,40mg

Penutup Semua orang tentu tak ingin tampak cepat tua, bahkan tidak sedikit yang berusia lanjut bergaya seperti anak muda hanya agar tampak awet muda.

Terdapat 10 kiat menunda penuaan dini secara alami, antara lain:

  1. Biasakan makan secukupnya dan penuhilah gizi sehat
  2. Konsumsi bawang putih secara memadai
  3. Minumlah teh setiap hari
  4. Konsumsi minyak zaitun untuk melenyapkan radikal-radikal bebas
  5. Konsumsi cukup kalsium
  6. Kurangi konsumsi lemak
  7. Konsumsi buah dan sayur warna gelap
  8. Minum pil atau cairan multivitamin
  9. Olah raga secukupnya
  10. Hindari terik matahari, nikotin, dan alkhol.

 

Daftar Pustaka
  1. Albert M Hutapea, Menuju Gaya Hidup Sehat,. 1993 Jakarta. .PT. Gramedia Pustaka Utama.
  2. C.Z. Panjaitan,MA, Tetap Bugar Sampai Tua, 1991. Indonesia Publising House
  3. Departemen Kesehatan RI, Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut bagi Petugas Ksehatan, 1999. Jakarta, DitJen BinKesmas dan Puslitbang Pelayanan Kesehatan
  4. Hendromartono,dr,DSPD, Nutisi Sehat Pada Usila, 1996,Surabaya, Seminar sehari Gerentologi
  5. IGN.Darmawan Budijanto.dr.DSJ, Hidup Tenang dan Bergairah pada Lansia, 1996,Surabaya, Seminar sehari Gerentologi
  6. MB.Rahimsyah, Resep Sehat Cantik dan Jantan dengan Buah dan Sayuran, Surabaya, CV Pustaka Agung Harapan

 

______________

 

 

Ternyata di Indonesia ada asosiasinya:

INDONESIAN SOCIETY OF GERONTOLOGY

Dr. Sri Mulyono Herlambang

Jl. Iskandarsyah Raya no. 7 Jakarta 12160

Ph: 021- 7222120 email: ddip@link.net.id

 

Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Selasa, 06-11-2007 12:02:09 oleh: dwi lastomo

sangat menarik artikel ini, memang sudah saatnya bagi kita untuk memperbaiki kualitas kesehatan demi kinerja dan masa depan yang lebih baik. masa tua dalam kesehatan yang baik menjadi dambaan setiap orang di mana mereka menikmati hasil perjuangan semasa muda bersama orang-orang yang kita cintai seperti anak, istri, dan cucu. Artikel ini dapat dijadikan acuan untuk menggapainya. thanx




Jumat, 16-11-2007 20:38:44 oleh: Helman Rosyadi

eh kalo bisa dikasih gerakan senam nya dong



Sabtu, 10-05-2008 12:42:16 oleh: Mira Tj

terima kasih sdh dimasukkan ke Wiki. saya vote berguna, karena ngga ada vote sangat berguna. kebetulan saya hidup di lingkungan yang banyak jumlah manulanya, jadi ini bisa dipakai banget.



Selasa, 20-05-2008 11:26:52 oleh: anie

cabai jg bisa m'bwt tubuh langsing coz ad vit C nya, ktnya juga bisa mencegah kanker.
so..b'bahagialah pa orng2 yg suka makan makanan pedas..




Minggu, 10-08-2008 08:53:17 oleh: ahmad zaim

wah,makasih banget atas info yg diberikan.. mudah dicari bahannya n manfaatnya besar



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY