Sandhy.ED

Benarkah ARA-DHA pada Susu Formula Bayi Bisa Meningkatkan Kecerdasan?

Selasa, 22-01-2008 15:58:16 oleh: Sandhy.ED
Kanal: Kesehatan

"Waduh harga susu mahal banget sihhh, budgetku bengkak untuk beli susu nih..., susu anakku mahal gilee..., banyak komentar seperti ini terlontar dari teman-temanku sesama ibu-ibu yang merasa perlu memberikan asupan gizi terbaik untuk buah hatinya.

Penyelidikan yang lebih mendalam (cie, bahasanya bergaya novel detektif hehehe) mengungkapkan bahwa para ibu membelikan si buah hati susu formula A, atau susu formula B karena tergiur iklan televisi yang menyebutkan bahwa produk tersebut mengandung zat-zat tambahan yang diklaim bisa meningkatkan kecerdasan (bahkan kecerdasan emosional) si anak.

Tapi...., benarkah susu formula dan zat-zat tambahannya itu memang diperlukan oleh anak-anak kita? Sebenarnya susu apa yang terbaik untuk diberikan pada bayi?

Makanan terbaik untuk bayi... ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi. ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan).

Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quatient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak.

Kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi?

Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak mampu menyusui karena alasan fisiologis. Bayi-bayi yang tidak mendapatkan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, perlu pemberian susu formula bayi (artinya pemberian susu formula kepada bayi hanya dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan). Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalanannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI.

Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi. Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI. Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui

Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2,B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium,dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan biotin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menjamin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi.

Beberapa studi menunjukkan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid. Meskipun demikian, untuk bayi yang lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi.

Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain.

Jadi....... masihkah kita memaksakan diri untuk membeli susu formula dengan berbagai zat tambahan yang harganya cukup mahal, ataukah kita akan memberikan makanan yang telah didesain dengan sempurna oleh Sang Pencipta dan diberikan gratis untuk kebutuhan buah hati kita?

Bookmark and Share

Tag/Label susu formula, ara-dha, asi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
39 komentar pada warta ini
Selasa, 22-01-2008 19:10:39 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Sandhy ... apakabar ...

Terima kasih atas artikelnya ...

Saya rasa ada hubungannya juga antar kelahiran bayi dengan operasi Caesar dan kelahiran normal. Bahwa seorang Ibu dengan kelahiran normal akan cenderung menghasilkan banyak ASI untuk buah hatinya sedangkan seorang Ibu dengan kelahiran Caesar akan sedikit menghasilkan ASI, sehingga mau tidak mau akan mempergunakan susu formula untuk lanjutan ASI-nya.

Trims ...




Selasa, 22-01-2008 19:29:47 oleh: Retty N. Hakim

@ mas Ery: Kalau soal ASI katanya soal niat mas...aku dari nggak ada (padahal lahiran normal) sampai berhasil ngasih ASI selama 2 tahun. Awalnya ya sengsara banget, perjuangan...tapi anaknya sendiri juga ogah susu sapi sih! (Ternyata memang anak-anakku ada bakat alergi, pantes nggak doyan susu kaleng. Yang kembar karena dua orang terpaksa ditambah susu yang HA/Hypoallergenic).





Rabu, 23-01-2008 12:34:50 oleh: mastok

pengalaman istri saat melahirkan, (kelahiran normal), hanya sampek 4 bulan ASI-nya keluar, abis itu, gak kluar lagi. Menurut dokter, persiapan agar ASI maksimal harus mulai dipupuk sejak kehamilan. Seperti minum susu, banyak sayuran dll. BTW, nanya nih, kenapa pd kenyataannya, bayi yang mimik susu formula kliatannya lebih sehat, montok drpd yg mimik ASI?emang gk smua, tp yg sy temui rata2 bgtu.



Rabu, 23-01-2008 16:40:25 oleh: Sandhy.ED

@Mas Eryawan
Ibu tahu yang terbaik untuk anaknya khan mas....., tapi aku setuju pendapat Mbak Retty karena menyusui itu memang awalnya perjuangan...,klu gak kuat-kuat bisa gak berhasil sih... :)

@Mastok
Sebetulnya kalau ASI ibu kualitasnya baik, pasti anaknya juga sehat dan montok. Buktinya 2 anakku, semua dapet ASI, tp aku merasa kualitas ASI ku untuk anak pertama jauh lebih baik dibanding untuk anak kedua (krn mereka hanya berjarak 1 1/2 thn jadi agak keteter ngurus yang ke 2), sampai sekarang si kakak relatif lebih kuat dan sehat badannya dibanding si adek...., jadi merasa bersalah ama si adek.....




Kamis, 24-01-2008 08:31:40 oleh: yogi

Bu Sandhy,

terima kasih banyak atas artikel2-nya..
wah tapi kali ini, kok kurang bahas sesuai judulnya ya..

Memang lebih baik ASI, tapi kalau terpaksa [anak tidak suka, susah keluar, dst..]

Usul saya, dilihat dari judulnya, seharusnya dibahas lebih objektif tentang manfaat susu Formula tsb, bahan apa saja yang esensial, dan apa yang suplemental..
(misalnya vitamin/mineral/zat gizi yang benar-benar dibutuhkan hingga usia 8bln..)




Kamis, 24-01-2008 11:10:09 oleh: Sandhy.ED

Iya juga ya Yogi..., saya lebih banyak bahas manfaat ASI ya disini....

Mungkin judulnya lebih bagus kalau..... ASI Makanan Terbaik untuk Buah Hati (bagus gak Yog??)

Tentang susu formulanya nanti ditulis ulang deh...(atau Yogi yang mau nulis???)
Thanks komentarnya ya...




Kamis, 24-01-2008 11:54:58 oleh: chika

menurutku tidak ada kaitan antara produksi ASI dan cara kelahiran apakah normal atau cesar.keduanya memiliki potensi yang sama untuk memproduksi ASI.
salah satu faktor yang berpengaruh pada produksi ASi antara lain faktor psikologis.dari artikel yang pernah saya baca, kondisi kejiwaan si ibu sangat berperan pada kemampuan ibu untuk menyusui.contoh mudahnya bila ibu merasa tidak mampu atau tidak mau menyusui, secara kimiawi perasaan ini akan diproses dan akibatnya si ibu benar-benar tidak bisa menyusui karena ASI tidak keluar.
intinya : dimana ada kemauan, pasti ada jalan karena bagaimanapun, ASI adalah yang terbaik buat bayi.




Jumat, 25-01-2008 16:08:31 oleh: EA Budi Darmawan

Panasnya perang kata-kata di marketing sudah merambah ke segmen susu bayi. Gak percaya? Lihat aja iklan susu merk 'D' yang berwarna dominan kuning yang terkesan ingin 'merontokkan' para pesaingnya dengan membeberkan 'fakta' bahwa kandungan Sphingomyelin, AA (zat ini andalannya merk 'C' produksi 'M') serta Tyrosine dan Triptofan (zat andalannya susu 'B') itu ada dalam semua susu sapi. Siapa yang 'menang' kita ikutin aja...

Yang penting, sebaiknya kita jangan sampai terpaku bahwa susu itu kandungan gizinya tak tergantikan. Ibu-ibu yang ada di deket pantai, bersyukurlah... karena sumber DHA sudah melimpah di sekeliling Anda. Anda yang mungkin punya rejeki lebih, mungkin bisa sesekali mendapatkan manfaat lebih besar dari ikan salmon (yang menurut pengetahuan saya kandungan DHA-nya paling banyak).

Jadi teringat lagunya Kantata Takwa... "Apa itu... Susu anakku..."




Jumat, 08-02-2008 17:19:13 oleh: rahadian

Meskipun benar (tetapi belum terbukti) bahwa ARA-DHA, atau AA/DHA dibutuhkan bayi, tapi dalam susu formula tidak ada enzim yang memungkinkan bayi dengan mudah menyerap ke dalam tubuhnya. Jadi percuma saja... ASI tetap lebih baik, karena semua kandungan itu sudah ada disana, lengkap dengan enzimnya...



Selasa, 14-10-2008 15:51:13 oleh: wahyuni

ngomong soal susu formula...sekarang nih aku lagi pusing2nya milih susu formula terbaik tuk anakku (3,5 bulan). dari lahir emang sudah kombinasi ASI en susu formula...waktu itu sih rasanya rapek banget kalo cuma ASI..abis nggak mo berhenti kalo udah netek...so susu formula jadi solusinya...trus masa kerja susu formula jadi menu utama. sekarang jadi nyesel banget soalnya anakku diclaim alergi ama dokter trus harus harus minum susu soya....aduh masak anakku tak kasih susu tempe sih....trus tak putussin pake yang hipoallergi...tapi ternyata anakku jadi gak doyan minum...ASI da terlanjur mampet...jadi bingung kan...

barangkali temen2 ada saran...btw reaksi alergi terhadap susu tu gimana sih...
thxs




Sabtu, 01-11-2008 14:04:54 oleh: lady

duuh..mbak wahyuni..sedih banget ya klo ternyata ASI sudah mampet dan si kecil di diagnosa alergi susu sapi...

Yang saya tahu, reaksi alergi susu sapi bisa berbeda pada setiap anak, tergantung dari komposisi susu sapi yang menyebabkan alergi. yang paling sering ditemui adalah alergi laktosa susu sapi (lactose Intolerance),biasanya bayi langsung diare setelah minum susu sapi. selain itu juga ada alergi protein susu sapi (Cow's Milk Protein Alergy), ditandai dengan timbul bercak merah di kulit. Pada bayi yang sensitif reaksi alergi bisa berupa timbul bercak merah diseluruh tubuh dan kepala, sesak napas, mata berair dan batuk. Yang terakhir adalah alergi karena lemak susu sapi, biasanya terlihat pada kotoran si kecil yang menjadi berlendir atau berminyak setelah minum susu.

Susu soya merupakan alternatif yang cukup baik jika si kecil tidak suka dengan susu HA. Beberapa merk susu soya sudah dilengkapi dengan zat gizi tertentu sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu.

Semoga dapat membantu




Kamis, 20-11-2008 17:52:44 oleh: Danu pradopo

tante, aku juga mikir soal asi, istriku kerja, ni hampir habis cutinya, so sudah saatnya aku harus menentukan susu formula yang cocok, dari iklannya semua bagus, sesuai judulnya, tolong dong saran susu formula yang harganya cocok dikantong and cocok dianak. maturnuwun



Selasa, 10-03-2009 15:36:55 oleh: wahyoe

aku juga punya pengalaman ne..
ngomong2 tentang susu formula, aku juga pake coz istriku kan wanita karir yang masa cutinya tar lagi abiz, ditambah pula klo cuman pake asi babyku masih kurang..mimiknya banyak..
solusinya gimana lagi klo ga pake susu formula..sekalian pake yang bagus..kan buat anak juga.. thanks ya.




Selasa, 10-03-2009 17:22:50 oleh: Sandhy ED

@Wahyoe
Kalau istri bekerja, tetap bisa kok memberi ASI eksklusif untuk anak.
Siapkan alat pemerah susu (sekarang banyak dijual, ada yang elektrik, ada yang manual). Perah susu dengan interval waktu tertentu, simpan di lemari pendingin.

Saat akan diberikan keluarkan dari lemari pendingin sampai suhu susu sama dengan suhu kamar.

Temenku sudah mempraktekkan jadi'ibu perah'(tips-tips memberi ASI ekslusif banyak kok..., bahkan ada milis khusus tentang menyusui ini...), hasilnya sekarang dia kelebihan stok ASI, sampai2 menawarkan stok ASI nya di milis...

Coba dulu deh gak usah pake susu formula. ASI tetap terbaik untuk bayi dan teraman untuk kantong... :)




Rabu, 11-03-2009 16:38:56 oleh: Adrianae

pengembangan susu formula sudah lama, pasti ada sesuatu yang ditemukan (yang bermanfaat). Dan pasti tidak semua susu itu sama kualitasnya, dan juga manfaatnya.

Adriane,
(yang sedang mencari susu formula terbaik, karena ASI tidak cukup)




Selasa, 09-06-2009 09:26:21 oleh: Ita Marthawati

trims artikelnya mb Shandy.... saya sepakat kalau ASI is the best.... tapi yang jadi persoalan adalah tidak semua ibu bisa memberikan asi eksklusif, terutama ibu yang bekerja, dan tempat kerjanya jauh dari rumah sehingga harus memisahkan ibu dan anak dalam kurun waktu lebih dari 8 jam. Selama itu tentunya si Bayi harus diberi susu formula sementara. so.... persoalannya adalah susu apa yang paling sesuai, dilihat dari kandungan vitamin dan tentu harganya hehehe..... trims........



Senin, 15-06-2009 10:48:07 oleh: Istiningsih S

bila ASI ga bisa keluar or ga lancar bisa kok diatasi dgn cara mengkonsumsi susu khusus ibu menyusui dan makan sayuran seperti kacang2an, daun katuk dll yang bisa menambah kualitas ASI kita seperti yang saya baca diartikel2.....dulu waktu anakku 2 bl(sekarang 5 bulan), ASI-ku sempat keluar dikit n saya caba utk mengkonsumsi seperti yang saya tulis diatas....alhamdulillah sampai sekarang dia tetap masih menyusu n yang penting kepercayaan ibu dlm menyusui bayinya tetap tinggi. Selamat mencoba ibu2 semua......



Sabtu, 29-08-2009 21:17:46 oleh: nurina

persalinan ank kdua caesar,hari ketiga aku nyusui bayiku,anakku lgsng muntah2.sampe ankku umur 2 bln ankku tetap mendapatkn asi dengan keadaan shbs mnm 5 mnt kmdn muntah.sdh dkonsltskn dgn dokter ktnya posisi nyusui,akhrnya aku kasian dgn bayiku,aku ptskn tdk mnyusui asi dgn beralih kesusu formula,alhamdulillah sampai skrg ankku sdh berumur 8 bln sdh tdk muntah lg.dan aku tdk tahu knp anakku muntah minum asi.mgkn ibu2 punya pengalaman yg sama boleh sharing yah...



Kamis, 03-09-2009 15:02:03 oleh: Titin Simanjuntak

Anakku juga awalnya minum ASI tetapi tidak cukup, ahirnya kita tambah dgn Formula dan kita kasilah susu impor yg harganya selangit krn kita pikir paling baik...tp setelah beberapa waktu dokter anakku menyarankan untuk diganti dgn susu formula buatan Indonesia karena katanya susu yg terlalu banyak mengandung berbagai macam vitamin bisa menyebabkan anak hiperaktif, jd anakku sekarang minum susu produksi Indonesia yang harganya jauh lebih murah....



Kamis, 22-10-2009 20:35:51 oleh: allys

ASI mmg tdk menggemukkan bayi krn kandungan lemaknya rendah,ini sejauh sy tau lo ya.Lagian heran deh koq byk ortu yg pingin anaknya gemuk??????Aneh bin ajaib!Gemuk kan nga bgs.Kta yg tua2 aja klo gemuk pst diet mati2 an tuh spy langsing,sehat&enak dipandang mata.Bukankah tll gemuk mlh rentan penyakit???Btw,sy ibu 2 anak,yg sulung 3 thn,yg kecil 4 bln..Dua2nya Puji Tuhan ASI ekslusif.Smg si dede bs lulus asi eks 6 bln ya..mmg badannya kecil tp amat sehat,sgt jrg sakit&gesit..Jd jgn terpengaruh liat iklan sufor,hoax!!skrg si sulung mnm susu uht+milo.salam..



Senin, 07-12-2009 14:18:47 oleh: IKA

saya juga melahirkan anak I dengan sesar.dan produksi asi juga sedikit cm smp 4 bln saja.DSA anak saya mengatakan bahwa anak saya alergi terhadap protein susu sapi.DSAnya menyarankan saya untuk mnggunakan susu HA atau SOYA.dan perkembangan anak saya lebih cepat dibanding dgn anak2 seusianya.berat badannya juga normal,malah anaknya terlihat lebih aktif dibanding anak2 seusianya.



Senin, 08-03-2010 12:13:54 oleh: wiwin budiarti

thx mb shandy atas penulisan artikelny...,ASI ttp y tbaik bt bayi qt, tp dg catatan si ibu menyusui jg mkonsumsi makanan dg gizi y tercukupi(NB : g hrs makanan mahal) shg si bayi jg ikt mdptkn asupan gizi y baik, mslhny kl gizi si ibu tdk tcukupi kn kasian bayiny, jd plu jg tambahan susu formula y sesuai, kl mnrt pglm sy ASI cm kluar 4 bln aj & hrs dganti susu formula mg2 aj sikembar tumbuh sehat & cerdas.....



Senin, 08-03-2010 13:54:09 oleh: Sandhy.ED

Temen2, keputusan memberikan ASI eksklusif benar2 'eksklusif' hak dari para ibu. Saya yakin semua Ibu akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Kalau memang dirasakan ASI 'tidak cukup' dan membutuhkan susu formula, itu juga sepenuhnya hak Ibu untuk memutuskan. Hanya saja sebagai konsumen, kita jangan sampai termakan bujuk rayu iklan (yang banyaaakkk menyesatkan). Pilihlah sesuatu yang memang dibutuhkan dan bukan 'dibutuh butuhkan' karena termakan iklan...

So wikimuers.., mari kita jadi konsumen bijak yang tahu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita dan keluarga kita konsumsi... :)




Minggu, 14-03-2010 13:50:36 oleh: dianti

mbak shandy. Saya sukses kasi asi dan anak saya dah 11 bulan. Dsa saya bilang anak saya anemia. Anak saya memang susah makan. Dsa suruh anak saya dikasi sufor yg suplemen makanan dan ditambah suplemen zat besi. Apakah itu perlu? Apakah lebih baik saya saja yg minum suplemen zat besi?



Senin, 15-03-2010 09:05:39 oleh: Sandhy.ED

Mbak Dianti, kalau Mbak yang minum suplemen zat besi artinya zat besi itu akan dimetabolisme dalam tubuh Mbak, untuk itu coba cek dulu apakah kadar besi dalam darah nya Mbak Dianti sudah normal, atau memang memerlukan penambahan zat besi.

Jadi mungkin sebaiknya memang si adek yang di terapi pake suplemen zat besi..., gimana kalau selain suplemen, asupan makanan si adek juga kita berikan yang banyak mengandung zat besi, seperti daging, ikan dan sayur2 berwarna hijau.

Moga anemia adek dapat cepat diatasi ya....




Senin, 29-03-2010 15:57:51 oleh: ayu

temans.........
berbahagialah yang bisa menyusui anaknya,

aku seorang ibu yang semenjak melahirkan(CAECAR) tidak bisa menyusui anak karena bentuk puting yang tidak menunjang untuk memberikan susu. YA DIPAKSA DONK!!!!pasti ada komentar spt itu, SUDAH!!! saya sudah menyusukan sebisanya hampir selama 1 bulan, hasilnya lecet, ASI nihil, dan anak rewel terus.ibu mana yang tega melihat kondisi ini. anakku pun semakin bingung puting.
sedihnya jika selalu ada orang mengkomentari yang selalu menyudutkan susu formula, padahal untuk saya SUFOR adalah pahlawan saya.

usaha yang lain???sudah, dari jamu, vitamin, alat sedot laktasi, pijat, sayur, kacang2an, obat2 yang lain.....usaha apa lagi yang harus dilakukan??

salahkah mencari2 info tentang SUFOR yang baik?mencari info ttg ARA, DHA, dll??adakah artikel yang bisa membantu untuk ibu seprti saya??


sedihnya jika terkadang kondisi ini disudutkan kenapa tidak mau memberikan ASI kepada anakknya.........

salam




Selasa, 11-05-2010 09:55:38 oleh: mamanadin

emang bener banget... `ASI` emang butuh niat & perjuangan yg hebat. aq punya 3 anak, yg 1 `n 2 cuma bisa dapet ASI kurang dr 1 th, tp unt yg ke 3.., emang udah qu niatin banget, hrs dapet ASI maksimal... walaupun penuh perjuangan..,( luka `n berdarah..,) sakit luar biasa...
sebetulnya pengaruh banget gak sih antara susu forml lokal sm yg import.. (murah/mahalnya)..?
dibedakan dr kandungan gizinya ato ongkos kirimnya...???




Selasa, 11-05-2010 15:29:12 oleh: Sandhy.ED

@Mbak Ayu dan Mama Nadin: Mbak jangan sedih karena tidak bisa memberikan ASI kepada anaknya. Kalau memang tidak bisa menyusui, ya memang harus pake susu formula bayi.
Tapi sebelum meberikan susu formula, carilah informasi sebanyak mungkin agar kita dapat menentukan susu formula yang terbaik untuk anak kita. Jangan terpengaruh oleh iklan, yang kadang2 tidak masuk akal. Pilihlan susu formula dengan kandungan yang memang diperlukan .., dan apabila telah 1 tahun lebih, anak bisa diberikan susu murni atau susu pasteurisasi.., tidak perlu susu formula dengan penambahan macam2 zat, karena zat2 tersebut bisa didapatkan dari makanan dengan gizi seimbang.
Jadi yang perlu kita perhatikan adalah asupan gizi dari makanan yang di konsumsi anak kita. Susu hanya pelengkap, bukan yang utama. Jadi jangan merasa kalau sudah diberi susu, maka tidak perlu makanan yang lainnya.
Sukses ya Mbak mbak.., semoga anak2 kita selalu sehat ya... :)




Senin, 17-05-2010 00:40:34 oleh: tuti sabaridah

ibu-ibu menurut saya memang benar bahwa asi adalah nutrisi yang paling tepat untuk anak2 karena sangat bagus untuk semuA kepentingan poertumbuhan dan perkembangan otak anak!tetapi bu mengenai DHA/ARA,AA/LA MERUPAKAN GOLONGAN LEMAK ESSENSIAL YANG BAIK UNTUK MENERUSKAN JALANAN RANSANGAN ANTARA SEL OTAK 1 DENGAN YANG LAIN.TETAPI HHARUS SEIMBANG ANTARA DHA DAN AA 1:1 ATAU 1:2 BU,AGAR KERJANYA SINERGIS.SELAIN TU JUGA DI PERLUKAN NUTRISI UNTUK PENCERNAANNYA.KARENA JIKA PENCERNAAN DEDE BAGUS PASTINYA NUTRISI YANG ANAK KITA KONSUMSI AKAN TERSERAP DENGAN BAIK IBU! DAN ANAK KITA AKAN CEPAT



Selasa, 01-06-2010 11:17:34 oleh: Mama_Aisy

Saya cuman mau ngomentari tentang hubungan ASI dengan proses kelahiran normal dan caesar. Maaf saya ga setuju pendapatnya pak Eryawan. Pengalaman saya, melahirkan caesar, ASI saya tetap lancar dan banyak. Selama cuti anak saya selalu saya berikan ASI. Setelah masuk kerja, Aisy minum sufor selama jam kerja, setelah itu dia minum ASI sama saya. TAPI, akhirnya Aisy berhenti minum ASI setelah usia 10 bulan. Dan itu pun bukan karena ASI saya yang tidak lancar, tapi karena saya tinggalkan 1 minggu tugas ke Jakarta.Saya sempat memaksakan, dan akhirnya dia mau walaupun di malam hari saja (mungkin karena ngantuk).TAPI, sebulan kemudian lagi2 saya tugas ke Jakarta 4 hari. Akhirnya, sepulang dari Jakarta sampe sekarang Aisy udah ga pernah minum ASI lagi.



Selasa, 15-06-2010 12:46:30 oleh: bundae danish

saya melahirkan anak pertama alhamdulilah dgn normal,tp yang membuat saya sangat sedih yaitu tidak bs memberikan asi pada anak saya,hanya 1 bln itupun hanya sedikit krn asinya nda kluar,akhirnya sufor lah yang menjadi pahlawan saya n G da mslh.tp skrg stlh anak saya berumur 4 bln mnumnya agak susah,saya jd kawatir,Knapa ya?



Kamis, 24-06-2010 13:47:03 oleh: mama lala

saya baru melahirkan lewat operasi cesar 3 minggu yg lalu,terlanjur kombinasi asi dan sufor.untungnya si de2 ga bingung puting tapi baru bs kenyang dgn sufor.kalo saya mau banting setir ke asi eksklusif lg ,kira2 bs g y?saya kasi sufor 60cc,tiap 2 jam,dan asi 2x sehari,,brat bdn bayi 4 kg



Jumat, 25-06-2010 09:02:01 oleh: Sandhy.ED

@Mama Lala: kalau memungkinkan kasih ASI aja tanpa sufor.., atau kurangi sufor sedikit demi sedikit...



Senin, 05-07-2010 18:04:01 oleh: mama larasati

@mama lala : berbagai pengalaman saja,
saya melahirkan melalui operasi caesar. anak saya doyan tidur n susah minum susu, shg kuning. Apalagi kondisi asi saya yang sedikit, sehingga terpaksa memakai sufor. kemudian saya cemaksa diri makan makanan yang saya "SANGAT TIDAK SUKA" seperti daun pepaya pahit, sayur2an, cemilan kacang, dll sehingga produksi asi saya perlahan bertambah. dari awalnya tergantung sufor, Alhamdulillah sekarang anak saya cuma minum sufor dua hari sekali 30 - 60cc. Semoga saya bisa benar2 menghilangkan sufornya dan berganti asi eksklusif. memang berat karena harus terus2an makan semua yang bisa memperlancar asi, suka ato tidak, tapi, ... mari kita sama-sama berjuang...




Senin, 27-12-2010 17:06:57 oleh: banu

Banu ,Ayah Zahra :anak saya sangat kuat mimi susunya sampai asi ibunya habis dia masih nangis aja minta mimi susu padahal usianya baru 20 hari,kalaw saya kasih tambahan sufor bagaimana ya??
apakah nanti akan menjadi ketergantungan pada anak sehingga tidak mau lagi konsumsi ASI.
tolong komentearnya agar saya bisa kasih masukan pada istri saya.trims.....




Selasa, 22-03-2011 11:15:56 oleh: feranita

saya juga mengalami masalah dengan ASI, hanya 2 minggu ASI keluar trus habis, itupun asinya sangat cair seperti air. padahal udah minum macam-macam obat, malah udah berobat alternatif segala. namun tetap saja ASI tak mau lancar. akhirnya ya terpaksa susu formula. cuma saya merasa banyak pernyataan yg seolah-olah memojokkan ibu-ibu yg tidak dapat memberikan ASI kepada bayinya. saya sadari bahwa ASI paling baik, tapi kalau tak bisa memberikan ASI gimana dong, kan terpaksa tu susu formula. jadi kira-kira gimana tu mbak, kalau ada pernyataan yang memojokkan kita kan jadi sedih.



Rabu, 06-04-2011 16:12:24 oleh: Theresia

Waah yg nulis artikel blm expert... buktinya keponakan2ku walau 1 ibu 1 ayah, anak no 1 dan no 3 diberi minum sufor mahal hasilnya cerdas dan sehat. anak no 2 diminumi sufor plg murah sakit2 an dan bodoh (belajar baca bareng adiknya gak bisa2, pdhl adiknya udah lancar membaca). ke3nya sama2 mendpt ASI eksklusif selama 6 bln. Anakku minum ASI 2bln, gara2 abis imunisasi tiba2 ngambek gakmau minum ASI walau dipaksa, seterusnya terpaksa diberi SUFOR TERMAHAL, buktinya mulai lahir sampe skrg usia 5thn blm pernah sakit. Anaknya cerdas & lincah duduk di bangku sekolah international juara pararel



Jumat, 06-05-2011 00:03:18 oleh: Debby

Benar bu Theresia, saya setuju krn tetangga saya begitu juga anak no 1 mau digugurkan (lantaran hamil diluar nikah) kmdn oleh neneknya diminumi sufor mahal kok sehat2 aja dan cerdas. yg no 2 diminumi sufor murah kok otaknya lemot... pdhl saya tau kedua ortunya pinter2 krn mereka teman sekolah saya. Tapi kalo cerita kita diposting, byk dihapusnya.. krn byk pihak gak setuju pdhl beneran loh



Minggu, 15-01-2012 00:48:58 oleh: ellen

saya tetap menyusui smp saat ini. anak saya sdh berumur 1th lebih 3 mgg. saya memberi asi eklusif selama 11,5 bulan smp sayaharus menambahkan nya dengan susu formula. sebenarnya saya bingung dengan peryataan 3Dr anak. 2Dr anak mengatakan kl anak saya harus disapih, karena anak saya dianggap berberat badan kurang dibanding anak sebayanya< tapi asi saya sangat banyak smp" saya sering simpen di kulkas freezer buat kelebihan stock formula. tapi ada 1 Dr yang mengatakan selama asi saya cukup, anak saya tidak memerlukan formula, krn susu terbaik adl asi itu sendiri.
jadi bingung yah...!!! skrg saya bingung ganti" nyari susu formula yg anak saya suka. krn anak saya sangat menyukai minum asi saya, dan sering menolak mengkonsumsi susu formula, kec saat tidur. gimana ya??? saya jd bingung, mana yang bener? tolong dong bantu annya, thxxx




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY