Nury Nusdwinuringtyas

Nyeri Pinggang

Minggu, 10-02-2008 10:05:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Nyeri Pinggang

Sakit pinggang, atau punggung bawah merupakan keluhan yang sangat “umum”, sangat sering terjadi, di keluhkan 4 dari 5 orang di Amerika Serikat, dan merupakan salah satu penyebab ketidak hadiran di tempat kerja. Kekerapannya diderita hanya bisa di tandingi oleh flu

Sisi baiknya, sakit pinggang ini (sesungguhnya) bisa di cegah. Seandainya pencegahan juga (kurang) berhasil, , terapi / latihan sederhana di rumah dan mekanisme tubuh yang baik akan memperbaiki  dan mempertahankan fungsinya , dalam waktu bebrapa minggu. Operasi , merupakan tindakan yang jarang dilakukan

Penyebab

Punggung anda merupakan struktur yang terdiri atas tulang-tulang, otot, ligamen , tendon , diskus, suatu ”bantalan ” yang menyerupai tulang rawan, yang berfungsi sebagai ”absorbent” di antara dua tulang punggung. Nyeri punggung dapat berasal dari manapun komponen tersebut, bahkan tak jarang ditemukan sakit pinggang tanpa penyebab yang jelas

Strain merupakan gangguan nyeri punggung yang terjadi karena otot dan ligamen tertarik saat mengangkat benda berat , atau gerakan yang tiba-tiba.

Otot punggung yang ”mengejang” (spasme) juga merupakan penyebab yang tak jarang terjadi.

Struktur komponen tulang punggung yang terganggu merupakan kelompok penyebab pula. Gangguan struktur terjadi antara lain bila , diskus antara dua tulang menonjol atau robek sehingga ”inti” nya menekan syaraf. Bila tonjolan ini menekan persarafan utama tungkai , maka timbul rasa nyeri yang khas. nyeri yang menjalar dari bokong hingga betis, dan dirasakan sebagai nyeri yang tajam.

Penyebab yang seiring berjalannya usia yaitu penyakit sendi degeneratif sangat sering terjadi pada tulang punggung, seperti halnya degeneratif pada lutut.

Penyebab lain yang sekarang menjadi prmadona ,osteoporosis,

Faktor yang patut diperhitungkan untuk terjadinya nyeri pinggang :

kegemukan, pertambahan usia, perempuan, sikap tubuh, kebugaran, kekuatan otot, Faktor psikososial : depresi, kecemasan, pecandu alcohol. rokok, pekerjaan dengan tekanan

 

Kapan (harus) mencari bantuan

Segera mencari pertolongan dokter bila :

Sakit dirasakan menetap , terutama malam hari atau saat anda berbaring

Terasa menjalar ke bawah pada ke dua tungkai , terutama bila hingga mencapai bawah lutut

Bila terjadi kelemahan pada anggota gerak, baal atau kesemutan, sesisi ataupun ke duanya

Terjadi gangguan pada aktivitas berkemih dan atau buang air besar

Terjadi setelah jatuh , trauma pada punggung ataupun pencideraan lainnya

 

Skrining dan diagnosis

 Tidak selalu diperlukan pemeriksaan yang termasuk pemeriksaan penunnjang seperti foto roentgen ataupun laboratorium. Bila anda datang menjumpai seorang dokter karena nyeri punggung bawah atau pinggang, selain menanyakan ”riwayat” penyakit yang dikenali dengan istilah anamnesa, dokter anda akan melakukan pemeriksaan pada punggung, mengevaluasi aktivitas duduk, berdiri, berjalan , mengangkat kaki. Memeriksa ”refleks” dengan alat periksa yang disebut hammer. Semua dilakukan untuk mendapati asal nyeri , dan mencari penyebab yang (mungkin) lebih serius .

Pemeriksaan penunjang yang biasa diminta X-ray atau foto roentgen, yang menunjukkan apakah ada proses degeneratif , infeksi ataupun patah. Gambaran X-ray tidak menampakkan hubungan “lansung” dengan otot, syaraf dan jaringan lunak lainnya. ; Magnetic resonance imagging (MRI) atau computerized tomography (CT) scans. Pemeriksaan yang mampu menampilkan gambaran otot, jaringan lunak, hingga pembuluh darah. Bone scan, suatu yang jarang diminta, untuk melihat tumor atau patahan karena osteoporosis. Pengkajian saraf (electromyography, or EMG), untuk mengevaluasi tekanan saraf .

 

Terapi

Sebagian besar nyeri punggung bawah akan sembuh alamiah dalam beberapa minggu. Tirah baring diperlukan , untuk waktu yang tidak terlalu lama.

Obat-obatan yang diberikan mulai dari “pain killer” yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) hingga golongan yang lebih tinggi bila diperlukan. Anti depresi ringan, biasanya ampuh pada nyeri pinggang yang menahun

Terapi fisik , latihan

Penerapan modalitas fisik seperti panas, es, ultrasound, electrical stimulation , tehnik (me) relaksasi otot akan diresepkan pula mengacu pada keadaan fisik dan diagnosa yang di berikan. Latihan dilakukan atau di berikan sebagai latihan aktif  bila nyeri sudah teratasi, dengan tujuan meningkatkan fleksibilitas, penguatan otot punggung dan perut, dan penjagaan postur tubuh.

Suntikan

Suntikan diberikan saat terapi lain tidak membantu, untuk mengurangi peradangan .

Tindakan bedah, merupakan tindakan yang paling jarang di lakukan.pada umumnya dilakukan bila nyeri karena tonjolan discus ( hernia nucleus pulposus – HNP). Bila nyeri tidak teratasi dan kelemahan tungkai beranjak memburuk, karena tekanan pada saraf.

Pencegahan

Agar punggung tetap sehat dan kuat lakukanlah erobik low impact berkala, dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan punggung . Berjalan dan berenang merupakan pilihan yang baik. Otot punggung dan perut yang kuat merupakan korset alamiah yang akan menjaga kestabilan punggung anda. Fleksibilitas pinggul juga akan membantu membuat punggung terdukung dengan baik

Upayakan berat badan yang sesuai.

 

Sikap tubuh yang tepat:

1. Berdiri: satu kaki lebih tinggi, bertumpu pada bangku, dengan lutut sedikit ditekuk, keadaan ini akan mengurangi tekanan pada punggung

2. Duduk: Duduk dengan lutut  sejajar dengan panggul, memberikan dukungan pada punggung ( posisi lutut 90 derajat)

3. Meraih: bila meraih sesuatu yang menyebabkan tangan bergerak hingga bahu terangkat, berdirilah pada kursi atau bangku.

4. Memindahkan barang yang berat: Posisikan anda pada arah menarik. Gunakan tangan dan kaki saat awal. Bila mungkin, jangan lakukan sendirian.

5.Mengangkat : Berjongkok pada satu lutut dengan kaki yang lain mendatar pada lantai, sedekat mungkin dengan benda yang akan diangkat. Angkat dengan kaki, jangan punggung, upayakan benda yang diangkat selalu dekat dengan tubuh.

6. Menjinjing: membagi 2 beban dan dijinjing kiri kananlebih baik daripada satu sisi . Bila terpaksa membawa benda berat , upayakan selalu dekat dengan tubuh.

7. Tidur: Tidur terlentang membebani punggung sebesar kira-kira 25 hingga 30 kg. Meletakkan beberapa bantal di bawah lutut mengurangi separuhnya. Tidur miring dengan bantal diantara lutut juga akan mengurangi beban.

8. Mengontrol berat badan: berat badan; Berat badan yang berlebih , menyebabkan tarikan pada jaringan lunak punggung, dan juga akan memperlambat proses penyembuhan

9. Berhenti merokok: nikotin berakibat aliran darah pada bantalan antara tulang punggung berkurang.

  

Tulisan terkait:

 http://rehab-med.blogspot.com/2007/05/prevent-your-back.html

 http://rehab-med.blogspot.com/2007/04/low-level-laser-for-hernia-nucleus.html

  

Sumber:

MayoClinic.com : back pain

Nury Nusdwinuringtyas: Handout pada Simposium awam RS Pelni- Jakarta: Latihan pada nyeri pinggang

Bookmark and Share

Tag/Label nyeri, pinggang, exercise, pencegahan, terapi, faktor resiko
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
103 komentar pada warta ini
Minggu, 10-02-2008 12:57:47 oleh: Bagus Y Prayitno

Makasih bu Dokter, atas infonya yg berguna...
Sy jadi waspada dan preparing, krn saya suka didepan komputer berjam2, dgn kepala yg menunduk (ngadap monitor), badan agak membungkuk (secara tak sadar)..
dan kurang gerak. dari keteranagn diatas bisa menyebabkan nyeri punggung ya Dok..

Saya pernah ngobrol sama sinshe akupuntur (langganan saya), bahwa orang Indonesia banyak yg menderita sakit tulang belakang. hal ini pernah diteliti gurunya, seorang prof Akupuntur dr Beijing yg dtg memberi kuliah akupuntur di Indonsia.Dan secara ilmu akupuntur, sakit tsb bisa merembet ke sakit2 lainnya.Ya mungkin penyebabnya salah satunya pola hidup, pola makan ..

Ok Bu Dokter, ditunggu artikel kesehatan yang praktis lainnya...




Senin, 11-02-2008 04:23:42 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Selamat pagi mas Bagus,
terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, sakit pada tulang punggung, seperti saya sebutkan di atas, merupakan penakit "umum", juga di Indonesia, merupakan "umum" ke 2 setelah rangking pertamanya "flu"
menynggung kembali sisi baiknya, bisa healing sendiri, dan (terutama) bisa dicegah, senang sekali mas Bagus sudah menyadari tentang sikap tubuh yang (terpaksa0 dipertahankan lama
penjagaan antara lain keseimbangan, pastikan setiap setengah jam, mas Bagus menengadah, sepenuh gerakan leher bisa menengadah, untuk penjagaan/ pemeliharaan sisi leher
upayakan "mengembang" dada dengan menarik siku ke belakang sejauh mungkin , untuk menghindari sakit pada punggung sisi atas, dan mengembangkan paru
kemudian jangan lupa berdiri, kalu perlu air minum ambil sendiri dari dispenser, (meringankan OB)

seperti keterangan guru akupuntur mas Bagus terangkan, sakit itu "cari teman", seperti tanaman rambat, merambat, dan "beralih", karena pada dasarnya tubuh kita = suatu sistem yang berkaitan

Selamat bekerja , "properly" dan (tetap) sehat




Selasa, 12-02-2008 19:15:15 oleh: Honny Sinartio

Tulisan Ibu sangat sesuai dengan "kebutuhan" saya nih. Terima kasih banyak Bu!
Suami saya sering mengeluh sakit pinggang sewaktu bangun pagi (sekarang hampir setiap pagi). Awalnya dia berpikir bahwa ini efek dari operasi "pembuangan kandung empedu" yang dilakukan di Indonesia pada Desember 2005. Pemeriksaan lengkap dilakukan lagi (di USA, karena kami sudah pindah saat itu) dan hasilnya semua OK. Beliau hanya bermasalah dengan tekanan darahnya yang agak tinggi, jadi sekarang setiap pagi minum Amlodipine- Benaz 5/20 mg capsul (ini generiknya LOTREL).
Dia sudah mencoba meletakkan bantal dibawah lutut semoga saja ada hasilnya. Tapi dia "belum" percaya kalau saya nasihati untuk duduk yang "tegak", ini istilah saya. Karena itu saya akan tunjukkan tulisan ibu ini supaya dia lebih rajin olahraga dll dan penyakit hilang....WUSSS....
Thanks a lot!




Selasa, 12-02-2008 19:45:10 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

ibu Honny,
senang sekali bila tulisan saya bermanfaat, kalau sempat buka weblog saya , seperti saya cantumkan, ada exercise yang mugkin bisa membantu
(saya sedang "belajar" membuat link lansung ke webblog saya)




Rabu, 13-02-2008 07:38:32 oleh: hartono

Terima kasih Bu, artikelnya sangat informatif.
Saya pernah sering menderita sakit pinggang dan sedemikian seringnya sehingga pinggang menjadi rentan, bila sakit badan akan terbungkuk-bungkuk tidak dapat ditegakkan dan harus diurut.

Kemudian seorang physiotherapist memberi petunjuk gerakan pemanasan dilakukan setiap pagi diperuntukkan daerah pinggang/punggung agar siap dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam keadaan berbaring telentang, lutut ditekuk dan didekatkkan ke dada sedekat mungkin dan ditahan sekitar 30 detik, bergantian lutut kiri kanan, dan akhirnya kedua lutut bersama-sama. Sejak itu saya tidak mengalami sakit pinggang, dan juga saya menerapkan cara yang benar dalam mengangkat barang dari tempat yang rendah.

Ketika mengangkat barang dari lantai, badan/punggung tidak ditekuk, melainkan merendahkan badan dengan menekuk kaki, dan gerakan mengangkat dengan mengandalkan kekuatan kaki yang ditegakkan/diluruskan, bukan dengan mengandalkan punggung yang dtegakkan.




Rabu, 13-02-2008 12:14:43 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

terima kasih kembali, pak Hartono

terbukti sisi baik bahwa sakit pinggang bisa di cejah dan diperbaiki dengan sederhana




Senin, 10-03-2008 22:43:53 oleh: darmadi

terima kasih, informasi sangat membantu saya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. di mana saya dapat masukkan yang sangat berarti, tentang bagaimana posisi tubuh saya yang benar. sekali lagi terima kasih
bye




Jumat, 14-03-2008 04:55:16 oleh: sunarko

saya mau bertanya. akhir2 ini sering sakit pinggang. aktivitas saya sebagai loper koran , yang sering naik motor dengan bawaan koran di belakang sangat banyak. yang mau saya tanya bagaimana pencegahan agar sakit pinggang berkurang. terima kasih



Jumat, 14-03-2008 07:39:44 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

umur berapa mas,
semoga di bawah 40 tahun dan tak pernah cedera, sehingga aman untuk di gerakkan, secara berkala membungkuk se dalam mungkin dan melakukan gerakan sebaliknya juga sejauh mungkin, terutama setelah naik motor yang lama,
prinsipnya melenturkan kembali otot punggung setelah tegak lama

selamat beraktivitas




Senin, 24-03-2008 21:49:18 oleh: amien suharti

dok saya salah satu murid dokter di UI. salut buat dokter nury, semoga makin banyak bikin artikel kesehatan........biar rehab makin banyak dikenal orang.Dok kita tunggu untuk buat buku ajar nya tentang ilmu rehab medis ya dok....





Senin, 24-03-2008 23:20:48 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Terima kasih, "buku ajar" yang sekarang ada Panduan tindakan rehabilitasi respirasi dengan pengantar teorinya : Kumpulan makalah rehabilitasi Respirasi

Sabtu dan Minggu ikut KPPIK?
Upayakan "update" ilmu kapanpun, di mana pun






Selasa, 29-04-2008 10:42:32 oleh: Meidy

Dokter Nury, bagaimana caranya mengitung BMI ? Kalo tidak salah ada range2nya ya sehubungan dengan Cardiac Risk ?




Rabu, 30-04-2008 19:45:55 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Meidy,
nanti kubuatkan artikel tersendiri saja ya
terima kasih telah memberi "judul" artikel




Kamis, 08-05-2008 07:53:42 oleh: miranti

Selamat pagi dokter Nury,
Saya tadi sedang browsing terapi untuk HNP ayah (usia beliau 50, HNP: L3-4),kebetulan ada artikel dokter Nury ini. Maaf dok,saya mau bertanya, karena beliau pernah mendengar terapi laser. Apakah bisa, dok? Apakah terapi ini invasive atau tidak? Karena beliau ketakutan untuk pembedahan. Kemudian beliau minta saya mencarikan informasi tentang terapi laser.
Sebelumnya terimakasih untuk bantuan/informasi-nya, dok.
Salam




Kamis, 08-05-2008 20:39:50 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Miranti, selamat malam,

ada tentang laser pada HNP pada blog saya : rehab-med<dot>blogspot<dot>com

kalau belum jelas, silahkan kontak kembali.




Jumat, 09-05-2008 21:20:47 oleh: miranti

Selamat malam dr.Nury,

Terimakasih informasinya tentang laser untuk HNP. Saya sudah baca di blog ibu. Artikelnya sangat membantu.. Nanti saya sampaikan ke orang tua saya.
Salam




Jumat, 20-06-2008 18:07:42 oleh: spanky

salam kenal dr.Nury,
saya umur 62 th baru 2bln ini mempunyai keluhan sakit-ngilu mirip kram dari paha kiri s/d dibwh lutut & mnrt Rontgen disbt :gambaran Spondylosis lumbalis dgn susp.HNP L5-S1.Tolong informasinya mengenai efektivitas(persamaan maupun perbedaannya)bila masing2 diterapi dgn alat Chronosonic Ultra Sound atau alat Low Intensity Laser Theraphy. Selain itu harap infonya tentang dimana saja diJakarta yg dapat memberikan service terapi dgn alat Low Intensity Laser Theraphy tsb? Atas bantuannya diucapkan terimakasih. Salam




Sabtu, 21-06-2008 19:57:30 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Bpk (?), mohon maaf, tak ada nama, jadi saya sulit menyapa
Melihat arah sakitnya, dan membaca hasil foto radiologinya, kemungkinan ada gangguan persyarafan
Sakit yang ngilu, kemungkinan dengan bonus densitas tulang mulai berkurang (menuju osteoporosis), jadi kalu sempat, lakukan juga pemeriksaan untuk melihat kemungkinan osteoporosis dengan derajatnya
Keadaan tulang, sangat diperlukan untuk pembuatan program
Program mungkin menyertakan ultrasound atau laser tenaga rendah, yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, melihat keadaan individual
Pada keadaan akut, ada peradangan, yang ditandai dengan rasa berdenyut dan (kadang) teraba panas, laser tenaga rendah lebih baik, dan uktra sound tidak dianjurkan.
Untuk menghantarkan obat, ultrasound lebih baik. Ke duanya ada pada semua rumah sakit pemerintah, dan beberapa rumah sakit swasra. Pastikan ada / jumpai dulu dokter spesialis Rehabilitasi Medik yang akan memeriksa dan membantu menentukan pilihan yang sesuai disamping pembuatan program. Pada keadaan bapak (?) , laser tenaga rendah dan atau ultrasound saja tidak cukup.
Semoga membantu, (pada blog saya rehab-med.blogspot.com ada gambaran teoritis persyarafan untuk anggota gerak bawah)




Minggu, 22-06-2008 17:10:03 oleh: spanky

agar komunikasi efektif,bolehkah saya memberi comments langsung(dlm tanda kurung)dipermasalahannya ?(maaf juga dok, saya kira nama di e-mail akan muncul yaitu Spanky)
Melihat arah sakitnya, dan membaca hasil foto radiologinya, kemungkinan ada gangguan persyarafan(sementara ini 2 dr Syaraf memberi kombinasi obt2 Ibuproven+Paracetamol+Piroxicam ; saya tak tahu apakah msh ada pilihan obt lain yg lebih cepat penyembuhannya).
Sakit yang ngilu, kemungkinan dengan bonus densitas tulang mulai berkurang (menuju osteoporosis), jadi kalu sempat, lakukan juga pemeriksaan untuk melihat kemungkinan osteoporosis dengan derajatnya (krn mungkin ada beberapa jenis pemeriksaan, dapatkah dokter menyebutkan secara spesifik apa nama alat Teknis Pemeriksaannya ?)
Keadaan tulang, sangat diperlukan untuk pembuatan program
Program mungkin menyertakan ultrasound atau laser tenaga rendah(apakah salah satu alat saja atau kedua alat tsb pada waktu berlainan ?), yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, melihat keadaan individual
Pada keadaan akut, ada peradangan, yang ditandai dengan rasa berdenyut dan (kadang) teraba panas, laser tenaga rendah lebih baik, dan uktra sound tidak dianjurkan.
Untuk menghantarkan obat, ultrasound lebih baik. Ke duanya ada pada semua rumah sakit pemerintah, dan beberapa rumah sakit swasra(krn penyakit saya mengalami kesulitan bergerak dan komunikasi-tilpon dgn pihak RS/klinik juga sulit,jadi saya tak yakin dpt mengecek dgn baik satu-persatu sebelum menentukan pilihan yg tepat. Jadi maaf,saya percaya pd dokter & bila tak keberatan,tolong dapat disebutkan nama2 RS yg mempunyai alat2 LowIntensityLaserTherapy).Pada keadaan bapak (?) , laser tenaga rendah dan atau ultrasound saja tidak cukup(maksudnya apakah perlu ditambah minum obat2an atau diperlukan alat2 electronic/nonelectronic-manual ?).
Semoga membantu ; pada blog saya rehab-med.blogspot.com ada gambaran teoritis persyarafan untuk anggota gerak bawah.(SekaliLagiTrimsAtasAtensinya;salam,Span




Kamis, 26-06-2008 00:40:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

(bpk)?spanky yang terhormat
kalau log in dulu, alamat email lebih mudah di dapat. seringkali nama dan alamat e-mail tidak sama, Tinggal di wilayah mana, dan dokter syarafnya dari rumah sakit mana?
Runah sakit sekarang sudah punya alamat e-mail, dan punya website,




Kamis, 26-06-2008 12:47:15 oleh: spanky

dr. Nuri Yth,

Saya tinggal dekat Grogol/JKT dan dokter syarafnya dari RS Royal. Saya masih belum tahu alamat e-mail & website RS2 lainnya yg mempunyai alat Low Intensity Laser Therapy tsb.
Juga utk kasus gangguan HNP diatas, apakah alat yg dipakai untuk mengukur densitas tulang cukup dgn alat yg portable yg ditempelkan pada tumit kaki ATAU Alat"Densitometri" yg ditujukan pd lokasi2 sekitar pinggang/pinggul ATAU Alat di Lab.Klinis dimana dari Darah yg diambil akan diketahui perbandingan/besaran antara faktor2 Pembentukan v/s Pembongkaran Tulang ?Petunjuk dokter atas pertanyaan2 diatas, sangat saya hargai; salam Spanky




Rabu, 02-07-2008 11:54:50 oleh: Yanti MA

Kami mempunyai alat terapi nyeri pinggang atau biasanya syaraf terjepit, namanya Disk Dr. Dokter biasa menyebutnya Korset Mekanik. Rasa sakit terjadi karena sumsum tulang belakang yang keluar dari cincin menekan sistim saraf. Kondisi inilah yang disebut Disk. Keunggulan Disk Dr adalah memperbaiki posisi cincin tulang belakang dengan meregangkan jaraknya satu sama lain sehingga mengurangi tekanan pada saraf terjepit. Disk Dr produk yang menunjang tulang belakang, fleksibel dan nyaman digunakan. Bagi pecinta olahraga atau individu berpola hidup aktif, Disk Dr memberikan perawatan sempurna dan perlindungan menyeluruh bagi cincin tulang belakang.
Diciptakan oleh dokter ortopedik yang paling terkemuka dari Rumah Sakit Seoul Paek, Universitas Inje. Hasil eksperimen yang dilakukan pada 328 orang, 85% mengalami perbaikan kondisi dalam waktu 3 hari; sementara 91% mengalami hasil yang memuaskan. Untuk keterangan produk dapat dilihat di website kami : www.theramindojaya.com.




Rabu, 02-07-2008 20:58:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Bu Yanti,
Bisa di bawa ke kami di Departemen Rehabilitasi Medik RSCM, saya (hanya) pernah menerima brosurnya pada suatu acara.
Dengan kepustakaannya, tentu lebih baih, dan paling baik bila di selenggarakan siang klinik

Pasti ada caotion dan precautionnya.
Untuk keselamatan semua . Saya tunggu

Nury Nusdwinuringtyas
Koordinator LitBang Departemen Rehabilitasi Medik
FKUI- RSCM




Rabu, 02-07-2008 21:24:11 oleh: Christo

@ Yanti MA

berapa harganya?

@ ibu Nury
kami menunggu penilaian ibu.




Rabu, 02-07-2008 22:13:41 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak "Spanky", kemarin 2 Juli 2008 ber kunjung ke RSCM.Terima kasih pak. saya tulis di blog saya nury-nus<dot>blogspot<dot>com: Jumpa darat : Pak Loren dari Wikimu ke RSCM
Wah, duluan pak Spanky / Loren dari Ibu Retty

http://nury-nus.blogspot.com/2008/07/jumpa-darat-pak-loren-dari-wikimu-ke.html




Sabtu, 12-07-2008 11:57:21 oleh: yanto

dok,apakah operasi hnp tdk bisa menjamin 100 %kesembuhannya dan apabila gagal bisa menyebabkan lumpuh atau sakit kembali,saya sdh mri dan ada yg terjepit sedikit di4-5 kalau terlalu cape nyeri sakit,bgmn dengan pengobatan dbc atau chiropractic.terima kasih



Sabtu, 12-07-2008 20:02:03 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Sepertinya jaminan 100 % sulit mas.

dbc dan chiropractic tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan, termasuk usia, karena chiropractic merupakan tindakan manuver pada tulang (ounggung),

Coba tanyakan ke dokter anda , yang tentunya sudah punya data mas mas Yanto




Senin, 14-07-2008 19:26:50 oleh: gunawan

Selamat malam, dr. Nuri. Tulisan ibu telah menambah wawasan saya. kalo saya boleh bertanya, bu, saya juga mengalami nyeri pinggang yang sewaktu-waktu aja bisa kambuh. kadang nyeri di pinggang bawah sisi kiri dan kanan, kadang disertai dengan nyeri di bagian perut bawah sebelah kanan( maaf, di dekat testis). posisi tubuh saya agak bungkuk, bu. kira-kira saya mengalami apa,ya, bu? sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan mohon bantuannya. Tq.



Sabtu, 26-07-2008 18:23:50 oleh: hepi indah

selamat malam dr.nuni.sya sangant tertarik dengan artikoe anda karena menambah wawasan saya trutama didukung karena latar belakang saya sebagai perawat dimana sering melibatkan aktivitas derak tubuh. kalau boleh saya bertanya akhir-akhir ini saya mengalami nyeri punggung trutama jika untuk bangun tidur,kadang nyeri ini menjalar sampai kaki.kira-kira penyebabnya apa ya bu?apakah kemungkinan latar belakang saya yang sering mengangkat pasien?sehingga berdampak dalam tubuh anda.trima kasih sebelumnya atas bantuannya



Senin, 28-07-2008 16:34:32 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Waduh, umur berapa mbak?
Sangat besar kemungkinan karena pekerjaan. salah satu penelitian akhir, mengamati nyeri pinggang pada komunitas perawat di salah satu RS di Bandung.
Coba, tempat tidurnya dibuat lebih keras, sambil mencari diagnosanya.
Masih bekerja mbak? Di mana? Jawabannya japri juga boleh, nanti saya berikan (nama) dokter atau rs yang paling mudah di akses




Jumat, 05-09-2008 17:49:07 oleh: Yanti MA

Dear Ibu Nury,

Mohon maaf saya belum membalas email ibu karena saya belum membuka email ibu.

Saya ingin mengunjungi ibu sambil membawa alat kami untuk diobservasi oleh
ibu. Saat ini sudah banyak yang memakai dan hampir semua menunjukkan hasil
yang memuaskan dimana mereka merasakan perbaikan pada penyakitnya.

Untuk itu kami mohon mendapatkan nomor telepon ibu untuk appointment.

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas perhatian ibu.


Salam,
Yanti MA

Telp : (K) 6397809,6019006





Jumat, 05-09-2008 21:43:16 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@pak Gunawan, waduh maaf kok terlompati ya
rasa sakit menjalar biasanya merupakan sakit alih, dan yang mengalih ke arah testis berasal dari tulang panggul
rasa sakit pada pinggang , harus dicari "penyebabnya", tulang, ligamen
tulangnya sendiri selain tulang besarnya ada tulang yang besentuhan, menghubungkan dua ruas




Jumat, 05-09-2008 21:47:56 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Yanti, terima kaish telah menghubungi kembali
Senang sekali kalau ibu bisa jumpa semua sejawat saya di departemen kami
Jadual pertemuan ilmiah kami , kamis pk 13.00
Hubungi sekretaris kami Dian/ Dwi 021- 3907561




Senin, 08-09-2008 10:19:06 oleh: Yanti MA

Selamat pagi Ibu Nury.
Terima kasih atas jawabannya.

Saya pikir sebelum kita melakukan presentasi saya ingin terlebih dahulu ketemu dengan Ibu Nury untuk berkenalan dan membuat persiapan apa-apa yang diperlukan untuk melakukan presentasi teman-teman sejawat Ibu Nury. Saya sudah hubungi Dwi dan dianjurkan langsung melakukan presentasi untuk itu saya belum siap karena belum mengetahui apa yang diperlukan, jumlah audience dan cara pertemuannya. Jadi saya kira sebaiknya saya ketemu dulu dengan Ibu untuk membicarakan hal tersebut.

Sambil menunggu kabar baik selanjutnya saya ucapkan banyak terima kasih.




Senin, 08-09-2008 10:30:19 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Dua minggu ke depan saya mempunyai tugas yang sulit di intervensi. Saya akan carikan sejawat yang bisa segera membantu.



Selasa, 16-09-2008 10:12:30 oleh: Djoko Subagyo

dr Nury Ysh,
Saya Djoko Subagyo, tinggal di Sidoarjo (yg masih belum tenggelam)
Sudah sekitar 3 minggu saya mengalami nyeri pinggang sebelah kiri, akan terasa lebih sakit kalau saya duduk bersila atau duduk dilantai dengan menyelonjorkan kaki dan sedikit membungkukkan badan. Kadang-kadang (tidak selalu)sakit itu menjalar sampai kepantat sebelah kiri dan juga keatas pinggang kiri sampai mendekati pangkal lengan sebelah kiri.
Mohon informasinya, kira-kira saya sakit apa dan bagaimana cara mengatasinya. Saya punya sejarah adanya batu ginjal yg keluar via pipis (spt batu karang).
Terimakasih atas perhatiannya.

Djoko Subagyo, Sidoarjo, 081330222888




Selasa, 16-09-2008 10:42:25 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Djoko, turut prihatin dengan Sidoarjo

Sepertinya ini beda dengan masalah ginjal. Usia berapa pak? Ini lebih mengarah ke jepitan syaraf
Minum panadol biru saja dulu , 2 kali 2 tablet, upayakan tidak ada gerakan yang memicu sakit
Semoga membantu




Rabu, 17-09-2008 09:41:10 oleh: Djoko Subagyo

Terimakasih dr Nury,
Saat buka puasa nanti saya akan coba minum panadol 2 tablet dan saat sahur 2 tablet.
Usia saya menjelang 55 th dokter, seminggu yll saya priksa darah dan hasilnya : glukosa acak 97, cholesterol total 192, trigliserida 319, HDL 57, LDL 71, SGOT/ASAT 29, SGPT?ALAT 30, BUN 11, Creatinin 0,93 dan Asam Urat 6,4.
Adakah yg harus saya waspadai dengan kondisi ini, dan bagaimana caranya dokter..
Terimakasih sekali atas perhatian dokter Nury




Rabu, 17-09-2008 10:51:59 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Djoko, perhatikan sikap tubuh yang memicu terjadinya rasa sakit, hindari dulu

Berat badan berapa? Upayakan tidak naik, asam urat menurut ukuran "normal" pas-pasan, namun ukuran bapak sebagai individu saya tidak tahu. Upayakan mengendalikan berat badan, karena perut yang membuncit, berarti punggung juga tidak terjaga bai. Tengrai makanan yang bisa memacu nyeri, hindari




Rabu, 17-09-2008 23:06:38 oleh: Djoko Subagyo

Berat badan 65 kg, tinggi 164 cm, secara pisik perut saya memang agak membuncit..
Dokter Nury, terimakasih atas semua advice nya..dan respon yang sangat cepat membuat saya sangat terharu..
Semoga Allah SWT selalu melindungi ibu dan seluruh keluarga, amiin




Senin, 22-09-2008 14:40:55 oleh: Yanti MA

Selamat Siang Dr. Nury.

APakah kami bisa presentasikan alat korset nyeri pinggang kami bulang depan aja Dokter sehubungan dengan libur Hari Lebaran?
Kami tunggu jawabannya.
Terima kasih
Wassalam




Senin, 22-09-2008 14:57:01 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Akan saya upayakan. Saya sudah sampaikan kepada divisi yang berkaitan.



Senin, 06-10-2008 18:44:32 oleh: andang birowo

Assalamu'alaikum bu Yanti
saya laki-laki berumur 46 tahun bekerja naik sepeda motor kurang lebih 2-3 jam sehari sudah 3 kali mengalami nyeri yang hebat di punggung pertama ketika jongkok mengambil bola volly kebetulan saya pakai celana training, kemudian di punggunggung terdengar kregg lalu disertai nyeri hebat, sembuhnya di urut, kedua ketika mempersipakan mandi anak saya dengan tangan kiri membawa teko berisi air panas tangan kanan sambil jongkok membalik ember , dipunggung terdengar kregg, lalu nyeri punggung kambuh lagi, kemudian ketika saya mengangkat tandon air 1000 liter (palstik) dengan cara menekan ke dinding sambil diangkat punggung terdengar kregg lagi, dan rasa nyeri kambuh lagi, ketika kambuh masyaallah sakitnya bukan main dari berbaring di tempat tidur akan bangun saya harus minta bantuan denga memegang eratsekali sambil menahan rasa sakit, dan sembuhnya di pijat sampai 3 kali tetapi apakah kelak tidak kambuh lagi bu dokter, bagai mana untuk meminimalisasikan rasa nyeri yang berada di punggung itu, apa yang harus saya lakukan? untuk nasehatnya kami tunggu dan sebelunya kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Selasa, 07-10-2008 03:34:23 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mohon maaf mas, saya Nury, ibu Yanti dari suatu perusahaan suatu alat , yang (rupanya) mengiklankan pada artikel saya

Kambuh bisa terjadi mas, kalau "salah" gerak, sehingga terjadi "penambahan" beban. Usia yang muda saat ini memang mempercepat pemulihan.
Saat ini sedang ada jurnal yang saya harapkan selesai saya baca pagi ini, nanti akan saya lanjutkan jawaban saya





Senin, 27-10-2008 13:57:47 oleh: SUMARTONO

saya pernah opnam di rsu sarjito . mauku dioperasi. tapi saran dokter jangan dulu. trus saya pulang. memang sembuh tapi nyeri pinggangku sering kambuh juga. aku disuruh konsumsi glukosamin sulfat. dulunya memah sembuh tapi sekarang dah kebal apa ya. saya takut sekali kepadfa lumpuh. sekarang kaki saya terasa ditusuk tusuk dan untuk jalan cepat sekali lelah. gimana sebaiknya ? Itu dah berlangsung sampai 12 tahun.



Selasa, 28-10-2008 05:28:35 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mas Andang, saya sampaikan lanjutannya ya

Nyeri punggung pada mas Andang terjadi karena otot punggung (kita) tidak terlatih untuk gerakan mengangkat obyek pada posisi miring
Apalagi multi posisi dan gerak angkat teko, muter ember.
Di antara setiap ruas tulang punggung ada bantalan yang berfungsi menahan tekanan, (besar) tekanan yang diterima merupakan perkalian berat badan dan kontraksi otot.
Bila mengangkat beban , beban yang diterima punggung, merupakan perkalian berat beban denga sudut yang terbentuk. Mengangkat benda, posisi tidak smetris, ada gerakan simultan, nah, terbayang beban yang diterima. Ada keharusan menstabilkan dan memutar.

Upayakan mengangkat beban tidak dengan membungkuk, karena ligamen sudah tidak "bekerja" saat membungkuk penuh, sangat besar kemungkinan cedera.
Bila menangkat galon, posisikan menempel peru- dada, angkat sambil batang tubuh lurus bergerak bangkit
Kalau terpaksa kambuh lagi, segera berbaring ke dua kaki naikkan pada bangku kecil, dengan demikian beban pada punggung nyaris tidak ada.

Semoga membantu




Selasa, 28-10-2008 05:34:43 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Sumartono, mohon maaf, usia berapa dan diagnosa nya apa?

Kaki / tungkai yang seperti ditusuk-tusuk? Apa ada sakit yang menjalar dari punggung , ke belakang paha

Lutut bagaimana, saya agak mendapatkan gambaran kurang sesuai antar obat dan keluhan

Bisa diberikan informasi tambahan?




Selasa, 27-01-2009 12:14:35 oleh: Pupung

Salam Bu Nury
Usia saya skng 29 thn, berat 78 tinggi 173. saya sudah mengalami gangguan di pinggang saya sejak tahun 2002, awalnya saya bersin ketika berjalan dan heran ketika itu sakit sekali pinggang saya hingga sakit utk jalan. hingga akhirnya sy diobati dengan fisoterapi dan cukup meringankan sakit saya ketika itu. sejak itu sampai agustus 2008 penyakit pinggang itu kambuh hilang.Di hari jumat agustus 2008 stelah jumatan saya membungkuk mengambil sandal, dan terasa sakit sekali pinggang ini dan sakitnya berlanjut sampai sekarang (januari2009) saya sudah MRI dan diagnosanya ada tulang L4,5,6 yg tampak melurus hingga menekan syaraf, saya sudah melakukan fisioteapi hingga 17 kali, namun tak kunjung reda sakitnya. setiap hari saya menggunakan korset khusus yg cukuop mahal untk menjaga tulang pinggang. Perlu ibu ketahui saya memiliki pekerjaan yg saya idamkan namun memang berhubungan dengan beban lebih dari 5kg setiap pelaksanaan tugas saya
Apa ada masukan ibu untuk pengobatan saya yang mungkin lebih baik mmbaca kondisi saya diatas
terima kasih




Rabu, 28-01-2009 04:34:50 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

as Pupung, terima kasih menyempatkan membaca artikel saya. Saya agak nggak cocok dengan sakit pertama kali , usia saat itu sekitar- 23- 24 tahun, dengan triger bersin. Kmd tahun 2008, trigernya membungkuk, sakitnya 1/2 tahun, serta MRI , punggung melurus menjepit saraf. Diagnosa diberikan siapa ya mas. Mohon tambahan juga, saat ini pekerjaannya apa ya. , fisioterapi yang dilakukan apa, dan obat yang diminum



Rabu, 28-01-2009 08:29:12 oleh: pupung

halo bu nury
betul bu....saya mulai meraskan sakit pada pinggang awalnya gara-gara bersin ketika sedang siap-siap kuliah....saya coba fisioterapi dengan sinar di RS tulang di bandung dan cukup meredakan sakitnya. dari tahun tersebut sampai pertengahan 2008 walau kadang kambuh sakitnya masih biasa dan saya masih bisa naik beberapa gunung tinggi di jawa dan lombok...sejak 4 tahun yg lalu (2004) saya bekerja sebagai videografer dengan berat kamera dan tripod minimal 7kg. dan pemicu sakit yg sampai skrg terasa adalah ketika saya membungkuk hendak mengambil sandal ketika shalat jumat, sakitnya terasa hingga sulit utk tegak berjalan.
Saya disarankan MRI oleh dokter pesialis syaraf ketika saya sudah melakukan fisioterapi (tanpa traksi) tidak menghasilkan banyak perubahan. Diagnosa setelah membaca MRI diberikan oleh dokter syaraf yg sama di RS swasta di Jakarta timur...Setelah MRI dibaca, saya diwajibkan fisioterapi kembali kali ini plus traksi selama 10x , namun setelah 10 x memang ada pengurangan beberapa waktu, namun terasa sakit kembali sekarang. Saya diberi obat kalsium dan penahan nyeri




Rabu, 28-01-2009 20:03:12 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ha, sekarang menjadi cocok. Sesungguhnya ,masih terlalu muda untuk sakit seperti ini. Sudah ada "masalah" yang kemudian terpicu dengan bersin. kemungkinan aktivitas membawa beban menjadi penyebab. Mas, kalau "aktivitas" nya sama, ya akan terpicu kembali. Coba cermati hasil MRI, yang terganggu arah mana, sehingga bisa memodifikasi cara membawa beban.



Rabu, 28-01-2009 20:11:47 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Pupung, cermati juga pemakaian korset. Korset berfungsi mengalihkan berat badan agar tidak diterima langsung tulang punngung, dengan demikian tilang punggung akan istirahat, memberikan kesempatan jaringan lunak yang cedera untuk pemulihan.
Semoga membantu




Rabu, 28-01-2009 23:01:50 oleh: pupung

terima kasih bu
sudah sebulan saya memakai korset yg memang khusus utk kondisi saya..
tulang melurus kearah luar bu..setiap bangun tidur saya sudah diberi cara senam utk mengembalikan bentuk tulangnya

terima kasih




Jumat, 13-02-2009 15:05:03 oleh: bagus bimo marmana

halo bu dok, lam kenal...mo menayakan sakit pinggang saya yg sebelah kiri, ini sudah berlangsung hampir 2 bulan, dan sudah ke dokter 2 kali, di beri obat fional dan neorobat..sudah di minum, rasanya sudah enakan, obat habis kambuh lagi..dan skr, maaf pantat kiri juga merasa nyeri. dan g nyaman..mohon di beri petunjuk..terima kasih



Jumat, 13-02-2009 20:29:14 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Bagus, usia berapa?, apakah sakitnya menjalar, atau menetap.
pekerjaan mas Bagus/ aktivitas yang terbanyak dilakukan.
Kemungkinannya, pada jaringan lunak, saraf atau pada tulangnya. Foto rontgen?
Coba cari keadaan apa yang memicu nyeri, hindari sambil mencari penyebab. Kalau penyebabnya sudah diketahui, penyembuhan/ terapinya akan lebih sesuai, dan dapat diharapkan tidak kambuh lagi.




Jumat, 13-02-2009 20:51:30 oleh: Christo

hehehe...
ada yang sama. ketika bersin disaat tubuh agak membungkuk...
aduuuh atit.
lama gak kena...4 hari lalu bersin..
atiiiit ibu dokter....

kalau mau rontgen, apa saja yang harus yaa diperhatikan/fokus.




Sabtu, 14-02-2009 19:05:47 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Waduh, emang Christo umur berapa....

Foto minta PA, lateral dan oblig kanan -kiri; nanti kalau tak tampil, baru MRI




Senin, 16-02-2009 06:54:10 oleh: bagus bimo marmana

yaa terima kasih dok, usia saya 36th. pekerjaan sehari-hari di bagian adm , dan tiap hari harus di depan komputer 8-10 jam. sakit pinggang dan pantat kiri saya menetap dan tidak pindah2. foto rontgen blum di lakukan krn kata dokter yg pernah saya kunjungi di suruh habiskan dulu obat yg pernah di berikan., apakah kebanyakan duduk dan lama di depan komputer memicu nyeri di pinggang dan pantat..??
mohon balasannya..terima kasih.




Selasa, 17-02-2009 07:18:40 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Bimo, terima kasih
Kemungkinan karena posisi yang menetapaspadai Repetitive Strain Injuries (RSI). Kalau sempat, mohon di baca.
Sementara ini , ciba tiap 1/2 jam berdiri, bergerak,lakukan streching pada anggota gerak. Semoga bisa membantu.




Rabu, 18-02-2009 13:05:18 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Wah, maaf mas Bimo. Jawaban saya ternyata terpotong ya. Kemungkinan karena posisi yang sama yang menetap untuk waktu yang lama. Ada artikel saya, di Wikimu, juga: Komputer ? Waspadai Repetitive Strain Injuries, mohon baca dulu.
Sementara ini, coba bangkit tiap 1/2 jam atau sekedar mengubah posisi, bila sempat berdiri, lakukan peregangan pada anggota gerak. Semoga membantu




Kamis, 19-02-2009 13:43:20 oleh: bagus bimo marmana

terima kasih dok atas jawabannya, sudah saya baca artiket tda, dan sudah saya coba lakukan saran2 yg di berikan, sudah agak mendingan. nyeri sudah agak reda dan tetap saya minum obat tsb sampai habis. terima kasih banyak dok, salam.



Rabu, 11-03-2009 17:25:54 oleh: kristiana sinaga

selamat sore dok, saya baru menemukan artikel ini dan sangat tertarik, kebetulan sat ini artikel tsb sangat tepat untuk kondisi nyeri pinggang bawah yang saya alami. Sebaiknya untuk daerah depok cibinong, kira2 dokter bisa bantu memberi referensi sebaiknya saya berobat ke rs apa/dr siapa. Oia apa ada hubungan dengan pasca operasi pengangkatan tumor di payudara november lalu, nyeri pinggang sudah saya rasakan waktu masih kerja, dan sekarang sudah tidak bekerja tapi tambah nyeri. saya tunggu ya dok. oia umur saya 38 th, berat/tinggi 60kg/153 cm. thanks dok



Jumat, 27-03-2009 10:23:28 oleh: evi kurniawati

Slmt pg bu dktr Nury.usia sy 39 th.Artkel ibu ssuai dg nyeri otot kaki kiri di pinggang,paha bag.bwh&di bwh perut kaki.Hsl rontgen:aligment,pedicle,sacroiliac,ruang discus,psoas line smuanya NORMAL,TIDAK TAMPAK facture tlg,spondylolisthesis,osteolitic,penyempitan foramen,batu radiopaque.sdt ferguson 33 drjt,osteophyte pd L5&kesan radiologi Spondylosis lumbalis.Pnykit ini pertama kl mncul nov'07 trs stlh stgh thn lbh br sembuh.kumat lg nov'08 dianjurkan dktr fsioterapi 5x,ttp sy hentikan stlh 3x krn stiap perut kaki ditempeli alat2 itu sy alami kram yg sgt skit skali kmd stlh itu sy mrasakan trutama di paha bagian bwh rasanya ditekan&ditusuk2,shg gak bs jln .sy mnm obat kmdn berangsur smbuh tp kl sy batuk di paha ini skit skrng pykt ini kumat lg.bl berjln sy pincang.mnrt dktr ada otot sy yg robek&mgakibatkn di titik tertentu sj yg sakit.sy skrg mnm obat cina yg bs meredakan rs nyeri walo cm sdkt.yg sy tykan apa yg hrs sy lakukan slain minum obat?apkh ada hrpn utk bs sembuh total?adakah tips yg lain yg hrs sy lakukan slain mnm obat&pergi k dktr?adakh mknan pantangan?sy sgt tgg jwban bu dktr ya.mn tau lwt bu dktr sy bs mgalmi ksembuhan total.thx.



Jumat, 03-04-2009 12:08:13 oleh: F.Himawan

Selamat Siang bu Dr Nuri..

saya sedang browsing tentang HNP.eh ketemu sama artikel ibu.

Dok..kalo boleh saya minta tanggapan dokter tentang kondisi saya sbb (sebelumnya terima kasih ya !!):
Saya pria,46 tahun pertengahan Jan 2009 dilakukan operasi L5S1 setelah saya melakukan MRI 2kali ( 2002 dan 2009 - hasil MRI ada HNP pada L5S1).
Pasca operasi hingga saat ini,saya msh merasakan sakit jika berjalan agak lama ( jalan2 di mal )apalagi jika habis mengangkat barang kl 5-10 kg.
Saya rutin berenang 3kali seminggu dan itu agak mengurangi sakit.
Pertanyaan saya: apakah ada kemungkinan HNP masih ada pasca operasi ( operasi dilakukan di RS Siloam Karawaci ) dan bgmn cara menghilangkan nyeri tsb...sebab bbrp teman saya yang dengan kondisi serupa malah bisa bebas tanpa sakit setelah dioperasi.Apakah ada advis lain dok ?
TB/BB saya= 170 cm / 70 kg.kondisi lainnya sehat.

Terima kasih dokter atas bantuannya.
Salam




Jumat, 03-04-2009 13:24:51 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Saya jawab nanti ya, saya selesaikan proposal dulu.



Minggu, 19-04-2009 23:11:25 oleh: Rian

Bu Nuri, saya pria 25 tahun 170cm/65kg boleh minta pendapatnya? saya merasakan nyeri di pinggang, paha, dan lutut. Saya sudah melakukan MRI begini hasilnya...

"Ruas lumbal masih baik dan tidak ada listesis maupun formasi spur. Signal marrow masih baik tidak ada fraktur kompresi.
Tidak terkihat penurunan diskus-diskusnya tapi ada penurunan signal sebagian diskus L.3/4, L4/5 dan L/5S1 terutama sisi kanan. Tidak ada herniasi disk dan ligamen posterior masih baik.

Neural foraminal lapang dan tidak ada hipertrofik faset maupun flava. Pedikel, lamina, dan proseus masih baik.

Kesimpulan :
Lumbal MR memperlihatkan dessicated disk L.3/4 sampai L.5/S1 dan tidak ada herniasi disk. Tidak ada intraforaminal nerve root entrapmen."

Dokter memberikan obat cilostazol 50mg, prasvatin sodium 20mg, dan asetosal 80mg.

Bu Nuri, sebenarnya penyakit apa yang saya derita dan seberapa parahkah? apa solusinya bu?




Selasa, 21-07-2009 08:36:20 oleh: jube

terimakasih banyak bu dokter,
info ini sekaligus memperkaya pengetahuan saya tentang penyakit yang sadang saya derita.
beberapa terapi yang saya jalani berujung pada diagnosa yang simpang siur, membikin takut dsb.

terima kasih banyak.




Selasa, 21-07-2009 09:52:15 oleh: Jusuf

Yth Bu Nuri. Artikel ini sangat menarik. langsung saja ya, saya pria 40 thn, sejak 3 thn yang lalu bila berjalan agak jau (lebih dari 500 mtr) atau berdiri lama, kaki kanan saya terasa baal/kesemutan. Saya sudah mencoba fisioterapi (12X), ke berbagai Dr dan alternatif namun gak sembuh2. berat saya 60 tinggi 165 cm. Saya gak bisa di MRI karena phobia tempat tertutup. Mohon advise ibu, terimakasih - Jusuf



Kamis, 30-07-2009 10:01:01 oleh: silvi a.d

makasih ya bu dokter atas informasi-informasinya..
saya jadi tahu tantang sakit tulang pinggul..
saya juga akhir-akhir ini sering mengalami sakit pinggul,ga tau kenapa ih bu dokter..
tapi saya ga mau periksa ke dokter..
jujur aja ya bu dokter saya paling takut sama rumah sakit..
hehe
sekali lagi makasih ya bu dokter..




Minggu, 16-08-2009 00:22:04 oleh: hita

slamat mlm bu dokter ..

sy mahasiswi umur 18thn , tinggi 165 , brat bdn 49kg ..
bgini, sy sring mrasa ngilu di mlm hari , yg ngilu biasany bagian tubuh sbelah kiri , ngiluny trasa dr bwah leher sampai ke ujung kaki ..
rasa ngilu ini sngat mengganggu,krn kadang sy sampai tdk bs tdr ..
sy mw tanya, sakit sy ini sakit apa y dok?
truz ngobatinnya gmana ?

Trims..




Senin, 31-08-2009 09:41:55 oleh: venita kusumawati

pagi bu dokter..
senangnya sy bisa baca artikel ni.umur sy 25th,bb 115kg,tb 165cm.
kebetulan saya sering punya keluhan nyeri punggung terlebih beberapa hari ini sampai terasa dari bokong hingga paha seperti pegel n ngilu.tapi rasa nyer ini kadang timbul kadang tidak.
tapi 3-4th lalu sy pernah tiba2 saja punggung sy nyeri lalu kaku sampai buat berdiri atau duduk saja saya ga kuat.smp sy di panggil tukang urut alhmdulilah membaik secara perlahan.
bu dokter menurut anda apa penyakit ni sgt berbahaya untuk sy.

mohan dibalas ya bu dokter
trims




Kamis, 10-09-2009 23:18:12 oleh: marcella

Salam kenal Dr Nury.sekiranya dokter dapat membantu untuk memecahakan yang saya alamin.
Saya seorang dokter juga,berumur 48 tahun.Sekitar Agustus 2009 ini saya di diagnosis spondilo lithesis(L4 L5)Grade1.Menurut dokter Nury terapi apa yang sebaiknya dilakukan?..selama ini saya hanya minum cataflam dan metikobal,Bersama phisioterapi.Bagaimana kalo saya melakukan terapi Chiropratic?....
Terima kasih doktor...
tolong segera dibalas...
terima kasih...




Jumat, 11-09-2009 02:57:04 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Dr Marcella, seberapa mengganggunya spondilolisthesisi grade 1 ini? Japri ya..



Jumat, 11-09-2009 13:36:54 oleh: Tunggul Salmon

Salam Bu Nury
Usia saya sekarang 36 thn, berat 76 tinggi 173. saya sudah mengalami gangguan di pinggang dan kebal di kedua kaki dan kadang sakit dari tahun 2008 hingga sekarang, sudah dua dokter yang saya datangi RSCM Dr Yusuf Misbah dan yang RS di daerah sunter dan hasil dari Ronsen MRI ada saraf yang terjept di lumbal 5-4. Saya sudah lakukan terapi pemanasan di pinggang, dan minum obat dari dokter dan di urut tp masih sakit. Dengan munculnya sakit ini biasanya saya joging tiga kali seminggu, sekarang tidak bisa lagi dan saya hanya bisa renang dan jalan untuk olahraga saya.
Dengan kondisi ini saya di anjurkan untuk operasi,tp saya kadang takut, karena banyak yang bilang, banyak yang gagal untuk lakukan operasi.
Jika harus operasi yang cocok operasi endoskopi atau konservatif atau apakah ada terapi yang lain yang bisa memulihkan kembali tanpa operasi. Di tunggu sarannya...

Trimakasih Bu

Salam, Tunggul Salmon.




Jumat, 18-09-2009 23:15:39 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Tunggul, kalau sampai dari jogging tiga kali perminggu kemudian sekarang terpaksa dihentikan, tentulah sudah harus di waspadai. Obat, pemanasan dan urut tidak akan mencukupi. Prinsipnya mengurangi tekanan (pada ) syaraf. Penurunan tekanan bisa secara konservatif , menggunakan korset (yang sesuai)hingga pembedahan. Silahkan menghubungi dokter yang mas Tunggul percayai dan bisa berkomunikasi, selanjutnya tentukan pilihan.



Senin, 28-09-2009 16:07:49 oleh: irwan setiawan

Mohon informasi, saya sering merasa nyeri dan panas dipinggang akhir-akhir ini. Apa gejala suatu penyakit?



Rabu, 07-10-2009 02:22:23 oleh: hafidz nugroho

Umur saya 21 tahun, tapi belakangan ini saya sering mengalami nyeri pinggang terutama pada saat membungkukkan badan, bersin, dan mengangkat beban berat. Padahal saya rutin mengkonsumsi susu kalsium. Tapi selain itu saya juga baru saja mendalami olahraga gymnastic. Nyeri pinggang ini sudah saya rasakan selama 3 minggu. Kira-kira apa yang harus dilakukan, Dok?
Mohon sarannya.




Senin, 12-10-2009 10:28:20 oleh: kardun

Seminggu yang lalu pinggang saya terkilir akibat mengangkat galon air mineral. Hari itu juga saya diurut. Apakah olah raga berenang bisa dan boleh untuk terapi penyembuhan sakit pinggang yg terkilir tersebut. Usia saya 42 tahun (laki-laki). Terima kasih sebelumnya.



Kamis, 29-10-2009 15:44:50 oleh: leonita

Bu dr Nury,
Boleh minta saran/rekomendasinya untuk kolega dokter rehab medik yang ada di Medan, untuk orang tua saya yang ada arthritis lutut dan nyeri tulang punggung

terimaksih banyak




Minggu, 01-11-2009 07:58:30 oleh: Kdk.Ari Ratna Dewi Purpa

Ibu,
Akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit pada punngung,pinggang dan pinggul saya,bahkan sampai menjalar ke betis kaki saya,bahkan ketika hari pertama mengalaminya setiap kali bernafas,saya merasakan nyeri pada otot dan tulang saya.Sakitnya bisa berhari-hari dan selama ini saya tidak pernah memakai obat apapun untuk menyembuhkannya.Biasanya nyeri akan hilang setelah beberapa hari bahkan minggu tapi nyerinya sangat mengganggu aktifitas saya.Pekerjaan saya membuat saya harus duduk di kursi untuk waktu yang lama tapi kali ini saya sedang melakukan perjalanan jauh dan harus duduk di mobil untuk beberapa jam dan saya juga melakukan gerakan menari Bali dengan tiba-tiba karena ingin menunjukkan tarian Bali kepada teman saya,padahal saya sudah lama tidak menari Bali dan dikarenakan capek,pacar saya memijat saya dengan pijatan yang keras.Sekarang saya sedang merasakan nyeri dibagian pinggul sampai ke betis kaki,apakah semua yang saya tulis di atas adalah penyebabnya? Apa yang harus saya lakukan sekarang untuk mengurangi rasa nyeri ini?
Saya juga mengalami sejarah infeksi saluran kemih,jika ini juga penyebabnya,bisakah Ibu memberitahu,ke dokter apa dan dimana saya harus memeriksanya?
Saya juga tidak suka meminum susu,tapi saya merasa sekarang saya harus minum susu untuk menguatkan tulang saya,adakah saran,produk susu apa yang bisa saya minum?
Terima kasih untuk informasi yang jelas dan lengkap yang Ibu tulis,saya sangat memerlukannya dan merasa di tolong Tuhan karena bisa menemukan dan mengerti lebih jauh tentang sakit nyeri punggung melalui tulisan ibu.Semoga Tuhan memberkati Ibu.




Rabu, 30-12-2009 13:43:04 oleh: virna

salam kenal bu dokter...
saya belakangan ini sering sakit tepat di tulang punggung belakang bagian bawah dekat pinggang. terkadang pada saat bangun tidur tidak bisa bergerak apalagi bangun saking sakitnya. saya sdh periksa kedokter dan melakukan rongten, hasilnya semua baik. dg obat yg diberikan dokter tidak banyak membantu. mohon penjelasan dr dokter. boleh saya minta alamat email atau blog dokter ?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih




Selasa, 19-01-2010 08:47:38 oleh: enceng sarifudin

bu doter,sy sakit pinggang sudah lama juga,dan sy sudah minum obat2an ,tapi blm juga berasa enakan klo lama duduk terasa kaku ,hrs gmana ya dok ? minum obat apa yg bisa menyembuhkan sakit pinggang ini.mohon penjelasannya .sebelum dan sesudahnya sy ucapkan banyak terima kasih .



Rabu, 03-03-2010 13:02:20 oleh: mardini

Ibu Dr Nury salam kenal.
Ibu akhir-akhir ini pinggang saya sering sakit, memang saya sering ngetik pakai komputer dan duduk dilantai itu sering saya lakukan setiap hari pulang kantor bahkan smpe tengah malam padahal saya duduk pake bantal, saya memang kurang OR dan saya belum ke dokter, sy jg dah minum banyak, mohon petunjuk dokter.




Rabu, 10-03-2010 20:10:41 oleh: Ardika

Salam kenal Bu Nury..
saya mau tanya, sekarang ini saya sering mengalami sakit pinggang di sebelah kiri. kemungkinan penyebabnya ketika di rumah terlalu banyak pekerjaan seperti mencuci, memasak, dan bersih-besih rumah, setelah itu ketika mau membungkuk mengambil sesuatu terasa nyeri sam[pai tidak bisa berdiri. sampai sekarang masih terasa nyeri jika untuk membungkuk.sakit ini saya rasakan sekitar 2 bulan. saya masih mahasiswa umur 22 thun.
terima kasih atas perhatiannya




Senin, 15-03-2010 22:04:20 oleh: Maya yustika ningrum

Dok untuk keluhan sakit punggung perginya ke dokter apa? sudah dua dokter saya temui jawabannya berbeda-beda ada yang bilang saya patah tulang punggung akibat kecelakaan ringan 12 tahun lalu setelah melihat hasil ronsen dan dr satu lagi bilang saya osteoporosis parah tapi mengingat usia saya yang masih muda dr itupun heran? pertanyaan saya apakah ujung2nya bila tidak dapat sembuh osteoporosis pada tulang belakang juga harus di operasi ???



Sabtu, 20-03-2010 20:45:36 oleh: stella

Dok,saya brumur 16 tahun...blakangan ini sering merasa nyeri dan terkadang sakit sekali pada bokong bgian kiri...ketika brjalan trlalu lama atau ketika brganti posisi dari duduk ke brdiri..
dan rasanya smakin hari semakin sakit...
Menurut dokter apa penyebabnya, dan apa yang harus saya lakukan selanjutnya? terima kasih dok...^^




Selasa, 13-04-2010 10:41:38 oleh: marsandi

Sementara sy hanya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya, semoga informasi ini bermanfaat bagi sy.



Jumat, 23-04-2010 16:02:09 oleh: wawan

Saya sering sakit pinggang terutama kiri ,
kebiasaan duduk yang tak sempurna dan posisi tidur yang lebih banyak tengkurap menjadi faktor utamanya. Saya berolahraga 1 minggu 2 kali (bulutangkis) setiap paginya senam kecil. Tapi belum bisa mnghilangkan nyeri tersebut, terutama bila kecapean beraktifitas. Kadang saya suka melakukan posisi kepala dibawah dan kaki diatas selama lebih kurang 1 menit, perut terasa tertarik ke atas, setelah itu nyeri agak sedikit berkurang dan tidak jarang malah langsung hilang. Oh ya, di tambah saya juga mengkonsumsi perasan lobak 2 hari sekali, itu juga membantu stamina dan daya tahan tubuh. Demikan pengalaman yang saya rasakan, mungkin Ibu bisa kasih masukan , terimakasih sebelumnya.
wawan
cileungsi




Rabu, 02-06-2010 16:44:26 oleh: hartini

assalamualaikum..

selamat sore dok.
saya hartini asal riau duri usia saya 28 tahun ..saya mau tanya dok. pinggang belakang saya selalu terasa nyeri panas.jika duduk lama dan kecapaean .gimana ya dok tolong dibals leawat email yah .saya gak betah lagi kalo udah terasa panas ..

wasalam




Minggu, 04-07-2010 10:29:58 oleh: Kholid Mawardi

Ass Wr Wb
Saya Kholid dari Pasuruan umur 31th
Dokter, sy merasakan nyeri di pinggang sebelah kiri, sangat terasa sakit kalo pada posisi duduk atau nyetir mobil, nyeri terasa dari pinggul,pantat,paha,lutut,betis sampai ke tumit,rasa nyeri sudah sy rasa 1bln yang lalu,obat dr dokter yg sy kunjungi sdh habs tp nyeri tambh terasa sakit.minta saran dr Dokter hrs periksa dmana?
Terima Kasih




Minggu, 04-07-2010 11:03:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

pak Kholid, silahkan ke dokter spesialis syaraf atau dokter spesialis Rehabilitasi Medik. Kemungkinan ini yang dinamaan Ischialgia.

Diperlukan pencarian penyebab yang tepat agar tidak berkepanjangan, dan mendapatkan solusi.
Sepertinya obat saja tidak cukup, dokter spesialis rehabilitasi medik bisa membeikan (bila perlu) alat bantu untuk mengurangi sakit dan latihan penguatan otot punggung dan atau perut.

Kemungkinan sebelumnya akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti radiology.






Selasa, 13-07-2010 19:11:54 oleh: BAMBANG DJOKO NIRMOLO

Dear Ibu Dokter,

Saya Bambang Djoko (62 th) mnegalami sakit: Ischialgia Kiri dan seminggu yl. telah selesai menjalani fisioterapi 8x di RS.Pelni atas rujukan Ibu Dokter. Sebelumnya, saya menjalani pemeriksaan Radiologist (Ro Foto) di RS. Advent Bandung dan karena saya bekerja di Jakarta, saya di konsul ke Dr. Suci Hartati, beliau menganjurkan RMI di RSCM dan sudah saya jalani hari ini dengan diagnose: Spondylosis Lumbalis, Protusio discus intervertebralis L3-4, L4-5, L5-S1 yang menecan Thecal Sac dengan penekanan radics bilateral. dan Protusio discus intervertebralis L1-2 tanpa menekan radics.
Pertanyaan saya adalah: apakahProtusio dan Spondylosis tsb bisa bertendensi ke HNP? Dan bagaimana kira-2 prognosa penyakit saya tsb?.
Mohon Ma'af Ibu Dokter, karena tugas kantor yang sulit ditinggalkan, saya baru akan menghadap ke Ibu Dokter besok siang, karena jadual Ibu Dokter di Pelni hanya Senin dan Rabu pk. 15.00 - 17.00?

Terima kasih kami ucapkan akan kesediaan Ibu Dokter untuk me-replay e-mail saya ini.

Wass. B.Djoko Nirmolo




Jumat, 16-07-2010 15:05:16 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Protrusio yang menekan (dapat) merupakan penyebab HNP.

Apa pengertian bapak tentang HNP, protrusi dan spondylosis?




Rabu, 21-07-2010 21:12:52 oleh: B. Djoko Nirmolo

Ass., wr., wb.

Sebelumnya saya mohon ma'af Ibu Dokter, saya baru konsul tadi sore, karena tugas mendadak dari kantor.

Ma'af Ibu Dokter, kalau pengertian saya berikut ini keliru, dan mohon dikoreksi.

HNP (Hernia Nucleus Pulposus) adalah penyakit yang disebabkan karena "mencototnya" nucleus pulposus yang berada dalam discus inter vertebralis melalui jaringan ikat yang meliputinya (annulus fibrosus)
Protrusio adalah menonjolnya sesuatu masa kearah luar(dlm hal yg saya alami, discus inter-vertebralis yang menonjol ke arah kiri-kanan dan belakang diantara segmen-segmen lumbal dan sacral).
Spondylosis adalah keadaan dimana discus inter vertebralis "memipih", berkurang dari ketebalan normalnya, karena faktor degeneratif.

Jika Ibu Dokter tidak berkeberatan, saya mohon sekali lagi advisnya, gerakan/latihan otot bagian-bagian manakah yang sebaiknya saya lakukan, dan posisi-posisi apa saja yang sebaiknya saya hindari.

Atas perhatian dan kesediaan Ibu Dokter, saya ucapkan terima kasih.

Wass.,wr.,wb
Djoko Nirmolo




Rabu, 08-02-2012 17:15:12 oleh: farikha mahdalena

bu dokter..
saya berusia 17th. saya merasakan nyeri punggung selama kurang lebih 2 minggu. semakin hari terasa semakin enteng sih, tapi sampai sekarang masih juga nyeri. kadang di punggung bagian bawah, kadang tengah, kadang juga di bahu. ini kenapa ya dok? saya sudah periksa tapi cuman dikasih obat penghilang nyeri.

pas awal nyeri dulu saya gak kuat duduk, tapi sekarang sudah bisa dan memulai aktivitas. tapi ya gitu masih sering nyeri dan sering buang angin juga.
terimakasih atas jawabannya :)




Jumat, 16-03-2012 12:29:09 oleh: ERRIE ERIAWAN

bu dokter tolong saya masukannya, saya sudah ke dokter ahli syaraf, dokter bilang ada otot yg sobek sedikit, stlh saya foto MRI dokter tulang bilang HNP, saya sudah melakukan fisioterapi 30 kali, tusuk jarum 30 kali,dan berenang ,bahkan tidur pakai papan, memang sudah berkurang sakitnya, kalo dulu batuk sakit sekrg tidak sakit, tapi kalo membungkuk masih sakit, jalan jalan lama sakit sampai ke kaki nyeri, gimana solusinya dokter? apakah ada vitamin ato obat yg menyembuhkan otot yg sobek? ato lainnya, terimakasih dokter



Minggu, 16-12-2012 02:00:17 oleh: emanuel sarji

amat bagus tapi saya mau tanya bagaimana ?



Minggu, 16-12-2012 02:08:02 oleh: emanuel sarji

pinggangku sebelah kiri bila malam waktu bangun ,buang air kecil sangat sakit. dipakai jalan sakit,ditidurkan juga sakit hingga berlangsung agak lama baru setelah 2 kaki diselonjorkan sambil tidur berangsur angsur menurun tapi sakit tak hilang sama sekali bahkan dipakai buang air kecil lagi pinggang masih sakit walaupun tak sesakit awal tadi.mohon jawaban dan sebelumnya terima kasih .



Rabu, 26-12-2012 22:20:19 oleh: Ani

Selamat malam Dokter,
saya wanita berusia 59th dengan berat badan 55kg. selama 2 tahun ini saya menderita sakit pada bokong sebelah kiri, rasanya campuran antara rasa pegal dan nyeri. namun selama 2 minggu ini, rasa sakitnya lebih terasa (sebelumnya rasanya samar-samar).
rasa sakit tsb selalu muncul tiba-tiba, baik saat saya berdiri, duduk atau tidur, namun lebih sering terjadi ketika saya lagi duduk.
kira-kira saya sakit apa ya dokter? apa yang harus saya lakukan agar sakit ini hilang? terima kasih sebelumnya.




Senin, 11-03-2013 00:02:01 oleh: maridi

saya minta tolong bisa gak ya buk, minta daftar referensi buku-buku tentang nyeri pinggang, khususnya mengenai hubungan kebiasaan berolahraga dengan nyeri pinggang. trimakasih........kirimkan lewat email saya, sekali lagi makasih.



Selasa, 09-04-2013 13:23:23 oleh: afifah hana

seminggu yang lalu saya terjatuh,setelah itu pinggang bagian bawah rasanya nyeri saat bersin dan jongkok,tp saat saya pegang pinggang saya tidak sakit..

apa yang harus saya lakukan?
usia saya 18tahun




Senin, 16-09-2013 08:28:18 oleh: joko warts

dokter..
Udah lama kira 1 tahun nyeri dipunggung ,sekarang kaki juga..udah ke dokter tpi belum sembuh juga..umur saya 40 laki2.buang air lancar..kaki tidak bengkak




Kamis, 10-04-2014 14:22:06 oleh: yogi

Selamat siang dok,
Saya mengalami nyeri di punggung bagian kiri dan rasanya seperti urat kejepit dan juga keadaan ini diiringi dengan rasa nyeri juga pada buah zakar saya yg sebelah kiri. Yang jadi permasalahan nya saya sudah konsultasi jg ke dokter urologi dan sempat untuk check urine dan USG tp hasilnya semua negatif. Kira2 apa penyebabnya dok dan mungkin saya bisa diberi solusinya......
Trima kasih dan saya tunggu kabarnya dok




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia