Agus Mardhika

Wanita Perlu Tahu..!!! Campak Jerman (Rubella)

Selasa, 11-12-2007 13:21:32 oleh: Agus Mardhika
Kanal: Kesehatan

Campak Jerman tidak ada hubungannya dengan Negara Jerman walaupun ada “embel-embel” Jerman (mungkin ada yang bisa memberitahu..??). Campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rubella dan biasanya menyerang anak-anak dan akan berlangsung kurang lebih 3-5 hari dan akan membaik dengan sendirinya namun proses ini tergantung dengan kondisi kesehatan anak, demikian kata DSA (dokter spesialis anak-ed) kami sambil menuliskan resep untuk mengobati anak kami yang terserang virus rubella.

Mengapa wanita atau calon ibu harus tahu..??!!

Menurut DSA kami, campak Jerman atau rubela berbeda dari campak biasa. Pada anak, campak Jerman jarang terjadi dan dampaknya tak sampai fatal. Kalaupun ada biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, sekitar usia 5 sampai 14 tahun (kok anakku bisa kena yah dok..???) dan nafsu makan anak akan menurun karena terjadi pembengkakan pada limpanya, sulit menelan makanan dan akan merasa mual dan muntah bila makan.  

Yang perlu dikhawatirkan jika campak Jerman ini menyerang wanita hamil karena bisa menular pada janin melalui plasenta (ari-ari). Akibatnya, anak yang dilahirkan akan mengalami sindrom rubela kongenital. Mata bayi akan mengalami katarak begitu lahir, ada ketulian, dan ada pengapuran di otak, sehingga anak bisa mengalami keterbelakangan perkembangan. Bahkan bisa menyebabkan keguguran, kematian bayi dalam kandungan atau kelainan bawaan pada bayi.

“Sebelum hamil sebaiknya setiap ibu-ibu melakukan test laboratorium untuk mengetahui, apakah mempunyai gen penyakit ini, bila ada harus di suntik vaksinya dan kira-kira 3 bulan kemudian baru ibu dan bapak merencanakan kehamilan. Karena penyakit campak jerman ini akan lebih berbahaya dampaknya bila yang terkena adalah ibu-ibu hamil,”sambung DSA kami.

Bagaimana virus rubella menular ?

Virus yang terdapat pada percikan lendir saluran napas dapat disebarkan ke udara saat anak yang sedang terinfeksi rubella bersin, batuk, atau berbicara. Anak atau orang lain yang berdekatan dapat tertular jika menghirup udara yang mengandung virus tersebut. (yang ternyata didapet dari tantenya, dan mungkin juga kondisi anak yang kurang sehat, sehingga bisa tertular padahal sebelumya tidak ada masalah tuh deket dengan tantenya tersebut)

Bagaimana mencegah penularan virus rubella?

Cara yang paling efektif adalah dengan pemberian imunisasi. Saat ini imunisasi yang dapat diberikan untuk mencegah rubella adalah dengan pemberian vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) dan sebisa mungkin menjauhkan anak dari orang yang menjadi perantara penyakit tersebut.

“Iya Dok, tapi anak kami belum masuk jadwalnya untuk imunisasi MMR, karena baru usia 9 bulan, sedangkan MMR jadwalnya usia 15 Bulan." DSA kami pun cuma bisa “nyengir” disambut suara teriakan anak kami.

Bookmark and Share

Tag/Label mardhika, kesehatan, campak jerman, rubella, rubella kongenital, bintik merah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
22 komentar pada warta ini
Selasa, 11-12-2007 13:27:40 oleh: Agus Mardhika

@ Admin Wikimu... terima kasih atas tambahanya/Edit nya



Selasa, 11-12-2007 14:26:29 oleh: silvi

bener mas, tapi org dewasa juga bisa kena mas, mamahku dulu kena.. emang serem klo kena cacar jerman..



Selasa, 11-12-2007 14:51:07 oleh: Micky Jo

yup, aku pernah membesuk temanku laki2 yang terkena campak jerman ini,bayanganku seperti campak biasanya itu..ternyata warnanya agak keputih2an ya dan lebih lebar...untungnya dia sudah dalam keadaan "aman" sehingga dapat berinteraksi dengan kita..



Selasa, 11-12-2007 15:02:52 oleh: silvi

mas aku jadi pengn nanya nih. kan ammahku pernah kena cacar jerman, apakah akan menjadi kebal jga? lalu apakah bisa menurun kekebalan itu pada aku sebagai anaknya?

karena, alhamdulillah aku belum pernah kena cacar. pernah salaman dengan penderita, alhamdulillah ga kena... lalu aku berpoikir, apa krn mamahku dah kena, sehingga ada gen nya yg nemplok di aku heheh sehingga aku dapet kekebalan...




Selasa, 11-12-2007 15:10:35 oleh: Agus Mardhika

@ Mba Silvi Anhar
Kalau saya ga salah, penyakit ini sebenarnya menyerang anak-anak dan sangat jarang menyerang orang dewasa, mungkin orang dewasa hanya sebagai carrier atau pembawa virus ini, dan akan menularkan kepada anak-anak kecil dibawah dua tahun yang belum kebal terhadap virus ini,

dan kalau ga salah, kalau kita sudah kena, kemungkinan tubuh akan imun atau punya kekebalan terhadap virus ini.

gitu Mba Silvi, mudah-mudahn bener yah.. mungkin ada wikimuers yang lebih paham lagi tentang campak jerman ini.. mungkin bisa bantu.??!!!!




Selasa, 11-12-2007 15:13:54 oleh: silvi

duh makasih pak agus...



Selasa, 11-12-2007 15:22:04 oleh: Agus Mardhika

Mba Silvi... kalau boleh jangan pangil Pak donk.. kesanya tua banget yah aku... padahal baru punya anak satu...

hi..hi..hi...
terima kasih juga yah..




Selasa, 11-12-2007 15:23:26 oleh: Silvi Anhar

hihihi... iya lupa heheheh ok mas agus heheh tapi kan dah bapak2 kan ?:)



Selasa, 11-12-2007 15:55:44 oleh: Meidy

Mas Agus, tambahan informasi mengenai penyakit ini bisa dilihat pada www.infeksi.com

Rubella adalah salah satu dari infeksi Torch (TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes)

Ke 4 jenis infeksi ini berbahaya bagi janin bila diderita oleh wanita hamil.






Rabu, 12-12-2007 07:26:27 oleh: Agus Mardhika

@Mba Meidy..

Thanks atas infonya, aku dah browsing, memang banyak info tentang kesehatan yang harus dibaca dan kita harus tahu..




Senin, 13-10-2008 14:23:46 oleh: Indah.Luciani

Saya maw tanya seminggu yang lalu sepupu saya meninggal karena campak jerman ini , yang jadi pertanyaan saya " wanita remaja usia 20tahun dapat terjangkit virus ini ?" lalu untuk kita yang belum vaksin bagaimana??
makasih




Senin, 20-10-2008 15:07:49 oleh: agnes priyahita

infonya ok banget nih.. oya, mau tanya donk, ada yg tau ga campak jerman itu bisa menular melalui asi ato ga? jadi kalo si ibu sedang menderita campak jerman, tapi harus menyusui, apakah bayinya dapat tertular malaui asi?

trims buat yang bs berbagi info...




Selasa, 16-12-2008 09:59:04 oleh: rosadi yuwono

mas mau tanya, gejala orang terkena campak jerman gimana? soalnya istri ku lagi hamil 3 bulan tapi menjelang sore hari pasti badannya panas+pusing terus...itu dah berlangsung sekitar 3 minggu....

karena baca artikel di atas aku jadi takut istri terkena campak jerman,karena ini hamil pertama kami....

mohon dijawab....terima kasih...




Sabtu, 06-06-2009 19:58:13 oleh: Cucu Jamilah

Kalo bedanya sama eksantem apa ya?katanya sama juga?bener gag?
soalnya tadi sore saya abis dari dokter.,katanya kena virus eksantem.semua badan merah-merah, apalagi yang di muka. pencegahannya gmn?




Senin, 22-06-2009 11:58:57 oleh: Ailia Liwai

Pak..jika saya terkena virus rubella positif 164.6 Iu/ml, apakah itu sama dengan campak jerman ? Apakah virus ini bisa hilang dengan pengobatan ? berapa lama ?

Terimakasih atas jawabannya dok...




Rabu, 09-12-2009 11:10:36 oleh: dody aidil

ada yang dapat memberikan informasi perihal case yang saya alami, yaitu isteri saat ini sedang hamil masuk 4 bulan dan baru test darah, hasilnya ada rubella dengan keterangan "borderline" dibawahnya ada test ulang hasilnya negatif. pertanyaan saya adalah apakah dengan hasil tes ini isteri saya positif rubella, kalo positif bagaimana solusinya?



Senin, 19-07-2010 10:02:53 oleh: puji

Assalamu'alaikum,,,aQ mau tnYa. Apakaah bnr setiap orG memiliki penyakit tSb,, ???walaupun sedikit virus'y...????!!!!



Kamis, 06-01-2011 16:15:20 oleh: Natalia.M

untuk nambah2 infonya aja nih mas agus.. kebetulan saya sedang kena campak jerman untuk yang kedua kalinya... sebelumnya pada tahun 2008 saya uda pernah terjangkit virus rubella. saya rasa penyakit ini tidak hanya terjangkit pada anak kecil, bahkan seorang dewasa pun bisa mengalaminya. ini disebabkan berkurangnya ataupun tak adanya antibody dalam tubuh kita ( itu yang dokter saya bilang). jadi sebenernya siapa pun bisa terjangkit virus ini. yang saya tidak ketahui apakah bener penyakit ini bisa menular??? atau bagaimana cara penularannya...terima kasih



Sabtu, 05-03-2011 17:53:20 oleh: Deborah Laurens

terima kasih buat infonya ttg, rubella.
saya sekarang sedang menderita virus rubella tsb.
saya merasa sakit,panas, dan gatal. bercak merah menyeluruh seluruh badan.
saya usia 35 th.
single. tolong saya dibantu apa2 saja yg hrs saya hindari dalam makanan. dan makanan apa yg bisa memulihkan kulit badan saya yg rusak




Rabu, 18-01-2012 11:47:07 oleh: sita hartoyo

ikutan share dunk, mas..
ketika hamil anak ke-3 kami, di trimester 1 kehamilan sy kena campak. stlh sembuh sy cek ke dsog ktnya kandungannya baik, bagus utk dilanjutkan. wkt itu sy cek ke 2 dsog, krn ga yakin soalnya sy hamil dg iud. krn 2 org dsog bilang oke & ngga masalah, sy tidak berpikir bhw itu adl. rubela. sampai ketika melahirkan pd akhir desember 2011 lalu, bayi sy lgsg dibawa ke icu krn pd hampir di seluruh tubuhnya terdapat bintik2 (agak besar2 sih, bukan bintik kecil) kehitaman dan memar2 di tubuhnya. stlh bbrp hari di icu (hr kedua stlh lahir dipindahkan ke RS lain) RS lain, baru diketahui kalau bayi sy terinfeksi rubela dan itu masih aktif. hasil scan otaknya menunjukkan ada pengapuran & penyumbatan. sampai skrg sy & suami masih bingung bgmn mengobati si kecil, apalg mnrt dsa rubela ini tidak ada obatnya. sedangkan bayi kami baru berusia 21 hr (lahir pd 28 desember 2011). bagi teman2 yg punya info efek jangka pendek & jangka panjang pengapuran pd otak bagi bayi yg terinfeksi rubela, info pengobatan rubela pada bayi/anak, mohon di infonya..
makasih..





Senin, 22-04-2013 18:18:17 oleh: erlianabrachmawati

Ass, mohon Infonya sya ibu menyusui menderita campak jerman apakah anak bisa tertular melalui asi..



Selasa, 24-09-2013 14:29:19 oleh: ani maryani

ikut share ya mas agus..
Anakku skrg brumur 3 bln,matany msh kuning dan fesesny brwrna kuning pucat,stelah diperiksa trnyta bayiku terinfeksi virus rubella dan CMV pd hatiny yg mnyebabkan bilirubinny tdak terbuang lwat feses. Saya bnyak mmbaca artikel ttg vrus ini tpi msih ingin mncari yg mmpunyai msalah sprti sya ini.sebenarny efek jngka pndek/ jangka panjangny akan seperti apa(selain tuli,katarak,dsb)?sdangkan bayi sya terlahir normal dgn BB 3,5kg.
mohon bgi yg sedang ato prnah mngalami hal sperti ini utk bsa berbagi info dgn sy.
Terima kasih..




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY