Ecko Manalu

Tata Nano - Mobil Termurah di Dunia

Jumat, 25-01-2008 09:28:56 oleh: Ecko Manalu
Kanal: Suara Konsumen

Beberapa hari yang lalu, Tata Motors, perusahaan mobil yang berbasis di India, memperkenalkan produk terbarunya. Produk mobil tersebut diklaim sebagai mobil termurah di dunia.

Tata NanoNama mobil tersebut adalah Tata Nano dan diberi nickname "People's Car"(jangan dimirip miripkan dengan Tata Dado ya...hehehe). Harga yang dibandrol adalah 100,000 Rupee (sekitar 24 juta rupiah dengan kurs 1 INR = 240 IDR per tanggal 13 Januari 2008).

Mobil tersebut memiliki beberapa spesifikasi seperti:
- berkapasitas 4 penumpang (dapat bisa diisi sampai maksimal 5 orang)
- Panjang +/- 3 m
- mesin dua silinder, 633cc yang seluruhnya terbuat dari alumunium
- kecepatan maksimum 65 km/jam

Peluncuran produk mobil ini tentu saja menimbulkan banyak perbincangan. Selain disebut-sebut sebagai solusi untuk keluarga dari kelas menengah yang ingin memiliki mobil, kendaraan roda empat dengan "harga terjangkau" ini juga dianggap dapat memperbesar masalah polusi. Polusi yang dianggap akan memperparah pemanasan global yang sedang sering dibahas saat ini.

Selain itu, infrastruktur jalan raya juga menjadi sorotan banyak orang. Untuk mengakomodasi booming penggunaan mobil ini, kapasitas jalan raya harus juga dipertimbangkan untuk ditambah. Jika tidak, Anda bisa membayangkan berada di tengah-tengah kemacetan parah saat berkendaraan di jalan raya.

Ya, pastinya banyak hal yang bakalan dibahas berkaitan dengan kehadiran mobil ini. Saya juga langsung membayang-bayangkan untung rugi berkaitan dengan kehadiran mobil ini pada saat pertama kali mendengar beritanya.

Masalah kemacetan sudah pasti menjadi salah satu yang paling disorot selain masalah polusi. Mungkin ada yang bilang kemacaten tidak akan menjadi masalah yang besar jika masyarakat yang memiliki mobil "besar" beramai-ramai mau berpindah untuk menggunakan mobil mini ini. Selain itu, pemerintah juga berperan dengan menerapkan peraturan yang hanya memperbolehkan mobil dengan ukuran ini yang dapat masuk ke dalam kota. Atau bisa juga dengan memperkecil biaya pajak untuk mobil jenis ini dan memperbesar pajak untuk mobil-mobil milik pribadi dengan ukuran "besar".

More...
Akan tetapi, penambahan pemakaian mobil ini lambat laun pasti akan tetap menghasilkan masalah lalu lintas menurut saya. Salah satu yang bisa nyata di masa depan adalah jika semua pemilik sepeda motor (yang notabene lebih banyak dari pemilik mobil saat ini) beramai-ramai membeli mobil mini karena tergiur oleh harga yang cukup bersaing dan kenyamanan dalam berkendaraan. Bisa pusing liat jumlahnya. Parahnya, bahan bakar minyak (BBM) juga terancam habis lebih cepat dengan pertambahan jumlah kendaraan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, mobil Tata Nano baru dijual di India dengan rencana produksi awal 250,000 mobil per tahun. Negara-negara lain seperti di Amerika Latin, Asia Tenggara dan Afrika akan dapat menggunakan mobil kecil dan murah ini dalam empat tahun ke depan. Jadi bagi Anda yang pengen memiliki mobil (murah) ini harus bersabar dan mulai menabung dari sekarang (seperti saya:p).

Bagi saya pribadi, mobil ini cukup "menghibur" jika mengingat harga mobil sekarang yang rata-rata masih mahal, dan juga ukuran mobil sekarang yang kurang bersahabat dengan kapasitas jalan di Indonesia.

Walaupun demikian, mobil ini masih agak jauh dari kriteria mobil yang selalu kubayang-bayangkan di masa depan, yaitu "dapat bersahabat" dengan lingkungan dalam hal bahan bakar. Kriteria ini khususnya untuk mobil-mobil pribadi yang sering digunakan sebagai alat transportasi dalam kota. Tata Nano masih menggunakan BBM.

Saya sering bermimpi mengenai implementasi mobil seperti yang diiklankan di CNN, yaitu mobil transparan berkapasitas dua orang yang menggunakan tenaga surya. Mobil mini tersebut menjadi alat transportasi dalam kota di siang hari sambil mengisi batere dari sinar matahari. Pada malam hari, mobil tersebut berperan sebagai lampu jalan. Hemat BBM, Kurangi polusi.

Kalau bisa sih, semua orang menggunakan sepeda daripada menggunakan mobil, khususnya untuk transportasi dalam radius 4-5 km. Akan lebih keren lagi kalau jalan raya di Indonesia memiliki fasilitas jalur sepeda yang bagus. Selain sehat, santai, aman dan murah, kemacetan lalu lintas juga dapat dikurangi (sambil memikirkan peluang bisnis di bidang tambal ban sepeda dan aksesoris sepeda...hehehe).



Sumber: http://blog.ngetrend.com/blog/2008/01/13/tata-nano-si-mobil-murah-meriah/
Bookmark and Share

Tag/Label tata nano, mobil murah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
21 komentar pada warta ini
Jumat, 25-01-2008 14:16:16 oleh: hadi - yadika

wahhhhhh,,,,,
bisa jadi ntar gol menengah naik predikat jadi gol atas,, hehe....




Jumat, 25-01-2008 15:16:58 oleh: Agus Mardhika

Kalau masuk Indonesia, apa harganya masih sekitar 24jt an..????



Jumat, 25-01-2008 16:30:10 oleh: harta wijaya

woeeee apaan tuh,, salah gambar... bukan tata nano tapi nano nano



Jumat, 25-01-2008 17:19:37 oleh: Ecko Manalu

@Hadi-Yadika :
Yah.. mungkin akan terjadi seperti itu...
Seperti prinsip Air Asia, now everybody can fly, klo Tata Nano, prinsipnya, now everybody can have car :D
tapi tetap harus diregulasi mengenai kepastian akan terjadi kemacetan disebabkan membludaknya pemilik mobil

@Agus Mardhika:
Saya ga bisa janji mas :), di Asia tenggara baru akan ada 4 tahun ke depan. Tapi klu prediksi Saya yah ga jauh2 dari harga itu :)




Senin, 11-02-2008 16:49:05 oleh: mety tri n

ass.ko belum beredar di kota-kota kecil seperti kotaku tegal.kapan bisa masuk??saya ingin cepat mempunyainya habis disini tidak ada kendaraan ojek/taksi juga jarang.saya seorang siswa kemana-mana susah sedangkan saya punya penyakit pernafasan & saraf.jadi kalo tidak ada mobil mungkin saya sudah menhirup polusi selama berhari-hari....... trims.wss
mohon jwbnnya dikrim ke email saya




Senin, 11-02-2008 16:51:11 oleh: mety

mety_imoet@yahoo.com kirimin yaw.......



Senin, 11-02-2008 18:07:28 oleh: desmon h

mobil mini ini boleh juga buat org yg mau menghemat BBM krn mobil ini cukup irit hny belum tau apakah ada fasilatas AC atau tdk blm disebukan.



Rabu, 13-02-2008 10:33:23 oleh: steward

di daerah saya keadaannya jalannya berbukit, apa nano bisa ......



Minggu, 24-02-2008 19:08:12 oleh: grace sandra

tolong diinformasikan kapan masuk di Indonesia.
saya sangat tertarik dengan mobil tata nano ini.
thanks a lot yak




Senin, 25-02-2008 00:45:09 oleh: Ecko Manalu

@grace:
Saya akan selalu pantau kok mbak ttg perkembangan mobil ini. Sering2 aja buka wikimu.com :D

@steward:
wah Saya kurang tau ttg ini mas :)

@mety:
Mobilnya belum sampai di indonesia mbak :).

@desmon:
Standarnya ga pake mas, tapi menurut webnya, ada juga kelas yang pake AC, so jangan kuatir :)

(kok lagaknya Saya kayak tukang jual mobil ya :D hehe)




Senin, 14-04-2008 14:55:58 oleh: Pengamat

Mobil ini sangat bagus sekali dan mempunyai banyak keuntungan :
1. Mobil kecil mengurangi macet.
2. Orang dari pada memakai mobil yang besar
kalau hanya didalam kota akan beralih kemobil
kecil.
3. Sangat Irit, jadi akan membantu penghematan
BBM.
4. Harga murah, bagi konsumen.
5. Kenapa takut mobil ini masuk
Indonesia?
6. Apakah Honda, Toyota, Suzuki dll , takut akan
kesaing?
7. Ada apa mobil ini tdk boleh beredar di
Indonesia ????????




Selasa, 15-04-2008 13:59:41 oleh: Ecko Manalu

@Pengamat:
Wah.. benar sekali mas. Saya setuju dengan poin-poin yang mas katakan.

Oh iya.. mengenai poin yang mengapa mobil ini susah masuk ke indonesia ?? :D haha... mungkin jawabannya sama dengan :
"Mengapa Astro sekarang ini lagi di'jegal' sama 'Indonesia' ? "




Minggu, 04-05-2008 11:30:11 oleh: Elbert

wah asik sekali..
kapan mobil itu keluar di indonesia???
saya mau beli???




Rabu, 18-06-2008 14:34:55 oleh: chunil_khan

Itu mah bkn mbl X... tp kodok he..he..he..!



Senin, 14-07-2008 12:27:36 oleh: tine

FYI, menurut yg pernah gw baca, mobil ini murah karena tidak pake mur 'n baut tp tapi semacam lem gitu, tau lem apa hehe semoga aja bukan lem tikus. trus body-nya juga semacam fiber gitu. Ga tau deh, ni info berguna apa ga... tp di india sendiri, hampir semua pengendara motor beralih ke Tata Nano ini



Sabtu, 30-08-2008 11:36:47 oleh: rado

waduh....bikin nambah masalah za ni si tata nano-nano.
tapi ga apa-apa itung2 ngasih pr buat pemerentah biar ngereHab infrastruktur jalan....kali za jalan di lebarin sampe 3 meter.Heeeeee.....
tapi kalo menurut gue, gue lebih milih piara kebo za, soale buat pasaran asia tenggara harga kebo naik sekitar 1000 rupee atau 24 juta rupiah..apalagi bisa di tunggangin sampe 4 orang!!!!heee...piss...pisss!!!!




Minggu, 05-04-2009 19:21:59 oleh: toto

mobil tata nano mirip dengan mobil kancil produksi PT KA yang sudah diproduksi terlebih dahulu. kapan kita cinta produk indonesia . . . .kapan ?



Kamis, 23-04-2009 00:17:22 oleh: Nisya

MAAf yahh.. saya mau komentar tentang fotonya. itu BUKAN foto TATA NANO!! itu smart car, and i own that car.. huaa.. ga terima mobil mercy smart gw dibilang mobil tata nano.

foto mobil yang disana itu built up mercedes benz, namanya SMART car. dodol nih yang masukin gambar!!

jadi klo nanti mobil tata nano udah masuk indo n bentuknya ga kaya gitu, jangan kecewa yah. mobil tata nano cuma ada 1 spion, and 1 wiper. mereka mau cut cost tapi malah kaya gitu, serem juga.. *read TIME magazine, 9 april 2009.

thanks. n, mohon fotonya di ganti dongg!!!




Sabtu, 25-04-2009 22:32:05 oleh: marcopolo

waduhhhhhhhhh keren ini mobil kayaknya sech gak perlu di modif lagi tapi sayang aku gak bisa dapatin nya tahun ini harus nunggu 4 taon lagi.. gimana yaa supaya bisa punya sekarang toloooooooong dong di bantu, soalnya peeeeeeeeeeeeengen banget. kutunggu kehadiranmu tata nano. marco NAD



Sabtu, 14-11-2009 17:24:53 oleh: Ria nova enjelina

whhhhh kLuar aJJ dIndonesia Tp nma'y TATA NOPA aJJ Lbh menarik,,nt gw bLi seLusin pzzzTTTTTiiii.......heheheheh..........



Senin, 30-11-2009 12:16:35 oleh: andi

aku mau beli mobil tata nano kalu harganya 24 juta
kapan mobil ini beredar di indonesia?????




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY