Leonardo Paskah Suciadi

Berhati-hatilah Mengkonsumsi Obat Flu

Rabu, 13-02-2008 08:54:55 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Berhati-hatilah Mengkonsumsi Obat Flu

Flu atau batuk pilek adalah penyakit masyarakat karena lazim dijumpai dalam masyarakat sehari-hari dan gampang menular di tengah masyarakat. Umumnya jika seorang dewasa menderita flu, tidak panik dan jarang ke dokter, tetapi lebih sering mampir ke warung dan membeli obat flu yang dijual bebas. Dan memang langkah tersebut cukup tepat untuk flu yang baru diderita beberapa hari, dan mesti  disertai cukup istirahat, minum air putih yang banyak serta makan bergizi. Dengan cara simple seperti itu, flu pun umumnya akan berlalu. Tetapi untuk beberapa orang dan situasi sebaiknya Anda lebih kritis dalam memilih obat flu yang dijual di pasaran.

Umumnya obat flu di pasaran adalah kombinasi antara beberapa di antara berikut : parasetamol, klorfeniramin maleat, pseudoefedrin, PPA (PhenylPropanolAmin), kafein, codein maupun dekstromethorphan. Bahan-bahan kimia tersebut dalam dosis terjual memang dalam batas aman sesuai dengan kriteria BPOM, tetapi yang perlu diperhatikan adalah efek sampingnya.

Pseudoefedrin dan PPA adalah obat stimulator bagi pembuluh darah dan jantung (adrenergic) oleh karena itu sebaiknya dihindari bagi Anda yang menderita darah tinggi, juga dengan kelainan jantung tertentu. Kedua obat ini potensial meningkatkan kerja jantung dan tekanan darah, yang bagi mereka sebelumnya menderita hipertensi, apalagi berusia lanjut, maka akan membuat tekanan darah Anda mengamuk.

Tetapi tentunya hal ini tidak terjadi jika dikonsumsi orang dengan tekanan darah relatif baik. Saya pernah mendapatkan bukti hal ini, ketika pasien hipertensi di suatu klinik di Cilincing rutin kontrol sudah 2 minggu untuk hipertensinya, tetapi tekanan darahnya malah cenderung naik, padahal saya sudah menaikkan dosis obat tersebut dan memberi nasehat tentang perbaikan gaya hidup. Setelah ditanya-tanya kemudian , ternyata sejak 1,5 minggu lalu ia sering flu dan minum obat flu yang mengandung pseudoefedrin. Setelah saya anjurkan berhenti menggunakan obat tersebut, 1 minggu kemudian tekanan darahnya langsung menunjukkan perbaikan nyata. Jadi berhati-hatilah bagi kaum hipertensi terhadap kedua obat ini, apalagi jika Anda sudah berumur dan tekanan darah diatas 180 mmHg, karena insiden stoke terkait penggunaan irrasional kedua bahan ini pernah dilaporkan dalam jurnal medis.

Klorfeniramin maleat dikenal karena membuat rasa kantuk yang nyata sesuai dengan dosisnya. Umumnya obat flu seperti Panadol hijau memuat dosis 1 mg bahan ini. Untuk beberapa obat lain, dosisnya bisa 2 mg dan dosis sebesar ini pada orang umum sudah menimbulkan kantuk atau jka tidak daya konsenstrasi dan refleks berkurang. Jadi sangatlah dianjurkan untuk tidak meminum kandungan ini bagi mereka yang bekerja memerlukan waspada dan refleks tinggi seperti sopir, pekerja pabrik dengan mesin, atau pelajar yang sedang masa ujian. Kecelakaan kerja dan lalu lintas karena mengantuk setelah meminum obat dengan kandungan klorfeniramin maleat tidak jarang saya jumpai selama bertugas di UGD.

Berhati-hatilah pula jika Anda memilih obat flu dengan kandungan parasetamol yang dikombinasi dengan kafein. Kafein seperti yang kita tahu adalah senyawa stimulant yang terkandung di dalam kopi, teh dan coklat. Nah kafein yang sama ini dipakai dalam kombinasi dengan parasetamol dikarenakan efek potensiasi (memperkuat daya efektivitas) parasetamol.

Tetapi bagi mereka yang sensitif terhadap kafein (menurut dr.Adamo yang menulis diet terkait golongan darah, mereka yang bergolongan darah O sensitif terhadap kafein), maka kafein akan menimbulkan pusing, tegang, sulit tidur bahkan serangan migren bagi yang memiliki bakat migren. Jadi jika Anda sensitif terhadap kafein, atau Anda yang rajin minum kopi bergelas-gelas dalam sehari ataupun Anda yang punya riwayat migren, sebaiknya mencari parasetamol yang tanpa kombinasi dengan kafein.

Parasetamol sendiri walaupun golongan analgetik pain killer) ‘teraman’ daripada jenis lain (seperti aspirin, asam mefenamat,dll), tetap menyimpan efek samping, khususnya ke lambung. Peradangan lambung bahkan hingga perdarahan saluran cerna dapat terjadi jika penggunaannya terlalu sering, jangka waktu lama dan diminum dalam perut kosong. 1 tablet parasetamol 500mg sebaiknya diminum tidak lebih cepat dari setiap 4 jam.

Yang terakhir adalah mengenai obat batuk. Prinsipnya, jangan minum obat batuk asal-asalan, sesuaikan dengan jenis batuk Anda. Secara umum batuk itu ada dua, batuk keringkah atau berdahakkah?

Untuk batuk kering, obat yang tepat adalah codein ataupun sepupunya yaitu dextrometorphan, kedua obat ini bekerja menghambat langsung pusat batuk di otak. Nah bayangkan apa yang terjadi jika Anda yang berbatuk berdahak meminum kedua obat ini, yang terjadi adalah batuk refleks batuk Anda dihambat oleh otak akibatnya semua lender tertahan dan berkumpul menutupi saluran napas Anda. Maka Anda bisa sesak dan bahkan fatal. Batuk sesungguhnya refleks bonus dari pencipta terhadap saluran napas kita untuk mengeluarkan zat asing yang ada si saluran napas, yah salah satunya si lendir itu.

So, berhati-hati lah dalam memilih obat flu, jika Anda memiliki penyakit lain sebelumnya, seperti hipertensi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebagai tindakan yang bijaksana.

Bookmark and Share

Tag/Label flu, batuk, obat, hipertensi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
35 komentar pada warta ini
Rabu, 13-02-2008 09:05:22 oleh: bajoe

thanks ya Dok! warta ini bermanfaat sekali, paling tidak buatku yang suka minum kopi. Senang ada sharing pengetahuan medis secara populer di wikimu.



Rabu, 13-02-2008 11:41:05 oleh: Eryawan Nurcahya

Apakabar Dok ...

Saya pernah meminta tablet Codein Generik di apotik tapi tidak di perbolehkan karena termasuk obat golongan G dan termasuk ke dalam turunan obat-obatan Psikotropika / Narkoba.

Apa benar Dok ... ?




Rabu, 13-02-2008 13:01:44 oleh: Sandhy.ED

Mas Eryawan....
Codein (etil morfin) tidak diperbolehkan untuk dijual bebas karena masuk golongan narkotika yang pengawasan peredarannya sangan ketat.

Karena codein merupakan turunan morfin, maka sering sekali obat ini disalah gunakan (termasuk si sepupunya dextropmetorphan).

Jadi sebaiknya kalau sakit kontrol dulu ke dokter, dan dokter akan memilihkan obat yang paling tepat untuk kondisi kita.




Rabu, 13-02-2008 13:19:48 oleh: Ira Meida

kl flu, saya jarang sekali minum obat. karna flu disebabkan virus dan akan "pergi" ketika imun kita baik, maka saya biasanya makan yg bergizi, menghindari mkn gorengan dl, minum air putih yg bnyk, mandi aer anget dan tidur yg cukup. insyaAllah, flunya ilang.

btw, ty udh sharing artikel sperti ini. saya vote berguna. slm kenal dok. ^_^





Rabu, 13-02-2008 14:06:42 oleh: rizki komalasari

waahh... berguna sekali info nya dok, terutama di musim hujan gini.
oh ya sekalian tanya, kadang saya suka bingung mendefinisikan batuk kering dengan batuk berdahak,terutama pada saat awal batuk diderita.awalnya saya menduga batuk kering dan minum obat batuk tidak berdahak eh setelah bbrp hari kok malah ada dahaknya dok...

saya vote berguna!




Rabu, 13-02-2008 17:06:11 oleh: Leonardo Paskah S

Halo Bung Eryawan,baik-baik saja saya,trims...Tepat sekali seperti jawaban Saudara Sandhy, jadi kodein itu merupakan obat golongan O (NARKOTIKA), sebagai catatan morfin saja yang dikenal sebagai pain reliever tangguh amat berhati-hati untuk kami gunakan di kedokteran. Jadi saya acungkan jempol buat apotek dimana Anda ditolak, jarang-jarang ada apotek di Indonesia sekarang yang sngat bertanggung jawab seperti demikian,buktinya sangat mudah kita membeli antibiotik jenis apapun di apotek tanpa resep bukan, pdhal antibiotik itu termasuk golongan G (obat keras dan wajib dengan resep).Sedikit tentang narkoba, sebenarnya narkoba itu adalah kumpulan obat2 (narkotika tertentu dan psikotropika) yang berguna dalam medis contohnya yah codein dan morfin itu, jadi ungkapan Say No To NARKOBA itu sebenarnya salah kaprah. Yang perlu kita perangi itu adalah PENYALAHGUNAAN narkoba, bukan narkobanya. Tolong jelaskan kepada siapapun yah tentang halini, supaya jgn salah kaprah dunk, wikimuers kan orang2 yang harus lebih intelek karena sering membaca dan berdiskusi (hahah sofinistik ni;p)

Komentar mbak Ira tentang flu memang tepat banget, flu itu penyakit virus yang self limited artinya akan sembuh sendiri asal tubuh Anda pertahanannya baik. Jadi dokter terhebat bagi diri Anda saat flu yah tubuh Anda sendiri. Bahkan seorang Profesor sekalian tidak akan mampu menyembuhkan flu seketika, karena memang 'tidak ada ' obatnya. Further info ttg flu telah panjang lebar saya bahas di tulisan saya yang terdahulu di wikimu juga, silahkan dibaca, mumpung gratis haha..

Saudara Rizki, batuk kering prinsipnya adalah batuk iritatif, artinya ketika batuk-batuk berulang dan menimbulkan sakit atau perih ketika batuk. Jadi beda dengan batuk basah yg setelah dibatukkan merasa agak lega, nah batuk kering setelah batuk kita malah terasa semakin tidak nyaman dan perih di tenggorok. Umumnya batuk kering memang lebih jarang dibandingkan batuk berdahak.




Kamis, 14-02-2008 07:59:45 oleh: Silvi Anhar

wah bener2 berguna nih dok.
oya memang betul tuk mbak sandy, codein sering disalah gunakan bagi mereka yg pecandu narkba.
ini pernah saya lihat langsung saat saya praktikum di RSKO (dulu di fatmawati), saat mau nebus resep, eh dia pesan ke apotiknya cuman yg kodeinnya saja.. kebetulan saya sedang didalam apotik tsb, dan si mbak yang menerima resep tsb dengan tegas menolak menerima resep tsb.
keesokkannya saya coba ngobrol dgn pasien yg dirawat di rsko itu, dan mereka mengakui itu, dan malah mereka jadi tahu obat2an, untuk membuat diri mereka nyaman...
oya, dok, kalo buat anak kecil, jika batuk, apakah baik langsung diberi obat batuk yg bebas dijual dipasaran?




Kamis, 14-02-2008 09:22:00 oleh: Eryawan Nurcahya

Terima kasih Dok dan Mbak Sandhy untuk penjelasannya ...

Waktu itu saya diresepkan oleh saudara yang juga dokter untuk sakit batuk bronkhitis saat itu. Berhubung biasanya untuk sakit yang sama bisa diresepkan ulang, saat itu saya tidak tahu bahwa ada komponen baru dalam resep terbaru tersebut yaitu Codein.

Ada satu lagi pertanyaan buat Dokter dan Mbak Sandhy juga. Yaitu Luminal, apakah efek kerjanya seperti Dexamethasone 0.5 mg, yaitu untuk membantu kerja syaraf sensorik di tenggorokan untuk mengeluarkan dahak dan melegakan pernafasan ?

Trims ...




Kamis, 14-02-2008 14:26:41 oleh: Leonardo Paskah S

Mbak Selvi, untuk anak ketika batuk harus lebih berhati-hati apalagi jika anak di bawah usia 2 tahun dan disertai napas cepat bahkan sesak, keadaan seperti ini wajib segera dibawa ke dokter. Diameter saluran napas bayi itu hanya sedikit lebih besar dari kelingking tangan Anda, jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi jika saluran itu membengkak karena sedang meradang. Untuk anak yang lebih besar jika Anda yakin itu batuk pilek biasa boleh-boleh saja membeli obat batuk bebas (logo bundaran hijau) karena sudah dinyatakan aman oleh BPOM sesuai dengan komposisi dan dosisnya. Hanya saja jika dalam 5 hari tidak kunjung membaik sebaiknya ke dokter .

Mas Eryawan, wah kedua obat yg Anda sebutkan itu sama sekali tidak sama.Luminal nama generiknya fenobarbital, masuk ke golongan obat bius (Golongan O) dan dipakai umumnya sebagai anti kejang atau obat tidur. Sedangkan dexametason itu obat anti radang steroid . Luminal terkadang beberapa dokter anak suka ditambahkan ke dalam resep obat flu anak bertujuan untuk menenangkan anak agar dapat sedikit tertidur, sel-sel jalan napas asumsinya juga mereda menghasilkan dahak atau berguna untuk mencegah kejang demam (step) jika flu membuat anak demam. Jadi kedua obat yang Anda sebutkan bukan berfungsi mengeluarkan dahak secara langsung/ ekspektoran.Dan sebaiknbya kedua obat itu hanya didapatkan dari resep dokter semata, tidak boleh ditebus sendiri karena termasuk obat keras dan efek sampingnya cukup serius.




Kamis, 21-02-2008 20:59:50 oleh: Hilarius Quivedo

Hai hai.... saya batuk niy.., he he he

Boleh ikutan ga..?? kalau alergi DMP dan kebetulan saya batuk kering sebaiknya minum apa ya?, kalu bisa selain yang mengandung codein seperti Codipront..??

Sayang ya obat flu yang dijual bebas jarang yang dikombinasi antihistamin yang non sedatif seperti loratadine..? padahal menurut saya kombinasi itu jauh lebih baik daripada menggunakan CTM.Karena dengan mengkonsumsi CTM 3 kali sehari aktivitas kita benar nebar terganggu. Seandainya pun ada harganya cukup mahal seperti Rhinos atau Telfast Plus.

Btw thanks buat infonya tentang interaksi obat flu vs hipertensi....




Sabtu, 23-02-2008 19:01:30 oleh: arya

thnkz bnget yah dok..jujur aja saya sering banget kena yang namanya flu, sya juga penderita asma klo saya kena flu disertai batuk2 pasti deh asma saya kumat...nah yang saya mu tanyakan ke pa dokter leonardo yang cakeep gimana cara penanggulangan nya atau asma ku ini??cz dokter pernah bilang klo aku ini asmanya turunan..mang benr yah dok klo asma turunan itu susah untuk di sembuhkan?? bahkan permanent?

thknz




Sabtu, 23-02-2008 22:01:46 oleh: Leonardo Paskah S

Halo Bung Arya...asma (bronkiale) adalah penyakit peradangan menahun dalam saluran napas bawah dan sifat khasnya adalah hiperreaktif (respon berlebih) saluran napas tersebut terhadap sesuatu, baik itu asap rokok, debu dan juga yang sering flu. Nah asma memang penyakit 'keluarga', artinya yah turunan. Asma ini biasanya diturunkan secara paket, yaitu bersama alergi kulit dan rhinitis alergika ('flu' alergi). Jadi penting diketahui flu Anda yang sering kumat itu memang flu umumnya (infeksi virus) atau rhinitis alergika karena pengobatnnya jauh berbeda.Untuk memastikannya saat flu silahkan memeriksakan diri Anda ke THT.

Pengobatan utama asma adalah hindari pemicunya, contohnya flu tadi. Jadi daya tahan tubuh yang mencangkup siklus istirahat-makanan sehat-olahraga perlu Anda jaga. Jangan sampai saat Anda flu justru kelelahan, sering terpapar udara malam nan dingin dsb yang akan semakin memperbesar kekambuhan asma Anda.

Asma itu penyakit yang tidak bisa sembuh! Tapi bisa terkontrol dan umumnya (jika Anda tidak merokok), semakin bertambah usia semakin jarang kambuhannya. Obat asma ada 2 macam yaitu reliever (untuk saat serangan sesak) dan kontrol (steroid dll) untuk menahan proses peradangan yang menahun itu. Obat kontrol jika asma Anda termasuk sedang-berat adalah wajib dikonsumsi setiap hari, dengan demikian asma tidak mudah terpicu walau Anda sedang flu misalnya. Untuk mengetahui derajad asma Anda saya sarankan ke RS Persahabatan, ahli paru atau penyakit dalam.
Trims




Jumat, 04-04-2008 10:45:25 oleh: Dwi Hastuty Kurnia

makasih Dok buat infonya patut diperhatikan tuh agar ga sembarang beli obat



Kamis, 07-08-2008 18:41:26 oleh: pulung priyo pamungkas

halo dok...
saya sering terkena flu, apabila kena udara dingin n minum es. pas minum obat, flunya reda tapi kalo berhenti, flu nya kambuh lagi.
ada ga cara untuk mencegah supaya tidak rentan terhadap flu?
balas ya dok.. gpl
thanks so much




Jumat, 08-08-2008 08:54:59 oleh: Leonardo Paskah S

Alow Mas Pulung..
Yang orang awam sebut flu atau salesma itu sebenarnya beragam dalam dunia medis..
Kalau seperti cerita Mas, umumnya flu yang dimaksud berkaitan dengan radang tenggorok kronis (rhinofaringitis kronis), disebabkan penanganan peradangan akut yang dulu kurang adekwat atau seringnya terjadi berulang2.
Radang semacam ini sudah sulit diobati, apalagi jika disertai komplikasinya yaitu sinusitis.
Obat flu warung tentu saja dapat meringankan gejala, tapi sifatnya pereda simptom saja bukan menuntaskan akar masalah.
Jika sangat mengganggu aktivitas, maka obat tersebut ok saja digunakan, tapi sebisa mungkin yah tidak dirutinkan.
Saran saya, tingkatkan daya tahan tubuh dengan banyak makan buah-buahan atau jika perlu suplemen vitamin, istirahat teratur, dan yang pasti berhenti merokok karena rokok adalah iritan kuat terhadap jalan napas. Selanjutnya, tentunya Anda tahu harus mengurangi hobi Anda sedikit berkaitan yang dingin2 karena hal itu adalah pemicu gejala flu Anda.

Lebih jauh lagi, kemungkinan 'flu' tersebut sebagai manifestasi alergi (atopi) perlu dipertimbangkan jika dengan perubvahan gaya hidup seperti saya sebutkan diatas tidak berhasil mengurangi frekuensi kekambuhan flu Anda. Dan untuk kasus alergi sebaiknya Anda ke dokter ahlinya untuk mendapatkan terapi kompleks.
Trims




Selasa, 18-11-2008 11:48:09 oleh: meiry tjeng

allo,tlg bisa kasih info caranya bgm membedakan batuk kering dan dahak soalnya anak saya umur 4 tahun jadi bingung mau nanyain dia cuma suaranya ada serak jadi yang mana ya? tims banyak buat kebaikkannya



Kamis, 27-11-2008 18:18:33 oleh: ady prasetyo utomo

Halo Dokter, saya penderita asma karena alergi, saya sering dikasih obat oleh dokter jika sedang sakit yaitu :
Rhinos, cetirizine, somerol, cefadroxil, dan longatin. tapi yang jadi permasalahan adalah rasa kembung, perut terasa keras setiap kali flu dan batuk menyerang saya. dan sangat menyiksa.
apakah karena tidak cocok dgn obat? apa sebenarnya kegunaan dari masing2 obat tersebut, trims




Jumat, 28-11-2008 18:18:26 oleh: Leonardo Paskah S

Buat Bu Meiry...
memang relatif lebih sulit untuk mengethaui pasti dahak pada anak ada atau tidak, karena terkadang walaupun ada dahak si anak langsung menelannya. Jadi bisa dikira-kira saja saat si anak batuk, karena akan terasa berbeda suaranya saat terdapat dahak atau hanya batuk2 kering. Biasanya batuk berdahak juga bersamaan dengan ingusan pula.

Mas Ady,
berbagai obat tersebut berisikan kurang lebih berupa obat alergi, pelebar jalan napas, dekongestan (pemampet sekret hidung) dan antibiotik (cefadroxil). Jika emmang gejala saluran cerna menjadi problem Anda, bisa jadi antibiotik tersebut mungkin kurang cocok bagi Anda. Mungkin Anda dapat menyatakan ke dokter Anda tentang hal tsb. Saran saya, tidak semua batuk pilek dan panas memerlukan antibiotik, dan antibiotik sebaiknya juga tidak dikonsumsi terlalu sering dan jangka lama. Efek samping berbagai antibitoik antara lain adalah berupa berbagai keluhan saluran cerna tersebut.




Senin, 01-06-2009 16:42:55 oleh: dodi

saya pernah mengkonsumsi obat flu, kemudian badan saya spt gatal alergi dan terasa sesak napas. jadi jk saya flu saya tdk berani minum obat flu dan ini bisa seminggu lebih baru sembuh. adakah obat flu yg aman utk saya



Kamis, 08-04-2010 10:40:55 oleh: Arief

Halo Dokter
sy saat sini sedang Flu, gejalany terasa hr senin tgl. 05/04/2010 kmaren siang flu sy terasa berat,idung mampet&tgl. 07/04/10 sy beli Rhinos SR...menurut apotekerny krn Rhinos cara kerjanya jangka panjang di anjurkan utk diminum setiap 12jam 1x,kmaren siang jam 14:00 sy minum 1 kapsul...dan pagi ini jam tgl. 08/04/10 jam 9:30 sy minum 1 kapsul lg...gejala flu sudah mereda,kira2 obatny hrs dihabiskan tidak dok???




Kamis, 08-04-2010 13:28:54 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.dodi, komponen obat flu itu banyak, jadi harus dicari tahu yang mana yang menimbulkan reaksi alergi. Amannya, saat flu, cukuplah minum-tidur dan minum vitamin.

sdr.arief, rhinos memang diminum 2x sehari. jika sudah tidak mampet dan pilek, sebaiknya di stop, tak perlu diminum lama-lama.




Kamis, 03-06-2010 13:29:19 oleh: dina lisani

sy sdg flu,trus sy minum imboost dan rhinos..yg ingin sy tanyakan jika sy flu kmbli di kemudian wktu boleh atu tdk? dan bgaimana efek nya jk sy mengonsumsi obt tsb dalam jangka pjg (jk sdg flu saja)?trims dok...



Kamis, 03-06-2010 18:54:01 oleh: Leonardo Paskah S

saya kira karena rhinos mengandung dekongestan dgn dosis yang relatif tinggi seharusnya hanya boleh Anda minum jikia diresepkan oleh dokter sesuai dengan indikasi. obat flu di pasaran yang aman boleh dicoba sebagai lini pertama setiap flu datang plus semacam imboost tsb. Dan jika flu berat sering mangganggu Anda, saya anjurkan untuk suntik vaksin flu saja, efikasinya baik.



Minggu, 11-09-2011 11:13:49 oleh: Merza

Dr. Leonardo,

boleh minta list obat2 batuk-flu yang tidak bikin ngantuk gk???
penting banget soalnya....




Kamis, 26-01-2012 12:07:40 oleh: Eri

Dok, saya ingin tanya, saya menderita flu dan tenggorokan gatal dan agak sakit kepala, trus saya disarankan minum panadol warna Hijau yang mengandung paracetamol dan pseudoefedrin, tapi tensi saya sebelumnya 150/100, gimana ya dok? terima kasih semoga dokter diberikan kesehatan yang baik



Kamis, 26-01-2012 14:23:31 oleh: Leonardo Paskah S

dear Sdr.Eri,
jika memang gejala hidung mampet dan ingusan sangat mengganggu, obat tersebut boleh diminum. Namun sebaiknya penggunaannya tidak terlalu lama atau sering. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi obat darah tinggi Anda pula serta hindari makanan yg asin2.

Salam




Kamis, 26-01-2012 14:39:18 oleh: Eri

Terima kasih dok, tapi saya sedang mengkonsumsi obat darah tinggi, apakah masih diperbolehkan minum panadol walau tidak disertai obat darah tinggi





Kamis, 26-01-2012 14:41:13 oleh: Eri

maaf dok, ada koreksi,
bahwa sekarang ini saya tidak sedang mengkonsumsi obat darah tinggi




Kamis, 26-01-2012 14:56:24 oleh: Leonardo Paskah S

pada umumnya obat tersebut relatif aman untuk digunakan dalam jangka pendek. Ada baiknya jika minum obat semacam itu setelah bbrp hari coba cek ulang tekanan darah. Perlu diketahui bahwa tekanan darah itu sifatnya fluktuatif, artinya jk suatu saat Anda ukur 150/100, itu tidak lantas disimpulkan bahwa sepanjang hari tekanan Anda memang segitu. Bisa jadi lebih rendah, bisa jadi lebih tinggi. dengan adanya pseudoefedrin, ditakutkan fluktuasi tekanan darah ke arah lebih tinggi lebih dominan, sehingga pengukuran berkala diperlukan. Namun yang terpenting dari semuanya bukan masalah aman atau tidaknya mengkonsumsi obat flu semacam itu, melainkan tekanan darah Anda sendiri sudah tergolong sangat tinggi, terutama tekanan diastolik (bawahnya). Sehingga konsultasi ke dokter keluarga Anda diperlukan. Dan jika diperlukan maka obat penurun tekanan darah sudah mesti dimulai. Ingat hipertensi ada sumber utama dari segala penyakit jantung, ginjal, dan otak.

Salam




Senin, 30-01-2012 21:12:18 oleh: rini

makasih dok info ny sangat berguna sekali, ada yg ingin sy tanyakan, sy sring sekali terkena flu apalagi klo musin dingin tp tdk lama hanya beberapa hari saja, padahalkan umumnya orang dewasa terkena flu 2-3kali setahun,apakah ada efek yg akan timbul terhadap tubuh jika sering terkena flu?



Senin, 26-03-2012 18:12:18 oleh: andre

halo dok , artikelnya menambah wawasan saya

dok saya mau nanya , barusan ini amandel saya bengkak , awalnya saya kira flu , krn timbul sedikit dahak dan batuk batuk.

setelah pengobatan , amandel saya udah agak mendingan tapi kenapa batuk saya ini masih saja membandel .

ciri2 nya batuk saya ada sedikit sekali lendir yg keluar bahkan tdk ada sama sekali waktu batuk itupun dahaknya tidak berwarna ijo tp seperti lendir biasa seperti air liur , intensitas batuk bertambah saat tidur , tenggorokan sakit , saya tidak pilek juga.

aneh nya udah saya kasih obat jenis dextrometorphan, masih juga belom sembuh selama 4 hari ini .

yg saya tanyakan:

1. kenapa saya selalu batuk jika saya sakit selain flu ?

2. apakah batuk saya termasuk batuk alergi ? krn saya juga pernah batuk tanpa ada sakit flu atau tanpa ada suatu penyakit .

3. apakah amandel bs ada dahak nya seperti flu ? krn gejala nya mirip2 flu ?

4. sudah 4 hr ini batuk saya membandel sehingga saya tidak bisa tidur , apa yg sebaiknya saya lakukan dok ?

5. dulu pernah periksa paru2 tdk ada apa2 dan sempet setelah flu batuk 2 minggu ga sembuh2 dan sering kambuh tp sembuh setelah saya minum suplemen , dan kambuh lagi setelah 1 th kejadian tsb .




Senin, 21-01-2013 11:56:17 oleh: fajar

halo dok.
saya sedang sakit Brokintis jika kambuh maka kondisi tubuh akan demam dan saya pernah opname selama 7 hari saat itu obat yang di berikan adalah Broncodilator dan Codein. sejak saat itu jika saya sakit seluruh obat obatan ( obat batuk ) tidak berefek lagi pada tubuh saya. seperti saat ini. mula - mula dokter mencoba memberikan " Ambroxol" dan memberikan option Codein jika ambroxol tidak ada efek. 1 hari saya minum tidak ada efek kemudian saya gunakan codein dan keadaan tubuh saya lebih baik dari sebelumnya, dahak bisa keluar dan suhu badan tidak lagi demam ( awalnya 38 derajat C. saat ini kembali normal). bagaiamanakah agar tubuh kita kembali bisa merima obat obatan yang type ringan. apa efek samping dari Codein
kemudian jika saya menggunakan alat penguapan nebulizer apakah harus dengan izin dokter.




Senin, 21-01-2013 13:12:10 oleh: fajar

halo dok.
saya sedang sakit Brokintis jika kambuh maka kondisi tubuh akan demam dan saya pernah opname selama 7 hari saat itu obat yang di berikan adalah Broncodilator dan Codein. sejak saat itu jika saya sakit seluruh obat obatan ( obat batuk ) tidak berefek lagi pada tubuh saya. seperti saat ini. mula - mula dokter mencoba memberikan " Ambroxol" dan memberikan option Codein jika ambroxol tidak ada efek. 1 hari saya minum tidak ada efek kemudian saya gunakan codein dan keadaan tubuh saya lebih baik dari sebelumnya, dahak bisa keluar dan suhu badan tidak lagi demam ( awalnya 38 derajat C. saat ini kembali normal). bagaiamanakah agar tubuh kita kembali bisa merima obat obatan yang type ringan. apa efek samping dari Codein
kemudian jika saya menggunakan alat penguapan nebulizer apakah harus dengan izin dokter.
terimakasih




Kamis, 05-09-2013 10:25:06 oleh: Heny A.L

hallo,,, sy menderita Rinitis Alergi sudah 1th lalu. 2bln pertama sy benar2 menderita,jika obat habis,mata dan hidung saya benar2 gak nyaman, mau gak mau sy ke dokter lagi,,, lalu sy putuskan ke RS dan berobat ke dokter THT, dan diberikan AVAMIS serta antibiotik nya, sejak pakai semprot hidung AVAMIS(1x saja),sy benar2 cukup membaik, meskipun sy sudah tidak menggunakan avamis, sy tdk setiap hari menderita hidung&mata sy, tapiiii tetap saja saya tdk bisa sembuh.. antibiotik yg sy konsumsi saat ini adalah RHINO SR capsul dan METHYLPREDNISOLONE...

Saat menggunakan obat itu, sy akan membaik seperti orang normal ...

Tapi lagi2 sy akan kambuh lagi sakit&terasa gatal dihidung dan mata, serta mata sy terasa panas seperti terbakar dan sy selalu mengucek nya meskipun kulit sekitar mata sudah lecet akibat di kucek2. tp sy gak ada pilihan selain harus minum obat lagi.

kini sy bisa bertahan tanpa obat (meskipun mata&hidung menyiksa) tapi sy bisa bertahan selama 1 - 2 minggu tanpa obat

PERTANYAAN SAYA:
apa ada obat generik untuk antibiotik sy RHINO SR ?
karena harga nya -/+ sekitar 50.000,-an per-10 kapsul, sy mencari obat generik nya biar murah :)
tolong bantu sy yaa




Selasa, 14-01-2014 14:52:07 oleh: dyah murt

Mbak Heny

Kalo rhinos sr itu bukan antibiotik tp merupakan dekongestan (pemampet sekret hidung) atau lebih dikenal sbg obat flu. Rhinos sr itu kmposisinya pseudoefedrin sbg dekongestan dan loratadin sbg antialergi. Dan setau saya itu gak ada generiknya utk pseudo tp klo loratadin ada generiknya.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia