Ratna

Aturan Main Minum Obat

Minggu, 27-01-2008 14:33:39 oleh: Ratna
Kanal: Kesehatan

Aturan Main Minum Obat

Walaupun sekali semua orang pasti pernah minum obat. Tapi mungkin banyak yang tidak menaruh perhatian terhadap obat yang dikonsumsi. Banyak orang minum obat bebas atau obat yang diresepkan dokter tanpa mempedulikan kemungkinan timbulnya efek samping atau adanya kontraindikasi dari obat yang diminum.

Padahal sudah saatnya  setiap orang termasuk Anda semua Wikimuers untuk bersikap kritis dan proaktif terhadap segala tindak pengobatan yang anda dapatkan. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada Apoteker atau Dokter tentang obat yang akan atau sedang dikonsumsi.

Selain saat berkunjung ketempat praktek dokter, tempat paling tepat untuk bertanya segala informasi tentang obat adalah di apotik. Wikimuers dapat bertanya kepada Apoteker yang ada di apotik (baik apotik di rumah sakit atau apotik reguler)

Nah, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa para Wikimuers tanyakan kepada Apoteker :

1. Nama obat dan untuk mengobati apa

      Misal paracetamol (Sanmol, Tempra, Dumin) untuk penurun panas dan pereda nyeri

2. Nama generiknya atau adakah obat sejenis dengan nama berbeda

      Sebagai contoh Aspirin memiliki padanan nama Asetosal dan keduanya sama-   sama berisi asam asetil salisilat.

3. Kira-kira bagaimana efeknya terhadap tubuh dan berapa lama hal itu terjadi (penyerapannya berapa lama dan bagaimana kira-kira hasilnya setelah beberapa  hari pemakaian)

4. Jika ada efek sampingnya, seperti apa dan kita harus berbuat bagaimana (apakah harus segera ke dokter atau boleh ditunggu sampai besok)

5. Seberapa banyak obat harus diminum, apakah harus dihabiskan atau tidak.

      Seperti pada pemakaian Antibiotik (amoksisilin, ciprofloxacin, kloramfenikol) harus diminum sampai habis. Sebab dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk masa tertentu dimana dalam kurun waktu tersebut kuman yang menyebabkan infeksi akan mati atau terhenti pertumbuhannya. Oleh karena itu, Wikimuers jangan sesekali mengurangi sendiri dosis antibiotika yang diberikan dokter atau menghentikan pemakaiaannya hanya karena merasa sudah enakan. Karena bila hal ini terjadi dapat menimbulkan resistensi. Namun sebaliknya hal ini tidak berlaku untuk obat-obat penurun panas atau pereda nyeri, seperti paracetamol atau asam mefenamat. Bila demam atau gejala nyeri yang Wikimuers rasakan sudah hilang atau mereda, maka obat ini boleh tidak diminum lagi.

6. Berapa kali sehari dan kapan saja meminumnya

      Ada obat yang dinjurkan untuk diminum 2 x sehari, 3 x sehari atau 4 x sehari. Bahkan obat-obat untuk meredakan diare dapat diminum 2 tablet sekaligus setiap habis diare, maksimal 12 tablet dalam kurun waktu 24 jam, contohya attapulgite (New Diatabs, Biodiar). Ada pula obat yang diminum sebelum atau sesudah makan. Contohya domperidone yang diindikasikan untuk mengurangi gejala mual dan muntah, tentunya akan lebih efektif diminum  sebelum makan. Begitu juga dengan beberapa jenis obat untuk penderita TBC yang efektif bekerja saat lambung dalam keadaan kosong, sehingga dianjurkan untuk diminum pagi sebelum makan.

7. Berapa jarak waktu minum obat pertama dengan seterusnya

      Untuk penggunaan antibiotik jarak pemakaiannya harus tepat antara dosis pertama dengan dosis berikutnya. Misalkan aturan pakai 3 x sehari, maka obat diminum setiap 8 jam (24 : 3 = 8). Bila aturannya 2 x sehari berarti diminum setiap 12 jam sekali, dst.

8. Bagaimana penyimpanan obat

      Beberapa jenis obat perlu disimpan dalam kondisi khusus agar sediaanya tidak mengalami kerusakan. Misalkan sediaan suppositoria seperti Dulcolax supp. atau Proris supp. harus disimpan didalam kulkas agar tidak meleleh. Sediaan injeksi Insulin untuk penderita kencing manis juga harus disimpan di kulkas agar tidak mengalami kerusakan.

9. Bagaimana kontarindikasinya

      Hal ini biasanya perlu diperhatikan bagi ibu hamil, penderita tekanan darah tinggi,  orang usia lanjut atau bayi dan anak-anak. Misalnya ada beberapa jenis antibiotika yang tidak boleh diberikan pada ibu hamil karena beresiko menimbulkan cacat janin. Ada juga  jenis antibiotika yang tidak boleh diberikan pada bayi atau anak-anak karena dapat mengganggu pertumbuhan. Beberapa obat juga memerlukan penyesuaian dosis bila diberikan kepada orang lanjut usia atau bayi dan anak-anak.

           Selain  selalu bertanya kepada sumber yang terpercaya Wikimuers juga bisa membekali diri dengan membeli buku mengenai informasi obat yang banyak beredar. Buku ini berisi nama obat (nama dagang), nama generik, kandungan obat, indikasi, efek samping, kontraindikasi dan aturan pakai. Buku ini mudah didapat di berbagai toko buku terkemuka.

Oke Wikimuers, selamat berburu informasi obat..........

sumber :

MIMS Indonesia 2005

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label obat, apoteker, efek samping, kontra indikasi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
4 komentar pada warta ini
Senin, 28-01-2008 15:12:36 oleh: Sandhy.ED

Ratna.., ini bisa jadi beberapa artikel niy...

Apoteker emang gak pernah kehabisan ide ya....

Gak ada ide nulis tentang obat, nulis tentang film aja hehehe




Selasa, 27-05-2008 14:05:17 oleh: prasetyo

okeeey juga......
Q jd tau lebih banyak tentang obat.....
buat semua yang ada disityiu kenalin setyoo..... nak wonosobo gityiu.....makacih buanyak yooooooo...




Jumat, 26-12-2008 06:09:42 oleh: eiya

Makasi mba Ratna, postingannya bener2 pas dgn yg saya cari :)

Tks a lot




Jumat, 18-01-2013 13:47:03 oleh: nadya

mohon tanya berapa lama jarak minum obat dengan coklat ?



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY