Leonardo Paskah Suciadi

Dosa-dosa Kafein

Senin, 07-04-2008 13:30:20 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Dosa-dosa Kafein

Mungkin Anda termasuk orang yang gemar minum minuman berkafein seperti kopi, teh maupun minuman energi lainnya. Kafein memang merupakan zat yang menimbulkan banyak manfaat misalnya menekan rasa kantuk, mengurangi rasa bosan, meningkatkan semangat saat bekerja, serta meningkatkan kewaspadaan sehingga baik dikonsumsi terutama untuk aktivitas menyetir jarak jauh, bekerja di waktu malam maupun bekerja dengan mesin pabrikan. Dalam kasus-kasus di atas, boleh dibilang kafein telah menjadi ‘penyelamat hidup’ karena dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja dengan mesin pabrikan maupun kecelakaan lalu lintas karena mengantuk.

Namun saat ini fungsi kafein sudah sering disalahgunakan bahkan dikonsumsi secara berlebih. Padahal kafein itu merupakan suatu zat kimia yang memiliki efek sangat banyak dan kuat dalam beberapa sistem tubuh, sehingga perlu mendapat perhatian tersendiri. Dengan demikian ada baiknya konsumsi minuman berkafein harus sudah mulai dibatasi, jangan dijadikan rutinitas. Ada beberapa hal terkait efek dari kafein tersebut bagi kesehatan yang perlu Anda pertimbangkan sebagai berikut;

ØPenggunaan berlebih dan dalam jangka waktu lama dari kafein akan mengganggu pola tidur Anda baik berupa insomnia (tidur tidak nyenyak) maupun justru kebanyakan tidur dan mudah mengantuk apabila tidak minum kafein. Efek ini ditimbulkan melalui blokade reseptor adenosine yang berfungsi dalam pengaturan proses tidur. Hal ini bisa jadi merupakan efek samping dari kopi yang bersifat candu sehingga memiliki reaksi withdrawal ( reaksi kebalikan) ketika tubuh sedang tidak minum kafein.

ØKafein memiliki efek diuresis (menimbulkan banyak kencing) sehingga potensial untuk menimbulkan dehidrasi bagi beberapa orang yang sering bekerja keras hingga berkeringat banyak atau berada dalam lingkungan kerja panas dan lembab

ØKafein meningkatkan sekresi asam lambung dan pepsin sehingga seringkali menjadi biang keladi serangan maag bagi mereka yang rentan.

ØKafein apalagi bersamaan dengan rokok akan melemahkan katup bawah dari kerongkongan (lower sphincter of oesophagus) sehingga katup tersebut sering tidak dapat menutup dengan sempurna. Akibatnya cairan lambung yang asam seringkali dimuntahkan kembali ke dalam kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada daerah dada yang seringkali berulang (heartburn). Jadi kafein dan rokok merupakan penyebab tersering dari kasus Gastro Eosophageal Reflux Disease (GERD) semacam demikian yang dalam waktu lanjut jika tidak ditangani akan berakibat peradangan kronik dari kerongkongan bagian bawah yang dapat berakibat timbulkan kanker esophagus.

ØKafein diduga dapat meningkatkan sedikit kadar gula darah sehingga penderita diabetes dan kegemukan hendaknya berhati-hati dan membatasi konsumsi senyawa kafein ini.

ØKafein meningkatkan kadar plasma darah dari asam lemak bebas, adrenalin dan kortisol, suatu keadaan yang sebenarnya akan mendukung performa seorang atlet. Tapi jika Anda bukan seorang atlit, maka peningkatan senyawa-senyawa tersebut akan membuat masalah tersendiri. Misalnya peningkatan adrenalin akan memacu persarafan simpatis Anda sehingga akan dirasakan jantung menjadi berdebar-debar, pikiran melompat-lompat, panas tubuh meningkat serta berkeringat. Aktivitas simpatis berlebih sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau serangan jantung sebelumnya.

ØKafein dapat memicu munculnya serangan sakit kepala migren pada individu yang rentan

ØKafein terbukti dapat meningkatkan jumlah kejadian maupun derajat gangguan premenstrual syndrome (PMS) pada sepertiga wanita. Jika konsumsi kafein menjadi rutinitas selama 10 hari atau lebih maka resiko kejadian ini menjadi 7 kali lipat lebih tinggi daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. Beberapa masalah infertilitas pada wanita juga diduga berkaitan dengan konsumsi kafein yang berlebih.

ØKafein dalam jumlah kecil, misalnya 3 gelas kopi atau kurang per hari, relatif aman dikonsumsi setiap hari saat hamil. Tetapi jika jumlahnya melebihi ini, resiko aborsi dan kelahiran premature dilaporkan meningkat nyata. Sebaiknya wanita hamil muda hingga usia kehamilan 3 bulan pantang kafein terlebih dulu mengingat masa ini merupakan masa krusial bagi pembentukan organ-organ janin serta juga seringnya mual-mual (morning sickness) yang dialami wanita hamil selama masa ini. Kafein sendiri seperti yang telah disebutkan akan meningkatkan asam lambung sehingga akan membuat rasa mual semakin berat.

ØMereka yang memiliki pribadi pencemas (anxietas) sebaiknya menghindari kafein karena kafein akan semakin memacu kecemasan sehingga ia menjadi semakin gelisah, sulit tidur, tangannya basah karena keringat dingin dan jantung berdebar-debar.

ØDibandingkan rokok maupun alkohol, resiko kafein untuk menimbulkan penyakit jantung koroner maupun stroke terbilang kurang bermakna. Namun dalam jumlah kafein setara 8 gelas kopi atau lebih dalam sehari potensial mengganggu irama jantung.

ØTampaknya kafein tidak banyak bertanggung jawab dalam berbagai kasus kanker, walaupun beberapa laporan pernah menuding efek karsinogenik dan mutagenik dari kafein.

ØBagi wanita, terutama post menopause, ingatlah bahwa kafein merupakan musuh besar bagi tulang Anda! Sudah banyak laporan ilmiah yang menyebutkan efek kafein terhadap kejadian osteoporosis atau keropos tulang. Kafein bersifat menarik cadangan mineral kalsium dari tulang sehingga tulang menjadi keropos.

ØReaksi withdrawal adalah hal yang sering dialami bagi peminum kafein rutin. Reaksi withdrawal akan memuncak pada hari ke-2 setelah tidak minum kafein dan baru hilang setelah hari ke-3. Ada banyak jenis reaksi withdrawal yang mungkin tidak sama dari orang ke orang seperti timbulnya sakit kepala berdenyut semacam migren, kecemasan berlebih, mengantuk dan tidur berlebih, tidur tidak nyenyak, lemas, dan lekas marah. Hal ini terjadi karena otak peminum kafein rutin sudah beradaptasi dengan tingkat metabolisme yang lebih tinggi, sehingga ketika pasokan kafein berkurang maka otak pun bereaksi akibat merasa metabolisme nya turun.

ØKafein seperti terkandung dalam green tea secara umum akan meningkatkan metabolisme basal sel-sel tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Bagi mereka yang memiliki berat badan lebih hal ini mungkin kabar baik, tetapi tentunya bagi mereka yang sudah dalam kekurangan gizi dan kesulitan untuk menaikkan berat badan kebiasaan minum kafein harus mulai dibatasi.

 

Bookmark and Share

Tag/Label kafein
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Senin, 07-04-2008 14:30:01 oleh: adhi

kalau seperti pocari sweat apakah berbahaya dok?
sebab saya suka meminumnya setelah berolahraga dalam jumlah banyak. Kadang-kadang sehabis pulang kerja untuk menyegarkan badan. Trims




Selasa, 08-04-2008 11:18:27 oleh: Linda Setyanugraha

Suami saya punya kebiasaan baru dan sudah berjalan 1/2 tahunan lebih yaitu setiap pagi minum secangkir kopi nescafe pas, itu bahaya ga sih?
Sejauh ini tensi darahnya normal.
Setahu saya, bila sedang hamil, bulan ke berapa pun, teh & kopi harus di hindari deh karna mengandung kafein.




Selasa, 08-04-2008 11:27:15 oleh: lenny jayusman

kasian Starbucks dan Excelso ya dok...



Selasa, 08-04-2008 16:27:20 oleh: Leonardo Paskah S

Alo Mas Adhi, saya kira pocari sweat relatif tidak berbahaya apalagi jika diminum stlh olahraga. Mungkin untuk anak2 baru harus dibatasi, banyak yang beranggapan bahwa minuman ini baik dalam menggantikan oralit bagi anak yang sedang diare, itu kurang benar karena sebenarnya minuman sport semacam ini kandungan gulanya relatif tinggi sehingga bagi anak2 bisa jadi diarenya malah bertambah nyata karena gula bersifat menarik air dari usus.
Mungkin bahaya lainnya buat Mas Adhi adalah terjadinya kanker jika terlalu sering meminumnya, kanker alias kantong kering hehe..

Buat Bu Linda dll pembaca, artikel saya diatas bukan berarti melarang minum kopi lho..kafein itu tetap berguna untuk dminum asal tak berlebihan. Jadi Suami Anda yang minum kopi 1-2 gelas setiap hari yah ga apa-apa, asal memang fungsi kardiovaskularnya (jantung, tekanan darah, dsb) dalam keadaan normal. Jadi jangn ragu buat ke starbuck yah, saya juga suka kok Starbucks....

Ya saya juga sependapat tentang pantang minum kopi sajalah selama hamil, tapi memang dari hasil penelitian, dikatakan seperti di atas yaitu bahaya kafein memang terbukti positif pada trimester kehamilan yang pertama.




Rabu, 09-04-2008 12:39:23 oleh: M.zuriat Fadil

wah saya juga penggemar berat kopi dan kafein(soalnya saya gk mau minum kopi tanpa kafein)....

..

soalnya kalo nulis sambil minum kopi koq idenya meledak-ledak ya....

hmmm...tapi sepertinya mesti dibatasi nih....


artikelnya bukan buat nakut-nakutin penggemar kopi kan dok?




Rabu, 27-08-2008 20:54:01 oleh: amalia ahdiah

dok,penelitian saya tentang pengaruh kafein thdap waktu reaksi lho.. udah sidang 1 kali,eh,pd saat mau penelitian malah disandera n tidak di setujui oleh komisi etik kedokteran.. alasannya krn di cb pada manusia,pdahal dosis yang saya gunakan itu cm 40 mg, msh dosis yang aman (dari beberapa jurnal yg sy bc).. n variabel lainnya bs sy kendalikan.. tp knp y dok dicekal? jd skripsi sy g maju2 neh.. sangat berbahayakah kafein? padahal sampel sdh sya pilih sesuai kriteria tidak intoleransi kafein lho.. bgaimana tanggapan dokter ttg masalah sy ini?



Senin, 01-09-2008 00:03:05 oleh: Leonardo Paskah S

alo Mbak Amalia...wah menarik juga paper Anda. Kafein dengan dosis sedemikian harusnya masi dalam rentang aman si. Saya tidak tahu bagaimana metodologi persis paper Anda, namun gambaran bahaya kafein umumnya dijumpai jika paparan berulang2 ( meningkatkan tekanan darah, resiko batu ginjal, serta kecanduan) dan jika sampel yang Anda gunakan adalah kaum dewasa lanjut-apalagi jika dengan fungsi jantung yang masih belum dipastikan normal.

Demikianlah kesulitan penelitian terhadap manusia. Untuk mencapai tahapan uji klinis suatu senyawa kimia maka senyawa itu harus melalui berbagai tahapan pada hewan hingga dipastikan aman terlebih dulu.

Semoga membantu dan tetap pantang menyerah ok?!




Rabu, 05-11-2008 13:31:22 oleh: nurlaela

tadi pagi saya dengar di radio kafein bagi wanita mengakibatkan dada menjadi rata benar atw tdk ya dok sebab saya penggemar berat kopi



Senin, 10-11-2008 10:31:25 oleh: Leonardo Paskah S

Bagi Bu Nurlaela,
secara medis tentu saja hal tersebut tidak benar, mungkin sekedar mitos atau isu saja.
Saya belum pernah membaca laporan resmi tentang efek samping demikian.
Jadi Anda tidak perlu cemas lagi minum kopi, namun ingat, sebaiknya dibatasi (maks. 2 gelas sehari) jika sudah berusia >50thn dikarenakan salah satu resiko yang mengkhawatirkan bagi wanita adalah osteoporosis.
trims




Selasa, 24-03-2009 22:06:48 oleh: Gracesella


waaaa.. kafein jg bisa membantu pembakaran dalam tubuh kan?
Soalnya sebelum gym saya minum kapsul yg salah satu kandungan besarnya kafein...
Nah,lo jd gmn donk?

TX




Kamis, 26-03-2009 10:13:44 oleh: Leonardo Paskah S

tentunya kafein akan meningkatkan metabolisme tubuh karena bersifat stimulan, namun bukan hal itu yang dicari untuk olahraga, justru olahraga adalah cara alamiah nan efektif untuk memacu pembakaran (oksidasi) dalam tubuh. Penggunaan kafein sebelum olahraga tidak dianjurkan karena dpt menurunkan endurance dan mempermudah dehidrasi karena kafein bersifat diuretik yaitu mendorong kencing lebih banyak. Sehingga justru metabolisme menjadi tidak sempurna jika olahraga diiringi minum kafein. Minuman terbaik sesaat sebelum olahraga adalah minuman sport isotonik karena akan meningkatkan cadangan elektrolit dan zat yang dibakar oleh tubuh selama olahraga.



Sabtu, 18-04-2009 17:04:17 oleh: fany susanna

ngomong2 soal kafein tidak bagus buat utk khamilan muda mungkin bnar adanya.sy igin bercerita sedikit tentang itu, waktu sy hamil anak k-2 sya sering minum kopi dan memang sya sk mengkomsumsi kopi...tp bkn d seduh melainkan sy mkan( sehari 1 bungkus kopi ayam merak) kopi na sj selama khamilan dan melahirkan allhamdulilah tdk knp2. klo tidak mkn kopi bdan rsa na lmes gak ad tnaga n pusing2 kpala ...kcanduan kali ya mpe sekarang hamil k-3 pun sy masih makan kopi :D apa karna tdk d seduh ya...?



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY