Dony Alfan

Pak Harto, Supersemar, dan Catatan Sejarah Bangsa

Sabtu, 19-01-2008 16:51:04 oleh: Dony Alfan
Kanal: Opini

Pak Harto, Supersemar, dan Catatan Sejarah Bangsa Entah sudah berapa banyak media yang menuliskan tentang kondisi Pak Harto saat ini, dan mengaitkannya dengan berbagai hal. Ada yang memihak, melawan, cover both sides, dan ada yang main aman berdiri di tengah.

Saya tidak ingin membahas kondisi Pak Harto saat ini, lagipula televisi sudah menyiarkannya setiap waktu, lengkap dari berbagai sisi yang coba dikupas, dan terus di-update lebih dari laporan perkembangan pasar modal atau nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. RSPP, Cendana, Kalitan Solo, hingga Astana Giri Bangun terus dipantau oleh jurnalis, mereka tak ingin kehilangan moment, begitu juga khalayak.

Melalui tulisan ini saya mencoba membuka kembali memori kita tentang catatan sejarah Indonesia yang pernah kita dapatkan dari buku SD. Lebih tepatnya saya ingin menggiring anda pada satu ‘perkamen' bernama Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret). Kenapa? Karena dengan adanya Supersemar, situasi politik di Indonesia mengalami perubahan, kekuasaan Bung Karno meredup, dan kekuasaan Jenderal Suharto meningkat. Supersemar dianggap sebagai penyerahan dan perpindahan kekuasaan. Supersemar adalah monumen awal duduknya Jenderal Suharto di kursi kepresidenan, lalu menjadi seorang pemimpin dan penguasa yang cenderung Machiavelli minded -mungkin Pak Harto juga sudah membaca Il Principe yang legendaris itu.

Jika Supersemar memang begitu monumental, di mana keberadaannya sekarang? Jenderal M. Jusuf mengaku memiliki salah satu salinan Supersemar, namun hingga saat meninggalnya, ia tidak mau menunjukkan salinan tersebut kepada publik.

Supersemar memang ditujukan kepada Jenderal Suharto (yang pada saat itu selaku Panglima Angkatan Darat), jadi seharusnya dia mengetahui makna dan keberadaan Supersemar. Lalu kenapa kita tidak bertanya saja kepadanya? Bukankah sungkan bertanya bisa tersesat di tikungan? Padahal ada kejutan di balik tikungan.

Saya sudah mencoba melakukan googling, beberapa artikel saya dapatkan dari berbagai sumber. Artikel-artikel tersebut banyak mengungkapkan kontroversi seputar Supersemar. Hal ini membuat saya makin bingung. Setiap ada kesaksian baru, dibantah dengan kesaksian lain. Saking misteriusnya Supersemar, sehingga membuat surat itu menjadi semacam mitos, mana yang fakta, mana yang kibul, keduanya berbaur dan sama-sama kabur.

Untuk mengetahui beberapa kontroversinya, silakan baca di wikipedia: Beberapa kontroversi tentang Supersemar

Ada sebuah clue lain tentang Supersemar ini, clue itu ada dalam rekaman Pidato Kenegaraan Bung Karno pada Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 1966, kabarnya rekaman ini ditemukan oleh Roy Suryo, berikut ini adalah kutipan dari pidato Bung Karno tersebut:

"Surat Perintah Sebelas Maret itu mula-mula dan memang sejurus waktu, membuat mereka bertampik sorak-sorai kesenangan. Dikiranya SP Sebelas Maret adalah satu penyerahan pemerintahan, dikiranya SP Sebelas Maret itu satu Transfer of Authentic, of Authority, padahal TIDAK. SP Sebelas Maret adalah suatu perintah pengaman, perintah pengamanan jalannya pemerintahan. Demikian kataku waktu melantik kabinet. Kecuali itu, juga perintah pengaman keselamatan pribadi Presiden, perintah pengaman wibawa Presiden, perintah pengamanan ajaran Presiden, perintah pengaman beberapa hal..."

Jika temuan Roy Suryo itu benar-benar otentik dan bisa dipertanggungjawabkan sebagai fakta sejarah, maka seharusnya bisa digunakan untuk ‘sedikit' membuka selubung misteri seputar Supersemar. Sekaligus, ‘sedikit' meluruskan catatan sejarah yang melenceng.

Banyak catatan sejarah bangsa ini yang dibelokkan dan tidak lagi jujur, masyarakat sudah kadung menganggapnya sebagai suatu kebenaran, generasi pasca revolusi adalah generasi yang tumbuh tanpa landasan sejarah pasti. Generasi itu adalah generasi yang meraba-raba mencari kebenaran di tengah kegelapan dan centang-perenang sejarah bangsanya sendiri. Saat kaum nasionalis konservatif sudah mulai menghilang satu per satu, entah bangsa Indonesia akan jadi seperti apa. *sigh...

Bookmark and Share

Tag/Label supersemar, indonesia, suharto, sejarah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Rabu, 06-02-2008 20:35:38 oleh: fuad am

tolong dong beri saya hal-hal tentang Soeharto dan Soekarno mantan presiden presiden Indonesia,soalnya saya mau buat artikel tentang beliau.please...



Minggu, 06-04-2008 11:39:08 oleh: eko septian nugroho

tolong dong!carikan gambar-gambar rumah pak Soeharto dulu,pada waktu dia kecil.please yah!!!aku sangat suka pada pak Harto karena jasanya yang sangat besar besar sekali.



Sabtu, 25-10-2008 20:10:20 oleh: dark magician

pak harto semoga sejahtera di alam barzah



Rabu, 17-12-2008 23:13:00 oleh: ade

bicara suharto memang tidak ada habis-habisnya masa hidup yang penuh kontroversi hingga di akhir hayatnya, saya membahas sukarno dalam website dlam blog saya tentang pengalaman suharto yang pernah ditampar oleh Ahmad Yani dan hampir dipecat oleh nasution lihat di http://catatansejarah.com/wwwcatatansejarahcomcategorythe-story/soeharto-di-antara-yani-dan-nasution/




Senin, 13-04-2009 14:39:13 oleh: Dasman Djamaluddin

Saya pada, Selasa, 25 Maret 2008, menjadi pembicara pada acara "Implikasi Wafatnya Soeharto terhadap Kebenaran Sejarah Supersemar" di Fakultas Hukum Universitas YARSI. Kehadiran saya selaku penulis buku: "Basoeki Rachmat dan Supersemar" (Jakarta: Grasindo, 1998) dan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Sejarah Supersemar. Hadir juga pada saat bersamaan Dr.Anhar Gonggong (Sejarawan), Atmadji Sumarkidjo (Penulis Buku: Jenderal M.Jusuf Panglima para Prajurit) dan Abdul Kadir Besar SH (Sekretaris Umum MPRS, 1966). Permasalahan yang muncul ketika itu adalah bahwa saya masih berpendapat Supersemar yang asli masih perlu ditemukan. Sementara Anhar Gonggong dan Atmadji berpendapat bahwa Supersemar Asli tidak perlu lagi dicari. Ada keheranan saya pada waktu itu, di mana ketika sebelumnya, Anhar Gonggong waktu berdikuskusi di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Univ.Indonesia di mana saya menjadi moderatornya, Anhar Gonggong masih menganggap Surat Asli Supersemar masih perlu dicari. Pertanyaan saya selanjutnya, mengapa seorang ilmuwan bisa berubah pikiran ? Selengkapnya lihat makalah saya "Supersemar, Sumber Sejarah yang Hilang," di http://dasmandj.blogspot.com Terimakasih (Dasman Djamaluddin)



Senin, 13-04-2009 16:32:14 oleh: angkara bimasakti

hal yang meggelitik sebenarnya,
katakan bila sebuah keluarga kehilangan kartu keluarga-nya.
bagaimana bingung nya?
ini negara!!!

simpelnya, wacana pro dan kontra tentang super semar sudah dari dulu kita dengar, tapi tentang keberadaan nya, semua nihil.

saksi kunci yang saat itu coba di konfirmasi oleh pihak arsip nasional adalah M. Yusuf, tapi tak tahu kenapa, intinya antara yang bersangkutan dan pihak arsip nasional tidak menemui titik temu.

padahal, supersemar adalah satu titik dimana segala pelencengan sejarah bermula.

benar kata beliau roy suryo kalau dalam film yang ditemukan bahwa supersemar yang di shoot itu berbeda dari supersemar yang dipelajari selama ini dalam buku2 sejarah.

menurut saya, yang notabene adalah manusia biasa (jadi mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan), supersemar yang disebut2 berbeda dari versi yang selama ini kita ketahui, adalah berisi tentang "batu pertama peletakan kesekuritian nasional indonesia".

dimana kesekuritian itu sendiri berisi 3 hal penting, yaitu:
-aset perbendaharaan negara
-aset non blok, dan
-dana revolusi.

bentuk supersemar yang saya maksud itu warnanya kemerah-merahan seper uang pecahan 100.000, ada juga garis vertikal hologram nya.

itu yang sementara ini bisa saya sampaikan.

sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya, mengenai siapa pemegang supersemar tersebut, dan dari mana saya mendapatkan informasi tersebut, saya siap di konfirmasi,
silahkan email saya di:
angkarabimasakti@gmail.com

atau sebaliknya, jika saya dikatakan orang gila, juga tidak apa apa,

karena waktu yang maha membuktikan.

salam.




Rabu, 22-04-2009 16:33:47 oleh: lissy

gara2 sejarah ini gw jd bingung
UAS mesti ngapain....
tp gara2 sejarah ini gw jd belajar untuk
berpikir kritis....
entah kapan bisa terungkap

kita hanya bisa mengira-ngira dan menebak-nebak.......
anehhhh




Selasa, 05-05-2009 17:12:23 oleh: hest

waduh besok final exam sejarah tentang 3 kontroversi sejarah di Indosesia, salah satunya ya tentang Supersemar.mulai dari 'kronologi', kontroversi yg ada, sampe pendapat pribadi yg saya masih bingung mesti gimana, nah loh....
bingung jg mesti mikir kritis mencari celah dari sejarah yang sengaja dibelokkan...





Jumat, 04-09-2009 14:40:09 oleh: LUTFIA ANJANI

sebenarnya apakah isi supersemar itu?????....



Selasa, 23-02-2010 12:23:54 oleh: dewa

Banyak orang yang penasaran dengan Supersemar, aku sendiri termasuk. Aku ga menyangka akan bertemu dengan orang yg katanya memegang Supersemar itu. Yang jadi pertanyaan sebegitu pentingkan Supersemar?
Toh semua sudah berlalu, era Soeharto juga sudah selesai.
Tapi ternyata memang penting (bukan supersemarnya), karena menurut sumber tsb. Selain Supersemar itu sendiri juga disertai dokumen-dikomen negara lainnya. Dan bila sampai diketahui publik akan terjadi kegegeran besar di republik ini. Tidaklah gampang mengungkap semuanya karena banyak hal hal diluar dugaan publik. Kita tunggu saja orang tsb menyerahkan kepada Negara. Kita mesti bersabar karena deal-dealnya sampai sekarang belum selesai.




Jumat, 12-03-2010 00:03:13 oleh: popo

Ok lah klo bgtu,



Sabtu, 03-04-2010 20:31:36 oleh: Mansur Ali

Percayalah, cepat atau lambat kebenaran itu pasti terungkap. Bersabar saja sambil terus berusaha, kita percayakan pada ahli sejarah untuk mengungkapnya



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY