Leonardo Paskah Suciadi

Benturan Pada Kepala Dan Ancamannya Pada Mata

Selasa, 29-04-2008 08:43:26 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal benturan kepala. Kepala memang merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan aset kehidupan yang sangat penting yaitu otak dan sistem saraf pusat lainnya. Benturan pada kepala dari cukup ringan hingga lebih berat potensial menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Cedera kepala adalah penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor yang tidak memakai helm. Pada kecelakaan lalu lintas atau trauma fisik lainnya, benturan yang relatif keras pada kepala dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti gegar otak (commotion serebri), retak dan patah tulang tengkorak, perdarahan dalam tengkorak dan tidak jarang berbuntut pada koma. Mungkin hal tersebut sudah umum diketahui khalayak, termasuk juga efek benturan kepala yang lebih ringan yang dapat menimbulkan benjol (hematoma).

Efek benturan kepala yang masih kurang dipublikasikan adalah efek terhadap gangguan mata. Benturan kepala atau wajah dalam kekuatan sedang-berat sudah potensial menimbulkan gangguan pada mata. Satu hal yang sering luput dibicarakan adalah terjadinya katarak post trauma benturan. Selama ini katarak dikenal sebagai penyakitnya orang berusia uzur dan merupakan faktor usia. Namun ada satu jenis katarak yang dapat berkembang setelah beberapa tahun kemudian pasca benturan pada kepala-wajah yaitu katarak traumatika.

Setiap benturan kepala akan mengguncang seluruh komponen kepala termasuk organ di dalamnya, antara lain bola mata. Goncangan pada bola mata akan mengoyak selaput lensa mata yang berfungsi sebagai pelindung dan pengatur metabolisme lensa mata. Akibatnya dalam sejak saat benturan proses metabolisme di bola mata mulai kacau dan mulai terjadi proses katarak.

Katarak pasca benturan tersebut tidak dapat diprediksi kapan munculnya, tapi jika seseorang yang berusia relatif muda datang dengan katarak, riwayat benturan kepala memang seringkali dijumpai. Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Katarak oleh karena sebab apapun relatif tidak dapat dicegah, tetapi kebutaan karena katarak dapat diatasi dengan jalan operasi dengan berbagai tekniknya.

Katarak juga dapat terjadi pada luka tajam pada yang menusuk bola mata, dan proses ini dapat berlangsung lebih cepat daripada trauma benturan tumpul pada kepala. Benturan pada kepala juga sangat riskan apabila menimpa seseorang dengan rabun jauh (miopi) atau berkacamata lensa negatif berat (> -6 dioptri). Pada mata orang dengan miopi berat, lapisan retina (reseptor penglihatan di dalam bola mata) nya sangatlah tipis. Akibatnya setiap benturan yang relatif sedang-sedang saja (misal mukanya tertabrak cukup keras dengan bahu teman yang sedang berlari saat berolahraga) akan mampu merobek perlekatan retina pada dinding bola mata. Terlepasnya retina tersebut dikenal sebagai ablation retina dan akan menimbulkan gejala kebutaan atau penurunan penglihatan tiba-tiba. Hal ini tentunya merupakan kegawatdaruratan dalam bidang kesehatan mata, sehingga apabila kondisi ini terjadi, ia harus segera dibawa ke rumah sakit yang ada spesialis bedah matanya dalam waktu 48 jam agar kebutaan permanen dapat dihindari.

Bookmark and Share

Tag/Label mata, cedera kepala
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
176 komentar pada warta ini
Selasa, 29-04-2008 09:21:11 oleh: marc

thx dok untuk artikelnya yg sangat bagus dan berguna. ada salam dari rio : ) God bless



Selasa, 29-04-2008 10:57:17 oleh: Meidy

Rekan kerja saya tgl 16 April mengalami kecelakaan motor dengan motor beradu. Motornya hancur. Katanya waktu kejadian dia sempat tidak sadarkan diri selama 30 menit. Oleh pihak RS daerah Pamulang dikatakan geger otak ringan dan boleh pulang. Waktu itu saya sudah anjurkan ke rumah sakit lain yang fasilitasnya lebih lengkap karena dia tetap merasa pusing, mual. Tapi istri ybs mengatakan diagnosa dokter gak apa2. Malahan istrinya mengatakan gak apa2 kok, kak. Badannya gak ada yang lecet cuman kepalanya aja. Lhaaa...
Saya suruh balik ke dokter karena katanya mukanya bengkak karena baut helm ada yang nancap di pipinya. Sudah dilaksanakan dan sudah dirontgen kepala (katanya). Dan oke-oke saja.

Tgl 28 April dia masuk kantor dan membuat saya agak melengking melihat mukanya. Sebelah masih 'moon face' dan matanya pada sisi itu gak bisa dia gerakkan dan mulutnya menyong sebelah kayak orang habis strooke. Akhirnya saya anjurkan ke RS Fatmawati. Oleh dokter sana disuruh terapi karena katanya sarafnya ada yang kena tapi tidak putus. Saya sih belum periksa obat-obatan yang diberikan oleh dokter yang pertama.

Cuma satu obat yang dia perlihatkan sewaktu dia memperlihatkan warnanya hijau muda, saya sudah tau bahwa itu Prednison, dia mengatakan bahwa kata toko obat itu obat untuk Parkinson. Saya cuma bilang bahwa itu obat dewa di dunia kedokteran. Jangan2 itu yang menyebabkan dia moon face ??




Selasa, 29-04-2008 14:20:00 oleh: Silvi Anhar

pak dokter nanya nih, aku pernah mengalami kecelakaan, emang udah lama th 96an, ditabrak hingga melayang 2-3 meteran (kata teman2 yg ,melihat). nah aku hanya merasakan suatu pukulan telak dikepala, lalu tidak ingat apa2 lagi. ga lama kemudian, aku merasa akan muntah tapi sekonyong2 seperti ada yg menohon leherku, sehingga aku ga jadi muntah tapi leherku langsung kaku. hasil rontgen dokter ga bilang apa2. tapi 12 th kemudian, aku suka sakit kepala seperti migrain, tapi sakitnya bener2 nyeri dan hampir pingsan. apa itu ada pengaruh dari kecelakaan dulu ya? terus, apakah akibat kecelakaan, syaraf2 bisa ada yg ga berfungsi ya? krn tanganku kalo sudah terlalu letih dan kena suhu dingin, ga bisa bergerak kecuali kalo disentuh... makasih jwbnya.



Selasa, 29-04-2008 15:01:47 oleh: gunawan rahardjo

ah, saya kalau tidur tengkurap bola mata tertekan bantal dan kepala. akibatnya, bangun tidur pandangan jadi buram. sejak saat itu saya tidak berani tidur tengkurap lagi.

thanks dokter Leo.




Selasa, 29-04-2008 21:21:36 oleh: Leonardo Paskah S

alo Mbak Meidy dan Silvi..
trauma kepala memang semakin banyak kasusnya dan perlu diingat bahwa setaip cedera kepala yang diikuti pingsan lebih dari 10 menit WAJIB segera dibawa ke rumah sakit yang PUNYA fasilitas CT Scan, atau lebih efektif lagi jika memiliki pula SpBS (bedah saraf). Ada satu jenis perdarahan otak yaitu perdarahan epidural, yang sangat berbahaya dan dalam 3x24 jam dapat menimbulkan kematian padahal terapinya justru relatif lebih mudah dibanding kasus lain perdarahan otak yaitu dengan segera dibedah dan disedot bekuan darahnya.

Untuk Mbak Meidy, 'moon face' yang dimaksud bisa jadi akibat bengkak /oedem/ peradangan sisa trauma pada wjah. Memang mgkn juga dari prednison, tapi umumnya jika obat ini diminum dalam dosis besar dan sudah cukup lama baru tampak sebagai moon face.

Untuk mbak silvi, penyebab migren sebenarnya adalah faktor turunan/genetik, namun trauma kepala memang memicu migren semakin nyata atau berat karena saat trauma sering menyisakan gangguan pembuluh darah sedangkan gangguan mekanisme pembuluh darah merupakan penyebab gejala migren mncul. Mengenai tangan, selama trauma dulu tidak ada tanda perdarahan otak, saya kira gejala itu bukan dari komplikasi trauma, mungkin karena penyebab lain seperti anemia atau ganguan saraf tepi lainnya. Untuk migrennya saya sarankan mbak menghindari pemicunya (tiap migren pasti punya pemicu) misalnya gangguan tidur, gangguan siklus haid ,kopi, coklat, keju, asin2, vetsin, wine, dll. Suatu saat jika ada waktu saya akn coba tuliskan ttg migren di wikimu.
untuk tangannya mungkin sementara boleh dibantu konsumsi vitamin saraf seperti B kompleks (neurobion dll).
trims




Rabu, 30-04-2008 07:14:51 oleh: Silvi Anhar

makasih banyak dokter leo, atas infonya.



Rabu, 30-04-2008 11:01:20 oleh: Meidy

Thanks, dr Paskah.
Prednison disuruh minum 2 x 8 biji selama 5 hr dan 2 x 5 biji 5 hari berikutnya.

Hasil CT Scan :
Infark serebri kecil di basal ganglia kanan lobus temporalis.
Tak tampak perdarahan intraparenkimal ataupun intrakranial.
Fraktur wing sfenoid kiri, dinding anterior sinus maksila kiri dan os temporal kiri dan os Zygomaticum kiri.

Fraktur itu patah ya kalo gak salah. Hmm sebaiknya dipoerasi kali ya biar mukanya kembali normal karena sekarang mencong.





Sabtu, 03-05-2008 17:08:24 oleh: Leonardo Paskah S

ur welcome Mbak Meidy n Silvi. Btw mbak,klo bgtu bengkak d wjh krn patah tlg wajah,terutama os.zygo(tlg pipi).tentuny ad baikny dkonsul k Dr.bedah THT.prednsn dosis dmkn jarang buat moon face jk blm dmnum btahun2



Selasa, 06-05-2008 18:21:06 oleh: Nurliati Sari Handini

Hi, Paskah..Gw baru pulang stase neuro di sukabumi niy..Ya ampun deh, di sana bnyk pasien yang (menurut gw) nyawanya melayang sia2 krn trauma kepala..dan hampir 100% karena kecelakaan sepeda motor. Pdhal (mungkin) kalau pake helm & mau taat sama peraturan lalu lintas, keadaannya akan jauh berbeda..
-Olly-




Rabu, 07-05-2008 19:30:48 oleh: Leonardo Paskah S

Hi Olly..iya tul, sukabumi rajanya trauma kapitis tuh...emank gila kebut2an se..
kalo ntar di jogja, di ugdnya paling banyak trauma ekstremitas (orthopedi) karena pengendara motornya ceroboh walo ga ngebut2..




Senin, 07-07-2008 21:01:58 oleh: jatenra toga torop

pak leonardo yang terhormat,abang saya lagi diruang icu rumah sakit vita insani siantar belum sadar, kata dokter setelah scaning ia mengalami ada darah diotak ,ia mengalami benturan keras karena tabrakan sepeda motor,memang sewaktu kami bawa kerumah sakit ia mengalami pendarahan melalui mulut dan hidung ia masuk sejak jam 9 malam kamis yang mau saya tanyakan apakah ketika ia sudah sadar dapat diberi obat penghancur darah dari otaknya yaitu obat cina sen-sen <maaf bila penulisdannya salah>, kami tidak punya biaya untuk operasi seperti yang dikatakan dokter rumah sakit



Senin, 07-07-2008 23:57:23 oleh: Leonardo Paskah S

Kepada Bpk.Jatenra..
RS tempat saya bertugas (di ICU RS Martha Friska) Medan, memang sering menerima rujukan dari Vita Insani untuk kasus seperti demikian.

Dalam hal kasus ini, sayangnya saya kurang tahu bagaimana persisnya gambaran CT Scan kepala abang Bapak karena perdarahan di kepala ada beberapa jenis yang berbeda-beda cara penangannya. Selain itu saya tidak tahu seberapa luas dan volume perdarahannya.
Masa 3 hari pertama umumnya adalah masa kritis untuk perdarahan di otak, jika mampu melalui masa ini tanpa operasi umumnya pasien dapat bertahan namun tetap resiko kecacatan selalu ada.

Mengenai obat cina tersebut (termasuk jenis lainnya pien tje huang) memang sering pasien saya di ICU dengan kasus serupa berkonsultasi dengan saya. Secara teoritis, saya sendiri tidak tahu pasti cara kerjanya obat cina tersebut (karena memang umumnya obat cina penjelasan medisnya tidak serupa seperti ilmiahnya barat). Beberapa keluarga yang bersikeras memberikan obat tersebut hasilnya pasien ada yang kesadarannya membaik tapi celakanya pernah ada juga yang malah terjadi perdarahan ulangan. Jadi bijaknya, saya kira oabt-obat pengencer darah seperti demikian dihindari dulu selama masa akut karena tidak akan menolong banyak tetapi justru membuat mudahnya terjadi pendarahan ulang. Setelah masa akut lewat ( mungkin sekitar 1-3 bulan) dapat saja obat itu digunakan untuk meningkatkan suplai darah otak, tentunya dengan berkonsultasi dulu ke dokter Anda.
Smoga membantu




Kamis, 31-07-2008 16:20:02 oleh: elisabeth

Dok, anak saya 3,5 tahun. pernah terbentur besi di dahinya.
waktu itu hanya merah saja. dan sampai sekarang pun dia aktivnya bukan main, tapi kadang kadang dia memijat mijat dahinya yang pernah terbentur . dan dia mengatakan Mama, sakit nich kepalaku. pusing.. kemudian kepalanya di sandarkan ke kami orang tuanya. ketika kami tanya letaknya selalu ditunjukkan ditempat yang sama. tetapi selang 3 menit kemudian kembali dia menjadi anak yang aktif. itu berulang kali terjadi semenjak 1 bulan yang lalu dia terbentur kepalanya . tanggal 14 July 2008. Dok , apa saya perlu bawa dia CT scan kepala , untuk mengetahui apa yang terjadi ?
dia anak tunggal kami. saya takut sekali buah hati saya mengalami sesuati. maaf dok. saya mengharapkan sekali jawaban dokter. Terima kasih elisabeth




Jumat, 01-08-2008 19:02:25 oleh: Leonardo Paskah S

Alo Bu Elisabeth...
wajar jika seorang ibu seperti Anda menjadi sangat cemas dengan keadaan anaknya yang pernah mengalami benturan kepala. Benturan kepala apalagi yang menimpa seorang anak memang tidak boleh dianggap remeh.
Dari sekilas cerita ibu tadi, saya kira cedera kepala anak Anda sebatas simple head injury (cedera ringan) yang sebenarnya tidak perlu sampai CT Scan apalagi bila tidak ada gangguan fungsi dan aktivitas. Pernahkah dulu saat kejadian anak Anda dibawa ke dokter untuk pemeriksaan?
Mengingat saat ini sudah lebih dari 2 minggu berlalu, harusnya apabila pun dulu pernah ada perdarahan harusnya sudah tidak tampak lagi karena telah terserap jaringan. Daya serap pada anak memang jauh lebih cepat daripada dewasa. Sehingga hampir mungkin CT scan tidak menampakkan kelainan apa-apa.
Yang perlu saya anjurkan malah membperhatikan pola sakit kepala anak Anda, apakah ada penyebab lainnya, misal gangguan tidur, depresi, kelelahan dll..Pada anak-anak umumnya setiap keluhan sakit kepala selalu menunjukkan ke dahi, sehingga hal ini bisa bias terhadap bekas cedera dahulu.
Satu hal tentang psikologis yang perlu kita ingta, seseorang yang pernah mendapat trauma fisik (misal cedera di kepala dulu) maka seringkali ketika sakit kepala karena sebab lain terjadi dikemudian hari ia cenderung masih 'mengenang' rasa sakit kepala di tempat dulu ia terbentur. Itu karena otak manusia memang cenderung menyimpan memori yang ekstrem tentang tubuh, salah satunya yah rasa sakit tersebut.

Semoga tulisan ini dapat sedikit memberikan wawasan dan info kepada ibu...
Trims




Rabu, 13-08-2008 15:37:15 oleh: OLIVIA RUNDENGAN

dr.Leo yg baik,
Sehari harinya anak saya diasuh sama pembantu dan diawasi oleh bapak mertua ( saya kerja ).Anak saya kayla 3,2 thn (lahir 08.06.2005) July 2007 jatuh dari sepeda kepala bagian belakang terbentur di lantai, June 2008 jatuh dari kursi kepala bagian belakang terbentur lantai dan senin, 11 agust 2008 sekitar jam 20.30 lagi main jatuh dari tempat tidur. Kepala bagian belakang benjol kebentur lemari kayu. Apa perlu saya CT scan kepalanya ??? obat apa yg baik jika kepalanya terbenur/benjol ?? Apakah bahaya jk sering terbentur ?? makasih banyak ya dok. GBU.




Rabu, 13-08-2008 17:23:23 oleh: Leonardo Paskah S

Alo Bu Olivia...

Mengingat riwayat kepala yang terbentur berulang kali, pertanyaan pertama yang harus kita kritisi adalah apakah anak Ibu terjatuh karena memang kelalaian (kecelakaan) atau ada gangguan motorik/keseimbangan tubuhnya yang membuat ia mudah terjatuh?

Pada setiap benturan kepala yang skala menengah hingga kuat, CT scan kepala adalah diperlukan secara relatif, maksudnya tidak ada salahnya dilakukan. Namun jika benar hanya benjol saja yang ditemukan tanpa ada gangguan lain seperti sering sakit kepala, muntah-muntah, penurunan kesadaran, gangguan penglihatan atau pendengaran maupun riwayat pingsan (walau hanya sejenak) saat kejadian maka umumnya cedera kepala tersebut termasuk simple head injury yang bukan indikasi kuat untuk CT scan. Benjol tersebut adalah bekuan darah di bawah kulit kepala tapi diluar tulang tengkorak dan otak. Pengobatan dapat dengan kompres hangat berulang atau memakai beberapa obat oles untuk mempercepat pengempesan (co: THROMBOPHOB krim) selain juga pain killer jika diperlukan.

benturan kepala ringan namun berulang-ulang tentu saja tetap perlu diwaspadai. benturan berulang dapat menimbulkan gaya trauma minor ke beberapa struktural dalam kepala seperti ke mata (seperti lensa mata dan retina) yang mungkin saja memicu katarak traumatika bertahun-tahun kemudian maupun robeknya selaput retina (ablatio) pada mereka yang rentan. Selain itu gangguan struktural dalam telinga dapat juga terjadi dengan ancaman penurunan pendengaran. Hal terakhir ini lebih sering terjadi pada anak yang sering mendapat kekerasan dari orang tua (misal kebiasaan ditampar di pipi). Benturan dalam skala lebih berat tentunya mengancam sistem saraf pusat (otak) dan memerlukan penanganan lebih serius.

Pencegahan adalah yang utama karena cedera kepala selalu membawa resiko tinggi kepada struktur otak di dalam kepala yang jika rusak maka bersifat kerusakan permanen. Jadi, semoga buah hati Anda semakin dapat dijauhi dari 'kebiasaan' jatuh dan terbenturnya.
Sal




Jumat, 22-08-2008 01:27:19 oleh: irfan

aku mw nanya tolong dngan amat sangad di jawab dengan secepatnya plse. .
skrg saya sedang di RS.warsito cimanggis depok, pas waktu sore ktika saya mw ke toilet mendadak tubuh saya lemas dan akhirnya saya terjatuh. .kepala bagian kening saya membentur lantai toilet. .abis itu kepala saya pusing luar biasa dan dri hidung keluar darah(skrg ud ga terlalu banyak keluar) ,kata orang tua ni karna panas dlm. .tp kpala saya pusing bgt. saya mohon jawabannya. . .plse




Rabu, 27-08-2008 18:02:44 oleh: Leonardo Paskah S

wah mas Irfan, mencermati cerita singkat Anda diatas, berarti sudah ada proses penyakit yang Anda miliki sebelum terjatuh karena Anda jatuh karena lemas tiba-tiba. Apakah saat itu Anda tiba-tiba merasa 'gelap'? berdebar-debar? sedang sakit panas / demam ?
Kepala yang pusing sekali apalagi sampai muntah-muntah pada cedera kepala adalah indikasi untuk di CT-scan, apalagi ada perdarahan yang terjadi.
Perdarahan tersebut dapat terjadi memang dari cedera kepala yang misalnya diikuti patahnya tulang hidung. Namun bisa juga dari penyakit lainnya memingngat Anda bukan jatuh karena kecelakaan melainkan ada diawali tiba-tiba lemas. Jadi saya anjurkan untuk ke dokter untuk pemeriksaan yng lebih teliti yang tentunya mustahil saya ketahui hanya dari cerita di atas semata.
Salam




Sabtu, 25-10-2008 10:47:43 oleh: muknis

terima kasih atas ilmu yang dokter tuangkan lewat tulisan ini .
tapi saya minta skali lagi pendapat dokter serta solusinya:
anka saya umur 2tahun 3 bulan sebelumnya dia mengalami demam tinggi beberapa kali disertai batuk dalam 2hari dan saya beri obat umum utk anak,kemudian saya bawa ke dokter umum tepatnya tgi 23 okt '08 saat diperiksa ternyata kedua mata anak saya di bagian atas merah lebam, dan dokternya katakan ini mungkin akibat benturan, tapi saya ragu dok krn tidak ada bekas luka padakulitnya dan juga anak ini selalu di jaga ibunya atau saya sendiri, lalu dokternya memberikan obat mata untuk diteteskan tiap jam selama 4 kali kemudian tiam 6 jam 2 tetes,
yang saya ingin saya tanyakan berbahaya kah sakit mata anak saya ini dan saran dokter apa yang harus saya lakukan sebab hinga saat ini bola matanya masih merah dan perasaan saya tidak ada perkembangan membaik meskipun di beri obat
terima kasih banyak
-mks-




Kamis, 06-11-2008 10:34:58 oleh: Wulan

Siang Dr. Leo,
Saya mau tanya....
Anak saya usia 3 thn, lahir premature 38 minggu dengan berat 2,5 kg.
Sejak usia 1 thn sudah mulai terlihat kalo tangan kirinya kurang aktif dibandingkan tangan kanan, menggenggam bisa tapi lebih kaku dibandingkan tangan kanannya, kegiatan sehari-hari aktif seperti biasa seperti anak-anak seusianya...
setelah saya konsultasikan dengan DSA.nya katanya coba di CT-Scan saja....
Apakah memang harus begitu dok...?
Terima kasih atas jawabannya yang segera.....
karena saya juga berencana




Kamis, 06-11-2008 21:22:16 oleh: mediana dessy

6 November 2008

Dear dokter,

Maaf, saya mau tanya, benturan pada kepala belakang sebelah kiri, menyebabkan apa saja pada anak usia sekitar 10 tahun? Benturan cukup keras karena terlempar sepanjang sekitar 10 meter, dan mengapa bisa menyebabkan kematian? apakah memang tidak bisa diselamatkan atau karena peralatan rumah sakit yang minim (RSUD)di Kabupaten??
bisakah menjelaskan pada saya yang awam masalah kesehatan?

Mohon dibalas pada e-mail yang saya cantumkan, terima kasih

Salam,

Dessy




Rabu, 12-11-2008 08:40:19 oleh: Leonardo Paskah S

Kepada Saudara Muknis;
Demam tinggi pada balita yang disertai tanda perdarahan (lebam) harus dicurigai adanya gangguan perdarahan seperti pada demam berdarah. Lewat laboratorium cek darah, kita bisa melihat kemungkinan ini. Umumnya demamberdarah jarang berlangsung hingga lewat 1 minggu. Setelah lewat waktu hampir 2 minggu, bagaimana kah keadaan anak Anda sekrang?
Kemungkinan lain pada demam, batuk dan radang pada mata dapat mengarah kepada campak. Tentunya pertanyaan selanjutnya, apakah anak Anda ada tampak ruam-ruam merah pada kulitnya? dan apakah ia telah divaksinasi campak pada usia 9 bulan yang lalu?

Kepada Mbak Wulan,
Bagaimana dengan proses kelahiran dahulu, apakah lancar? Komplikasi anak prematur pada otak saat lahir umumnya dapat berupa perdarahan dan iskemia jika terdapat gangguan dalam proses persalinannya, akibat lebih lanjutnya yang ditakutkan adalah serebral palsyyang ditandai kekakuan postur maupun gerakan si anak kelak. Namun mengingat anak Anda aktif dan gangguan lengan kirinya tidak terlalu bermakna, bisa kita singkirkan kemungkinan gangguan tersebut. Namun apakah perkembangan belajar si anak juga dalam batas normal? ( misalnya berjalan sebelum usia 1.5 tahun). CT scan kepala saya kira tidak akan menghasilkan gambaran bermakna, kecuali jika baru-baru ini telah terjadi trauma pada kepalanya. Ada baiknya Anda terus memantau kondisi ini karena mungkin memang suatu masa adaptasi semata karena usianya yang masih kecil dan itu berarti penggunaan tangan kiri memang masih minim (karena umumnya kita tidak kidal).
trima kasih




Rabu, 12-11-2008 08:49:10 oleh: Leonardo Paskah S

Kepada Mbak Mediana,
benturan pada bagian belakang kepala, sama seperti pada lokasi kepala lainnya, dapat bermanifestasi sebagai perdarahan di luar otak maupun dalam otak serta pembengkakan otak, selain kemungkinan terjadinya patah tulang. Namun perlu diingat, pada bagian kepala belakang ini terdapat organ saraf yang vital yaitu batang otak dan otak kecil. Jadi apabila perdarahannya terjadi pada kedua organ ini maka niscaya harapan hidup lebih berat karena daerah sini ruangannya sempit sehingga gampang dipenuhi darah yang lebih lanjut akan menekan batang otak dan berakibat fatal dalam waktu cepat. Mengingat jenis trauma yangAnda tuliskan sedemikian beratnya (terlempar dari 10 meter), maka kemungkinan proses yang berat telah terjadi di bagian belakang kepala yang terbentuk, juga mungkin di bagian depan karena disebabkan daya counter coup. Bergantung jenis kelainannya, tentunya harus diimbangi pula dengan adanya sarana bedah saraf di Rumah Sakit untuk penanganan segera dan lebih lanjut. Namun sekali lagi, jika emmang terjadi perdarahan hebat, atau perdarahan di daerah batang otak, atau robekan pada jaringan otak, agaknya tim medis tidak dapat berbuat banyak.
Demikian.
Terima Kasih




Sabtu, 27-12-2008 23:17:07 oleh: sun chiang

dear dokter,
mama saya mengalami benturan di sebelah kiri kepalanya 2 hr yg lalu (> 58 jam). benturan di kepala ini terjadi krn batang kayu yg jatuh tepat mengenai kepala mama saya. wkt itu mama saya ga tau krn beliau duduk menghadap ke depan. kayunya itu lumayan berat (sebagai alas tempat tidur). setelah kejadian ini, mama saya merasakan sakit di bagian tulang terkena kayu itu. sejauh ini, belum terjadi ketidaksadaran, gangguan penglihatan, mual-muntah, dsb..tp sakit yg dirasakan masi berlanjut.
jd dok, apa yg hrs saya lakukan? apakah akan terjadi pendarahan epidural?
saya takut terjadi sesuatu dgn mama saya..
apa perlu CT scan jg, dok?

seandainya diketahui bhw pendarahan terjadi, apa yg umumnya dokter lakukan? apakah ga ada cara lain selain operasi?




Selasa, 20-01-2009 11:49:32 oleh: roy

Salam Dokter Leo! Tahun 1998 saya pernah mengalami benturan kepala, pada saat itu saya dalam keadaan depresi sehungga saya lupa bahwa kepala saya telah terbentur bagian belakang dan teramat sakit . tapi tidak sampai muntah. berselang beberapa tahun baru saya ingat bahwa kepala saya pernah terbentur. dan sampai saat ini masih terasa sakit, pening/pusing, mata saya agak terganggu terutama sebelah kiri, pendengaran saya juga terganggu, bahkan kadang kepala saya terasa susah untuk digerakkan. Pertanyaan saya dokter, apa kepala saya msih bisa disembuhkan sudah dalam kondisi bagaimanakah kepala saya.



Rabu, 21-01-2009 19:27:40 oleh: ramadhan

dok,
kmaren sya abis jatuh dr motor dg sdikit luka.
namun yg sya tnyakan adalah setelah beberapa jam setelah kecelakaan pipi kanan sya agk bngkak dan kantong air mata/ bagian bawah mata saya juga bengkak,
kemudian disusul ketika ingin sisih dari hidung sya keluar darah, begitu juga ketika saya ingin berdahak keluar darah,
kira2 ini parah gk dok ?
atw hal ne wjar ?




Kamis, 22-01-2009 18:32:44 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Roy..
berbagai gejala yang Anda alami sekrg mungkin memang berkaitan dengan kejadian lalu, tapi bisa juga manifestasi dari depresi Anda. Untuk menyingkirkan berbagai kemungkinan dari bekas luka dahulu, CT-scan kepala mungkin diperlukan. Jika Ct-Scan normal, maka kemungkinan lain perlu dicari.

Sdr.Ramadhan,
tentu saja keadaan Anda tidak dapat dikatakan normal. Setiap keluarnya darah dari tubuh kita selalu harus dikatakan tidak normal dan dicari penyebabnya (kec.menstruasi pada wanita).
Apakah ada benturan pada daerah wajah dan hidung Anda tersebut?
jika ya, biasanya berbagai perdarahan yang ada adalah manifestasi dari trauma pada daerah sinus. Ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter dan berbagai pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen mungkin diperlukan lebih lanjut.




Jumat, 30-01-2009 21:46:56 oleh: Mariani

Dok, tadi pagi anakku jatuh disekolah saat bermain putar putar bareng temannya trus jatuh kelantai dan kepala belakangnya benjol dan tangan kanannya sakit bila di gerakkan dan pipi kanannya memar
bahaya gak ya dok kepalanya. apakah perlu di ct scan
thx ya dok




Sabtu, 31-01-2009 17:57:39 oleh: Leonardo Paskah S

alo Bu Mariani..
tidak semua cedera kepala perlu diCT scan. Umumnya indikasi CT scan mutlak pada kasus yang disertai riwayat pingsan, muntah-muntah dan disertai kelumpuhan pasca trauma kepala. Selain itu CT scan dipertimbangkan pula pada setaip cedera kepala pada bayi usia muda dan pasien usia lanjut.
Jika cedera kepala dengan benjol tanpa muantah-muntah, pingsan dll umumnya yang terkena jaringan bawah kulit saja sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Cukup dikompres air hangat rutin saja biar cepat mengempis.
Pipi dan tangan yang sakit kemungkinan besar terkait posisi jatuhnya, relatif tak terkait dari cedera kepalanya.
Salam




Kamis, 12-03-2009 12:53:23 oleh: nita arisandi

saya ingin tanya seputar kepala saya yang sering sekali sakit.
gini dok, sekitar 4 tahun yang lalu sy mengalami kecelakaan yang mengakibatkab benturan keras di kepala sy, selang 5 jam dari itu sy muntah-muntah. saat itu sy pikir gpp dan akhirnya tidak sy periksakan ke dokter. Setelah kejadian itu sy sering sekali merasakan nyeri di kepala saya dan nyerinya berpindah-pindah, pada saat sakit pandangan mata sering gelap dan mual.
Saya sebenarnya kenapa ya dok? mengingat sy pernah ke dokter dan dokter blg tidak ada apa-apa, kepala sy tidak kunjung sembuh. apakah sy perlu untuk melakukan CT-SCAN?. Terima kasih banyak dok...




Selasa, 07-04-2009 13:05:15 oleh: Dwi Yuniarty

Dok,
hampir 2 tahun lalu saya pernah mengalami kecelakaan terjatuh dari motor dan itu terjadi 2x, yang pertama jatuh saya mengalami pingsan dan kelopak mata saya bisa dikatakan sobek sampai harus dijahit saya juga mengalami muntah2 serta ada sedikit amnesia.Jatuh yang kedua kali hanya muntah2 dan yang pasti saya juga sempat pingsan. sekarang saya sering sekali merasakan sakit kepala dan terkadang sakit sekali sehingga rasanya mata ini mau copot,rasanya mata ini juga tidak terbuka sepenuhnya, berat sekali.Apakah memang sakit kepala saya ini dikarenakan benturan pada saat terjatuh ya Dok? apakah saya harus melakukan CT-Scan? Mohon kiranya pertanyaan saya ini dapat Dokter balas, terimakasih banyak Dok




Selasa, 12-05-2009 17:31:41 oleh: Vita Mastantio

Saya Vita, usia 27th. Saya kecelakaan 6 Bln lalu,mengalami benturan keras dibagian wajah sebelah kanan (sebelah mata kanan)atau Geger Otak berat, hingga mengalami kerusakan tulang&bagian2 wajah (patah,retak, robek) di beberapa titik, bibir, dagu, rahang, bawah hidung, kantung mata, tulang pipi, tengkorak kepala dan juga mengalami sedikit pendarahan pada otak. Saya Kritis selama 5 hari. Sekarang kondisi mata yang saya alami adalah mata kanan tidak lagi dapat mengeluarkan air mata, dan hidung kanan tdk berair tetapi penglihatan normal, sedangkan..mata kiri, bola mata tdk dapat bergerak ke kiri, tapi bisa bergerak ke kanan, atas dan bawah, dan bisa mengelurkan air mata, penglihatan berbayang/tdk fokus. Menurut dokter mata, bola mata normal, akan tetapi perlu observasi selama 6bln untuk mengetahui apakah kelumpuhan syaraf mata ini permanen atau tidak, dan sekarang sudah 6bln, belum ada perubahan. Yang saya tanyakan, Apakah saya mengalami kelumpuhan Permanen? Bagaimana Pengobatannya? Karena jujur Saya terbentur Biaya. Terima Kasih. Mohon Penjelasan.



Rabu, 13-05-2009 12:09:54 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Vita, permasalahan pada mata Anda terkait dengan kerusakan pada otot-otot bola mata atau juga bisa karena persarafannya. Biasa dengan MRI kita dapat lebih mendeteksinya, namun sayangnya prosedur itu mahal.
Setelah 6 bulan berlalu tanpa perubahan berarti seringkali menandai adanya kerusakan yang yang relatif permanen. Harus dicari tahu dulu apakah kelainan yang ada dikarenakan sarafnya kejepit atau ototnya ada yang robek, umumnya obat-obatan saja hasilnya kurang memuaskan.

Tetap jangan bekecil hati ya Vita, dan tetap bersyukur setidaknya Anda masih dikaruniakan keselamatan hingga saat ini. Segala permasalahan yang ada sekarang pasti ada jalan keluarnya perlahan tapi pasti!




Rabu, 13-05-2009 12:47:37 oleh: Vita Mastantio

Terima Kasih Banyak atas penjelasan Dokter,
Saya mau tanya lagi Dok,
1. Apakah setelah melakukan MRI dan mengetahui apa penyebabnya,ada kemungkinan dapat disembuhkan??
2. Bagaimana dengan kantung mata yg pecah ini hingga tdk dpat lagi mengeluarkan airmata (jika menangis, hanya keluar airmata di mata kiri)dan hidung kanan yg tdk berair, apakah dapat berpengaruh buruk di kemudian hari??
Terima Kasih sebelumnya atas waktu dan penjelasan Dokter.




Kamis, 14-05-2009 08:19:08 oleh: Leonardo Paskah S

gambaran pada MRI bisa menunjukkan kelainan yang mendasari, dan tergantung kelainan yang ditemukan, beberapa hal dapat dikoreksi, nmaun bila kelainan itu ternyata di daerah persarafan seringkali sulit untuk dikoreksi, apalagi sekarang sudah 6 bulan berlalu.

mata yang tak bisa keluar air mata tentunya harus diperhatikan dari kekeringan, sehingga iritasi berulang dapat dihindari. Jika mata kanan Anda terasa kering karena air mata kurang, air mata artifisial (tetes mata tertentu) harus digunakan.




Senin, 18-05-2009 17:06:03 oleh: Gamma Satria Kurniawan

Dok,
saya mahasiswa berumur 20 tahun...
beberaoa hari yang lalu saya terjatuh dari motor tanpa mengenakan helm...
lalu pada saat jatuh sepertinya terjadi benturan ringan di daerah samping kepala kiri saya..
akan tetapi tidak berdarah
lalu,setelah saat itu saya sering merasa linglung dan bingung serta sering sekali pikiran saya menjadi kosong(melamun). setelah itu sering terpikir bahwa saya ingin muntah akan tetapi badan saya memberontak,
lalu terkadang emosi saya menjadi tidak stabil.
apakah hal tersebut adalah dampak dari benturan tersebut? apa yang harus saya lakukan dalam mengobati hal itu?
apakah benturan dikepala bisa merubah emosi, kepribadian dari seseorang?
terima kasih sebelumnya




Kamis, 21-05-2009 13:20:29 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Gamma, saya kira cedera kepala Anda jenis simple head injury saja, harusnya tidak ada efek lanjutannya secara fisik. Namun ketegangan psikis sisa kejadian tersebut bisa jadi membutuhkan waktu lama untuk mereda. Problem Anda saya kira lebih ke arah psikis-memori bukan karena kerusakan dari otak secara langsung. cedera kepala yang berat , yang disertai tanda-tanda perdarahan dan pingsan lebih dari 6 jam, memang bisa menimbulkan berbagai kelainan kepribadian maupun emosi jika merusak suatu struktur pada otak



Rabu, 17-06-2009 21:48:43 oleh: Meilanny General

Malam dok,
Mau tolong tanya, anak saya usia 14 bulan ia baru saja terjatuh dengan kepala bagian belakang terbentur cukup keras.benjol tidak terlalu besar hanya saja seperti ada sedikit cairan di bawah kulit kepalanya, yang mau saya tanyakan apakah nantinya tidak akan menimbulkan darah beku di otak?perlukah di CT Scan?pada saat terjatuh anaknya masih dalam keadaan sadar.terimakasih dok.




Rabu, 17-06-2009 21:55:57 oleh: Meilanny General

Maaf dok,ada yang lupa saya tanyakan,apakah nantinya akan mengganggu fungsi otaknya atau menimbulkan gejala lainnya?
Terimakasih banyak atas perhatian dokter.
Salam




Kamis, 16-07-2009 21:50:51 oleh: Fiqh

Dok,,saya berumur 18th.. skitar 6 hari yang lalu saya terpeleset sehingga kepala bagian kanan belakang saya terbentur ke lantai.. pas itu yg saya rasa nyeri di kepala dan sedikit mual (tapi mungkin rasa mual itu cuma perasaan saya saja)..
tapi kebesokannya rasa nyeri itu mulai hilang sdikit demi sedikit,, namun setelah 6 hari,,rasa nyeri itu timbul lagi,,dan sekarang yg saya rasa adalah sperti sakit kepala gitu,,ditambah badan yg agak sdikit demam.. apa sakit kepala yg saya rasa ini karena badan saya yg demam dan ditambah bekas benturan 6 hari yg lalu??
Terima kasih




Sabtu, 18-07-2009 07:52:39 oleh: Leonardo Paskah S

Alo Mas Fiqh..
Benturan pada kepala terkadang memang menyisakan sakit kepala yang lamanya tergantung pada beratnya cedera. Demam sendiri relatif tak wajar sebagai ikutan cedera kepala, apalagi jika berhari-hari. Jika menurut Anda benturan tsb lmyn keras dan gejala masih ada semingguan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter (neurologis atau dokter UGD) untuk dapat dilakukan penilaian lebih jauh.




Sabtu, 18-07-2009 11:38:26 oleh: Liya Mahfudz

pagi ,,
dokter leo ..
semasa saya kecil sering mengalami mimisan, tetapi oleh ibu saya di sumpel pakai daun sirih agar darahnya tidak mancur terus ..
sampai sekarangpun saya masih suka mengalami mimisan dan jika terkena panas matahari langsung, kepala saya menjadi sangat pusing selama seharian ..
fyi, di tahun 2005 saya pernah mengalami kecelakaan dan kepala saya membentur aspal jalan, walaupun tidak lecet, tetapi ada benjolan besar di daerah pelipis ..
mohon penjelasan yang lebih lanjut dok tentang pusing kepala saya dan mimisannya..

thank you for your attention !




Rabu, 29-07-2009 17:15:15 oleh: andri

maaf dok saya mau tanya adik saya kemarin tabrakan sepeda motor dan terjadi benturan dikepala dan sekarang sedang dirawat di RS...kepalanya sudah di ronsen sampai tubuhnya..kata dokter rs tulang bagaian kepala dan tubuhnya tdk ada yg rusak tapi badannya memar n kepalanya benjol dibagian belakang dan atas..pas terjadi kecelakaan adik saya pinsan selama kurang lebih 10 menitan..pas dia sadar dia ditanya bisa menjawab...sebelum kecelakaan dia sempat mkn dirumah ga lama itu dia naik motor dan tabrakan lalu muntah sampai 2X..lau dia tdk muntah lg, tapi sehari kemudian dia muntah kembali 1x mungkin karena efek dia hbs makan dan dibawa ke ruang ronsen lg..CT scan perlu dilakukan tdk dok jika dilihat dari kasus adik saya ini...sebab dokter rs tersebut blm nyuruh...kira2 biaya yg keluar dari ct scan tersebut brp dok...saya dijakarta selatan...makasih banyak ya dok...tolong dijawab secepatnya



Kamis, 30-07-2009 21:56:36 oleh: andriani fitri panggabean

waW...

berguna bgt ertikel tsb...

klo boleh tanya nie dok,,,

sudah lama kejadian.nya
kepala saya terbentur sgt keraS..

dan sekarang,,,
daerah bawah mata saya sering bergerak sendiri...

apakah itu termasuk dr akibat terbentur?
lalu apa yg harus saya lakukan?

terimakasi sebelumnya...

^^





Senin, 28-09-2009 10:03:33 oleh: SUSI SUSWATI

Halo Dok,Saya Mau Konsltsi,Adik Sya Kmrin Mngalami Kcelkaan,Dia Terbentur Batu Kerikil,Trus Kplanya Bnjol disebelah ubun2,dia sudah dilarikan ke RS.Kta Dkter Ga Pa2 Tpi Adk Sya Mrasakan Sakit Di bgian bwah kpala.Dan adk Sya lngsung berobat ke tabib,ktanya hanya geger otak ringan,yang ingin saya tnyakan pa tu bahaya?dan prnah suatu ktka hidung Adk sya prnah mngluarkan darah yang kental,jga prnah mneluarkan dahak yang bercampur dengan darah yang kental juga,dok pa yang harus sya lkukan bila memakai teraphy sja.solusi pa yang tepat untuk mnyembuhkan mlalui terapi. atas jawabannya. saya ucapkan banyk2 trmksh



Jumat, 02-10-2009 22:57:16 oleh: evita lulu fitrisia

malam dok..
saya mohon penjelasan dari dokter tentang keadaan saya sekarang. saya berusia 28 thn, saat ini saya sedang hamil 37 minggu.setahun tang lalu saya pernah mengalami benturan keras di kepala bagian belakang akibat terpeleset di wahana spiral water park. rasanya sakit sekali, gamang, tapi tidak sampai muntah dan juga tidak benjol.dan jika diraba sakitnya masih terasa. lalu kurang dari sebulan yang lalu kepala baguan depan (antara dahi dan ubun2) saya tertiban laras senapan angin (dari besi) milik ayah saya. benjol, sakit dan sedikit mual. lalu sekarang, sejak kurang lebih 2 bulan ini saya 3x mengalami mimisan tiba2 (rata2 kurang lebih 10-15 menit dengan volume darah lumayan deras namun masih dapat di serap sumpalan kapas). padahal sebelumya saya tidak pernah mimisan. apakah ada pengaruhnya dengan benturan di kepala saya dok? atau efek dari kehamilan saya? saya takut ada pembekuan darah, karena saat mimisan, darah beku2 juga keluar melalui mulut (dari saluran dalam hidung) mohon penjelasannya dok..terima kasih byk




Selasa, 06-10-2009 19:57:50 oleh: Leonardo Paskah S

tuk Sdri Susi, jika saat kejadian kecelakaan adik Anda tidak sampai pingsan maupun amnesia (hilang ingatan), biasanya bukan gegar otak lah. Saya agak sangsi jika sakit kepala maupun mimisan yang muncul terkait dengan cedera kepala yang lalu. Mimisan yang terjadi perlu dipikirkan kemungkinan di hidung-tenggorok,misalnya adakah sinusitis. Untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih jauh dengan dokter.

Tuk Ibu Evita, say kira mimisan yang terjadi lebih masuk akal terkait dengan proses hamil tua Anda. Mimisan pasca cedera kepala umumnya terjadi di hari-hari kejadian itu, bukannya di kemudian hari. Pada usia kehamilan lanjut, umumnya ibu hamil mudah mimisan (jika sedang pilek, bersin keras, korek-korek hidung, kurang tidur, emosional, kepanasan, udara kering seperti dalam AC) maupun gusi berdarah karena sikat gigi terlampau keras. Hal ini dikarenakan saat hamil tua, pembuluh darah kecil Anda (kapiler) membengkak karena terbendung, karena volume darah yang meningkat sesuai pertambahan berat badan




Minggu, 18-10-2009 09:34:46 oleh: Ira Diah Fhitaloka

Dok, Pada umur 14 bulan anak laki-laki saya terbentur kepala belakangnya karena terpeleset. Sampai saat ini entah sudah lebih dari 10kali anak saya terbetur belakang kepalanya. Anak saya memang aktif sekali. Hebatnya itu semua terjadi ketika saya meleng hanya sebentar saja. Hampir setiap jatuh saya selalu membawanya ke doktr anak. Katanya tidak apa2. memang ketika jatuh anak saya tidak memunculkan gejala2 mengkhawatirkan seperti yang sudah sering saya baca. tidak muntah, tidak pingsa, dll. ketika jatuh anak saya nangis, tapi beberapa saat kmudian sudah aktif kembali. Jujur sebagai ibu saya khawatir sekali. Terakhir anak saya jatuh dari ketinggian setengah meter dari posisi berdiri dan kepala sampingnya terbentur. Dok, apakah saya harus memeriksakan kepala anak saya, kemana? sebab dokter anak yg selalu memeriksa anak saya selalu mengatakan anak saya baik-baik saja? Dok apakah benar hal ini nantinya akan berpengaruh pada konsentrasinya? Apakah benar anak saya akan jadi anak nakal? Apakah akan sering pusing ketika dewasa nanti? Apakah akan mempengaruhi kemampuan berpikirnya? Mohon jawabannya Dok. Atas jawaban dokter saya ucapkan banyak terima kasih.



Minggu, 18-10-2009 09:37:37 oleh: Ira Diah Fhitaloka

Dok, Pada umur 14 bulan anak laki-laki saya terbentur kepala belakangnya karena terpeleset. Sampai saat ini entah sudah lebih dari 10kali anak saya terbetur belakang kepalanya. Anak saya memang aktif sekali. Hebatnya itu semua terjadi ketika saya meleng hanya sebentar saja. Hampir setiap jatuh saya selalu membawanya ke doktr anak. Katanya tidak apa2. memang ketika jatuh anak saya tidak memunculkan gejala2 mengkhawatirkan seperti yang sudah sering saya baca. tidak muntah, tidak pingsa, dll. ketika jatuh anak saya nangis, tapi beberapa saat kmudian sudah aktif kembali. Jujur sebagai ibu saya khawatir sekali. Terakhir anak saya jatuh dari ketinggian setengah meter dari posisi berdiri dan kepala sampingnya terbentur. Dok, apakah saya harus memeriksakan kepala anak saya, kemana? sebab dokter anak yg selalu memeriksa anak saya selalu mengatakan anak saya baik-baik saja? Dok apakah benar hal ini nantinya akan berpengaruh pada konsentrasinya? Apakah benar anak saya akan jadi anak nakal? Apakah akan sering pusing ketika dewasa nanti? Apakah akan mempengaruhi kemampuan berpikirnya? Mohon jawabannya Dok. Atas jawaban dokter saya ucapkan banyak terima kasih.



Minggu, 18-10-2009 09:46:09 oleh: Ira Diah Fhitaloka

Ohiya Dok, sejak umur 1th 9bln anak saya juga suka mimisan. apakah ini ada kaitannya dengan seringnya anak saya jatuh? ketika awal mimisan, anak saya sedang demam 38.5C tidak mau minum. Sampai sekarang kalo kurang tidur, kurang minum, kepanasan, anak saya suka mimisan. kira2 sebulan sekali itu terjadi. tapi pernah seminggu sekali. Kaka saya dan kaka ipar saya juga suka mimisan. Apakah ada faktor keturunan? Usia anak saya sekarang 2 tahun 6 bulan.



Minggu, 18-10-2009 09:56:45 oleh: Ira Diah Fhitaloka

Maaf Dok, nambah lagi, Dari semua kasus jatuhnya anak saya, tidak ditemukan adanya benjolan. itulah yang membuat saya was-was. padahal hampir setiap terbentur saya rasa itu keras sekali, dari suara benturan yang ditimbulkan. Sudah lebih dari satu dokter spesialis anak yang saya tanya, tapi belum ada jawaban yang bisa membuat saya puas. Semua selalu mengatakan anak saya tidak apa-apa. Betulkah?? Mohon jawabannya ya Dok.. Thks.



Senin, 19-10-2009 13:15:02 oleh: Leonardo Paskah S

Ibu Ira, pertama-tama yang perlu kita selidiki, apakah benar anak Anda sering jatuh karena faktor kecelakaan - ketaksengajaan. Atau memang atau gangguan keseimbangan maupun kekuatan otot tungkai.

faktor kecerdasan dll yang Anda khawatirkan umumny tergantung dari adakah kerusakan dari jaran\ingan otak yang disebabkan karena terjatuh, jika tidak ada kerusakan tentunya tidak akan terjadi gangguan kecerdasan maupun perilaku anak Anda dalam masa perkembangannya. Umumnya hanya trauma kepala yang sedang-berat yang dapat mengganggu pikiran dan perilaku.
Mimisan saya kira tidak spesifik terkait dengan trauma kepala ringan, kecuali jika memang yang terhantam bagian hidungnya. Mimisan pada anak memiliki banyak penyebab, namun umumnya faktor lokal di hidung dan tidak berbahaya, misalnya karena digaruk, iritasi, ada benda asing.

pemeriksaan ketika anak Anda terjatuh, apalagi jika dengan cukup keras, sebaiknya ke dokter di UGD dulu, biar bisa dinilai dengan tepat atau dilakukan prosedur scanning bilamana dibutuhkan. Jika ditemukan gangguan persyarafan, maka dokter saraf adalah konsultasi yang tepat




Jumat, 30-10-2009 09:14:32 oleh: yeni pertiwi

dok.semingu yg lalu adik saya mengalami tabrakan motor.saat dibawa krumah sakit dia tetap sadar setelah eam jam kemudian dia muntah..kata biadannya karena dia sesudah minum obat.kepala bagian samping kiri dijahit dengan 3 jahitan.dikeningnya bengkak sebesar bola pimpong.,3 hari setelah itu disekitar lingkaran matanya membiru dok.jadi apa yang harus kami lakukan dok,apa CTscan bisa bermanfaat dan tidak merusak pada adik saya yang berumur 5 th.terimakasih.yenip



Jumat, 30-10-2009 09:18:50 oleh: yeni pertiwi

dok.semingu yg lalu adik saya mengalami tabrakan motor.saat dibawa krumah sakit dia tetap sadar setelah eam jam kemudian dia muntah..kata biadannya karena dia sesudah minum obat.kepala bagian samping kiri dijahit dengan 3 jahitan.dikeningnya bengkak sebesar bola pimpong.,3 hari setelah itu disekitar lingkaran matanya membiru dok.jadi apa yang harus kami lakukan dok,apa CTscan bisa bermanfaat dan tidak merusak pada adik saya yang berumur 5 th.terimakasih.yenip



Minggu, 01-11-2009 08:41:29 oleh: Leonardo Paskah S

Yeni yang baik, cedera kepala yang relatif ringan memang umum membuat kepala sakit, pusing atau muntah (tapi bukan muntah-muntah). jika lokasinya di daerah atas mata, wajar jika terjadi kebiruan yang menyusul karena daerah situ memang jaringan kulitnya longgar sehingga bekuan darah akan jatuh menumpuk kesana.

karena sudah seminggu terjadi dan adik Anda masih relatif stabil, selain masalah luka dan memarnya, maka agaknya komplikasi yang serius kecil.

namun jika Anda masih khawatir dan ingin make sure, CT SCAN dapat dilakukan dan aman bagi anak-anak. Paling masalah teknis yang sering mengganggu, yaitu apakah si anak bisa diam sejenak selama pencitraan dengan CT scan.




Minggu, 01-11-2009 11:39:05 oleh: mahmud haris habibie

kk kalo kepala terbentur keras ampe terasa pusing dan sakit na beberapa jam itu termasuk ga dr sebab2 katarak d mata

ngeri ni




Minggu, 01-11-2009 22:43:00 oleh: yeni

salam dok,trimakasih atas jawabannya dok.yeni mo naya lagi waktu adik yeni umur 6 bulan dia jatuh dari tempat tidur kurang lebih setengah meter.setelah itu tumbuh benjolan sebesar telur ayam selama sebulan dok.setelah itu pertumbuhannya menjadi sangat lambat,awalnya dia sudah bisa jalan dikit2 setelah kejadian itu nafsu makannya juga menurun dan dia sering step ketika jatuh sakit.kalau pada kasus ini apa yg harus dilakukan dok mengingat sekarang terjadi lagi benturan dibagian samping kepalanya?makasih



Minggu, 01-11-2009 23:44:23 oleh: Leonardo Paskah S

Sdra.Mahmud, setiap benturan yg cukup keras pada daerah sekitar wajah terutama di dekat rongga mata potensial menggetarkan lensa mata dan mungkin menimbulkan cedera shg di kemudian hari bisa muncul katarak. Jadi pencegahan adalah yang terbaik dalam kejadian katarak semacam ini.

Yeni, kejadian di masa lalu itu saya kira tak terkait dengan perkembangan adik Anda. Faktor perkembangan, nafsu makan dan step memiliki faktor penyebab lainnya diluar cedera kepala.




Jumat, 20-11-2009 10:45:55 oleh: LINA

Dokter, saya mau tanya masalah cedera kepala....

Dua hari yang lalu kening saya terbentur tembok, cukup keras, dan langsung timbul benjol di seluruh kening.. setelah itu, seluruh bagian kepala nyeri luar biasa.. semua tulang di kepala menjadi sakit,bagian belakang kepala juga ikiud sakit, geraham sakit, telinga sakit, hidung sakit.. sampe mau sikat gigi dan untuk makan saja, gerahamnya jadi sakit banget.

dok,, bagaimana ya dok penanganannya, masalahnya sampai sekarang kepala masih nyeri banget...apa perlu rekam kepala atau gimana dok..?

apa ada akibat jangka panjang dok?

mohon penjelasan dari dokter, terimakasih..




Senin, 14-12-2009 22:01:19 oleh: irna

dok apa arti post trauma kapitis, & bagaimana cara penyembuhannya.



Jumat, 25-12-2009 15:19:06 oleh: erfianto

bapak saya usia 41tahun kerja dibengkel, kecelakaan kerja waktu itu sedang memperbaiki mobil tiba2 ada besi yang melesat mengenai pelipis sebelah kanan, bocor setelah dioperasi lukanya bisa sembuh tp belum bisa melihat...bl diperiksakan lg krn terbentur biaya.



Rabu, 30-12-2009 09:51:28 oleh: leonardo.paskah

Sdr. Lina,
Benturan kepala akan mengakibatkan goncangan juga bagi struktur di dlm kpla,shg tidak jarang ikutannya kepala jadi pusing sempoyongan, dan dengan respon otot2 tengkuk dan kepala yg ikut menegang
maka skt kepala menjadi lbh nyata untuk beberapa hari hinggu semingguan.
Anda sebaiknya istirahat dulu, dan minum obat sakit kepala biasa. Ct scan jika nyeri kepala smkn bertambah seiring hari atau ada muntah2 dan ngantuk terus

Sdr. Irna,
Post artinya pasca
Trauma kapitis itu istilah dari cedera kepala,jadi ya gejala2 ikutan pasca cedera kpla artinya




Rabu, 27-01-2010 15:08:01 oleh: Nenny Darmawan

Dok, anak saya 3,2 tahun. tadi siang kejatuhan buah nangka yang jatuh dari pohon, tepat di kepala bagian atas sebelah kanan, saya lihat cuma memar merah dan benjol, saya tanya yang sakit dimananya, dia ga mau jawab, dan setiap saya raba kepalanya dia ga mau dan marah2. dan sorenya dia bilang " mama kepalaku pusing " tapi gak lama kemudian di beraktifitas lagi seperti biasa. Dok apa yamg harus aku lakukan ya? saya mengharapkan sekali jawaban dokter. Terima kasih Nenny



Minggu, 14-02-2010 21:07:39 oleh: fathur

dok, saya main bola dengan menggunakan kontak lens, lalu bagian wajah saya terkena benturan bola amat keras, dan mata saya minus 2,5. setelah kejadian itu langsung mata kiri saya tidak bisa melihat dan saya hanya melihat warna putih saja di mata kiri saya, setelah saya kompres mata beberapa jam saya mulai membaik namun mata saya melihat masih buram agak putih, apakah mata saya sakit amat parah?, besok saya akan cek ke dokter, dan akan info hasilnya ke web anda lagi.



Selasa, 23-02-2010 02:13:23 oleh: zaki

dokter...
saya mahasiswa 21th...kemaren saya berkuda bareng teman2, tp sial menimpa.,kuda yang saya tunggangi tidak bisa dikendalikan, saya panik dan wktu itu saya dalam keadaan haus dan lapar yang bersangatan, saya dibawa lari kencang oleh kuda itu, dan tiba-tiba saya sudah ada di sebuah ruangan di kelilingi teman-teman, saya langsung muntah, dan kepala saya amat sakit, saya meriang kedinginan, kata teman-teman saya dibawa oleh petugas kuda dengan taksi dalam keadaan pingsan dari arena berkuda, kuda yang saya tunggangi keluar jalur dan melewati aspal, takutnya kepala saya jatuh ke aspal, saya gak inget apa yang terjadi,
saya gak tau udah pingsan berapa lama,dan kemudian saya diberi air teh hangat, kami pulang dengan taksi dan setelah turun taksi saya kembali muntah.,setiba dirumah saya langsung tidur kemudian saya kompres kepala dg air hangat,,(kejadian ini hari kamis 18 feb 2010) dan kepala saya mulai terasa bengkak pada keesokan harinya, dan kemudian saya mandi dan mata saya gatal, lalu bengkak. apa ini pengaruh kepala dok?
dokter...saya sekarang ada di mesir, pengobatan disini amat sangat kurang bisa dipercaya, saya takut berobat ke RS disini, apa yang harus saya lakukan? apa saya harus CT scan?
sekarang hari senin dan bengkak kepala saya sudah hilang,...mual juga tidak, dan pusing juga tidak, cuma sisa sakit sedikit, itupun kadang2...
menurut dokter apa yg harus saya lakukan?




Sabtu, 27-02-2010 08:15:48 oleh: hanafi

Dokter...

Kemarin sore, adik saya mengalami kecelakaan sepeda motor, dia menghubungi saya yang sedang berada di rumah, tapi dia sendiri ga ingat apa-apa, ada dimana?, hari apa?, apa yang terjadi? itu yang selalu dia katakan, saya jadi bingung dok, dia nanya selalu berulang-ulang dan bilangnya ga inget, padahal saya udah jawab, tapi dia nanya dengan pertanyaan yang sama. Saya jadi kasian dok, dia hanya ingat kejadian yang sudah lama, tapi untuk kejadian yang baru saja dialami beberapa hari sebelumnya dia lupa, dan setelah dijelaskan langsung lupa lagi dan seterusnya. mohon penjelasannya ya dok, dan bagaimana agar adik saya dapat pulih kembali, dokter yang ada pada saat masuk ke UGD bilang ga perlu CT Scan, mungkin adik saya hanya shock sehingga hanya dikasih obat vitamin otak / syaraf, setelah dua hari baru di cek lagi. Terima kasih ya dok..




Senin, 01-03-2010 18:57:39 oleh: Junerry

malam dr. Leo...
2 hari lalu kepala (tepat di belakang mata kanan) saya terbentur keras di ubin dan kemudian muncul benjolan cukup besar...
awalnya saya hanya merasa agak pusing tapi hanya sebentar...pas malamnya saya gosok2 benjolan tsb pake minyak gosok sambil berbaring dengan posisi badan ke kiri..
setelah selesai saya mao tidur dan pindah posisi badan ke sebelah kanan...
tiba2 saya merasa tempat tidur saya berputar2 dan smuanya ikut beputar, dan merasa agak mual tapi tidak sampai muntah...
lalu saya langsung terlentang mghadap langit-langit, rasa pusing itu hilang, dan saya tidur dgn posisi terlentang karena takut rasa pusing datang kembali...
pas bgun tidur, saya coba utk mghadap ke kanan ato k kiri lg, dan rasa berputar2 itu dtg kmbali....
siangnya, saya k dokter ugd katanya tidak apa2 koq, dan dokter memberikan resep obat2 ini, menislon, dolorevnobion dan ranbion...
tapi hari ini kepala saya masi terasa pusing, tapi rasa berputar2 sudah hilang..
yang mau saya tanyakan dok, apakah seharusnya saya melakukan CT-scan??
dan apakah gejala2 pusing itu mengarah pada gegar otak???
terima kasih sebelumnya dok...







Selasa, 02-03-2010 00:20:26 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr. Zaki, tidak ada salahnya jika Anda saat itu di Ct-scan karena sempat pingsan cukup lama dan muntah-muntah, namun jika hingga sekrg tidaka da masalah lagi, cukup dipantau saja sakit kepalanya dari hari ke hari, jika bertambah maka perlu dicek lebih lanjut.

Sdr.Hanafi, amnesia pasca trauma kepala memang relatif lazim dijumpai, bukan sekedar pada trauma kepala berat, namun ringan pun juga. namun tentunya tak lazim jika amnesia berkelanjutan, perlu dicek ke dokter saraf lebih lanjut ya.


sdr. Junerry,
apa yang Anda alami itu cukup lazim kami jumpai di klinis yaitu vertigo posisional atau dizzines pasca trauma kepala. Hal itu seringkali dikarenakan pusat keseimbangan di telinga dalam turut cedera atau terguncang saat benturan terjadi. Umumnya si efeknya hanya hingga beberapa hari pasca cedera nanti akan hilang. Jarang dikarenakan sebab serius lainnya. Obat-obatnya sudah oke, lanjutkan dulu namun hingga 3 hari ke depan mesti mutlak isitirahat dulu, hindari kurang tidur dan menyetir maupun kegiatan lain yang banyak menggerak-gerakkan kepala. Hindari kopi juga. Jika masih berlanjut, sebaiknya perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat selalu




Selasa, 02-03-2010 15:51:38 oleh: Junerry

oke..trima kasih ya dok...



Sabtu, 13-03-2010 11:53:51 oleh: Sri Fri Yanti

saya pernah mengalami kecelakaan 2 tahun lalu dan terjadi benturan yang cukup keras pada kepala saya. saya sudah memeriksakannya pada dokter saraf dan hasilnya saya dinyatakan terkena trauma benturan dan saya diberikan beberapa resep. 3 bulan pertama saya mengalami susah tidur dan sakit kepala yang luar biasa. dan bulan berikutnya sampai sekarang sakit kepala itu masih sering kambuh namun sekarang saya sering sekali merasa mengantuk meski saya tidur teratur. pandangan mata saya juga mulai tidak bisa fokus. apakah semua ini merupakan efek dari benturan tersebut atau faktor lain????
saya mohon informasi dan saran dari dokter. terima kasih sebelumnya dok...




Sabtu, 13-03-2010 18:20:52 oleh: arif ipung

halo dokter...
tahun 2006 (4 thn) lalu saya kecelakaan motor, benturan di kepala menurut ct-scan : akut belakang telinga. telinga saya mengeluarkan darah dan sampai sekarang belum berfungsi baik, pendengaran 30%. katanya syaraf 7 & 8 bermasalah. sudah fisioterapi 2 paket. tanya : kemana mestinya saya berobat dokter? ke dokter THT atau dokter syaraf? atau bagaimana baiknya? saya sangat terganggu..tolong jawabannya dokter. terimakasih




Minggu, 14-03-2010 07:28:37 oleh: leonardo paskah s

Sdr. Sri,
gejala-gejala yang Anda alami bisa jadi sisa post trauma dulu, bisa juga tidak terkait sama sekali, tergantung seberapa besar masalah benturan Anda yang dulu. Memang bisa jadi itu gejala post traumatic syndrome yang seringkali menyisakan gangguan sistem syaraf secara fungsional (fungsinya) terganggu, paling mencolok gejalanya gangguan konsentrasi dan mudah sakit kepala.

Sdr. Arif, masalah Anda lebih tepat berobat ke dokter THT subspesialisasi Neuro-otologi (khusus persyarafan telinga) , yang saya tahu ada di rumah sakit pendidikan RSCM Jakarta atau di RS pendidikan di daerah2 lain




Sabtu, 20-03-2010 09:29:01 oleh: delani oscar

halo dokter ,
dok, saya punya teman . sekitar 3 tahun yang lalu dia pernah berantem dan kepala bagian belakang nya terkena pukulan kayu setelah itu dia jatuh dan pundak bagian belakang nya terbentur sangat kuat ditiang besi . sampai sekarang di seluruh kepalanya sering kali sakit . stelah diperiksakan ke dokter , dokter itu bilang kalo ada penyakit serius d kepala nya apalagi di pundak bagian belakang. dan dia pun sangat malas skali untuk mnum obat dri dokter nya. yang ingin saya tanyakan dok, apakah nama penyakit yang gejala" nya seperti itu , apakah itu berakibat fatal dan apa pencegahannya dok ???

terima kasih dok..




Kamis, 01-04-2010 08:26:51 oleh: Junerry

dok, saya yg pernah mengirimkan komen tgl 1 maret...

2 mggu pasca benturan itu saya sempat merasakan telinga saya berdengung dan pandangan agak buram, dan kepala saya bputar2 lg...saya sudah melakukan CT-scan dan hasilny tdak ap2..kata dokter ahli saraf, ini krena saraf kseimbanagn tganggu..trus saya dikasi obat dan memang rsa pusing itu berkurang bahkan saya sudh mrasa sembuh...
tp kmrn pagi pas saya bgun tidur dan berbalik posisi, pndangan saya kmbali bputar dan saya mrasa mual...pagi ini juga demikian...
mngapa gejala vertigo posisional itu bisa muncul lagi ya dok??? apakah gejalanya akan benar2 hilang atau berlanjut terus???

terima kasih sebelumnya dok....




Selasa, 06-04-2010 22:23:14 oleh: Leonardo Paskah S

vertigo pasca trauma kepala semacam itu seringkali bersifat kronis residif, artinya sering kambuh-kambuhan. Penyebabnya bisa jadi ada kerusakan dari bulu-bulu saraf di telinga dalam karena efek benturan lalu. Perlu dihindari beberapa hal agar vertigo tak berulang; cukup tidur, jangan berbaring miring pada sisi kepala yang terbentur, tidur terlentang lebih baik, hindari perubahan posisi kepala yang mendadak, hindari ketegangan-stress berlebih, hindari kopi.

Jika Anda masih concern about gejalanya dan hendak dituntaskan lebih jauh, cobalah melakukan beberapa tes keseimbangan dan nystagmometri di bagian neuro-otologi RSCM Jakarta (bagian sub spesialisasi THT yang mempelajari khusus urusan persyarafan telinga )

salam




Senin, 12-04-2010 22:34:36 oleh: enny

halo dok..

anak saya umur 3 tahun, seminggu yg lalu mengalami kecelakaan, di dahi sebelah kanan di atas mata mengalami memar/benjolan sebesar telur. sempat dirawat di RS. kemudian saya oleskan trombhopop. Setelah kejadian tersebut, anak saya sering marah2, mengamuk. DOk, benarkah kata teman2 saya, bila anak terbentur di kepala bisa mengalami perubahan perilaku ?, dan ada juga yg mengatakan kalau bisa terjadi penurunan prestasi disekolah? ada juga yg bilang kalau tekstur kepala anak2 masih elastis, sehingga jika terjadi benturan, bisa cepat sembuh dan kembali seperti semula. Mohon penjelasan nya dok, karena sebagai ibu saya sangat khawatir, mungkin itu juga yg dirasakan oleh ibu2 lainnya. sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.




Kamis, 22-04-2010 07:37:41 oleh: Leonardo Paskah S

Ibu Enny,
benturan pada kepala bisa saja berakibat seperti yang Anda sebutkan diatas tsb apabila termasuk cedera kepala berat (dokter yang akan menganalisis derajad tsb). Bukan ukuran benjolan yang kasat mata yang menentukan derajad luka kepala, melainkan tingkat kerusakan otak atau perdarahan di dalam kepala yang penting.
Jadi tidak perlu ditakutkan dulu, tidak semua benturan pada kepala akan berakibat gangguan memori amupun perubahan perilaku pada anak, mungkin anak Anda saat ini masih sensitif karena kepalanya masih sakit dan tidurnya kurang nyenyak, jadi itu masih wajar-wajar saja.




Sabtu, 01-05-2010 22:50:30 oleh: aisyah hasanah

Dokter, bayi saya 6 bulan terjatuh dr tempat tidur (4 hari yg lalu)..langsung menangis... dan saya bawa ke dokter anak dan di ct scan.... dr hasil ct scan terdapat benjolan di kepala bagian kanan tetapi diluar otak... hingga saat ini dibagian kepala anak saya masih lembek... akhirnya anak saya bawa konsultasi ke dokter saraf,dan diberikan obat racikan dan sirup mersitropil saya masih memberikan tromphop di kepalanya... apakah akan ada efeknya pd pertumbuhan anak saya nantinya dok?? dan apakah kepala anak saya akan kembali keras seperti dulu??/ dan apakah bagian yg lunak krn terjatuh akan kembali normal dok??? terima kasih




Kamis, 06-05-2010 12:52:10 oleh: erik suciyadi

dokter saya mau nanya masalah mata anak saya yang kena lemparan batu temannya, disebelah mata kanan yang kena lemparan membengkak dan disertai kayak darah beku di sudut kanan dalam matanya,tapi untungnya tidak kena kornea matanya dok, apa berbahayakah itu dok. dan saya tolong dikasih tau solusi terbaiknya dokter. terima kasih



Kamis, 06-05-2010 13:59:41 oleh: Leonardo Paskah S

Ibu Aisyah,
berdasarkan keterangan ibu, agaknya ada bekuan darah di bawah kulit kepala anak ibu, dan umumnya tidak berbahaya dan akan diserap sempurna dalam waktu bbrp minggu sehingga akan benjolan hilang sempurna dan tak beraikat gangguan kecerdasan.

sdr.erik
mungkin itu perdarahan di bawah selaput bola mata dan jika demikian umumnya tidak berbahaya dan akan diserap sempurna dalam bbrp minggu.
Namun jika Anda merasa penglihatan si kecil berkurang, segera ke dokter mata, nanti bisa dilihat dengan lensa bagian dalam mata untuk diketahui apakah ada kerusakan struktural di dalmnya.




Jumat, 14-05-2010 22:38:51 oleh: ninin endang

Halo dok,
Rabu 12-5-10 keponakan saya berumur 11 th kecelakaan lalu lintas. Bahu kiri patah, dan yg menjadi permasalahan serius mata kirinya tdk bs melihat. Stelah dicek dokter jawabannya kurang memuaskan dan sedikit membuat kami tidak enak mendengarnya. Karena kata beliau harapannya tipis utk bs melihat kembali. Rencananya klo sdh diperbolehkan keluar RS, kami rencananya akan membawa dia ke RS DR YAP. Oh ya, kami sekarang posisi di semarang. Klo menurut dr bgmn, sebaiknya apa yg harus kami lakukan? Sebenarnya kami jg tdk mau menduga-duga, tp menurut dr apakah msh ada harapan? Atau mungkin ada terapi2 yg bs dilakukan. Sebelumnya trima kasih, dan sy mohon sarannya.




Jumat, 14-05-2010 23:48:00 oleh: leonardo paskah s

sdr.ninin endang,
tentunya saat ini yg menjadi kegawatdaruratan adalah upaya menyelamatkan penglihatan putera Anda. Saya tidak bisa blg masih ada harapan atau tidak,krn saya tidak tahu persis krusakan apa yg terjadi pada mata putera Anda. Namun saya kira,Anda perlu membawa berobat secara maksimal untuk mata putera Anda saat ini mengingat kejadiannya relatif baru terjadi shg upaya repair umumnya masih lebih besar keberhasilannya.

Salam




Sabtu, 15-05-2010 06:42:34 oleh: ninin endang

ok dok, secepatnya akan sy bawa ke rs dr yap utk pemeriksaan lebih lanjut. Apakah Dr punya rekomendasi lain, sedangkan sy posisi di semarang. Jd menurut sy itu yg paling dekat. Sebelumnya Trim atas saran2nya. Nanti sy kabarkan perkembangannya ya dok...



Minggu, 16-05-2010 19:00:42 oleh: leonardo paskah s

sdr.ninin,terus terang saya krg paham lokasi di semarang krn memang tak pernah praktek disana,namun saya kira dr.yap memang cukup terkenal untuk servis kesehatan mata di daerah jawa tgh dan jogja shg boleh dicoba kesana dulu..



Sabtu, 22-05-2010 09:01:16 oleh: Vina Butarbutar

Halo dok,

saya membaca semua kasus benturan di halaman ini dan cukup membantu saya. Kebetulan saya mengalami benturan di kepala kemarin, 21 Mei 2010. Setelah saya baca komen-komen dokter sepertinya sih masih simple head injury.

Ceritanya saya lagi nunggu angkot di trotoar. saya berdiri sekitar 30 menitan, terkdang duduk 5 mnt. Btw, saat ini saya lagi hamil 11 minggu dan dari selasa 18 mei mngalami flu dan batuk dan belum sembuh. Stlah menunggu sekitar 30 mnitan, tiba-tiba pening sekali. hal terkahir yg saya ingat saya mual dan bermaksud duduk supaya ga jatuh. Dan tiba-tiba, badan saya sudah terbaring di trotoar, tengkurap, kedua telapak tangan saya berada disamping kepala. bagian wajah dan kepala sebelah kiri melekat di trotoar.

Setelah sadar, orang-orang di sekitar mengatakan saya sudah 10 menitan terbaring disana. Dan disekitar saya ada muntahan saya. Kemudian setelahnya, di perjalanan pulang dn di rumah saya masih muntah 2 kali.

Lutut sebelah kiri, telapak tangan, dagu kiri, tulang pipi sebelah kiri, dan kulit kepala samping kiri luka, nyeri dan bengkak. Setelah malam, saya mulai merasakan sakit di seluruh kepala dan pagi ini masih sedikit pening. Dokter kandungan saya bilang tidak apa-apa, masih trauma benturan dan harus lebih banyak minum yg manis dan makan.

Pertanyaan :
1. Benarkah ini masih termasuk luka ringan? apa yg harus saya lakukan mengingat saya juga sedang hamil?
2. Selasa 25 Mei 2010 saya akan melakukan perjalan panjang ke jawa dan sumatra, apakah aman?

thanks dok




Senin, 24-05-2010 10:06:00 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Vina,
tentunya agak sulit menilai pasti apakah kasus Anda ini ringan saja atau tidak karena saya tidak memeriksa, namun melihat dari penuturan Anda dan progressnya, saya kira memang itu merupakan simple head injury.
Mengenai bepergian ke luar kota, tentunya harus melihat kondisi paling tidak hari ini dulu, jika keadaan sudah stabil, kepala tidak sakit, dan muntah lagi, saya rasa bisa dicoba. Namun jika Anda merasa kurang vit, dan masih pusing, lebih pusing, lebih baik ditunda dulu




Rabu, 26-05-2010 05:42:08 oleh: wiwin

pagi dok,saya mao nanya,saya sring bnget mengalami sakit kepala yg sampe nyerang ke otak belakang sbelah kiri,tpi memang sich dlu sya pernah jatuh dri motor di jlan tanjakan gtu n kpala sya ada kebentur batu,yg sya mao tanya apakah skit kpla sya ini ada hubunganny dngan jatuhny saya dlu itu dok?tpi tengkorak2 kpala sya pun skit klo sya lgi sisiran ato klo kpla lgi kumat skitny kesentuh aja tengkorak kpla sya skit?gimana y dok cra mengatasi skit kpla sya ini?terima ksih atas saranny



Minggu, 30-05-2010 13:14:00 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Wiwin, sakit kepala Anda jika memang sudah sering kambuh dan kronik(menahun) sebaiknya ditelaah lebih lanjut, apalagi Anda pernagh riwayat terbentur keras pada bagian kepala. Sakit kepala itu bisa ditimbulkan oleh mermacam penyebab, sakit kepala Anda bisa jadi berkaitan dengan efek benturan yang dulu atau pun tidak terkait. Untuk lebih baiknya pemeriksaan pencitraan kepala dianjurkan (CT scan atau MRI kepala)



Senin, 31-05-2010 11:29:41 oleh: rici rahmadena

pagi pak dokter,aq rici
thun lalu aq mengalami kecelakan mengalami kecelakan yg menyebabkan geger n pendarahan di otak, setelh bbrp bln ini aku msh sering sakit kpl yg disertai ingin munth,pak, apa obat yang cocok wt sakit ku ini,krn kmrin ini sudah pernah dikasih obat penahan rasa sakit, cuma efek samping ny membuat aku jadi tidur seharian...
terima kasih banyak ya pak wat jawaban nya




Selasa, 01-06-2010 21:07:34 oleh: nurwidianto

mlem dok'''ak wydy dok 3minggu yg lalu ak sempat kecelakaan n kpalaku sempa terbentur aspal.stelah itu ak dirawat di rs slama 4hri.disitu ak se4mpat dirongsen tulang punggung ku n ternyata g ditemukan hal2 yg membahayakan.selama di rs ak sering mengalami pusing pdhal ak g mual ,g keluar darah dari hidungku jg tdak pinsan saat kecelakaan.nah yg ingin ak tanyakan apakah ak mengalami pendarahan di otak krena selang 1minggu dri rs ak msih mrasakan pusing di kepala??thanks sbelumnya



Rabu, 02-06-2010 08:52:34 oleh: cinta

met pagi dok?
nma q cinta usia q 20 tahun,
skitar 1 tahun lalu q mengalami benturan di kepala bagian belakang ,sehingga membuat muntah bercampur darah,setelah di sken dokter bilang sich q pendarahan di kepala bagian belakang,dokter bilang jga sich gak perlu oprasi buat ngeluarin darah itu,dia bilang cukup dengan obat saja,,,
tapi setelah kejadian itu kanapa terkadang tiba2 q suka mengalami pusing berat,,,
q takut kalau masih ada efek samping dari peritiwa itu ????
mohon penjelasanya???
sebelumnya trims.




Kamis, 03-06-2010 19:02:34 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.rici,
perbaiki pola tidur Anda agar teratur, dan apabila sakit kepala kambuh, boleh minum obat seperti parasetamol atau ponstan sebagai lini pertama (tidak mengantuk). Ada baiknya Anda konsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, atau suplemen antioksidan

sdr.nurwi dan cinta, pusing pasca trauma kepala memang sering menjadi komplikasi, bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun kemudian. Jika sakit kepala masih sering kambuh, baiknya Anda kembali berkonsultasi ke dokter saraf yang memeriksa Anda sebagai follow up. bagi sdr.nurwi,untuk melihat adanya perdarahan, tentunya hanya dari imaging kepala yang menjawabnya, antara lain dari CT-Scan.







Sabtu, 05-06-2010 09:34:08 oleh: tarmizi

selamat pagi dok,

semoga dokter selalu sehat dalam menjalankan tugas mulia sehari2 amin...
dok saya mau tanya... anak saya pernah beberapa kali jatuh kelantai baik dalam keadaan miring maupun terlentang, tetapi yang kena benturan selalu bagian kepala.. tetapi sampai saat ini memang tidak terjadi kelainan apa2 maupun penurunan aktivitasnya.. anak selalu aktif..anak saya berumur 13 bulan.
yang ingin saya tanyakan apa benar bagian tempurung kepala anak balita terbukti lebih tebal dan keras daripada tempurung orang dewasa, dan apakah sudah ada penelitian kesitu...
terima kasih sebelumnya dok..




Minggu, 06-06-2010 20:41:52 oleh: wijaya

Selamat Malam Dok,

Dok, selasa kemaren tanggal 1 juni 2010, saya terjadi kecelakaan motor, dan saya di bawa ke UGD, saya mengalami luka di bagian alis mata dan dijahit dan juga mengalami benturan lumayan keras di kepala yaitu di bagian depan kepala diatas alis sebelah kanan.

saya tidak mengalami pingsan dan muntah setelah kecelakaan tersebut, tp saya sempat pusing sekitar 1-2 menit waktu bangun dari kecelakaan/jatuh, berhubungan saya tidak pingsan dan muntah, dokter tidak sarankan CT Scan, namun stelah 2-3 hari, saya terasa sakit di bagian kepala sblh kanan, daerah tersebut dkt dengan daerah benturan saya.

Saya sangat kuatir akan kondisi saya, krn kepala saya kadang sakit dan kadang tidak terasa sakit, bergantian, tp lebih sering terasa sakit nya, Waktu saya kontrol luka jahit saya ke Dok UGD saya sempat memberitahu, tapi kata dokter kalo sekarang CT Scan ga ada guna nya juga, dan saya di beri obat sakit kepala, namun stlah saya minum tidak menunjukin perkembangan yg membaik.

Di sini saya ingin meminta saran dokter, apakah saya sebaik nya melakukan CT Scan, MRI, atau saya konsultasi ke dokter specialis saraf? Terima Kasih, mohon bantuan nya.




Jumat, 25-06-2010 08:50:20 oleh: Aprilia Nur Fitrianti

selamat pagi dokter leo.
perkenalkan nama saya april usia saya 18 tahun. tanggal 23 juni 2010 yang lalu saya tertabrak motor di daerah depok ketika hendak meyebrang jalan. kepala saya terbentur aspal seingat saya tidak terlalu keras, kaki saya terkilir, lutut kanan saya luka karena tergesek aspal. Pada saat kejadian saya tidak terlalu ingat dengan baik apa yang terjadi pada saya karena memori saya seperti melompat-lompat dari kejadian yang satu ke kejadian yang lain. setalah saya dibawa duduk dipinggir jalan oleh seorang bapak2 yang menolong saya tiba2 pandangan saya jadi aga gelap dan saya sempat mual 1 atau 2 menit namun rasa mual itu tiba2 hilang namun pusing dikepala saya tetap ada. Saya lalu dibawa ke klink terdekat namun pada saat itu dokter belum datang, sambil menunggu dokter,seseorang mungkin suster membeberikan saya teh manis hangat yang sebelumnya telah di pesan oleh orang yang menabrak saya. rasa pusing itu berangsur-angsur mulai hilang. berhubung dokter tidak datang2 saya berinisiatif pergi ke klinik di kampus saya di UI, lalu dokter disana menyarankan saya untuk CT scan cranium dan rontgen ankle join dextra, hanya saja setelah saya tiba di rumah saya sudah bisa beraktivitas normal tanpa merasa pusing ataupun mual walupun pergelangan kaki saya bengkak cukup besar dan luka di lutut tambah sakit. maka,orang tua saya memutuskan tidak perlu CT scan toh saya sudah merasa baikan. tapi sejak kemarin dan pagi ini kepala saya mulai pusing ringan dan terkadang rasa mual itu muncul sebenatar. Saya jadi merasa takut dok. apakah saya harus melakukan CT scan seperti yang disarankan dokter kampus saya dok?
terima kasih sebelumnya,dan mohon bantuannya.




Selasa, 29-06-2010 11:21:21 oleh: ivanita

selamat siang Dokter Leo.
3 bulan yang lalu anak saya pernah jatuh dari belakang kursi yang tingginya kurang lebih 1 m, saat ini umurnya 1 tahun 5 bulan jadi sudah pintar manjat-manjat.Saat jatuh dia langsung nangis dan tidak muntah ataupun panas. Saya takut sekali terjadi kerusakan pada jaringan otaknya ataupun tengkorak kepalanya, dan saya takut sekali efeknya jika ia besar nanti.Dokter apa yang saya harus lakukan sekarang apakah anak saya harus CT scan.Terimakasih saya ingin jawaban dari dokter.




Kamis, 01-07-2010 14:48:16 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Tarmizi, anak Anda sering jatuh. Perlu diawasi apakah memang terjatuh saat bermain, atau ada gangguan bawaan pada otot penyokong tubuhnya. Tempurung kepala anak justru sebaliknya lebih 'rapuh' dan belum terbentuk sempurna, tapi tempurung yang susunannya bersambung-sambung tersebut masih belum sempuran tertutup hingga menjelang usia 2 tahun.

Sdr.Wijaya, sakit kepala atau pusing memang sering menyertai pasca trauma di kepala hingga 1-2 minggu pasca kejadian. Jika bekas luka dan lokasi benturan Anda serta penglihatan mata kanan Anda baik, saya kira penelusuran lanjut dengan CTscan atau MRI kurang beralasan. Ada baiknya minum obat pereda nyeri dulu jika diperlukan, jika tak kunjung sembuh silahkan ke dokter saraf.

Sdr.Aprilia, saya setuju untuk CT scan seperti yang telah dianjurkan si dokter kepada Anda jika pusing Anda tak kunjung hilang mengingat Anda sempat mengalami hilang kesadaran sebentar disertai amnesia ringan. Kemungkinan hasil CT scan hanya minimal saja menunjukkan kelainan, tapi penting untuk menyingkirkan adanya problem yang lebih serius.

sdr.ivanita, respon anak itu sangat natural terhadap kelainan yang ada di tubuhnya, termasuk juga bila ada sesuatu kerusakan pasca benturan kepala tersebut. Jadi ibu bisa pantau apakah dia semakin rewel atau lemas (tertidur terus)-nafsu makan kurang-minum kurang-aktivitas kurang minat, pasca benturan tersebut. Jika semuanya masih oke, tentunya tak perlu CT scan mengingat CT scan akan memberikan radiasi bagi sistem saraf anak ibu.

salam




Sabtu, 03-07-2010 20:40:45 oleh: didik s

adk symengalami kecelakaan 2 hari yang lalu, tapi sampai sekarang masih belum sadar. kata dokter dia mengalami pembengkakan otak, setelah di Ct-scan. adik say dirawat di RSUP Adan Malik Medan.
kira-kira itu berbahaya gak ya Dok?
gimana caranya supaya adik saya bisa cepat sadar Dok?
mohon bantuannya.......




Selasa, 13-07-2010 15:28:07 oleh: santi

Dokter, ada yang mo ditanyakan. barusan td pagi sya kejatuh dari sepeda motor. Boncengan ma temen. kepala bagian belakang kebentur keras di atas aspas karena jatuhnya terlentang. udah dibawa ke dokter, dan dikasih obat asam mefanamat (dari info yg sy dapt di internet katany ini obat anti nyeri) , berlosid a. hydroxide-dimethicone Mg. hydroxide (penetral asam mefanamat kali), farmabion (kyaknya ini obat penambah darah ya seperti sangobion), ETA, OFC (dua terakhir ini saya gak bisa menebak fungsinya). trus saya jg disuntik tetanus, yang katanya dokter nya untuk pencegahan karena ada luka ditangan saya. Apa obat di atas udah tepat gak ya?
Trus jg timbul masalh di rahang saya. saya jadi kesulitan untuk mengunyah. jd sekarg terpaksa makan bubur. Gimana hubungan antara benturan di kepala belakang saya dengan masalh dirahang ?
trims sebelumnya. mohon bales di e-mail yang dok




Rabu, 14-07-2010 15:47:36 oleh: Dinda

Dok..4hr lalu aku tabrakan krn mbl depan ngerem mendadak,ahrnya kepala aku jatoh ke aspal..sempet pingsan jg.sampai skg sktnya sk dtg tb2 gt...kr2 knp ya dok?




Rabu, 14-07-2010 22:31:35 oleh: Hanny jacobus

hallo dokter..
Saya pria usia 32 thn, sebulan yg lalu saya mengalami kecelakaan sepeda motor(waktu kecelakaan helm saya tidak lepas),kepala saya mengalami benturan dan mengalami robek di bagian kiri depan (robek karena pinggiran helm ),saya tidak muntah,tetapi saya pingsan selama 10 menit. kata dokter jaga di UGD tidak apa2 tidak perlu di scan..
Dan sampai sekarang saya sering mengalami sakit kepala. dan sering pusing apabila saya akan tidur pada posisi miring kanan (kalau miring kiri tdk pusing) atau bangun tidur, dan menghadap ke atas atau bawah.
Gimana dok apa saya harus di scan? karena banyak yg bilang kalo kepala di scan utk yg parah aja,kalo yg tidak parah nanti adah efek sampingnya..
Ok dokter terima kasih sebelum nya atas bantuannya..
karena saya akan lebih stres karena banyak yg kasi saran ini-itulah...yg membuat saya lebih bingung...




Kamis, 15-07-2010 20:13:58 oleh: dyah rahayu

mlm dok... saya ayu ada yang saya mao tayakan dibelakang telinga kiri saya ada benjolan tepat nya pas tulang rasanya sakit sekali kapala pusing dan telinga juga terasa sakit saya sudah berobat ke dokter umum tetapi katanya tidak apa-apa,
tapi saya takut itu tumor,dok apakah itu berbahaya atau tidak.
apakah saya harus ronsen atau tidak
apakah yang harus saya lakukan dok saya bingung.
terima kasih dok sebelumnya atas bantuannya mohon dibalas email dok.




Kamis, 15-07-2010 21:30:29 oleh: anne

Pa Dokter,
Terima kasih artikelnya berguna sekali. Saya seorang ibu yang lagi was2 sekali karena anak saya jatuh. Anak saya usia hampir 7.5 bulan, lagi aktif2nya sekarang. Dia sudah dari 2 minggu yang lalu sudah bisa berdiri sendiri jika pegangan ke meja atau jika berdiri di box nya. Sekarang lagi senang2nya belajar jalan mengelilingin meja tamu. Kemarin dia terjatuh, karena salah gerak ketika akan melangkah :( padahal nanny nya ada di sebelah nya, cuman aja kalah cepat jadi lah anak saya jatuh ke samping. Kepala samping kiri membentur lantai berkarpet.
Setelah terbentur dia langsung nangis kira2 1 - 2 menit, setelah itu aktif lagi seperti biasanya. Tapi terlihat di kepalanya ada benjolan dan merah. Saya langsung ambil kain dan es batu untuk di balutkan ke tempat yang benjol itu. Setelah sekitar 20 menit, saya oleskan salep penghilang lebam2. Sampai saat ini total saya telah mengoleskan 4x salep tersebut di kepalanya.
Yang saya ingin tanyakan, benjolan di kepalanya masih terlihat, tapi kenapa warnanya tidak merah atau biru. Apakah ini normal? Sepengetahuan saya, jika terbentur, bagian tubuh yg terkena akan berubah warna dari merah jadi biru (karena adanya pendarahan di bawah kulit). Tapi kenapa hal ini tidak terlihat di kepala anak saya. Apakah saya perlu khawatir? Terima kasih dokter sebelumnya.




Kamis, 15-07-2010 23:39:18 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Didik, kemungkinan adik Anda mengalami gegar otak paling tidak. Pembengkakan otak akan memerlukan waktu untuk pulih sehingga seiring dengan itu kesadaran akan kembali membaik.

sdr. Santi, tentunya yg lebih tau kondisi Amda adalah dokter yang memeriksa Anda, jika memang cedera Anda simple saja maka saya kira obat-obat tadi sudah cukup. Jika yang terbentur bagian blkg kepala, saya rasa tak ada terkait dengan gangguan fungsi rahang.

Sdr.Dinda dan Hanny, sakit kepala dan pusing memang sering menjadi ikutan susulan yang mengganggu dalam bbrp waktu pasca benturan kepala. Banyak istirahat dulu juga ya, minum obat jika memang membutuhkan. Umumnya jika tidak ada gangguan saraf yang berarti misalnya kelumpuhan, vertigo dsb, scanning untuk cedera kepala simple tak diperlukan.

Sdr.Dyah, saya anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter THT terlebih dahulu krn terdapat nyeri di telinga yah..sulit memperkirakan kelainan Anda dari korespondensi ini semata

sdr.Ane, jika Anda perhatikan aktivitas-makan-minum anak Ibu masih baik, umumnya cedera kepala tadi hanya di bagian luar saja (dibawah kulit saja, ga sampai otak). Benjolan itu memang bekuan darah, namun butuh waktu untuk pemulihan (penyerapannya) yang ditandai dengan perubahan warna dari merah-ungu-biru-hijau-kuning. Perubahan membutuhkan waktu hampir semingguan, dan tuntas dalam 2 minggu paling tidak bagi orang dewasa.Pada anak, bisa jadi lebih lama karena kemampuan penyerapan jaringannya belum sempurna. Jadi tak perlu panik, jika benjolan sudah lebih dari 24 jam pasca trauma, ganti kompres ke kompres hangat. Tak perlu dioleskan obat semacam trombophob, karena kulit bayi masih tipis.

Salam







Senin, 19-07-2010 15:52:58 oleh: Aji Ahmad

salam.....
Aku aji, aku mau tanya dok; Istriku dulu sblm menikah sering mengalami stres karena masalah keluarga dll. ketika pikiran itu datang, dia suka membentur benturkan bagian belakang kepalanya ke tembok. skarang setelah beberapa tahun berselang, dia suka merasakan sakit kepala yg sangat sakit rasanya, katanya kepala seperti mau pecah. kira2 menurut dokter itu gejala apa ya? terus terang karena terbentur biaya istri saya blm pernah d CT-Scan ataupun yg semacamnya. terima kasih atas jawabannya.
Mazajie_azzilvy@yahoo.co.id




Kamis, 22-07-2010 19:59:25 oleh: leonardo paskah s

sdr.aji
kebiasaan mbentur2kan kepala bisa menyebabkan perdarahan kecil2 yang menahun di kepala,shg jk kebiasaan tersebut masih blanjut hingga skrg,ct scan dianjurkan untuk menyingkirkab kmgknan itu. Selain itu,sakit kepala macam demikian dpt jg disebabkan faktor lainnya dari sekedar cetusan stress psikis tak terkontrol hingga adanya massa (tumor) di otak.pemeriksaan neurologis lebih lanjut diperlukan untuk menyingkirkan penyebab penyakit organik struktural,jk memang tidak ditemukan apa2,faktor psikisnya yg diperlukan untuk distabilkan.
Salam




Kamis, 22-07-2010 22:36:10 oleh: isty

hallo dokter,
dok, sy pnya pcr setiap kita bertengkar selalu dy membenturkan kepala bagian depan,shingga menyebabkan benjol di kepala bagian depan,,
jk terus itu dilakukan apa akibatnya..
apa harus CT scan?
trima kasih




Sabtu, 24-07-2010 08:14:24 oleh: syafria desnova

hallo dokter,..
dua hari yang lalu adik saya mengalami kecelakaan motor, pada awal terjadi dia mengalami muntah darah dan pendarahan ditelinga. trus dibawah matanya terjadi luka yang lebar.setelah di ct scan dokter bilang ada pendarahan diotak dan harus dioperasi. tp orang tua saya tidak setuju. dan sampai sekarang darah masih terus mengalir dari hidung dan telinga. menurut dokter klu tidak dioperasi apa akibatnya nanti, dan bagaimana fase perkembangan kedeapannya..
terima kasih




Sabtu, 24-07-2010 12:05:50 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.isty,
benturan berulang pada kepala tersebut takutnya berujung pada terbentuknya gumpalan darah di dalam otak. Selama tidak terdapat gejala lainnya, CT scan tidak wajib dilakukan.

sdr.syafria,
kemungkinannya pada kasus adik Anda terjadi patah tulang di bagian dasar tengkoraknya sehingga hal itu yang membuat cairan rembesan bercampur darah terus mengalir dari telinga dan hidung. Tentunya sebainya operasi dilakukan sesuai dengan gangguan yang ada. Ditakutkan komplikasi bekuan darah yang bertambah banyak bisa mengganggu fungsi otak atau kesadara, selain itu lokasi patahan dan lukanya bisa menimbulkan pintu masuk bagi kuman untuk menginfeksi bagian kepala. Komplikasi lainnya bisa menimbulkan sakit kepala menahun dan kejang di kemudian hari, tergantung dari lokasi dan jenis cederanya. Silahkan kembali ke dokter Anda kembali untuk penilaian dan terapi lanjut




Sabtu, 24-07-2010 12:40:32 oleh: nur astri oktavia

salam kenal
nama saya astri saya mempunyai anak perempuan berumur 3 thn .. beberapa minggu kmrn bs dikatakan 3 minggu yg lalu ank sy jatuh dr ank tangga sekitar 2 ank tangga dan terkena ujung lantai dr tangga itu, tdk berdarah namun bengkak di pelipis mata sebelah kanan,oleh sy langsung dioleskna pake trombopop dan bengkaknya hilang dlm waktu seminggu namun sampe sekarang msh berbekas setiap sy tanyakan ke anknya sakit tdk ? dia jwb tidak.. kira2 efek yg timbul bs keliatan ga yh dok ? ada gejala apa yh ? klo sy perhatikan sih setiap harinya dia beraktivitas biasa saja..lalu dok brp hr kemarin ank sy lagi main dipekarangan lalu pulang2 dia menangis kejar dan dilehernya bercucuran darah setelah saya periksa ternyata di kepala bagian kanan belakang ada luka sampe terus2an mengeluarkan darah ( bocor ) sy tanya sm temannya ktnya dia mau melempar batu ketemannya tapi kena kepalanya sendiri .. sy pun ga ambil pusing dgn pernyataan tmnnya .. langsung sy pun mengompres bagian luka dengan air es ( es batu ) setelah darahnya berhenti sy langsung ksh alkohol dan betadine..itu gimana dok,apa perlu sy bw ke dokter anknya sih rewel ga cmn sy takutnya khawatir ada efek ? kira2 bs menimbulkan apa yh dok efeknya ? kalo pun iya gejalanya seperti apa .. yg sy khawatirkan dlm sebulan ini dia selalu ada mslh atau luka psti di kepala dok ? sy mohon bantuan nya dokter..sebelumnya sy ucapka terimaksih ..




Sabtu, 24-07-2010 12:49:20 oleh: nur astri oktavia

salam kenal
nama saya astri saya mempunyai anak perempuan berumur 3 thn .. beberapa minggu kmrn bs dikatakan 3 minggu yg lalu ank sy jatuh dr ank tangga sekitar 2 ank tangga dan terkena ujung lantai dr tangga itu, tdk berdarah namun bengkak di pelipis mata sebelah kanan,oleh sy langsung dioleskna pake trombopop dan bengkaknya hilang dlm waktu seminggu, namun sampe sekarang msh berbekas setiap, sy tanyakan ke anknya sakit tdk ? dia jwb tidak.. kira2 ada efeknya ga yh dok ? dan gejala2nya spt apa ? klo sy perhatikan sih setiap harinya dia beraktivitas biasa saja..lalu dok bbrp hr yg lalu ank sy lagi main dipekarangan lalu pulang2 dia menangis kejar dan dilehernya bercucuran darah setelah saya periksa ternyata di kepala kanan belakang ada luka sampe terus2an mengeluarkan darah ( bocor ) sy tanya sm temannya ktnya dia mau melempar batu ketemannya tapi kena kepalanya sendiri .. sy pun ga ambil pusing dgn pernyataan tmnnya .. langsung sy pun mengompres bagian luka dengan air es ( es batu ) setelah darahnya berhenti sy langsung ksh alkohol dan betadine..itu gimana yh dok? apa perlu sy bw ke dokter? anknya sih rewel ga cmn sy takutnya khawatir ada efek ? kira2 bs menimbulkan apa yh dok efeknya ? kalo pun iya gejalanya seperti apa .. yg sy khawatirkan dlm sebulan ini dia selalu ada mslh atau luka psti di kepala dok ? sy mohon bantuan nya dokter..sebelumnya sy ucapkan terimaksih ..




Minggu, 25-07-2010 16:18:45 oleh: abdullah rasya

salm kenal

nama saya abdullah rasya,33thn,pada selasa kemarin saya mengalami kecelakaan motor,saya mengalami benturan keras pada kepala(saya pakai helm) hingga pingsan sekitar 20 mnt,dan sekarang penglihatan saya menjadi buram,dan mata cepat lelah,saya mau tanya pak dokter,apa yang harus saya lakukan,padahal saya udah berobat kedokter,tapi cuma di kasih obt saja,apa mata saya bisa sembuh seperti semula dokter?atas jawabannya saya ucapkan terima kasih




Selasa, 31-08-2010 12:41:03 oleh: ika dahlia

asalamualikum,,,,dok
dok sya mau tanya anak saya usia 3 1/2tahun,,sering kali mengalami jatuh pada bagian jidadnya(benjol)dikarenakan anak saya memang sangat aktif.yang saya mau tanyakan apakah bahaya dok klo sering bejol????kadang kalau luka bekas benjol sudah sembuh lalu terjatuh dibekas benjolan itu lagi bahaya ga yah dok,,,,apa yang harus saya lakukan.trims




Minggu, 24-04-2011 03:26:07 oleh: kijo afandi

salam kenal buat semua yang telah memberi komentar pertayaan sama dokter,selamat pgi pak dokter...?saya sangat senang karena dokter adalah orang yang perhatian terhadap semua orang...ini dokter saya ada mau tanyakan mengenai cucu saya yang pertama lahir pada tgl 19 april 2011 kemarin saya sangat cemas karna pada saat lahir ada benjolan di bagian kepala samping kanan & kiri jga atas,menurut dokter ada masalah kalau tdak cepat dilakukan operasi,&saat ini masih dalam perawatan dokter kira2 bagimana menurut dokter beresiko tidak dokter untuk cucu saya ini..?mohan batuanya dari dokter,tks salam saya,
kel kijo afandi,kalimantan timu ( tarakan ).




Selasa, 17-05-2011 20:59:16 oleh: Dwi Rahayu

dok saya mau tanya,,pda usia 19thn,kpla sya terbentur laci lemari bawah dri tmpat sya duduk (sktr ketinggian 60 cm)..pda waktu tu saya sepertinya pingsan sebab sya tdk ingat,tiba2 sdh berad ditempat tidur.Ketika saya bangun,penglihatan menjadi hitam (sktar bbrpa menit,alhamdulillah normal kembali),kemudian disertai muntah keluar cairan putih.kmudian sya merasa pusing sekali,hingga ad benjolan di wajah sya.pada waktu tu sya tdk berpkir macam2,diperiksa ke dokter sewajrnya sja,dan dokter blng tdk ad ap2..tpi semenjak dri situ ingatan sya aga berkurang dlm mengingat sesuatu,konsentrasi aga menurun,dan sekrg (usia sya sdh brnjak 23 thn) suka pusing jika mngerjkan tgs2 yg berat (merasa senut2 di bgian yg jatuh dikpla tu)..yg mau sya tnykan,haruskah sya diperiksa CT-Scan?apakah ad pengaruhnya antra kpla yg terbentur tu dengan dya ingtan+konsentrasi yg berkurang?adakah solusi pemyembuhannya dok?terima kasih..



Kamis, 11-08-2011 10:30:13 oleh: Adel Gita

Dok , Saya mau bertanya..!!

Wktu itu saya terbentur dengan lantai keras sekali tapi sesudahnya biasa saja...
trus sekitar bulan juni saya terbentur lagi kepalanya dan itu pun hanya terasa sebentar.. Lalu seperti biasa lagi tetapi dok saya terbentur lagi kepalanya bulan ini dan sangat terasa sangat sakit dan pusing... ada 5 menitan saya tidak terlalu ingat dengan kehidupan saya dan serasa saya itu seperti ada dalam mimpi gitu dok,

dan setiap saya terbentur saya selalu mengompresnya dengan es batu, dan tidak pernah di periksa ke dokter ?

Yang selalu saya rasakan hanya rasa sakit dan sesudah terbentur saya tidak pernah pingsan ,

jadi saya sudah jatuh terbentur lantai sudah 3x , Saya baru berumur 14 thn sangat berbahaya tidak untuk perkembangan otak saya ?

jadi bagaimana dok ??




Kamis, 15-09-2011 00:54:39 oleh: yemmi

salam dok,
Bayiku skrg 8 bln lebih jatuh dr spring bed, terlentang di ketingian -/+80 cm kepala belakang benjol, bayiku baik aja. Tapi benjolannya uda 2minggu ga hilang2, tidak biru atau merah. Apakah baik2 aja? Apakah boleh pake minyak tawon, ato beras kencur buat kempesin? Apakah bs hilang? Saya sangat khawatir sampe kepikirn terus. Makasih dok atas jawaban nya.




Senin, 26-09-2011 19:28:29 oleh: muci

dok saya mau nanya, ini cerita dari tmen.
dulu dia prnah kena benturan di pelipis kanan katanya keras bgt tp dy g ngalamin efek ap2. pas pulang dan waktu dia mandi tau2 dia jatoh dan dia sadar besoknya udh drmh sakit. sejak saat itu dia selalu merasa sakit yg ktanya amat sangat dan hampir tiap malam. kadngg dy jga suka mimisan. kalo kata dy bangun tdur bantalnya basah gra2 dy mimisan. kta ct scannya g da mslh tp te2p aja dy kyk gtu. bahkan skrg lbih sering kjadiannya. yang mau saya tanyain, pa bner itu trauma kpla mkanik? obt yg dkonsmsi cm asmef kdng ctm. bahaya g dok? pengaruh msa dpannya g?pa itu cri2 suatu pnyakit? nyembuhinnya gmn? skap sya ketmen sya harus gmn?
mhn bntuannya. kjdiannya dr 5 thn yng llu smpai skrg.




Sabtu, 22-10-2011 22:14:55 oleh: rian yose rizal

Selamat malam dok.........
saya mau tanya adik saya umur 25 tahun terpeleset hingga jatuh kepalanya terbentur lantai keras sekali tidak pingsan tapi mengalami pusing trus berobat setelah disuntik kira2 satu jam kejadian muntah2 sampai beberapa kali apakah adik saya gegar otak??? bahaya gak dok?? trus solusi buat apa ya dok? karena kata dokter adik saya jangan banyak bergerak dulu......terima kasih sebelumnya raian di lubuklinggau...




Senin, 05-12-2011 14:38:50 oleh: tuti winarti

selamat sore dok....
dok saya mau nanya sekitar 2 bulan yang lalu pacar saya mengalami kecelakaan dan dia mengalami benturan di kepalanya,dia tidak mengalami pendarahan tetapi bengkak dibagian pelipis sebelah kanan, semenjak kecelakaan itu sekarang dia sering pusing-pusing kadang juga mual-mual,,,apa itu gejala geger otak dok?bahaya gak dok? terus cara penyembuhannya bagaimana?




Senin, 12-12-2011 08:24:34 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.tuti,
istilah gegar otak dapat dicurigai jk terjadi episode pingsan dalam waktu singkat (<10 menit) pasca benturan, dan CT scan kepala tidak menunjukkan kelainan siknifikan. Bentruan kepala memang sering menyisakan rasa pusing (seperti dizziness atau vertigo) hingga beberapa hari kemudian. Sebaiknya banyak istirahat dan minum obat jk diperlukan. Jika terjadi perburukan gejala atau terkesan mengantuk terus atau gangguan pandangan, sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan pencitraan kepala seperti CT scan




Rabu, 14-12-2011 04:41:58 oleh: syahri ramadhani

dok, saya pengen nanya...
sekitar 1 minggu yang lalu, kepala saya ketimpa tangga dari kayu keras sekali...
kepala saya lumayan sering sakit setelah kejadian itu...
kira-kira, apa dampak yang disebabkan ketimpa tersebut dok ?? perlu di CT scan gag dok ?? trus gimana penanganan nya dok ??




Kamis, 22-12-2011 16:00:11 oleh: suryaningsih

saya mau tanya dok , adik saya berumur 18 tahun , 2 bulan terakhir sering mengeluh mata sebelah kiri tidak bisa melihat dengan jelas. kemudian ibu saya mengajak periksa kedokter mata dgn tujuan untuk periksa dan membeli kaca mata ( karena berfikir matanya itu minus ) ternyata kata dokternya itu harus kerumah sakit besar . dan akhirnya ibu saya antar adik saya itu ke RS Fatmawati . dan di rumah sakit itu adik saya di diagnosa sakit katarak yg sudah matang dan harus dioperasi . dokternya pun bingung kenapa umur segitu sudah sakit katarak . kira2 penyebab dari katarak itu apa ya dok ? klo saya tanya org tua saya tidak ada riwayat sakit katarak di keluarga masing2 ..



Selasa, 27-12-2011 15:06:56 oleh: suryadi

pak saya mintak gimana cara mengobati kepala ku. saya kecelakan th 2007 sekarang 2011 sampai sekarang kepala masih sakit ak mintak obat nya apa mintak tolong ak orang yang ngak mampu mintak tolong balas ke email hssuryadi@yahoo.co.id,HP 081369161617



Senin, 02-01-2012 20:30:30 oleh: ratna

mau tanya dok, anak sy sejak kecil sering kali jatuh dr umur 6 bln,dan sekarang usianya 6 th, jatuh dr ketinggian sekitar 1,5 mtr, benjol bagian dahi sebesar telut ayam, apakah bs mempengaruhi kecerdasannya? lalu apa yg hrs sy lakukan? sy sdh pernah ke RS tp tdk memuaskan jwbnnya,tindakan apa yg sehrsnya sy lakukan.



Selasa, 03-01-2012 14:09:20 oleh: erika

Dok,2 hari yg lalu, pelipis sebelah kanan saya berbenturan dg kepala belakang anak saya (1,5th). Benturannya cukup keras..anak saya hanya menangis sebentar,dan kembali aktif spt sebelumnya...yg jd masalah pelipis saya langsung bengkak dan membiru..sampai hari ini malah jadi memerah hingga sampai bawah mata..apa ini normal dok?proses penyembuhan brp lama sampai hilang bekasnya? Makasih atas jawabannya..




Selasa, 03-01-2012 17:09:26 oleh: ilza

saya mau tanya dok....??kpla saya udah 3 bulan ne sakit trus..saya waktu itu terbentur ma pintu lemari piring yang bagian ujung ya.trus knak bagian puncak kpla saya....itu knpa tuk dok..terima ksih.blz ya dok



Rabu, 04-01-2012 16:57:34 oleh: ilza

dok tlong blz..?setiap hari kpla saya ini skit..semenjak kjdian itu blum pernh sya priksa..cuma saya ksih btu es..yang trasa skit bgian puncak kpla saya..aplagi klo sya tidak tdur siang skit skli kpla saya..dok obat ya apa dok ya...kpla saya ini sering kli terbentur..apa mungkin dah sring terbentur itu dok..kpla saya skit trus....??????blz dok ya



Senin, 09-01-2012 14:23:47 oleh: Yesi

Dok, saya mahasiswi.mau nanya.
3bln yg lalu saya kecelakan dgn motor tanpa memeakai helm.. Saya pingsan kira2 15 menit.lalu saya d bawa ke RS. Saya mual2,trus malam nya saya muntah2. Sebulan berikutnya saya periksa lg k RS, kt dokter nya gk apa2. Tp smpai skrg kpla saya msh sering sakit dan penglihatan jd sering kabur.
Bagaimana saya seharusnya lg dok?? apa perlu d lakukan CT scan??




Kamis, 26-01-2012 23:13:06 oleh: vina lusia haryani

dok mau tanya
saya punya anak umur 3 tahun dia jatuh setinggi kurang lebih 60cm kemudian ada memar didahinya diatas pelipis sebelah kanan, setelah 1 jam jatuh itu dia muntah2...tapi ga pingsan, hanya muntah2 saja...beberapa bulan yang lalu dia pernah jatuh sampai sobek kulit kepalanya dan perlu dijahit tempatnya juga dibagian kepala depan sebelah kanan tepat diatas memarnya yang sekarang, saat itu saya sempat scan tap kata ahli syaraf ga ada masalah...apa kemungkinannya ya dok buat anak saya..terima kasih sebelumnya




Senin, 30-01-2012 21:50:19 oleh: IRAWATY SILALAHI

hi dok..tanggal 28 jan 2012 kepala saya terbntur ,hingga membuat saya pusing selama 3 hari,karna tidak muntah dan pingsan saya tidak ada periksa,yg mw saya tanya dok apakah ada efek smpingny dhari yang akan datang??trims



Sabtu, 04-02-2012 13:36:00 oleh: euis isnah humaeroh

dok saya mau tanya,cowo saya semalam kecelakaan sepeda motor,trus kepalanya kena benturan,sampe sekarang blm juga sadar,kenapa itu dok blm juga sadar?padahal udah dirawat ama dokternya...tp belum juga sadar,kenapa ya dok?trus bagaimana mengatasinya?

jawab ya dok please,secepatnya dok




Minggu, 12-02-2012 04:56:03 oleh: anhy tasriani

dok..... ceritanya sebenarnya sudah lebih dari sebulan yang lalu tgl 1 jan 2012 terjadi kecelakaan motor akibat kecelakaan itu bagian pelipis kananq mesti dijahit, tapi anehnya sampe sekarang knp justru bagian pipi/wajah sebelah kanan agak lebih besar/ tembeng sebelah.
dan pertanyaannya apa ini masih pengaruh kecelakaan kemarin? dan apa wajah/pipi saja akan terus tembeng/besar sebelah atau masih dalam penyembuhan. tp apa mungkin kecelakaan yg sudah 1 bulan lewatnya masih dalam proses penyembuhan?

dibalas yac dok... thanks...




Rabu, 29-02-2012 10:11:58 oleh: Peter

ada temen saya juga terkena kasus yang hampir mirip dengan bu anhy, tapi bukan kecelakaan motor, melainkan bagian jidat kiri atas terbentur lemparan gelas kaca.,
sehari setelah kejadian , wajah masi terlihat normal hanya dengan luka dijidat.
kemudian hari kedua, bagian kiri pilipis mata membengkak sampai ke pipi.

kondisi begini bahaya ga doc?,
tq before....




Kamis, 15-03-2012 12:58:37 oleh: elli yuniarti

dok...anak saya usia 2,5th pada tanggal 18 februari kemarin jatuh dari tangga dan mengalami pembekuan darah 90cc di kepala bagian kanan dan sudah dioperasi...seminggu pasca operasi sudah diperbolehkan pulang...kondisinya sekarang sudah membaik...hanya saja bicaranya agak manja...dan mata sebelah kanan agak sayu...yaang saya tanyakan...sudahkah anak saya melampaui masa kritis dan luka di dalam kepala apa sudah menutup meski jahitan diluar sudah kering dan obat apa yang bisa diminumnya mengingat hanya dikasih imunos dan sangobion kids oleh pihak RS...




Selasa, 20-03-2012 21:36:43 oleh: mike gaman

met mlm dok,sya punya anak 1tahun10bulan,dia ini perna kepleset, kepala bagian belakang terbentur kelantai,membuat dia menangis,sekitar udah setengah jam aku memandikan dia menggunakan air dingin,waktu disiram dianya kaget,dan langsung lemas,aku angkat dia bawa kekamar,aku istirahatkan dia,nggak lama kemudiannya dia turun dari tempat tidur,waktu berjalan dia merasa pusing dan langsung jatuh,karena aku takut,aku membawa dia langsung masuk ke UGD,tp waktu diperiksa sama dokter katanya dia baik-baik saja,aku kembali membawanya pulang,sekitar 4 bulan berlalu anakku tiba-tiba pingsan,nggak lama kemudian,matanya itu berkedip2sambil melihat ke atas,mulutnya mengeluarkan busa yang banyak,itu dia knp dok klo sampe seperti itu,mohon di beri solusi dok,agar dia tidak mengalami seperi itu lagi terus apakah ada obatnya dok agar dia tak seperti itu lagi,,tolong saya dok,,saya takut sekali,,mohon di balas pertanyaan saya ini,,,



Jumat, 30-03-2012 19:04:55 oleh: hasanuddin

dr.. yth....
apa efek CT-Scan bagi kesehatan untuk jangka panjang?




Rabu, 09-05-2012 03:10:26 oleh: Aman

Dr Paskah,sya ingin mnnykan..adik sya bbrpa blan yg llu trjtuh & mnglami bntran di bgian blkng kplanya,dan sktr sbulan stlah itu adik sya mngalmi mimisan & pinsan slma bbrpa jam,stlah d scan trdpat hsil wrna putih d bgian scan-an tngkraknya,dan kta dkternya mnglmi pmbkuan drah d tgkrak bgian blkng,dkter jga mngtkn klo ini bsa brdmpak kbutaan prmanen..apkah ada slusi yg cpat & baik untuk mngtsi hal ini bhkan untk mnymbuhkan hal ini dok? mohon srannya..trima ksih sblumnya.



Senin, 28-05-2012 19:45:06 oleh: Muhammad Faqih Rizal

Dokter, adik saya kecelakaan dan terjadi benturan di bagian pelipis mata sebelah kanan. Pd saat kejadian sampai sekarang tdk pernah pingsan namun sejak kejadian mata sebelah kanan hilang penglihatan. Sekitar 2 minggu, berobat ke dokter mata dan dokter ahli syaraf dan hasil CT Scan & pemeriksaan, mata adik saya sedikit pucat yang artinya syaraf sdh tidak normal. Apakah mata adik saya masih bisa kembali normal dok? Tindakan dan obat apa yang bisa kami berikan? (Menurut adik saya, sekarang ini ada perkembangan dengan bisa melihat namun masih belum jelas)



Senin, 09-07-2012 22:52:34 oleh: imah

malam, dok sya punya teman namanya Oky. kemarin dia menghantukkan kepalanya hingga 8 kali ke tembok dengan sangat keras karena emosi. setelah itu dia mengalami mimisan dan pusing. malam harinya pusingnya tak kunjung hilang bahkan sampai besoknya. yang saya tanyakan apa akibat dari perbuatannya itu?apakah bisa menimbulkan penyakit?dan apakah berpengaruh terhadap organ2 yg lain???
dok, tlong secepatnya dikomen ya dok.komennya tolong ke e_mail sya aja..trims




Senin, 23-07-2012 12:34:46 oleh: Nurmaliza

Selamat siang dok,
anak saya umur 6 tahun jatuh dari kursi saat bermain dgn temannya, dan timbul benjolan besar segedek bola pimpong gitu dok, lalu saya oles trombhopob udah lumayan keci,..namun disarankan oleh teman untuk dikasi obat cina sejenis majun,khusus untuk anak yg jatuh dan kena daerah kepala, saya beli 400ribu,.alhamdulillah udah ilang benjolannya,..cuma saya liat di bawah kantub matanya timbul kebiruan gitu dok,..apakah biru itu lama2 ilang.makasih dok sebelumnya atas jawabannya,..dan satu lagi dok anak saya masih tetap lincah seperti biasa tdk ada yg berubah dari dirinya.




Kamis, 26-07-2012 07:11:19 oleh: ade

hallo dok, saya mau tanya ni,,1 bulan yang lalu pacar saya kecelakaan dan kepalanya terbentur d aspal, langsung keluar darah di kedua telinganya. setelah itu ga d bawa ke dokter. sampai saat ini dia tetap bersikeras gak mau saya ajak k dokter. dan setelah kejadian itu, dia jadi sering pusing kepala dan ketika pusing kepala badannya langsung demam dan juga kalau lagi berfikir sering sakit kepalanya, apakah semua itu karena pengaruh benturan itu atau tidak dok, dan sebaiknya perlu di lakukan scanning atau tidak ?
Terimakasih sebelumnya dok




Rabu, 08-08-2012 11:50:53 oleh: rieny

dok, dua hari lalu saya terjatuh dari motor. akibatnya terdapat benjolan besar di kepala, terlihat memar dan kemerahan. bahkan sampai hari ini pun benjolannya masih ada dan masih sakit bila dipegang.
selain itu, disebelah mata kiri (minus 3,75) saya juga benjol dan memar.
apakah berbahaya utk kepala dan mata saya?
tolong bantuannya dok,
terima kasih




Jumat, 10-08-2012 05:28:30 oleh: syahrian tanjung

Selamat pagi dokter, saya ingin bertanya seminggu yang lalu saya jatuh saat memanjat tembok, kira2 tinggi tembok tsb hampir 2 meter. saya jatuh dengan posisi telentang di semen, yang duluan jatuh ke semen punggung dan pinggang saya dan kepala saya sebelah kanan terbentur juga. waktu kejadian tsb darah sangat banyak keluar dari kepala saya. pada waktu kejadian tsb saya sadar, dan tidak muntah2. kemudian saya dilarikan ke bidan terdekat, kepala saya di jahit 6 jahitan. kejadian ini baru saja saya alami pada bulan puasa ini dok, yg ingin saya tanyakan, apakah saya perlu melakukan CT Scan, sdgkan saya tidak muntah pada saat kejadian maupun pingsan.
mohon di jawab dok, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih...




Senin, 10-09-2012 08:56:35 oleh: nuraini

pagi dokter,
saya mau tanya, perihal kepala saya 1 minggu yang lalu jatuh ke bentur aspal sebelah kanan dan mengalami benjolan. setelah hari ini bangun pagi kepala saya terasa pusing tdk bisa lgs bangun. mata sebelah kanan kadang kabur. Dokter apa kah ada syaraf yg terganggu?
terima kasih atas balasan nya dokter.




Jumat, 19-10-2012 00:02:09 oleh: Ryanti amoy

Dokter saya mau tanya,, ibu saya baru meninggal januari tahun ini,karena kecelakaan motor tidak memakai helm,
Terjadinya kecelakaan begitu di tabrak ibu ku langsung masuk got kecil sampai terbentur kepala sekitar 3meter terlempar ,,
Menurut saksi orang orang, katanya ibu saya keluar darah dari hidung,telinga,dan mulut, sampe2 darahnya menutupi mukanya penuh darah,20menitan tidak ada yg menolong orang orang hanya melihAt saja. Akhirnya ada org yg relawan baik dgn ibu saya akhirnya di bawa ke Rs.permata hijau setelah di rmh sakit menunggu 2jaman madih di ruang uGD, karena wktu itu menunggu biaya dl karena saya masih dlm perjalanan macet,setelah saya sampai tiba di rmh skt dokter bicara bahwa ibu saya mengalamin pendarahan di otak, sehingga saya melihat ibu saya ngap-ngapan saja dengan sesak nafas tersumbat,dan tidak sadarkan diri.,apakah dlm keadaan seperti itu ibu saya masih sadar dengan omongan saya,atau sudah tidak sadar dengan omongan saya,akhirnya ibu saya meninggal (T_T),dok apakah cerita saya di atas ibu saya meninggal karena telat menangani kah ??? Sehingga menyebabkan ibu saya meninggal..karena saya masih penasaran dok , sebenernya apa tg menyebabkan mamsh saya meninggal ,,padahal gigi , muka semua utuh sana sekali gak ada yg cacat, tapi kenapa meninggal tolong balasannya yah dokter, trimakasih,,




Jumat, 11-01-2013 11:52:17 oleh: Ronald Martinus

Dok, saya mau menanyakan beberapa hal mengenai pendarahan pada kepala pasca kecelakaan motor ayah saya.

pada saat ayah saya mengalami kecelakaan motor karena jalan yg berlubang, ayah saya terjatuh dari motor dan mengalami patah tulang rusuk dan bahu. serta setelah 2-3 hari setelah dirawat di RS, ayah saya masih mengalami pusing. oleh karena itu kami sekeluarga berinisiatif untuk melakukan CT scan pada ayah kami. dan dari hasil CT scan tersebut ada pendarahan sebesar 3cc pada bagian kiri kepala ayah saya. yang saya tanyakan adalah, ketika diketahui ada pendarahan tersebut dokter setempat memberikan obat untuk pendarahan tersebut, oleh karena ayah saya sering duduk (yang seharusnya tidak boleh banyak duduk) sehingga obat tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal.
1. apakah hal tersebut dapat memperparah pendarahan pada ayah saya dok (sering duduk)?
2. keluarga berencana memebrikan obat cina pada ayah saya, apakah hal tersebut baik diberikan bersamaan dengan obat yang dari dokter saya berikan kepada ayah saya?

mohon kesediaan dokter menjawab dua pertanyaan saya ini. terima kasih banyak.




Sabtu, 09-02-2013 10:57:54 oleh: muhammad ridwan, SHI

dokter,aku mo tanya anak saya usia 9 tahun, 1 bulan yang lalu naik sepeda pancal jatuh dan kepalanya bagian belakangterbentur tembok,setelah itu anak tersebut sering mengeluh sakit kepala bagian belakang, tetapi tidak sampai pingsan/muntah-muntah,apakah ini bahaya atau tidak dok......atas jawabanya saya ucapkan trims. by ridwan SHI




Sabtu, 09-02-2013 22:32:20 oleh: satria wiza

info nya berguna dok,
saya mau tanya, apakah bola mata yang selalu melihat kesamping itu atau tidak fokus, selalu di akibatkan benturan kepala dok, keponakan saya memang sering terpeleset di lantai dan langsung kena kepala, tapi kepalanya tidak ada benjolan apa2 dan secara fisik dia kelihatannya baik,,
mks dok,,ata jawabannya saya ucpkan trims,
by : icha




Selasa, 26-02-2013 12:12:53 oleh: isak

selamat siang dokter, saya ingin bertanya mengenai mata saya, 2 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan dan mata saya mengalami gangguan penglihatan yaitu kelihatan kabur dan apa bila saya melihat bola lampu yang menyala saya tidak melihat sinarnya melainkan bola lampunya saja, begitu pun dengan matahari apa bila saya memandanginya langsung saya tidak melihat pancaran sinarnya... saya butuh masukan dari dokter, trimah kasih..



Kamis, 07-03-2013 12:28:57 oleh: fitri Setya

selamat siang..
dok, sebenarnya kejadiannya sudah lumayan lama. waktu itu akhir agustus 2011 saya jatuh dari sepeda dan terperosok kekebun, saya gak ingat apa-apa, kata teman saya, kepala saya kebentur sumur tua, lalu pingsan. waktu udah sadar saya gak ingat sama sekali kejadian sebelumnya, bukan hanya kejadian wakatu jatuh terperosok & terbentur sumur, tapi semuanya, semua hal yang saya lakukan sebelum kejadian saya gak inget sama sekali sampai 2 hari. saya kira itu cuma efek karna benturan yang sangat keras sampai mata saya ikut lebam. tapi sampai sekarang saya sering ngerasa nyeri kayak migraain, tp bukan migrain, nyeri rasanya kepala mau pecah. ditambah lagi pandanga mata saya yang semakin memburuk, pada saya cuma minus 0.50 & silinder 0.50. gak sebanding sama hasil penglihatan saya, saya juga sering terkena sakit mata. dalam 1 tahun ini sekitar 3-5 kali. saya juga sampe sekarang kdang pikiran sering kosong/ngeblank. sering gak nyadar kalo ternyta saya sudah dikampus dan jadi pelupa banget dok.
pertanyaan saya, sebenarnya apa yang terjadi sama saya menurut ilmu kedokteran.
apa saya harus melakukan scan, tapi kejadiannya sudah hampir 2 tahun yang lalu.

terima kasih.




Kamis, 07-03-2013 12:31:26 oleh: fitri Setya

selamat siang..
dok, sebenarnya kejadiannya sudah lumayan lama. waktu itu akhir agustus 2011 saya jatuh dari sepeda dan terperosok kekebun, saya gak ingat apa-apa, kata teman saya, kepala saya kebentur sumur tua, lalu pingsan. waktu udah sadar saya gak ingat sama sekali kejadian sebelumnya, bukan hanya kejadian wakatu jatuh terperosok & terbentur sumur, tapi semuanya, semua hal yang saya lakukan sebelum kejadian saya gak inget sama sekali sampai 2 hari. saya kira itu cuma efek karna benturan yang sangat keras sampai mata saya ikut lebam. tapi sampai sekarang saya sering ngerasa nyeri kayak migraain, tp bukan migrain, nyeri rasanya kepala mau pecah. ditambah lagi pandanga mata saya yang semakin memburuk, pada saya cuma minus 0.50 & silinder 0.50. gak sebanding sama hasil penglihatan saya, saya juga sering terkena sakit mata. dalam 1 tahun ini sekitar 3-5 kali. saya juga sampe sekarang kdang pikiran sering kosong/ngeblank. sering gak nyadar kalo ternyta saya sudah dikampus dan jadi pelupa banget dok.
pertanyaan saya, sebenarnya apa yang terjadi sama saya menurut ilmu kedokteran.
apa saya harus melakukan scan, tapi kejadiannya sudah hampir 2 tahun yang lalu.

terima kasih.




Selasa, 12-03-2013 19:56:30 oleh: rahmat

dr. Leo yang baik,
bagaimana kondisi normal tempurung kepala untuk usia bayi kurang dari 1 thn,karena bagian atas kepala anak sy yg msh lembek( apa ini memang normal karna usianya blm 1 thn) tambahan info anak saya sehat, dan riang selalu dok.
Thanks untuk sharenya.

regards
Rahmat




Senin, 18-03-2013 06:47:28 oleh: minelga mimi

selamat pagi dok, sy ingin bertanya mengenai adik saya secara tiba2 pandangannya gelap,sakit kepala dan hilang kesadaran dalam waktu yang singkat itu terjadi akhir2 ini,sebelumnya 3 tahun yang lalu terjadi hal yang sama pandangan gelap,jatuh dan hilang kesadaran sehingga luka diwajah tapi setelah dipriksakan ke dokter mata hasilnya karna kelelahan dan dy juga mengeluh matanya berair. Yang ingin sy tanyakan dok, apa perlu melakukan pemriksaan kembali karna saat ini dy sedang mengikuti UAS dr sekolahnya dan bulan depan UAN,sehingga pada saat2 penting tidak terjadi hal2 yg tdk diinginkan
mhon saranya dok, terima kasih




Selasa, 19-03-2013 18:48:24 oleh: satya rizky pangestu

DR leo yang baik.
aku satya aku sekarang kelas II SMP , dok kepala saya ko sering pusing ya, kalo saja saya akan bangun maka pandangan kabur dan kepala saya seakan berat dan sangat terasa sakit . ? waktu puasa kemarin pusing saya juga kambuh tetapi rasa pusing itu disamai dengan keluarnya darah dari lubang hidung (mimisan) itu kenapa yah dok ? saya sendiri ingin tau ? terima kasih :)




Kamis, 06-06-2013 06:14:17 oleh: Angga Pongajouw

Salam Dok

Umur saya tahun ini 23thn,
3thn lalu saya mengalami kecelakaan tabrakan motor dan saya pernah juga dipukul menggunakan balok kayu ukuran 4x3 kalau tidak salah sewaktu saya pulang kursus dan di hajar preman. 1thn kemudian mata kiri saya seperti ada titik hitam. awalnya saya mengira itu adalah kotoran mata. beberapa kali saya mengucek mata, tetap tidak hilang, kemudian saya sadari kalau titik hitam itu selalu mengikuti kemana saya memandang apalagi didepan komputer dengan latar berwarna putih.

apa itu tanda-tanda katarak dan mata saya akan buta dok??? mohon balasannya.
Terima kasih




Minggu, 07-07-2013 22:06:59 oleh: timotius beny sugianto

maaf dok, mata saya barusan terbentur cock bulutangkis saat kena smash.. sekarang mata saya tak.nisa tak.bisa melihat. apakah bisa sembuh?



Jumat, 12-07-2013 13:49:03 oleh: tika

saya mau tanya dok, adik saya kecelakaan motor, dan terdapat luka di dekat mata, setelah diperiksa ternyata ada sumbatan di saluran air mata, untuk masalah ini ada dokter yg mengatakan harus operasi besar sedangkan dokter yg lain bilang ini hanya operasi kecil saja, bagaimana menurut pendapat dokter, perlukah adik saya dioperasi bedah mata? mohon informasinya ya dok. trims



Sabtu, 20-07-2013 07:25:48 oleh: oki

saya cerita dulu ya dok;,,,,
dulu waktu anak saya usianya + dari 2 thn pernah jatuh di tempat tidur sehingga mengakibatkan kepala depannya terlihat cekung(kompresi)'pada tempat benturan.sekarang anak saya umurnya 6 thn lebih,tapi kalau dia demam,kepalanya terasa sakit...mata nya berair dan terasa pedih.........langkah apa yg harus saya ambil....mohon petunjuknya dok.....sebelumnya terima kasih.




Senin, 22-07-2013 08:08:23 oleh: cici fransiska

selamat pagi dok.
Dok saya mau tanya,saya siska umur 21 thn,saya mengalami kecelakaan 1 bulan yang lalu.kepala saya terbentur lumayan keras dok tapi tidak sampai pendaraham,dan saya tidak sadarkan diri 1 setengah jam dok.setelah kecelakaan itu kepala saya sering terasa pusing apa lagi saat bagun dan mau tidur.apakah itu bisa sakit terus dan bepengaruh di kemudian hari dok ?
mohon informasinya dok.
Terima kasih




Senin, 05-08-2013 15:17:46 oleh: lynda

kepala saya kena tamparr beberapa kalii
dapat 34 harii inii masihh pusinggg,, apa perluu kedokterr ituu pakk




Selasa, 10-09-2013 14:08:36 oleh: isna rohmatul

siang dok,
anak saya (8bulan) sebulan yg lalu jatuh dr tmpat tidur 80cm, ada benjolan, tp tdk pingsan dan jg tidak muntah trus menerus. kenapa sampai sekarang blum hilang juga benjolannya? jika di raba, benjolannya itu lunak, seperti ada cairan d dalamnya. padahal sudah saya kompres shari 3x plus oles trombhopob.sebenarnya hilangnya benjolan itu brapa lama ya dok? sbulan yg lalu sudah ke dokter anak,di sarankan ct scan, tp anak saya gerak2 trus dan tdk bs tidur klo di rumah sakit, akhirnya ga jd ct scan, sm dokter d sarankan observasi 3hari kalo2 ada masalah prubahan tingkah laku bayi, muntah2, dan msalah lainnya, klo tdk ada tdk prlu panik. karna bayi saya baik2 saja pasca jatuh smp skrg, ahinya saya blm ke dokter lg, karna hy ada benjol saja di kepala kanannya, tp anehnya kok belum kempis2.. malah smpat tambah besar, tp skrg balik lg ke ukuran benjol awal. baiknya gimana ya dok? soalnya benjolnya itu kalo di raa seperti ada permukaan tulang yg bergelombang, tdk sprti prmukaan tulang yg di kepala sebelah kirinya..
tolong bantuannya dok... trimakasih...




Rabu, 23-10-2013 19:42:54 oleh: linda chiarra

Malam dok. Leo ..
Saya mengalami kecelakaan motor des 2011 akibat kecelakaan itu kepala blakang kanan saya mengalami sdkit retak nd menurut dokter saya harus menjalani operasi .. karena saya takut oprasi akhirnya saya tdak di operasi nd hanya minum obat cina .. awal kcelakaan saya sempet gak sadarkan diri nd muntah darah nd kluar darah dri hidung .. skrng sudah dua thn pasca kcelakaan itu.. kdng saya suka merasakan pusing stlah di cek katanya saya rdarahnya remdah 90/110 .. tyuz di bagian yg retak jika di tekan terasa sakit nd sdkit baal .. menurut dokter gimana iia apa yg hrus saya lakukan ..




Senin, 04-11-2013 13:23:47 oleh: lenni M.Purba

Siang Dok, pada tanggal 23 Oktober 2013 jam.07.00 WIB terjadi kecelakaan pada adik saya pas ulang tahunnya yang ke 41 dan tidak sadar (koma), keluar darah dr.kuping dan hidung dan dilarikan ke RS.Terdekat. karena nggak mampu dipindahkan ke RS.yang lain dan dilakukan CT.Scan dan terdapat 2 titik pendarahan di otak. masuk ICU dan besok paginya di adakan operasi di kepala tapi sampai seminggu lebih belum sadar.Tepat hari kamis 31 Okt.2013 mulai sadar tetapi belum kenal disekelilingnya. masuk ruangan satu malam, tapi meronta kesakitan, kaki dan tangan diikat dan bengkak2, lalu tidak sadar lagi dan masuk ICU kembali. dan pada minggu tgl.2 Nop 2013 sadar tetapi juga belum ingat apa2 dan masuk ruangan kembali. Dia meronta terus tetapi akibat tangan dan kaki bengkak2 akhirnya tangannya dipegangi keluargalah terus sehingga nggak bisa tidur semua. Pertanyaan saya. Bagaimana cara mengatasi supaya dia jangan meronta kesakitan. apakah obat china itu bisa dikonsumsinya juga? mohon bantuannya dok.trims



Selasa, 12-11-2013 14:20:47 oleh: eni kumorowati

saya punya ponakan 3 minggu yang lalu jatuh pas pelipis sebelaah kiri kena pngir beton sehari semalam tidak ada keluhan kok bengkak paginya mendadak panas tinggi lngsung kejan dan pingsan saya mau tanya apakah itu bahaya? adakah pengaruh dengan matanya? karena sampai sekarang masih bengkak pas di rumah sakit sudah di ronsen semua baik baik saja, terus bengkaknya itu karena apa ya?




Jumat, 29-11-2013 10:36:37 oleh: OKA

halo dok, sy mau tanya, mata sebelah kanan saya pernah terkena pukulan sampai bengkak dan sekarang bola mata kiri dan kanan tidak bergerak sama,
pergerakan bola mata saya terganggu,
mohon infonya dok, terima kasih




Senin, 16-12-2013 11:44:16 oleh: herman junaidi

Pagi Dok, tgl 8 des 2013 kemarin anak saya (umur 5 tahun 3 bulan cewe) jatuh ke sungai ketinggian 3 meter. kepala bagian dahi sebelah kanan ada keretakan dan salah satu serpihan masuk ke otak. sudah dilakukan operasi pengangkatan serpihan tulang dan dipasangin plat. waktu kejadian anak saya lgsung nangis tetapi tidak pingsan dan tidak mual, kondisi sangat bagus. bisa ngomong sadar, dan guyon dengan dokternya. tanggal 16 des ini akan kontrol kemungkinan perban sudah dibuka sekarang. kira-kira pembengkakan di sekitar yang di operasi akan hilang berapa minggu Dok?



Sabtu, 28-12-2013 12:06:48 oleh: wawan

ass. dok
saya mau tanya, 6tahun yang lalu saya kecelakaan dan kepala saya terbentur,saya koma slma 10 hari dan pada saat saya sadar, mata sebelah kanan saya tidak bisa melihat, dan dokter menyatakan bahwa mata saya tidak bisa disembuhkan lagi karena syarafnya sudah rusak (trauma capitis), sampai sekarang mata sebelah kanan saya tidak bisa melihat dan berubah agak juling.
dok, kira-kira masih adakah harapan mata saya bisa melihat kembali?




Minggu, 29-12-2013 17:29:57 oleh: alfania

selamat sore dok..... 2 tahun yang lalu adik saya pulang dari bermain dan wajahnya dibagian kening sebelah kiri memar.... tapi adik saya tidak bilang bahwa habis dihajar teman2nya..... dan 1minggu yang lalu adik saya bilang kalau mata sebelah kirinya tidak bisa melihat sejak kejadian 2thun lalu itu... sekarang adik saya berusia 16th.... apa kira2 adik saya bisa sembuh dengan obat atau operasi??
terimakasih dok




Senin, 06-01-2014 20:52:07 oleh: herdiyan

dok saya mau tanya istri saya mengalami benjolan dikepala sekitaran 1 minggu terakhir, sudah di bawa kedr. katanya cuma pembengkkan biasa tapi sampai saat ini belum hilang juga bahkan berpindah pindah, terkadang menyebabkan pusing. kira kira ini penyakit apa ya dr. sebelum saya mengambil keputusan untuk pemeriksaan lebih dalam karna istri saya shock dengan membaca bermacam macam artikel seputar yg dialaminya.



Selasa, 14-01-2014 14:59:47 oleh: sri yusiani

Semangat pagi dok,

Saya pernah mengalami tidak sadar diri sehingga terjatuh dan pada bagian kepala saya terbentur lantai dan berdarah memar saya mengetahuinya dan sadar setelah sdh terjatuh dan bekas memar itu sampai skarang tidak tumbuh rambut sedikit benjolan kecil, yang saya tanyakan sepertinya ini berkelajutan pada pengelihatan saya dan di sedikit ngilu pada saat saya tidur pada posisi bekas jatuh ke bawah kejadian ini sudah sekitar 3 tahun belum berani ke dokter mohon sarannya dok




Selasa, 14-01-2014 23:21:38 oleh: fery kasam

selamat malam pa dokter.

Pada tahun 2009 saya pernah kecelakaan lalu lintas mengalami benturan pada kepala bagian kiri dan koma 2minggu,bola mata kiri hitam trs standby dtengah g bisa lirik kanan kiri stelah bbrapa bulan normal.dri pertama s/d tahun ni saya blm pernh chech up.emng sblmny stelah kclakaan trjdi saya suka merasakan sakit kepala d bagian kiri.tp saya anggap biasa.tp 3hr kemarin saya rasakan skit lagi,tp sekarng dh mlai mendingan.
Sya minta saran dr dokter dan gmna pnjelasan tentang keadaan ini?
Terima kasih dok.




Senin, 20-01-2014 11:15:00 oleh: Ifran sanni

Selamat pagi Dok...
saya mau bertanya prihal kecelakaan yang menimpa anak saya pd tanggal 2 Jan 2014 lalu yakni jatuh dari lemari dan tertimpa lemari tersebut dengan luka sangat parah di bagian belakang kepalanya, pada saat kejadian keluar darah dari telinga dan hidungnya yg cukup banyak dan nafasnya sudah susah dan langsung tidak sadarkan diri, pada hari itu juga saya bawa ke RS dan langsung dilakukan operasi 2 jam berikutnya untuk mengeluarkan gumpalan darah yang ada di otak dan kepalanya, diagnosa doker saat itu adalah tulang kepalanya patah dan retak, pembengkakan otak kecil dll, namun sampai saat ini anak saya blm sadar dan baru bisa menggerakan kaki dan tangan sedikit2 dan matanya sudah agak terbuka namun blm bisa melihat kalo menguap pun mulutnya hanya bagian yg kiri yg terbuka, mohon pencerahan informasi dari Pak Doker, Terima kasih




Kamis, 03-04-2014 08:31:43 oleh: sony priambodo

Selamat pagi dok,

Saya mau bertanya, istri saya sedang hamil 3 bln sering sakit kepala, dan di batok kepala nya ada sedikit benjolan. Sakit kepalanya terjadi sering skali kadang seminggu 3-4x dan kadang disertai mual2 dan muntah2. Dulu sekitar 6 tahunan istri saya pernah jatuh dari motor dan kepala nya terbentur dok. Sakit kepala nya kadang sebentar (2-5jam). Sdh pernah periksa ke dokter spesialis saraf katanya gpp hanya sakit kepala ringan. yang saya tanyakan apakah saya harus melakukan ct scan ? apa kah obat herbal ato obat cina aman dikonsumsi dok ?

Trima kasih
Sony & Istri




Senin, 21-04-2014 14:49:32 oleh: Susi

Selamat Siang Dokter,

saya mau nanya, Cowo saya kemarin kecelakaan motor dan dia langsung tidak sadarkan diri selama 7 jam, pas di Scan kepalanya ada gumpalan di kepala namun sayangnya RS tersebut tidak ada fasilitas untuk CT Scan, setelah cowo saya sadarkan diri kepala sebelah kanan masih merasa sakit dan dadanya nya nyesek. Apakah harus buru-buru di CT Scan dok, mohon infonya?

Terima kasih




Rabu, 23-04-2014 11:51:10 oleh: asep candra

selamat siang dok,

sudah 3 minggu stelah kcelakaan mta yg mrah krn pembuluh drah yg pcah sudah berangsur2 putih lagi.
tapi yg saya mau tanyakn di sekitar mata kiri, hidung bagian kiri danpelipis kiri masih mati rasa dok. mhon solusinya bgaimn dok.

terimakasih.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia