Retty N. Hakim

Apakah Prakambrium Sebuah Era?

Jumat, 04-04-2008 13:24:49 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Peristiwa

Ada berita menarik yang saya temui di Yahoo! News (lihat http://news.yahoo.com/s/ap/20080403/ap_on_re_us/smarter_than_the_smithsonian), seorang anak lelaki berusia 11 tahun, yang duduk di kelas 5 SD di Michigan berhasil mengenali kesalahan label pada Museum Smithsonian (Smithsonian Institution's National Museum of Natural History) yang menuliskan Prakambrium (Precambrian) sebagai sebuah era.

Menurut Wikipedia Indonesia, Prakambrium adalah nama informal untuk eon-eon pada skala waktu geologi yang terjadi sebelum eon Fanerozoikum saat ini. Periodenya dimulai dari pembentukan Bumi sekitar 4500 juta tahun yang lalu hingga evolusi hewan makroskopik bercangkang keras, yang menandai dimulainya Kambrium, periode pertama dari era pertama (Paleozoikum) eon Fanerozoikum, sekitar 542 juta tahun yang lalu.

Bocah lelaki, Kenton Stufflebeam, yang saat itu sedang berlibur dengan keluarganya melihat kesalahan label yang sudah terpasang sejak tahun 1981. Sudah jutaan orang berlalu lalang di dalam museum itu, dan anak ini adalah orang pertama yang melihat kesalahan itu dan menunjukkannya kepada ayahnya yang kemudian mengajaknya melaporkan ke pihak museum. Anak ini yakin akan kesalahan tersebut karena gurunya di kelas pernah hampir terpeleset salah menyebutkan Prakambrium sebagai sebuah era sebelum mengkoreksi dirinya sendiri.

Ternyata pelajaran sulit bukan cuma ada di Indonesia, bahan pelajaran anak ini juga termasuk "kelas berat" menurut pandangan saya yang tidak begitu familiar dengan istilah geologi. Tapi yang lebih mencengangkan lagi adalah sikap kritis yang bisa terbentuk karena dia memahami benar apa yang dipelajarinya. Memang kesalahan yang ada cukup dikoreksi dengan menghapuskan kata "era", tapi setidaknya anak ini berhasil membuat tercengang para kurator museum yang lalai.

Bookmark and Share

Tag/Label aneka, museum smithsonian, kenton stufflebeam
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Jumat, 04-04-2008 14:13:55 oleh: Wicaksono

posting ini sedikit menunjukkan siapa retty yang ternyata punya ketertarikan dan minat begitu luas. saya menjura kepadanya.



Jumat, 04-04-2008 16:52:25 oleh: phil lea

Mbak... saya juga baru ngeh....., karena kata "Prakambium", karena memakai Pra/Pre biasanya adalah suatu masa atau era. Thx berat buat tambahan wawasan bagi saya.Salam !!



Jumat, 04-04-2008 19:39:37 oleh: Retty N. Hakim

Waduh...komentar mas Wicak membuat saya terpaksa (lagi-lagi) buka kamus...he...he...he....Terima kasih sudah dibaca, justru saya lagi mencoba mengikuti nasihat mas Wicak di blognya yang terbit online dan offline itu...Fokus! Sulit buat otak yang suka meloncat-loncat seperti otak saya. Justru saya yang perlu menjura pada mas Wicak karena pandainya mencari istilah...roti sisir itu sebenarnya enak lho (kalau belum jamuran!)

Sebenarnya artikel ini justru lagi berusaha fokus, bukan karena geologinya, tapi karena kekritisan anak SD itu...heibat banget (pendidikannya)! Hal lain yang ingin saya ungkapkan disini adalah kemampuan sang guru untuk meralat dirinya sendiri justru menjadi hal yang membuat hal itu sangat berbekas di hati muridnya. Prakambium itu bonus buat saya juga pak Phil!




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY