Nury Nusdwinuringtyas

Kala Nyeri "Harus Terukur"

Selasa, 06-05-2008 16:23:02 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Kala Nyeri "Harus Terukur" Mengapa "harus terukur"?

Seorang ibu 86 tahun, datang dengan "tenang". Ho ho,..... padahal,.leher tulang paha atasnya (kolum femoris), sisi kiri, patah ---- tah !. Saya dapati pada foto rontgen yang saya minta, "curiga" karena lutut mengsol kearah luar (eksorotasi). Adem-adem, hanya mengeluh "tidak enak badan".

Sementara yang belia , Silvi Anhar (anggota wikimu) menulis"Bu dokter, setiap bangun tidur, pas ditapakin di lantai atau mau berjalan, tumit (telapak kaki) sakit/ngilu banget......" Lha.....

Keduanya "harus " dipercayai . Rasa nyeri memang subyektif, sangat individual. Margi (1968) memberikan batasan :. "Pain is whatever the experiencing person says it is, existing whenever he says it does" . Susah menerjemahkan dengan pas, intinya stimulus nyeri yang sama, bisa dirasakan berbeda untuk orang berbeda. Bisa kali, disamakan dengan makan cabe. Saya satu saja sudah kepedasan, lah, sepupu saya, 20 cabe rawit , baru oke !

Sakit atau pada bahasan ini nyeri memang bukan penyakit. Nyeri merupakan bagian dari gejala. Merupakan mekanisme pertahanan tubuh. Nyeri merupakan gejala yang paling banyak mengantar seseorang berkonsultasi ke dokter.

 

Mengobyektifkan Nyeri

Nyeri diupayakan menjadi terukur dengan skala. Termasuk disini skala numerik nyeri, visual analog scale yang berupa garis lurus , dan skala wajah. Skala dipergunakan untuk mendeskripsikan intensitas / beratnya rasa nyeri.

1. Skala Numerik Nyeri


Skala ini sudah biasa dipergunakan dan telah di validasi . Berat ringannya rasa sakit atau nyeri dibuat menjadi terukur dengan mengobyektifkan pendapat subyektif nyeri. Skala numerik, dari 0 hingga 10, di bawah ini , dikenal juga sebagai Visual Analog Scale (VAS), Nol ( 0 ) merupakan keadaan tanpa atau bebas nyeri, sedangkan sepuluh (10) , suatu nyeri yang sangat hebat.

Skala Numerik Nyeri

 


2. Visual Analog Scale

Terdapat skala sejenis yang merupakan garis lurus , tanpa angka. Bisa bebas mengekspresikan nyeri , ke arah kiri menuju tidak sakit, arah kanan sakit tak tertahankan, dengan tengah kira-kira nyeri yang sedang.



Visual Analog Scale (VAS)

Tidak ada rasa nyeri

_____________________________________________________________________

Sangat Nyeri

 

Anda diminta menunjukkan posisi nyeri pada garis antara kedua nilai ekstrem . bila anda menunjuk tengah garis, menunjukkan nyeri yang moderate / sedang

 

 

 

3. Skala Wajah

Skala nyeri enam wajah dengan ekspresi yang berbeda , menampilkan wajah bahagis hingga wajah sedih, juga di gunakan untuk "mengekspresikan" rasa nyeri. Skala ini dapat dipergunakan mulai anak usia 3 (tiga) tahun.

 

Skala wajah untuk nyeri

 

 

Bagaimana menggunakannya?

Seorang pasien, pasca tindakan bedah pada tulang belakang, mengeluhkan rasa nyeri saat duduk atau berdiri. Sakit dinyatakan hampir mendekati 10, menggunakan skala numerik seperti pada gambar di atas. Prosedur awal, diberikan obat disertai modalitas fisioterapi TENS. Nyeri memang hilang saat berbaring , tetapi segera timbul saat duduk ataupun berdiri. Berjalan hanya mampu tiga langkah. Program segera dikoreksi, diberikan laser tenaga rendah / Low Level Laser Therapy (LLLT). Nyeri turun 80 % setelah LLLT pertama. Maka pada pasien ini LLLT diberikan. Pada keadaan tersebut di atas skala numerik nyeri, digunakan untuk penilaian hasil dari suatu tindakan.

Pada kehidupan sehari-hari, skala nyeri dapat digunakan untuk menentukan kapan minum obat penghilang rasa sakit. Untuk obat yang dikatakan bila perlu, minumlah obat bila skala nyeri pada skala 2 (dua). Obat memerlukan waktu untuk dapat bekerja, bila nyeri sudah mencapai skala 4 (empat), sudah sulit untuk dapat segera meredakan nyeri.

Ada kalanya suatu obat harus diminum by the clock, tidak menunggu rasa nyeri timbul, namun untuk menentukan dosis yang tepat, tetap diharapkan dipandu dengan seberapa berat (intensitas) rasa sakit ini dirasakan. Para dokter yang berkumpul pada pertengahan April 2008 yang lalu di Hotel Borobudur, membahas berbagai penyakit Rematik, juga sepakat, untuk menggunakan skala nyeri agar bisa membantu memberikan tatalaksana yang tepat.

So, please help your doctor.


Sumber: catatan pribadi Nury
Bookmark and Share

Tag/Label nyeri
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
23 komentar pada warta ini
Selasa, 06-05-2008 17:24:26 oleh: pepeng

Ibu Dokter Nury, saya vote berguna untuk artikel ini. Terima kasih banyak.

Bagi saya, tulisan ini menambah wawasan bahwa secara ontology sesuatu yg subjektif itu eksis.




Selasa, 06-05-2008 20:55:07 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ mas Bayu,
terima kasih sudah membantu ndandani ,
tapi yang skala numerik , harusnya angka 10 pada ujung paling kanan, angka 2 s/d 9 tiap 1 garis di antaranya :

0---1---2---3---4---5---6---7---8---9---10

nah yang VAS, garisnya nyambung dari ujung kiri ke ujung kanan

tak ______________________________________sangat

nyeri nyeri


sumbernya bukan cuma catatan Nury , juga dari :Pain Assessment Toolsfile:///D:/pain/2_assessment.asp.htm

@ Mas Pepeng,
terima kasih juga, semoga membantu dan jadi sarana "kerjasama"


@mas Eryawan, terima kasih sudah memberitahu "jalan yang benar", sehingga artikel yang sudah tersimpan satu bulan tersampaikan untuk wikimuers




Rabu, 07-05-2008 06:47:57 oleh: Silvi Anhar

wah bu dokter, aku disebut2 lagi jadi ngetop deh hehehe...
kalo dilihat dari gambar, untuk mengungkapkan rasa nyeri aku milih gambar 2 kalo 4 pas bener2 nyeri hehehe... n makasih bu dokter yang baik atas artikel ini, jadinya ternyata rasa nyeri memang harus bisa diterima sebagai teman. (baca pada kalimat diawal, jadi malu deh, krn ibu yg sudah 86 th saja menganggap sakit dengan ketenangan luar biasa.. sedang aku yg masih muda kok ya udah nyerah ama cuma ngilu aja..) makasih bu dokter..




Rabu, 07-05-2008 07:34:25 oleh: dewi

kalo saya mudah tersinggung bu dokter, mudah sakit hati...



Rabu, 07-05-2008 13:04:13 oleh: Anwariansyah

Kalau yang suntiknya Dokter Helle Berry yang cantik seperti itu, saya mau sakit apa juga ...



Rabu, 07-05-2008 18:19:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mas bayu, terima kasih, sudah di dandani lagi

@ Silvi, terima kasih juga sudah jadi sumber inspirasi

Silvi sayang, tidak usah malu, penyakit yang mendasari berbeda, jadi wajar saja kalau berbeda
"natural history " suatu penyakit juga menjadi pertimbangan untuk mengerti ada tidaknya keluhan nyeri

@mbak Dewi,
nanti bikin artikel anger management saja ya, buat mbak Dewi,
jangan mau mudah marah dan sakit hati, rugi...
yang bikin sakit hati mending ngerti
nulis-nulis saja di wikimu, kalau perlu yang bikin sakit hati di jadikan artikel, dimuat alhamdullilah, engga, he he, buat bacaan mas Bayu....

@ mas Anwariansyah,
terima kasih sudah berkunjung
tak bisa balas komentarnya....




Kamis, 08-05-2008 09:56:42 oleh: Mieka Kurnia Yasa

Saya pernah mngalami patah tulang lengan kanan. yang pertama saya rasakan hanya tidak bisa mengerakkan tangan saya. Sejam kemudian saya baru tahu tulang lengan saya patah setelah melihat hasil rontgennya. Saya baru merasakan nyeri setelah dioperasi. Kenapa ya?



Kamis, 08-05-2008 12:20:55 oleh: Silvi Anhar

oya dok, apakah ada pengaruh dari trauma masa kecil ya? krn, silvi setiap melihat org kesakitan tiba2 dunia menjadi gelap, telinga berdenging an tangan dingin, kalo ga cepet2 cari udara segar atau menelungkp, silvi bisa pingsan. dan setiap mau pasang inpus atau cabut inpus pasti deh mau pingsan. apa itu termasuk perasaan nyeri yg tidak terkendali? makasih bunda yg baik...



Kamis, 08-05-2008 20:57:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@beli Mika (Gustu nya Ira bukan?)
syaraf mempunyai 2 sifat penggerak dan perasa
untuk menggerakkan tangan syaraf mengkontraksikan otot, otot menbungkus tulang dari ujung ke ujung
saat tulang patah, "hilang" satu kaidat

kemungkinan patahnya betul -betul pada tulang, tulang tidak memiliki persyarafan, jadi tidak dirasakan sakit
saat setelah opersi, yang karena ada sayatan (yang dibuat)pada jaringan otot, yang banyak persyarafan, bengkak setelah operasi, yang merupakan reaksi normal, syaraf menjadi "relatif terjepit)

@Sivi canti, yang ini "ngeri" kali , namanya
entar cerita kalau gathering ya





Jumat, 09-05-2008 10:20:45 oleh: Anwariansyah

@Silvi Anhar
Kalau boleh nebak-nebak, kamu sudah jadi seorang pobhia. Tapi katanya semua orang mempunyai pobhianya sendiri-sendiri. Maaf, kamu butuh konsultasi psikiater, kayaknya ?




Jumat, 09-05-2008 15:34:19 oleh: Silvi Anhar

klo phobia terhadap tinggi emang pak... tapi phobia terhadap darah? ada emang ya? trus, aku malah dulu ambil mata kuliah psikiatri.. hehehe.. jadi jeruk makan jeruk kali ya? :)



Jumat, 09-05-2008 17:32:31 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@Silvi. phobia begini cukup di "desensitisasi " kali
Ikut atau nemenim sulung saya kalau "jaga"
engga usah semalaman , sore saja, seminggu juga sembuh




Sabtu, 10-05-2008 07:57:25 oleh: Silvi Anhar

desensitisasi itu apa bu dokter? apakah maksudnya terapi gitu ya? lihat darah atau org sakit parah, maka lama2 diri bisa menyesuaikan?makasih bu dokter yg baik..:)



Sabtu, 10-05-2008 17:43:28 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Silvi, no hp sudah saya kirim,
saya juga sudah minta tolong mas Eryawan




Minggu, 11-05-2008 12:15:55 oleh: Anwariansyah

@Ibu dokter

Menjawab e-mail ibu : Saya kira yang bisa ngatasin problema di sekitar pikiran dan perasaan (kejiwaan), ya kerjaannya psikiater.

@Silvi Anhar

Setahu saya phobia itu macam-macam. Saya sendiri punya pobhia yaitu tidak bisa melihat bola mata yang keluar dari rongganya, seperti mata ikan, kambing, atau sapi, apalagi mata orang. Saya pernah menggigil dan berkeringar dingin pada saat mau makan karena melihat bola mata ikan yg cukup besar dikeluarkan dari rongganya dan dimakan oleh orang di sebelah saya. Sekarang saya menterapi diri sendiri dengan cara setiap waktu ada kesempatan membiasakan melihat dan memelototi bola mata yg dikeluarkan dari rongganya (mata ikan atau mata kambing pada masakan)




Senin, 12-05-2008 07:03:58 oleh: Silvi Anhar

makasih bu dokter.. sudah silvi catet no hp nya...
boleh kan ya bu dokter nanya2 :)

pak anwar, memang krn selalu pingsan lihat darah, maka waktu mamah saya dioperasi, krn saya cewek satu2nya yg hrs merawat, sama alm.papa saya, saya diterapi kilat. tiap 5 menit saya dilihatin hasil operasi mamah, pas muka pucat langsung disuruh keluar, terus berlangsng sampe akhirnya bisa... namun setelah itu, kambuh lagi... loh siswa sakit, aku yg mau pingsan, makanya kalo ada siswa sakit aku segera kabur, minta tolong guru lain :)




Selasa, 13-05-2008 08:18:10 oleh: Anwariansyah

@Silvi Anhar

Ada sekarang yang namanya terapi hipnotis (hypnotherapy), dengan mengulang kembali kejadian di masa lampau dari alam bawah sadar kemudian disugesti muntuk menganggap kejadian itu biasa-biasa saja. Kayaknya di Jakarta ada, deh.




Selasa, 13-05-2008 14:04:13 oleh: Silvi Anhar

ga ah takut terhipnotis beneran hehehehehehe... canda ding :)



Minggu, 22-06-2008 14:20:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ Silvi, sudah "berhasil" menghipnotis "seseorang" ?



Kamis, 24-07-2008 13:25:48 oleh: natali

bagaimana cara menggunakan skala ukur untuk nyeri tersebut dan minta tlg donk kirimkan ke email natali contoh kuesioner untuk mengidentifikasi nyeri terutama nyeri punggung bawah/LBP.thanks



Senin, 28-07-2008 08:59:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Natali, coba baca sekali lagi
Saya sudah menuliskan juga cara penggunaan skala nyeri
Skala bukan kuestioner




Selasa, 24-11-2009 16:14:03 oleh: rina

skala dan derajat nyeri untuk anak itu kayak gmna seh??????????????

terutama anak di bawah 5 taun .......

jadi pusing aku.........

bagi informasinya duuunnnxxxxx.............




Rabu, 23-05-2012 19:56:16 oleh: resti aprianti

nyeri itu kan sifatnya objektif,,bisa saja klien kita berbohong dalam menetukan nyeri,,nah bagaimana lebih pastinya untuk mengukur nyeri biar benar2 vallid,,bahan ini untuk skripsi mohon cepat ya balasnnya terimakasih



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY