Meidy

Hati-hati Penipuan Menggunakan Struk ATM BCA

Selasa, 15-01-2008 12:02:54 oleh: Meidy
Kanal: Hukum

Hati-hati Penipuan Menggunakan Struk ATM BCA

Wikimuers, hari ini inbox email saya nerima 2 berita yang sama tentang jenis lain penipuan. Saya copy paste saja ya. Saya sudah cek kebenaran berita tersebut pada salah satu Pejabat di BCA dan memang benar tapi itu bukan kesalahan bank melainkan keteledoran nasabah. Semoga info ini bermanfaat. Ini cuma contoh kasus dari berbagai ragam penipuan yang lagi nge-trend saat ini.

 

Yth, All

Just sharing kasus penipuan melalui struk ATM BCA.

  • Kejadian terjadi di Toko Emas "Pada Senang" yang berlokasi di Mal Depok, depan BCA KCU Margonda
  • Pelaku datang ke toko tersebut pada hari Minggu, tanggal 23 Desember 2007. Menurut informasi dari karyawan toko, pelaku sudah lumayan sering melihat-lihat perhiasan emas di toko tersebut, tapi tidak pernah melakukan pembelian, karena tidak menemukan ukuran gram emas yang diinginkan.
  • Pelaku datang 2 orang.
  • Setelah menemukan ukuran gram yang kebetulan pada saat itu ada (yaitu gelang emas dengan ukuran 99.93 gram dan 35.75 gram), pelaku melakukan transaksi dengan pemilik toko dengan menggunakan fasilitas Debit BCA. Total nilai pembelian adalah Rp. 27.150.000,- Pelaku memiliki kartu ATM Platinum, namun kartu tersebut gagal di-swipe mesin dengan alasan "swipe carderror"
  • Pelaku lalu menawarkan untuk mentransfer ke rekening pemilik toko, yang kemudian diiyakan oleh pemilik toko. Perlu diinformasikan bahwa di Mall Depok sudah tidak ada mesin ATM BCA lagi, sehingga pelaku jika ingin melakukan transfer harus ke BCA Margonda yang letaknya berseberangan dengan Mall Depok
  • Pelaku pergi sendiri tanpa ditemani oleh pihak pemilik toko, sementara temannya menunggu di toko emas dan mempromosikan jati diri pelaku sebagai anak dari boss tempatnya bekerja
  • Kurang lebih 30 menit kemudian, pelaku datang dengan membawa struk ATM yang lengkap memuat tanggal dan waktu transaksi, no rek transfer dan nama, serta jumlah uang yang sesuai dengan transaksi. Jika dilihat secara kasat mata struk ATM tersebut sangat mirip, bahkan bisa dikatakan sama dengan struk ATM BCA.
  • Berdasarkan bukti transfer tersebut, akhirnya pemilik toko menyerahkan gelang emas yang dibeli pelaku
  • Malam harinya pemilik toko sempat mencoba mengecek lewat ATM, dan memang saldo tidak bertambah. Hanya saja pemilik merasa transaksi transfer sama dengan transaksi di mesin EDC di mana transaksi hari Minggu baru masuk keesokan harinya ke rekening.
  • Hari Senin, tanggal 24 Desember pemilik rekening datang ke BCA untuk mencetak buku dan menanyakan kenapa transaksi sejumlah di atas tidak ada. Setelah kami inquiry memang transaksi tersebut tidak pernah ada dan kami menyimpulkan itu adalah transaksi fiktif. Kami juga telah melakukan investigasi ke pihak ATM Monitoring dengan Bapak Indra, dan dipastikan bahwa transaksi yang ada pada ATM dengan WSID 5127-BCA Depok 3 ,adalah pukul 16.55 berupa penarikan sejumlah 200 ribu rupiah, dan transaksi selanjutnya adalah pukul 17.05 berupa cek saldo. Sedangkan transaksi penipu yang tertera di bukti transfer adalah pukul 16:58:29.
  • Pada hari Kamis, 27 Desember 2007, pihak BCA Margonda yang diwakili oleh Bapak Andi Gozali (KOC) dan Meliana (Ka.Layanan) telah mendatangi pihak korban ke tokonya dan menjelaskan bahwa ini adalah kasus penipuan dan BCA tidak berjanji untuk melakukan penggantian atas kerugian korban. Pihak korban berkenan untuk menerima penjelasan dari pihak BCA dan memohon agar pihak BCA menindaklanjuti kejadian ini sehingga kasus ini tidak terulang lagi pada korban lainnya.

    Note: Untuk diingatkan kembali ke nasabah (merchant), kejadian tersebut diatas merupakan kelalaian nasabah karena tidak mengikuti dan menyaksikan pelanggan ke ATM untuk memastikan transaksi transfer yang dilakukan.

     

Bookmark and Share

Tag/Label penipuan, atm
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
10 komentar pada warta ini
Selasa, 15-01-2008 13:07:23 oleh: Micky Jo

ya ampun,seharusnya pemilik toko emas tersebut ikutan donk ngelihat proses tranfernya..atau perhiasan diserahkan setelah uang masuk kerekening..wah,teledor juga ya...27 jutaan bokkk...kudu lebih ati2 lagi..



Selasa, 15-01-2008 15:46:19 oleh: Lilis Kho

wah... bahaya sekali ya. banyak sekali modus penipuan sekarang ini.. tq atas infonya..



Selasa, 15-01-2008 17:20:42 oleh: GUS WAI

Hati2 juga di sekitar ATM BCA suka ada orang2 yang pura2 tidak punya kartu ATM dan minta bantuan untuk transfer uang ke temannya dengan memberikan uang tunai yang dibawanya. Nah itu modus penipuan dengan uang palsu. Hati-hati saja. Sebaiknya tidak usah diladeni.



Rabu, 16-01-2008 02:22:28 oleh: R.Widodo

Wahh... hebat juga itu penipu....padahal pedagang emas itu adalah orang yang terkenal cerdik...... masih juga kalah cerdik sama.....ahli tukang ketik... kata teman-teman memang ada penjual jasa yang dapat mengetik persis struk transver..dan juga cetak tanda setor pada buku tabungan... hurufnya persis bangat......tk infonya boss.



Rabu, 16-01-2008 09:50:11 oleh: elonk276

hehehehe...apa segh yg gak mungkin di Indo...?? semua bs dibikin/dibuat/dipalsukan/ditiru/diperbanyak di...di.. dll etc dsb....kitanya yg harus extra hati2...



Kamis, 24-01-2008 11:36:35 oleh: chika

wah...tadinya saya ga kepikir dari mana si penipu dapat struk yang isinya nama dan no rek pemilik toko. ternyata struknya bisa diketik manual ya...
gile boo....kejahatan makin kreatif aja ya...




Selasa, 11-03-2008 03:53:32 oleh: Johannespp

wah kejadian serupa ini juga baru saja saya alami dimana ada seorang pria india dengan gaya perlente dan mobil cukup mewah Toyota Rush dengan Nopol B 120 A dan no telp cukup cantik 085282345600.
Ceritanya ingin membeli 2 buah hp high class Nokia E90 dan N95 seharga Rp.14.425.000. Pelaku bilang katanya dana sudah di setor tunai melalui Bank Mandiri cabang Plasa Mandiri samping Polda Metro dan pelaku memberikan bukti setoran tunai kepada saya seperti asli.
Hampir saja saya percaya dengan orang tersebut, tapi untungnya saya memanfaatkan fasilitas SMS Banking Bank Mandiri dan ternyata hasilnya sama seperti kejadian diatas dana tidak masuk sama sekali dan barang juga lom sempat saya berikan kepada pelaku jadi barangn saya tidak jadi hilang atau raib di bawa si pelaku.
Jadi saran saya harap berhati2 terhadap struk setoran tunai ataupun struk yang keluar dari mesin atm karena itu semua bisa di bikin atau print sendiri, manfaatkanlah fasilitas dari Perbankan melalui hp anda dimana kita bisa mengecek saldo setiap saat dan real time atau manfaatkan fasilitas Phone Banking dari Bank anda.
Saya harap sudah tidak ada lagi nantinya bagian dari kita yang kena tipu lagi.
Terima Kasih

Salam Kenal

Johannes Putra Puluh




Kamis, 12-06-2008 13:58:58 oleh: axel

emang kudu ati2 jaman sekarang, gw aja pernah ketipu beli Hp dengan harga miring, gw coba2 ok dan setelah nyampe rumah ternyata hanya dami / ponsel mainan...mungkin itu gendam kali yaa... kejadiannya di galaxy mall surabaya tepatnya di KFC, hati2 buat semua ya...



Kamis, 12-06-2008 14:16:11 oleh: baruna

Mah, FYI.



Kamis, 05-11-2009 17:21:34 oleh: andreanto

bagi supplier komputer atau apapun usahan kalian ,
hati hati dengan nama PT Mitra Adi Buana
Taman Buaran indah blok A no 01
Dengan Peniipu Yang Bernama :
Lukman Ciri ciri badan tinggi gemuk, ras china pontianak atau bangka
Dedi setia adi : ciri ciri Hitam Rambut ikal Kulit sawo matang
saya salah satu korban dari penipuan dia orang , bukan cuma saya masih banyak
supplier lainnya,
jenis target produk yang di incar
1.ac
2.komputer
3.beras
4.susu
5.mobil
6.motor
sekarang kasus nya ditangani polsek duren sawit
cara operasi sang penipu :
1.harga tinggi dari pasaran
2.belanja pertama cash
3.belanja kedua giro cair
4.belanja ketiga giro cair
5.baru di bom alias kabur
cara penerimaan barang
1.langsung pindah mobil
2.kita suruh tunggu dibawah
3.kalau kita tidak kasih barang dperusahaan kita dijelekin
jadi hati hati jangan percaya dengan tampang berdasi dan mobil mewahnya




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY