Jusananda

Rating TV, Dusta Besar?

Jumat, 16-05-2008 09:38:30 oleh: Jusananda
Kanal: Layanan Publik

Rating TV, Dusta Besar?

Kawah Gunung Merapi hanya berjarak kurang 3,5 KM dari dusun Penthongan, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Untuk kesekian kalinya dalam sebulan terakhir saya hadir di dusun yang pada malam hari dikurung kabut dan penduduknya didekap suhu dingin setara suhu kulkas. Dusun Penthongan berada diketinggian lebih dari 1500 meter dari permukaan laut, dan merupakan titik awal pemberangkatan untuk pendakian gunung merapi dari sisi timur laut.

Hampir setiap sore, saya berangkat dari Kota Yogyakarta keliling Kedu - Surakarta - dan Yogyakarta untuk bertemu para petani guna memberikan penyuluhan tentang pertanian. Didusun Penthongan itu, saya sempat ngobrol dengan Pak Sarindi, petani wortel yang  mengaku hanyalah lulusan SMP.

Pak Sarindi bercerita bahwa sudah lebih dari 4 tahun terakhir dia tak pernah berlama-lama nonton Televisi karena muak dengan isi tayangannya yang tidak bermutu, mulai infotainment, Ajang adu bakat, hingga sinetron murahan yang takbisa diambil manfaatnya. Paling dia dan sebagaian besar masyarakat didusun tersebut menyempatkan diri nonton Televisi pada waktu acara berita.

Beberapa hari sebelumnya, saya memberikan penyuluhan yang sama disebuah dusun yang berada dipesisir pantai Samas, Sanden, Bantul Yogyakarta. Para petani yang hadir dalam penyuluhan malam itu, juga saat saya ajak bicara tentang Televisi, ternyata merekapun mengaku sangat jarang menonton tayangan hiburan di Televisi, karena mereka menganggap tidak bermutu. Dan merekapun seperti petani dikawasan Selo, Boyolali, juga hanya menonton Televisi saat acara berita atau tayangan dokumenter.

Didaerah Sukoharjo, didaerah, Kulon Progo, maupun di kawasan Sleman serta Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, realita seperti itupun saya temukan.

Para petani lebih mengandalkan Radio Komunitas ataupun Radio Siaran Swasta yang menyajikan informasi pertanian, menyajikan lagu-lagu dhangdut serta lagu campursari sebagai hiburan mereka sepanjang hari.

Selera rendah yang dicekok-kan oleh Televisi Swasta, ternyata tidak berhasil menembus kesantunan para petani yang tinggal dikawasan pedesaan, pelosok.

Adakah realita ini ditangkap oleh para penentu tayangan, para programmer di Televisi swasta Indonesia? Ataukah mereka masihtetap yakin dengan kekuatan Angka Ratting hasil survay lembaga pemeringkat kelas wahid itu?

Benak saya jadi ngelantur, teringat saat pesawat - pesawat dan kapal canggih Amerika dikerahkan mencari lokasi jatuhnya pesawat Adam Air, ternyata yang menemukan serpihan pesawat Adam Air justru nelayan lugu, dengan peralatan jaring ikan sederhana.....

 

www.nov1mber.blogspot.com 

Bookmark and Share

Tag/Label tv, televisi, radio, yogyakarta, surakarta, kedu, sanden
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY