Mira Tj

Kolam Renang Jakarta Apakah Masih Seperti Ini?

Jumat, 11-01-2008 14:10:01 oleh: Mira Tj
Kanal: Layanan Publik

Salah satu dari Hijriah New Year's Resolution saya adalah saya ingin kembali aktif berenang untuk kesehatan. Ikan cere yang satu ini sudah tiga tahun pas tidak pernah berkubang di air warna aquamarine lagi. Tahun lalu sudah kena panggil dokter karena hasil medical check-upnya menurun dari hasil tahun sebelumnya. Tahun Kabisat ini, saya ingin hal-hal yang lebih baik bisa saya lakukan.

Jadi ingat kolam-kolam yang rajin saya sambangi dulu.

  • Kolam renang Bulungan.
  • Kolam renang Senayan.
  • Cilandak Sport Center (sekarang namanya berubah jadi kolam renang CITOS ngga?).
  • Gelanggang Remaja Kuningan Sumantri Brojonegoro (berubah jadi Kolam Renang Pasar Festival kali yaaaa).

Jadi bertanya-tanya, bagaimana keadaan kolam-kolam itu sekarang. Apakah masih seperti dulu? Apakah sudah berubah seiring dengan perkembangan jaman dan peradaban?

Kolam Renang Bulungan yang saya kenal adalah sebuah kolam yang dijuluki "cendol". Bukan cendol ijo-ijo mengapung di permukaan kolam tersebut, tapi yang berenang banyak banget, sampai akhirnya orang hanya bisa berendam saja di sana. Mestinya namanya diganti jadi Kolam Rendam Bulungan.

Kebersihannya ketika terakhir saya ke situ sekitar 10-15 tahun yang lalu tidak banyak berubah. Ada kolam cuci kaki yang warnanya coklat. Ada tempat mandi yang ... mendingan ngga mandi di situ. Juga kolam renang yang lebih mirip kolam rendam (... nama yg lebih tepat: Jacuzzy Bulungan !).

Terakhir kali saya ke kolam Senayan adalah tahun 1998-1999. Waktu itu tentara/polisi yang bertugas menjaga wilayah DPR dan seputar Senayan, suka mandi di situ. Bukan mandi di shower area. Mereka lebih suka langsung nyemplung di kolam 5 meter. Akibatnya, kami yang dapat bagian berlatih setiap Kamis malam (lupa gue... Rabu malam atau Kamis malam gitu) kadang-kadang mendapati kumpulan-kumpulan busa sabun mandi mengambang di permukaan kolam. Hiya lah... mosok mandi ndak pakai sabun?

Kolam paling asik di sana adalah kolam 2.5 meter. BIRU bo. Dan tidak ada tempat ceteknya, sehingga orang tidak mungkin berendam di situ. Paling banter water trapen. Tapi berapa lama sih orang tahan water trapen? 5 menit sudah jago tuh. 10 menit? Sudah teriak-teriak dan memohon-mohon supaya boleh menepi. Kolam 1.5 meternya berwarna kehijau-hijauan airnya. Paling tidak terakhir saya main kesana, airnya begitu. Mata saya sempat kelilipan partikel-partikel yang melayang-layang di dalam kolam tersebut.

Cilandak Sport Center adalah tempat saya belajar untuk bisa jago berenang. Waktu itu saya paling banter bisa berenang 5-10 meter. Saya sebenarnya ingin berenang di kolam renang murah seperti Gelanggang Kuningan. Namun karena kemampuan renang saya amat terbatas, saya takut kalau kebanyakan berendam nanti banyak yang nyolek-nyolek atau ngerogoh-rogoh *literally speaking*. Jadilah saya mengunjungi kolam mahal ini untuk meningkatkan daya renang saya. Dari yang tadinya cuma bisa 5-10 meter nonstop, menjadi 200 meter nonstop.

Cilandak Sport Center adalah kolam yang luar bisa menyenangkan di tahun 94-96 an. Kadang-kadang saya baru naik dari kolam mendekati jam 9 malam. Ukurannya bukan olympic, tapi lebih luas dari setengah olympic. Orang-orang yang berenang di sana tidak jorok dan tidak colek-colek. 10 tahun kemudian, saya dengar cerita dari rekan kantor bahwa pada hari-hari tertentu dan jam-jam tertentu, banyak orang suka ber-oh-Naniii di dalam kolam. Dia sedang berenang, dan mendapati seseorang memandanginya tak putus-putus dari pinggir kolam, sambil melakukan ... itu. Segera dia keluar dari kolam, mengangkat putrinya yang masih balita, pergi dan tak kembali lagi.

Gelanggang Renang Kuningan adalah kolam pujaan sepanjang masa. Bagaimanapun tingkah laku pengunjungnya, saya tetap cinta mati sama kolam renang satu ini. Dari segi ukuran... olympic...sukaaa. Dari segi lokasi, strategis dan banyak tempat makan. Dari segi jam buka, excellent. Kalau malam belasan lampu ribuan Watt dinyalakan menerangi kolam bak siang hari. Jam setengah 7 pagi juga sudah buka kalau tidak salah. Ada locker simpan barang, dan kalau sudah kenal sama pengurusnya, bisa titip sepatu katak di situ. showernya banyak dan airnya melimpah ruah, ada pintunya semua - walau tidak jamin bisa ditutup. Kebersihannya setingkat lebih baik daripada Kolam Bulungan, which is... sangat-sangat baik jika mengingat harga karcis masuknya waktu itu adalah 5000 rupiah.

Antara tahun 1997-1999 saya berenang di sini 3 sampai 4 hari dalam seminggu. Krismon kan harus berhemat ya. Kalau dihitung-hitung lebih murah saya refreshing di kolam daripada di mall. Mulut saya sampai berbuih-buih membicarakan kebaikan-kebaikan kolam ini pada rekan-rekan di Senayan, sampai akhirnya salah satu rekan saya luluh dan ingin mencoba berenang di sana.

Ternyata ada alasan mengapa saya bisa merasa aman tentram berenang di kolam "negri" ini. Biasanya kan hanya kolam "swasta" yang cukup aman. Ternyata kolam ini banyak digemari rekan-rekan gay. Sementara rekan saya yang straight dan kebetulan berbodi yang bikin rekan-rekan gay meneteskan liur, ngeri banget ketika didekati salah satu pengunjung kolam. Habis gimana, ngedeketinnya pas di shower. Udah gitu pakai pegang-pegang pula.

Tahun 1429 H ini, cita-cita saya ingin kembali ke kolam lagi. Mungkin sudah tidak ke kolam-kolam yang saya sebutkan di atas karena secara lokasi sudah tidak begitu strategis lagi bagi saya. Mudah-mudahan, jika Allah berkenan, kali ini tidak ada lagi panu-kadas-kurap bagi saya di kolam-kolam.

 

Bookmark and Share

Tag/Label renang, olahraga, kolam, jakarta, kebersihan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
25 komentar pada warta ini
Jumat, 11-01-2008 14:41:06 oleh: Dani Ampriyanto

saya recomendasikan ke pertamina simprug..
kolam renang bertaraf olympic, coba dech...




Jumat, 11-01-2008 16:19:51 oleh: Mira Tj

Dari dulu penasaran... kolam renang Simprug itu dimana. Dilewati bis nomor berapa?

Eh ya betul, definisi kolam bagus menurut gw adalah: ukurannya kudu Olympic. Hihihihihihihi.




Jumat, 11-01-2008 16:23:03 oleh: nawita

buat saya, kebersihan kolam renang & fasilitas pendukungnya (tempat mandi & kamar ganti) jadi syarat yg enggak bisa ditawar. saya pernah ke kolam Senayan, rasanya enggak lagi deh. kolamnya sih besar & murah, tapi tempat mandi & kamar gantinya payah. sampah berserakan, bau pesing, gelap, banyak air menggenang. hiii....

saya mending ke kolam 'swasta'. di jakarta barat, saya rekomen kolam renang di Prisma Sport Centre, Kedoya Permai. 20 ribu, tp bersih, nyaman, aman, komplet (disediain tempat makan sampai plastik buat bawa baju basah), buka dari jam 6-20. selama 4 taun jd pelanggannya, blom pernah ketemu org berohhh-naniii disini. :)





Jumat, 11-01-2008 16:25:28 oleh: Mira Tj

oh iya lupa, foto adalah hasil gugling qword:swimming



Jumat, 11-01-2008 16:46:20 oleh: Dani Ampriyanto

kayaknya ada kopaja 608 ma 86.
deket flyover permata hijau..
oya, taripnya 10 rb, member 5 rb.. sepuasnya....




Sabtu, 12-01-2008 02:12:34 oleh: rahmah

Thanx Mbak Mira udah ngebahas soal kolam ini. Putri saya lagi demen2nya renang jadilah saya ikutan nemenin nyemplung hihihihi..Seringnya sih di citos itu tapi pernah ada tokai ngambang di kolam anak2 jadinya ga lagi d..Boleh juga Mbak Mira ajarin putri saya renang tuh biar jadi perenang andal kayak Mbak..
Mas Dani, thanx infonya soal kolam Simprug itu. Udah lama denger tapi ga tau letaknya dimana..




Rabu, 16-01-2008 09:47:24 oleh: Mira Tj

Rata-rata kolam swasta memang sangat bersih, saya sekitar 3 tahun-an berenang di Cilandak Sport Center, tidak pernah kena penyakit kulit. Sementara ketika saya beberapa bulan saja berenang di Kuningan... langsung deh ada satu spot kadas. Keqi berat. Padahal setiap sehabis berenang pasti langsung shower dan keramas.

Problemnya, tidak banyak kolam swasta yang berukuran olympic. Sewaktu saya masih 3-4 kali seminggu berenang di Kuningan, jarak rata-rata yang ditempuh adalah 1700 meter nonstop. Adalah cukup mengesalkan jika itu dilakukan di kolam swasta yang rata-rata ukurannya setengah olympic. Gimana ngitungnya? Kebanyakan bolak-balik...ngga keitung lagi deh.

Sekarang saya sudah bisa berenang di kolam swasta dengan nyaman karena jarak rata-rata yang ditempuh adalah 200 meter nonstop saja...hihihihi...

Catatan saja, di kolam renang Senayan tidak disediakan fasilitas mandi yang cukup karena saya rasa para atlit lebih memilih mandi di rumah daripada mandi di kolam renang.

Mas Dani...608 ya lewat depan kolam renang Simprug ya? Aseeeekkkk... kapan-kapan ah. Malam buka?




Selasa, 22-01-2008 10:24:20 oleh: Dhegun

Maaf Tlong Bantuannya..... Selama ini saya mencari kolam rengan yg enak.... tertarik bgt. ad no tlpnya gak?




Selasa, 22-01-2008 10:27:31 oleh: dhegun

say tertarik bgt dengan yang di simprug....ada no tlp nya gak? plz....
oh iyamaaf sekalian minta tlong... saya kerja di di daan mogot... pgn nyari kosan deket kolam renang... ada gak yah yg full fasilitas....thx...mohon bantuannya




Sabtu, 12-04-2008 19:05:38 oleh: riewulan

mau tau data kolam renang indoor dkt kwsan cilandak,rwamangun or sktarny.thx



Senin, 02-06-2008 20:55:40 oleh: donna

mo nanya dunx,,,

kira2 kolam renang PURI BUGAR yg di pinggir tol kebon jeruk,,
harus jd member dulu yaa???

ga bs bayarper visit aja???

tq =)




Senin, 02-06-2008 22:08:53 oleh: nawita

to donna : Puri Bugar harus jd member, ga bisa per visit. yg bisa per visit, di seberangnya. di Prisma SPort Centre, di kompleks Kedoya Elok belakang Ranch Market.



Senin, 08-12-2008 18:45:14 oleh: warto

gw beberapa hari yg lalu ke kolam renang pertamina simprug eh warna airnya hijau ...
mana kecil lg kolamnya. mendingan senayan deh




Jumat, 19-12-2008 09:36:39 oleh: Laila

sama seperti mbak Mira, saya masih mengidolakan kolam renang Sumantri Kuningan..saya renang disitu dari sejak SMP hingga skrg umur saya hampir 37 tahun, dari mulai trondol sampe sekarang berkerudung toh udah ada kostum renang muslimah, lagian krn banyak gay itu saya ngerasa aman gk ada yg ngelirik...hehehe..
kenal sama pelatih dan pengurus kolam bikin kita tambah pede kalo ada yg renang cuma pengen main2 dan liatin yg jago renang tapi bikin lintasan ngaco...enak buat melototin dan show-off ntu lintasan cuma boleh untuk yg bisa berenang :P




Kamis, 12-02-2009 16:48:41 oleh: vany

Rencananya sih kami (saya dan suami) mau renang di Sumantri Kuningan, tapi ngeri juga ya kalo ada gay gitu. Kalo sekarang tiket masuknya brp ya?
Kami dan anak2 biasanya berenang deket rumah yaitu di Bali View, Cirendeu, Ciputat. Disitu kolamnya airnya jernih banget walaupun gak seukuran olimpiade sih. HTM: Sen-Jum = Rp 14.000, Sab/Ming/libur = Rp 18.000. Buka dr jam 08-19.
Pengennya sih cari yg lebih murah dari situ tetapi bs puas berenang.
Kami pernah coba berenang di H...2x - Pd Gede (maaf sy gak enak menyebut tempatnya) di kamar gantinya udah pintunya reot udah gitu ada yg BAB di kamar gantinya....iiihhh jijik deh ingetnya. Akhirnya kami pindah ke Bali View karena ga merasa nyaman disitu.




Kamis, 12-03-2009 08:43:56 oleh: Mira Tj

Mbak Vany, saya rasa suami Mbak akan aman-aman saja, kan datangnya barengan sama Mbak sendiri? Cowo-cowo gay juga mikir seribu kali untuk mendekati cowo yang jelas-jelas straight. Percuma, buang-buang waktu.

Jika mbak Vany takut mereka macam-macam sama anak-anak... ya... setahu saya sih mereka itu gay, bukan phaedofillia. Keamanan kolam renang Kuningan terhadap phaedofillia saya rasa sama saja dengan kolam renang manapun di Jakarta, yaitu: ngga ada standard-nya. Jadi di kolam renang manapun, selalu pasang mata dengan keamanan anak-anak.




Minggu, 19-04-2009 22:12:24 oleh: Erlangga

to : Nawita,
thanks for the info Prisma Sport Centernya, emang cukup bagus kolam renangnya. cuma kalo pas weekend ternyata udah 30.ribu ya. tapi tempat mandinya emang TOPPP ABISS, mirip di hotel kayaknya, ada pilihan air hangat juga.
cuma untuk lintasannya emang cukup pendek sih menurut aku. masih kalah dgn Arcici Sport center yang di jl.percetakan negara. udah gitu di Arcici ini, 30ribu sudah bisa memakai fasilitas fitnes, sauna, dan tenis...all in. murahkan ....




Kamis, 02-07-2009 19:32:19 oleh: Herwin

Buat mereka yang takut jadi gelap kulitnya, bisa coba kolam renang indoor di pola bugar, letak kolam renang ini di Jl Kedoya Raya 35 Kebon Jeruk, dekat gedungnya metro tv, utk lebih detail bisa call ke : 5807083 atau 5807086.

Menurut saya airnya cukup bersih dan kalau kedinginan bisa berendam air hangat dikolam jacuzi yg ada dilantai dua.

Untuk anak-anak tersedia juga area meluncur tapi tuk yang ini hanya bisa digunakan di jam-jam tertentu aja.




Jumat, 06-11-2009 15:36:15 oleh: heru

Waduh, tdnya saya ingin coba indoor senayan..
jd ragu setelah baca artikel d atas.
senyana, brp ya HTM nya?
kalau sekarang msh ok ga ya?
yg d selatan deket lbk bulus, ada kolam indoor ga ya?
mohon info nya donk..




Minggu, 29-11-2009 19:30:28 oleh: Mira Tj

kolam indoor senayan ?

emang ada? dimana tu? aku taunya cuma yang outdoor doang.




Selasa, 15-12-2009 09:44:55 oleh: fany

itu kolam renang simprug masuknya dr mana ya? aku sering lewat tp kok gak pernah liat ada kolam renang..



Sabtu, 09-01-2010 09:27:34 oleh: widya

wah senayan br tau ada indoornya , --> blm pernah berenang juga di senayan hehe
@fany : minta turun saja di pertamina (kolamnya memang di dlm komplek pelatihan pertamina)didlm sisni ada lap. futsalnya, ada mess, ada lapangan bolanya juga. Pertamina ini di kiri jalan (kalo kita dr arah pondok indah)200meter sebelum naik jembatan ke arah permata hijau. Pasnya di bawah jembatan penyebrangan. Harganya 15rb weekend maupun weekdays




Rabu, 31-03-2010 02:05:48 oleh: Rifqi

Coba d berenang di HS. Agung, pondok kopi untuk yg tinggal dijakarta timur N' bekasi. Sekarang lagi di renovasi besar2an. kamar mandinya bersih banget. gak ada air anget sih, tp ada partisi. jd lebih private. ada air terjun sama perosotan spiral untuk anak2 juga. udah gt kolamnya olympic. jadi kl mau serius berenang pas bgt.



Selasa, 01-06-2010 13:57:55 oleh: bundazakia

Kolam renang Kuningan emang tetep paling okeh...
waktu masih tinggal di jakarta tiap jumat renang bareng konco2 kantor.
setelah pindah ke depok, saya lebih senang renang di hotel bumi wiyata margonda. kolam olympic na ok, ada kolam bermain dan kolam anak2 yg cuman sedengkel org dewasa... plus arena bermain dan kantin. HTM na 15.000 - 20.000 ajah.
bisa renang sangat nyaman gak usah bawa bekel dr rumah, soalna kantin di situ harganya kayak kantin biasa bukan kantin hotel koq...

met mencoba yaa




Sabtu, 23-10-2010 14:20:24 oleh: alex

Kolam renang HS. Agung ? Dimana itu ?
Saya hanya sekitar 1 bulan di Jakarta, setelah itu balik ke Batam. Selama ini hanya berenang di Senayan, karena ingin coba lintasan 50m. Cuma yang tidak enak, setiap selesai berenang mata merah dan agak terganggu penglihatan walau sudah pakai goggle.
Kolam renang Kuningan tampaknya jadi alternatif berikutnya, selian HS. Agung itu.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY