Micky Jo

Kompor Bahan Bakar Biji Jarak

Senin, 24-03-2008 11:27:21 oleh: Micky Jo
Kanal: Peristiwa

Kompor Bahan Bakar Biji Jarak

Pemerintah berencana menarik subsidi minyak tanah per 1 Mei 2008 nanti. Walaupun masih berupa rencana namun hal tersebut sudah membuat resah masyarakat kecil.

Berdasarkan data yang dikumpul tim GOOD MORNING pagi ini (24/3), Pemerintah telah mensubsidi kebutuhan minyak tanah untuk masyarakat Jakarta sebesar 70 ribu kiloliter sepanjang tahun 2007..Nah loh…itu baru Jakarta loh…

Yup, kelangkaan minyak tanah diberbagai pelosok negri kita ini tak ayal juga melambungkan nilai jual minyak tanah tersebut. Harga Minyak tanah sekarang berkisar Rp 2.800,-s/d Rp 4.000,- dan dipastikan akan melonjak menjadi Rp 7.000,-/liter bila Pemerintah benar – benar tidak lagi memberikan subsidi ( selama persediaan di pangkalan Minyak tanah masih ada loh..).

Rencana Pemerintah untuk melakukan konversi bahan bakar elpiji-pun masih menjadi polemik sebagian besar masyarakat yang notabene adalah rakyat tidak mampu. Menurut masyarakat, harga elpiji sebesar Rp 15.000,- /tabung masih terlalu mahal.

Untuk itu mereka masih menganggap kenaikan minyak tanah masih diambang batas…” Asalkan gak habis sih harga Rp 7.000,- sih gak apa – apa…”..kata salah satu warga. Nah, bagaimana bila minyak tanah benar – benar RAIB dari bumi INDONESIA ini?

Hal itulah yang memicu sekelompok pengrajin dari Lowokwaru Malang untuk memproduksi kompor dengan bahan bakar dari BIJI JARAK. Sekilas kompor tersebut terlihat tidak jauh berbeda seperti kompor minyak pada umumnya. Hanya saja BIJI JARAK langsung diletakkan di atas tangki ( tanpa proses penyulingan loh ). Dan api yang dihasilkan juga gak kalah dengan kompor minyak. Warga Malang menyambut gembira kompor baru ini karena bahan bakarnya-pun gak terlalu sulit didapatkan…hampir di setiap halaman rumah warga terdapat tanaman JARAK ini..selain memang mudah tumbuh, BIJI JARAK-pun banyak dijual dipasar ( harganya jauh lebih murah dunk..).

O,ya kompor berbahan bakar BIJI JARAK ini dapat dimiliki oleh warga seharga RP 50.000,- ( Gak mahal loh..).. Sebenarnya penggunaan BIJI tanaman JARAK sebagai bahan bakar sudah lama dikenal terutama di dunia otomotif.

Sekilas tentang Tamanan Jarak...

Tanaman jarak penghasil biodiesel ini berasal dari jenis TANAMAN JARAK pagar dikenal dalam bahasa Inggris bernama Physic Nut ( species Jatropha curcas ). Tanaman jarak Physic Nut banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia dan yang lebih penting lagi nih.. dapat diperoleh ekstrak minyak dari bijinya. Hmmm, untuk itulah tanaman jarak Physic Nut lebih banyak terkait dengan informasi biodiesel atau biofuel.

Yup, minyak jarak (Jatropha oil) akhir-akhir ini mulai banyak diperkenalkan sebagai energi alternatif biodiesel. Biodiesel tersebut dihasilkan dari minyak yang diperoleh dari biji tanaman jarak. Dan dalam berbagai penelitian tentang minyak yang dihasilkan oleh tanaman jarak ini tampaknya dapat menjadi substitusi bahan bakar diesel.

Menghadapi krisis kelangkaan BBM dan kenaikan harga BBM di Indonesia, Pemerintah mulai menggali sumber-sumber energi alternatif. Minyak jarak ini pun mulai mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Setelah dirintis oleh ITB kemudian diikuti oleh IPB, dan selanjutnya diikuti oleh lembaga pemerintah pusat yaitu BPPT dll dan saling bekerja sama untuk pengembangan minyak jarak sebagai bahan bakar minyak alternatif ini.

Semoga dapat mengurangi keresahan masyarakat atas kelangkaan minyak tanah ya…^_^

Bookmark and Share

Tag/Label aneka, minyak tanah, kompor, biji jarak
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
99 komentar pada warta ini
Senin, 24-03-2008 18:10:15 oleh: Bams

Tanaman jarak memang sudah sering digunakan sebagai bahan bakar loh dijepang, hanya diindonesia memang baru saja diperkenalkan. Ya, bisa jadi solusi buat kelangkaan minyak tanah. Terkadang kreatifitas mendadak muncul bila sudah terjepit hehe



Rabu, 26-03-2008 21:56:09 oleh: Micky Jo

Kan sudah dibekali akal dan pikiran he..he..



Sabtu, 05-04-2008 12:51:43 oleh: baliazura

postingannya saya link dari blog saya

salam
http://baliazura.wordpress.com




Minggu, 06-04-2008 12:25:09 oleh: AL ITENGUN

ini adalah penemuan yang sangat berguna bagi masyarakat Indonesia yang umumnya masih berada dibawah garis kemiskinan.



Selasa, 08-04-2008 09:53:08 oleh: ardiansyah saad

bagaimana caranya menjadi agen kompor diwilayah Jakarta ?km berminat bekerjasama dengan anda



Jumat, 11-04-2008 21:06:20 oleh: Agus Sutrisno

Gimana caranya agar saya bisa memesan kompor biji jarak pagar yang harganya 50rb, apa melalui wikimu bisa?.
Kalau bisa tolong informasikan ke saya melalui email saya (a.trisno@yahoo.co.id).
Trimss''.




Jumat, 11-04-2008 22:46:19 oleh: Micky Jo

Dimalang mudah2an masih ada ya bung Agus, bisa confirm kesaya via email..thanks



Senin, 14-04-2008 22:24:37 oleh: Rachmad

Dear teman/saudara/saudari,
Mohon informasinya dimana saya bisa membeli kompor biji jaraknya dalam jumlah banyak untuk saya jual belikan, karena saya punya kebun jarak sendiri. Mohon saudara/saudari yang mengetahui bisa menginformasikan ke riojarakpagar@yahoo.com atau riojarakpagar@gmail.com

Atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.





Selasa, 15-04-2008 09:27:17 oleh: hestina

menurut saya bahan bakar dari jarak tersebut sangat berguna sekali bagi kita dari segi ekonomi dan cara pembuatannya juga sangat mudah namun jarak susah untuk di temui



Selasa, 15-04-2008 21:52:32 oleh: M.K.ZUDI

saya sangat tertarik dan ingin bekerja sama untuk membudidayakan tanaman jarak dan cara mendapatkan bibit,juga ingin beli kompornya tlong kirim kesini



Rabu, 16-04-2008 15:07:27 oleh: DANANG

Mohon bantuan pada teman2 mengenai info penjual minyak jarak murni atau ester nya..
ada yg tau ga?
Kalau ada yang tau tolong kasih tau alamt yang jelas..

Thanks..




Rabu, 16-04-2008 16:04:11 oleh: Micky Jo

Wah..kayaknya prospek niy...wek..kek..kek..



Kamis, 17-04-2008 08:53:46 oleh: sandra

bisa tahu alamatnya di mana? saya juga pingin punya

Thanks




Jumat, 18-04-2008 09:19:13 oleh: bevit

selain dapat menghemat pengeluaran rumah tangga penggunaan minyak jarak juga lebih aman dibandingkan gas.



Senin, 21-04-2008 15:19:17 oleh: yullie

Bagaimana untuk mendapatkan kompor minyak jarak diluar jakarta.tolong informasinya ???



Rabu, 23-04-2008 16:30:06 oleh: Sonny Tanjung

Ass..
Bagaimana Cara mendapatkan Kompor Biji Jarak?
Saya Berminat untuk menjadi Agen di Pulau Madura,
Lalu dmn saya bisa beli bibit jarak?
terima kasih




Kamis, 24-04-2008 03:09:47 oleh: hanna queena

wah ini benar2 alternatif yang tepat utk menolong masarakat mau dunk dlibatkan



Kamis, 24-04-2008 04:36:16 oleh: Micky Jo

untuk rekan2 semua, saya juga bila berkesempatan dan ada waktu luang untuk mencari home industri kompor berbahan biji jarak ini yang ada didaerah LOWOKWARU MALANG ( seperti tersebut diartikel diatas ) karena saya juga belum mendapatkan alamat detailnya. Insyaallah, bila sudah ketemu..i'll inform soon to u all..thanks before. Mungkin ada teman2 dimalang yang tau alamatnya..please inform to us...thanks..



Minggu, 27-04-2008 21:37:14 oleh: Agus Sutrisno

Untuk kawan2 yang ingin tau tempat pembelian kompor jarak bisa email sy tapi ada syaratnya, sy perlu biji jarak untuk kompor tolong informasikan dimana sy bisa membeli biji jarak pagar kering yang murah atau kawan2 sendiri ada yang jual. (a.trisno@yahoo.co.id)



Senin, 28-04-2008 05:06:58 oleh: siti lulkhiyah

mf saya mahasiswa UM emmbutuhkan bantuan anda. tolong diterangkan bagaimana kompor biji jarak ini dibuat. hal ini sangat penting sekali untuk menunjang selesainya tugal saya, trimaksih.




Senin, 28-04-2008 22:03:59 oleh: Micky Jo

mbak siti, sekilas info yang saya dapat dari televisi..kompor biji jarak ini hampir sama dengan kompor minyak tanah pada umumnya ( dari segi fisik ) hanya saja tanpa tangki tempat minyak tanah. Cara kerjanya pun sangat sederhana, biji jarak diletakkan langsung diatas tungku kompor dan langsung dinyalakan tanpa melalui proses penyulingan...mungkin ada yang bisa membantu lebih detailnya..thanks ya..



Kamis, 15-05-2008 10:15:19 oleh: taufan MH SE

ide cermelang,dimana hal inilah yang dapat membantu terwujudnya kemakmuran masyarakat indonesia pada sisi kenyamanan ketersediaan bahan bakar



Kamis, 15-05-2008 13:46:37 oleh: jati setiawan

gmana skr cara kita sosialisasikan ke masyarakat agar mudah dib pahami dan diterapkan. q punya banyak banget biji jarak kering, jmlahnya mencapai 1ton .da yg berminat hub: 085233482022 jaty.



Jumat, 23-05-2008 16:28:44 oleh: Gusti Siregar

Berapa lama api pembakarannya bertahan?
Bagaimana kualitas apinya?
Bagaimana cara mendapatkan kompor untuk yang di luar pulau jawa?




Minggu, 25-05-2008 14:31:53 oleh: mendol_1

nanem jarak ah...



Minggu, 25-05-2008 20:28:27 oleh: Micky Jo

Kualitas api lumayan biru..yuk..kebetulan tanaman jara ini gak terlalu rewel alias mudah banget tumbuh...:)



Senin, 26-05-2008 16:08:13 oleh: arif

teman teman saya butuh info hrg beli biji jarak kering per tonnya brapa?ada permintaan dari prancis...



Rabu, 28-05-2008 12:08:11 oleh: wagirun

Selamat siang,saya mohon bagaimana saya bisa mandapatkan kompor yang menggunakan bahan bakar biji jarak,karena saat ini warga kami sangat kesulitan bahan bakar,sekali lagi saya mohon bantuanya.Wassalam WAGIRUN



Rabu, 04-06-2008 12:14:28 oleh: Drs.Riwedy Attak

bagai mana cara mengembangkanya di daerah palangkaraya n pengembangan produksinya?
saya mau mendirikan penanaman jarak di palangkaraya bagaimana cara mendapatkan investasinya?




Rabu, 04-06-2008 12:18:12 oleh: yudy

mohon bantuanya dr tmn2, saya mau mendirikan pabrik pembuatan minyak dr buah jarak n saya pengen tau prosedur n perkembanganya ke depan???????



Rabu, 04-06-2008 12:40:08 oleh: Tristan Prahastyawan

Saya pernah mencoba menyalakan biji jarak kering namun nyalanya tidak heboh amat. Kalau dari nilai kalornya 1 liter minyak mungkin setara dengan 4 kg biji jarak.

prospek jarak bagus, sementara ini kendalanya :
- produksi biji masih rendah, belum ketemu bibit unggul
- biji masak tidak serentak sehingga pemanenan sangat padat karya
- biji cepat berjamur waktu disimpan kalau tidak dikeringkan benar-benar. Pengeringan perlu tempat dan tenaga pula.
- banyak data yang cenderung tidak obyektif termasuk dari kalangan ilmiawan khususnya mengenai produksi biji dan syarat tumbuh.




Senin, 16-06-2008 16:13:37 oleh: rosa nursanti

tertarik banget sama bio gas yg ini karena disetiap rumah bisa ditanam sendiri, jadi punya kilang sendiri dech....
tapi buat disumatera dapat beli kompornya dmn ya?
trus bijinya juga kalo ada sich yang partai besar biar bisa jual lg.tolong info nya ya.




Sabtu, 28-06-2008 22:24:07 oleh: fajri

saya ingin membeli kompor yang bahan bakarnya dr pohon jarak,tapi tidak tau alamatnya...mohon untk di kasik tau di mana saya bisa mendapatkan kompor tsb....makas



Senin, 30-06-2008 22:40:12 oleh: Micky Jo

Terakhir saya temui diMalang..



Selasa, 01-07-2008 21:43:02 oleh: saiful munir

kami kebetulan punya kebun percontohan tanaman jarak binaan dinas pertanian di daerah kami (martapura OKU Timur)dan sudah panen tiap hari meski belum banyak, sampai hari ini belum ada yang nampung.. sesekali ada yang pesan untuk bibit dan biasanya minta yang induknya bagus, jadi jika ada yang berminat bisa hubungi kami...(Ipung-0813 77661022)



Kamis, 17-07-2008 14:28:56 oleh: deni

saya juga tertarik untuk mengetahui lebih detil mengenai pohon jarak:
- di mana bisa mendapatkan benihnya?
- bagaimana cara budidayanya?
- bagaimana memproses biji jarak yang untuk digunakan langsung sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah untuk kompor?
- di mana saya bisa dapatkan kompor biji jarak? mohon alamat lengkapnya.





Sabtu, 19-07-2008 12:29:43 oleh: fidratul musanef

saya berminat nih dengan kompor jaraknya,,,dimana saya bisa membeli???
minta tolong dong alamat dan nomor hp yang bisa dihubungi,,,

minta tolong yaa
trimss




Selasa, 29-07-2008 16:36:05 oleh: alfarok

saya minta alamat lengkap produsen kompor biji jarak di lowokwaru. hub 081542235559
saya harap secepatnya dikirim alamatnya.




Minggu, 03-08-2008 10:19:32 oleh: Azwar Herdy Primanta

Saya adalah Tim marketing kompor Biji Jarak yang sedang gencar memperluaskan jaringan agen diseluruh Indonesia.
Prusahaan kami bernama PT. Garlina bertempat di Agus Salim 01 Jombang. sedangkan pabrik binaan terdapat di Tlogomas bukan di Lowok waru.sedangkan pabrik sekala besar berada di Gresik.
Apabila ada yang berminat mengetahui informasi mengenai : spesifikasi kompor, biji jarak dan bibit jarak silahkan hub. kantor kami cco: bpk.Drs. Eko widaryanto, MSI dosen Universitas Brawijaya selaku penemu kompor.

PT. Garlina
Jl.Agus Salim 01 Jombang
Telp: 0321862356
Hp : Staf Marketing - Azwar H.P., SP(085646378063)
-Budi sudiat (081553206329)
Email: azwar_agricon@yahoo.com




Kamis, 21-08-2008 09:52:01 oleh: Deni Hendrawan

Good ide, Kalo di bandung udah ada belum yach. minta informasinya dong.
Thank's




Rabu, 27-08-2008 09:46:35 oleh: musliman

Gimana caranya agar saya bisa memesan kompor biji jarak pagar yang harganya 50rb, apa melalui wikimu bisa?.
Kalau bisa tolong informasikan ke saya melalui email saya (gampang_bro@yahoo.co.id).
Trimss''.




Selasa, 02-09-2008 16:04:41 oleh: ponco mardono

bagaimana caranya untuk mengembangkan biji jarak sebagai bahan alternatif, serta memperoleh peralatan / perlengkapan menyangkut ; mesin pengolahan, kompor, dll ?
Mohon alamat yang direferensikan apabila kami berada di sekitar Semarang (Jawa Tengah) ?
Mohon untuk segera dikonfirmasi !

Terima Kasih.




Jumat, 05-09-2008 23:58:35 oleh: hendra

maaf,mau tanya,..kalo kita beli kompor biji jarak tersebut,terus beli bijinya dimana yah,..harganya murah ngga ?,..trus untuk massak sekitar 2 jam musti berapa banyak biji yah..? soalnya terus terang di pulau belitung kami,saya ngga tahu musti belinya kemana ...,mungkin temen2 ada masukan..? tolong infokan ke cangtoke@yahoo.co.id

trims atas bantuanya.wassalam




Minggu, 07-09-2008 22:15:26 oleh: Andi Muhammad

Dimana bisa kita beli atau pesan kompor biji jarak mohon almatnya atau dapat menhubungi D/A jl.Andi makkulau kota palopo Telp. 047121130 atau HP0811422797 A/N.Pak Andi.



Rabu, 10-09-2008 13:58:26 oleh: Robert Panjaitan

haloo semua,
saya bisa ngusahakan biji jarak pagar untuk ditanam, bagi teman2 yang memerlukan silahkan hub 08122943256 sms juga bisa.
thanks sblmnya




Kamis, 11-09-2008 11:27:20 oleh: dwi haristono

Wah... sy sgt tertarik dgn energi alternatif yg basl dr tnm2n ini. Kl bs mlh Indonesia yg mmlk lhn tdk prod ditnmi sj dg jarak pagar ini, mgkn bs jd neg ky minyak jarak. Mmg mdl awal hrs berani dg sgl resiko dr mulai pembibitan, proses dan pemasaran/penjualan produk jadi. Kl blh th berapa yg akan dihslkan dg lahan 150 m2 jk ditanami pohon jarak pagar tsb. Kemudian kmn biji2 yg dihasilkan tsb akan ditampung utk diolah menjadi minyak jarak? Utk wil Semarang kmn sy bs dptkan bibit jarak pagar tsb?



Kamis, 18-09-2008 12:03:44 oleh: Hari Kusnanto

Saya tertarik untuk beli kompor biji jarak itu, dimana saya dapat peroleh? saya mau nyoba dan untuk disebarluaskan penggunaanya. Mohon info alamat dan no telp tempat pembelian kompor biji jarak pagar. Trimakasih, semoga sukses kompor biji jarak.



Jumat, 19-09-2008 18:21:46 oleh: jOhn

mohon alamat lengkap dimana saya bisa mendapatkan barang tersebut,,
dan contact personnya juga..
kirim ke email saya
First99x@yahoo.com


mohon bantuannya ya




Senin, 29-09-2008 21:08:48 oleh: Jupriyadi Pello

Mohon info alamat lengkap untuk mendapatkan Kompor biji jarak tanpa perlu di olah. Mohon secepatnya infonya. thks.



Minggu, 19-10-2008 21:57:30 oleh: bronson

mohon alamat dimana saya bisa mendapatkan kompor tsb dan bibit jarak,

mohon bantuannya ,terima kasih




Kamis, 30-10-2008 16:41:31 oleh: marolop

Saya tertarik untuk beli kompor biji jarak itu, dimana saya dapat peroleh? saya mau nyoba dan untuk disebarluaskan penggunaanya. Mohon info alamat dan no telp tempat pembelian kompor biji jarak pagar. Trimakasih, semoga sukses kompor biji jarak.



Selasa, 18-11-2008 14:28:07 oleh: SIGIT WALUYO

Saya ingin beli kompor dari minyak jarak,dimana saya bisa mendapatkannya?Tolong kasih informasi dooong!



Minggu, 23-11-2008 08:48:34 oleh: eko

Saya berniat ingin beli kompor biji jarak, dan untuk dijual lagi. saya mohon infonya alamat dan no telp tempat pembelian kompor biji jarak pagar. Trimakasih, semoga sukses kompor biji jarak.



Rabu, 17-12-2008 14:38:10 oleh: eric

dimana ya belinya kompor biji jarak pagar kasih alamat ya yang jelas ya aku mau beli soal nya aku punya tanaman jark di ladang.



Jumat, 02-01-2009 15:48:43 oleh: mucharobin

minta alamat pembuat kompor dong.....
kalo ada juga penghasil jarak pagarnya....




Jumat, 02-01-2009 16:41:06 oleh: heriyadi

saya jugamau dunk kompor biji jarak,gimanasih cara
dapetin kompor tersebut.




Jumat, 09-01-2009 14:11:59 oleh: salleh

saya perlukan biji benih jarak untuk 500 tan. dihatar ke malaysia tapi saya confuse yang mana satu biji untuk tanaman dan yang mana satu untuk minyak dan apa beza nya. tolong emailkan pada saya terima kasih ..



Sabtu, 24-01-2009 21:27:24 oleh: Muhjar Kisage

tolong saya mau beli kompornya sekalian jadi bisnis, thaks



Selasa, 27-01-2009 11:13:01 oleh: sam

mohon informasi, dimana saya bisa beli minyak jarak?

terima kasih banyak

SAM




Selasa, 27-01-2009 20:26:55 oleh: Muhjar kisage

tolong dong saya butuh banget info tentang kompor jarak pagar dan sekalian saya mau mencoba barangnya, bagi yang membaca ni tolong ya dimana saya dapatkan kompornya email aja ke ujee_26275@yahoo.co.id HP. 081339818149 telp. (0372) 635161, trimakasih banyak



Sabtu, 07-02-2009 17:00:23 oleh: bizan

ayas wong ngalam, alamat panjenengan ngendi? aq arep tuku gae ndhuk omah. kirim ono yo alamate



Rabu, 25-03-2009 17:44:32 oleh: gema ramdhan

waw,sepertinya makin maju ajah nie indonesia
keren banget...
oia untuk penulis minta tolong juga dunk info tentang biji jarak yang diubah jadi minyak ini...




Rabu, 22-04-2009 22:40:21 oleh: ichuq

Jeng, lumayan menggelitik artikelnya membuat kepikiran ingin mengembangkan kompornya sehubungan dg dah langkanya minyak tanah. Tolong dong konsep kompornya bagi ke kita. Terima kasih !



Kamis, 23-04-2009 09:33:56 oleh: Rachmattullah

Pendistribusian untuk kompor dan bahan bakar biji jarak merupakan alternatif paling sederhana disaat rakyat kecil membutuhkan. didaerah saya akibat sangat langkanya minyak tanah sehingga kebanyakan masyarakat setempat mengolah kayu bakar sebagai aternatif pengganti minyak tanah. mohon bantuannya agar bisa diberikan peluang untuk bekerjasama untuk pembelian dalam pengadaan kompor dan bahan bakar biji jarak yang sangat kami perlukan di daerah kami. thx

contact persons : 085241720015




Kamis, 23-04-2009 10:13:26 oleh: feramunsyah

dimana beli kompornya, untuk jakarta



Senin, 27-04-2009 10:52:05 oleh: kusuma dwi wikka

mohon untuk mencantumkan serta gambar2 konstruksi pemanfaatan jarak dengan kompor



Sabtu, 13-06-2009 23:07:42 oleh: irwan natsir

saya sangat tertarik untuk mencoba sekaligus memiliki kompor biji jarak pagar,kebetulan saya adalah manajer kebun PT.Jatro Oil Plantation Bulukumba Sulawesi Selatan yang telah menangani perkebunan Jarak Pagar seluas 3000 Ha dan memiliki petani plasma sekitar 5000 orang.saya membutuhkan contoh kompor biji jarak pagar 20 buah mohon petunjuk cara pembayaran dan pengirimannya,saya juga bersedia menjadi agen pemasaran untuk wilayah sulawesi selatan khususnya kabupaten bulukumba.




Minggu, 28-06-2009 18:34:10 oleh: arifin

kita ada produk kompor biji jarak dengan pekerjaan manual (handmade ) sehingga jumlah belum bisa banyak.Jika berminat dapat kita bekerja sama menyalurkan produk perajin kompor di daerah kami.kalau boleh tau saat ini berapa harga biji jarak kering punya bapak




Kamis, 06-08-2009 13:57:00 oleh: agung

Kami siap bantu anda untuk memiliki KOMPOR BIJI JARAK ,hub email : brutus_macho@yahoo.com
Siapa cepet dia dapat Uang.

terima kasih.


AGUNG




Kamis, 27-08-2009 06:56:32 oleh: DrR.ELPAWATI.IR.MP

mohon bantuan saya mau beli kompor biji jarak produksi eko prasetya untuk praktek ke masyarakat dan mahasiswa



Jumat, 28-08-2009 23:54:21 oleh: deny setyawan

saya berminat dengan kompor nya.....
dimana saya bisa mendapat kan kompor nya????
mohon saya d kasi tau tempat dan alamt lengkap nya buat mendapatkan kompor biji jarak tersebut...
terima kasih sebelum nya....

tolong di kirim di email saya..

deny_a7x_mania@yahoo.com




Rabu, 02-09-2009 14:01:14 oleh: anwarul hasan

dimana saya bisa memperoleh kompor biji jarak ya,trim untuk infonya



Jumat, 06-11-2009 10:42:32 oleh: Mukhlis Rauf, SE

saya berminat dengan kompor nya.....
dimana saya bisa mendapat kan kompor nya????
mohon saya d kasi tau tempat dan alamt lengkap nya buat mendapatkan kompor biji jarak tersebut...
terima kasih sebelum nya....

tolong di kirim di email saya..
mukhlisrauf2004@yahoo.com




Senin, 14-12-2009 21:09:45 oleh: niken

bisa minta tolong kirimkan alamat/email untuk membeli kompor biji jarak ke email saya? Trimakasih banyak atas bantuannya.



Selasa, 15-12-2009 05:02:16 oleh: handoyo

saya tinggal di sidoarjo, saya tertarik dengan kompor yang katanya harganya 50 ribu.dimana saya bisa membelinya?



Rabu, 16-12-2009 17:43:11 oleh: Micky Jo

To all friends above...
Bagi teman2 yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kompor biji jarak ini, sehubungan dengan semakin langkanya Mitan akhir2 ini bisa hubungi..Sdr. Azwar Herdy Primanta (Tim marketing) kompor Biji Jarak yang sedang gencar memperluaskan jaringan agen diseluruh Indonesia.
Prusahaan kami bernama PT. Garlina bertempat di Agus Salim 01 Jombang. sedangkan pabrik binaan terdapat di Tlogomas dan pabrik sekala besar berada di Gresik.
Apabila ada yang berminat mengetahui informasi mengenai : spesifikasi kompor, biji jarak dan bibit jarak silahkan hub. kantor kami cco: bpk.Drs. Eko widaryanto, MSI dosen Universitas Brawijaya selaku penemu kompor.

PT. Garlina
Jl.Agus Salim 01 Jombang
Telp: 0321862356
Hp : Staf Marketing - Azwar H.P., SP(085646378063)
-Budi sudiat (081553206329)
Email: azwar_agricon@yahoo.com

Semoga bermanfaat..terima kasih..




Sabtu, 26-12-2009 13:06:23 oleh: yosi ardiansyah

kenapa telpon dan email pt garlina susah sekali dihubunggi mungkin ada informasi lain mengenai produsen kompor untuk jarak pagar



Minggu, 17-01-2010 14:35:12 oleh: Drs.Ec.Suyatno

saya pingin jadi agen kompor biji jarak di jawatimur gimana caranya mohon dibalas email saya lindu_aji074@yahoo.com makasih serius nihhh



Minggu, 17-01-2010 14:36:47 oleh: Drs.Ec.Suyatno

saya pingin jadi agen kompor biji jarak di jawatimur gimana caranya mohon dibalas email saya lindu_aji074@yahoo.com makasih serius nihhh



Selasa, 19-01-2010 17:56:00 oleh: heri afandi

Saya berada di kota Medan mohon bantuan informasinya ttg dimana bs mndptkan kompor minyak jarak di Medan. Email saya andi_anggara@yahoo.com Makasih



Kamis, 28-01-2010 16:02:23 oleh: fatur

saya butuh info prospek jarak pagar untuk kedepan.?kami tergabung dalam beberapa petani jarak di wonosobo. rencana akan kerja sama dengan pihak PT. segera kirimkan email ke luphex_freak@yahoo.com. terima kasih



Selasa, 09-02-2010 12:36:24 oleh: maryanto

saya sangat setuju sekali dg adanya kompor biji jarak ini. saya berminat untuk menjadi agen untuk semarang. tetapi sayangnya minimum ordernya masih terlalu besar, sehingga perlu modal yg cukup besar pula. mohon untuk minimum ordernya bisa dikurangi lah. trimakasih. bagi para rekan yg pengin info hub aku. 02470070813.



Rabu, 24-02-2010 13:01:31 oleh: ardiarta

minta info nama plus alamat pabrik minyak jarak di jawa tengah,, lagi butuh minyaknya ne,,



Selasa, 06-04-2010 13:32:08 oleh: ihwanuddin, s.sos.

tolong donk, info tentang penjual kompor jarak dan harga perunitnya, terima kasih.



Selasa, 13-04-2010 09:38:51 oleh: indra

Mrs Micky Jo

saya telah membaca tulisan micky jo. saya mau tanya apakah di malang masih banyak biji jarak nya?




Senin, 26-04-2010 09:16:24 oleh: Hadi Mustofa

Walaupun bukan hal baru karena jaman penjajahan dulu sudah digunakan namun pemberdayaan kembali biji jarak untuk bahan bakar perlu mendapat perhatian utamanya pengelolaan biji jarak menjadi minyak pengganti minyak tanah yang murah dan mudah dilakukan bagi masyarakat pedesaan. Dan mohon info berapa harga biji jarak sekarang ? Terima kasih.



Senin, 21-06-2010 12:56:03 oleh: saut T

apakah di jakarta sdh ada agen kompor biji jarak ? dimana alamat yg terdekat dari jakarta ? tolong hubungisaya : 081319350660. trims.







Kamis, 24-06-2010 17:45:32 oleh: Eko Agung Widagdo

Salam kenal semua,,,

Saya membutuhkan biji jarak pagar (kualitas besar tidak masalah), bagi yang memiliki info ataupun berniat menjualnya saya berminat, hubungi saya di 085640646008 atau aioagung@gmail.com

- Harga Nego -

trm kasih
Agung




Minggu, 04-07-2010 13:24:01 oleh: Irchamni NG

nice to meet u everyone

saya tertarik dengan informasi minyak jarak.

mulai dari cara pembuatan,prosesnya,alat-alat yang di butuhkan untuk membuat minyak jarak,dan pengen juga lihat minyak jarak yg sudah jadi(di jual nggak yg sudah jadinya)tpi sih sya pengen tau dulu cara membuatnya. HUB. saya yah E-mail :aya_shinigami@yahoo.co.id
PS:saya tinggal di Bandung.




Kamis, 08-07-2010 20:33:59 oleh: yanuardi

Assalamualaikum..
d t4 saya banyak yg mesan kompor jarak itu..dmna saya bisa menghubungi si penjuial...ni nomor hp saya..085263413136..wassalam




Sabtu, 10-07-2010 05:37:32 oleh: Micky Jo

To all friends above...
Bagi teman2 yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kompor biji jarak ini, sehubungan dengan semakin langkanya Mitan akhir2 ini bisa hubungi..Sdr. Azwar Herdy Primanta (Tim marketing) kompor Biji Jarak yang sedang gencar memperluaskan jaringan agen diseluruh Indonesia.
Prusahaan kami bernama PT. Garlina bertempat di Agus Salim 01 Jombang. sedangkan pabrik binaan terdapat di Tlogomas dan pabrik sekala besar berada di Gresik.
Apabila ada yang berminat mengetahui informasi mengenai : spesifikasi kompor, biji jarak dan bibit jarak silahkan hub. kantor kami cco: bpk.Drs. Eko widaryanto, MSI dosen Universitas Brawijaya selaku penemu kompor.

PT. Garlina
Jl.Agus Salim 01 Jombang
Telp: 0321862356
Hp : Staf Marketing - Azwar H.P., SP(085646378063)
-Budi sudiat (081553206329)
Email: azwar_agricon@yahoo.com

Semoga bermanfaat..terima kasih..




Minggu, 11-07-2010 15:51:09 oleh: Laila mahnun

Boleh mintak tolong gimana proses pembuatan bijik jarak menjadi bahan kompor dan dimana saya bisa belik kompornya saya berada di medan. tlg balas laila_10@yahoo.com



Rabu, 14-07-2010 16:16:21 oleh: Aminuddin Andin

SAya berminat dengan kompor biji jarak . Tolong kasih gambar contoh . Kalau mau beli aa agen di Jakarta nggak ? Alamat Jakartanya dimana? Kalau bahan bakarnya habis gimana ?
Terima kasih mohon segera jawabannya.

Amin





Kamis, 22-07-2010 14:41:23 oleh: dedy iskandar

saya pingin jadi agen kompor biji jarak di jawabarat tepatnya di daerah majalengka gimana caranya mohon dibalas email saya dy_joga@yahoo.com atau 085290008474 makasih sangat serius



Sabtu, 24-07-2010 09:16:17 oleh: suwandi

sy sangat tertarik dengan kompor biji jarak,gimana cara dapetinya kasih tau sy dong



Sabtu, 24-07-2010 11:09:00 oleh: Micky Jo

To all friends above...
Bagi teman2 yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kompor biji jarak ini, sehubungan dengan semakin langkanya Mitan akhir2 ini bisa hubungi..Sdr. Azwar Herdy Primanta (Tim marketing) kompor Biji Jarak yang sedang gencar memperluaskan jaringan agen diseluruh Indonesia.
Prusahaan kami bernama PT. Garlina bertempat di Agus Salim 01 Jombang. sedangkan pabrik binaan terdapat di Tlogomas dan pabrik sekala besar berada di Gresik.
Apabila ada yang berminat mengetahui informasi mengenai : spesifikasi kompor, biji jarak dan bibit jarak silahkan hub. kantor kami cco: bpk.Drs. Eko widaryanto, MSI dosen Universitas Brawijaya selaku penemu kompor.

PT. Garlina
Jl.Agus Salim 01 Jombang
Telp: 0321862356
Hp : Staf Marketing - Azwar H.P., SP(085646378063)
-Budi sudiat (081553206329)
Email: azwar_agricon@yahoo.com

Semoga bermanfaat..terima kasih..




Minggu, 25-07-2010 15:43:46 oleh: cahyono

salam kenal smua...Mohon informasi pemasaran biji jarak untuk daerah Boyolali & sekitarnya..



Jumat, 06-01-2012 17:08:13 oleh: andy

gimana saya bisa mendapatkan bibit biji jarak ? di wilayah jambi ada nggak? kalau ada dimana?...



Senin, 07-05-2012 10:29:35 oleh: siti hajar

tolong informasikan dimana tempat agen kompor biji jarak dan bahan bakunya di wilayah NTB? tolong hub saya di HP 085238739137 or email sitihajar_wahab@yahoo.co.id

trims




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY