Iin Solihin

Misteri Kamar 308

Senin, 21-01-2008 16:27:16 oleh: Iin Solihin
Kanal: Wisata

Misteri Kamar 308

Pernah ke Pelabuhan Ratu? Jika belum cobalah menginap di Ina Samudera (dahulu Samudera Beach Hotel) atau sekedar mampir? Pemandangannya cukup bagus, menghadap langsung ke pantai, seperti layaknya hotel-hotel di bibir pantai di Pulau Dewata.

Tapi yang paling unik dari hotel yang digagas oleh Bung Karno ini adalah kehadiran kamar 308. Kamar istimewa ini dipercaya sebagai tempat Nyi Roro Kidul. Setiap orang yang hendak masuk ke kamar ini mesti mengucapkan salam atau apapun menurut kepercayaan masing-masing.

Nuansa magis sangat terasa manakala masuk ke kamar yang dipercaya memiliki pesona magis dari sang ratu penguasa pantai selatan. Nuansa hijau menyergap setiap dinding dan karpet. Bahkan keramik lantai. Bunga sedap malam asli, dan wewangian lainnya menusuk hidung seperti masuk kamar pertapaan.

Ya, tidak salah memang. Kamar 308 di hotel yang dibangun pada 1962 ini bagi sebagian orang yang percaya akan pesona dan keberadaan Nyi Roro Kidul kerap dijadikan tempat semedi. Pada hari-hari tertentu, seperti malam satu syura (Tahun Baru Hijriah) atau malam keramat lainnya, kamar 308 boleh dikatakan full book.

Tidak untuk menginap (memang tidak disewakan untuk menginap), melainkan untuk sekedar bersemedi. Setiap tamu diperkenankan memanjatkan doa dan lain-lain paling lama 1 jam. Tarifnya adalah Rp 125 ribu. Tetapi jika tamu tersebut menginap di hotel maka tidak dipungut biaya.

Keberadaan kamar 308 sangat menyolok. Dari depan tampak dua buah bangunan mirip janur dengan payung kecil kehijauan. Sementara balkon yang menghadap pantai tampak jelas dari kolam renang dengan kahadiran sejenis kanopi, juga nuansa hijau. Warna ini dipercaya merupakan warna favorit Nyi Roro Kidul.

Di dalam kamar tampak lukisan potret wanita cantik yang diyakini sebagai gambaran ratu penguasa pantai selatan hasil karya Basuki Abdullah. Banyaknya barang dan pernak-pernik menunjukkan betapa banyak tamu yang pernah berkunjung ke kamar berbau mistis ini.

Penasaran? Cobalah sekali waktu berlibur di pantai selatan Sukabumi ini. Jaraknya tak jauh dari Jakarta. Suguhan pantai dengan debur ombak memecah karang dan pasir keabu-abuan. Sambil berenang tamu bisa menatap kamar 308 yang penuh misteri, atau memandang laut lepas di saat matahari tenggelam di horizon barat. (*)

 

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, pelabuhan ratu, kamar 308, nyi roro kidul
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
46 komentar pada warta ini
Senin, 21-01-2008 19:35:40 oleh: aloysius weha

Kalau dilelang, lukisan Basuki Abdullah itu kira-kira seharga berapa ya?

Saya sendiri lom pernah liat, dan mungkin tidak terlalu tergerak untuk melihatnya.




Senin, 21-01-2008 20:32:25 oleh: Vinnie Vincent

Sewaktu ada pemburu hantu di Lativi, kata mereka sih yang tinggal di situ bukan Nyi Roro Kidul, tapi jin yang memanfaatkan semua persembahan dan kepercayaan itu. Kebenarannya sih entah deh, yang penting nggak membawa kabar atau gosip buruk di masyarakat.



Selasa, 22-01-2008 04:14:27 oleh: elonk276

mau tanya kenapa kmr#308, bukannya 666 or 265 or 111 or....dst dll???



Selasa, 22-01-2008 08:34:23 oleh: wulan noviyanti

Saya pernah ke Pelabuhan Ratu, tapi bukan untuk ke kamar 308 melainkan ke pantainya sekedar jalan-jalan saja....suara ombak nya pada malam hari sangat menakutkan sampai bulu kuduk merinding....Waullahuallam....semuanya kita serahkan kepada sang pencipta....



Kamis, 24-01-2008 22:39:14 oleh: Muhammad Affip

Saya pikir ini adalah salah satu bentuk kreatifitas bangsa ini dalam bisnis.



Jumat, 25-01-2008 14:39:39 oleh: larash

eh eh...
emang nyi roro kidul itu istrinya bung karno??




Jumat, 25-01-2008 14:57:32 oleh: khailla

pastinya emang jin yg ada dikamar itu



Rabu, 30-01-2008 14:15:14 oleh: nina

buat tempat pelaris kali ... trus nyimpen apa gitu di 308 supaya hotelnya laris... siapa sangkakan..



Jumat, 15-02-2008 11:21:32 oleh: arasty ayunig tyas

ya mungkin semua ttg mitos itu benar,tp kita hrs ttp yakin akan KEESAAN ALLAH SWT



Jumat, 02-05-2008 14:52:18 oleh: rahman

Coba baca deh, artikel di google tentang samudra beach (nyi roro kidul). Kamar itu dibuat atas pesanan soekarno. Kalo buat penglaris gak gitu kaleeeee.......
Datang dulu ke sana, baru buktiinnn.
1 bulan sekali pasti gue kesana.




Jumat, 02-05-2008 14:54:59 oleh: dwi_ncu

Akhir bulan ini sekeluarga mau liburan ke Pelabuhanratu, setiap ke pelabuhan pasti menginap di Samudra Beach Hotel. Pemandangannya lumayan, depan pantai, belakang hutan. tengah2nya ada kamar 308. Pokoknya coba aja deh kesana. Sekedar info : telepon reservasinya 0266 431200.....



Senin, 23-06-2008 15:20:55 oleh: naomi

jadi pengen ketemu nyi roro kidul

emang beneran ada ya mitos nyi roro kidul ???
klo blom ktmu ama nyai lgsng ,, ghu gak bakaln prcaya




Selasa, 12-08-2008 19:28:16 oleh: hasta dita mahardhika

aku sangat kagum dengan kecantikan nyai roro kidul...




Kamis, 18-09-2008 16:10:07 oleh: rizki

saya suka dan kagum dngan kecantikannya n saya percaya dengan adanya dia di pantai laut selatan... saya ingin kmbli bertmu dia IBU RATU KIDUL...



Kamis, 16-10-2008 10:03:51 oleh: octavia

aku seneng banget dengan sosok dr kanjeng eyang ratu kidul.
dr dulu hingga sekarang namanya selalu di kenal bahkan dikenang kisahnya.
siapa sech yg g kenal dengan satu sosok yg sangat fenomenal ni.
mau percaya p g tu tergantung hak dan keyakinan hati masing2 jiwa jg pribadi seseorang itu sendiri




Kamis, 16-10-2008 14:32:39 oleh: Rizal

Kamar itu emang nyaman buat merenung sambil dengerin deburan ombak pantai pelabuhanratu apalagi pas tengah malam hehehe asal jangan buat minta macem2 aja minta saya Allah SWT aja.



Jumat, 31-10-2008 21:23:07 oleh: rozi

yang punya penyalaman ttng bunda ratu.tolong email saya..gcupluk@yahoo.co.id. saya ingin berbagi pengalaman ttng bunda ratu



Rabu, 19-11-2008 19:43:47 oleh: aril

saya pegawai ina beach hotel memang benar kamar 308 adalah kamar yang sering di pakai istirahat ibu ratu



Selasa, 25-11-2008 01:49:16 oleh: DNOYZ

kagum tapi klo lom ketemu lom puas



Selasa, 25-11-2008 01:51:26 oleh: RENGGA

kagum banget ma sosok nya dya tapi klo klm liat sendiri lom puas jg........



Minggu, 30-11-2008 16:54:32 oleh: dini

yang saya tahu nyi roro kidul makhluk yang beriman kepada tuhan dan beliau memang benar-benar ada...!!! percayalah...............kepada TUHAN..



Senin, 08-12-2008 03:28:57 oleh: metri hermawan

saya percaya dengan sosok nyi roro kidul,,tapi apa nyi roro kidul menyembah allah yah...????



Selasa, 23-12-2008 14:16:04 oleh: intan lestari

duh jadi pengeen liat ney gimana shhe sosok kanjeng ratu kidul tu...baik or nga ya ?
btw ada yang tau ga berapa lama she waktu dari bogor ke sukabumi kalo naik kereta api.?
trus udah nyampe distasiun naek anggkot apa yang jurusan pelabuan ratu>>?
yang tau tlong kirim ke
email Lestarii77@yahoo.co.id
ok




Kamis, 19-03-2009 16:55:50 oleh: fifi damaynti

jujur aQ tertarik dng cerita nyi roro kidul, believe or not seh...cm aku kagum aja dengan kecantikanx..walopun hanya d lukisan...sambil ngebayangin sedangkan lukisanx cantik apalagi aslinya yah..?? trus wat pelukisnya jg hebattttt....!!!!



Jumat, 20-03-2009 16:02:57 oleh: Ria Septian

dari kecil emang gw dh dgr ttg legenda Nyi Roro Kidul ini, n gw percaya kl legenda ini mungkin ada bnrnya..krn g mngkn legenda fenomenal ini abadi sampai skrg, ada asap pasti ada apinya kan..bahkan blh diblg gw amat tertarik dgn cerita mengenai Nyi Roro Kidul ini, kl ngebahas soal NRK kyknya g ada abis2nya..
tp kl unt nyembah n taqwa ttp sama ALLAH SWT dunk..




Selasa, 31-03-2009 08:21:19 oleh: indra baskoro diharjono

q percaya degn cerita mistik di hotel ini yang berbau legenda nyi roro kidul.namun ada yang membuat hati q sedih karena ada pendapat yang mengatakan bahwa sosok nyi roro kidul jahat,karena dia sering membuat onar di sekitar pelabuhan ratu.dan yang baik itu adalah penguasa pantai selatan.benar kah itu?..................



Selasa, 12-05-2009 11:09:18 oleh: indra

lumayan bagus ceritanya,,,saya sih biasa az sualnya saya orang orang sukabumi asli....walaupun saya belum pernah sama sekali masuk ke kamar itu,,,,,,,,yaaaaaaa hanya sekedar singgah mah itu lain lagi heheheh.........




Kamis, 14-05-2009 13:49:42 oleh: zacky

gini low,kalau ada dipikiranku???
nyi roro kidul itu memang ada dikamar 308,tapi waktu semasa bung karno masih hidup dan masih menjadi raja dinegara kita ini....
karna bung karno sering sekali berdialog bersama nyi roro kidul dan juga besemedi....
aku tau memang ciptaan tuhan itu sangat menyenangkan,bung karno pun dilahirkan dengan pikiran yg jeniuz dan orang yg sangat bijak,aku senang walaupun aku ga penah nemuin dia cuma liat fotonya dia aja!!
aku tau bung karno dr kakek dan orang orang2 yg sudah tua yg pernah tau bung karno....
aku masih kecil dan umurku masih 18 tahun,tapi aku suka cerita mistis nyi roro kidul dan bung karno!!!
aku ga tau apa masih ada nyi roro kidul dikamar 308 itu???
kalau kita emang percaya dan bermaksut yg baik,mungkin kita akan ditemui oleh nyi roro kidul...^_^
filingku!!!!




Selasa, 26-05-2009 15:58:59 oleh: rahman

Saya minggu kemarin menginap di Samudra Beach Hotel. Tidur di kamar 309 dekat kamar 308. ada suasana mistik ketika menginap di dekat kamar tersebut.




Sabtu, 06-06-2009 18:49:04 oleh: domi nono

Nyi roro kidul itu adalah nama jawa. Versi lain mengatakan dia bukang berasal dari Jawa tapi berasal dari Danau Toba sumater Utara, Di sana orang memanggilnya Nam Boru. Dalam masa penjajahan Belanda Namboru dibawa paksa ke Jawa dan diperlakukan dengan agak kasar. Itulah yang kami dengar yang terakhir. Bahwa dia memiliki kemampuan untuk berbuat sesuatu itu benar, dan itulah kehebatan Tuhan Allah.



Jumat, 11-09-2009 17:12:12 oleh: ayu indraloka

saya kagum dengan kecantikannya ibunda ratu pantai selatan dan dengan mistiknya saya percaya itu memang ada dalam dunia gaib.



Jumat, 09-10-2009 16:05:25 oleh: Reza

Smua it mmang ad, kanjeng ratu nyi roro kidul it ad coz beliau jg trmsuk mhkluk halus, beliau jg mnymbah allah krna beliau jg muslim, sy prcya coz swaktu2 beliau bs msuk k dlm raga sy, sy blm bs mnggil sndri, tp hrus ad orng pnter yg mnggil.., klw mw tw rupa beliau, beliau pnya wajah yg sngat2 cntik, d dunia ini ga ad yg bs ngalahin kcntikan ny, dngn mahkota d kpala ny, beliau slalu mmgang selendang, jg dayang2 ny yg selalu ad d belakang ny, beserta ribuan pasukan ny.



Jumat, 09-10-2009 16:23:40 oleh: Reza

Hnya orng orng yg pnya ilmu yg tnggi n orng yg pnya kelebihan yg pnya iman kuat yg bs melihat beliau, prnah ad orng pnter yg msih ttangga sy mw liat wktu beliau ad d raga sy, wktu sy tnya gmn sosok ny, dy hnya mnyebut astagfirullah smbil geleng2 kpala smbil nutupin mtany, sy c brharap ap yg dy lihat dng mta btin dy sma dngan ap yg sy rasakan n liat dngn mta btin sy, ttapi dy blang dy ga bs liat krna ad cahaya yg mnyilaukan yg mbuat dy ngcap astagfirullah smbi mnutup mta ny..



Minggu, 13-12-2009 12:58:41 oleh: nilam adelia

semua legenda itu menurutku nyata tapi bagi orang yang nggak percaya sama yang kaya gt lebih baik menghormati dari pada mencela!



Minggu, 03-01-2010 07:37:55 oleh: marlina

segala puji bagi Allah ,saya paercaya Ibunda ada,karena banyakkan kejadian yang hilang di laut selatan lalu di ketemukan ketika membawa paranomal,tapi kita harus hormati segala bentuk apapun dimanapun kita berada karena makhluk halus memang ada NyataNya dan saya berharap Ibunda Loro selalu bahagia di singgasanaNya dan semoga saya dpt bermimpi Ibunda ,amien



Senin, 22-03-2010 20:25:21 oleh: nova purnama

saya percaya bhw nyi loro kidul ith ada, seperti cerita teman saya bhw teman ayah.a terseret gelombang air yg menyebab kan teman ayah.a itu hilang, dan kta.a itu ada hubungan.a dgn dunia lain, tphe saya tdk bsa membenar kan berita itu!!!!



Selasa, 27-04-2010 19:58:51 oleh: noveka dewantari

bagus2 sekaliceritanya menarik........



Kamis, 06-05-2010 12:20:51 oleh: SINTA ASMARA

saya masih penasaran tentang mitos ratu laut selatan itu mengapa kami tidak boleh memakai baju hijau



Minggu, 01-08-2010 08:24:05 oleh: mels

Musrik!
Tidak ada dalam syariat dan sunnah Rasul utk berdoa menggunakan tempat2 seperti itu, apalagi tempat yg banyak Jin2 nya seperti Kamar 308 di Hotel Samudra Beach

Termasuk Bid'ah besar dan cendrung ke syrik. Ketahuilah sesungguhnya para syaitan itu pintar sekali menipu

Lebih baik ikuti Sunnah Rasul yg jelas di quran dan Hadist

Dosa Sirik tidak bisa diampuni, dan kelak diakhirat mereka tidak akan dihisab amal ibadah nya dan langsung masuk neraka.

Semoga Allah menuntun kalian ke jalan yg lurus

Wassalam




Sabtu, 06-11-2010 13:30:12 oleh: triheni

kalau saya sih,,kurang percaya dgn mitos gitu,,karena saya sendiri belum pernah tengok sendiri,,,heheheh,,gaq mau ah,,takut,,tapi kita kena percaya wujudnya mahluk halus atau bunian di dunia ini,,karena org bunian itu mmg sudah di ciptakan oleh Allah swt,,jadi apakah nyi roro kidul itu termasuk org bunian,,???



Jumat, 07-01-2011 15:16:41 oleh: phia

hemm,
Percaya....???
Maybe yes, Maybe no ..
klu blom liad ndri ...




Sabtu, 05-03-2011 08:27:34 oleh: Bakiy Hiwa

ih , syirik ah... bitchy sama si nyai>>
coba lhat artikel di http://lubang-kecil.blogspot.com/2011/03/nyai-roro-kidul-adalah-kreasi-raja-jawa.html bodoh bnget yg pcya .. sya jawa lo..




Minggu, 15-05-2011 23:39:24 oleh: yudi

hal gaib tetap ada krn hal tsb adl termasuk rukun iman,, menurutku nyi ratu kidul atau apa pun sebutan namanya dia adl termasuk golongan jin ( bukan golongan manusia krn sudah mati ).. tapi apakah dia jin yg kafir atau jin muslim ?



Kamis, 04-04-2013 10:07:54 oleh: emil trisyana trendy

Saya mempercayai ada nya nyi roro kidul ! Dan saya pun begitu terpesona dengan kecantikan nya ! Saya ingin bertemu dengan nya !! Dan ketika saya membutuhkann nya saya merasa ada didekat saya !! Aura nyi roro kidul memang beda dengan yang lain ... Dan saya pun ingin memperkuat terhadap nyi roro kidul !!



Rabu, 05-06-2013 22:48:32 oleh: KinBo

Bismillah
Sy prnh dimimpikan oleh beliau. Dan subhanallah blm prnah ada sosok wanita scantik beliau yg sy liat sblumnya, rmbutnya hitam pnjg,kulitnya putih mngeluarkan chaya, pakai baju jawa wrna hijau. Dan demi allah ini bner sy mimpikan. Dan mgkin byk yg simpangsiur tntg nyai roro kidul & kanjeng ratu kidul, bhwa dr abdi dalem di kraton jogja sy dpt info, nyai roro kidul itu brbeda dgn Kanjeng ratu kidul. Nyai adalah selir yg dianggap org "jahat", dan Kanjeng adlah pnguasa sesungguhnya yg dianggap org "baik".. Itu sdikit pngalaman sy ktika bermimpi dan mnanyakan tntg sosok beliau.. Tp smua apapun itu ttp Allah SWT yg pnya sgalanya.. :)




Sabtu, 07-09-2013 16:35:48 oleh: cut ichwani

wallahu a'lam. cuma Allah yang tau nyi roro kidul ada atau tidak. terkesima membaca komentar dari kawan2 semua.tapi emang kalo di fikir dari mana lah asalnya dia masih hidup. apa mungkin itu jin. ntah lah. pingin ketemu sih. tapi gak mudah juga. karna itu mendekatkan kepada kemusyrikan. cuma Allah yang tahu. dan kembalikan semua kepada Allah.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY