Edy J.harto

Tips Memerangi Stres

Rabu, 05-03-2008 09:47:43 oleh: Edy J.harto
Kanal: Kesehatan

STRES sebuah kata yang sangat akrab di telinga dan sangat populer melebihi ketenaran nama seorang selebriti ngetop, saat ini di jaman yang serba instan stres menjadi cikal bakal dari sebuah keadaan yang sangat menakutkan untuk perkembangan fisik maupun mental dari seseorang, selain menguras tenaga juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dampak destruktifnya antara lain adalah kecapekan, ketidakbahagiaan, ketidaksabaran dan kemarahan. Karena itu, stres harus sesegera mungkin ditaklukkan.

Pada dasarnya, ada 2 (dua) metode yang digunakan untuk mengatasi/menghilangkan stres.Pertama adalah dengan obat-obatan dan yang kedua dengan metode meditasi (melatih, merawat dan membina pikiran). Dari kedua metode ini, yang pertama (melalui obat-obatan) hanya bersifat sementara saja yaitu menangani gejala yang timbul dan tidak menghilangkan penyebabnya. Sedangkan yang kedua menghilangkan penyebabnya.

Karena faktor utama timbulnya stres adalah pikiran yang tidak terkontrol dengan baik. Melalui pelaksanaan meditasi, pikiran yang kacau/kusut akan difokuskan pada suatu objek. Pikiran yang telah terfokuskan pada suatu objek akan mudah dikontrol dan diarahkan. Setelah itu, dicari solusi bijaksana untuk menangani pokok permasalahan yang timbul.

Saat merasa Stres:

1. Hentikan kerja untuk sesaat dan jalan-jalan dengan santai. Tujuannya, tiada lain adalah:

    a. Menghindari hasil kerja yang tidak optimal.
    b. Menghindari kegagalan kerja.
    c. Mengurangi tekanan stres.
Setelah pikiran mulai santai dan relaks, pekerjaan sudah bisa dilanjutkan.

2. Minum air segar/juice kesukaan. Tujuannya adalah tubuh menjadi segar dan otomatis pula akan menyegarkan pikiran.

3. Bernapas perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk menormalkan “beat” atau detak jantung yang tidak beraturan.

4. Untuk mengatasi nafsu makan, makan makanan kesukaan. Tujuannya adalah agar stamina senantiasa terjaga dengan baik. Stamina yang fit akan berdampak langsung pada kestabilan pikiran.

5. Jika suka musik atau nonton film, bunyikan musik dan pergi nonton film kesukaan. Tujuannya adalah agar terjadi relaksasi pada pikiran sehingga tekanan stres terkikis sedikit demi sedikit.

6. Lakukan apa yang disukai. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi segar sehingga tekanan stres sirna perlahan-lahan.

7. Cari hal-hal yang sifatnya humor, lucu atau jenaka. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi relaks dan santai sehingga pikiran bisa terfokuskan dengan baik.

8. Berkata kepada diri sendiri:
    a. Saya tenang.
    b. Saya santai dan bahagia.
    c. Saya punya kekuatan untuk mengatasi semua pemasalahan.
    d. Tubuh, pikiran dan perasaan saya tenang.
Tujuannya adalah agar kepercayaan diri meningkat dan semua permasalahan akan semakin mudah ditangani.

9. Lakukan olahraga ringan. Tujuannya adalah agar jasmani menjadi segar dan santai sehingga berdampak konstruktif bagi pikiran.

Agar bebas dari stres, kuncinya adalah terima apa adanya, jangan banyak menuntut dan mudah dilayani. Selalu renungkan bahwa apapun yang dimiliki, semuanya adalah pinjaman semata-mata. Setelah kematian datang menjemput, tidak satupun yang bisa dibawa. Di samping itu milikilah rasa puas atas apa yang telah dimiliki dan jangan sekali-kali membanding-bandingkan diri sendiri dengan kelebihan orang lain. Semoga bermanfaat..



Sumber: Dari Berbagai Sumber
Bookmark and Share

Tag/Label stres
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
13 komentar pada warta ini
Rabu, 05-03-2008 11:30:33 oleh: Micky Jo

klo aku sukanya klo lagi stres nyanyiiiiiiii he..he...



Rabu, 05-03-2008 11:40:27 oleh: Edy J.harto

Jeng Micky Jo, pasti kalau lagi stres lagunya "Disini senang, disana senang.. dimana-mana hatiku senang.." hehehehe..



Rabu, 05-03-2008 11:57:59 oleh: Micky Jo

ho..ho..kok tau bang...



Rabu, 05-03-2008 12:58:11 oleh: Silvi Anhar

klo saya, lagi bete.. cari novel atau nonton film atau ke toko buku.. atau jalan kaki 1 km hehehehe alias ga naik angkot pas pulang apa lagi pas hujan gerimis.. duh asyikknya jalan sendirian sambil merenung :)



Rabu, 05-03-2008 13:21:47 oleh: Edy J.harto

Mbak Silvi, Cari Novel..Nonton Film.. Ke Toko Buku..jalan Kaki.. trus asyik jalan sendirian.. itu dah bener mbak :) artinya, hati kita sudah senang dan sudah gak bete, cuma itu yang terakhir "sambil merenung" wah.. jangan-jangan sampe dirumah malah tambah bete.. karena "merenung" itu sodaranya "sedih", "bete", dan akhirnya kembali lagi deh .. (stres).. hehehe



Rabu, 05-03-2008 21:40:43 oleh: Honny Sinartio

Kalau saya karena seorang ibu rumah tangga maka "obatnya" adalah : ngupas brambang buat stok bawang goreng (karena biasanya pengen nangis tapi gak bisa, jadi dibantu sibawang merah aja sekalian biar plong...),nyuci panci yang sudah rada-rada item jadi harus pakai tenaga ngegosoknya, ngosek kamar mandi, dan...Lega deh. Ada hasil lagi!



Rabu, 05-03-2008 22:35:37 oleh: Edy J.harto

Mbak Honny, Kreatif banget.. tambah dong Jumlah Tips nya.. :)

Mungkin pembaca yang lain punya tambahan.. ?




Selasa, 11-03-2008 16:38:21 oleh: wulan noviyanti

Kalau saya lagi stress pertama saya pergi ketempat yang buat saya tidak stres misalnya ke rumah teman atau sekedar jalan2 ke mall bareng teman..ya kalau ga nonton,dan ga ketinggalan makan makanan yang pedeeeeeess banget!!!hahahaha
kalau kata duo maia "hidup sudah susah,jangan dibikin susah..kita santai saja,ku hanya bisa berkata Emang Gua Pikirin.."




Selasa, 11-03-2008 16:53:16 oleh: wulan noviyanti

Satu lagi saya tambahkan..baca tulisan saya "Berpelukan adalah obat stres yang paling mujarab" karna dengan berpelukan kita akan menemukan sesuatu kehangatan yang tak ternilai...segala bentuk kesedihan/stress bisa hilang hanya dengan berpelukan...Thanx



Rabu, 12-03-2008 07:54:42 oleh: Edy J.harto

Mbak Wulan, "hidup sudah susah,... " apanya yang susah mbak? itu mah tergantung kita kan? dan itu relatif.. Susah karena dibuat sendiri atau gimana..? intinya Susah atau senang itu tergantung bagaimana kita menyikapinya.. mau diarahkan kemana.. Kalau lagi susah (stres) Insya Allah Tips diatas sedikit bisa membantu..

Berpelukan, salah satu penangkal stres.. ada benernya sih.. kita bisa menemukan kehangatan dan rasa percaya diri, cuma tergantung siapa yang dipeluk kan... ? heheheheheheh




Rabu, 12-03-2008 10:14:24 oleh: Nurul Hidayah

Kalo aku lg stress mending mkn yg bnyk smpe ngntuk trs tdr deh....Hehehe.........1001X



Rabu, 12-03-2008 10:25:58 oleh: Edy J.harto

Mbak Nurul, bagus tuh.. daripada mikirin yang tidak2 mendingan makan yang banyak...hehehe cuma masalahnya kalau lagi stres agak susah tuh makan nya..:)



Minggu, 21-12-2008 17:48:09 oleh: Fikri

Dalam artikel bapak tertulis:

Melalui pelaksanaan meditasi, pikiran yang kacau/kusut akan DIFOKUSKAN pada suatu objek. PIKIRAN yang telah terFOKUSkan pada suatu objek akan mudah dikontrol dan diarahkan.

Saya menanyakan tentang maksud fokus berpikir. karena saya orangnya tipe loncat-loncat berpikirnya. disamping sbg kelemahan saya, ini juga kelebihan saya karena saya bisa menangani banyak hal sekali waktu. mohon masukannya. thanks
http://fikri.onthe.web.id




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY