Rahmah Hasjim

Rumah Tidak Sehat

Jumat, 07-03-2008 00:25:10 oleh: Rahmah Hasjim
Kanal: Opini

Untuk menghadapi libur 3 hari ini guru IPS menugaskan Shabrina mencari dari koran maupun majalah sebuah gambar rumah sehat dan sebuah gambar rumah tidak sehat..

Sepulang kerja, meskipun lelah, saya haruskan juga diri untuk membongkar-bongkar tumpukan koran dan majalah bekas yang masih tersisa. Maklum, biasanya ada pembantu yang rajin jualin ke tukang barang-barang bekas dengan barter piring atau gelas tergantung berapa kilo yang didapat. Asik juga hare gene masih ada sistem barter.. Itulah mengapa saya suka sekali dan tak ingin pindah dari kampung ini.

Kembali ke tugas Shabrina. Saya beberapa kali membaca ulang perintah ibu guru yang tertulis di buku penghubung tapi tetap saja tak ada keterangan sama sekali apa yang dimaksud rumah sehat dan rumah tidak sehat. Shabrina menjelaskan bahwa rumah sehat itu rumah yang bagus, ada kolam renangnya, bersih dan gedeeee.. Nah rumah tidak sehat itu rumah yang kecil, jelek dan nggak ada kolam renangnya. Nah lho! Siapa nih yang salah kalau persepsi putri saya jadi sangat materialistis tentang sesuatu?

Akhirnya kami berdua membuka-buka seluruh halaman koran dan majalah. Segera saja kami mendapat begitu banyak gambar rumah bagus baik iklan lokasi perumahan maupun gambar pendukung artikel atau tips.

Setelah hampir satu jam dan mulai merasa lelah, baru kami dapatkan sebuah gambar lokasi rumah yang tertimpa longsor dan Shabrina terlihat merasa terpaksa menerima hasil guntingan koran itu karena dia lihat saya kesulitan mencari gambar rumah seperti yang dia kehendaki tentang rumah tidak sehat.

Kok susah ya mencari gambar rumah tidak sehat di koran atau majalah? Apakah di Jakarta atau malah negara kita sudah nggak ada lagi rumah seperti yang diminta ibu guru IPS itu? Ataukah kemiskinan sudah begitu memuakkan kita setiap hari hingga media merasa tak perlu lagi memuatnya bahkan untuk sekedar informasi? Misalnya tulisan bagaimana menata rumah dari yang tidak sehat menjadi rumah sehat gitu...

Ada pendapat lain, wikimuers?

 

Rahmah Hasjim, Jakarta, Maret 2008.

Bookmark and Share

Tag/Label kemiskinan, ips, sekolah, shabrina, anak, koran, majalah, barter, piring, gelas
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Jumat, 07-03-2008 10:20:08 oleh: wiwik hastuti

Mbak, putra saya pernah juga dapat tugas kayak gitu dan memang bener saya kesulitan mencari gambar rumah yang masuk kategori tidak sehat karena kebanyakan yang ada di majalah langganan kami itu gambar rumah2 mewah yang kayaknya ada di langit d hehehe..



Jumat, 07-03-2008 15:08:06 oleh: Retty N. Hakim

Lain kali jangan cari di koran atau majalah saja dong...cari di wikimu: http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5403

tinggal di cropping he..he...he...tapi terus terang yang di dalam gang-gang sempit lebih banyak lagi, dan saya tidak berani ambil foto, bahkan waktu dulu masih membantu penelitian...




Jumat, 07-03-2008 18:05:03 oleh: rahmah hasjim

Mbak Retty, aku ngintip tulisan Mbak yg itu dg 3 foto rumah 'oke punya' tapi milik siapa mobil atawa motor yg parkir itu ya? hehehe...



Jumat, 07-03-2008 18:41:41 oleh: Retty N. Hakim

maksud mbak Rahmah 'Oke punya' ini apa ya?! Ok beneran atau OK yang nyindir negatifnya?

Coba lihat ventilasi dan pencahayaannya...OK atau tidak? Terus posisinya di bawah jembatan kan berarti polusi suara secara konsisten. Mau punya mobil atau motor, mau rumah "gedung" atau "gubuk" tetap saja sehat itu ada kriterianya. Rumah KPR BTN yang tertata baik bisa jadi lebih sehat daripada rumah gedung yang berharga mahal tapi tidak memenuhi kriteria dasar kesehatan.

Yang ingin saya sampaikan ke mbak Rahmah sebenarnya gambar kedua sebelah kanan (makanya perlu cropping).

Foto itu memang saya muat buat nyindir sih, peraturan kan harus tegas dari awal...bukan orang sudah keluar banyak uang baru kena gusur!








Sabtu, 08-03-2008 05:43:00 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

jaman saya mahasiswa kedokteran sekian puluh tahun lalu tugas di kedokteran komunitas menyuluh (bagaimana ) rumah sehat itu, tetap saja sekarang (banyak) rumah (belum ) sehat ya
sehingga Sabrina mendapat tugas membedakan rumah sehat dan tidak sehat
nati saya lihat juga foto mbak Retty ya
saya tak bisa bamtu Sabrina, koleksi foto saya (saat ini) tentang rumah ya tentang rumah di jogya yang runtuh,




Sabtu, 08-03-2008 08:27:22 oleh: Micky Jo

Disekeliling rumah saya jarang terlihat rumah yang tidak sehat walaupun kebanyakan rumah2 tersebut kecil dan seadanya namun bukaan2 pada rumah plus kamar mandi selalu ada loh he2...yup, rumah yang jelek ( dari segi bentuk ataupun material ) tidak sepenuhnya berarti rumah tersebut tidak sehat..bila rumah tersebut kecil, namun ventilasi ( keluar masuknya udara dan cahaya ), tercukupi dan bersih maka dapat dikategorikan rumah yang sehat..sukses ya sabrina..



Senin, 10-03-2008 00:04:02 oleh: rahmah hasjim

Mbak Retty, kemarin sy nulis 'oke punya' sambil meringis ngebayangin rumah dg akses langsung polusi gitu, ketika sudah jadi agak nyaman eh digusur karena ganti penguasa berarti ganti aturan..
@Ibu dokter, nanti kalau ada waktu saya mau ajak Shabrina kerumah ibu utk lihat bajing itu, masih ada nggak bu?
@Mbak Micky, makanya saya bingung darimana Brina dapat kriteria rumah sehat itu berarti ada kolam renangnya ya? gawat d jadinya saya yg jumpalitan nyari kata2 yg pas utk jelasin soal itu.

Thanx Mbak Retty, Ibu Nury & Mbak Micky karena sudah ngintip tulisan ini ya..sukses selalu..




Senin, 26-05-2008 17:29:36 oleh: Aryanti Arbian

Assalammu'alaykum Ibu,

Tulisan ini terbaca oleh saya pada saat saya membantu anak saya untuk mengumpulkan tugas yang sama dengan Shabrina, putri Ibu(putri ke 2 saya namanya juga Sabrina bu).
Saya bukan tipe Ibu yang tekun membongkar majalah dan koran, makanya untuk melengkapi tugas ini pun saya masuk ke google dan menggunakan search engine dengan kata rumah bersih
Lumayan sulit juga ternyata.
Saya sangat berharap, guru anak saya dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai rumah bersih dan kotor, dan akan berdampak pada meningkatnya kesadaran anak saya terhadap kebersihan, dan bahayanya kotoran di rumah.
Jadi tidak hanya sekedar mengumpulkan tugas saja.

Wassalam,




Sabtu, 07-02-2009 23:55:44 oleh: muhammad adi

baik



Kamis, 23-04-2009 16:41:48 oleh: Michelle P Halim

Benar loch mencari gambar/foto rumah tidak sehat itu tidak mudah, padahal sebenarnya masih banyak tampilan rumah yang brantakan alias tidak sehat. Apa saya harus mengambil sendiri foto rumah tidak sehat, wah wah wah bisa-bisa yang punya rumah tersinggung dikirainnya rumahnya mau diapa-apain. hehehe... dimana carinya?



Sabtu, 24-04-2010 13:47:28 oleh: wahyu

Tugas semacam itu diberikan setelah topik materi tentang perbedaan rumah sehat dan tidak sehat dijelaskan pada anak-anak di kelas. Semalam saya juga mencarikan utk anak saya, rumah sehat gampang saja...di majalah dan tabloid nova saya temukan. Rumah tidak sehat, browsing dr internet dg kata kunci 'slum' baru deh saya print.



Sabtu, 10-12-2011 21:43:33 oleh: widy

good....



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY