Deirdre Tenawin

Vihara Avalokitesvara Banten Lama

Jumat, 21-12-2007 17:24:13 oleh: Deirdre Tenawin
Kanal: Remaja

Vihara Avalokitesvara Banten Lama

Peradaban manusia yang telah berjalan sejak lama menyisakan situs - situs yang begitu menarik dan berarti, salah satunya yaitu sebuah bangunan vihara peninggalan kerajaan Banten yang terletak di Kampung Kasunyatan Desa Banten, Kasemen Serang. Vihara yang namanya diambil dari nama seorang Buddha yakni Buddha Avalokitesvara ini, telah berdiri sejak abad ke 16 dan dikenal sebagai salah satu vihara tertua di indonesia. Menurut cerita para pengurus vihara yang telah mengurus vihara selama puluhan tahun, vihara ini dibangun oleh salah satu raja banten yang pernah memerintah di tahun 1652 bernama Syeh Syarief Hidayatullah. Saat itu Syeh Syarief Hidayatullah menikahi seorang putri Tiongkok. Sunan Gunung Jati yang merupakan salah seorang dari wali songo, melihat bahwa ada banyak perantau dari Cina yang membutuhkan tempat ibadah. Maka kemudian Sunan Gunung Jati berinisiatif untuk membangun sebuah vihara untuk tempat peribadatan umat Budha pada masa itu, vihara tersebut kemudian diberi nama Vihara Avalokitesvara.

Bagi masyarakat Banten sendiri, bangunan vihara ini tidak hanya sekedar menjadi bangunan bersejarah ataupun tempat peribadatan semata, tetapi juga sebagai simbol bagaimana masyarakat lampau mampu mewariskan keharmonisan dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada. Kita semua tahu masyarakat Banten dikenal sebagai komunitas mayoritas  muslim, tapi nyatanya keharmonisan beragama di kawasan banten lama ini terjalin sangat baik, bahkan tak jarang penduduk yang tinggal di sekitar kawasan vihara ikut terlibat dan membantu ketika ada acara dan perayaan - perayaan di vihara, contohnya seperti perayaan ulang tahun Buddha. Toleransi beragama dan keharmonisan hubungan antara umat islam dan umat Buddha di kawasan Banten lama juga dapat terpancar dari arsitektur bangunan Masjid Agung Banten Lama yang terletak tak jauh dari kawasan vihara. Masjid Agung Banten Lama yang juga adalah ikon Banten lama memiliki arsitektur bangunan yang bergaya Eropa Cina.

Masih ingatkah anda dengan bencana Tsunami yang pernah melanda aceh beberapa tahun yang lalu? Sesungguhnya bencana Tsunami itu bukan yang pertama kalinya melanda Bangsa Indonesia. Bencana Tsunami pernah terjadi di Banten 123 tahun yang lalu, yang disebabkan oleh meletusnya Gunung Krakatau. Kita dapat menemukan sebuah catatan yang menjelaskan bagaimana peristiwa tsunami tersebut terjadi, terpasang di salah satu bagian dinding vihara. Catatan yang ditulis dalam tiga bahasa ini menjelaskan bagaimana mengerikannya peristiwa tersebut, dan pada saat itu orang - orang berlindung di dalam vihara, sementara air bah menggelundung diluar vihara dengan derasnya menyapu kebun kelapa dan segala benda yang ada, orang - orang di dalam vihara berdoa memohon perlindungan, mukjizat pun terjadi air dan lahar pun tidak masuk ke dalam vihara. Bencana luput dan selamat dilaluinya.

Sejak saat itu masyarakat Buddha Banten percaya, berdoa di Vihara Avalokitesvara dapat membawa keselamatan. Bahkan tak jarang umat Buddha dari luar Banten rela datang ke kawasan Banten Lama hanya untuk berdoa di vihara ini. Ketika ditanya alasannya memilih untuk beribadat di Vihara Avalokitesvara, seorang pengunjung yang telah beribadat di vihara ini selama hampir 30 tahun mengaku senang beribadat di Vihara Avalokitesvara karena suasananya yang jauh dari keramaian, tenang dan damai dan sangat pas untuk berdoa. Menurutnya suasana tersebut sangat sulit di temui di vihara - vihara lain yang terletak di kota - kota besar.

Bookmark and Share

Tag/Label banten, virahaavalokitesvara
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
19 komentar pada warta ini
Sabtu, 29-12-2007 15:03:42 oleh: Gabriella Anastasia Febriani

Dewasa ini toleransi antar umat beragama telah menjadi suatu hal yang layak dijadikan sorotan publik. Padahal, dulu hal ini dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa saja dan lazim adanya. Hal ini terbukti dari reaksi masyarakat Banten lama saat ditanyakan perihal toleransi antar umat beragama di sana. Bagi mereka, hal itu adalah hal yang biasa saja, karena memang sudah seharusnya demikian, sejak beratus-ratus tahun yang lalu.
Patutnya kita sebagai generasi muda tetap meneruskan budaya dan praktik kebersamaan ini demi tercapainya cita-cita bangsa, menuju ke arah yang lebih baik lagi.




Rabu, 09-07-2008 10:22:19 oleh: yusriandi pagarah

blh mnt data tntang vihara ini gak? trtma akses ke sana? thx ya...



Senin, 14-07-2008 16:19:18 oleh: Deirdre Tenawin

boleh.. tapi ga banyak juga, soalnya dah lama bgt peginya.. tapi bisa diusahain kogs.. ada email?
emang buat apa? buat tugas? buat jalan2?




Senin, 09-03-2009 00:24:26 oleh: YONO

makasi kepada yg telah memperkenalkan keberadaan vihara AVALOKITESVARA banten lama. semoga niat yg mulia tsb memberikan kusala kamma. semoga keberadaan vihara AVALOKITESVARA tsb dapat menumbuh kembangkan keyakinan kita kepada ajaran mulia nan agung SIDHARTA GOTAMA. ajaran yg indah pada awal, indah pada pertengahan dan indah pula pada akhirnya. sadhu...sadhu..sadhu... SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA.



Kamis, 02-04-2009 20:08:40 oleh: Iyank

wedew...lagi jalan2 diinternet buat perbandingan data2 nya untuk nanti tugas ke wisata Wihata Avaloketisvara....
hm...blh di komentari artikelnya??
di banten pernah terjadi bencana alam yang dasyat yaitu tsunami gw kira itu kabar angin kyknya bner2 terjadi y.....the point is tadi menyebutkan bahwa didalam vihara selamat dari air pasang ombak...dan juga lava....nah pertanyaan saya adalah lava dari gunung krakatau yang jauh...diselat sunda bisa sampai ke banten?? apakah ada data2 yang konkrit sebagai contoh ada bekas lava yang membeku disekitar sana??
dan juga pertanyaan terakhir saya didekat sana juga ada masjid agung banten yang terletak tak jauh disana...bisa tolong diceritakan juga..apakah bangunan masjid itu pernah runtuh akibat dari tsunami ataw kedua bangunan yaitu vihara dan masjid selamat??

-Terima Kasih-
untuk yang menulis artikel ini...saya puji lumayan.
^_^




Kamis, 23-04-2009 13:59:16 oleh: sephina

Saya ingin informasi tentang Vihara avalokitesvara yang ada di Batam. Boleh saya tahu perkembangannya sekarang?



Minggu, 12-07-2009 17:10:50 oleh: Sien Sien

Dh,

Mohon informasinya, apakah vihara avalokitesvara saat ini sedang tahap direnovasi atau ada pekerjaan pembangunan di vihara ini?

Karena saya dapat informasi dari teman, ada vihara di Banten yang sedang membutuhkan bantuan para umatnya.

Jika memang benar, apakah saya bisa tahu no. telp dari vihara ini? Terima kasih.




Senin, 27-07-2009 12:47:11 oleh: hellen

se jit ma kwan im di vihara avalokitesvara tgl berapa ya???? boleh kasih tau di alamat email aku ga???




Kamis, 30-07-2009 11:12:32 oleh: japra

klo ngk salah kwan im she, bln 6 tgl 19(imlek) sekitar 13hr lgi deh.



Kamis, 06-08-2009 13:01:12 oleh: hellen

denger2 se jit di banten tgl 8 augst sabtu malam khaa??




Rabu, 09-09-2009 10:27:31 oleh: Mirza Ariani

Hallo, mau tanya apakah ada yang tahu no tlp Vihara Banten lama? Kami sekeluarga dari Jawa Timur mau menginap di sana, apakah memungkinkan ya? Dan dengar2 beberapa bulan yang lalu altar di Dewi Kwan Im terbakar, apakah sudah diperbaiki?

Terimakasih, mungkin bisa di email ke saya mirzaariani@hotmail.com




Kamis, 11-02-2010 16:50:05 oleh: EDWIN KHOW

TUK SDRI.MIRZA ARIANI...ANDA MEMBUTUHKAN NO.TELP VIHARA AVALOKITESVARA BANTEN LAMA ADALAH SBB; ( 0254) 204634...DAN BILA ANDA INGIN MENGINAP DISANA ADALAH MEMUNGKINKAN DAN ANDA HARUS RESERVASI TERLEBIH DAHULU, MEMANG BENAR TERJADI KEBAKARAN DI VIHARA TERSEBUT PD BULAN NOVEMBER 2009 LALU YG MEMUSNAHKAN ALTAR UTAMA MAK KWAN IM HUD TJOUW NAMUN RUPANG TETAP UTUH BERDIRI..DAN SAAT INI VIHARA DALAM TAHAP RENOVASI..

ALAMAT SEKRETARIAT;
YAYASAN VIHARA AVOLOKITESVARA BANTEN
KOMPLEK PAMARICAN,DESA BANTEN, KEC.KASEMEN, KAB.SERANG, PROPINSI BANTEN
TELP.(0254)204634...

SELAMAT MENUJU KE VIHARA AVALOKITESVARA..MUDAH2AN SAMPAI DI TUJUAN, KARENA SAYA JG BARU DR SANA NYA AKHIR JANUARI LALU...




Jumat, 25-06-2010 11:57:15 oleh: Yuan Mandika

mau nanya untuk menginap disini dengan tarif berapa yah per malam?

terima kasih untuk infonya..




Jumat, 02-07-2010 10:26:31 oleh: Agistaa

dari viharaa Avalokitesvara Banten ada gak peserta dari vihara itu ikut lomba swayamvara di TMII..??



Sabtu, 17-07-2010 23:02:06 oleh: AHaw

Saya mao tanya , saya mao ke Vihara Kwam Im ini, admin tolong kasih saya alamatnya. Kalo saya dari tol Jakarta Merak , masuk dari tol Tangerang, keluar pintu TOL apa, dan tolong minta petunjuk jalannya, karena saya sendiri mao kesana, dan bila inap biaya inap nya brp? dan syara apa yg mesti saya bawa bilang saya sembayang disana ?

Terima Kasih Admin...mohon di balas ke email xie-xie




Jumat, 04-02-2011 03:44:45 oleh: rizal fauzi

alamatnya di Banten lama. baru kemarin sore yang berkeliling di vihara. kebetulan saya asli dari banten. kalau dari tol jakarta-merak, keluar di tol serang timur. lalu langsung belok kanan. lurus ambil jalan yang kiri sampai ketemu perempatan. lurus saja sampai ketemu pertigaan, dan ambil yang kekanan, ke arah banten lama.
untuk penginapan, dan biaya inapnya berapa bisa langsung hub. TELP.(0254)204634.
kalo butuh info jalannya, bisa hubungi saya: rizal: 08170703485




Minggu, 16-10-2011 10:07:31 oleh: Alex Wong

Informasi buat teman2 yang ingin mendapatkan no telp Vihara. No telp yang baru adalah 0254-207077.
Ini no telp Kepala Vihara-nya. Sementara saat ini No telp di Vihara belum ada. Karena No yang lama sudah berpindah tangan.




Rabu, 18-07-2012 17:47:58 oleh: Johnny

Vihara ini di jalan apa ? alamat lengkapnya dunk

Disana ada ciam si yah ? syarat2 nya apa saja ?




Jumat, 27-07-2012 20:28:46 oleh: LALA

untuk tahun 2012 se jit kwan im tanggal berapa yah



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY