Ecko Manalu

Apakah Saya Termasuk Buta Warna ?

Minggu, 06-01-2008 11:24:33 oleh: Ecko Manalu
Kanal: Kesehatan

Perhatian !!
Gambar di samping bukan Gambar kue pie atau kue tart. Dalam waktu tiga detik, coba lihat angka berapa yang ada di dalam lingkaran yang berbentuk seperti pie atau kue tart di samping ini. Jika anda mengatakan "42" ! Yah, benar di dalam lingkaran hijau di samping ini terdapat angka "42". Nah, jika kita masih bisa melihat bahwa di dalam lingkaran ini terdapat angka "42" maka kemungkinan besar (masih mungkin) bisa dikatakan kita tidak mengidap kelainan Buta Warna (Color Blind).

Gambar di samping merupakan salah satu gambar dari sekitar 40an gambar yang sering kali dijadikan sebagai instrumen penguji apakah kita termasuk buta warna atau tidak. Satu set uji yang terkenal untuk pengujian buta warna adalah "Ishihara". Tes untuk uji buta warna dengan set uji ini dikatakan telah dapat mengindikasi apakah kita tergolong buta warna total atau buta warna partial.

Sekilas mengenai buta warna

Menurut sumber dari wikipedia, pada retina manusia normal terdapat dua jenis sel yang sensitif terhadap cahaya. Ada sel batang (rod cell) yang aktif pada cahaya rendah, kemudian ada sel kerucut (cone cell) yang aktif pada cahaya yang intensitasnya tinggi (terang). Singkat kata, sel kerucut inilah yang membuat kita dapat melihat warna-warna, membedakan warna. Menurut sumber dari wikipedia, penyakit buta warna ada yang didapat karena faktor keturunan, atau karena memang kita mengalami kelainan pada retina, saraf2 optik dan mungkin ada gangguan pada otak.

Persepsi yang salah pada masyarakat mengenai penyakit buta warna adalah, bahwa buta warna sama sekali tidak bisa melihat warna, yang ada hanyalah warna hitam putih. Persepsi ini tidak benar karena tipe buta warna yang hanya dapat melihat warna hitam dan putih adalah satu tipe dari buta warna, masih ada tipe penyakit buta warna lainnya. Seperti penyakit buta warna yang hanya dapat melihat varian warna dari percampuran Merah dan Kuning saja (dichromatic), ada yang tidak dapat membedakan warna ketika banyak warna dicampurkan, ada yang tidak dapat membedakan gradasi warna.

Satu kisah tentang buta warna yang berhasil saya kutip dari halaman http://colorvisiontesting.com/color7.htm adalah ketika ada seseorang yang waktu kecilnya dia mengatakan, "Hey Mum, look at the green cow on the grass " (Bu, lihat sapi hijau itu yang lagi berada di rumput). Pada kasus ini, dikatakan bahwa dia tidak dapat membedakan antara warna coklat (dan variannya) dengan warna hijau.

Bagaimana penanganan penyakit Buta warna ini ?

Dari sumber yang berhasil saya cari, dikatakan bahwa penyakit ini dapat disembuhkan (meski tidak 100% kemungkinannya). Penyembuhan paling sulit apabila buta warnanya diperoleh karena keturunan.

Pada website nya times (http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,802584,00.html), seorang dokter mengatakan bahwa dia telah berhasil menyembuhkan penyakit buta warna dari beberapa pemuda, yang selanjutny memungkinkan mereka untuk lulus testing ke Angkatan Udara. Perawatan yang diberikan bermacam, ada yang memberikan suplemen vitamin A setiap hari dalam dosis tertentu, serta injeksi B-Complex, serta ada juga yang membuat terapi listrik untuk merangsang kerja otot2 mata.

Ada juga bentuk penanganan buat buta warna yang sama seperti penanganan untuk penderita miopi atau hipermetropi, menggunakan lensa.

Dampak buruk dari penyakit buta warna ini kebanyakan dirasakan saat akan melamar kerja, masuk ke suatu program studi yang memang intensif dengan warna seperti :bidang kimia, teknik, angkatan bersenjata, dokter, arsitektur.

Untuk itu, kenali sejak dini apakah anda termasuk buta warna atau tidak ? Mungkin belum telat untuk pengobatannya.

Semoga Bermanfaat,

Ecko

artikel dimuat juga di:

http://blog.ngetrend.com/blog/2008/01/04/

Bookmark and Share

Tag/Label buta warna
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
67 komentar pada warta ini
Senin, 07-01-2008 21:00:35 oleh: yanuar

Mas kira2 ada gak ya sarana to melatih mata kita karena saya termasuk orang yg gak bisa liat angka 42 diatas.
Thanks...




Selasa, 08-01-2008 09:45:43 oleh: Ecko Manalu

dear mas yanuar,

Sebenarnya Saya masih kurang kompeten dalam menjawab pertanyaan ini, sebab Saya bukan orang medis. Tapi, Saya akan coba jawab sesuai dengan sumber yang Saya dapat.

So far, dari sumber yang saya dapat, belum ditemukan cara untuk melatih agar kita dapat melihat angka 42 di atas. Atau dalam artian, belum ada ditemukan bentuk latihan untuk dapat menyembuhkan penyakit buta warna.

Pada artikel di atas, Saya hanya mendapatkan dua cara penanganan untuk penderita buta warna.
1. Menggunakan lensa khusus penderita buta warna.
2. Mengikuti terapi intensif (harian), seperti injeksi B-complex dan terapi listrik.

Demikian yang dapat Saya paparkan buat Mas Yanuar. Semoga membantu.




Rabu, 09-01-2008 21:49:20 oleh: yanuar

thanks mas Ecko..!



Selasa, 15-04-2008 09:25:59 oleh: ardhi

mas aq mau tanya' tempat buat terapi bw di surabaya t ad dimana?
trimakasih ats perhatiannya




Selasa, 15-04-2008 14:01:41 oleh: Ecko Manalu

@mas ardhi :
Wah..
kalau terapinya di surabaya saya kurang tau mas. Maklum Saya orang Medan :D
Mungkin bisa coba cari tau di Rumah Sakit2 besar, atau klinik mata, dan juga di spesialis mata.





Senin, 28-04-2008 09:15:52 oleh: sank

mas dmana ya bisa dapatkan lensa khusus penderita buta warna buta? yahh semoga bisa meringankan ujian umat manusia.. thanx bngt...



Kamis, 01-05-2008 19:55:46 oleh: paijo

Butawarna adalah peyakit yang dikaruniai oleh Allah SWT dan seharusnya kita syukuri karena orang lain mungkin tidak ada yang bisa seperti kita. amin........



Kamis, 01-05-2008 22:06:56 oleh: Anwariansyah

@paijo
Saya senang komentar Anda. Saya juga punya penyakit bawaan (maaf tidak bisa saya sebutkan) yang membuat saya harus menyiapkan obat dan meminumnya bila penyakit itu datang. Saya tetap menyukurinya, bahkan dia menjadi bagian dari diri saya.




Senin, 30-06-2008 01:10:00 oleh: opek

mas, tolong kasih aku web di mana bisa mnunjukkan gambar-gamabr ishihara yang sampai 40 an gambar itu, terims



Senin, 30-06-2008 19:31:08 oleh: Gunawan

Saya juga buta warna, sudah coba berkali-kali tetep aja gak muncul angka 42, tapi saya bersyukur masih bisa melihat.



Rabu, 09-07-2008 22:17:43 oleh: putra

saya buta warna partial neh,,kata dokter..
padahal dulu saia selangkah lg masuk akpol...
saia pernah stres,.. untung saia bisa sadar.
padahal kedua org tua saya normal,, kt dokter sih buta warna saya di turunkan oleh kakek ibu saya,..
huh..

tp semua ada hikmahnya kok..^^




Kamis, 17-07-2008 17:07:20 oleh: Gea

Kpd Putra :

saya jga buta warna partial
kelas 3 SMA, sebenarnya tujuan saya masuk tekhnik,
saya bingung harus ambil kuliah apa
karena gg semua perusahaan mau mengerti apa itu buta warna sebenarnya -pdahal buta warna partial saja-




Minggu, 10-08-2008 20:05:40 oleh: faizal amre

saya jg buta warna knpa buta warna gak bisa masuk astra




Selasa, 02-09-2008 16:47:50 oleh: martin

mas juga buta warna tolong ksih tau penyaembuhan buta warnanya dong?



Selasa, 02-09-2008 16:51:29 oleh: martin

kalau ada terapi yang d jakarta aj...............tolong bantu saya



Minggu, 05-10-2008 14:02:29 oleh: yudik

Tuhan maha adil...



Senin, 20-10-2008 09:32:53 oleh: arifin

Kalo dah kena buta warna, Dunio dak bekelir!
Cak mano mang!




Selasa, 11-11-2008 09:13:38 oleh: andreas

apakah orang buta warna harus di diskriminasi?



Kamis, 04-12-2008 20:21:24 oleh: juned

mas gimana dptin lensa bt buta warna. kl memang ad kasih tau donk. kl pun ad obat y kan bisa bermanfaat. TX



Kamis, 15-01-2009 11:50:01 oleh: nita

saat ini saya duduk di kelas 3 SMA dan cita-cita saya adalah melanjutkan studi di fakiltas teknik kimia. tetapi kemarin saat saya mencari surat keterangan tidak buta warna untuk melengkapi berkas2 persyaratan PMDK saya, saya malah divonis oleh dokter bahwa saya menderita buta warna. saya tidak tahu harus bagaimana lagi, harus meneruskan studi dimana



Minggu, 25-01-2009 15:15:16 oleh: medita hermawan

saya divonis buta warna parsial oleh dokter, dan sekarang lagi bingung nentuin jurusan buat kuliah..
mohon bantuan nya untuk memilih jurusan yang pas.




Minggu, 26-04-2009 10:39:30 oleh: Andy

mas mas jawab dong itu buat beli lensa buta warna dimana?



Minggu, 24-05-2009 20:43:52 oleh: aris pujanarko

apakah kelainan tersebut dapat disembuh kan?
klo ada,bagaimana cara penyembuhannya?




Minggu, 07-06-2009 12:23:20 oleh: joko sumanto

saya cari buku ishihara susah didapat, dimanakah yang jual buku ishihara tersebut.
di jogya dimana, di semarang dimana, di jakarta dimana.





Senin, 08-06-2009 12:40:31 oleh: pray

Buta warna ga penting, yg penting kita masih bisa bekerja & berman faat buat orang. Daripada ga buta warna tapi ga bisa kerja & menyusahkan orang lain.
Maka dari itu "syukuri" kebuta warnaan kita tapi kita masih bisa mamberi manfaat tui orang banyak. Amin




Rabu, 17-06-2009 02:04:40 oleh: rama

mas saya ini buta warna partial, tapi saya kuliah di salah satu PTN di plg jurusan teknik mesin. Yang ingin saya tanyakan apa adakah perusahaan yang bergerak di bidang industri yang bisa menerima saya kalau ada tolong sebutkan nama perusahaanya mas. Terima Kasih wasalam.



Rabu, 17-06-2009 13:06:01 oleh: jasmani

Saya dapat kbr katanya untuk terapi buta warna ada di Bantul-Yogya. mohon bila ada yg tahu persisnya dimana ya. Nuwun



Jumat, 19-06-2009 20:49:41 oleh: Paulus allan

mas saia mwu tanya..apa bisa di pastikan kalau orang yang sudah positif buta warna partial.....bila rajin mengkonsumsi vitamin A saja lama kelamaan dapat sembuh.,.,.?? coz saia frustasi dengan keadaan saia masss.buat susah nyari sekolah aja
tlong balasannya.,Thx




Selasa, 23-06-2009 08:34:47 oleh: Trigas Badmianto

Ketika di beri waktu 3 detik untuk mencari angka 42 di atas tidak kelihatan, masih mencari-cari. Tetapi jika sudah tahu sebelumnya kalau ada angka 42 di atas, dicari pelan2 baru kelihatan.

Apakah ini juga termasuk buta warna ?
Terima kasih atas penjelasannya.




Rabu, 24-06-2009 09:51:15 oleh: adi

Saya juga penderita buta warna. Hal ini saya ketahui ketika saya baru masuk kuliah (fisika),. Alhamdulillah saya sudah bekerja, dan waktu tes kesehatan dulu, saya menghapal seluruh gambar angka yang ada di Buku Isihara, yang saya dapat dari internet, saya lupa websitenya, tapi kalo ada yang mau melihat angka2 itu, silahkan cantumkan alamat email, nanti akan saya kirim lewat email....



Sabtu, 18-07-2009 09:20:37 oleh: Iman

mas,saya penderita buta warna parsial,q sempet frustasi banget coz q ga2l tes akpol....kr2 pekerjaan apa ya yang sesuai buat q???thx ya



Sabtu, 18-07-2009 11:04:45 oleh: jafar

apakah orang buta warna bisa disembuhkan, atau suatu penyakit turunan ?...Dan kalau bisa, upaya apa saja yang harus dilakukan... tks



Selasa, 28-07-2009 09:31:46 oleh: ra

mas adi saya pengen tw website nya ishihara alamt saya ini
wirasanjaya182@yahoo.com

mohon bantuan'a mas..tks




Senin, 03-08-2009 13:53:47 oleh: boby satria

mas kalau buta warna sulit disembukan, hapalin aja bukunya saya bisa bantu hub 085220653177



Selasa, 11-08-2009 23:58:07 oleh: arif prabowo

mas minta tolong terapi yang ada di bantul yogyakarta,alamat lengkapnya di mana ya...?
trimakasih atas balasannya




Selasa, 17-11-2009 19:46:37 oleh: matias desriansyah

mas adi tlg ya website ny,sy frustai ni,,,,tlg???almt sy matiasdesriansyah@yahoo.co.id



Jumat, 25-12-2009 21:19:03 oleh: dheo bae

mas saya dheo di pekan baru

mas saya sangat frustasi kali waktu pertama kali saya BW
waktu itu pas tes buat SIM
ketahuan saya BW
padahal semua telah saya siapkan untuk mengikuti Tes angkatan
tapi Tuhan berkata lain
mungkin ini adalah jalan trbaik saya
mungkin jalan yang lebih baik menunngu didepan

tapi klo ada obat nya BW
tlong kasih info saya ya mas

salam kenal dari dheo




Minggu, 17-01-2010 16:45:09 oleh: e.viandi

slm knl u/tmn2 smua,

Sy jg sm spt tmn2 smua,sy sdh tau sy pndrt BW sjk sy SMA,n sy blm bgtu mgrt knp,n dr bbrp x tes kul,n krj br sy mgrti bhw mmang BW mbwa dmpk y -baik u kt,seolah2 lgkh hdup kt trhnti krn itu,tp sy mrsa Allah hy ingin mgji umatNya,apkh tls mnrm ujian p g,nmun sbg mnsia biasa sy jg trkdg sk mrs sdih&kcw mgp sy trlhir spt ini,tp y kt hy mnsia,cm bs brhrp Allah g akn mympitkn rjki u/umatNya y diuji spt kt2 ini,
Btw,klo pymbuhan BW ad d bdg bs call me 081220229596,thank u/smua,jgn pnh mrsa frustasi,krn hdup g hny ddnia,tp akhirat sdg mnunggu kt,mdh2n kt mjd org2 y slu brtwkal,amiinn




Sabtu, 23-01-2010 10:48:20 oleh: Arya Satya

Waduuuuuuuhhhhhh,,,, sy juga meRasakAn hal yang sama,,, GA tw malu sm ayAh yang polisi... Mw nya sich ikut tes akpol tp.... Waktu tes kesehatan d RSU... Sy mlah divonis buta warna, sy sdih bgt krna cita2 dr kecil pu2s sdh... Tp untung ada ma2 yang beri tw, klo smUa manusia pNya garis tanGan masing2... Kita haNya menjalaninya... hehe
Tp klo blh taNya ada terapi bwt nyembuhin buta warna ga?




Kamis, 04-02-2010 15:44:22 oleh: gita walsudi

adik2 sklian xan jgn sedih bwh benar sgl ssuatu itu dh ada yg ngatur yaitu alloh mengenai kekurangan kta jgn sdih berkelanjutan ttp msa dpan dgn optimis insya alloh tuhan akan ksh jln trbaik bwt kita ax jga trmsk spt xan2 tpi dgn optimis ttp masa depan alhamdulilah kkurangan itu tk berarti banyak dlm kehidupan aku dan mngenai profesi tk berdampak banyak dalam ngejalaninya dn yg ptg kta hrs optimis bwh kkurangan pd kita hrs kta anggap suatu kelebihan bagi kita sbg pemberian yg terindah dari yg maha kuasa amin



Selasa, 09-02-2010 14:30:36 oleh: mayshar

mas, tolong kasih info utk penyembuhan BW ini, tolong kirim email, or sms 085692258989.



Rabu, 03-03-2010 01:01:40 oleh: Evan tysmayudanto gunawan

Mas buat beli lensa buta warna dimana..eh y klo ada cra nyembuhin BW tlg q mnta brita.y



Rabu, 03-03-2010 07:05:14 oleh: evan

Mas adi saya minta website.nya ishihara jg dunk..ni emailq
live_vanz@yahoo.com




Senin, 22-03-2010 12:58:36 oleh: ahmad muqohar

saya juga baru sadar tntg besarnya dampak dari buta warna sblmx q cm anggp spele tapi pas kmrin q mlmr krja q ggl d tes warna,q xsel bgt cz q da ngrpin bgt bs msuk krja biar da prubhn dlm hdp q, but live is so mush go on jd ttp smgt bwt smw yg snsb 5 q. SEMANGAT.........



Selasa, 23-03-2010 18:44:16 oleh: ahmad sima

aku pux teman,jg kena dampak bw,tapi waktu dia buka buku tes ishihara ada juga yg dilihat dan ada jg yg tdk.trus kebayakan angka yg disebut beda dengan yg sebenrx,contoh angka 8 dibilang 3,trus angk 5 diblng 6,gimana ini apa jenis kategori bw yg dialami teman sy ini ?



Minggu, 28-03-2010 23:17:53 oleh: gilang

ada pengobatan yg ilmiah ga bt penyembuhan org buta warna ?



Jumat, 16-04-2010 14:40:20 oleh: tikA

sbnrnya ada kok tmpat penymbuhan buta warna, tmptnya ada di kebumen. untuk informasi selanjutnya hub. 02876661859.



Rabu, 28-04-2010 15:19:36 oleh: roy

buta warna total dan parsial....apa dampaknya pada profesi tentara/polisi...kenapa tidak dibolehkan menjadi tentara/polisi..!!! tolong beri penjelasan secara ilmiah..apakah ada pengaruh secara kejiwaan seorang penderita buta warna!!!!termasuk didalamnya sikap & mental seorang penderita buta warna...kalo tidak ada yang bisa menjawab berarti telah terjadi pelanggaran HAM BERAT!!!! GUSDUR BUTA MATANYA BISA JADI PRESIDEN!!!!! telah terjadi diskriminasi!!!!Indonesia apakah sudah ada RUU tentang Kesehatan!!!



Kamis, 06-05-2010 08:14:02 oleh: Prayit ardiyanto

Sya jg BW kenpa sya og bz ambil f. Teknik mesin dsuatU PTN. . .
Bwt BW smua jngn pupuz harapan. . Hargailah kekurngan kita
dimana ada jalan. . Tu psti da kesemptn qt. . .




Selasa, 11-05-2010 21:40:41 oleh: Kanjeng

solusi gan.....
aku udah buktiin nganter temen.... di jogja ada yg bisa ngobatin BW.....ini contaknya BUDI(pendaftaran)
TELP 081 328 000 838...... coba aja gan....




Rabu, 12-05-2010 21:18:16 oleh: Angga

Saya juga BW nie....haduhhhh repot bgt....dulu saya waktu smp saya menonjol di elektronika...nilai saya bgus...dan saya bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dr yg lainny...setelah lulus saya mau daftar d stm....tp saya gagal waktu tes warna....haduhhh...buat mas adi saya minta tolong dikirimin gambarnya y...nie alamat email saya ucokuwooh@yahoo.co.id.....terima kasih sebelumnya....salam



Minggu, 27-06-2010 01:10:00 oleh: anto

saya terkena buta warna parsial , tahu saat tes masuk stm , walaupun bw partial saya bisa membedakan semua warna di perusahaan saya yang bergerak di bidang painting otomotif, (hidup ini adalah ujian dari Alloh ta'ala termasuk buta warna "kita") sabar jalani apa yang telah ditaqirkan bersyukur atas ni'mat Alloh yang lain.




Kamis, 01-07-2010 09:16:06 oleh: ranu widhiyatmoko

gimana cara penyembuhan buta warna itu???????????



Senin, 19-07-2010 19:51:27 oleh: yogi

bagi yang buta warna yg di surabaya da tempat terapinya
di jl. perumahann griya kebrawon indah
tuk lebih jelasnya hub.
terbukti.




Minggu, 25-07-2010 00:08:50 oleh: bram

saya skrg kls 3 sma saya bingung mau masuk jurusan apa
tolong kasih tw plissssssssssss
saya bingung masa depan saya mau di bawa ke mana!!

email:
bryan23bdg@ymail.com




Minggu, 25-07-2010 00:14:07 oleh: bram

saya skrg kls 3 sma saya bingung mau masuk jurusan apa
tolong kasih tw plissssssssssss
saya bingung masa depan saya mau di bawa ke mana!!

email:
bryan23bdg@ymail.com




Sabtu, 23-10-2010 09:09:38 oleh: rendi

aq buta warna berobat di mas suharjo dikebraon indah permai blok D no 11. Surabaya 03183390334 dan allhamdulilah selama 5 hari saya sudah melihat semua dan bahkan ada yang 1 hari bisa melihat semua seperti temen saya Rashadi.
bagi temen-temen lain yang menderita buta warna kalo ingin sembuh buta warna datang aja ke mas suharjo karena pengobatan ini sudah 22 tahun berdiri.




Senin, 04-04-2011 11:07:19 oleh: abu

buat semuanya....
kebetulan saya refraksi optisi, buta warna itu bawaan dari lahir ato keturunan sampe sekarang tidak ada obat untuk menyembuhkan jadi jangan percaya kalo ada yang bisa sembuhin,yang ada yaitu pasien dibuatkan kaca mata sesuai kekurangan warna yang dialami pasientersebut (parsial).bila buta warna pasti tidak boleh kerja di bagian yang berhub dgn warna mis:kabel,lab dll jadi...jangan sedih rizqi alloh masih sangat luas




Senin, 13-06-2011 11:52:58 oleh: anta

bg yg sdh ngrasain imbasx BW prsial, hdup rsax tiggal sparuh nfas,
awalx.. mkir, hdup ne mo dbwa kmna..
modal kpinteran udh pnya tp fisiqly g nunjang, byk jln ikt akpol, akmil, cz ada byk fsilits bt nju ksna.. fktor otak-udh encer, fmily yg pnya titel tggi dsitu-jg byk.. tp syang emg g nasibx dsitu..
kl q skg pasrah, bdoa, brusaha sma mkir gni...
"klo ddunia ja dksih cbaan kyak gni.. q ykin d akhirat 'ssuai dgn kpercayaan' bkal ada kmudahan, cz q ykin ddunia dpersulit mk d akhirat pasti dpermudah.




Rabu, 20-06-2012 20:13:18 oleh: justin

bagus dan membuat hidup lebih berarti



Senin, 09-07-2012 19:35:12 oleh: Adhie

BW parsial memang sngt menyakitkan tp hdup ttp harus berjalan, org yg BW parsial sperti didiskriminasi, trkadang pekerjaan yg ga ada hubungan dgn warna jg tidak meloloskan org yg trkena BW parsial...sungguh kejam

Skrg ada pembukaan kemenkumham dan ada syarat tidak buta warna, klo ada yg pernah dftr apa tdk BW disini termasuk jg BW parsial atau hanya BW total, krna sy ingin dftr tp sdh kburu drop saat tahu ada syarat tdk BW :(

Saat melampirkan dokumen klo kta tdk BW apakah kita nanti akan dites lg disana, mohon penjelasannya ya, shbat sklian :)




Kamis, 16-08-2012 17:14:35 oleh: Alfris latif

ada ngak kaca mata untuk buta warnamjika ada tolong alamat dan no tlp nya pleasssssssssssss



Senin, 13-05-2013 21:33:33 oleh: riski

saya juga seorang bw partial, anugrah ini bru terdeteksi pada masa saya sma, namun pada saat sleksi ptn sy nekat milih bidang jurusan favorit sy yakni kimia, sy sempat lolos namun saat mcu sy dinyatakan bw, dan akhirnya sy pun dipindh dan memilih fakultas hukum, saat ini sy telah lulus dan hanya membutuhkan waktu 3,6 tahun untuk dapat diwisuda, bagi adik2 yang menderita bw, tetap lanjutkan cita2 mu jangn berputus asa, karena semua itu sudah ada jalannya, dan jangn pernah merasa kalo kamu sendri....., bersabar saja, allah tidak akan memberikan cobaan yang melebihi batasan kemampuan yg kita miliki...



Sabtu, 24-08-2013 18:44:17 oleh: iskandarnoz

saya juga buta warna...
seakan hidup ini sempit...
tapi saya syukuri, karena untung kita cuma buta warna, bukan BUTA HATI...

tetap semangat kawan...




Senin, 21-10-2013 17:46:21 oleh: asri usman

mas,sya jga termasuk penderita buta warna,sdh 4 kali aku mendaftar sekolah pelayaran blum jga lolos,mohon mas agar sekiranya mas memberikan solusinya



Jumat, 13-12-2013 14:09:10 oleh: wisnu tjahyadi

seharusnya jika jenis pekerjaannya tidak berkaraktristik tentang warna tidak boleh mencantumkan persyratan buta warna ini harus diselesaikan ke menkumham.





Minggu, 23-03-2014 15:07:39 oleh: nanda

mas adi saya juga mau dong websitenya. alamat e-mail saya nandaprana76@gmail.com



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY