Silvi Anhar

Yuuk, Bermain Sambil Belajar di PP IPTEK!

Jumat, 15-02-2008 10:32:13 oleh: Silvi Anhar
Kanal: Wisata

"Duh males nih ikut matematik..."keluhan para umumnya siswa. Atau, tiba-tiba perut jadi mules setiap mau mulai pelajaran matematika atau fisika. Kenapa ya pelajaran matematika, dan fisika selalu membuat takut hampir sebagian besar siswa? Jawabannya mungkin: karena guru matematika dan fisika umumnya killer, jarang tersenyum, gualakk dan pelajarannya monoton...dan lain-lain. Padahal, matematika dan fisika itu sangat diperlukan, bahkan tanpa kita sadari selalu kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi gimana caranya supaya pelajaran matematika dan fisika itu menjadi suatu pelajaran yang menyenangkan bukan malah menakutkan? Jawabannya, coba deh bikin pelajaran matematik dan fisika itu menarik, jangan monoton. Dan juga guru-guru matematik dan fisikanya juga harus murah senyum dan sabar.

Salah satu cara yang mungkin bisa digunakan adalah, ayo kita bermain sambil belajar. Inilah yang menjadi motto, PP IPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Kemarin Rabu tanggal 13 Februari 2008, PP IPTEK mengadakan acara Customer Gathering bagi guru- guru SMA se Jabodetabek. Tujuan diadakan acara ini, adalah PP IPTEK ingin memperkenalkan program dan kegiatan apa saja yang diadakan, yang tujuannya untuk memajukan pendidikan iptek di kalangan pelajar dan pendidik khususnya. Sehingga pelajaran sains itu bukan lagi suatu yang menakutkan tetapi menyenangkan. Acara yang dimulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB, dihadiri oleh kurang lebih 30 guru dari Jabodetabek.

PP Iptek, menyajikan berbagai macam alat peraga yang berkaitan dengan matematika, fisika, kimia, biologi dan geografi. Alat peraga tersebut bersifat happy. Karena sesuai dengan motto PP Iptek, bermain sambil belajar.

Misalnya, jika teman-teman belum pernah merasakan gimana sih rasanya gempa itu, maka di PP Iptek ada simulasi gempa. Ada tempat yan dibuat seperti sebuah ruang tamu. Setelah kita duduk di dalamnya, mulailah petugas mengatur, kita mau merasakan gempa dengan skala richter berapa...

Jika ingin mengetahui bagaimana cara mendeteksi gempa, di PP Iptek ini juga ada, dan ini menurut PP Iptek, sifatnya on line. Sehingga jika ada gempa di mana saja di Indonesia, akan langsung dikirim ke alat deteksi gempa tersebut.

Yah masih banyak sekali alat peraga yang bisa kita coba. Dan semuanya menarik. Jadi mungkin selama ini kita hanya tahu teori-teorinya saja, nah di PP Iptek ini kita akan bisa melihatnya bahkan ikut merasakannya, sehingga diharapkan terutama bagi peserta didik, ilmu yang didapat secara teoritis, dapat dengan langsung melihat bentuk peragaannya, sehingga ilmu yang diterima semakin mantap.

Nah, selain alat peraga yang ditampilkan di PP Iptek juga mengadakan berbagai kegiatan berupa workshop baik bagi guru maupun bagi para siswa. Selain itu juga PP Iptek mengadakan suatu program yang disebut goes to school. Jika mau tahu, program-program apa saja yang diadakan oleh pp iptek lainnya, klik saja websitenya, http://www.ppiptek.or.id/.

Sebenarnya satu hal yang menurutku sangat disayangkan adalah letak PP Iptek ini terlalu jauh di dalam Taman Mini Indonesia Indah. Sehingga untuk menuju ke lokasi pp iptek ini, bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi jalan kakinya jauh banget. Memang ada mobil keliling dari TMII, tetapi itu terkadang lama menunggunya.

Kenapa ya letak PP Iptek ga di depan pintu masuk? Pasti lebih banyak siswa yang bakal mampir untuk bemain. Karena dengan letaknya yang di dalam, mungkin membuat siswa yang ingin datang secara pribadi jadi malas untuk bermain di pp iptek. Tapi semoga walau lokasinya agak ngumpet di dalam, PP Iptek bisa menjadi suatu tempat yang selalu menarik bagi siswa-siswa yang aktif dan kreatif.

 

Nah bagi teman-teman wikimu yang belum pernah ke PP Iptek, coba deh sekali-kali berkunjung ke sana.

 

(sumber foto : www.ppiptek.or.id)

 

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, pp iptek, taman mini, ilmu pengetahuan, siswa, murid
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Jumat, 15-02-2008 16:26:13 oleh: bajoe

vote warta ini berguna!

Dan kayaknya menarik dikunjungi. Aku sempat terpikir bagaimana kalo anggota wikimu bersama anak-anaknya rame2 ke PP Iptek ini? Sehingga sejak kecil, anak-anak sudah dikenalkan pada iptek. Seperti pada kegiatan yang lalu anggota wikimu ke planetarium.

Mbak Silvi, kalo hari Minggu buka tidak? Karena aku cek di websitenya masih kosong. tiket masuknya berapa?




Minggu, 17-02-2008 14:35:56 oleh: Silvi Anhar

makasih mas bajoe...

iya, aku juga rada miris liat websitenya masih kosong...

minggu buka, kalo ga salah yg tidak buka itu hari senin krn secara keseluruhan TMII itu ditutup hari senin..

tiket masuknya Rp. 15.000.

iya, sebenarnya mas, coba saja, saat gedung iptek ini dibangun ditempatkan deket gerbang masuk pintu I yg arah ke kp. rambutan, bisa jadi peminat anak2 melihat pp iptek ini pasti banyak, krn gedung yg lama dulu agak lebih dekat (seingatku, dulu thn 1995 aku wkt sma kesana, dan banyak sekali anak2 yg menghabiskan waktu luang untuk bermain di pp iptek ini.)tapi sekarang gedungnya agak jauh...
tapi mudah2an walau jauh,m dgn semakin banyaknya permainan, makin tetap banyak yg tertarik kesana.. semoga.. :)




Minggu, 17-02-2008 16:14:28 oleh: Retty N. Hakim

Sepertinya tambah banyak mainan baru nih...memang seru sekali isi gedung iptek ini. Yang menjadi masalah memang harus menghidupkan TMII seperti dulu lagi. Sarana transportasi di dalam lingkup TMII jadi bisa diperbaiki. Jam buka dan petugas yang jaga juga bisa lebih profesional. Saya pernah bawa tamu dari Australia jadi nggak enak hati dengan kondisinya waktu itu (banyak yang tutup padahal belum jam tutup dan terlihat tidak terurus).

Isi TMII sebenarnya seru-seru banget lho! (Tapi aku nggak tahu kondisinya sekarang ini gimana, ada mungkin setahun nggak kesana) Tanggal 21 ini mau kesana sama sekolah anakku, tapi nggak mampir ke IPTEK...kabarnya ada juga beberapa wahana baru. Mudah-mudahan aku bisa nyari info soalnya ikut rombongan, nggak bawa mobil sendiri.




Senin, 18-02-2008 11:28:37 oleh: Silvi Anhar

hm bener sih mbak... makanya saat customer gathering kemarin aku nulis aja bahwa kadang permainannya ada yg rusak... jadi susah juga ya..
lah mbak, websitenya aja, pas silvi liat kok ya kosong, pdhl kan berbasis IT..?

iya mbak retty, ada beberapa mainan bnaru..

semoga tmiii semakin berbenah ya... emang malu lah mbak, kita dah semangat2 eh ga tahunya malah ga sesuai dgn fakta...

oh ya, menurut info, sekitar bln november 2008 selama satu thn kedepan, akan ada permainan baru dari australi...




Sabtu, 28-06-2008 14:09:23 oleh: Ditto

wah..wah...yg post dah lama2 gak post,
sebenernya TMII salah satu tempat wisata yg menarik, tapi sayangnya kurang di kelola dengan baik dan sarana promosi yg kurang, jadi mina masyarakat juga sedikit..alhasil sepi deh, saya pernah ke aquarium air tawar..pas baru2 buka saya seneng bgtbgtbgt, tapi sekarang saya liatnya sedih...byk aquarium yg ga kerawat dan kaca2nya pada suram...gimana pengunjung mau menikmati wahananya...sebetulnya uneg2 sya masi byk nih tapi sedih klo di critain,makasi




Senin, 30-06-2008 09:15:15 oleh: Silvi Anhar

makasih mas Ditto..
benar mas ditto, yang saya perhatikan, pemerintah sering membuat wahana2 baru, namun sayangnya tidak memperhatikan mengenai perawatannya..

Aku malah seneng dengan bentuk gedung PP iPtek yang duluuuu sekali, kecil tapi terawat, dan letaknya agak didepan, kalo ga salah dekat dgn istana anak2, jadi, setelah pulang sekolah aku dan teman2 dari istana anak2 langsung ke PP iptek, dan ada saat itu bapak yang menjelaskannya pada kami, jadi kami senang sekali dan tadinya ada teman yg anti dgn iptek eh jadi senang...
makasih ya atas komentarnya :)




Minggu, 26-10-2008 11:28:59 oleh: aLiFa n NIsA

BaGUZ....... b9T AQ n tEmEnQ pEnGeN KeSaNa tP G Da on9KoZZZZ!!!!!



Rabu, 24-12-2008 09:40:17 oleh: arif prio

Terima Kasih atas artikel dan komentar-komentarnya. untuk informasi website PP-IPTEK sekarang sudah pindah alamat ke http://ppiptek.ristek.go.id
apabila ada pertanyaan seputar PP-IPTEK silahkan kirim email dengan alamat ppiptek@ristek.go.id
(humasppiptek)




Selasa, 06-01-2009 12:00:13 oleh: Silvi Anhar

makasih pak arif atas info terbarunya :) semoga PP-IPTEK semakin diminati menjadi tempat kunjungan bagi siswa-siswa khususnya dan masyarakat pada umunya :)



Sabtu, 07-02-2009 12:25:26 oleh: Disi lestari

hai,ppiptek
sangat menarik bngt bljar sambil bermain,aku pengin berkunjung kestu tp karna ku jau bgt dri lokasi ppiptek,jdi gak mungkin.
ku monanya gedung ipteknya tuh msih satu lokasi di tmii? mksih




Sabtu, 07-02-2009 13:13:20 oleh: Silvi Anhar

mbak disi.. iya lokasi PP-IPTEK masih satu lokasi TMII juga. letaknya kalo dari pintu utama agak kebelakang.. mudah2an suatu saat keinginan utk ke pp-iptek kesampaian ^_^



Selasa, 25-05-2010 15:12:18 oleh: susi susanti

emang kota jkarta
ok...........
ae senang bgt's bs berkunjung ke situ k'maren tanggal 8
tp ae krang nyaman dgn be2rapa oang yang da di wilayah tersebut tp mgkin itu sngt baek jaga k'tertiban,k'displinan,k'nyamanan itu ya.......




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY