Nury Nusdwinuringtyas

Tumbuh Kembang Anak : Bila Kaki Anak Bermasalah

Senin, 10-03-2008 11:53:11 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Tumbuh Kembang Anak : Bila Kaki Anak Bermasalah

Fahrezi berusia 3 tahun ketika kedua orang tuanya menyadari lutut kiri Fahrezi membengkok saat berdiri (tampak pada foto: tungkai bawah sisi kiri bengkok). Keadaan ini dikenal sebagai “genu valgum” pada anak usia 2 hinggga 6 tahun, bengkok ringan hingga sedang pada kedua kaki masih termasuk wajar. Bila sangat ekstrim, anak akan berjalan “aneh”, dan kedua lutut bertemu (knock knee). Bisa juga si anak akan berjalan dengan kaki diputar ke arah luar agar kedua lutut tidak bertemu.

Anak mudah lelah, telapak kaki cenderung terbuka ke sisi luar (pronasi), mengeluh nyeri pada betis dan paha depan. Teraba tempurung lutut lebih ke arah sisi luar. Cenderung obese karena anak dengan keluhan demikian menjadi malas bergerak. Sembilan puluh lima persen anak dengan knock knee akan sembuh sendiri (yang tidak ada gangguan pada fungsi berjalan), sisanya memerlukan bantuan (antara lain) sepatu koreksi.

Pada Fahrezi, kemungkinan akan sembuh lebih besar. Tidak ada rasa sakit, tidak terjadi hambatan pada fungsi berjalan. Saya dapati otot sisi samping paha kiri tidak sekuat yang kanan. Program : pengurangan aktivitas menopang badan (yang dilakukannya sendiri dengan minta digendong) dan latihan di air. Pada saat kunjungan dua minggu kemudian, kemiringan kaki Fahrezi berkurang. Saya masih meminta ibu Fahrezi, berkunjung berkala tiap dua minggu.

Catatan : Genu valgus, sering disebut knock-knee, suatu keadaan lutut bersentuhan saat kedua tungkai diluruskan. Yang dimaksudkan dengan kaki di sini bukan feet/ foot, namun seluruh tungkai dan kaki. Bila mendapati anak berjalan tidak wajar, segera konsultasi dengan dokter keluarga, spesialis anak, ataupun spesialis rehabilitasi medik.

(foto: dokumentasi pribadi Nury )

Sumber : Tachjian: Pediatric Orthopedics Wikipedia & Catatan pribadi

Bookmark and Share

Tag/Label tumbuh kembang anak, knock-knee, nury
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
176 komentar pada warta ini
Senin, 10-03-2008 12:02:00 oleh: beben

boleh nanya bu?
Kelainan ini lebih di karenakan apa ya? apa emang kelainan pada kakinya, atau ada kesalahan pada saat belajar jalan?
sebelumnya makasih atas jawabannya




Senin, 10-03-2008 12:03:27 oleh: cut tari

apa benar ya Dok, kaki anak yang baru lahir itu harus diikat agar kakinya tidak bengkok?




Senin, 10-03-2008 13:16:42 oleh: Mimbar Bambang Saputro

Saya dulu di Bedong - dibebat, biar ndak bengkok kakinya



Senin, 10-03-2008 15:55:46 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Nury ...
Apa peran Baby Walker dalam melatih anak untuk dapat melangkah dengan baik bisa mengeliminir perkembangan kaki yang tidak semestinya ?

Trims ...




Senin, 10-03-2008 22:09:23 oleh: darmadi gunawan

terima kasih untuk berita atau informasi. untuk lutut valgus, bisa mamberi masukkan yg sangat informatif, bye



Senin, 10-03-2008 22:12:56 oleh: imelda

salam dokter, saya ada pertanyaan. apakah lutut yang sudah terbentuk demikian pada anak usia remaja , bisa di perbaiki? terima kasih banyak



Selasa, 11-03-2008 22:23:07 oleh: adi

dok, aku dngar dari sahabatku di rumah sakit RSCM. dokter ahli atau bahkan pakar di bidang paru. kapan-kapan di ulas mengenai paru. aku sangat tertarik. terimakasih dok. salam



Rabu, 12-03-2008 07:19:17 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Beben mohon maaf baru sempat menjawab. Lutut memang khusus, merupakan kumpulan empat tulang, tulang paha yang besar, dua tulang tungkai bawah, serta tulang tempurung lutut. Anak memang juga khusus, oleh karena itu tajuk tulisan ini tumbuh- kembang, yang kita bahas kali ini masuk dalam area tumbuh. Genu valgum satu sisi terjadi karena pertumbuhan tidak simetris ujung tulang paha sisi bawah atau tulang tungkai bawah yang besar (sisi atas) . Gangguan pertumbuhan terjadi karena pencideraan (trauma) ataupun suatu infeksi . Pada Fahrezi, menurut ibu gangguan ini sudah tampak sejak satu tahun yang lalu, dan Fahrezi, senang duduk dengan posisi “timpuh“ arah sisi kiri, kemungkinan ada trauma sebelumnya yang (kemudian) disertai dengan tarikan karena duduk “timpuh“ .

Imelda, bila keadaan genu valgum menetap usia 11 tahu (anak perempuan), atau 12 tahun (anak laki-laki) , tidak akan terjadi koresksi spontan, tindakan agresif harus segera dilakukan. Secara fungsional , (akan) terjadi handicap, gangguan berjalan. Kemungkinan tindakan operasi juga diperlukan.

Pada Fahrezi saat ini sedang dibuatkan sepatu khusus untuk sisi kiri, yang dikennal dengan nama Knee Ankle Foot Orthose (KAFO), dengan rancangan khusus pada lutut.





Rabu, 12-03-2008 07:20:14 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mbak Cut, Pak Mimbar, di bedong (ternyata) sudah tidak populer saat ini, dan tetap saja berlangsung dua pendapat berbeda. Pada pengamatan saya, bedong melingkupi mulai panggul,bayi cenderung kakinya terbuka, pencegahan yang dapat di harapkan gangguan pada bentuk kaki O, atau genu vara, kebalikan dari genu valga. Dan bedong tentu saja diberikan pada usia hanya beberapa bulan, untuk tumbuh kembang bayi perlu pengalaman gerak seluruh anggota tubuh dengan bebas. Tumbuh kembang memerlukan seluruh indra, anak juga perlu melihat gerak kakinya sendiri.



Rabu, 12-03-2008 07:21:47 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Eryawan, terima kasih. Baby walker bisa menjadi pembicaraan khusus. Namun pada konteks tumbuh kembang anak, pada penelitian anak usia 6,9 , dan 12 bulan dengan menggunakan penilain standard tumbuh kembang anak, (Roger V Burton psyburt@acsu.buffalo.edu), maupun pengalaman ibu-ibu Indonesia (pada kumpulan milis) , terdapat kelambatan duduk, merangkak, dan berjalan , justru pada pengguna walker. Hal ini kemungkinan terjadi karena anak tidak dapat melihat kakinya sendiri bergerak, body image penting pada tumbuh kembang . Di Kanada, karena kasus cedera yang terjadi cukup besar. Di Indonesia, baby walker sangat banyak. Bijak saja menggunakannya, sebaiknya tidak menjadi hanya merupakan pengalihan tugas, anak 7 bulan hingga 12 bulan memang banyak bergerak, jadi agar tetap bergerak, dan orangtua atau pengasuh bisa mengerjakan yang lain, alat bantu ini di berikan. Anak tetap perlu bergerak dengan berbaring untuk tumbuh kembang optimal. Berjalan dengan baby walker, anak hanya menggunakan otot betis. Ada alamat seputar baby walker: http://mhcs.health.nsw.gov.au

Mas Adi, terima kasih untuk perhatiannya. Barangkali tentang penggunaan obat asma yang rasional pada anak agar tumbuh kembang fisik, mental,sosial optimal ya.




Rabu, 12-03-2008 16:18:12 oleh: Silvi Anhar

bunda..anak silvi itu suka jatuh kalo lari.. itu selalu jatuh..
pas pernah silvi amati.. kakinya itu panjang sebelah.. memang ga terlalu menyolok, tapi hanya sedikittt beda.. apa pengaruh itu ya, dia klo setiap lari pasti jatuh....apa ada kelainan di kakinya ya?
makasih bunda..




Rabu, 12-03-2008 20:32:45 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Silvi tercinta,
panjang tak sama pastinya karena sesuatu
nah , "sesuatu" itu yang mesti di cari
usia berapa sekarang?






















Rabu, 12-03-2008 21:51:20 oleh: Ferius

Dokter Nury, luar biasa sekali dokter masih bisa membagikan informasi-informasi kesehatan yang berguna bagi masyarakat. Seharusnya bisa dicontoh oleh dokter-dokter yang lain. Kalau ada istilah internet adalah komunikasi tanpa batas, mungkin ini bisa dinamakan pelayanan kedokteran tanpa batas juga ya dok?Hehehe...Praktek kedokteran yang tak terbatas ruang praktek...Hahaha...



Kamis, 13-03-2008 03:13:52 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ini Ferius saya yang pinter ya,
ini kasus yang saya bawa hari Selasa kemarin, ikuti saja, bermanfaat untuk si adik dan Ferius, serta teman-teman yang lain
bila KAFO sudah jadi, akan saya sampaikan pada blog saya, bantu saya mengamankan data, itu yang sering hilang kalau saya lengah,
data bisa bercerita banyak, mudah-mudahan bisa di follow-up
Ferius, dunia keilmuan kita luas sekali, yang tak bisa di beli adalah waktu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya, pada gilirannya , Ferius yang akan memberikan informasi bersama Leonardo Paskah Suciadi, dan yang lainnya
Ferius tahu (sekarang) bisa menjumpai saya d dunia maya
Keterbatasan waktu di Cipto sudah tidak bisa jadi alasan ya, he...he...




Kamis, 13-03-2008 07:31:02 oleh: Silvi Anhar

oo gitu ya bun.. usianya sekarang 4 tahun. anaknya aktif banget. klo jalan maunya lari mulu.. disuruh berhenti ga mau, tapi ya itu, kalo namya sudah lari, pasti saja jatuh... pernah usia 2 tahun ia jatuh dari tangga.. langsung dibawa kedokter, tapi kata dokter ga apa2.. terus pernah jatuh dari tempat tidur usia 3 tahun, wah pokokmya namanya jatuh kayak udah makannya bun.. sampe silvi juga bingung gimana caranya ngingetinnya.. yang jagain dia juga udah selalu ingetin utnuk tidak lari.. tapi sulit. makasih bunda atas jawabannya.



Kamis, 13-03-2008 15:38:53 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Silvi sayang,
coba sering bawa berenang, ajarkan berenang gaya katak, agar otot tungkai bawah kuat




Jumat, 14-03-2008 16:46:04 oleh: Silvi Anhar

oo gitu ya bun.. iya deh ntar silvi coba.. makasih bunda..




Jumat, 14-03-2008 21:42:31 oleh: saiful

Hello Dok..
saya telah membaca beberapa artikel, topik yang telah dokter tulis.
Komentar saya: amazing! keep on writing doc.
and tetap semangat.




Sabtu, 15-03-2008 06:58:58 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ ya Silvi, semoga membantu, nanti kita evaluasi kembali

@Saiful, Indo-Jepang kami
ho ho, now it your's
nanti kalukebanykan nulis di wikimu, di "marahi" dekan karena tidak membimbing Saiful dan kawan-kawan

@mas Eryawan, ada kata-kata yang hilang pada jawaban saya untuk mas "Muhammad" , di Kanada baby walker saat ini dilarang.Terima kasih mas Ery




Rabu, 16-04-2008 19:24:01 oleh: juni ibrahim

Doc anak saya umur 4th kondisinya semuanya normal, hanya saja cara jalannya kakinya bukan membuka keluar tapi kedalam (kayak menggunting), jadi kalau jalan sering jatuh, sy udah terapi dan bikin Sepatu utk tidur(biar wkt tidur kaki membuka) udah jalan 5 bln tapi belum ada perubahan gimana ya dok mohon bantuanya, kalau praktek dimana ya Dok? terimaksih : Juni Di Palembang



Kamis, 17-04-2008 19:28:54 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Yuni
kasus anak ibu sebaiknya ditangani bersama dokter spesialis bedah ortopedi dan rehabilitasi medik
di Palembang setahu saya ada 3 orang dokter spesialis rehabilitasi medik
yang membuat resep sepatu siapa ibu? diperlukan evaluasi untuk melihat perubahan, dengan demikian sepatu juga bisa disesuaikan kembali




Kamis, 17-04-2008 20:55:37 oleh: juni ibrahim

terimakasih atas jawannya dok...semoga Allah swt selalu melindungi dokter dimana saja berada...anak saya ditangani dr Nurman lubis ahli bedah ortopedi dan dia menyarankan terapi di YPAC dan dibikin kan sepatu...saya udah ke dr Renra juga ahli Ortepedi juga justru agak ekstrim dia bilang harus diopersi dok...jadi sekarang saya tetap terapi dan pakai sepatu itu dok...gimana ya dok biar anak saya bisa berjalan normal....terimakasih atas jawabannya dok!



Jumat, 18-04-2008 04:23:38 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

pagi ibu ,
cari dr Siti Chandra SpRM, mungkin di RS Umum
supaya di evaluasi kemampuan fungsional berjalannya





Selasa, 22-04-2008 08:51:10 oleh: Mia Setyawan

Pagi Dok..

Anak saya yg ke2 usia 2th 9bln overweight bb skrg 28kg kondisi tulang kaki kiri agak melengkung, paha kiri lbh gemuk dr paha kanan. Tidak ada keluhan, anak sangat aktif,sudah jarang digendong, tidak pernah jatuh/tersandung sewaktu lari/jalan.
Suspect 1 oleh DSA : Blaunt's Disease yg alhamdullilahi menurut doker tulangnya blm ada krn walau terlihat memang dirontgen tulangnya tajam (beak) tp di atasnya blm tertutup/masih ada rongga. Sy sdh pergi ke tempat pembuatan KAFO di Kyai Maja tp kecewa krn produknya sangat amat konvensional, anak tidak bisa duduk dgn KAFO buatannya. Jika dokter tahu tempat lain yg membuat KAFO dr bahan plastik atau mungkin ada saran selain pakai KAFO ?
Segala jawaban dokter kami tunggu, terimakasih atas waktunya..




Selasa, 22-04-2008 09:20:47 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

ibu Mia,
bisa di fotokan kaki anak dan KAFO nya
japri juga boleh




Senin, 28-04-2008 17:31:13 oleh: Meidy

Dokter Nury, ada anak rekan kerja saya (sopir di kantor) yang kakinya kalau jalan telapaknya menghadap ke dalam. Kemarin rekan saya itu bertanya pada salah satu tempat terapi, katanya untuk observasi saja Rp 350,000.- (untuk ukuran kantong dia itu agak mahal).
Mungkin dokter bisa memberikan saran kemana tepatnya anak tersebut dibawa untuk terapi ?
Thanks, dok.




Senin, 28-04-2008 18:54:35 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Meidy tercinta,
sudah di Indonesia lagi
kalau ke Cipto Mangunkusumo mau ?
divisi anak = unggulan
cari saja Departemen Rehabilitasi Medik
atau ke YPCA kebayoran hari Selasa, tim rehabilitasi anak kami ke YPAC setiap Selasa





Selasa, 29-04-2008 08:36:57 oleh: Kickey Vania

Anak saya perempuan umur 1 thn baru belajar jalan. berat lahirnya dulu 2.5 kg dgn panjang 45 cm. sekarang beratnya hanya 7.5 kg, tapi anaknya lincah dan aktif sekali, yang agak membuat saya cemas telapak kaki anak saya ukurannya mungil, pasnya jika dia pake sepatu untuk ukuran anak usia 6-9 bulan. apakah kaki dengan ukuran mungil normal dok? apakah nantinya tidak mengganggu dia dalam berjalan? trus anak saya sdh 3 mgu ini tidak mau makan hanya minum susu saja, apa mungkin mogok makannya akibat gigi tumbuh ya dok? soalnya kalau saya perhatikan giginya banyak yang mau tumbuh. Thanks ya dok atas informasinya.



Selasa, 29-04-2008 08:46:16 oleh: Meidy

Thanks, dokter. Saya memang udah anjurin untuk ke Cipto. Moga2 di sana gak mahal biayanya. Maklum aja jaman sekarang, dok. Semua serba mahal.



Selasa, 29-04-2008 11:34:45 oleh: Decky

Hallo Dokter Nury,
Anak saya sudah saya periksakan ke dokter ortopedi dan sudah dinyatakan untuk mendapatkan bantuan menggunakan sepatu koreksi dimanakah saya dapatkan sepatu tersebut (no telp)???? harganya brp ya????




Selasa, 29-04-2008 19:41:22 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ Meidy tercinta,
sepertinya tidak, kan ada "aturannya"


@mas (? )Decky

Di Departemen Rehabilitasi Medik RSCM
atau RS Mitra Kelapa Gading




Kamis, 15-05-2008 23:21:59 oleh: Novin Gunawan

tolong berikan informasi kelainan pada kaki bayi (tidak ada lutut sjak lahir)
bagaimana caramengatasinya? terima kasih




Jumat, 16-05-2008 00:15:26 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu (?) Novin Gunawan
Bisa lebih spesifik?
Umur saat ini, ke dua anggota gerak bawah atau satu, kemampuan motorik, dsb
Atau kirim foto tungkainya, lewatt e-mail pada japri , silahkan




Sabtu, 24-05-2008 20:40:06 oleh: juni ibrahim

Malam Dok... Dr. Siti chandra kok ngak ada di RS.Umum Palembang ya..saya udah cari info kok ngak ada yg tau ya...dok kalau saya langsung ke jakarta saya harus kemana yang bagus? (kasus anak saya kalau berjalan kaki menghadap kedalam/menggunting tapi tidak X dan O), sekarangkan pakai sepatu kalau tidur saja dok maksud saya kalau bikin sepatu untuk dipakai berjalan gimana ya dok, atau pemeriksaan lebih akurat kemana ya dok....terima kasih dok informasinya semoga dok selalu sehat!!!



Kamis, 29-05-2008 11:20:23 oleh: yessi rinos

dokter yang baik,
putri saya 2 tahun 5 bulan belum dapat berlari dan melompat seperti anak seusianya. Dia hanya bisa berjalan cepat dan kalau jalan terlalu berhati hati. APakah anak saya perlu segera diperiksakan dok..? kalau ya, kemana ya dok..? terima aksih banyak dokter..




Kamis, 05-06-2008 09:42:07 oleh: Sabran

Dok,anak saya Tya berusia 14 bulan. Alhamdulillah pertumbuhannya normal. Dan dapat berjalan pada usia 11 bulan 2 minggu.
Sekarang ini kami lihat ada kelainan pada pergelangan kaki kanan Tya yang cenderung membelok ke dalam, sehingga kelihatan seperti letter "O". Padahal sebelumnya tidak ada,tulang keringnya tidak bengkok.
Apa bisa diluruskan ya dok? Informasi yang kami dengar ada model sepatu yang digunakan untuk meluruskan hal tersebut. Dimana kami bisa mendapatkannya. Sebagai informasi kami tinggal di Medan.
Terima kasih ya dok sebelumnya....




Kamis, 05-06-2008 21:27:06 oleh: dewi

bu, anak saya perempuan 7 tahun. telapak kaki kanannya bengkak dan itu sudah bawaan sejak lahir. bila diurut-urut baru telapak kaki kembali normal. sekarang dia sering mengelh sakit pada telapak kaki yg bengkak tsb. bahaya nggak bu?
thanks




Kamis, 05-06-2008 22:07:09 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Maaf, baru terbaca
Entah mengapa, komentar pada artikel tidak muncul di yahoo mail saya

Ibu Yuni, nanti saya tanyakan dr Siti Chandra di mana
Kalau mau jumpa saya di Departemen Rehabilitasi Medik RSCM




Kamis, 05-06-2008 22:14:10 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@Ibu Yessi, ibu Dewi,
sebaiknya diperiksakan
cari spesialis Rehabilitasi Medik

@bapak/ ibu Sabran
Kalau di Medan , coba ke RS Adam Malik, dr Maharani





Senin, 07-07-2008 01:31:09 oleh: siti chandra widjanantie

Assalamualaikum dr.Nury chayank,
ini Chan...
Saya saat ini bertugas di RSUD.Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, 3jam dari Palembang.
Untuk email dari Juni Ibrahim, kemungkinan pola jalan seperti menggunting itu adalah toeing in, yang tentunya harus dikoreksi dengan sepatu dengan desain khusus atau night splint, tergantung pada usia anak & sejauh mana kemampuan motorik anak.
Artikel yang Chan baca tentang baby walker, sampai saat ini lebih banyak merusak pola jalan anak daripada membantu berjalan...
Karena panggul ditopang oleh sadel baby walker sehingga otot2 panggul dan tungkai bawah anak menjadi lembek&malas bekerja sehingga tidak mampu menopang beban tubuhnya sendiri.

Chan bisa dihubungi di: sitichandraw@yahoo.com

Terima kasih atas perhatiannya.
Salam sayang selalu dari Chan untuk bunda Nury, bapak handikin, adik ola, adik ewin, eyang kakung juga pak amin.
Wassalamualaikum wr.wb




Senin, 07-07-2008 12:30:10 oleh: reny achmad

keponakan saya usianya sekarang 3 tahun, ketika umur 1 stgh tahun sudah bisa berjalan kemudian dia koma selama kurang lebih 2 minggu lalu setelah sadar dari koma dia dinyatakan menderita cerebral palsy kemudian dia tidak bisa berjalan kembali, sampai sekarang perkembangannya hanya bisa berguling-guling saja, kalau didudukkan tidak bisa bertahan lama, sekarang sedang mengikuti terapi di RSCM. ada kemungkinan untuk bisa berjalan normal kembali? adakah tempat terapi untuk kaki di daerah kelapa gading selain di rs mitra keluarga?



Senin, 07-07-2008 21:31:34 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Reny,
Terima kasih telah berkunjung
-Ada beberapa kriteri untuk menentuka kemungkinan perbaikan kemampuan berjalan, coba tanyakan ke dokter Rehab yang mengevaluasi

-Saya akan coba mencarikan tempat lain




Selasa, 15-07-2008 15:18:37 oleh: wahyu adji

sore dok,
Dok anak sy usia 3,5th kondisi normal,hanya sj cara jlnnya telapak kaki cenderung keluar.sy sdh terapi&bikin sepatu sejak usia 2th(kadang dipakai kadang tidak),skrg dia sering mengeluh capek&linu(jari2&telapak)terus minta dipijit.u/sementara skrg saya bantu dg merendam dg air hangat,apa boleh dok?Apakah anak saya hrs dibawa ke Rehab.Medik?klo di Jatim RS mana?sampai usia brp pemakaian sepatu itu?lalu latihan apa yg bisa membantu agar telapak kakinya bisa normal?Mohon penjelasannya,atas jawabannya saya sampaikan banyak terima kasih.




Senin, 15-09-2008 14:09:30 oleh: setiady soewito

Anak laki2 saya sekarang berusia 5 tahun, kaki kiri dan kanannya bengkok keluar seperti gambar diatas (anak Fahrezi) namun tidak terlihat dari depan hanya terlihat dari belakang.
Telah dibawa ke dokter sepesialis tulang di RS Halamahera Siaga Bandung dan disarankan untuk menggunakan alat khusus pada saat anak saya tidur untuk meluruskan, sebelumnya hanya diikat dengan kain (dibedong lutut / kakinya).
Pertanyaannya apakah ada terapi lain ? dan apakah kaki anak saya bisa normal kembali ? Kondisinya dia sangat sehat dan aktif bergerak.
Terima kasih.




Senin, 15-09-2008 17:39:27 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ibu/bpk Wahyu (maaf)
tak apa direndam air hangat
Rehab Jatim di RS dr Sutomo , silahkan

@pak Setiady
ada dokter rehab yang mendalami anak ri RS Hasan Sadikin, dr Marina, cari saja
Saya tidak tahu praktek swastanya di mana
Mungkin bisa ditanyakan di RS Hasan Sadikin
Kemungkinan perlu "latihan", dr Marina akan memandu latihan yang menolong dan mampu laksana




Rabu, 17-09-2008 14:29:44 oleh: setiady soewito

Terima kasih atas informasinya ... akan kami hubungi beliau ...
Salam.




Selasa, 07-10-2008 18:42:26 oleh: siwi arikesti

Dok, anak saya umur 1,5 th waktu berjalan kakinya tidak slalu lurus kedepan (seenaknya sendiri) dan ketika berdiri dari paha s/d dengkulnya dempet dan dari betis kebawah merenggang sekitar 5 cm, apa ini normal Dok, kemana saya harus konsul untuk masalah kaki anak saya, trims Dok



Rabu, 08-10-2008 05:25:46 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak Siwi, silahkan ke klinik tumbuh kembang dengan tim lengkap dr anak , dr rehab dan ortopedi anak
Sementara menanti diagnosa (mencaripenyebab), latihan saja sambil bermain. Dududk bersila , dengan ke dua telapak kaki bertemu, posisi ini diharapkan " melawan" posisi yang ada sekarang .

Tinggal di mana?




Rabu, 08-10-2008 23:07:07 oleh: siwi arikesti

trims Dok atas sarannya, untuk tempat tinggal saya di Kel. Munjul Kec. Cipayung Jakarta Timur,



Kamis, 09-10-2008 04:30:12 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

RS POLRI dekat? Ada dr Nilal SpRM disitu , atau ke RSCM, Departemen Rehabilitasi Medik



Kamis, 09-10-2008 21:54:32 oleh: siwi arikesti

Baik Dok saya akan coba ke RS Polri.

Trims

Siwi




Sabtu, 18-10-2008 20:50:58 oleh: huttamat

apakah genu valgum dan gangguan pertumbuhan bisa diobati ?



Minggu, 19-10-2008 13:54:20 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

"Sembuh" menyangkut dan terapi banyak, hal. Sulit bila jawabannya harus hanya bisa atau tidak, ini kana per kasus



Senin, 27-10-2008 13:34:48 oleh: mellanie sagita

Dokter, anak saya penderita hydrocephalus dan sudah dioperasi vp shunt. saat ini keadaannya sudah lebih baik dan sedang mengejar ketertinggalan perkembangan motoriknya. saat ini usianya 2 tahun, sudah bisa merangkak dan duduk sendiri. oleh dokter rehab medik ia dibuatkan sepatu khusus untuk mengoreksi telapak kakinya yang cenderung terbuka keluar. tapi menurut terapisnya, hal itu akan membuat anak saya akan malas berjalan. saat ini saya jarang memakaikan sepatu tersebut karena si kecil tidak tahan. 2 minggu yang lalu ia sudah bisa berdiri sendiri dan merembet di sofa. tapi kemudian ia terjatuh, dan sejak saat itu ia tidak mau berdiri lagi. apa yang harus saya lakukan dokter ?.



Selasa, 28-10-2008 05:45:54 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu, ajak bermain di air, air angkan memperingan berat badannya. ajak "latihan" sambil bermain, menggerakkan kai saat badan "melayang" di pegang ibu atau dengan ban melingkar pada pinggangnya.

Atau dengan "kolam"plastik, isi air setinggi pinggang anak , berdirikan di tepi kolam plastik. Jangan lupa sambil sering dipeluk, sehingga anak merasa aman dan nyaman.
Tentang sepatu, sampaikan pada dokter rehabnya, sehingga bisa dicarikan solusinya.

Semoga membantu




Kamis, 27-11-2008 16:25:48 oleh: rika mustika

Apakah usia dua tahun perkembangan perbendaharaan kata,artikulasi yang belum jelas dan belum lancar berbicara dikategorikan terlambat perkembangannya? kapan mulai diharuskan mengikuti terapi wicara




Sabtu, 29-11-2008 05:11:21 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Saya tidak berani mengatakan ya atau tidak. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk mendukung. Saya sedang di Bali, tetapi saya sudah meminta seorang dokter muda untuk membuat artikel perkembangn bicara dan bahasa. Coba setelah artikel tayang, kita "jumpa" lagi.

Untuk sementara , apakah anak sudah cukup makan padat. mengunnyah dengan baik? ini bisa menjadi latihan otot mulut untuk perbaikan artikulasi. Sering- sering dudukkan anak eye- yo eye level, ajak bicara dengan penekanan pada beberapa kata.

Semoga membantu




Minggu, 30-11-2008 10:24:29 oleh: siwi arikesti

dokter yang baik,. saya sudah mencoba bertemu dgn Dr. Nilal di fisioterapi Rs. Polri dan kata Beliau kaki anak saya panjang sebelah kanan 39 cm dan kiri 38, akan tetapi belum tahu dari tulang kakinya atau berasal dari ototnya,,selama 3 minggu ini masih diterapi urut,latihan dan dipanasi sinar saja dan itupun ditunggu sampai 2 bulan jika blm ada perubahan baru akan di foto,,apakah nantiny kaki anak saya bisa normal dok karena kalau dilihat dgn mata biasa sepertinya normal saja akan tetapi kalau dia berdiri siap dgn kaki rapat yg sebelah kanan menekuk..apakah ada sepatu /alat khusus utk menarik kaki ank saya dok?saya bharap skli anak sya dpt bjlan normal..thx dok (usia anakku 20 bulan)



Senin, 01-12-2008 14:10:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu latihan jalankan terus, rangsang pertumbuhan dengan jalan . Berat badannya berapa? Kalau agak berat, jalankan di air, akan mengurangi beban pada tungkai bawah, lagipula anak biasanya senang dengan air. Semoga dengan rangsangan , kaki akan tumbuh sama. Berikan asupan gizi seimbang untung membantu tumbuh. Terim kasih.



Rabu, 03-12-2008 10:09:16 oleh: setiady soewito

Dok, genu valgum ini bila diakibatkan oleh infeksi ..... infeksi apa ya ? apakah bisa dari sakit yang ditularkan oleh ibu atau ayah sejak pembuahan dalam rahim ?
Tku.




Jumat, 05-12-2008 13:20:57 oleh: Novi Triyanti

Siang dok... Saya mempunyai bayi perempuan usianya hampir 10 bulan. Berat badannya sekitar 8 kg. sampai saat ini, dia blm bisa duduk sendiri, tapi kalo didudukin sih bisa duduk. dia juga susah sekali kalau di suruh berdiri, apalagi kalau di suruh belajar jalan. Dok, anak saya mengalami gangguan perkembangannya ya? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya? Kalau di Bandung di manakah klinik tumbuh kembang bayi? trimaksih dok..




Minggu, 07-12-2008 09:43:32 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Novi, terima kasih sudah berkunjung pada artikel saya.
Ibu dengan rumus dari buku teks Nekson, berat badan tidak kegemukan , anak usia 10 bulan kira-kra beratnya 9,5 kg.
Rumus cepat Nelson : (umur dalam bulan + 9 ) :2 = berat dalam kilogram.
Jadi kalau 10 bulan : (10+9) :2 = 9,5 kg
Dari Pediatric secrets edisi 4:
Duduk sendiri tanpa bantuan (lebih dari 30 detik): 5 – 8 bulan
Berjalan di bantu (titah): 7- 13 bulan
Berdiri mandiri:: 9-16 bulan
Jalan sendiri : 9 – 17 bulan

Apakah putri ibu bila di dudukkan bisa menyangga kepalanya dengan baik ? Ini kunci utama. Akan memulai seluruh fungsi batang tubuh untuk tegak. Apakah putri ibu mengalami keterlambatan kembang ? Semoga hanya terlambat berlatih saja, (dan tentunya bukan karena kelebihan berat badan), sering tengkurapkan ,jaga agar ada gerakan mengangkat kepala. Simulasi dengan memberi mainan atau gerakan apapun yang menyebabkan anak mengangkat kepala dan badan depan. Kepala dan badan makin tinggi, maka kaki akan tertarik maju, batang tubuh sisi bawah terbawa ke depan, nah anak akan duduk.
Untuk berdiri, kalau anak sudah “siap” kaki akan menyentuh lantai bila disinggungkan pada lantai. Timbul gerakan anak meluruskan lutut. Ini gerak reflex yang harus timbul , untuk memulai berdiri, kemudian berjalan.
Pastinya ada klinik tumbuh kembang di Bandung.Coba tanyakan di bagian anak atau Rehabilitasi medik RS Hasan Sadikin. Biasanya klinik tumbuh kembang dimotori ke duanya. Pada awal akan dibantu melihat reflex anak yang harus sudah hilang dan harus sudah muncul. Demikian jawaban saya ibu, semoga membantu.




Rabu, 10-12-2008 10:35:22 oleh: Novi Triyanti

Terima kasih atas jawabnya dok. Alhamdulilah putri saya bila di dudukkan bisa menyangga kepalanya dengan baik. Ya, putri saya mengalami keterlambatan kembang. Kemarin saya mengunjungi dokter anak, dan katanya anak saya mengalamai kelainan gen, yaitu kelebihan jumlah kromoson, sehingga mengakibatkan keterlambatan tumbuh kembangnya. dan pada saat ini diharuskan untuk terapi. yang saya takutkan lagi apa dampak negatif dari kelainan gen / kelebihan jumlah kromoson untuk nantinya? Saya sangat kwawatir sekali dok...
terima kasih atas jawabannya




Sabtu, 17-01-2009 13:00:10 oleh: anni herlina

dok, saya sangat tertarik dengan penjelasan yang diberikan. boleh saya tahu dimana dokter praktek? rs apa dan didaerah mana? saya ingin membawa anak saya untuk konsultasi langsung




Minggu, 18-01-2009 08:02:19 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu tinggal di mana? saya carikan tempat yang paling mudah. japri dulu juga boleh. terima kasih ibu.



Minggu, 18-01-2009 09:13:08 oleh: anni herlina

begini bu, saya punya anak perempuan usianya 2 tahun 10 bulan. sejak usia 1,5 tahun saya merasa kalau cara berjalan anak saya ada yang aneh. kalau berjalan telapak kakinya agak ke dalam sekitar 30 derajat ( seperti menggunting). untuk jongkok, lompat dan lari tidak ada masalah. saya akhirnmya ke dokter anak. beliau mengatakan " tidak apa-apa bu, tulang dan kakinya semua normal, cuma cara jalannya saja yang seperti peragawati. nanti juga noramal dengan sendirinya". beberapa bulan kemudian saya ke dokter bedah untuk konsul. beliau mengatakan " tidak apa-apa bu, baik2 saja. anak saya (laki2) juga dulu seperti iti, malah lebih ke dalam lagi kakinya. tapi setelah besar normal sendiri". jujur saja bu, saya bingung harus kemana dan bagaimana. karena sampai sekarang cara jalan anak saya itu tetap mengganggu saya. saya ingin dia berjalan normal seperti teman-temannya. saya tinggal di Bontang, Kalimantan Timur. Saya harus kemana ya bu? ke dokter siapa? kalau ibu ada referensi saya minta tolong. inginnya yang dekat biar bisa evaluasi secara rutin bu, tapi walaupun jauh asal yang terbaik juga tidak apa-apa bu. tolong ya bu infonya.



Minggu, 18-01-2009 19:56:23 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu, tak apa ibu jumpa saya, maksud saya tanya tingal di mana, agar saya bisa memberi tahu , paling mudah jumpa saya di mana dan kapan, atau siapapun yang mudah untuk ibu. Ya, itu namany "toeing in", ada "latihan" untuk koreksi yang bila diperlukan. Bontang? Di suatu perusahaan ? baik , akan saya pikirkan kapan bisa jumpa.



Minggu, 18-01-2009 22:39:42 oleh: anni herlina

iya bu. saya di PT Badak. Apakah di bontang tidak ada dokter yang kompeten dibidang tersebut? atau mungkin di lingkup kaltim juga belum tersedia dokter untuk kasus tersebut? karena hasil diagnosa dari kedua dokter kemarin semuanya dianggap baik, maka kasus anak saya tidak di follow up.




Senin, 19-01-2009 19:57:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Anni, setahu saya secara berkala ada dokter spesialis Rehabilitasi Medik dari Surabaya datang ke Bontang, ke PT Badak mungkin. Akan saya carikan informasi. namun kalau ibu akan jumpa saya silahkan. Biasanya dari PT Badak menginap di salah satu hotel di jalan Sudirman (Sari Pasific?)setahu saya (eh, semoga bener). Akses keman-mana dari hotel tersebut mudah.



Selasa, 20-01-2009 06:36:30 oleh: anni herlina

di pt badak sudah saya cek tidak ada kontrak dengan dokter tersebut. adanya di rs PKT sebulan sekali tapi jadwalnya juga belum pasti. dok, selanjutnya lewat email saja ya



Selasa, 20-01-2009 17:18:07 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Anni, saya sempat melihat e-mail ibu, sepintas. Saya cari lagi, kok tidak ada. Say takut, ikut terhapus. Mohon e-mail kembali. Terima kasih



Rabu, 28-01-2009 12:14:10 oleh: Nude

Dear Dokter Nury,

Anak saya, laki2, 5 tahun 3 bulan, berat 33 kg.
Telapak kaki nya datar Dok, tidak ada lekukan, apakah wajar seperti itu Dok? Apakah nanti seiring pertumbuhan usia, telapak kakinya akan berlekuk?
Fyi, telapak kaki saya dan suami berlekuk/tidak datar. Saya lihat anak saya jalannya normal, tapi memang gampang capek. Jika harus saya bawa ke dokter, dokter spesialis apa ya Dok?
Mohon penjelasan Dokter. Terimakasih.




Kamis, 29-01-2009 20:11:58 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Nude, untuk usia 5 tahun sesungguhnya sudah mulai tampak "pola" kaki. Yang sempurna bila ada klinik tumbuh kembang yang tergabung dokter spesialis anak, spesialis rehabilitasi medik dan ortopedi.
Kalau tak ada lengkap, salah satu dari ke tiga disiplin di atas, silahkan. Hanya kalau perlu alat bantu, pastikan ada dokter spesialis rehabilitasi medik yang akan memantau alat bantu yang sesuai.
Boleh dapat info ibu tinggal di mana? Agar saya dapat mencarikan tempat yang paling mudah terjangkau.




Senin, 09-02-2009 13:11:44 oleh: Nude

Dear Dokter Nury,

Terimakasih banyak advise nya.
Saya tinggal di kompleks Legenda Wisata - Cibubur, Cileungsi, Bogor.




Minggu, 01-03-2009 01:45:45 oleh: satriati

saya mau tanya seputar baby walker..
saya sudah diperingatkan suami dan keluarga mertua tentang bahaya baby walker..
saya terpaksa tetap menggunakannya karena anak sering terjatuh dan saya bekerja.
anak saya diasuh juga oleh kakak saya dan seorang pengasuh . sepertinya sejak saya perbolehkan pakai baby walker, hari-hari anak saya cenderung lebih sering di baby walker saat saya tidak di rumah.saya sendiri jarang menggunakan baby walker jika di rumah.
setelah 2 bulan lebih sejak awal pakai baby walker (sekarang 11 bulan), anak saya tidak kunjung bisa jalan, kalau dititah kaki kirinya kelihatan bengkok dan jalannya jinjit.saya kuatir sekali keadaan ini tidak berubah..
bagaimana saran anda? terimakasih




Minggu, 01-03-2009 09:07:57 oleh: Andi Taruna Putra

dokter Nury yg baik,
Anak saya (laki2, 2 Th, 8 bln) sangat2 aktif, usia 11bln sudah berjalan. setelh diprhatikn kaki kiri (area lutut) agak bengkok, itupun jika dilihat denagn teliti. Kadang dia mengeluh kakinya sakit saat tidur malam. Apakah ada indikasi kelainan tulang kaki? terapi apa yg cocok untuk anak seusia tsb? fyi. dia sangat suka berenang (sejak usia 4 bulan), hampir tiap sabtu/minggu kami sekeluarga menghabiskan waktu 4 jam di kolam renang. mungkin ada gaya/latihan2 tertentu yg bisa meminimalisir "kelainan" tsb? Hal2 apa yg bisa kami lakukan (selain berkunjung ke ortopedis)?
thx b4 bu dokter




Minggu, 01-03-2009 10:32:11 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Satriati,
barangkali bahasannya tentang anak berjalan saja ya.Saya kutipkan lagi dari Pediatric secrets edisi 4:
Duduk sendiri tanpa bantuan (lebih dari 30 detik): 5 – 8 bulan
Berjalan di bantu (titah): 7- 13 bulan
Berdiri mandiri:: 9-16 bulan
Jalan sendiri : 9 – 17 bulan

Jadi 11 bulan belum "mau"jalan masih dalam batas normal.
Tahapn sebelum titah, mampu berdiri sendiri. Kalau mampu berdiri sendiri sudah di kuasai, dengan sendirinya anak akan mau rambatan atau titah.




Minggu, 01-03-2009 10:39:14 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Andi,
kesenangannya dengan air bisa dipergunakan, bagaimana bila dibelikan kolam plastik diisi air setinggi pinggang. jalan saja di air bila sore hari. Namun sebaiknya diperhatikan juga apakah berat badan tidak berlebihan, ada rumus untk mengevaluasi berat badan pada jawaban saya sebelum ini. Lutut terbebani saat kita berdiri dan beraktibitas. Kesakitan pada lutut karena aktivitas yang sangat tinggi atau aktivitas tinggi plus berat badan. Kalau karena aktivitas saja, berikan alternatif aktivitas tanpa gerak rasa sakit untuk keadaan demikian malah harus di syukuri, = kontrol terhadap kemampuan tubuh, bila plus karena berat badan berat badandikendalikan
Semoga membantu.




Kamis, 05-03-2009 12:27:32 oleh: Theresia yuli

mau tanya dok, anak saya umur 10,5 bulan , tidak melewati masa merangkak,saat ini di minta di titah(belajar jalan) tapi setelah saya perhatikan pada saat melangkah telapak kaki sebelah kiri selalu terbuka/tidak bisa lurus ke depan, apakah kaki anak saya nantinya bisa berubah sendiri ketika sudah bisa berjalan? atokah harus terapi ke dr rehabilisati medik? saat ini jika minta dititah selalu saya pakaikan sepatu yg model sport.karena saya sempat nonton tv ada dr.rehabilitasi medik yg menyarankan begitu.mohon sarannya ,trimakasih



Sabtu, 07-03-2009 10:59:07 oleh: Sri Kusbinah

Dok saya mau bertanya...
Saya mempunyai anak laki-laki berumur 2 tahun 9 bulan.
Sejak lahir anak saya mengalami hipocsic insemic ensephalopaty. Sering mengalami kejang bila panas tinggi.
Sekarang anak saya belum dapat berjalan bila di papah untuk berjalan kaki kirinya diseret telapak kakinya mengarah ke dalam. Sekarang anak saya sedang menjalani fisioterapi dan si. Saya ingin memperbaiki kaki kirinya dengan alat bantu. Saya ingin tahu di Daerah Bandung apakah ada tempat utuk berkonsultasi dan mendapatkan alat bantu.Saya minta alamatnya..
terima kasih sebelumnya..




Selasa, 10-03-2009 14:36:09 oleh: Yuni

Ibu Nury, anak saya 2 tahun mempunyai kelainan yang mana kaki anak saya sebelah kiri lebih panjang 2 cm dari kaki nya yang sebelah kanan. Bagaimana tindakan yang harus saya lakukan Dok. Saya tinggal di Palembang. Dokter saya sangat butuh saran dan petunjuk Dokter saya sangat khawatri dengan keadaan anak saya. Terima kasih sebelumnya



Selasa, 10-03-2009 14:47:36 oleh: Yuni

Ibu Nury, saya Ibu Yuni yang tadi satu hal lagi anak saya ini susah sekali makannya, dia hanya suka minum susu. Badanya pun kurus beda dengan kakaknya yang suka makan. Apa yang harus saya lakukan ya Bu. karena anak saya ini kalau waktu makan suka bertingkah yang aneh aneh dia bilang suka ngantuk lah, gatel badanya, nangis lah pokonya dibuat nya sampai akhirnya makanan nggak masuk ke tubuhnya. Tolong beri saran ya bu. terima kasih banyak bu Nury



Kamis, 12-03-2009 12:41:58 oleh: Santi

Dear, Dr. Nury

Dok, saya mau tanya keponakan saya 17 bulan kondisi normal, sudah bisa jalan sendiri. Tetapi kalau jalan kok jinjit, kenapa yach dok?
Saya sendiri punya anak usia 13 bulan sudah jalan sendiri masih pelan-pelan, kalau di titah kurang mau. Kapan kita perlu periksa kondisi kaki anak kita apakah normal atau tidak? Saya pernah dengar kalau posisi kaki anak memang awalnya agak O nani berubah jadi X lalu....., saya kurang paham.
Mohon bantuannya. Terima kasih.




Kamis, 19-03-2009 21:09:14 oleh: Nieta

aslm, dokter nury..

dok, saya mau tanya sepupu saya berusia 22 tahun. kami baru mengetahui jika kakinya kanan nya ternyata sedikit aneh, agak melengkung sedikit menyerupai lekungan huruf O yang tidak utuh.. apa masih bisa di normalkan yah dok. kami juga baru mengetahuinya. terima kasih




Jumat, 20-03-2009 05:12:25 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mbak (?) Nieta ,
kalaubaru sekarang di sadari, artinya nggak mengganggu fungsi dan estetika. Sepanjang ke duanya oke, barangkali tak perlu risau. Kalau kemudian dirasakan mengganggu, nanti dibahas lagi ya.

@beberapa anak berjalan dengan jinjit , perhatikan saja (dulu) , apakah ada hal lain.
X dan kakai anak silih berganti...he he, barangkali perlu tulisan lebih lengkap tumbuh kembang . Coba , kalau saya temukan bacaan mudah , akan saya rekomendasikan. Maaf belum sempat menulis artikel (panjang)

@Ibu Yuni , ada dr Jalalin di RSUD Palmbang, mungkin beliau bisa membantu

@Ibu Sri Kusbini, dr Mariana di RS Hasan Sadikin yang mendalami rehabilitasi anak
Silahkan jumpa agar programnya bisa di pandu.





Senin, 30-03-2009 10:40:07 oleh: cheppy

dok,anak saya hari ini genap 18bln berat badan nya kurang banget cuma 7kg padahal makannya cukup, istirahat n bermainnya jg cukup.yang bikin saya bingung dia belum bisa duduk sendiri (harus didudukkan),belum bisa berdiri sendiri. say apengen bawa terapi ke RSCM, tp hari sabtu ada yg praktek ga ya? tx



Selasa, 31-03-2009 16:09:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas/ mbak Cheppy (?)
Sampai saat ini sabtu belum ada layanan. Silahkan hari kerja , datang pada poliklinik Tumbuh Kembang Departemen Anak




Minggu, 19-04-2009 12:05:42 oleh: ERLIN HERLINA

Dok, anak sy baru berumur 10 hari pd saat lahir kedua telapak kakinya masuk ke dalam,kemudian oleh dr ortopedi diberi perban spy kakinya tegak selama 1 minggu. ketika dibuka kedua telapak kaki sudah tegak kembali, namun setelah dua hari di rumah kadang-kadang telapak kaki anak saya masuk kembali ke dalam..tapi ketika dia merentangkan kakinya telapak kakinya bisa lurus, ibu saya menyarankan tinggal di bedong lagi aja selama 1 minggu dari pada di berban lagi, sy jg melihatnya g tega klau dia diperban lg dan mandiinnya jg susah karena takut perbannya basah kena air. menurut dokter apa yg seharusnya sy lakukan? apakah kakinya akan berlanjut seperti itu. Perlu diketahui kakaknya jg mengalami hal yg sama tp ketika diperban selama seminggu telapak kakinya tidak kembali masuk ke dalam. terima kasih banyak dok.



Selasa, 21-04-2009 16:32:44 oleh: Wulan

Assalamu'alaikum, Dr Nury

Dokter yang baik, saya mau tanya, putra saya (18 bln), saya perhatikan ukuran betisnya tidak sama antara kaki kiri dengan yang kanan (kecil sebelah). beda ukuran lingkarnya sekitar 1 s.d. 1.5 cm. betis kanan yang lebih besar ototnya lebih keras dan kenyal, sedangkan yang kiri lebih lemas. apakah itu tergolong tidak normal dokter? putra saya sudah bisa berjalan lancar usia 15 bulan. sehari-hari anaknya aktif dan lincah. apa yang harus saya lakukan? apa sebaiknya saya periksa ke ahli ortopedi, dok? ada rekomendasi yang baik dok?




Minggu, 26-04-2009 21:29:27 oleh: johannis lubis

saya sangat tertarik dengan forum ini, krn saya baru punya anak pertama, dan baru berusia 4 bulan sampai dengan sekarang



Minggu, 26-04-2009 21:45:23 oleh: ibni

dokter yang baik, tolong beri informasi ke saya mengapa anak saya terlihat kaki kanannya lebih panjang. usianya baru 4 bulan, jenis kelamin perempuan. kalau saya sejajarkan kakinya terlihat lutut kanan lebih kebawah. dan bila saya berdirikan terlihat kaki kirinya menjinjit, sedangkan kaki kananya tidak. bila saya konsul ke dokter sebaikanya ke dokter spesialis anak atau langsung ke orthopedi? apakah kasus ini masih bisa di normalakan dokter?



Minggu, 24-05-2009 17:47:51 oleh: Liliana Alie

Selamat sore dokter yang baik, anak saya berusia 11 thn dgn kaki berbentuk X, kami ingin memperbaiki bentuk kakinya sebaiknya kami konsultasi kemana? apakah diusia tsb kami masih bisa melakukan terapi untuk memperbaikinya? kami pernah mendengar ada sepatu khusus, dimana kami dapat memperolehnya/membelinya? kami tinggal di sidoarjo. mohon informasikan dokter spesialis orthopedi disekitar surabaya & sidoarjo yang dokter sarankan. terimakasih ya dok.



Senin, 25-05-2009 10:40:52 oleh: Ngatini

Dokter, anak saya (20 bulan)didiagnosa dsa nya terkena Sindrom down. Dari tampilan wajah memang seperi orang mongol, tapi dia kelihatan cerdas. Apakah tampilan wajah cukup untuk mendignosa seseorang terkena DS. Kaki kirinya lebih panjang 1,5 Cm dari kaki kanan. Testis sebelah kanan tidak ada (sudah USG). Apakah dengan pertumbuhannnya, dia bisa normal sendiri, atau harus diterapi? Kalau harus operasi, saya kasihan karena dia sdh 2 kali operasi labio palato (sumbing). Terimakasih Banyak, Dok.



Jumat, 29-05-2009 18:26:24 oleh: solechah puji astuti

dear dokter nury,

anak saya najla 2thn 5bln. pd saat mulai bs berjalan 14bln saya melihat ada yg aneh dlm kaki najla. 2lutut bersinggungan n telapak kaki agak masuk kedalam. begitu sadar sy cepat bw k dokter orthopedic samitivej hospital bangkok. dokter tdk menyebutkan apa namanya,cm sy mnyebutkan najla sering television posision.akhirnya dibuatkan sepatu khusus.cm sdh 3x kali ganti, tdk menampakkan hasil yah dok?..(1 sepatu dipakai 3bln)bulan dpn saya kembali k tanah air, dan dokter rencananya mau mebuatkan 2 buah sepatu u/ najla. sempat jg saya tnya kpn kembali normal, doktermya menjawab 2thn lagi?..apakah selama itu dok?...tq




Senin, 08-06-2009 11:45:28 oleh: hendra

Dok,

Mau minta recomend dokter specialis anak di jakarta ( anak saya telapak kaki kanan mengarah ke dalam ), kalau bisa yang di jakarta barat. Tq




Rabu, 01-07-2009 14:56:15 oleh: titin fersilia

dear dokter,
anak saya Tio umurnya 4 tahun, sejak umur 6 bulan sudah menggunakan vp-shunting akibat meningitis yg didapatnya sejak umur 3 bulan. Hingga sekarang masih menggunakan vp-shunting, dan ukuran kepala sudah hampir normal, (tiap tahun kontrol) skrg sudah pandai jalan tapi masih dipegang,
Yg mau saya tanyakan bagaimana cara melatih anak agar bisa jalan terutama melatih keseimbangannya?
- makaih sebelumny




Senin, 28-09-2009 15:40:48 oleh: victoria

bun,,anak saya usia ny 13bulan.. setelah diliat2 itu kakinya agak O kakinya kg masuk k dalam. tp ya masih di bawah 15drajat.. saya ud cari d berbagai artikel,, walaupun katanya normal tp kok masi kuwatir.. enakny bagaimana ya bun?? kalau dilihat dr cara berjalan sih baik2 aja, dy masi lincah ga bisa diem, cuma jalannya agak gentayaran ( kayak org mabok).. baiknya gmn ya bun?? apa memakai splint itu baik buat kakiny?? thx bunn



Kamis, 08-10-2009 11:52:46 oleh: Omiyan

Maaf bu saya mau bertanya jadi begini telapak kaki anak saya tuh ga seperti anak lainnya jadi telapak kakinya ga lebar jadi kalau berjalan tumit itu ga lurus jadi bengkok kalaupun dipaksa luruh jadi jalannya kayak robot...

saya sedang mencari info untuk supaya anak saya telapak kakinya bisa wajar atau sepatu yang cocok untuk anak saya tersebut

kalau boleh jawabannya bisa disini atau via email ya bu..makasih





Jumat, 09-10-2009 09:20:19 oleh: maria janna

Selamat pagi dok.......
Begini dok,anak perempuan saya yang berumur 6 tahun telapak kakinya agak berbentuk bulan sabit(kala dirapatkan kedua kaki akan membentuk celah yang agak besar),sehingga kalo memakai sepatu yang flat kelihatan sekali jadi melengkung. saya sudah membawa ke foot care di k. gading tapi daftar antriannya baru dapat akhir tahun 2011,sementara saat itu anak sudah berumur 8 tahun.

Tolong dok kemana lagi saya dapat membawa anak saya agar masalah kakinya dapat segera ditangani?

Terima kasih dok.




Selasa, 13-10-2009 05:54:39 oleh: Endah Nugroho

dokter nuri yang baik...
anak laki2 saya berusia 1,5 tahun,ada kelainan pada tulang kaki kirinya yang sepertinya agak melengkung,tapi dia jalannya cepet sekali kata orang orang kalo model kaki seperti itu pinter main sepak bola dan larinya kencang...hahahah,tapi saya pengen anak saya kakinya bagus dok,seperti kebanyakan anak lainnya.Kira2 saya bisa konsultasi ke dokter?dimana?saya tinggal di cibubur dok




Rabu, 21-10-2009 23:32:17 oleh: shendy P

salam kenal
dokter saya punya anak cewek dengan umur 2 thn 8 bln.sejak lahir badan sebelah kiri dari atas sampai kaki ,besar dan panjangnya beda dengan badan sebelah kanannya.dan yg sangat jelas terlihat dikakinya yg beda panjang 2cm dan beda pula besarnya.jalannya pun menjinjit.yg saya mau tanyakan penanganan apa yg harus saya lakukan selain harus menunggu dia 18 thn?dan apakah ada kemungkinan bisa normal kembali?dan tolong referensinya dokter ortophedi yg bagus...dan kl bs di daerah denpasar krn skrng saya domisili denpasar.tolong ya dok,saya sudah kebingunan.terimakasih




Kamis, 22-10-2009 07:05:31 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Shendy, coba ke RS Umumnya dulu, cari dr rehab medik, panggilannya dr Endi. Supaya bisa dipandu.Saya akan coba cari nama (Bali) nya yang lengkap



Kamis, 22-10-2009 07:36:54 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Shendy: jumpai dr AAA Srikandhyawati SpRM, semoga bisa di pandu



Sabtu, 31-10-2009 13:46:59 oleh: fen

siang,sy mau tanya klw telapak kakinya sebelah bengkok,kakinya sih engga, sy pernah denger soal pake sepatu yg bisa ngebentuk menjadi lurus, kira2 tau ga yah tempatnya klw dibandung..trims



Senin, 09-11-2009 16:52:06 oleh: Elvie

Bu Dokter,

Anak saya umur 23bulan, kakinya sama persis dengan foto diatas. (saya ada pic yg bisa dikirim via email bila ibu berkenan).
Saat ini anak saya sehat dan aktif (juga bawel), tapi kalau jalan sering jatuh.
Saya khawatir dan kasihan. Saya juga takut kalau keseringan jatuh ada efek jangka panjangnya (entah psikis atau psikologis).
Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya belum pernah konsultasi dengan dokter mengenai hal ini.
Jujur saja saya baru menyadari ini setelah membaca dan melihat blog ini.
Domisili saya di Bogor, kira2 siapa dokter yang dapat saya hubungi ya bu? Dan bagaimana menjelaskan dengan benar mengenai kaki anak saya ini kepada dokter. Maaf bu, rata2 dokter anak di Bogor yang saya tahu antriannya panjaaaang dan biasanya cuma punya waktu sebentar untuk periksa/konsultasi.

Terima kasih,
Elvie




Kamis, 03-12-2009 22:02:27 oleh: Erna Dwi

Malam Dokter, sy mau tanya. Anak sy skrg 14 bl, beratnya 8 kg. Anak sy msh bisa tengkurap, blm bisa duduk sendiri apalagi merangkak dan berjalan. Anak sy lahir prematur 31 mgg dg BBL 1,5 kg. Sempat kritis 3 hr. Sejak itu sy konsulkan ke dokter anak dan skrg menjalani terapy. Dokter apakah yang bisa sy lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sy? Tks.



Rabu, 16-12-2009 11:50:06 oleh: yoga tri wijayanti

saya ingin menanyakan tentang anak saya umur 11 bulan,bisa duduk umur 8 bulan dan merangkak umur 9,5 bulan, sekarang belum bisa berdiri sendiri tapa bantuan, tapi sangat ska jalan dititah,tapi yang membuat saya sedih tiap jalan kaki kirinya selalu dijinjit padahal aki kanannya bisa menapak sempurna,apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa berjalan normal dengan kedua kakinya?? mohon saran trimakasih



Kamis, 31-12-2009 10:02:47 oleh: valeri veriani

Bunda Nury,aku kelas 6 sd aku memiliki 1 orang adik laki" berumur 2,5 tahun setelah aku perhatikan kakinya berbentuk x,kemudian kami membawanya ke dokter setelah diperiksa benar kakinya berbentuk x karena faktor keturunan dari keluarga papa saya, namun jika ia berolahraga kakinya normal seperti anak pada umunya.kaki x nya itu tidak terlalu mencolok hanya kelihatan jika ia berdiri dengan tegak kami sekeluarga kawatir apa yg harus kami lakukan? apakah kaki x karena faktor keturunan dapat disembuhkan? dan bagaimana ciri" kaki x saat masa pertumbuhan?



Selasa, 19-01-2010 13:01:52 oleh: Nina Bower

Selamat siang Dr Nuri.
Saya punya keponakan umur 5th, dulu terlahir prematur (6 bl dgn berat 1.3kg). anak ini cerdas tapi jalannya menjinjit. Pernah diperiksa dr rehab medil dan dianjurkan dgn sepatu besi tp krn berat, si anak tidak mau pake lagi dan orangtuanya juga seperti menyerah begitu saja. Saya sangat concern untuk kehidupan si anak di kemudian hari.
Apakah keponakan saya masih punya waktu untuk diperbaiki jalannya? setiap bertemu dgn saya, saya paksakan dia untuk berjalan dgn menapak kaki secara normal, spt nya bisa tapi memang tidak bisa lama. Dia akan kembali berjalan menjinjit lagi dan krn menjinjit jalannya terlihat tidak normal.
Terima kasih dokter atas sarannya..




Rabu, 20-01-2010 22:11:12 oleh: endanni versary

Dear dokter yg baik....

TTP y dok...anak sy, umur 7,5 thn, smgg yg lalu jatuh ktika sdg brmain. 2hr kmudian baru trasa sakitnya di paha kiri (dipangkuan paha), jalan nya jd pincang krn sakit, sebelumnya tidak ada tanda memar atau bengkak ... tp setelah beberapa hari saya perhatikan kaki kirinya (yg terkilir),entah bengkak namanya, jd lebih besar dari kaki kanan...bukan itu saja dok...tapi juga terlihat lebih panjang....bagaimana ini dok...apa yg hrs sy lakukan...mohon bantuan nya...trima kasih sebelumnya...




Sabtu, 27-02-2010 19:06:49 oleh: Baron Eifel

Dear Ibu. DOkter,

Mohon informasi, anak saya 15 bulan, pada waktu umut 6 s/d 12 bulan sering duduk posisi huruf W dan melompat-lompat pakai lututnya tsb.

Usia 12 bulan sudah bisa jalan, tatapi saya lihat kakinya agak lain, dan menurut Dokter Ahli Tulang kakinya berbentuk huruf O.

Mohon petunjuk Ibu apakah ada tetapi yang harus dijalani ? dan apakah perubahan cara duduk, dan berdiri / main air di bak plastik /kolam dapat membantu.

Kemana sebaiknya saya berkonsultasi..?

Terima kasih ya Dok.

Salam ...

Baron, Jakarta




Rabu, 03-03-2010 22:28:24 oleh: bambang hendro wiyoso

anak saya umur 13 tahun menderita hidrosepalus , sudah di pasang vp shunt sampai saat ini belum bisa berjalan apa ada saran



Selasa, 23-03-2010 08:03:27 oleh: Devialina Dewi

Dear Ibu dokter,

Anak saya laki-laki berusia 4 tahun, jika kecapaian habis berlari-lari atau bermain sepeda kaki kirinya terasa sakit di paha bagian depan dan jalannya agak pincang. tapi biasanya kalo saya suruh istrirahat (tidak lari-larian), sakit akan hilang sendiri dalam 2-3 hari. tapi kalau kecapaian lagi sakit akan berulang. Kira2 gejala sakit anak saya ini kenapa ya Dok? Boleh tau dokter prakter di rumah sakit mana
Trimakasih banyak sebelumnya




Jumat, 26-03-2010 10:26:56 oleh: Alex

saya punya anak laki-laki umur 11 tahun, mempunyai masalah dengan kondisi yang sama seperti di gambar, apakah masih bisa diperbaiki ? dengan cara apa ya dok? anak saya sangat suka bermain futsall, apakah boleh ? saya berada di palembang, apakah ada saran saya bisa konsultasi kemana ? makasih ya..



Selasa, 18-05-2010 14:52:03 oleh: Jaenal Arifin

ibu. nury, yang saya hormati
saya seorang ayah, dari anak laki2 saya berumur 3 tahun, beliau ada sedikit kelainan di kakinya, kaki kananya aga berbentuk cekung,
ibu saya mohon bantuannya, dan harus bagaimana? apabila terapi saya bisa kemana dan di wilayah mana? kebetulan saya ada di jakarta pusat terimakasih atas petunjuk dan bantuannya




Selasa, 18-05-2010 15:06:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Kalau diJakarta Pusat, silahkan ke RSCM, departemen Rehabilitasi Medik. atau ke departemen anak, poli tumbuh kembang, spesialis anak dan rehabiitasi medik bergabung.

Ada layanan RSCM Kencana juga.

Silahkan.




Minggu, 30-05-2010 12:50:41 oleh: yulfika i kusumadewi

Dear bu dokter..
Bu dokter anak saya laki-laki 4,5th.kalo berjalan telapak kakinya arah kedalam sehingga telapak kaki ga lurus kedalam.sudah lama saya mencari2 info tentang tempat untuk rehab anak saya.saya tinggal ditanjung kalsel,sesekali pulang ke malang jatim.dimana saya bisa bawa anak saya untuk terapi?mohon infonya bu..terima kasih




Minggu, 30-05-2010 18:05:23 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Saya akan carikan alamat di Kalimantan Selatan. Namun kalau di Malang, RS Syaifu Anwar. dr Eko SpRM.



Jumat, 25-06-2010 00:40:34 oleh: iqbal

Dok sy dr jambi,usia anak saya 1,8 bln, tp dilihat dari jalan kaki kanannya lebih pendek dr kaki kiri, stlh dirontgen kt dokter ternyata tulang pinggul sblh kanan bergeser dari mangkoknya, apakh operasi satu2nya solusi atau bs dgn jln terapi mslnya?kr2 bs kmbli normal ga’ kakinya?trims



Selasa, 13-07-2010 15:17:44 oleh: wiwiek

Anakku punya masalah sm telapak kakinya yg datar, usinya 2,5 th.
Dimana ya cari alas sepatu untuk flatfeet??brp harganya??share ya bun...




Selasa, 27-07-2010 09:10:08 oleh: Bopi Cassia Putra

Bu Dokter,

Perkenalkan nama saya Bopi dan tinggal di Jambi. Anak saya laki-laki umur 10 tahun. Sejak kecil memang badaanya lebih besar dibandingkan seusianya. Pada saat ini tingginya badannya 158 cm dan berat 63 kg. Kalau berjalan lututnya beradu (terutama kaki sebelah kiri) dan juga berjalan agak membungkuk. Apakah masih bisa diperbaiki? Apakah di Jambi ada dokter yang bisa saya hubungi? Saat ini saya berusaha menerapkan diet untuk mendapatkan berat dan tinggi yang seimbang pada dia. Kemudian saya berusaha agar dia rutin berenang dan olah raga beladiri yang ada penguatan pada kaki. Apakah sudah benar tindakan saya? Mohon sarannya Bu. Saya tidak mau masa depannya akan terbatas dengan kekurangannya itu. Terima kasih.

Wassalam,

Bopi Cassia Putra




Rabu, 04-08-2010 06:14:39 oleh: widodo arif

Bu. Dokter

anak saya umur 2 thn 5 bulan lahir prematur 7 bulan saat ini masih blum bisa jalan klo berdiri kaki jinjit. anak cukup aktif aktifitas merangkak loncat kayak katak...
bagai mana kami harus kusulatsi trimakasih




Kamis, 13-01-2011 12:30:45 oleh: dedeh

bu dokter...
Saya mempunyai putra usia 9 bulan, jika berjalan titah kaki kirinya selalu jinjit padahal kaki kanan sudah menapak sempurna dam jika kaki kiri dipaksakan utk menapak dia marah&menangis.
Yg saya tanyakan apakah ada maslah dng kki kiri anak saya.

terima kasih bu dokter.




Senin, 09-05-2011 21:54:55 oleh: Putri

MOhon infonya untuk meluruskan kembali kaki anak saya yang berbentuk O..skrang usianya 9 bulan..dia perempuan..jdi saya sangat mohon bantuan tips nya agar saya bisa menindak lanjuti kakinya agar dapat lurus kembali..trima ksh.



Jumat, 07-10-2011 13:19:04 oleh: Endah Listyorini

Ibu anak saya kira2 sama dengan fahrezi,saya sebagai ibu takut karena saya kasihan jika nanti dia besar. Saya ingin konsultasi dan terapi bila perlu,saya diberitahu ke spesialis tumbuh kembang anak hanya saja tempat yang saya temui pada umumnya hanya masalah tumbuh kembang mengenai autis,down syndrome dan sejenisnya saya jadinya bingung Bu, saya ingin selain RSCM ibu praktek dimana?saya ingin konsultasi dengan Ibu, saya tinggal di Pd kopi jakarta timur.

Terimakasih




Minggu, 13-11-2011 08:18:56 oleh: hesti pamungkas

dok, anak saya usia 6 bulan.. setelah diperhatikan ternyata kaki anak saya membengkok seperti huruf o tulang kering miring, apa masih bisa diperbaiki dok??kasihan kalo udah besar nanti.. ada ngga dok cara yang aman dan efektif untuk memperbaikinya tanpa biaya yang mahal mengingat kondisi ekonomi kami yang pas-pasan,,, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya,,,,



Sabtu, 19-11-2011 08:38:29 oleh: verdianto

mat siang dok,anak sy perempuan umur 8 tahun, dia kalo berjalan suka jinjit kemana kami harus terapi di jakarta atau medan. terima kasih



Senin, 26-12-2011 20:53:58 oleh: Amin mulyadi

Malem dok..
anak saya cowok 1,6 bulan lahir prematur sampai sekarang belum bisa jalan masih di tetah, tp kalau jalan kakinya jinjit dok... yang saya tanyakan normal gak dok anak saya? ukuran kaki sama dok apa yang harus saya lakukan? makasih dok sebelumnya.
Terimakasih.




Senin, 09-01-2012 09:41:17 oleh: Mica

Pagi dokter, saya mempunyai anak perempuan berumur 5.5 thn, kondisi telapak kakinya datar terutama yang sebelah kanan sangat kelihatan dan punya kebiasaan duduk W, pada saat duduk dengan kaki diluruskan posisi telapak kaki lurus seperti penari balet.Anak saya sering mengeluh letih kalau berjalan karena pada saat berjalan posisi telapak kaki sedikit mengarah kedalam namun untuk berjalan dan lari ia masih bisa hanya saja tidak secepat temannya yang lain. Adapun dulu ia tidak merangkak tapi mengesot dan baru bisa jalan pada umur 1.8 bulan. Ada yang mengatakan penyebabnya karena anak sering terjatuh sehingga ada masalah pada tulang pinggulnya dan ada pula yang mengatakan kemungkinan terjadi kesalahan pada saat proses melahirkan. Mohon informasinya dokter, apa penyebab sebenarnya dan apakah kaki anak saya akan kembali normal? kemanakah lebih baik saya membawa anak saya apakah ke dokter spesialis anak / langsung ke bagian ortopedi? Terima Kasih atas penjelasannya..



Sabtu, 14-01-2012 11:31:43 oleh: siska

siang dok,anak saya cowok dan sekarang berumur 10 tahun,dan anak saya lahir prematur,anak saya itu pertumbuhanx agak terlambat dok jln sj umur 3 tahun dan selalu jatuh jika berlari,anak sy waktu itu abis main bom bom car mgkn saking kuatx kakinya menekan gas, stlh bermain ia merasa sakit pd kaki kananx akhir2 ini sy ngeliat anak saya kok kakinya kecil seblah kaki kanannya yg agak mengecil jd sy takut dok anak saya knp2 ,apakah ada saran saya bisa konsultasi kemana ? makasih sebelumnya



Sabtu, 14-01-2012 15:42:46 oleh: suharjo

mohon maaf dok, jika diperkenankan saya ingin konsultasi dok,
begini dok, saya mempunyai anak dengan latar belakang lahir primatur skarang berumur 4 thun, tapi belum bisa berjalan, untuk tulanng kakinya kalo di bantu berdiri selalu jijit dan kaku, sedangkan tangan jika kalo memegang suatu benda juga keliatan kaku,sebelumya jika duduk juga tidak bertahan lama badannya untuk tegak, sampai sekarang juga masih terapi tumbuh kembang disalah satu rumah sakait swasta,saya mohon saran dan solusinya dari dokter, saya harus bagaimana dan harus membawa anak saya kemana dok untuk berobat atau mengikuti terapi, demikian dari saya terimakasi sebelumnya




Kamis, 19-01-2012 13:28:00 oleh: LIA

siang dok...
anak saya punya masalah dengan kakinya, umurnya sekarang 20 bulan dan kemaren baru jalan sekitar 15 bulan,klo dilihat cara jalannya telapak kakinya mengarah keluar (V) bukannya lurus ke depan,saya harus bagaimana dan Konsul kemana ya Dok sehubungan dengan masalah anak saya? Trimakasih, saya di Tulungagung Jawa Timur




Minggu, 04-03-2012 20:59:29 oleh: agus

dok, saya mau tanya!! apakah di usia 22 th , kaki o masih bisa diuruskan dok,.. gimana caranya??



Senin, 12-03-2012 23:24:10 oleh: andri

malam dok usia anak saya 21 bln berat badan 17 kg lahir normal belum jalan kata dokter telapak kakinya datar dan musti pakai sepatu khusus dan terapi tapi postur tubuh normal tidak ada kelainan, apa kegunaan dari sepatu itu apakah anak akan cepat jalan dgn pakai sepatu khusus itu








Senin, 02-04-2012 09:54:42 oleh: dwi roosmaynawati

Salam kenal dokter. Saya mempunyai seorang putra umur 13 bulan. Mulai bisa berjalan umur 12 bulan. Ketika saya perhatikan ternyata kakinya berbentuk O. tapi yang parah kaki sebelah kiri. saya harus periksa ke dokter bagian apa ya dok soalnya saya tidak tahu penanganannya. mohon penjelasannya apakah anak saya dapat berjalan dengan kaki lurus kembali. Saya tinggal di daerah jakarta selatan. terimakasih atas bantuannya.



Sabtu, 14-04-2012 11:19:04 oleh: intan kumalasari

salam kenal dokter, anak saya umur 8 th bila berdiri paha saling menempel dan bila berjalan telapak kaki miring kedalam ,apakah dengan umur sekian kakinya bisa kembali normal? rumah saya di daerah pondok ungu bekasi utara,rs mana ya dok yang rehab-nya bagus dan dekat dengan rumah?
makasih dokter.




Selasa, 24-04-2012 11:08:58 oleh: tuti alawiyah

dok..saya mempunyai anak perempuan berumur 2.10 bulan,setelah saya perhatikan ternyata kaki anak saya berbentuk o,terapi apa yang bisa dilakukan pada anak saya? apakah saya harus kedokter tulang atau spesialis anak?



Kamis, 31-05-2012 07:45:41 oleh: hikmat romdon

asalamualaikum WR WB...

mohon maaf sebelumnya, mau bertanya. apa saja 6 terapi bermain pada anak yang berusia 4th?

trimaksih.




Sabtu, 02-06-2012 03:16:44 oleh: anita

dr. Nury. mohon pencerahanya 1. untuk terapi fisik kaki flat foot yg bisa diterapkan dirumah sprti apa y? anak sy 18m, tapak kaki kirinya flat foot. saat ini sdh bisa berdiri, rambatan, titah. tapi lm bisa tanpa pegangan. 2.apakah flat foot bisa sembuh?
3. apakah diperkenankan konsumsi suplemen makanan seperti jelly gamat?
terima kasih untuk pencerahannya.




Rabu, 06-06-2012 15:26:45 oleh: muharti

Bu Nury yang saya hormati
Anak saya berusia 22 bulan (1 tahun 8 bulan), belum bisa jalan(jalannya masih di tuntun) dan merangkak, kalau diberdirikan pahanya rapat dan lutut kebawah berbentuk huruf V, telapak kakinya cenderung keluar.. bagaimana saya harus menyikapi terhadap kondisi tersebut, beri petunjuk pada saya bu.... terimakasih...




Rabu, 06-06-2012 15:30:27 oleh: Muharti

bu... maaf meneruskan yang terdahulu
sekarang saya berada di medan




Senin, 18-06-2012 10:12:59 oleh: reni sugiarti

assalamu'alaikum,
salam kenal dokter,saya mohon pencerahannya.
saya mempunyai anak perempuan umur 2.5 bulan,bila saya amati ada perbedaan ukuran kaki anak saya dok,ukuran kaki sebelah kanan anak saya terlihat lebih kecil di banding ukuran kaki sebelah kiri,apa yang harus saya lakukan dokter?
terima kasih sebelumnya.




Rabu, 15-08-2012 01:09:42 oleh: christine

Salam.begini dok,setahun yg lalu kaki anak sy masuk roda motor dan lannsung dirongen tulang tidak ada yg patah.stelah sembuh dr luka ada kelainan kaki kananya ato lutut masu kedalam.sy bawa kedokter ortopedi stelah dirontgebn semua bagus sampe tulang panggul.akhirnya anak sy disarankan pake sepatu,tp tetap ga ada perubahan.apakah ada terapi yg khusus buka praktek sendiri ya dok,anak saya usianya 3 thn saat kejadian usia 1 tahun 9 bulan.sy hrus bagaimana ya dok.terimakasih sebelumnya.



Kamis, 30-08-2012 10:02:16 oleh: puri indria

pagi dokter
blm lama ini anak saya (5 1/2 thn) bilang kalo kaki nya ug sebelah kok lebih tinggi. saya amati ternyata memang yang kiri lebih panjang. kalo berapa senti nya saya kurang jelas tapi kira2 1 atau 2 cm. selain itu kliatannya besar yg kanan daripada yg kiri. saya bingung dok karena anak perempuan. apakah bisa di diperbaiki ? saya hrs kemana? saya tinggal di ponorogo. info yg saya dapat bmembuat saya takut ada yg blg bisa juga karena TBC tulang, sering jatuh? tolong info nya dok karena anak saya tanya apa kakinya nanti pincang dan itu membuat saya sedih . trima kasih dok sebelumnya




Selasa, 23-10-2012 16:34:09 oleh: Erlando

Dok, saya mau nanya ada referensi atau rujukan untuk anak saya umur 2 tahun dan kakinya O di wilayah surabaya. Kalo ada rumah sakit mana dan dokter siapa?
Trims




Rabu, 24-10-2012 16:03:14 oleh: sylvie fransiska

salam kenal dok,
anak saya perempuan 2thn 10bln, tinggi 107cm, bb 21kg, agak ndut sih, tapi aktif bukan main,sejak umur 1,5thn sering jatuh kalo berjalan, saya perhatikan kakinya tidak lurus, dari pangkal paha sampai lutut rapat tapi dari lutut ke bawah itu membuka jd spt huruf Y terbalik. Kenapa bisa gitu ya dok...masih bisa dikoreksi kah? kasian kalo sampai besar dia tetap berjalan sperti itu.
Mohon dijawab ya dok..thanks a lot. GBU




Minggu, 28-10-2012 15:11:03 oleh: puspita

Putra saya 9 thn tulang kakinya agak bengkok, saya Mohon informasinya dokter terdekat yang dapat saya kunjungi. Tempat kerja Saya di latumenten jakarta. Terima kasih.




Sabtu, 05-01-2013 05:59:41 oleh: huttamat

Genu valgum yang terjadi pada anak saya disebabkan karena hyperparathiroidsm. pada penderita hyperparathyroidsm kadar hormon parathyroid di dalam darah tinggi dan membutuhkan keseimbangan kadar calcium, dan asupan calcium kurang akan mengambil cadangan dalam tulang, sehingga pertumbuhan akan berhenti dan kepadatan tulang akan longgar. karena beban tubuh yang berat sehingga persendian lutut tidak kuat dan bisa menyebabkan kasus genu valgum. mungkin genu valgum bisa karena multi faktorial?? sekedar sharing Bu Dokter.



Selasa, 22-01-2013 16:38:25 oleh: Yulia

Dok saya mau tanya..

Usia saya sekarang 24thn.
cara jalan saya ko seperti org pincang ya? itu karena apa ya?




Rabu, 23-01-2013 14:40:54 oleh: hania

Salam kenal dok,
saya punya anak yg bernama aqila,dia anak pertama saya ,sekarang berusia 5,2bln dan syukur الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ perkembanganya normal,tapi setelah di perhatikan kaki aqila seperti leter O,orang sekitarpun brpndapat demikian pula,apa itu ada kaitanya dulu waktu 3 bulan sering di berdirikan? Dan akankah kmbali normal nantinya?trims




Jumat, 25-01-2013 14:24:03 oleh: siti nur rahmah

siang dok. saya mau tanya,anak saya khansa 2 tahun belum mau jalan,untuk bangun dari duduk aja belum bisa sendiri msh dibantu,saya khawatir takut knp2,selama ini saya belum pernah periksa/konsultasi ke dokter,, saya harus gmn




Senin, 04-03-2013 11:08:05 oleh: Rizki amelia

dok, anak saya shafa umur 3.5 th, setelah saya perhatikan kaki kiri dengkulnya sedikit bengkok ke dalam, mudah jatuh klo berlari,sudah saya bwa ke dokter ortopedi, dokter bilang krn anak saya sering duduk dengan telapak kaki ke arah luar,bila sedang duduk seperti ini pada dengkul sebelah kiri ada benjolan tulang yg keluar, tp sebelah kanan tidak, di suruh dokter agar dudur bersila/ kaki di lipat, tp sampai sekarang belum ada perubahan. jd rtolong beri saran dok, sebaiknya di bawa ke dokter ap? ada solusi penanganannya seperti ap?
trima kasih,




Selasa, 09-04-2013 07:27:28 oleh: nur 'aini

dokter, saya aini, usia 23 tahun,, saya mengalami kelainan kaki, pada kaki kanan(kaki saya itu pada bagian lututnya bengkok, jika diluruskan pada bagian yg meliputi pergelangan kaki(telapak kaki, timit dll) bengkok keluar (kearah kanan). jika berjalan seperti normal tapi agak aneh,, tulang jempol kaki saya juga menonjol (kaki kanan)..
gimana ya dok, apakah ada pengobatan/ terapi untuk kaki saya ini??????
trims dok,,,




Senin, 15-04-2013 11:16:50 oleh: Jessica

Anak saya umur 5tahun, kakinya berfungsi normal namun bentuk betisnya bengkok ke belakang seperti buah Pisang melengkung, apakah msh bs diperbaiki Dokter? bagaimana caranya? Terimakasih



Selasa, 16-04-2013 12:07:34 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Jessica, coba cari dokter spesialis rehabilitasi medik atau yang saat ini dikenal sebagai dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, agar bisa dievaluasi dulu.



Minggu, 28-04-2013 22:41:39 oleh: Wiwin

Mohon bantuan dan informasinya dok.... Saya mempunyai anak usia nya 3thn 4bln...ank sy sma sperti fahrezi kebetulan namany pun sama alfarezy,,,mulai berjaln usia 11bln lincah aktif tp klo brjaln/berlari suka jatuh..kaki anak sya kanan dan kiri da perbedaan berapa inci..betisnya pun tdk sama..sya hrs kmn ...domisili sya jakarta timur..cibubur mksh dok



Kamis, 30-05-2013 10:26:57 oleh: susi nurul

dok, saya di daerah malang. anak saya umur 23 bulan tapi blm bs berjalan, kaki jarang digunakan, klo brdiri jg gk sama yg kanan lututnya ditekuk sedangkan yg kiri lurus hampir sama dg yg d gambar. bgitu jg klo duduk, yg kanan sering ditekuk, yg kiri agak kaku jarang ditekuk. slama 4 bln ini ikut fisioterapi dan sdh pakai spatu koreksi tp blm ad hasilnya. minta sarannya dok



Kamis, 30-05-2013 16:45:43 oleh: widya j paath

dokter yth,
putri saya berusia 1th 10 bulan,kaki sebelah kiri melengkung ke dalam sperti huruf O tp hanya kiri saja,jika saya konsul k dokter apakah harus memakai sepatu besi? kira2 hrg dr sepatu tsb berapa ya Dok? dengar2 hrgnya mencapai puluhan juta,apakah semahal itu Dok? trimakasih




Jumat, 31-05-2013 09:39:26 oleh: Jusup

selamat pagi dok,
Saya memiliki anak usia 9 tahun perempuan dan baru 1 bulan lalu ketahuan sepertinya kaki kirinya lebih pendek karena kalau berdiri badannya suka di miringkan jadi kami curiga ada apa ? dan ternyata setelah di lihat dari belakang ada perbedaan panjang kaki dan anaknya juga merasakan hal yang sama kakinya pendek sebelah (menurut pengamatan kami orang tuanya) tetapi tidak terlalu terlihat.
pertanyaan saya apakah bisa di perbaiki ?
terapinya bagaimana ? dokter orthopedi apa yang bisa menolong anak saya,
penyebabnya apa ? apakah akan makin bertambah perbedaan kakinya seiring dengan bertambahnya usia ?

Terimakasih dok

Salam

bpk. Jusup




Jumat, 31-05-2013 20:44:52 oleh: namilana

saya punya anak perempuan berusia 2 tahun 6 bulan dan memiliki bentuk kaki sama seperti fahrezi. saya ingin berkonsultasi dgn dr nury mengenai kaki anak saya, brngkali bisa dibuatkan sepatu seperti fahrezi. kalau dr berkenan minta jadwal praktek sama tempat praktek dokter. terimakasih banyak dok.



Senin, 03-06-2013 20:10:33 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Japri saja ibu Namilana




Senin, 10-06-2013 20:51:13 oleh: rachel

Malam dok, sya mau tanya bagaimana terapi genu valgum kebetulan anakndya seperyi itu. Usia anak sya 4 th. Mohon soludi nya, tks



Selasa, 11-06-2013 09:14:47 oleh: rachel

Pagi DOk,

Bagaimana cara penyembuhannya atau terapi nya seperti apa, kebetulan anak saya seperti itu usia anak saya sekitar 4 th.

Terimakasih




Senin, 17-06-2013 11:02:19 oleh: eka kurniasih

Halo dok,
Anak saya usia 11 bln dan lagi senang2nya rembetan ke sofa atau tmpt tidr. Namun telapak kaki kanan saat brjalan atau rembetan mengarah keluar(tumpuan kaki kanan pada bag kaki dalam saja) sdgkn kaki kiri lurus2 saja. Apakah ini normal dok karena masih dlm tahap bljr jalan? Bagaimana cara meluruskannya dok? Apakah dgn pijitan saja dpt membantu? Makasih :-)




Sabtu, 13-07-2013 22:46:56 oleh: vicy vebiola

malam dok,
kalo mau konsultasi utk kelainan kaki dmn ya dok utk daerah jakarta?

Terima kasih




Rabu, 31-07-2013 12:56:10 oleh: Farra Rahmina

Dokter Nury, kaki kanan anak saya kalau berjalan jempolnya masuk ke arah dalam seperti hendak menahan beban tubuh. Apakah itu bermasalah?
Thanks, dok.




Jumat, 02-08-2013 03:40:11 oleh: Rosyda Safrida Ariyani

Dok, Saya mau tanya..anak saya umur 1th belum bisa jalan tapi maunya titah terus.Dia juga ga merangkak tapi ngesot.Setelah saya perhatikan telapak kaki kanannya kalau berjalan kadang lurus, kadang mengarah keluar.Tapi seringnya mengarah keluar.Apakah terapi yg cocok untuk anak saya?Saya tinggal di Pekalongan.Mksh...



Rabu, 11-09-2013 09:01:12 oleh: Sulaiman

Dok anak sy perempuan umur 7 tahun, saya merasa klo berjalan telapak kakinya cenderung ke dalam (kt dokter kaki kiri, utk kanan cencerung normal), jadi seperti agak memutar (seperti "o") baru seminggu ini sy coba konsul ke dokter rehabilitasi medik st carolus jkt..menurut dokternya bisa dibantu dgn sepatu koreksi,,,tp sy blm lakukan karena takut efek lain jg thdp pertumbuhannya dan sy merasa hanya didiagnosa dg lihat cara berjalan tanpa dipegang oleh dokternya...pertanyaan saya, apakah tanpa sepatu tersebut ada kemungkinan tumbuh normal?, efeks samping nya , klo misalnya blm perlu dikasih sepatu itu?, apakah usia 7 tahun sdh terlambat? terus tepatkah sy klo konsul jg ke dokter orthopedi atau dokter apa yg lebih tepat utk konsul, tolong rekomen tempat2nya? terimakasih



Rabu, 23-10-2013 21:41:16 oleh: winda wulandari

Slmt mlm dok nury yth..saya mohon saran'nya putri sy saat ini berusia 7bln yg mmbuat sy cemas saat ini mengapa dya blm bs dudk ya dok???sekarng ini untuk tengkurap dy sudah lancar dok''mohon informasi'nya apa kah kecemasan saya wajar dokter??bagaimana dengan anak saya???trima kasih banyak dokter saya tunggu blz'an nya





Kamis, 09-01-2014 12:25:44 oleh: arif nanda

Bu saya mau tanya anak saya umur 4thn. Anak says setelah sembuh dari sakit dan udah mo makan yang sebelumnya wkt skt ga mkan 1mingggu. Males berjalan seperti ga punya tenaga...? Mhn jawabannya



Senin, 03-02-2014 13:55:23 oleh: liawaty agustina

Siang bu...anak saya umur 16 bulan laki2 dia sdh lancar berjalan.tapi saya lagi galau banget he he he kakinya O dok.bentuk kaki anak apa bisa karena keturunan,soalnya suami saya kakinya O juga,ayah mertua juga O juga...apa yg mesti saya lakukan dok soalx saya tinggal didaerah jd bingung mau konsul kemana.kalo dibiarkan apakah berbahaya?makasih atas jawaban dokter makasih



Rabu, 12-02-2014 06:09:44 oleh: indri

Pagi dr nury, saya mempunyai anak laki-laki umur 5th mempunyai kebiasaan jalan jinjit kaki kirinya saja dan telapak kaki kirinya agak flat, kalo berdiri tegak kelihatan yang kanan menekuk sedikit. Saya tinggal di daerah serang banten bisa minta infonya tempat terapi di daerah serang atau dijakarta, terimakasih



Selasa, 18-02-2014 13:30:31 oleh: dyah purwanti

Siang dokter. Dok.. saya mau tanya. Anak saya umur 5,6
Bln. Baru2 ini jalannya agak pincang. Stlh sya perhatikan ternyata kakinya sblh kanan agak keluar spt berbentuk leter o. Anak saya mang suka mengeluh cape kalau malam dan mnya dipijitin kmdian malas klu untuk berjalan. Bisakah saya terapi sendiri di rmh dok? Ataukah saya harus ke dokter rehab medik atau ortopedi. Thanks




Kamis, 20-02-2014 20:17:01 oleh: Dhewy ika dhivya lestari

Hello Dok..
Dok sya mau tanya anka sya usiany 18buln. Tp ko belum bisa jalan. Sebabny knpa ya dok. Trs kalau sya mau keDokter harus spesialis apa ya? Trmksih




Sabtu, 08-03-2014 12:26:02 oleh: Alia Buana

Doketer Nuri,

Saya mohon advisenya, keponakan saya berumur 3.5th, kakinya berbentuk O. Jika berdiri jempol kanan dan kiri dekat dan lututnya bengkok kearah luar. Saya sudah konsultasi dengan dokter di SBY, di rumah sakit Dr. Sutomo dan RS. Orthopedi Citraland SBY, mereka menyarankan untuk operasi dan mereka tidak menyarankan untuk menggunakan sepatu sebagai alat bantu.

Saya berencana untuk membuatkan sepatu untuk mengurangi kebengkokan kakinya. mohon sarannya apakah ada dokter yg bagus di daerah JKT atau SBY untuk mengatasi kaki O keponakan saya? dan saran untuk tempat membuat sepatu bantuan untuk kaki bentuk O.

Terimakasih Dokter :)




Rabu, 12-03-2014 09:02:48 oleh: Uci Mariana

Pagi dok, saya Uci umur saya 18 tahun. Dok saya sudah lihat komentar2 sebelumnya, saya lihat dokter memang luar biasa. Disini saya ingin bertanya dok, saya ingin mencoba masuk tes polri tetapi kata dokter disana kaki saya berbentuk x dengan kemiringan 10cm, saya sangat sedih dok. Bagaimana cara mengatasinya dok? Saya sangat berharap kemiringan kaki saya bisa diatasi dok. Tolong ya dok.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia