Leonardo Paskah Suciadi

Pencegahan Penyakit Periodontal

Kamis, 27-12-2007 13:42:08 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Pencegahan Penyakit Periodontal

Permasalahan penyakit-penyakit pulpa gigi dan periodontal berawal dari pembentukan dental plak. Dental plak adalah deposit lunak berwarna putih kekuningan yang tersusun dari garam-garam saliva dan koloni mikroorganisme mulut ( pada umumnya Streptococcus mutans ). Dental plak merekat kuat pada permukaan gigi dan lokasi tersering adalah pada daerah-daerah gigi yang sulit terjangkau saat menggosok gigi seperti pada pit dan fissure dari gigi-gigi premolar-molar atau pada daerah tersembunyi di samping gigi dengan malposisi. Pelekatannya melalui pellicle memerlukan gosok gigi dengan tepat untuk dapat terlepas, tidak sekedar kumur-kumur. Dental plak adalah ‘rumah’ ideal dari mikroorganisme mulut untuk menempel pada gigi, karena kuman terlindung dengan baik dari pembersihan alami dengan saliva dan lidah, kuman akan terus berkembang, membentuk asam dari sisa-sisa makanan dan memicu mineralisasi dari struktur keras gigi, dengan demikian gigi pun perlahan tapi pasti akan ‘keropos’ dan membentuk karies yang jika berlanjut dapat merusak pulp chamber dan memicu penyakit-penyakit pulpa. Namun jika proses tersebut terjadi pada dental plak yang terletak pada gigi dekat gusi, prosesnya akan berlangsung mulai dari marginal dan mengarah pada penyakit-penyakit periodontal (gingivitis marginal, periodontitis marginal bahkan hingga abses periodontal ).

Berbeda dengan penyakit pulpa, khususnya pulpitis akut, dimana pasien merasa sangat kesakitan hingga mengganggu tidur, makan dan membuat uring-uringan, pada penyakit periodontal seringkali gejala tidak nyata bahkan asimtomatik. Dengan demikian pasien dengan penyakit periodontal sering cuek karena sakit giginya tidak mengganggu aktivitas dan tentunya jarang berkonsultasi ke dokter gigi, namun sialnya proses periodontal akan terus berlanjut jika tidak dikenali dan ditangani lanjut. Apabila deteksi telat dimana proses periodontal lanjut telah terjadi seperti pembentukan dan peradangan pocket, seringkali gigi sudah goyang dan penanganan lebih sulit. Oleh karena sangat diperlukan pengenalan dini dari proses tersebut dan upaya-upaya pencegahan standar nya.

Terdapat beberapa langkah-langkah preventif terhadap penyakit periodontal sebagai berikut :

1.Perlunya mengenal kelainan-kelainan periodontal seperti gingivitis marginal yang sering terjadi maupun bentuk lainnya seperti gingivitis atrofi/deskuamatif. Bahkan penanganan harus segera diberikan apabila Acute Necrotizing Ulcerative Gingivostomatitis ( ANUG) dikarenakan kelainan ini memiliki tingkat destruktif yang tinggi. Kelainan periodontal lanjut juga harus dikenali seperti sudah terbentuknya true pocket, periodontitis marginal maupun abses periodontal. Walaupun pada kelainan-kelainan lanjut ini gigi masih mungkin vital tetapi resorpsi tulang alveolar umumnya sudah berlangsung dan penanganan lebih lanjut diperlukan.

2. Mengenal faktor-faktor lokal terkait seperti calculus/tartar/karang gigi , material alba, food impact dan tentunya dental plak. Dengan demikian pembersihan dan eliminasi factor-faktor tersebut dapat segera dilakukan. Calculus merupakan deposit keras karena mengalami kalsifikasi , keberadaannya terutama pada daerah servikal gigi akan menjadi iritan kronis terhadap gingival sehingga proses peradangan cepat atau lambat akan terjadi. Masih ada faktor lokal yang harus dikenal dan ditangani seperti trauma oklusal misal karena gigi yang impacted dan malposisi, kebiasaan-kebiasaan jelek seperti bruxism-clenching dan bernapas dengan mulut. Pengenalan cara sikat gigi yang tepat juga diperlukan karena cara sikat gigi yang salah seperti arah horizontal akan menimbulkan abrasi maupun resesi gingival. 


3. Oral Hygiene Instruction ( OHI)

Merupakan pesan-pesan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Pasien perlu dijelaskan mengenai pentingnya menjaga oral hygiene sehingga mereka dapat menyadari sendiri kegunaan bagi dirinya.Kesadaran sendiri itu sangat perlu, merupakan obat pencegah yang paling manjur. Salah satu cara pendekatan yang baik dan mudah dilakukan adalah dengan menunjukkan dengan kaca saat pemeriksaan gigi dilakukan oleh dokter gigi kepada pasien itu sendiri, dengan demikian mereka dapat melihat sendiri seberapa ‘menakutkan’ gambaran penyakit gigi yang mereka derita sambil dijelaskan komplikasi dan bahaya-bahaya yang dapat menyertai kelainan tersebut kemudian. Penjelasan bahwa kebanyakan penyakit-penyakit tersebut berawal mula dari pembentukan dental plak perlu pula dijelaskan dengan demikian mereka pun dapat mengetahui pentingnya upaya eliminasi dari plak yang sudah terbentuk dan upaya-upaya pencegahan pembentukannya lebih lanjut.


Pengenalan cara-cara sehari-hari yang efektif dalam menjaga oral hygiene seperti :

a. sikat gigi : semua orang sudah tahu tentunya cara yang satu ini, mungkin juga sudah dilakukan setiap hari. Jadi yang penting disini adalah pengenalan teknik sikat gigi yang tepat, memotivasi untuk sikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi dengan tepat. Teknik sikat gigi yang secara horizontal adalah lazim dikenal umum, dan itu merupakan suatu kesalahan karena dengan cara demikian lambat laun dapat menimbulkan resesi gingival dan abrasi gigi. Lebih lanjut lagi, penyakit-penyakit periondontal akan lebih mudah terjadi.

Pemilihan bulu sikat yang halus juga penting supaya  tidak melukai gusi. Hendaknya sikat gigi diganti sekurang-kurangnya tiap sebulan sekali, dengan demikian bulu sikat masih tetap efektif dalam membersihkan gigi. Pasta gigi berfluoride selayaknya dipilih karena dari penelitian kandungan fluoride tersebut mampu menurunkan angka karies melalui 2 hal ; mengeliminasi dental plak yang merupakan cikal bakal karies serta suplemen topikal fluoride bagi gigi sebagai mineral protektif penting terhadap karies.

b. Kumur-kumur antiseptik( Oral Rinse) : terdapat berbagai bahan aktif yang sering digunakan sebagai kumur-kumur. Yang dijual bebas umumnya berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan seperti metal salisilat ( seperti pada produk Listerine ), sedangkan yang perlu diresepkan dokter adalah chlorhexidine 0.20 % ( seperti pada produk minosep) dan H2O2 1.5 % atau 3.0 %. Kumur-kumur yang lebih murah dan cukup efektif adalah dengan air garam hangat.

Sebenarnya kumur-kumur lebih diperlukan pada penyakit-penyakit gusi dan periodontal sedangkan dalam penggunaan sehari-hari tidak terbukti dalam mencegah karies,apalagi jika penggunaannya tidak diawali dengan sikat gigi. Jadi penting untuk diketahui bahwa kumur-kumur bukanlah pengganti sikat gigi dan sikat gigi masih menjadi upaya pencegahan terpenting dari penyakit-penyakit gigi, khususnya karies. Bahkan jika kumur-kumur terlalu sering digunakan akan menyebabkan flora normal mulut akan mati dan merangsang pertumbuhan candida serta juga membuat mulut dan menjadi kering seperti terbakar.

c. Dental floss atau benang gigi : akhir-akhir ini cara ini mulai banyak diperkenalkan , dan cukup ampuh untuk membersihkan di sela-sela gigi. Tapi teknik harus dimengerti dengan tepat karena jikalau tidak, alih-alih mencegah penyakit periodontal, yang terjadi malah melukai gusi dan membuat radang.

d. Pembersih lidah : juga mulai banyak digunakan, baik untuk membersihkan dorsum lingual yang seringkali luput kita bersihkan saat sikat gigi. Tumpukan debris di dorsum lidah penuh dengan kuman-kuman oportunis serta candida yang bermukim sebagai flora normal maupun transient. Penjelasan mengenai cara lagi-lagi diperlukan.

 

 4. Kontrol ke dokter gigi secara teratur diperlukan sebagai salah satu upaya preventif, karena merekalah ahlinya dan terkadang kita sendiri seringkali luput mengamati perubahan pada gigi dan gusi yang masih kecil. Bagi mereka yang pernah menderita penyakit periodontal disarankan untuk kontrol secara teratur ke dokter gigi setiap 3 bulan sekali.

 

Apabila kelainan periodontal telah terjadi, terapi dan erawatan lanjut diperlukan. Umumnya terapi non invasive yang dilakukan pada kasus-kasus penyakit periodontal adalah :

  1. Scaling : tindakan semacam pengeboran untuk melepaskan kalkulus dari tempat perlekatannya pada gigi. ( Umumnya kalkulus supragingiva berlokasi pada sisi bukal dari gigi-gigi molar rahang atas dan sisi lingual dari gigi-gigi anterior rahang bawah). Tindakan ini diperlukan karena kalkulus merupakan deposit yang terkalsifikasi sehingga merekat keras dan tidak hilang dengan sikat gigi.
  2. Kuretase : tindakan pembersihan periodontal pocket yang berisi banyak food debris maupun kuman untuk mencegah peradangan lanjut.
  3. Antibiotik : apabila terbukti keterlibatan kuman baik secara klinis maupun mikrobiologis, maka antibiotic mutlak diperlukan. Pada umumnya antibiotic yang digunakan pada penyakit-penyakit gigi adalah golongan penisilin karena kuman yang sering menjadi causa-nya sensitive terhadap golongan ini. Tetapi pada penyakit periodontal, terutama yang lanjut, perlu dipertimbangkan keterlibatan kuman-kuman gram negative serta anaerob, sehingga dengan demikian pilihan antibiotic jatuh pada tetrasiklin ( seringakali digantikan dengan golongan aminopenisilin karena ber spectrum luas juga) atau metronidazol karena efektivitas terhadap anaerob. Pemberian dapat berupa per oral maupun lokal seperti gel, tergantung dari luasnya dan tahap proses penyakit.
  4. Kumur-kumur antiseptic : terutama yang sering digunakan adalah Chlorhexidine 0.20 %. Kumur-kumur sekurangnya 1 menit sebanyak 10 cc terbukti efektif dalam meredakan proses peradangan pada jaringan periodontal.
  5. Analgetik-anti inflamasi : untuk meredakan gejala simtomatik


Pada akhirnya perlu diingat bahwa penyakit periodontal adalah kelainan yang berawal dari dental plak sehingga kunci sukses dalam upaya preventif adalah kontol dental plak. Dengan mengabaikan kontrol dental plak, tindakan preventif maupun terapi secanggih apapun umumnya akan kurang berhasil.

Bookmark and Share

Tag/Label periodontal, gigi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
16 komentar pada warta ini
Jumat, 16-05-2008 22:04:19 oleh: Putu Judy S.S.

Sangat menarik dan bagus untuk dijadikan berbagai contoh kasus di Puskesmas.



Selasa, 17-02-2009 11:25:12 oleh: een jm

Dear Dokter..
Saya ada masalah juga dengan gigi saya, satu gigi depan saya maju, dan setelah dianalisa ternyata harus dilakukan operasi, bubuk tulang dan membrane di appli di gigi saya,(terus terang saja saya agak awam masalah ini) baru 2 minggu ini melakukan operasi, dan kemaren operasi saya di buka, dan..saya melihat gusi saya naik, dan sekarang mulai terasa nyeri kalo minum atau even kena angin, saya kuatir dan stress mikirin gigi saya, dokter saya menginformasikan bubuk tulang+membrane akan bekerja kira kira 3 bulan pada tulang gigi saya..
yang ingin saya tanyakan : tindakan apa yang harus saya lakukan?apakah bubuk tulang dan membrane bisa di apply pada umur saya 34 tahun ini?resiko terburuk apakah yang terjadi pada gigi saya atau kesehatan saya?apakah saya perlu untuk melakukan operasi lagi untuk gusi saya?
Terimakasih.
salam




Rabu, 18-02-2009 10:19:42 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Een,
saya sarankan Anda kembali ke dokter gigi tersebut untuk observasi dan konsultasi lebih lanjut. Gusi yang naik bisa jadi dikarenakan jaringan tersebut longgar, dan tentu saja keadaan tersebut akan menimbulkan ngilu jika terkena makanan atau minuman tertentu karena bagian akar gigi terpapar dengan zat demikian. jika memang leher/akar gigi terekspos demikian (dikarenakan gusi penutupnya melorot), kama kelamaan dapat terbentuk karies dan infeksi lanjutan. Konsultasi sebaiknya perlu dilakukan ke dokter gigi yang memang sesuai bidangnya dalam kasus ini




Kamis, 19-02-2009 01:35:43 oleh: Liemeina

Dok, besok siang (19 feb) saya akan menjalankan operasi kecil. Gigi graham ke 3 saya tumbuhnya tidak pada posisi sewajarnya. Tumbuhnya miring gitu... Untuk saat ini sih gigi yang sudah tumbuh cuma bagian kiri aja dan yang posisinya tidak bagus, yang rahang bawah, yang atas tumbuhnya normal. Untuk yang kanan, masi belum. Tapi di hasil foto Rontgen menunjukkan kalau yang kanan juga posisinya tidak bagus... T.T
Pertanyaannya dok, sebaiknya, yang diangkat cukup yang kiri bawah saja (yang posisinya miring dan mengganggu) atau yang atas juga? Karena menurut dokternya yang atas dicabut juga saja soalnya ga ad gunanya kalo ga ad temennya....
Permasalahan lainnya, hari senin (23 feb) sore saya sudah harus kembalik Sydney untuk lanjut kuliah. Apakah waktu untuk penyembuhannya cukup hanya dalam beberapa hari? Apakah sebaiknya operasinya ditunda? Tapi saya takut kalu ditunda nanti malah mengganggu waktu saya di Sydney.

Makasi dok!




Jumat, 20-02-2009 15:56:02 oleh: Leonardo Paskah S

Ya, seringkali memang dokter gigi menganjurkan untuk diangkat atas-bawah karena memang gigi yang tak berpasangan akan berisiko terkena penyakit periodontal karena jaringan ikatnya loss dikarenakan tidak emmiliki titik tumbuk.
Berhubung keterbatasan waktu Anda ,saya sarankan untuk mencari waktu yang lebih fix dan perencanaan lebih tepat ketimbang memaksakan diri. Penyembuhannya sendiri tidak mungkin lsg hilang dalam beberapa hari saja, dan jika inflamasi masih berlangsung saat Anda berangkat via plane, seringkali rasa ngilu akan muncul berlebih.
Trima kasih, semoga membantu.




Jumat, 20-02-2009 15:59:36 oleh: Liemeina

ahahhaa...
makasi2 dok...
uda dicabut 2 neh kmaren...flight saya jadi diundur 2 hari... smoga sudah sembuh... amin....




Minggu, 22-02-2009 08:24:35 oleh: Leonardo Paskah S

Lie, kalo gak salah saya pernah liat kmu di RS.Siloam dhe ya...bener khan? hehe



Senin, 23-02-2009 08:56:20 oleh: liemeina

haa??
masa?
saya prna liat dktr? dimana? di lab nyaa??




Selasa, 24-02-2009 09:46:35 oleh: Liemeina

oooh.. UGD yee?



Rabu, 25-02-2009 09:01:47 oleh: Leonardo Paskah S

yup bener di UGD. masi di siloam? ato dah balik ke ausie? itu kmrn dalam rangka apa yah?



Rabu, 25-02-2009 09:45:03 oleh: Liemeina

kmaren magang dok... uda gak magang lagi..
hehehe.. pas liburan aj iseng2 bljr nambah ilmu..
hehehhe...
ntar sore balik nih.. hehehhe...




Kamis, 26-02-2009 00:56:18 oleh: Leonardo Paskah S

ow magang kmrn yah, haha telat kenal kita..
berarti sekrg sudah di ausie lagi yah?! met kuliah kembali dhe, gudluck...




Minggu, 01-03-2009 09:48:50 oleh: Liemeina

hahaha... knal ga prna telat dok... kuliah blm mulae.. tgl 9 br mulae.. skr nganggur dh,... hhehe..



Jumat, 14-08-2009 12:37:06 oleh: Maya Rusvader

Maaf...mau nanya???
Mengapa pada awal pembentukan plak dan akhirnya akan menjadi penyakit periodontal, sebagian besar ditemukan streptococcus mutans bukan yang lainnya? apakah pada proses terbentuknya plak sampai terjadinya penyakit periodontal, streptococcus mutanslah yang pertama kali ditemukan??




Senin, 31-08-2009 21:58:46 oleh: frizza

dear dokter, setahu saya bila setelah operasi bubuk tulang dan membran memang komplikasinya akan terjadi resesi gingiva. Terkadang juga terasa ngilu karena akarnya sudah terbuka. Sebaiknya mungkin diberikan desensitizer dan kontrol periodik postoperasi. Soalnya untuk pertumbuhan tulang juga memerlukan waktu 1 tahun - 2 tahun.



Rabu, 22-01-2014 19:54:28 oleh: silvia

Malam dok, saya ingin bertanya mengenai pocket gigi yg saya alami saat ini. Saya Pernah berkonsultasi ke dokter gigi sebelumnya krn saya sesekali merasa nyeri pada graham atas saya yg awalnya saya pikir gigi saya berlobang Dan harus di tambal, tapi dokter malah hanya mencongkel sela2 gigi saya sampai berdarah Dan mengatakan bahwa pocket saya Sudah dalam. Dokter hanya menyarankan saya untuk menykat gigi secara benar.Saya merasakan Semua gejala penyakit periodontal yg dokter tulis disini. Yg paling membuat saya terganggu adalah perubahan aroma nafas saya yg menjadi tdk sedap sehingga menggagu aktivitas saya. Saya setiap hari flu Dan bersin2, gejala ini seperti saya search di google merupakan gejala sinusitis. Minum Obat flu apapun tdk mengilangkan flu saya,efeknya hanya meringankan saja.Yg saya ingin tanyakan, apa penyakit sinusitis Dan peridontal ini memang berkaitan? Kalau iya, saya harus berkonsultasi ke dokter THT dulu atau dokter gigi? Dan apa Ada Obat herbal yg bisa menyembuhkan flu saya yg Sudah bertahun-tahun ini? Dan apa Ada Obat herbal untuk menyembuhkan pocket gigi saya supaya tdk semakin dalam? Mohon balasannya dok,terimakasi GBU



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY