Dani Ampriyanto

Kesalahan Lagu Anak

Jumat, 18-01-2008 08:32:49 oleh: Dani Ampriyanto
Kanal: Gaya Hidup

Meneruskan artikelnya Mbak Meidy (maaf kemarin kasih komentarnya pake mas :-) ), mengenai lagu Balonku, saya pernah dapat email dari temen tentang beberapa lagu anak populer yang ternyata mengandung kesalahan, mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi anak.

Berikut beberapa kutipan dari lagu-lagu tersebut:

1. "Balonku ada 5... rupa-rupa warnanya... merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru... meletus balon hijau, dorrrr!!!" Perhatikan warna-warna kelima balon tersebut., kenapa tiba-tiba muncul warna hijau? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5!

2. "Aku seorang kapiten... mempunyai pedang panjang...kalo berjalan prok..prok..prok... aku seorang kapiten!" Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi). Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : "mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)... kalo berjalan prok..prok..prok.." Nah, itu baru klop! Jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : "mempunyai pedang panjang... kalo berjalan ndul..gondal..gandul.. atau srek.. srek.. srek.." itu baru sesuai dengan kondisi pedang panjangnya!

3. "Bangun tidur kuterus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi kutolong ibu.. membersihkan tempat tidurku.." Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!

4. "Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali..kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X" Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yang tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju-maju!

5. "Naik kereta api tut..tut..tut.. siapa hendak turut ke Bandung.. Surabaya.. bolehlah naik dengan naik percuma..ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama" Nah, yg begini ini yg parah! Mengajarkan anak- anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. Pantesan PJKA rugi terus! Terutama jalur Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya!

6. "Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul-siul sepanjang hari dengan tak jemu-jemu... mengangguk-angguk sambil bernyanyi tri li li..li..li..li..li.." Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak-anak akan realita yang sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit..cuit..! Kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang, bukan burung!

7. "Pok ame ame.. belalang kupu-kupu... siang makan nasi, kalo malam minum susu.." Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak-anak! Karena yang disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!

8.Waktu gw seminar kesulitan belajar pada anak dikasih contoh lagu nina bobo nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk menurut psikolog: jadi sekian tahun anak-anak Indonesia diajak tidur dgn lagu yang "mengancam"

9.Bintang kecil di langit yang biru...(Bintang khan adanya malem,lah kalo malem bukannya langit item?)

10.Ibu kita Kartini...harum namanya.(Namanya Kartini atau Harum?)

11.Pada hari Minggu..naik delman istimewa kududuk di muka.(Nah,gak sopan khan..)

12.Cangkul-cangkul ,cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita...(kalo mau nanam jagung,ngapain dalam-dalam emang mo bikin sumur?

Ada yang mau menambahkan?...
Bookmark and Share

Tag/Label intermeso, lagu, anak-anak
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
21 komentar pada warta ini
Jumat, 18-01-2008 09:13:44 oleh: Meidy

Horeee.... mas Dani pinterrrrr dehhh duaarrrrrr...





Jumat, 18-01-2008 09:50:33 oleh: Dudung

Sedikit Koreksi:
1. Lagu Balonku Bukannya Hijau Kuning Kelabu Merah Muda dan Biru..jadi bener dong ada warna hijau yg meletus...
2. Lagu Bintang Kecil bukannya Bintang Kecil dilangit yang tinggi..????
3. Pada hari minggu kuturut ayah kekota naek delman istimewa ku duduk diMUKA..MUKA sini maksudnya depan kan..seperti koran2 jg suka menulis Halaman Muka...

Hehehe..kao yg laen emang bener kali yah..




Jumat, 18-01-2008 11:03:30 oleh: rahmah hasjim

Saya seneeeeng banget Dani (bukan Dhani nya Dewa) akhirnya berani nulis lagi. Lucu lagi tulisannya. Hebat euy.. teruslah menulis Oom...(kata shabrina, anak saya). Untung juga saya ga pernah ajarin dia lagu kayak gitu karena saya ibu yg malas hehehe..selama ini saya selalu perdengarkan dia lagu2 klasik ato andrea cocelli ato Hadad alwi gitu. udah gitu sekolahnya (dari TK mpe sekarang) juga ga ngajarin jadinya klop hehehe...



Jumat, 18-01-2008 11:30:21 oleh: anak kecil

emang gw pikirin

iih orang gedhe suka mikir yg ruwet2 ya? yang penting nyanyi riang, hati senang. Pantesan aja orang gedhe suka bertengkar, mikirnya ruwet sih.

kasian juga temenku shabrina, tidak pernah diajarin lagu anak-anak, malah dengerin lagu orang gedhe...




Jumat, 18-01-2008 13:44:30 oleh: yayang

Andrea Bocelli kali ya ?



Jumat, 18-01-2008 14:30:34 oleh: Sandhy.ED

aku mau setuju ama anak kecil aja ah....

daripada nyanyi oo kamu ketahuan..., atau jablay, .... atau macem2 yang gak beres, kayaknya masih jauh lebih bagus lagu2 diatas deh...

eh ya... untuk lagu bangun tidur, bukannya habis mandi, pake paju, sisiran... itu satu paket??? klu dah selesai, boleh dong bantu ibu membereskan tempat tidurku :)

untuk lagu kapiten juga... anak kecil biasanya gak suka paragraf panjang... jadi dua-dua boleh dong... paragraf satu cerita punya pedang, paragraf lain cerita sepatu..., boleh khan?

untuk lagu burung kutilang, ya yang bagus dong mas..., masa nyanyi cuit cuit cuit..., tri lililili bolehlah, menterjemahkan bunyi kan bisa gimana aja. Kita kalo bilang suara pistol dor-dor-dor, tapi kalo bule kan bang-bang-bang, anak saya bilang bunyi klakson pim pim, sepupunya bilang tin tin..., sah aja lah semua....




Jumat, 18-01-2008 14:59:57 oleh: silvi

aku setuju dgn mbak sandy. krn bagi anak2 itu sebatas lagu yg riang, ga mengandung unsur berpikir "lain".



Jumat, 18-01-2008 16:01:59 oleh: Zulfahmi


Gak kebayang kalau tidak ada lagu itu, masa kecil kupun akan segersang anak2 sekarang..

kelakuan sikucing garong,teman tapi mesra..alah mak..

mengandung kesalahan ? kesalahan yang dicari-cari

kerancuan ? coba nyanyiin dengan lirik seperti ini bangun mandi kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi,abis gosok gigi kuterus handukan mengeringkan tubuhku, habis mengeringkan kuterus kekamar, cari baju dilemari, bisa gempor ngapalinnya. alih2 lagu yang riang jadi lagu penyiksaan he.. saia setuju dengan mbak shandy




Jumat, 18-01-2008 18:18:47 oleh: Panjikristo

Karena begitu menghayati lagu naik kereta api, sekarang banyak lho yg naik kereta, ga mau bayar. bahkan ada yg naik ke atap gerbong. harusnya liriknya, kalau mau naik mana uangnya?

Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul-siul (masak sih ya burung koq bersiul-siul, bukannya mencicit, yang bisa bersiul kan cuma orang ya)

sepanjang hari dengan tak jemu-jemu...(apa gak cape tuh, sepanjang hari)
mengangguk-angguk (sepanjang hari???)

"Pok ame ame.. belalang kupu-kupu... siang makan nasi, kalo malam minum susu.." Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak-anak! Karena yang disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu! (interpretasinya mungkin bisa diperjelas lagi donk! he3)

Tapi mendingan nyanyi lagu dulu sih daripada lagu kucing garong dan SMS bang...

Buat Shabrina, hati2 jangan mau diajarin lagu anak gede, nanti kamu kehilangan selera kekanakanmu lho!




Jumat, 18-01-2008 21:59:42 oleh: Vinnie Vincent

Ah, saya kurang setuju ah. Misalnya kalo yang bangun tidur kuterus mandi... Kalo mau dijabarin satu-satu, abis pake baju trus beresin ibu bersihin tempat tidur, nggebuk ranjang pake sapu lidi, sprei lecek dirapihkan... Wah, bisa-bisa jadi satu jam nyanyiinnya...

Kalau yang siang makan nasi, malam minum susu, tergantung, yang dimaksud anak kecil itu umur berapa? Kalau masih bayi ya memang, tapi kalau sudah umur lima tahun pasti bisa makan nasi dong...

Lagu kapiten, kan dia sudah bilang kalo berjalan, kalo dia baru nyanyi mempunyai pedang panjang prok prok prok juga nggak papa, suara kan tergantung penafsiran masing2 orang...

Tapi kalo yang naik kereta api, bintang kecil dan nina bobo (terutama yang ini) saya setuju sekali...




Sabtu, 19-01-2008 08:32:41 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

lagu anak-anak saya "pergunakan" untuk mengajari anak tuh, ...mempan
kalau menyuruh mandi .... tinggal ku nyanyikan: banguntidur ku terus...., mereka bilang : mandi mama....., bur , ke kamar mandi


mengajari warna-warna dengan lagu balonku, versiku yang : hijau , kuning...., jadi ada hijaunya

waktu ku ajak ke jogya, jauh-jauh hari sudah menyanyi : ( pada hari minggu)..... naik delman...
nah , jadi liburan disambut dengan antusias , apalagi kemudian naik delman betulan

ada satu lagu lagi yang ternyata melekat dalam ingatan mereka (baru tahu saya), lagu tujuh ekor ikan mas
tujuh ekor ikan mas berenang-renang....
saya berikan pada saat saya memberikan vitamin dalam bentu efervescent, tuh, yang di celup di air , kemudian lenyap, sambil tunggu obatnya "lenyap", kami nyanyi lagu tujuh ekor...., lagunya habis, obat sudah layak minum..
ternyata..., sulung saya "merasa melihat" ikan betulan.... he , he...

ah, lagu anak-anak memang menggembirakan

lagu topi saya bundar malah saya pergubakan untuk pengantar
latihan , bahkan pada orang dewasa

"ujian" para tanpa-pita-suara kelompok kami di jakarta menggunakan untuk latihan bicara dan gerakan bahu agar lentur,
ditiru oleh kelompok jepang lho....(apalagi setelah tahu artinya)

lagu anak-anak bisa juga universal...


lagu anak-anak jadul,memang = sarana pendidikan....




Sabtu, 19-01-2008 11:50:04 oleh: meilan

wah kalo saya sich tetep msh suka lagu anak2x jmn dulu ya...
walaupun liriknya suka saya ganti waktu saya nyanyiin buat anak saya...tapi dia suka loch...
kalo saya nyanyi nina bobo ...ninanya sy ganti jd nama dia...trus pas kalo tdk bobo digigit nyamuk saya ganti kalo tidak bobo di gigit gajah...pasti dia langsung ketawa krn dia biasa dengernya nyamuk...
trus kalo dia lagi mandi saya nyanyiin ...bangun tidur ku terus mandi ...tidak lupa pakai sabun wangi....so pasti dia langsung ketawa..maklumlah anak saya skrg baru berumur 5 bln....dan saya pernah naynyiin ...oo kamu ketauan..tp dia diem aja malah liatin saya doank...
mungkin krn dia br 5 bln kalie ya jd dia baru bisa nangkep kata2x yg simple...




Senin, 21-01-2008 08:31:18 oleh: Dani Ampriyanto

lagu tujuh ekor mas...
baru denger tuh mbak, ato karena saya besar di desa kali ya, jadi gak ada :-)..




Senin, 21-01-2008 08:59:05 oleh: panjikristo

Awalnya adalah canda. Menurut saya tulisan ini dibuat tidak dengan tujuan serius, hanya becanda dan mengisi warna-warni di wikimu ya. dan ternyata cukup mendapat respon yang cenderung serius. Tapi ga pp,
inilah wikimu, bisa-bisanya kita.




Selasa, 22-01-2008 10:43:45 oleh: yogi

Saya juga dapat e-mail yang dimaksud, dan itu jelas becanda'an saja, karena banyak lagu sengaja disalah-lirikkan
1. Lagu Balonku; seharusnya hijau, kunin, kelabu, merah muda, dan biru..
2. Bintang kecil; dilangit yang tinggi..

Dari dua lagu ini dipanjangin ke lagu2 yang lain, tapi jadi agak nggak lucu (malah stupid). Penjelasan mudahnya seperti yang disampaikan @ Dudung, Shandy.ED, Vinnie Vincent, Nury Nusdwinuringtyas.
Saya tambahkan :

2. lagu kapiten menjelaskan kapitennya (judulnya juga kapiten) bukan pedangnya! Jadi sang kapiten [punya pedang dan kalau jalan bunyi (asumsi anak2 gak pake sepatu jadi kalo jalan nggak ada suaranya. Suara sepatu kapiten jadi menarik untuk anak2 saat itu).
3. Mandi itu ya termasuk lepas baju, dan pake baju lagi.. Namanya juga lagu, mulai kapan harus detil?!
4. Sepertinya lagu ini menceritakan saat di mobil naik ke gunung, sehingga di kiri-kanan banyak Cemara.
5. Ini naik kereta-keretaan.. kayak di taman bermain..
6. setuju dengan mbak Sandhy (PS: pohonnya cemara)
7. setuju Vinne Vincent
8. Lagu nina bobo itu ada panjangannya, coba dengerin sampai beres deh..
10. dan 11. nggak perlu dibahas, ketahuan cuma becanda.
12. yah.. pernah liat anak kecil berkebun? tahu mencangkulnya pake apa?

Yaah.. yang punya anak mah pasti paham..

Untuk yang bikin artikel, seharusnya memperhatikan orang yang membaca sepintas lalu.. Banyak rekan saya yang yakin dan serius mengabarkan 'kesalahan' ini, menghimbau mengajarkan 'lagu lain saja yang benar'.
Lagu anak sudah mulai ditingalkan karena banyak orang tua yang nggak hapal, dan lebih gampang pasang lagu-lagu Pop.. (termasuk yang balonnya merah.)




Selasa, 22-01-2008 16:08:25 oleh: Dani Ampriyanto

yaaachh, harusnya wikimuers tahu mana yang serius ato mana yang becanda.....
kayaknya lagu2 di atas gak mungkin hilang, mulai dari nenek saya sampai ibu saya semua hapal lagu itu, kalo ada orang yang gak tau, mungkin kelamaan di luar negeri...




Jumat, 28-11-2008 12:18:02 oleh: panca

yup...lagu anak jaman dulu jelas lebih mendidik.kalo masalah bahasa, ya bahasa lagu juga ada sastranya, idiomnya, kan gak asik kalo realistis terusssss tanpa simbolis, walaupun untuk anak2.kalo diajarin yang "realistis" trus hilang cara mengolah rasa untuk anak-anak.anak2 perlu juga diberi pengetahuan tentang idiom kata-kata, simbol biar gak bingung dan gampang dibohongi orang kalo gede.
hanya memang sangat perlu berhati-hati memakai bahasa idiom buat anak-anak.yang pasti nadanya riang, enak didengar, bahasa gak rumit, gampang dihapal.dari pada kucing garong...gak jelas simbol apaan tu, rampok atau kucing rampok, teman tapi mesra, itu juga apaan...apalagi goyang dombret....waaaaa mau jadi penyanyi dangdut erotis semua anak-anak indonesia?




Jumat, 19-12-2008 16:11:30 oleh: thenmustverry

komentarnya banyak yang serius ... tapi ada benarnya di bikin serius ...
coba perhatikan sekarang ... di audisi idola cilik di salah satu stasiun tv swasta ... nyanyinya apa ada yang memang bener2 lagu anak2?? gak ada kan?
malah nyanyi orang dewasa ...

btw, artikel ini memang untuk lucu2an, tp dah terlanjur ada yg serius ... hehehe




Rabu, 15-04-2009 12:43:26 oleh: Vivitea

aduuh akoe bingung mo ngomentarinya....
tapi aq setuju aja sama lagu anak2 coz aq pernah nyanyiin juga...yang penting anak seneng dan merasa menarik itu gpp lah...lagi anak2 memang perlu beragam kreasi dan beragam seni..aq setuju tuch sama lagunya...




Selasa, 08-12-2009 17:32:48 oleh: zepe H saputra


Makin banyak lagu2, cerita2 (film, sinetron, majalah), dll yang tidak mendidik..
kalau pengen lagu2 anak dan cerita2 anak yang mendidik (bilingual lho.....
)
saya buatkan blognya nih…
klik aja..

lagu2anak.blogspot.com

atau

funchildsongs.blogspot.com




Selasa, 23-02-2010 20:19:13 oleh: Agnes Tri Maryunani

terus terang saya tertawa membaca komentar-komentar di atas.Tapi saya salut dan kagum dengan kekritisan anda semua. Kalau dipikir-pikir semua ada benarnya.saya sih lebih setuju dengan mbak shandy. lagi pula,kalau membaca syair lagu ya jangan hanya yang tersurat karena kata-kata yang tertulis tidak mungkin mampu menerangkan semua yang ingin kita ungkapkan. mari kita baca syair-syair lagu itu secara kontekstual. Disitulah imajinasi kita bisa jalan. secara tidak langsung lagu-lagu itu mengajarkan anak bersastra khan?.....hehehe....mari kita hidupkan lagi lagu anak-anak kita



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY