Phil Lea

Apakah Idealisme?

Senin, 05-05-2008 10:38:06 oleh: Phil Lea
Kanal: Iptek

Apakah Idealisme?

Idealisme dari bahasa Inggris yaitu Idealism dan kadang juga dipakai istilahnya mentalisme atau imaterialisme.

Istilah ini pertama kali digunakan secara filosofis oleh Leibniz pada mula awal abad ke- 18. Leibniz memakai dan menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, secara bertolak belakang dengan materialisme Epikuros. Idealisme ini merupakan kunci masuk ke hakikat realitas.

Beberapa pengertian Idealisme :

  1. Adanya suatu teori bahwa alam semesta beserta isinya adalah suatu penjelmaan pikiran.
  2. Untuk menyatakan eksistensi realitas, tergantung pada suatu pikiran dan aktivitas-aktivitas pikiran.
  3. Realitas dijelaskan berkenaan dengan gejala-gejala psikis seperti pikiran-pikiran, diri, roh, ide-ide, pikiran mutlak, dan lain sebagainya dan bukan berkenaan dengan materi.
  4. Seluruh realitas sangat bersifat mental (spiritual, psikis). Materi dalam bentuk fisik tidak ada.
  5. Hanya ada aktivitas berjenis pikiran dan isi pikiran yang ada. dunia eksternal tidak bersifat fisik.

Pandangan beberapa filsuf mengenai Idealisme.

1. Schelling memberikan nama Idealisme subyektif pada filsafat Fichte, dengan alasan bahwa dalam Fichte dunia merupakan postulat subyek yang memutuskan.

2. Idealisme obyektif adalah nama yang diberikan oleh Schelling pada pemikiran filsafatnya. Menurutnya, alam adalah inteligensi yang kelihatan. Hal tersebut menunjukkan semua filsafat yang mengindentikkan realitas dengan ide, akal atau roh.

3. Hegel menerima klasifikasi Schelling, dan mengubahnya menjadi idealisme absolut sebagai sintesis dari pandangan idealisme subyektif (tesis) dan obyektif (antitesis).

4. Idealismetransendental adalah pandangan dan penyebutan dari Immanuel Kant. Sering disebut juga disebut sebagai idealisme kritis. Pandangan ini mempunyai alternatif yaitu isi dari pengalaman langsung tidak dianggap sebagai benda dalam dirinya sendiri, sedangkan ruang dan waktu merupakan forma intuisi kita sendiri

5. Idealisme epistemologis merupakan suatu keputusan bahwa kita membuat kontak hanya dengan ide-ide atau pada peristiwa manapun denga entitas-entitas psikis.

6. Idealisme personal adalah sisitim filsafat Howison dan Bowne.

7. Idealisme voluntarisme dikembangkan oleh Fouilee dalam suatu sistim yang melibatkan tenaga pemikiran.

8. Idealisme teistik pandangan dan sistim filsafat dari Ward.

9. Idealisme monistik adalah penyebutan dan sistim filsafat dari Paulsen.

10. Idealisme etis adalah pandangan filsafat yang dianut oleh Sorley dan Messer.

11. Idealisme Jerman, pemicunya adalah Immanuel Kant dan dikembangkan oleh penerus-penerusnya. Idealisme merupakan pembaharuan dari Platonis, karena para pemikir melakukan terobosan-terobosan filosofis yang sangat penting dalam sejarah manusia, hanya dalam tempo yang sangat singkat, yaitu 40 tahun (1790- 1830) dan gerakan intelektual ini mempunyai kedalaman dan kekayaan berpikir yang tiada bandingnya.

 

Bahan : Dari : Kamus Filsafat , L. Bagus.

 

 

 

 

 

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label idealisme, immanuel kant
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
31 komentar pada warta ini
Senin, 05-05-2008 11:02:55 oleh: Anwariansyah

@Pak Phil
Aku tambahin sendiri : Idealisme Zero
"Semua idea / pikiran (nur, ruh) dan materi berangkat dari kehampaan (ketiadaan) yang sempurna dan kembali ke pada kehampaan (ketiadaan) yang sempurna. Jadi yang benar-benar ada hanyalah kehampaan yang sempurna itu sendiri".




Senin, 05-05-2008 14:11:56 oleh: Oni Suryaman

Kalau mau disingkat, idealisme mengatakan bahwa IDE-lah yang riil, bukan materi. Materi2 yang kita kenal sehari-hari hanyalah sekedar pengejawantahan atau manifestasi dari IDE.



Senin, 05-05-2008 14:54:29 oleh: pepeng

mulai besok nggak usah kuatir harga beras naik. bayangin beras di tangan, masukin ke magic jar, tuang air, colokin listriknya, tunggu 1/2 jam jadi nasi deh. hehehe. tinggal ambil piring, lalu pura-pura nasi dipindah dari jar ke piring. makan itu nasi pikiran. hehehe.

lebih gampang lagi, bayangin perut kenyang, pasti kenyang sendiri. tiap hari nggak perlu takut mati.

betul nggak?

kalo takut mati, makan deh itu buku filsafat. tak ada rotan buku pun jadi. hehehe.




Selasa, 06-05-2008 12:51:34 oleh: Anwariansyah

@pepeng

Ilmu adalah alat. Dan kamu sudah salah menggunakan alat. Alat untuk makan adalah ilmu pertanian (menanam beras), ilmu teknik mesin (bikin peralatan masak) dan ilmu biologi (faal tubuh m/gerak tangan dan mulut serta pencernaan).

Sedangkan ilmu filsafat adalah alat untuk merasakan nikmatnya makan, mensyukuri anugerah Tuhan karena masih bisa makan, dan menyadari kelemahan manusia bahwa Tuhan Maha Kuasa hanya dengan mengambil kesempatan untuk makan, ternyata manusia bisa mati.




Selasa, 06-05-2008 22:18:08 oleh: phil lea

@ Mas Anwari.. setuju untuk Idealisme Zero, karena tiap individu berhak untuk mempunyai cara pandang yang berbeda dengan yang lainnya, dan berhak memberi nama atas apa yang menjadi tesisnya.

@ Mas Oni..!! saya setuju banget.!!!Salam.!!




Rabu, 07-05-2008 04:05:22 oleh: pepeng

buat orang mati, nasi itu tidak ada karena berapa banyak pun nasi dijejalkan ke mulutnya sia-sia saja.

tapi buat orang pingsan bikinin aja bubur supaya mudah ditelan.

buat yg masih sadar, nasi itu tidak ada ketika perut sudah terasa kenyang. bgm ada, kan nasi tadi sudah diolah lambung jadi kotoran?

jadi, kesimpulannya nasi itu tidak ada. bubur ada, beras ada, tapi nasi tidak ada.

oala pepeng pepeng, mau makan nasi aja koq repot.





Rabu, 07-05-2008 07:24:51 oleh: Phil Lea

Pepeng....!! klo mau komentar sebaiknya anda daftar dan masuk dulu sebagai member Wikimu.!! Salam !!



Kamis, 08-05-2008 11:04:37 oleh: Anwariansyah

@pepeng

Teori kamu bagus, sekarang aku lanjutkan

Postulat 1# :
Ketika harus pilih nasi atau bubur, terpaksa pilih bubur karena pepeng pingsan, jadi nasi masih tetap ada

Postulat 2# :
Sementara pepeng menjadi tidak ada karena sudah tidak sadar akan keberadaannya alias pingsan

Resume 1# :
Nasi ada dan pepeng tidak ada

Resume 2# :
Pepeng tidak bisa daftar ke Wikimu karena tidak ada





Kamis, 08-05-2008 11:13:04 oleh: Dina Sulistyana

hihihi
pepeng ini lucuuu




Kamis, 08-05-2008 14:06:53 oleh: Silvi Anhar

duhh pusing klo udah makin dijabarin kayak pak anwar...hehehehe




Kamis, 08-05-2008 14:24:55 oleh: phil lea

Wah....aku suka banget dengan jawaban mas Anwari....rupanya Wikimu punya tambahan satu filsuf lagi.....!!!!!

@ mbak Silvi...ngga usah pusing-pusing, dikunyah saja pelan-pelan, pasti deh ngga pusing lagi.!!! he..he..he..!!!




Jumat, 09-05-2008 10:13:37 oleh: Anwariansyah

@Om Phil dan @Silvi Anhar

Banyak filsuf yang ngga mau dipanggil filsuf, tapi mau kalau dibilang pemikir, nah kalau saya filsuf bukan, pemikir bukan, tapi cuman orang yang berpikir seandainya jadi seorang filsuf. Tapi bisa juga orang yang ikut-ikutan berfilsafat biar dibilang pemikir. Atau seorang yang mikirin para filsuf, atau .... ah jadi pusing sendiri ...
(hi hi hi)




Jumat, 09-05-2008 12:15:54 oleh: Silvi Anhar

wah pak anwar, klo bapak berdiri didepan siswa bisa keblinger deh dengerin ucapan bapak, bisa dibolak-balik hehehehe...

pak phil, iya nih harus pelan2 cerna nya...




Jumat, 09-05-2008 13:02:22 oleh: Retty N. Hakim

He..he...he...terima kasih ya semuanya, walaupun bikin pusing bin bingung mudah-mudahan tercerna dengan baik biar lebih pandai sedikit (biasanya sih tambah banyak tahu malah tambah sadar kalau kepandaiannya kok masih sedikit amat he..he...he....)



Jumat, 09-05-2008 13:04:42 oleh: Anwariansyah

@Silvi Anhar

Setelah mencerna, jangan lupa "limbahnya" jangan di buang sembarangan ... hi hi hi




Jumat, 09-05-2008 14:06:26 oleh: Silvi Anhar

hehehehe...



Sabtu, 10-05-2008 18:47:48 oleh: phil lea

Mbak Retty....nanti tulisan yang akan datang mengenai "materialisme" sekarang lagi dipanggang dalam oven, ngga tau jadinya kapan.!!hehhehhe..!!

@Pak Anwari& Mbak Silvi..!!
Limbah-limbah asal dari segala perut bisa jadi pupuk organik lho...!!! hahahaha.!!




Senin, 12-05-2008 18:28:21 oleh: Ira Meida

hai p'phil...
wahhhh.. rame nih komen soal ini. tulisan materialismenya ditunggu loh. kira2 sperti apa ya? (penasaran dot com) ^_^





Rabu, 14-05-2008 20:21:47 oleh: Phil Lea

Sabar...bu Ira...masih dipanggang di oven, semoga ngga gosong sehingga enak disajikan.!!!! Nah....nongol lagi khan?????. Salam.!!



Senin, 18-05-2009 13:32:57 oleh: Sayda Edogawa

"Jangan biarkan Idealisme yang tlah kau bangun selama ini luntur karena terhimpit oleh realita !!!"



Kamis, 08-10-2009 13:19:49 oleh: Retna agustina

AlllLooOOOw makasih yaw udah kasi aqo pengetahuan tentang idealisme,,
besok bahan ini mao qu pake buat ujian,,,doaen berhasil yacH....




Kamis, 08-10-2009 13:25:31 oleh: IntAn

ehmmmm........unTUNgLah,,,,nemUIn PenGertIAn IdeAlisME nDEk SIni,,,jADi SEmaNGAt Bwt BeLAjar wORLd vIEw BEsoK.seMAngaT...seMAngaT!!!!!!!!!!



Kamis, 08-10-2009 13:26:22 oleh: phil lea

@retna agustina, semoga berhasil dlm ujiannya.



Kamis, 08-10-2009 13:54:17 oleh: Retna agustina

MAAF pak ganggu,,gini sya punya masalah sama PENGERTIAN mata kuliah worldview,dan apa manfaatnya kita belajar ilmu itu???TOLONG beri penjelasan dan gambarannya dalam kehidupan kita sehari-hari itu seperti apa?



Kamis, 08-10-2009 14:37:39 oleh: phil lea

Pengertian worldview adalah "cara pandang", yaitu cara pandang kita terhadap obyek apa saja.
Dalam cara kita memandang obyek itu, bisa kita masuk dalam obyek itu dan juga bisa kita menarik jarak pandang dari obyek itu juga.Kedua hal tersebut dilakukan secara holistik, sehingga kita dapat menyimpulkan secara empiris apa yang kita dapati dan apa yang kita alami.
Kegunaannya worldview, adalah melatih kita untuk memandang setiap obyek dengan lebih berimbang, sehingga kita dapat menilainya mendekati pada kebenarannya. Semoga bermanfaat dan sukses dlm ujian.




Jumat, 09-10-2009 09:42:09 oleh: retna

makasih banget paGh............
haduuuuuuuuuuuuh sya grogi,nanti ujiannya dimulai jam satu,kaka kelas bilang jarang ada mahasiswa yg dapat nilai A di mata kuliah worldview,sya harap sya bisa dapat A.............
AMINnnnnnnnnn.......
makasih.......makasih banyak pagh.......




Jumat, 09-10-2009 10:51:23 oleh: phil lea

Dear Retna....selamat menempuh ujian, semoga berhasil dengan nilai yang memuaskan. Anda kuliah dimana ??? Salam .!!



Jumat, 16-10-2009 13:06:15 oleh: reTna

sYa kuLiah diUniv.Pelita Harapan Surabaya
hasilnya uda klUar pag........
nilaE sYa ga bagus tapi juGa ga jLekh.......
tmEn-tmen buAnyak yg daPet jlEk jadi sYa ga terlalu putUs asa,,,,,,,
SMANGAT..
SMANGAT....
BTW makasieh pak.....




Jumat, 30-10-2009 07:12:24 oleh: vinny

Selamat pagi,
Sehubungan dengan waktu, dan proses pendewasaan diri, akhirnya saya bisa menjabarkan diri saya sebagai orang yang idealis. Saat saya belum sadar, saya pikir teman saya yang saya anggap sebagai orang idealis itu 'looks so ngelantur'. Terlalu banyak teori dll....tapi, saat saya sadar ternyata saya sendiri sama dengan-nya 'it looks so ashameful'.
Dan itu sangat tidak benar bila, okeh besok kita pikir kita makan hanya dengan berpikir saja, dan ga usah terlalu mikir harga beras naik. Inspite of all, aslinya orang seperti saya memang susah makannya...karena berpikir makan hanya untuk keperluan tetap hidup, dan bukan menghabiskan waktu hidup hanya dengan keperluan makan...
Tapi, memang orang idealis seperti saya, susah sekali untuk dimengerti. Dan, aslinya saya juga susah mengerti jalan pikiran orang yang tidak sama-sama idealisnya. Tapi, saya selalu berpikir, bahwa berbeda itu asyik. Dengan menjadi berbeda, maka akan menambah warna dalam hidup. Hehehehe....


-Vinny-




Sabtu, 02-01-2010 15:15:27 oleh: la bora

tidak semua yang kita anggap baik itu benar, tidak semua juga yang kita anggap benar itu bagus, begitupula tidak semua yang bagus itu baik.



Senin, 22-03-2010 09:57:11 oleh: M. Sholeh Aminudin

Semua kebesaran Allah hanya mampu dirasakan oleh orang2 yamg mu berfikir.... dan diberi kebebasan untuk berfikir.... tetapi finalnya tetap harus dikembalikan kepada Allah yang Pencipta Otak kita untuk berfikir...



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY