Berthold Sinaulan

Catatan Akhir Tahun (4): Prangko Ternyata Masih Diminati

Jumat, 28-12-2007 16:15:39 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Peristiwa

Catatan Akhir Tahun (4): Prangko Ternyata Masih Diminati Fungsi utama prangko sebagai tanda pelunasan pengiriman surat pos memang makin berkurang. Baik karena makin sedikit orang yang mengirim surat melalui kantor pos, maupun karena di kantor pos pun prangko makin sedikit digunakan. Untuk pengiriman surat pos kilat khusus, express, atau pun Express Mail Service (EMS), tak digunakan prangko lagi. Petugas pon cukup membubuhkan cap pos dan carik tanda pengiriman di surat pos yang dikirim, sementara bagi pengirim diberikan bukti berupa selembar kertas bukti pengiriman surat pos.

Walaupun demikian, berdasarkan catatan penulis sebagai seorang kolektor prangko yang sering juga disebut filatelis, masih cukup banyak orang senang mengoleksi prangko maupun benda- benda pos lainnya. Prangko ternyata masih diminati. Kegiatan filateli juga cukup banyak digelar di Indonesia maupun di mancanegara sepanjang 2007.

Hanya dalam waktu selang sebulan, dua prangko "Jenny Terbalik" (Inverted Jenny), yang merupakan prangko pos udara termahal di dunia, laku dijual dalam lelang dengan harga yang mengagumkan. Seperti dilaporkan Kantor Berita AP yang dikutip oleh cnn.com, satu prangko terjual dengan harga US$ 977.500 (setara dengan Rp 9.090.750.000 bila US$ 1 = Rp 9.300, atau lebih dari Rp 9 miliar!!!), dan satu lagi terjual dengan harga US$ 825.000.

Prangko "Jenny Terbalik" itu adalah prangko pos udara Amerika Serikat (AS) terbitan 1918 dengan desain pesawat Curtis JN-4 biplane yang sering disebut sebagai "Jenny". Prangko itu harga satuannya hanya 24 sen dolar AS. Namun yang membuat prangko itu menjadi amat mahal, karena ternyata ditemukan satu lembaran besar yang terdiri dari 100 prangko yang cetakannya terbalik. Jadi gambar pesawat Jenny itu dicetak terbalik dalam prangko.

Dari 100 prangko langka, hanya ada lima prangko yang belum terpakai (mint) dan bagian belakangnya belum ada bekas hinge (secarik kertas kecil yang ditempelkan pada prangko untuk kemudian direkatkan ke album pada sistem album prangko "tempo doeloe"). Dua prangko yang terjual itu termasuk yang kondisinya mint never hinged.

Prangko-prangko langka memang masih menjadi "buruan" para kolektor di seluruh dunia. Begitu pula dengan sejumlah prangko langka Indonesia. Prangko Pos Militer Surakarta yang terbit pada 1949 misalnya, harganya mencapai belasan juta rupiah untuk sekeping prangko.

Namun di luar itu, kiprah hobi mengoleksi prangko atau filateli di Tanah Air belum terlalu menggembirakan. Dibandingkan dengan awal sampai pertengahan 1990-an, orang berbondong-bondong ke kantor filateli atau kantor pos besar untuk membeli prangko baru setiap kali terbit. Bahkan bisa terjadi antrean panjang, sejak sebelum kantor itu dibuka untuk umum.

Lelang-lelang prangko juga dipenuhi orang yang bergantian menawar benda-benda filateli yang dilelang. Kini, lelang prangko tak lagi begitu banyak pengunjungnya. Dalam lelang prangko di Kantor Filateli Jakarta pertengahan Desember lalu, pesertanya tak lebih dari 10 orang yang menawar langsung. Kursi-kursi yang disediakan tak lagi terisi penuh. Padahal dulu, semua kursi penuh, bahkan terpaksa kursi ditambah kalau ada pesertalelang yang belum kebagian kursi. Memang, masih ada penawar yang mengirimkan tawaran secara tertulis.  Namun seperti diungkapkan seorang filatelis, jumlahnya pun tak sebanyak dulu lagi.

Untunglah bahwa hobi mengoleksi prangko sedikit banyak bersinggungan dengan hobi mengoleksi mata uang dan medali (numismatik), hobi mengoleksi kartu telepon, kartu pos, dan gambar-gambar kuno. Jadi, para penjual benda-benda filateli kini tak lagi semata-mata mengandalkan pada menjual benda filateli saja, tetapi melengkapi pula dengan benda-benda lain yang dianggap banyak kolektornya. Keterkaitan hobi-hobi itu membuat para penggemarnya bisa bersinergi menyelenggarakan kegiatan bersama, yang sekaligus sebagai upaya mempromosikan hobi-hobi tadi, termasuk filateli.

Tumbuhnya pasar mata uang Hindia-Belanda (Nederlands Indie) yang kini banyak dicari para numismatis, juga membuat prangko dan benda pos lainnya dari masa Hindia-Belanda, ikut pula dicari orang.  Berkait dengan ini, kolumnis investasi asal AS, Holly Wheelwright, dalam salah satu tulisannya yang mengutip pendapat para ahli investasi prangko di negara itu mengatakan, "Stamps do best in their country of origin" (prangko (harga) terbaiknya ada di negara asalnya).

Tak heran bila penggemar prangko Hindia-Belanda juga umumnya berada di Belanda atau di Indonesia. Khusus di negara kita, prangko dan benda-benda filateli Hindia-Belanda umumnya dimiliki oleh para filatelis senior. Sebut saja dua nama juri filateli internasional asal Indonesia, Suwito Harsono dan Koes Karnadi, yang memilik koleksi benda-benda filateli Hindia-Belanda dan sudah berkali-kali memenangkan medali di pameran filateli internasional.

Penulis juga mencatat kasus penerbitan prangko seri "12 Lambang Shio". Gara-gara tahun 2007 adalah Shio Babi, sebagian filatelis menolak penerbitan prangko menyambut Hari Raya Ilmek itu. Kepala Unit Filateli PT Pos Indonesia, Abdussyukur yang mengkordinasikan pembuatan desain prangko itu, terpaksa harus mengubah berkali-kali gambar desainnya. Pada akhirnya, tidak ada lagi gambar babi dalam prangko utama, dan lebih dipilih gambar lampion serta anak-anak berpakaian tradisional China di depan pintu gerbang sebuah kelenteng. Gambar babi yang sudah distilir sedemikian rupa sehingga tidak lagi tampak seperti babi, hanya tampil bersama binatang-binatang lainnya yang dikenal dalam shio dalam souvenir sheet atau lembar kenangan dan cap atau stempel pos khusus hari terbit pertama prangko seri itu.

Itu pun masih mengalami hambatan. Walaupun demikian, setelah melakukan berbagai pendekatan, prangko 12 Lambang Shio yang dalam Bahasa China disebut Cap Ji Xio atau dalam Bahasa Inggris disebut Chinese Zodiac Sign, akhirnya jadi juga diterbitkan. Ternyata setelah diterbitkan, tak ada masalah dan para filatelis justru menyambutnya gembira. Bahkan tak sedikit filatelis mancanegara yang khusus mencari dan membeli prangko seri itu.

Tahun depan, akan diselenggarakan Pameran Filateli "Jakarta 2008", yang merupakan pameran filateli tingkat Asia-Pasifik. Ini adalah pameran filateli internasional pertama yang kembali diselenggarakan Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah sukses menyelenggarakan "Indopex ‘93" di Surabaya (tingkat Asia-Pasifik), "Jakarta ‘95" di Jakarta (tingkat Asia-Pasifik), dan "Indonesia ‘96" (tingkat dunia, khusus untuk remaja) di Bandung.

Dalam pameran di Bandung, tempat pameran di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, terpaksa harus ditutup beberapa saat, karena membludaknya pengunjung. Pihak panitia dan keamanan, menutup pintu masuk, karena di dalam telah ada ribuan pengunjung. Setelah sebagian keluar, baru pintu masuk dibuka kembali. Setiap hari pengunjung datang dalam jumlah yang banyak dan pameran itu tercatat sukses besar.

Itulah sebabnya, Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PP PFI) mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah pameran tingkat dunia untuk remaja dan senior "Indonesia 2000" yang akan diadakan di Jakarta, pada tahun 2000, semua pihak menyambutnya gembira. Sayangnya, situasi dan kondisi politik saat itu belum begitu baik, dengan masih banyak demonstrasi di mana-mana. Padahal sudah banyak filatelis dari mancanegara yang berminat ikut serta. Akhirnya, pameran pun dibatalkan.

Sejalan dengan itu, minat masyarakat Indonesia terhadap filateli pun, pelan-pelan surut. Kini dengan upaya PP PFI yang akan menyelenggarakan Pameran Filateli "Jakarta 2008", minat warga terhadap filateli diperkirakan akan dapat dibangkitkan kembali. Mudah-mudahan itu yang memang terjadi di tahun 2008.

Bookmark and Share

Tag/Label prangko, indonesia, 2007, 2008, inverted jenny, lelang, pameran, aneka
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
8 komentar pada warta ini
Sabtu, 26-01-2008 13:56:20 oleh: EA Budi Darmawan

Terus terang, jadi teringat masa SMP dulu waktu lagi seneng-senengnya filateli... Apa kabar filatelis Indonesia 2008?



Sabtu, 07-06-2008 14:27:50 oleh: suaibun

prangko yang saya punya semuanya saya dapat dari kolektor yang berada di Taiwan, kalau ada yang berminat saya mau lelang semua prangko tersebut, prangko itu tahun 1950an - 1960an



Senin, 13-10-2008 17:29:14 oleh: M.M.Fenany

Harga jual prangko gambar MONALISA yang pantas berapa?



Jumat, 27-03-2009 20:05:33 oleh: muhammad paidi

pengen tau prangko indonesa termahal kaya mana, brapa harga...



Senin, 17-08-2009 17:18:27 oleh: Rusmiati

Mohon Informasi Prangko Indonesia Gambar Pesawat Terbang Th 1965 (25,- Sen) berapa Ya harganya ..?



Sabtu, 14-11-2009 20:08:42 oleh: ledi eliana

yang q tanya adlh duplikat kartu pos itu gimana?biar ku print lewat internet.Maaf,klau komentar q nih salah.TRIMA KASIH!!!!



Jumat, 11-12-2009 05:57:20 oleh: Dr Iwan S.

Siruasi koleksi prangko saat ini tidak begitu bergairah di Jakarta, kecuali prangko ematik dengan harga sangat rendah. kendatipun demikian beberapa kolektor asal cina yang saat ini sedang bekerja di Indonesia ikut meramaikan pasaran prangko Cina khususnya masa revolusi kebudayaan. Banyak pertanyaan berapakah sebenarnya nilai suatu koleksi prangko dan jenis koleksi lainnya , untuk itu telah saya bangun blog khusus dengan nama Unique Collection,s blog (by Dr.Iwan S.) diklik lewat Google. Telah banyak yang mengakses tetapi komentar dan pertanyaan masih terbatas, saya harap para kolektor ikut aktif memberikan komentar dan sharing informasi, setiap bulan secara kontiniu akan diedit dengan info baru, tentang Indonesia masih terbatas , tetapi bila banyak permintaan akan diterjemahkan info koleksi tersebut dari bahasa Inggris ke bahasa indnesia. Tema yang khus adalah kisah perjalanan dan koleksi unik yang ditemui. Selamat menikmati info "Unique Collection's blog (by Dr Iwan S.)



Minggu, 22-07-2012 06:04:02 oleh: ahmad maulana syah mahendra

SAYA PUNYA PRANGKO PESAWAT TERBALIK




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY