Annisa Fabila

Artis Cilik Jadul dan Kini

Selasa, 08-01-2008 11:31:58 oleh: Annisa Fabila
Kanal: Opini

Jika Anda berusia kanak-kanak pada era 80-an, pasti mengenal Rano Karno, Ira Maya Sopha, dan Dina Mariana serta Adi Bing Slamet sebagai penyanyi cilik yang paling populer. Sedikit mundur ke era 70-an hingga awal 80-an, siapa tak kenal Chicha Koeswoyo putri musisi Nomo Koeswoyo yang populer lewat lagu Heli? Chicha mungkin hanya sedikit artis cilik yang beruntung bisa masuk dapur rekaman dan menjadi penyanyi saat itu. Lagu dengan ciri khas anak-anak tersebut sangat lekat dalam ingatan kita, bahkan hingga kini.

Di pertengahan 80-an, penyanyi kanak-kanak yang muncul lebih beragam seperti Enno Lerian dan Bondan Prakoso yang booming lewat lagu Si Lumba-lumba. Sedangkan di era 90-an,cukup banyak artis penyanyi cilik yang dikenal masyarakat sebutlah Trio Kwek-kwek (Leony, Alfandy dan Dhea Ananda), Geofanny, Chikita Meidy, Joshua Suherman dan sebagainya. Mereka muncul rata-rata sejak berusia di bawah 10 tahun, sehingga wajah-wajah imut mereka masih bisa dibayangkan sampai sekarang (^_^). Menjelang 90-an hingga 2000, Indonesia masih memiliki bintang-bintang cilik yang muncul dengan gaya khas anak-anak seperti Maissy (ada yang ingat gaya centilnya saat membawakan acara?), Sherina dan Marshanda seorang bintang sinetron anak-anak berjudul "Bidadari".

Namun,sampai saat ini belum muncul artis-artis cilik yang bisa mewarnai dunia anak-anak Indonesia yang penuh dengan kreativitas dan bermain. Televisi banyak menampilkan anak-anak sebagai tokoh yang berperan bersama orang-orang dewasa. Saat sinetron anak-anak booming di televisi, frekuensi penayangannya pun ditambah menjadi setiap hari atau istilahnya stripping sehingga memaksa artis-artis usia dini berada di lokasi syuting tiap harinya. Kalau ditanyakan kepada mereka, apakah syuting tiap hari tidak membuat mereka lelah dan bosan? Tentu saja. Beberapa kalangan pernah menilai hal tersebut sebagai bentuk eksploitasi anak di bawah umur, hal tersebut wajar. Namun pihak rumah produksi atau si artis sendiri malah tidak keberatan karena menganggap syuting adalah mengembangkan bakat seni.

Di tengah maraknya artis-artis bintang sinetron, Gita Gutawa menyelinap sebagai penyanyi anak-anak dengan suara semi soprannya. Nama Gita sebelumnya sempat muncul bersama Ada Band lewat lagu Yang Terbaik (Untukmu Ayah) pada tahun 2005. Gita juga pernah menjadi solois pada peringatan 17 Agustus di tahun 2006. Kini Gita Gutawa bolehlah berbangga dengan album perdananya Kembang Perawan yang cukup banyak diminati. Jadi jika ditanya siapa artis cilik yang paling dikenal saat ini pastilah Gita Gutawa. Semoga sja munculnya Gita mengobati kerinduan anak-anak Indonesia terhadap idola mereka sehingga tak perlulah anak-anak menyanyikan lagu-lagu milik orang dewasa (sejujurnya saya menulis ini setelah menyaksikan Bocah Petualang asal Maluku yang menyanyikan lagu dewasa dan ditegur oleh Glenn Fredly).

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label artis, penyanyi cilik
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Minggu, 27-04-2008 03:41:26 oleh: Rusmanto

bener itu, memang memprihatinkan, kemarin saya dan teman saya nyoba nginget lagu anak waktu kami kecil dulu (cita-citaku-susan ria enes, dakocan, opelet mandra, lagunya melisa, eno lerian, bondan prakoso, dan lagu era 80-an,) susah diinget abis udah lama, kaset nya juga udah rusak, klo ada sih mohon di beri tahu tempat downloadnya.

Untung ada si Gita sedikit tertolong deh




Minggu, 19-10-2008 08:20:35 oleh: fahda

hai rekan" wikimu...artikel panjang yg tertulis diatas itu bagus bgt...stelah mmbaca artikel itu sya jd ingat dg pengamen" yg slalu sja menyanyikan lagu" org dewasa/remaja yg tdk sdikit dr lagu" itu memuat ttg -cinta- dan sbgnya yg tdk spantasnya untuk mereka ketahui dmasa kecilnya,,,
tp dg cra ap kita bisa mncegah hal itu???????????




Rabu, 17-12-2008 23:03:12 oleh: madeleine kangong

hehehehe....saya juga merupa kn salah satu2nya peminat pelakon2 sinetron iaitu marshanda yang pernah blakon dlm sinetron bdadari 1 n 2.dari lala kecil hgga sekarang sa amat meminatinya kerana dia punya wajah yg cantik,cute w2 kcil lah n punya suara@ada bakat lakonan dlm sinetron bidadari ....syabas bt marshanda@lala.... i love u marshanda..saya peminat kamu di sabah..oh ya, kapan marshanda datang ke sabah....????



Rabu, 17-12-2008 23:23:05 oleh: madeleine audrey

marshanda....marshanda..marshanda....marshanda....gue minat bangat ama kmu....cantik bangat sih kmu spt bidadari....okey..gue ada lgu special untuk kamu marshanda....ini dia....,dengar@nyanyi baik2 ya....bintang bkelip menyep sekali mgapa aku sendiri bila keson dtg kmbal mnari myanyi bsama aku dtg lh bidadari ku ingn kau tmani hpd ku slalu...........0st bidadri



Selasa, 20-01-2009 20:18:14 oleh: agus petengan

betul sekali..saat ini kita sangat perlu lebih memperhatikan dunia anak, khususnya hiburan2 yg bersegmentasi anak2yg justru "mengkloning" proses tumbuh generasi muda kita



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY