Leonardo Paskah Suciadi

Kapan Tahi Lalat itu Berbahaya?,

Rabu, 12-03-2008 14:10:25 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Kapan Tahi Lalat itu Berbahaya?,

Hampir setiap orang memiliki tahi lalat, baik dibawa sejak lahir (banyak yang menyebut sebagai tanda lahir) ataupun yang tumbuh saat telah dewasa. Tahi lalat bagi sebagian artis justru menjadi landmark yang membuat dirinya jadi tampak seksi, tentunya jika Anda mengerti maksud saya, saat ini otak Anda sedang memuat image wajah ganteng Enrique Iglesias yang terkenal dengan tahi lalat seksi di pipi kanannya. Ada pula yang berpendapat adanya tahi lalat pada lokasi tertentu pada wajah menandakan hoki, sedangkan pada daerah lainnya dianggap pembawa sial. Terlepas dari kepercayaan hoki dan sial tersebut, tahi lalat pada kenyataannya memang dapat bermuka dua, yaitu pada sebagian besar kasus tidak berbahaya tetapi pada beberapa kasus lainya fatal.

Tahi lalat dikenal dalam istilah medis sebagai nevus pigmentosus, merupakan tumor jinak pada kulit yang paling umum dijumpai pada manusia. Tumor jinak ini yang khas adalah berwarna gelap, sebagian besarnya menetap, sebagian lain terus membesar sehingga kadangkala mengkhawatirkan si empunya. Memang sebagian besar tahi lalat didapatkan sejak lahir, tetapi tahi lalat dapat pula baru muncul saat dewasa dan umumny dalam kasus ini pemicunya adalah kontak yang sering dengan sinar matahari. Tahi lalat secara umum tidaklah berbahaya, dan biasanya hanya menimbulkan keluhan kosmetis.

Tetapi tahi lalat dapat pula pada suatu waktu berubah menjadi kanker (keganasan) yang disebut melanoma maligna, sehingga pengenalan dini gejala perubahan ini wajib diketahui oleh yang empunya tahi lalat. Beberapa kriteria suatu tahi lalat beranjak menjadi ganas adalah ; dalam beberapa waktu terakhir bertambah besar dengan cepat, terjadi perubahan warna ke arah lebih gelap, bentuknya menjadi tidak beraturan lagi, jaringan kulit di sekitarnya meradang kemerahan, tahi lalat mudah berdarah jika tersenggol serta munculnya keluhan seperti gatal dan perih. Jika hal semacam tersebut dialami, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit atau bedah supaya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Seringkali perubahan menjadi ganas disebabkan karena iritasi berulang pada tahi lalat seperti sering tertekan, dipencet-pencet, lecet atau tergesek (misalnya tahi lalat di punggung oleh baju yang sempit).

Memang dikenal jenis tahi lalat yang cenderung menjadi ganas yaitu nevus junctional. Jenis tahi lalat ini memiliki batas tegas, permukaannya cenderung rata atau sedikit saja menonjol, berwarna lebih terang seperti coklat muda, dan lokasi terseringnya di telapak tangan, kaki atau kelamin. Karena lokasinya di telapak tangan atau kaki, maka tahi lalat ini sering mengalami trauma karena gesekan, penekanan dan sebagainya. Hal ini lah yang dapat memicu perubahan menjadi ganas. Sebaiknya perhatian lebih harus diberikan terhadap adanya tahi lalat jenis demikian.

Bookmark and Share

Tag/Label tahi lalat
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
115 komentar pada warta ini
Rabu, 12-03-2008 14:25:48 oleh: Eko Nurhuda

Oh, kalo saya setuju bgt tahi lalat itu berbahaya. Ceritanya begini, aya punya tahi lalat besar di dahi kiri. Nah, gara-gara tahi lalat ini waktu masa kecil saya setiap ketemu orang selalu distop dan dibilangin, "Eh, ada nyamuk tuh!" Dan "Plaakkk!" Tanpa permisi lagi dahi saya dikeplak kuat-kuat. maksudnya sih baik, tapi itu kan bukan nyamuk melainkan tahi lalat. :))
NB: True story lho...




Rabu, 12-03-2008 15:24:14 oleh: Adolphine

Ya tahi lalat itu ada yang mengganggu, saya dulu punya tahi lalat dicuping hidung dan makin lama makin membesar dan sering mengakibatkan pusing di kepala bagian muka dan rasanya ada yang bergerak-gerak. Setelah dioperasi untuk mengangkat tahi lalat tsb sekarang rasa sakit dan ada yang ber-gerak2 itu sudah tidak ada lagi



Rabu, 12-03-2008 19:38:21 oleh: Micky Jo

hmmm, klo saya punya tahi lalat didekat bibir..gak besar sih tapi cukup terlihat sehingga sering dicap CEREWET he..he



Kamis, 13-03-2008 10:25:28 oleh: Dani Ampriyanto

nah kalo saya gimana, muka saya kalo diitung ada 13 biji tahi lalat.. untung gak jadi satu, bisa jadi tompel...



Kamis, 03-04-2008 18:32:57 oleh: NINNA

Dok, kok di badan saya suka muncul tahi lalat (talat) baru sih, tapi kyk titik2 bolpen hitam, rata. Wajar ndak dok?
Trus, ada lagi tumbuh titik2 daging dipermukaan kulit, kebanyakan di leher. Dulu juga agak banyak dimuka tapi sudah di basmi dengan jarum bakar (apa itu namanya, keratosis kah?). Memang kata dokter ini akan ada kemungkinan tumbuh dipermukaan kulit bagian lain, jadi stlah di kauter habis, mungkin akan tmbuh lagi ditempat lain. Ya oke, ngerti lah, tapi kok raji amat tumbahnya ya dok? gimana dong nih?




Jumat, 04-04-2008 17:21:52 oleh: Leonardo Paskah S

Alow Saudari Ninna...
terus terang agak susah untuk mengatakan diagnosa penyakit kulit tanpa melihat langsung bentukannya. Titik-titik daging yang Anda maxud bisa jadi veruka atau awam bilangnya kutil. Selain itu jika lokasinya di daerah bawah mata bisa jadi syringoma. Yang sering pula di leher adalah varian dari jerawat. Pada umumnya kelainan-kelainan tersebut tidak berbahaya tetapi memang sulit untuk ditaklukkan, karena sering kambuh-kambuh. Penyebabnya umum kelainan kulit non-infeksi dewasa ini selain faktor bakat adalah faktor paparan sinar matahari berlebih yang akan merusak lapisan kulit sehingga kulit lebih mudah 'menua' dan muncullah beberapa abnormalitas dalam pertumbuhannya.
Mengenai tahi lalat seperti titik-titik kecil tersebut, saya kita jarang berbahaya selama tidak ada tanda-tanda perubahan mendadak seperti tertuliskan dalam artikel di atas. Harus waspada terutama untuk setiap tahi lalat yang berlokasi di telapak tangan atau telapak kaki karena daerah tersebut memang sering teriritasi kronik.
Trims.
Semoga membantu




Jumat, 04-04-2008 17:50:57 oleh: Azhar

salam Dok, saya mempunyai tahi lalat sejak kecil diwajah jumlahnya ada 5 warnanya kehitam-hitaman, 3 diantaranya hanya seperti flek hitam, tetapi yang 2 membesar, 1 ada disebelah kiri pipi saya kurang lebih berdiameter 1.5 mm dan 1 lagi ada di dagu kiri bawah kurang lebih berdiameter 2,5 mm, sekarang umur saya 28 tahun apakah itu dapat digolongkan berbahaya, selama ini sih saya tidak merasa gatal atau ada yang bergerak2, terus kalau cara cepat dan aman pakai metoda obat atau oprasi, kira2 biayanya berapa ya dok, trims





Minggu, 08-06-2008 11:20:14 oleh: Eka

Kalo soal jumlah tahi lalat saya ga' tau pasti karena banyak. Ada satu tahi lalat yang menjadi ciri khas saya letaknya diatas alis sebelah kanan karena sebesar kacang Sukro dan baru kemarin tgl 6/6/2008 tahi lalat itu saya buang setelah 28 tahun menempel di muka. Sedih juga sih kehilangan ciri khas dan banyak kenangan yg lucu N menyebalkan dengan tahi lalatku itu tapi lega juga karena sudah tidak ada lagi yang mengganggu dan membuat khawatir. Operasinya cepet kok N Biayanya juga ga' terlalu mahal.



Senin, 17-11-2008 17:52:35 oleh: dwi febri yanti

slam dok..sy berusia 19 thun sy mmpunyai tahi lalat disebelah kanan dkat bibir dari sya lahir tapi lama kelamaan terlihat membesar sesuai umur saya...berbahaya apa ga yah???truz biar tidak membesar diapaain?!!trimakasih yah....



Selasa, 25-11-2008 12:21:32 oleh: Cristin Indra Dirhamsyah

Saya tanya dok....
Saya punya banyak sekali tahi lalat di bagian wajah. sewaktu kecil saya hanya mempunyai 1 atau 2 tahi lalat saja. tapi semakin dewasa tahi lalat saya semaki banyak dan tidak hanya di bagian wajah saja tetapi juga di kedua tangan. terus apa yag harus saya lakukan dok? terimakasih




Jumat, 28-11-2008 18:24:07 oleh: Leonardo Paskah S

Alo Mbak Dwi..
saran saya biarkan saja tahi lalat Anda, jangan dikutik2,digaruk2,digesek2 dsb. Tahi lalat wajar membesar karena memang merupkan jaringan hidup pula seperti kulit lainnya, namun yang berbahaya jika pertumbuhannya dalam waktu beberapa bulan sudah menjadi lebih progresif nyata, menjadi mudah berdarah maupun perubahan warna dan bentuknya.
Jika memang mengganggu (karena di daerah bibir umumnya terus bergerak dan gampang tergosok), Anda dapat berkonsul dengan dokter kulit kecantikan untuk kemungkinan operasi minor tahi lalat tersebut.

Bagi Mbak Cristin,
memang beberapa orang memiliki faktor bakat pertumbuhan tahi lalat yang banyak di area kulit, tentunya kita tidak bisa apa2. Hal itu secara medis umumnya tak terlalu berbahaya, namun dario segi kosmetis biasanya memang mengganggu, apalagi jika pada wanita. Saya sarankan untuk berkonsul ke dokter spesialis kulit-kecantikan saja untuk penanganan lebih lanjut..
Trima kasih




Jumat, 12-12-2008 11:21:41 oleh: andri heru

dok ada gak bahaya nya jika tahi lalat di operasi



Sabtu, 13-12-2008 14:45:06 oleh: Leonardo Paskah S

tahi lalat yang memang mengganggu kosmetis memang salah satu indikasi untuk operasi. Sejauh dilakukan oleh ahlinya (dokter kulit atau bedah), umumnya hasilnya baik nyaris tak berbekas dan tanpa komplikasi berat. Hal tersebut juga bergantung pada lokasinya si tahi lalat. Namun secara umum tindakan tersebut relatif aman.



Jumat, 19-12-2008 21:00:32 oleh: Tatik

dok, saya punya tahi lalat di punggung dan akhir-akhir ini tampak jelas membesar, saya tidak merasa gatal ataupun nyeri juga tidak mengalami pendarahan, mungkin karena letaknya di punggung jadi saya bisa menjaga tahi lalat tersebut.
Tanya saya, apakah tahi lalat saya berbahaya???saya pernah bertanya ke dokter klinik dan katanya bentuk tahi lalat saya aneh, klo menurut dokter bagaimana??




Sabtu, 20-12-2008 07:41:56 oleh: Leonardo Paskah S

Mbak Tatik,
perubahan bentuk dan ukuran dari tahi lalat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan lebih.
Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut.
trims




Selasa, 30-12-2008 12:04:45 oleh: annisa

dok.saya mau tanya.
saya punya saudara.
umurnya 18 tahun. dia punya tahi lalat(tompel) di bagian muka.diameternya kurang lebih 2 cm. permukaannya gak rata sama kulit. agak menggembung gitu.

kira-kira itu bahya gak dok??
apa seharusnya di operasi saja?

makasii.




Rabu, 31-12-2008 10:21:54 oleh: Leonardo Paskah S

Mbak Annisa,
giant nevus atau tompel pada istilah awamnya umumnya tidaklah ganas dan tak berbahaya selama tidak dikutak-kutik atau terjadi perubahan pada tampilannya.
Tompel di daerah muka, telapak tgn dan telapak kaki memang harus lebih mendapat perhatian karena lebih sering bergesekan dan trauma (misal saat cuci muka, menyeka keringat, berjalan dll). Sedangkan gesekan atau trauma kronik semacam itu potensial merangsang kerusakan struktur dari tahi lalat yang bisa memicu menjadi ganas.




Sabtu, 03-01-2009 12:20:54 oleh: Annisa

ciri2 nyah jadi ganas gmn dok??



Kamis, 08-01-2009 18:23:11 oleh: Leonardo Paskah S

beberapa ciri perubahan ke ganas antara lain adalah perubahan warna, perubahan ukuran dan bentuk yang berlangsung relatif cepat, dan tompel tersebut tampak timbul luka yang mudah berdarah. Tanda2 seperti demikian sudah harus dicurigai lebih lanjut



Sabtu, 17-01-2009 18:46:59 oleh: A.lukman

dok,gmanani tahi lalat quw jadi besar n aquw setrum pake setrum nyamuk trus lama-lama jadi keluar air



Minggu, 18-01-2009 07:15:34 oleh: Leonardo Paskah S

Ya tentu saja bisa keluar air Sdra. Lukman.. jika kulit dan juga tahi lalat disetrum bisa terjadi luka bakar yang merusak lapisan kulitnya sehingga serum (cairan dari darah) bisa keluar.
Saya sarankan Anda tidak melakukan sering-sering hal tsb karena lama-lama justru bisa mengaktifkan sel-sel menjadi ganas, atau paling tidak memicu infeksi




Rabu, 28-01-2009 15:23:46 oleh: istia

begini saya mau tanya,,
saudara saya punya tahilalat yang memang ada sejak lahir...
seiring dg pertumbuhannya tahi lalat itu juga semakin besar dan muncul rambut jg di daerah itu,
apakah tahi lalat itu berbahaya???
apakah bisa dihilangkan??
apabila dg operasi apakah berbahaya??
terima kasih sebelumnya....




Rabu, 28-01-2009 15:41:47 oleh: Leonardo Paskah

Mbak Istia..
tentu saja seiring usia yang bertambah maka tahi lalat akan ikut membesar juga, itu lumrah. Namun yang perlu diwaspadai jika pembesaran tsb terjadinya relatif cepat dalam waktu singkat saja, disertai berbagai gejala lain seperti perdarahan, gatal, perih, panas, bentuk menjadi tak beraturan.
Namun umumnya tahi lalat yang berambut jarang merupakan tahi lalat yang ganas karena adanya rambut cenderung menandakan tahi lalat tsb tersusun oleh jaringan kulit yang fungsional, yaitu yang masih memliki komponenen akar rambut.

jika mengganggu, tentu saja tahi lalat dapat diangkat. Relatif aman jika dilakukan oleh dokter yang tepat, dan bergantung pula dengan lokasi tahi lalat tsb. Cobalah berkonsyultasi dengan dokter bedah atau kulit Anda.
Trims




Senin, 09-02-2009 10:15:05 oleh: Phi2

Aku pny tai la2t tumbuh. takut ada apa2. kdg suka gatel ,jg sih. pny 3 yg GD. di bhw mata ( ky Ita Purnamasari ), di hidung kiri ( kaya Eno Lerian ), sama di pipi kiri ( ga tau ky sapa ). Narsis ya? he5...
Pgn priksa, tapi tkt suruh ngilangin, tar ga pny ciri khas lg deh. dulu aku sebel pny tahi la2t. tapi skr aku bangga. dg tahi la2t aku jd diinget orang. Tapi aku jg takut kalo bahaya. ada ga cara, biar tahi la2t ga tumbuh makin GD? gmn caranya, biar te2p segini aja, ga tumbuh? bisa gak?




Selasa, 10-02-2009 17:43:19 oleh: Andri

bolehkah rambut di tahi lalat boleh dicabut...?
mohon jawabanya




Rabu, 11-02-2009 01:10:20 oleh: Leonardo Paskah S

saya kira tidak masalah ya Sdr.Andri. Namun lebih baik digunting saja agar tidak mengganggu akar rambutnya ya..

Untuk Sdr.Phi2,
wah beruntung sekali Anda memiliki berbagai tahi lalat campuran dari para artis haha...
sebaiknya tahi lalat Anda jangan diusik-usik, digaruk atau ditekan2. dengan demikian harusnya tidak cepat membesar maupun meradang ya..




Kamis, 12-02-2009 15:12:23 oleh: liemeina

hum.... aku juga punya 2 TL (tahi lalat ^^) di pundak..
dulu wktu kecil sering brasa gatel gtuh.. suka digaruk... tp skr uda kga.. emank si jd aga lebih membesar gt.. tp semenjak dicuekin, ya TL nya juga ga jadi gede... tp nenek suru operasi..
konon, ktanya, klo cewe ad TL di bahu, idupnya bakal cape krn menanggung beban terus..
hakhakhakha ^^ ga scientific bgt... hahhahhaha..
jadi intinya.."slama TL itu ga ganggu n ga tumbuh secara super cepad, ya ga usa kawatir..." ya dok?




Jumat, 13-02-2009 16:40:40 oleh: Leonardo Paskah S

yup, tepatnya begitu. ga perlu terlalu cemas. justru kalo cemas mulu yang bisa buat yang empunya TL itu menanggung beban terus haha



Rabu, 18-02-2009 10:01:04 oleh: tri rama

dok saya mau tanya apakah berbahayakah tahi lalat yang saya miliki? saya punya tahi lalat di wajah saya yang letaknya tepat di lubang hidung sebelah kiri. memang sih dulu tak terlihat tapi kini kalau saya memoto diri sendiri tahi lalatnya semakin terlihat tahi lalatnya.memang sih pertumbuhannya tidak drastis membesar tapi kini dia jadi tumbuh sedikit rambut dan pernah hidung saya terasa perih, lokasinya ya di sekitar hidung sebelah kiri tapi tidak pernah sampai berdarah. dan saya juga punya tahi lalat yang makin membesar tepat di leher bagian depan dan ada juga yang dipunggung tapi tidak pernah tersa perih walaupun kadang saya tidak sengaja mengaruknya. apakah tahi lalat yang saya miliki itu harus segera di hilangkan dan tidakkah berbahaya jika dihilangkan karena mengingat lokasinya yang berada pada tempat yang tidak wajar? mohon sarannya ya dok..makasih..



Rabu, 18-02-2009 10:13:50 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr. Tri rama,
saya kira tahi lalat yang Anda miliki masih dalam batas wajar. Jikalau memang mengganggu dan kurang kosmetis maka dapat dicoba untuk diangkat saja. prosedurnya relatif aman kok serta hanya meninggalkan bekas yang minimal, asal dilakukan oleh dokter yang tepat.




Jumat, 20-02-2009 20:21:38 oleh: Raphaella

Saya sudah pernah kedokter untuk mengoperasi TL saya. Tapi kata dokter membekas atau tidaknya itu tergantung pada kulit masing-masing. kulit bagaimana yang bisa menimbulkan bekas?? dan kulit bagaimana yang tidak menimbulkan bekas?? apakah kalau sudah dioperasi TL bisa tumbuh lagi?? kalau dibandingkan bagus menghilangkan TL dengan operasi atau dengan laser??? kalau TL kena kosmetik berbahaya tidak??? kan pada wajah rentan terkena gesekan / sapuan bedak dan kosmetik lain... mohon bantuannya ya dok..



Minggu, 22-02-2009 08:22:46 oleh: Leonardo Paskah S

perawatan kulit yang tepat pasca operasi tentunya sangat berpengaruh, misalnya dijaga higiene nya. selain itu faktor kesehatan kulit secara umum, misalnya yang dipengaruhi faktor usia, juga berpengaruh dalam reaksi penyembuhan. Disamping itu, faktor teknis operasi juga sangat penting menjamin penyembuhan luka tampak baik.Teknik opreasi yang digemari masa kini adalah yang minimal invasif (sedikit saja goresan dengan pisau bedah), sehingga penyembuhan lebih cepat dan bekas minimal. Salah satu kemajuan teknik macam tersebut adalah dengan laser. Namun hal ini disesuaikan dengan jenis TL yang ada sehingga perlu dikonsulkan ke dokter Anda.
Selama kosmetis di muka tidak mengandung zat aktif berlebih dan rajin dibersihkan saya kir tidak terlampau masalah bagi TL Anda..




Kamis, 05-03-2009 17:08:26 oleh: eka

jd tkut ney..

soalnya bru2 ini tuh di tlapak tangan aku mncul 2 thi lalat yang kayak disebutin itu...

hiks..




Sabtu, 21-03-2009 20:44:24 oleh: dewi maharani

dokter saya di muka saya ada tahi lalat 9 buat tapi,hidup semua, terus saya punya tahi lalat dekat mata wbawah saya dua2xnya apakah berbahaya yah dok apa bila operasiyahhhh dokter punya saya kenayakan, dokter kulit yang bisa di refrensi apa yah



Minggu, 22-03-2009 10:07:03 oleh: deni

Dok,,,,,,,,,
saya punya tahi lalat di pipi kiri saya.ya lumayan gede sich,tpi g berdarah.saya ngerasa risih banget n g pede klo diliatin orang.pasti klo saya lagi g ada kerjaan pasti sering saya pencet2 karena saya sebel ama tahi lalat saya ini.

trus carax agar saya pede ntu gmn ya dok?????????
apa saya kudu operasi????????
trus klo saya operasi,apa g kira membekas??????????


trims (mohon dijawab)




Selasa, 24-03-2009 21:48:41 oleh: Gracesella


Waduh dok.. kmeran c sempet tahi lalat di pipi saya bedarah gt c.. tapi kiring sendiri lama2.. nah, bis itu bisa bedarah lg n kyk keluar biji yg jerawat itu... gmn tuh? tp c skarang udah kgk apa2..
TX




Kamis, 26-03-2009 10:02:02 oleh: Leonardo Paskah S

rupanya sdr.dewi memiliki multiple nevus (bawaan tahi llat yg banyak). Tentunya jika ingin dioperasi bisa2 saja, asal dipilih lokasi mana yg paling mengganggu, ga mungkin semua toh dikorek, berarti ganti wajah dunkz hehe.. coba saja ke RS yang ada unit kosmetiknya atau klinik2 kosmetik yang sudah menjamur di jkt.

tuk rekan deni, jika memang sedemikian mengganggunya secara kosmetik dapat dipertimbangkan untuk dioperasi, tentunya dengan spesialis kulit hasilnya akan baik tanpa bekas berarti.

Tuk Grasella, daripada berdarah terus entah tergesek atau kena apa, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk konsultasi dengan ahli kulit, tuk mencari tahu penyebab perdarahan tersebut. Tahi lalat yang terlalu sering luka dan berdarah tentunya tidak baik karena berarti mendapat iritasi terus menerus, ditakutkan sel-selnya dapat berubah menjadi tak terkontrol yah...




Jumat, 27-03-2009 22:18:11 oleh: Tikkkaaa

dok,saya mau tanya,
saya punya tompel dihidung yang membesar.diameternya skrg 0,8 cm (saya ukur pake penggaris.hehehee)waktu saya kecil,tompel ini blm membesar.tp sejak klas 4 sd,mulai membesar hingga skrg sy umur 15.

skrg sy agak kurang pd karena tompel ini.kalau saya mw ilangin,gmn crnya yang paling aman?akan ada bekasnya ga?takutnya ada bekasnya gt.atau warna kulit yang uda ga ada tompelnya jadi beda.kan muka saya jd tamba jelek nanti.hehe.

makasiih.




Senin, 30-03-2009 23:17:42 oleh: Leonardo Paskah S

aloo tikaaa, tentunya layaknya kulitmu si tompel juga akan terus bertambah luas, itu hal yang wajar karena tompel juga bagian dari kulit juga. Jika Anda berniat mengangkatnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk dapat diperkirakan dari tampilan fisik tompel tersebut



Selasa, 31-03-2009 21:09:09 oleh: Tikkkaaa

saya uda konsultasi..dokternya bilang sih ga bakal berbekas.tapi mamanya teman saya jg punya tompel di pundak yang membesar.dy menghilangkannya dengan memberi salep dr dokternya.memang hilang,tapi permukaan pundak yang bekas tompelnya itu tdk rata seperti daerah sekitarnya.lebih menonjol gt dok.
saya takut hidung sy jg begitu.kalau mamanya teman saya itu mah di pundak ga kliatan.saya kan dihidung.nanti muka saya jadi tambah jelek dong.hehe.




Minggu, 12-04-2009 13:03:45 oleh: dewie lintang

Saya mau tanya Dok,
Kulit di tangan saya, dari pergelangan sampai pangkal lengan tampak bercak-bercak yang warnanya lebih gelap dari kulit saya. Kalau saya amati semakin hari semakin tampak jelas. Jadi merusak pemandangan. Apakah itu berbahaya? Bagaimana mengobatinya? Terimakasih.




Minggu, 19-04-2009 22:38:36 oleh: mei

dok, saya punya tahi lalat di punggung bawah.warnanya coklat. akhir2x ini membesar sedikit. dan gatal.kadang ga disengaja kegaruk waktu mandi.apa tahi lalat itu perlu dihilangkan dok? jadi parno nih, waktu tau salah satu ciri2 tahi lalat yang perlu diwaspadai



Sabtu, 25-04-2009 14:07:41 oleh: Leonardo Paskah S

tuk Sdr.Dewie, sebenarnya agak tak jelas dari keterangan singkat Anda tadi, lagipula paling enak jika bisa melihatnya lsg. Namun kelainan tersebut seringkali merupakan kekusaman kulit yang disebabkan kulit kering, pertambahan usia dan paparan sinar matahari. Saya sarankan sementara untuk lebih rajin memakai tabir surya setaip kali Anda keluar rumah, dan selanjutnya cobalah memeriksakan nya ke dokter kulit.

Sdr, Mei yang lagi parno hehe..selama tahi lalat tersebut tak mengganggu Anda yah biarkan saja. Gatal sedikit mungkin karena sering tergesek, jadi Anda sebisa mungkin hindari tahi lalat tersebut dari gesekan berulang. Dan jika tahi lalat Anda mudah berdarah dan gesekan tak bisa dihindari, lebih baik diangkat saja..




Jumat, 08-05-2009 13:55:20 oleh: MEIGIK S

yang jelas dengan adanya tahi lalat akan membedakan orang satu dengan yang lain, saLam, meigik trenggalek



Minggu, 31-05-2009 15:10:40 oleh: Vita

Bwt temen2 yg mw ngilangin tahi lalat lwt operasi ga' usah takut. .Aq br aja ngilangin 3 tahi lalat dwajah,wktu pnyembuhan sktar 6hari. .Untuk mslah biaya aq kemrn untk 3 tahi lalat idup skitar 2juta



Jumat, 12-06-2009 18:22:10 oleh: Suryani

dok,saya mau tanya..
entah sejak kapan di paha bagian bawah tiba2 muncul daging yang lumayan gede (setengah ukuran biji kacang ijo). warnanya coklat muda, bentuknya jelas dan kadang2 terasa gatal..apakah itu termasuk TL ? dan apakah berbahaya dok ? antisipasi apa yang harus saya lakukan supaya dia tidak makin membesar ? karena saya takut itu termasuk TL yang berbahaya..

terima kasih atas jawabannya..mohon di bales.




Sabtu, 17-10-2009 10:58:59 oleh: Warsidi Sudarma

LAIN DARIPADA YANG LAIN

Dokter, saya sangat risau. anak saya perempuan 3,5 tahun. punya tahi lalat di sebelah kepala puting (masih dalam lingkaran coklat). tahi lalat tsb rata/tidak membentuk tonjolan. warna coklat tua, sepertinya kok membesar walaupun lambat. tidak ada keluhan rasa sakit dari anak saya. apa ada kecenderungan bahaya Dok? bisa berpotensi kanker payudara nggak, kalo kelak dewasa?
Terima kasih banyak sebelumnya Dok.




Senin, 19-10-2009 13:17:58 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Warsidi, saya anjurkan Anda membawa anak Anda diperiksakan saja ke dokter. sulit menilai hanya dari penampilan luarnya, harus diketahui persis dulu jaringan apakah yang menimbul tersebut, baru dapat disimpulkan adanya kemungkinan perkembangan ke arah kanker selanjutnya atau tidak.



Sabtu, 07-11-2009 01:27:36 oleh: Indra P

dr Leonardo Yth. Saya laki2 berumur saya 43 th. Sejak berumur 30 an di leher dan punggung saya banyak tumbuh tahi lalat (TL). Awalnya TL berwarna seperti warna kulit dan lama kelamaan menjadi hitam. Orang bilang itu karena saya agak gemuk. Dan sekarang makin bertambah banyak, sudah ada di ketiak dan paha. Benarkah penyebabnya karena gemuk dok? Dan ada juga yang bilang kalau TL itu mempunyai inang/induk, yang kalau di matikan maka TL lainnya akan mati. Dok, mohon info penyebabnya dan cara menghilangkan TL. Terima kasih.



Kamis, 12-11-2009 16:41:06 oleh: Warsidi Sudarma

Mohon maaf dokter, menindaklanjuti saran dokter sebelumnya, untuk pemeriksaan anak saya tersebut harus ke dokter anak, dokter bedah, atau dokter kulit dan kelamin? Terima kasih.



Sabtu, 14-11-2009 09:26:35 oleh: Leonardo Paskah S

Pak Warsidi, saya sarankan anak Anda dikonsultasikan ke dokter bedah khusus Anak untuk tepatnya, krn memang tumor jaringan lunak (termasuk TL) dan benjolan pada payudara memang termasuk bidang mereka. Salah satu RS yang memiliki dokter subspesialisasi tersebut adalah di RS.Harapan Kita Ibu dan Anak

Pak Indra, TL yang Anda miliki bisa jadi atau tidak ada hubungannya dengan kegemukan, namun tentunya ada faktor bakat juga. TL yang multiple (byk tempat) memang sulit untuk ditangani, saya menganjurkan Anda berkonsultasi dulu ke dokter kulit untuk memastikan bahwa memang yang Anda miliki adalah TL mengingat lokasinya yang kurang lazim.





Rabu, 02-12-2009 18:54:42 oleh: Ayu

Dok, kakak saya sudah lama punya tahi lalat dibagian atas kepala , makin terlihat jelas setelah rambutnya tidak ada lagi & belakangan ini dia ribut karena dalam waktu 2mgg an banyak muncul semacam tahi lalat kecil2 berwarna coklat tua didada dekat leher & agak menyebar, apakah itu berbahaya & apakah menandakan sesuatu penyakit
Tolong penjelasannya ya Dok, thx !




Jumat, 04-12-2009 23:18:50 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Ayu, jk kakak Anda sudah memasuki usia > 40 tahun, mungkin itu 'tahi lalat' karena proses penuaan atau yang dikenal sebagai keratosis seboroik. Kelainan tersebut memang akan terus bertambah banyak, dan terkait faktor keturunan dalam keluarga selain faktor usia.
Umumnya tak berbahaya, masalah hanya seputar kosmetik




Kamis, 10-12-2009 19:35:18 oleh: anty

dok,z punya tahi lalat di dekat hidung sebelah kiri,dan sudah ada semenjak sy kecil,,bagaimana cara menghilangkannya kerena biasanya tahi lalat sy sedikit gatal dan sakit,,atau adakah obat herbal yang bisa menghilangkan tahi lalat??mohon penjelasanyan,,trims,.



Senin, 14-12-2009 20:38:07 oleh: nina sakinah

sy (38 th) mempunyai tai lalat di paha sblh kiri, tai lalat ini tumbuhnya tdk sejak lhr tp kira2 10 thnan yll. Awalnya memang tdk mengganggu, tapi belakangan ko makin besar dan terasa gatal shg timbul kemerahan pd kulit disektr tai lalat. Kemana sebaiknya sy hrs berobat, ke spesialis kulit/bedah? Apakah tai lalat ini harus diangkat? trims.



Rabu, 03-02-2010 19:22:50 oleh: Siti Adha Ayuningrum Sari

dok,, saya memiliki tahi lalat yang cukup banyak di wajah saya.. hampir di setiap bagian2 wajah saya, ada tahi lalatnya.. tidak ada yang mambesar sii.. ta,saya sedikit malu aja,klau ada org yg nanya saya,pasti ciri"x tthu "yg bnyk tahi lalatnya" dok,,kira2 apa suatu saat nanti tahi lalat yg sya miliki akn tumbuh besar?? & apa brbahaya?? trz,pnyebabnya apa?? soalnya seingat saya,dari kecil saya tdk memiliki bnyk tahi lalat..



Rabu, 03-02-2010 23:31:47 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Siti, tahi lalat yg Anda miliki agaknya merupakan faktor keturunan,memang akan menimbulkan masalah kosmetik tapi jarang berkembang menjadi berbahaya jk tidak diotal atik. Sebaiknya hindarkan wajah Anda dari paparan sinar matahari berlebih atau gesekan2 seperti digaruk2 dsb. Tanpa diotal atik, jarang tahi lalat jenis semcam tsb akan bermasalah



Kamis, 18-02-2010 21:33:36 oleh: via

dok, saya memiliki tahi lalat yang agak menonjol dikepala tapi memang tertutup rambut. sekarang ini agak tidak nyaman buat saya. diwaktu saya masih kecil tahi lalat tsbt tdk terlihat . tapi sekarang cukup besar, kata orang namanya andeng2. selama ini sih, saya tdk ada keluhan.yang saya mau tanyakan apakah ini berbahaya dok.



Jumat, 19-02-2010 20:40:24 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Via, jika pertumbuhannya menurut Anda tidaklah drastis dan sesuai dengan usia Anda maka umumnya itu tahi lalat biasa. Amati dan waspadai jika terdapat rasa gatal-nyeri berlebih, keluar cairan darah atau nanah tak wajar, atau perluasan yang disertai kemerahan berlebih dari jaringan sekitarnya. Atau jika lokasinya berambut, amati jika terdapat kerontokan rambut disekitarnya yang tak wajar.
Ada baiknya tahi lalat tersebut tidak diotak-atik atau terkena trauma




Kamis, 11-03-2010 14:26:07 oleh: dita

dok,, sy mau tanya..
sejak kecil sy punya tahi lalat, ukuranx kecil spti titik pulpen warnax hitam, pas di atas alis sebelah kiri.
dulu sering sy pencet n korek2 krn jahil., sekarang ukuranx agak membesar seukuran stengah biji kacang ijo, warnax jadi agak kecoklatan dan agak membumbung spti ada air di dalamx klo dipencet.
pembesaranx mmg tdk cepat dan drastis, tdk gatal dan tdk perih jg.,selain itu msh ditumbuhi rambut alis jg..
apakah berbahaya dok..??
trims.




Kamis, 11-03-2010 15:47:19 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Dita,
tetap diawasi saja tahi lalat Anda dari waktu ke waktu, dan yang penting jangan di otak-atik lagi yah.
Jika terdapat perkembangan drastis yang mencurigakan seperti yang tertulis dalam artikel saya ini, segera ke dokter Anda untuk dicek lebih lanjut




Sabtu, 27-03-2010 01:34:54 oleh: icha

kalo tahi lalat di bawah leher di tengah2 tulang berbahaya ga? tahi lalatnya rata, tdk idup. apakah itu berbahaya?



Minggu, 28-03-2010 07:33:38 oleh: Leonardo Paskah S

berbahaya tidaknya tahi lalat jarang dikaitkan dengan lokasi tulang, tapi lebih terkait jenis dan ada tidaknya iritasi kronis padanya. Perubahan menjadi tahi lalt yang berbahaya dapat dipantau dari perubahan bentuk, gambarannya serta ada tidaknya gejala seperti berdarah, bernanah, dan gatal



Senin, 29-03-2010 11:39:32 oleh: Ardi

Dokter, saya punya TL besar ato tembong orang tua bilang sih... di lokasi maaf... wilayah bokong. ini bawaan lahir dok, tapi sekarang rasanya makin besar, menyebar dan mengganggu. Ada keinginan untuk di operasi tapi apa tidak berbahaya, setahu saya daerah itu banyak jaringan syarafnya..
Sekarang usia saya 34 tahun..
Trima Kasih Dok...




Kamis, 15-04-2010 15:24:03 oleh: rahma arief

Dokter Leonardo P yth. Saya punya TL diatas bibir sbelah kiri sebesar kacang ijo. Sy ingin mengangkat nya krn kadang2 terasa gatal. Cuma umur saya tidak muda lagi. Berapa batas umur yang aman untuk tindakan operasi TL ini? Ditunggu jawabannya ya Dok..



Kamis, 22-04-2010 07:31:38 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Ardi dan Ibu Rahma,
operasi tahi lalt termasuk operasi kecil, jadi risiko komplikasinya, termasuk kena sarafnya jarang terjadi. Usia tidak menjadi masalah selama ibu tidak punya penyakit khusus seperti penyakit jantung atau ginjal atau gangguan pembekuan darah. Untuk hal tersebut, silahkan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK), bukan dengan ahli kecantikan yaa...




Kamis, 29-04-2010 18:29:44 oleh: Fathiya

dok,kalo tahi lalatnya ada di atas tulang hidung dekat mata sebelah kiri itu kalo dihilangkan akan berbahaya gak dok? soalnya kan dekat mata takut juga kalo kena syaraf2nya.!



Kamis, 06-05-2010 15:57:05 oleh: hayatin

Dok saya mau membuang tahi lalat saya , dan saya perhatikan makin lama makin besar, dan ini mengangu saya , letak nya di pepi dan di hidung, kira2 brapa ya biaya nya dan dapat kah dokter merekomendasi kan tempat atau klinik mana yg bisa saya hubungi u tuk membuang tahi lalat ini?
atas perhatian nya saya ucapkn terimakasi




Selasa, 11-05-2010 22:45:28 oleh: Leonardo Paskah S

tindakan operatif tersebut jika dilakukan oleh mereka yang profesional (dalam hal ini dokter spesialis kulit-kelamin; bukan dokter ahli kecantikanan semata) akan relatif aman.
Silahkan berkonsultasi perihal prosedur demikian ke rumah sakit yang memiliki klinik khusus kecantikan (aesthetic) yang dipegang oleh dokter spesialis kulit kelamin.




Rabu, 12-05-2010 08:53:21 oleh: Bella Amore

Saya punya tahilalat yg memang agak membuat saya terkadang malu.
Di bagian wajah saya banyak tahilalat, dan paling besar terletak di pipi dan semakin membesar dan tumbuh bulu.
tetapi memang tidak seperti yg di jelaskan di atas, gatal/perih atau lainnya.
tahilalat sy aman2 saja.
Yg sy inginkan agar pertumbuhan dari tahilalat itu di hentikan agar tidak membesar lg, tetapi tanpa menghilangkannya.
apakah bisa?
Thx




Jumat, 14-05-2010 23:06:44 oleh: leonardo paskah s

sdr.Bella,
cara paling mudah untuk tak menyebabkan si tahi lalat tak bertambah terus besar adalah menghindarkan bbrp hal yang mengiritasinya misalnya terpapar sinar matahari berlebih,digaruk2,paparan zat kimia kosmetik berlebih,dll




Kamis, 20-05-2010 11:57:39 oleh: N. FITRI

dok,
saya punya tahi lalat dibagian perut,kadang terasa gatal,warnanya juga berubah kecoklatan,trus ukurannya juga membesar,kira-kira itu berbahaya gak ya dok...? tolong balas segera




Jumat, 21-05-2010 10:07:17 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Fitri, jika memang Anda merasakan perubahan signifikan terhadap tahi lalat Anda seperti yang Anda sebutkan diatas, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit.



Sabtu, 29-05-2010 16:03:32 oleh: siska

Yth. dr. Leonardo Paskah S

Dok saya punya tahi lalat di bag.leher bawah telinga kanan dan kiri. Di bwh telinga yg kiri item, tapi yg kanan agak kecoklatan.
Na...yg kanan ini kemarin karena kegaruk kuku, sekarang ko rasanya agak pegel ya....membesar sih enggak dok...cuman bulat, mengkilap dan coklat kaya kulit. Apa sekiranya perlu ya diambil tindakan operasi tahi lalat ini???
Terima kasih bila berkenan memberikan solisi untuk saya.




Minggu, 30-05-2010 13:09:50 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Siska,
tergaruk saja saya rasa tidak akan menimbulkan masalah lanjutan, shg jika memang tidak mengganggu ya tak perlu dioperasi. Jadi sebaiknya tahi lalat Anda dijaga saja supaya ga tergaruk lagi serta yang sempat tergaruk kemarin jika ada luka supaya dibersihkan dan diberi antiseptik




Rabu, 16-06-2010 06:23:05 oleh: Abu

Bwt tmn2 yg dh operasi krimn donk fotox sblm&stlh operasi [abu_68@yahoo.com] cz q takut kl d bekasx n jd + jlek.



Rabu, 16-06-2010 10:24:19 oleh: Abu

Dok,, sy pny TL sjk lahir dipelipis m'bsar b'bulu kini 0,4cm dr mata p:2cm l:1,5 ada bagianx yg smpy ujung alis shg bulu keduax jd 1. Jika dioperasi kira2 mmbhyakn mata g dok?bekasx brwarna kcoklatan mencolok to gmana? Trmksh tas jwbnx



Rabu, 30-06-2010 16:41:54 oleh: frilia

dok, saya punya tahi lalat di atas bibir, saya beri kapur sirih dan sabun colek dan hasilnya berbekas. Apakah cara yg saya lakukan ini salah?
apa dampaknya?trims




Kamis, 01-07-2010 14:34:43 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Abu, tentunya lokasi tahi lalat Anda relatif khusus terkait letaknuya, namun tentu saja di tangan dokter yang tepat hal tersebut dapat dilakukan dengan risiko minimal dan hasilnya baik. Cobalah ke dokter spesialis kulit (bukan dokter ahli kecantikan) atau bedah plastik.

Sdr.Frilia, memang belum ada laporan mengenai penggunaan zat2 semacam itu. namun rasanya kedua zat tersebut potensial menimbulkan iritasi bagi kulit jika tidak tidak dipakai dengan tepat.Sebaiknya Anda menghindarinya ya..

Salam




Minggu, 04-07-2010 21:57:45 oleh: dimas aditya eka ramadhan

saya gak prnah mempermaslhkn tai lalat karna bgi saya itu sudah bawaan lahir.



Sabtu, 10-07-2010 09:42:02 oleh: saptarina

Yth.Dr.Leonardo Dokter,saya punya tahi lalat di kelopak mata kiri atas tepatnya di bawah bulu mata,kadang mataku terasa perih dan juga mata kemerah2an.tapi nggak terlalu sering sih jadi aku biarkan sj,seandainya di biarkan berbahayakah itu dan klo di oprasi berbahayakah dengan mataku yang satu ini,oh ya tahi lalatku sebesar kacang hijo,demikian pertanyaan sy dok,trimakasih untuk jawabannya.



Selasa, 13-07-2010 13:08:41 oleh: abu

dok, katax tanaman patah tulang dpt mmprtipis TL, kira2 bs sampay ilang g y..? kira2 nanti malah jd + besar g?



Rabu, 14-07-2010 09:05:04 oleh: Leonardo Paskah S

wah Sdr.Abu, sayangnya belum ada laporan resmi nya tuh, jadi saya tidak berani berkomentar mengenai keamanan dan efikasinya. Mungkin dapat ditanyakan ke ahli herbal ya.



Kamis, 22-07-2010 12:34:34 oleh: dion

z puX tailalat di atas bibir<tpi itu membuat q terkadamg mlu>
dpok gi mna craX iya agar tai lalat itu bs hilang?

































Kamis, 22-07-2010 13:38:58 oleh: tari

Dok,saya punya 2 kasus yg ingin saya tanyakan.
Saya seorang perempuan berumur 22thn. Saya memiliki tahi lalat persis di ujung hidung (warna hitam dan sedikit timbul). TL itu sudah ada sejak saya masih SD dan bertambah besar. Syukurlah diameternya tdk sampai 1cm, brarti itu tidak berbahaya kan dok? Apakah pemakaian pelembab atau sunblock yg mengenai tahi lalat tersebut akan menambah besar tahi lalat?
Di pergelangan tangan kanan bagian atas saya ada warna kulit saya yg berbeda warna (tidak menonjol, rata dengan kulit). Bentuknya elips dgn ukuran diameter 1x3cm. Awalnya pada waktu itu tangan saya tiba2 ada seperti bekas luka kering (pdhl saya tdk terluka apa2 pada rentang waktu tsb) dan kulit keringnya itu mengelupas sampai warnanya menjadi beda sampai skrg (sudah hampir 1tahun). Warna kulit saya yg beda sendiri itu seperti warna kulit orang albino. Saya takut apakah itu berbahaya? Bukan gejala kanker kulit kan dok?
Sebelumnya terima kasih bnyk dok.. :)




Jumat, 13-08-2010 11:35:54 oleh: sarah

dok, apakah berbahaya menghilangkan tahi lalat dengan menggunakan campuran kapur sirih dan sabun colek. katanya sih bisa ilang tapi bahaya nggak dok?



Kamis, 23-09-2010 16:48:24 oleh: Kesih

Yth Dokter Leonardo..
Dok saya punya TL pas ditengah2 hidung dulu sewaktu saya masih kecil (kira2 7-15 thn) itu masih kecil pas setelah saya dewasa (sampai sekarang umur 39 th) itu sudah membesar (kira2 sebesar kacang hijau/tanah) terus ditumbuhi bulu2 halus..menurut dokter akan tambah besar lagi atau gimana sih dok? soalnya saya tidak pernah cek ke dokter..memang ibu & kaka saya juga ada tahi lalat seperti saya cuma tumbuhnya di kelopak hidung bawah..
Perlu dihilangkan tidak dok..soalnya saya takut nanti bila di suruh operasi akan berbekas atau maaf nantinya akan merambat ke saraf..
Mohon sarannya yah dok..terima kasih




Jumat, 22-10-2010 14:23:03 oleh: iwanto

halo dok, mau taya..
gini crita nya,skitar bbrapa tahun lalu tumbuh tahi lalat di tangan. karena terkejut kok bisa ada tahi lalat nah sya congkel tahi lalat pake jarum. tapi sekarang ada lagi. tahi lalat saya di punggung telapak tangan itu tidak timbul dan tidak ada gatal2 dan lainnya. ada efek bahaya dari saya congkel sendiri pake jarum tu gag dok?




Senin, 25-10-2010 13:34:10 oleh: Nurul Amalia

Dear Dok,

Saya punya tompel bawaan lahir posisinya ada d kepala saya dan tertutup oleh rambut,,
Namun sejalannya waktu smpe saya berumur 21th ini saya merasa ada perubahan pada tompel saya itu,,
seperti : membesar,letaknya saya rasa bergerak, lalu jika d sentuh ada rasa ngilu tapi tidak sakit dan warnanya pekat dan mengkilap.

Tolong dok apa yang saya harus lakukan. Dan apakah itu jenis berbahaya??

Trimakasih Dok.




Rabu, 22-12-2010 15:33:48 oleh: irvan emanuel

dok..di rumah sakit mana saya bs oprasi menghilangkan tahi lalat ?



Rabu, 29-12-2010 18:43:11 oleh: Hilman

kpd. Dokter Leonardo

Saya punya tahi lalat banyak di wajah dg permukaan rata: 2 di pipi,, 1 di hidung dan 3 di dahi.
Kata teman saya,, cara menghilangkan tahi lalat selain dg oprasi, bisa jg dg menggunakan kapur sirih, dg cara dioleskn lalu dg sendirinya dapat hilang sperti luka.

Pertanyyannya: Apakah dg cara itu dapat membahayakan atau tidak? mhon pnjelasannya!

Trima kasih,, dok.




Sabtu, 01-01-2011 22:51:59 oleh: ZAHRA ASSIFA

dokter..
adek saya punya tahi lalat dimatanya..
skrg dia kls 2 SMP..
tahi lalatnya itu mjdi lebih besar drpda wktu dia kecil dulu....
apakah itu brbhya dok???




Jumat, 05-08-2011 21:08:20 oleh: ulva rizki amanda

dok,saya ulva.
saya punya masalah dengan tahi lalat.saya dulu pernah memiliki tahi lalat yah tepat nya di bawah mata saya sebelah kiri,tahi lalat saya tumbuh saat saya masih kecil,bukan saat saya lahir!tahi lalat saya tidak terlalu hitam,tapi bewarna coklat! karna saya malu,, tahi lalat itu saya hilangkan dengan cara di beri kapur sirih.lalu stelah tahi lalat itu hilang saya obati dengan obat perangsang kulit& betadin!
nah,, yang buat saya takut adalah apakah tahi lalat saya akan tumbuh lagi & akan menjadi sebuah penyakit yang fatal?
jika iya?
apa yang harus saya lakukan dok??




Senin, 22-08-2011 15:55:10 oleh: cindy rosaria

dok saya mau tanya gimana cara menghilangkan tahi lalat yg paling aman,soal ny tahi lalat saya besar dan tunbuh rambut ny di daerah dagu,kira" klo d operasi aman gk y?
trs kta ny ada untuk menghilangkan TL dgn mengoleskan kapur sirih dan sabun colek,apa kah itu aman dok?




Kamis, 15-09-2011 07:54:50 oleh: nida winarti

saya punya tah lalat di atas panggul sebelah kanan,dulu tahi lalat itu sempat jd keras lalu saya orek2 smpai keluar yg hitamnya kaya pasir gitu dok,,sudah 2 kali saya mengalami nya,,dan sekarang ini bekas tahi lalat tersebut sedikit benjol dan sakit,,apa itu berbahaya dok?tolong dijawab ya,,terima kasih



Rabu, 26-10-2011 15:36:02 oleh: channya

saya ada tahi lalat di dahi sebelah kiri ukuran skrg sperti kacang hijau bentuknya dan menonjol, tumbuh TL dari sejak SD sekitaran usia 10 tahun dan skrg 26 tahun, saya merasa TL saya agar membesar dan akhir2 ini tumbuh rambut, kadang tercabut sendiri rambutnya dan tumbuh lagi.. yang ingin saya tanyakan apakah pengunaan bedak kosmetik, menganggu TL?? ada teman saya yg timbul TL di wajah dua TL trus dia berjerawat dan dia oles dg Vitamin nature E yang untuk di minum itu di oleskan di jerawatnya dan jerawatnya hilang dan TL tercabut sendiri tanpa rasa sakit..mujizat juga..pengen nyoba tapi ada rasa ragu...bagaimana menurut pendapat Dokter.tolong dibalas di emailku ya.terimakasih.



Sabtu, 17-12-2011 21:42:30 oleh: aya

Dok, saya mau bertanya.. jadi pada tahun 2008 muncul titik berwarna hijau kecoklatan di pipi sebelah kanan.
Awalnya warnanya hanya sebatas itu, dan sekilas seperti tercoret oleh bolpoint/pensil.
Hingga tahun 2011 ini, titik itu membesar, berubah warna menjadi cokelat kehijauan.
Saya sudah bertanya pada dokter kantor, tp mrk bilang itu tidak masalah. Cuma masalahnya bentuknya semakin membesar dok. Saya dari kecil memiliki TL di pipi kiri saya, dan titik yang membesar di pipi kanan saya ini besarnya skrg melebihi TL yang di pipi kanan.
Untuk besarannya sendiri, melebar tapi tidak menggembung seperti bulatan TL. Ini melebar dok, jadi bentuk lingkarannya membesar di pipi.
Ini akibat apa ya dok? karena yang saya tahu kulit saya sensitif terhadap matahari.
Menurut dokter ini bagaimana? apa yang harus saya lakukan?
Sebelumnya terima kasih ya dok.




Rabu, 21-12-2011 22:41:09 oleh: Adi Sutisna Senjaya

Saya punya tahi lalat di dahi sebelah kiri..,dan tumbuhnya sekitar thn 2006 dan sekarang dah sebesar setengah centimeter dan terasa gatal...
Apa yang harus saya lakukan..,mohon bantuannya!!

Terima kasih,




Rabu, 18-01-2012 00:35:45 oleh: ajat

saya Punya Tahi Lalat Di Pipi Kiri Saya Tapi Saya Masih Bingung Ini Tahi Lalat Atau Tompel..!! Nah Saya Mau Mohon Bantuanya yA cAra Untuk Menghilangkanya ... Kalau Tidak Mencegahnya Deh Supaya TIdak Membesar..Soalnya Dari Saya Masih Kecil Sudah ADa Tapi Kecil Eh. Pas Sekarang Membesar ..Knp Ya.??? TERIMA KASIH.. Mohon Bantuanya..



Sabtu, 21-01-2012 15:30:00 oleh: rachel

halo dok :D
saya mau mengoperasi tahi lalat yg ada di dekat pinggir kanan mata, tapi mama saya takut,karena letaknya yg berdekatan dengan mata, apakah berbahaya ?, kalau yg rata dengan kulit (tidak tumbuh) itu dioperasinya gimana ? dan biayanya dibawah 1 juta atau 500 rbu? makasih dok




Selasa, 24-01-2012 16:58:01 oleh: emma poespitasari

dok, saya mau tanya kalau tahi lalat di kulit kepala
membesar( ada 3),haruskah dioperasi?tks




Minggu, 05-02-2012 14:53:31 oleh: fajar ali

...ASSALAMUALAIKUM...
saya mau bertanya " HUKUMNYA MENGAMBIL TAHI LALAT MENURURT AJARAN AGAMA ISLAM ITU HUKUMNYA PA YA??? "
tolong d jawab,terima kasih...




Minggu, 05-02-2012 15:02:59 oleh: rofi

sy mau nanya dikit "saya punya 2 tl d'bawa hidung n d'dagu awalnya dulu kecil tp sekarang jd tmbh besar pertanyaan saya "sebaiknya d'ambil ap ndak...??" so'alnya agak ngangu



Selasa, 01-05-2012 19:57:00 oleh: novaanovialita

dok,di bawah kelopak mata saya tepatnya di bawah bulu mata saya ada TL sebesar kacang hijau warnanya cokelat dan gatal tp jarang2 si gatalnya.dulu pas saya lg kecil pernah mengeluarkan nanah dan darah tp cma sekali doang nyampe skrng ga penah mengeluarkan darah lg.cuma ko makin membesar ya dok.bahaya ga dok?



Sabtu, 02-06-2012 12:41:08 oleh: fithri

Apa pun permaslahan di atas saya punya tanda lahir yg lebih besar dari pada anda semua. Dan saya wanita dewasa yg kepercayaan dirinya berkurang. Sudah di oprasi pelastik tapi masih saja betah nimbul d wajah saya. Jadi DI MANA TEMPAT MENGHILANGKAN TaNDA INI DOK YANG BGUS DAN TIDAK DUA KALI KERJA MENGHILANGKANNYA. Apa di tempat dokter bisa?????



Minggu, 12-08-2012 12:32:49 oleh: andi ramadhan syahputra

saya pnya tompel tanda lahir letaknya di pipi dan membuat saya kurang pede
bisa dihilangkan ngax dok tompel ny
Klo bisa ,dokter spesialis yang harus saya datangi




Selasa, 02-10-2012 07:27:53 oleh: Ahmed

Dok saya tanya nih .. saya punya tahi lalat di samping hidung saya ,ngak terasa apa-apa sih,ngak gatal dan berdarah gitu .Tapi kayak nya bentuk nya aja makin membesar.ngak terlalu cepat juga ,tapi lama-lama saya hawatir juga dok,kalau dibikin supaya tidak membesar lgi.caranya gimana ya dok? tanpa harus dibuang gitu soalnya saya rada sayang juga dok ma Th saya itu.makasih....



Jumat, 05-10-2012 09:26:15 oleh: rostina

sy punya anak umur kurang lebih 5 thn.tiba dipelipi kanannya baru ini ada tumbuh kaya tahi lalat kcil warna merah menggelembung apakah itu berbahaya ?



Minggu, 30-12-2012 09:26:24 oleh: riva

pagi dokter,saya gak mau komentar tapi saya mau bertanya...ada tante saya dulunya masih muda sekitar umur 20 an muncul tahi lalat bintik2 hitam di wajah nya,makin tua makin banyak dan yg awalnya hanya titik jadi besar2.skrg sekitar usia >40 th bertambah banyak n makin rata di seluruh wajah.anaknya skrg jg seperti itu,anaknya mulai berumur 23 th skrg sudah mulai bintik2 hitam jg...n skrg 1 tahun bintik hitam seperti tahi lalat di sekitar hidug n pipi bertambah banyak.bagaimana cara menghilangkannya dokter agar tante saya bisa sembuh n anaknya sembuh jg agar tahi lalatnya gak sampai banyak n sebesar n merata seperti ibunya???



Senin, 18-03-2013 14:28:55 oleh: devi ruliati

Dok, saya baru mencabut tahi lalat saya di dr kecantikan, tapi koq setelahnya cuma dikasi tensoplas saja ya, jadi tidak kering2, salep apa yg perlu saya gunakan biar cepat sembuh luka bekas tahi lalat yg di carter tersebut (alatnya semacam solder, jadi dicolok listrik)



Kamis, 04-04-2013 07:26:25 oleh: Rohma

kalo saya punya dipunggung dekat leher belakang,, nah itu kalo berkeringat rasanya perih... nah itu termasuk yg ganas gk ya ? kadang biarpun gk kena keringat kalo lagi kumat ya terasa perih,, bentuknya kecil & tetap



Minggu, 12-05-2013 15:58:47 oleh: helda

saya helda, begini dok.saya punya tahi lalat di tengah-tengah alis kiri, berjalannya waktu,akhir 2 ini (tepatnya akhir tahun lalu sampai skr) terasa gatal dan kadang berdarah,,dan sebelum bedarah biasnya sebelumnya sakitpun uk disntuh.besarnya skarg kurang lebih sebesar pipilan jagung.kalau saya tidak mau diobrasi atau sejenisnya..dan apa yang harus sy lakukan.???kata dokter juga setlh 6 tahun memakai kb susuk..itu mempengaruhi pembesaran..jd sudah saya hentikan



Jumat, 19-07-2013 20:38:32 oleh: yasir

Dok saya mau tanya saya punya TL
Di atas kanan bibir saya
TL itu sering kerasa gatal dan agak geli
TL itu agak menonjol dan besar
Ada rambutnya,
Saya sering ga pede di hina
Sama temen2 saya
Paling bagus gmn ya?
Di operasi apa dibiarin?
Temen2 boleh nyaranin jg





Selasa, 08-10-2013 21:03:48 oleh: Fitrua sri a

dok saya mau nanya saya kan punya tahi lalat dihidung gimna cara ngilanginya tanpa operasi. ada gak cara ngilangin tahi lalat secara alami. tolong respon dok.



Rabu, 05-03-2014 00:39:37 oleh: wiwin sestiyani

dok keluhan sya hampir sma dg yg lain, sya pnya TL diatas bibir sblh kiri sebelum2 nya sih sya PD aja walaupun byk yg ngledek tpi sya happy2 aja, tapi smkin kesini smkin membesar tumbuh rambut&berwarna hitam gelap.. kira2 kalo mau diilangin beresiko&ada ga efek sampingnya.. oiy dok ada lgi yg ingin sya tanyakan, beberpa dri tmen ku jga ada yg menghilangkan TL hanya dg menggunakan sabun colek dicampur kapur sirih memang sih hilang .. tapi menurut dokter itu berbahaya tdk? ada efek sampingnya tdk? mksiih.di tunggu jawabannya



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia