Azkha Nafee

Sehat itu Murah

Selasa, 06-05-2008 14:33:16 oleh: Azkha Nafee
Kanal: Kesehatan

Saya kaget, ketika saya bilang sehat itu mahal, tapi saudara saya yang kerja di dunia kesehatan bilang, bahwa sehat itu murah. Akhirnya saya tanya, kok bisa orang-orang bilang bahwa mau hidup sehat itu mahal, buktinya kalau mau berobat saja harus bayar mahal, apalagi mengidap penyakit berat.

Saudaraku bilang, nah itu sudah dijawab sendiri. Yang mahal bukan sehat, tapi justru kalau kita sudah sakit semuanya menjadi mahal. Mau makan dan minum saja harus diatur, tidur saja harus di rumah sakit diawasi dokter lagi, semua harus bayar.

Jadi sekali lagi, bahwa sehat itu murah, artinya jika kita sejak awal memiliki keinginan dan selalu menjaga agar tetap hidup sehat pasti gak akan banyak ngeluarkan uang. Hidup sehat itu sangat murah, dan bisa dimulai dari rumah dan keluarga.

Sejak kecil harus dibiasakan kepada anak-anak agar hidup sehat. Makan dibiasakan dari bahan-bahan yang sehat dan dimasak di rumah, makan berserat. Di rumah orang tua biasanya sudah mengerti, bahwa makanan yang sehat pasti seputar sayuran, bumbu dapur yang alami, ikan dan daging yang segar dan sehat, tahu tempe, hindari bahan pengawet, pewarna, dan perasa yang dibuat dari bahan kimia. Kurangi makan di luar yang terkadang sangat menggiurkan, padahal kita tidak tahu bahannya apakah semua berasal dari bahan-bahan yang sehat. Makan di luar biasanya enak, gurih, lezat. Makan di luar sekali-kali boleh saja, misalnya 1 bulan sekali agar tidak banyak pengeluaran juga, termasuk mengurangi makanan cepat saji.

Anak-anak harus dididik agar tidak biasa membeli jajanan di sekolah yang sudah pasti mengandung zat pewarna, pengawet, dan perasa, serta penyedap yg tinggi. Bahan-bahan kimiawi tadi akan berbahaya bertahun-tahun meninggalkan residu di dalam tubuh. Pada saat kecil mungkin tidak terasa, tapi setelah dewasa dan usia tua baru akan terasa sering kesakitan.

Satu lagi, masalah gigi yang termasuk hal sangat penting. Di negara kita ini kesehatan gigi belum menjadi hal utama, sehingga banyak masyarakat kita sangat jarang memeriksakan kesehatan gigi secara berkala. Di luar negeri di negara yang sudah maju, semua warga diwajibkan di foto giginya di samping untuk kebutuhan identifikasi juga untuk proses menjaga kesehatan selanjutnya. Menurut saudaraku, gigi kita seharusnya diperiksakan secara reguler 3 bulan sekali. Karena dari gigi dan gusi saja bisa menunjukan adanya penyakit di dalam tubuh kita.

Saya jadi teringat seorang teman, meninggal di usia muda sekitar 40 tahunan, dia pekerja keras, tapi mulutnya sering kali sariawan berat sampai berdarah-darah. Idul Fitri tahun lalu saya mendapat kabar meninggal dunia.

Ada satu teman lagi yang usianya 45 tahunan, dia pernah menjabat level Dirut sebuah BUMN, katanya ada kebiasaan sering makan di luar, fast food, dan minuman botolan, akhirnya tahun lalu sakit dalam perutnya, sampai berobat ke negara tetangga, tapi begitulah pada Idul Fitri tahun lalu juga meninggal dunia.

Jadi saya ingat lagi pesan saudaraku tadi, memang betul yang mahal itu justru jika kita tidak bisa menjaga kesehatan, terus sakit, nah ketika setelah sakit maka ingin hidup sehat lagi menjadi mahal. Berbeda jika sejak dini kita menjaga kesehatan dari mulai memilih makanan yang sehat, minuman yang sehat, olah raga seimbang, kerja seimbang, hindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung bahan kimiawi, maka hidup sehat itu menjadi murah, bahkan bisa jadi sangat murah.

Mari kita galakkan hidup sehat, dan sebarkan bahwa hidup sehat itu murah. Dan dalam pikiran kita harus dibiasakan berfikir bahwa sehat itu MURAH, dan jangan sekali-kali ingin sakit atau ceroboh.

Bookmark and Share

Tag/Label hidup, sehat, murah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Selasa, 06-05-2008 21:44:33 oleh: Sandhy ED

Baca selengkapnya buku Sehat itu Murah karya Dr. Handrawan Nadesul



Sabtu, 10-05-2008 14:52:54 oleh: muhammad syafii

sehat tidaklah mahal... karena menjaga kesehatan itu adalah kewajiban kita sebagai manusia, sehat yang mahal bila kita tidak menjaga kondisi tubuh kita sehingga tubuh kita ini kurang fitdan akhirnya lemah,jadi bila kita mau sehat yang murah kita harus menjaga kodisi tubuh kita agar tetap fit dan bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas kita sehari-hari.trims



Senin, 12-05-2008 09:21:56 oleh: naufal

SEHAT itu adalah
Seimbang gizi
Enyahkan rokok dan miras
Hindari stres
Awasi tekanan darah
Teratur olahraga




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY