Kiki Rizki Noviandi

Belajar Melangkah, Berlatih Kuda-kuda? Perlukah di Dalam Beladiri ?

Selasa, 15-01-2008 16:37:35 oleh: Kiki Rizki Noviandi
Kanal: Gaya Hidup

Belajar Melangkah, Berlatih Kuda-kuda? Perlukah di Dalam Beladiri ?

Langkah, Lengkah atau bahasa sononya footstep menjadi salah satu menu dalam berlatih beladiri. Sama halnya dengan hal yang paling membosankan yaitu kuda-kuda. Berlatih kuda-kuda dan berlatih langkah merupakan menu latihan sehari-hari bagi para praktisi beladiri. Dengan kuda-kuda bisa menguatkan kekuatan kaki dan keseimbangan. Sedangkan dengan langkah diharapkan dapat memberikan efek pada body movement dari para praktisi beladiri.

Dari beberapa referensi yang sempat saya baca, langkah ini dikembangkan sebagai salah satu alat serang bela yang biasanya digunakan untuk mendekatkan atau menjauhkan dari lawan dengan tujuan untuk mendapatkan posisi terbaik untuk melakukan serangan terhadap lawan. Di silat langkah menjadi salah satu andalan dalam bersilat seperti di Sumatra dikenal dengan langkah tigo, langkah ampek, ada juga yang mengembangkan pola langkah segi tiga dan langkah segi empat. Di silat Sunda dikenal juga dengan istilah pancer yang berbentuk pola-pola langkah yang terpusat yang menjadi bentuk movement dari jurus-jurus silat itu sendiri.

Sahdan di dalam tinju pun langkah (footstep) digunakan dalam melakukan teknik serangan dan hindaran, demikian juga di karate dan taekwondo yang digambarkan pada gerakan jurus dan kata yang selalu memiliki pola langkah tertentu.

Selain pola langkah cara melangkah sendiri berbeda beda di dalam beladiri, sehingga ada istilah langkah biasa, langkah seser, langah jinjit dan seterusnya. Itu semua menggambarkan bahwa beladiri adalah suatu sistem bukan sekedar gerakan gedebak-gedebuk yang biasanya kita lihat di perkelahian biasa. Semua sistimatis dan dilatih secara intensif.

Lalu kenapa itu semua perlu dilatih, kenapa tidak langsung aja belajar pukul nendang tanpa harus mengetahui pola langkah, cara jalan dan cara melangkah sampai pancer dari jurus jurus beladiri yang dipelajari?

Menurut hemat saya karena salah satunya adalah : lawan kita adalah benda hidup yang memiliki kemampuan bergerak, baik dengan tujuan menyerang maupun menghindar. Sehingga untuk mengimbangi itu kita harus memiliki keseimbangan dan kecepatan gerak yang juga diimbangi dengan kecepatan melangkah dan mendapatkan posisi terbaik guna memanfaatkan momen yang ada. Jadi belajar langka dan kuda kuda itu wajib hukumnya.

Pada akhirnya belajar beladiri adalah kemampuan untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk melumpuhkan/mengalahkan lawan, dan belajar langkah adalah salah satu cara untuk menciptakan kesempatan itu. Bukan menunggu kesempatan datang melainkan menciptakan kesempatan.



Sumber: www.nagapasa.multiplay.com

Bookmark and Share

Tag/Label silat, langkah, kuda-kuda, olahraga
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
13 komentar pada warta ini
Selasa, 15-01-2008 17:26:38 oleh: hebiryu

btw.. artikelnya tentang belajar melangkah atau belajar kuda2.

yg satu belajar untuk dinamis, yg satu belajar untuk statis lho. sesuatu yg berbeda.

kaya capoeria misalnya, dia gak belajar kuda2. gerakannya selalu gak stabil. berbeda dengan karate yg 80% stabil, 20% dinamis.

latihannya perlu banget dong. walaupun nanti pas berkelahi gak pake kuda2... sampe sekarang manfaatnya masih keliatan buat ane..




Selasa, 15-01-2008 23:47:38 oleh: Bagus Y Prayitno

Kuda-kuda adalah basicnya latihan kekuatan kaki pada beladiri umumnya. Walaupun dari statis, tapi melatih pengaturan tumpuan berat badan, sehingga tidak gampang goyang sehingga dapat mengatur gerakan tangan, melangkah , tendangan dan sebagainya.
Prakteknya dalam beladiri,bahkan di level tinggi, langkah hampir tidak terbaca kekuatan kuda kudanya, tetapi berbahaya. Seakan kuda-kudanya lemah tetapi mempunyai pengaturan kekuatan dan berat tubuh sehingga susah untuk dijatuhkan.
Contoh dalam taichi dan bebrapa aliran silat indo. , kelihatannya kekuatan kakinya lemah gemulai tetapi mampu memindahkan kekuatan lawan .




Rabu, 16-01-2008 09:23:32 oleh: Silvi Anhar

bener mas kiki... dulu wkt aku kecil, diwajibkan ikut karate, krn harapan ortu buat modalku krn aku cewek.
pertama masuk karate, aku suntuk banget latihannya kok ya itu2 aja, alias kuda2 mulu... kayaknya iri liat yg sabuknya udah pada berwarna dgn macam2 gerakan...
tapi setelah lama, baru deh aku paham gunanaya latihan kuda2 itu... dan memang latihan itu akhirnya memberi efek reflek ke aku, pas pernah ada cowok yg iseng mau nyentuh aku, reflek aku tangkis dgn tangan kiri dan tangan kanan siap nonjok. tapi ups sadar deh, mereka rame, yg ada aku langsung ambil langkah seribu...




Rabu, 16-01-2008 09:51:48 oleh: Ira Meida

@ kiki rizki noviandi
saya suka terkagum2 ama bruce lee pas nonton film. sampe2 dl, berkhayal seandainya bisa sperti bliau. ^_^

@ silvi anhar
walah sil, ternyata dl pernah ikutan latihan karate ya? pantesan dirimuw jlnnya cepet bngt. ira sampe hrs lari2. hehehehe... (hiperbola dot com)




Rabu, 16-01-2008 10:02:05 oleh: Silvi Anhar

wah, silvi kira emang mbak ira jalannya cepet hehehe.. makanya aku enjoy amalh seneng jalan ma mbak ira, krn pikir silvi, sama dengan silvi (bisa jalan cepet) hehehehe...
abis mbak ir, aku paling sebel klo jalan lelet... bawaannya gatel nih kaki hehehe kecuali pake rok.. malah saking biasa cpet rok bagian bawah robek.




Kamis, 17-01-2008 13:51:50 oleh: kiki

he he he jangan jangan mbak silvi udah pake ilmu peringan tubuh :P



Jumat, 18-01-2008 14:39:52 oleh: silvi

iya nih ketuleran ilmu harpot hihihi berdisaparate.. tuing lenyap tiba2 muncul di suatu tempat hehehehe...:)(sory ga nyambung:)



Jumat, 18-01-2008 16:08:37 oleh: Riki

salam mas Kiki...
maaf ya udah lama gak muncul kepadepokan.
sebetulnya kuda-kuda kalo untuk saya sendiri murni perlu banget. sebab dasarnya beladiri yang umum di Indonesia ya itu tadi kan (private opinion lho ya).
malah dalam silek langkah ampek sendiri yang pertama dipelajari ya itu juga, sampe bikin bete malah. Dan kalo melihat judul yang mas Kiki tulis, jujur deh, saya setuju banget. paling nggak ya memang disitu dasar pijakan kaki kita kan? dan juga, berapapun kita hapal ratusan jurus kalo dasar langkahnya kita nggak kuasai/pelajari dulu kayaknya tetep cuma bikin tekaperek deh (keserimpet maksudnya). oke ya Mas Kiki just my opinion nih...


Rq...





Senin, 21-01-2008 09:08:26 oleh: Kiki Rizki Noviandi

Hallo lagi mas Riki,

betul sekali yang mas riki ucapkan apalagi mas riki punya latar belakang silek langkah ampek yang saya yakin pasti inti gerakannya dari langkah jurus jursnya tadi.

Karena itu kita bisa melihat betapa hebatnya budaya bangsa kita sampai sampai pola langkah silat pun masing masing daerah berbeda beda. masing masing punya ciri dan kekhasan sendiri tergantung kebiasanya permainannya.





Senin, 21-01-2008 19:43:52 oleh: M Nur

salam olahraga.....
Menurut saya langkah kaki ( step ) didalam olaraga beladiri itu sangat penting, karena dengan langkah yang ter atur kita bisa memaksimalkan serangan, baik keakuratan, speed, power dll.... saya tertarik dengan petinju oscar de la hoya...menurut saya yang paling menonjol pada oscar adalah langkah kaki / step yang diterpakan dengan begitu sempurna dalam setiap laga..

salam
econ ( Taekwondo )





Rabu, 20-02-2008 18:51:06 oleh: Evan Joseph

Jarang-jarang nih ada artikel tentang bela diri. Saya memang senang dengan bela diri dan suka baca-baca hal-hal yang berkaitan dengan bela diri, trima kasih ya mas Kiki yang mengingatkan saya akan pentingnya kuda-kuda dan langkah.




Kamis, 21-02-2008 08:55:10 oleh: kiki

Sama sama mas evan

karena wikimu kita bisa saling share tentang pengetahuan dan pengalaman masing masing




Rabu, 02-04-2008 00:36:01 oleh: Dek Gus

Salam Olahraga....
Buat saya langkah atau dalam istilah asing disebut "step" merupakan suatu teknik yang mutlak dan wajib dikuasai oleh seorang praktisi beladiri tdk perduli dia dari aliran A,B,C atau D,dst....karena bagi saya langkah atau step sebagai teknik yang berfungsi menjembatani antara teknik yang satu dgn teknik berikutnya (bila dalam posisi attack atau cheating),namun bila dlm posisi defend...langkah atau step lebih dominan berfungsi sebagai kelitan atau hindaran yang sudah tentu memiliki kekuatan eksekusi serangan setelah hindaran ato kelitan itu selesai dilakukan...dengan footstep yg benar sudah tentu seorang praktisi beladiri dapat mengolah dan memainkan jurusnya secara dinamis serta serasi dan tepat guna..sekian......inggih Suksma....
Mohon maaf bila ada kesalahan.........
Bravo beladiri...........
DekGus (Bali's Taekwondoin)




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY