Ira Meida

Cegukan, Gejala Aneka Jenis Penyakit????

Selasa, 13-11-2007 00:05:40 oleh: Ira Meida
Kanal: Kesehatan

Cegukan, Gejala Aneka Jenis Penyakit???? Semua orang bisa terkena cegukan. Dari bayi sampai orang tua. Walaupun cenderung dianggap sepele, ternyata cegukan ini merupakan gejala aneka jenis penyakit lho!!! Apalagi bila berlangsung dalam waktu lama.


Cegukan atau hiccups adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.


Ada 2 jenis cegukan, yaitu :

  1. Cegukan yang bersifat ringan, yang hanya berlangsung selama 1 - 2 jam saja. Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres. Cegukan ini akan hilang dengan sendirinya ketika kita tidur.
  2. Cegukan yang bersifat tetap/permanen (persistance). Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.


Untuk cegukan ringan, ada beberapa kiat yang bisa dipakai, antara lain :

  • Meminum air hangat
  • Tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah satu menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya kembali.
  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

Pengobatan lain yang sering dilakukan adalah dengan menahan nafas atau menelan gula batu. Bisa juga minum air dingin sedikit demi sedikit dan mengeluarkannya dari sisi gelas yang salah. Semua itu dimaksudkan untuk mempengaruhi sistem saraf, sehingga menghentikan ritme cegukan.


Untuk cegukan yang sifatnya permanen, pasien dianjurkan untuk meminum Chlorpromazin dan Tegretol. Obat ini harus dengan resep dokter, lho!!! Meski ampuh, kedua obat ini ternyata juga memiliki efek samping, yaitu menyebabkan kantuk.


Bila cegukan tak juga hilang sampai bertahun-tahun, perlu dilakukan tindakan bedah, di mana saraf yang menuju diagfragma akan dipotong.

Semoga bermanfaat… ^_^



Sumber: www.tabloidnova.com, id.wikipedia.org, www.pikiran-rakyat.com
Bookmark and Share

Tag/Label kesehatan, diafragma, susunan saraf pusat, saraf tepi, otak, stroke, diabetes, permanen, sementara, hiccups
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
41 komentar pada warta ini
Selasa, 13-11-2007 11:16:14 oleh: Arisakti Prihatwono

kalo di tempatku
semarang

ceguken itu artinya bertumbuh
bahasa jawa : gelis gedhe

berarti bukan itu ya artinya ? hehehe




Selasa, 13-11-2007 12:00:30 oleh: Helmy

saya kalo cegukan lebih dari 1-2 menit.
kira2 5-menitan.
itu masuk kategori yg mana?




Selasa, 13-11-2007 13:05:09 oleh: Eryawan Nurcahya

Kalau saya bisa menambahkan untuk tindakan pertama untuk mengobatinya adalah :

Menutup hidung dengan cara cuping hihung di jepit dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan dengan telapak tangan kanan sambil telapak tangan kiri memegang segelas air hangat untuk secara bersamaan diminumkan tanpa henti dalam satu tarikan nafas.

Insya Allah akan berhasil karena saya sendiri sudah pernah mencoba sendiri.

Trims ...




Selasa, 13-11-2007 13:45:12 oleh: Ira Meida

mas arisakti...
bener jg sih. ada mitos yg berkembang terutama dikalangan ibu2, bila balita mengalami cegukan, artinya balita tersebut sedang bertumbuh. tp, mitos ini, salah lho??? ^_^


mas helmy...
cegukan yg mas alami bisa dikategorikan ke cegukan jenis ringan jg. btw, slm kenal... ^_^


mas eryawan...
thanks atas tambahan infonya. sering2 mampir ya? ^_^




Jumat, 14-12-2007 09:50:15 oleh: Muhammad Husnun Nashar

Oh Mariatul Adawiah
Diriku merana
Diriku tersiksa
Bathinku terkoyak
Aku gila karena sebuah cinta
Hatiku buta karena dirimu
Oh Mariatul Adawiah
Wajahmu selalu terbayang didalam pikiranku
Namamu telah terukir didalam hatiku
Kau menghanyutkan diriku kedalam sukma ragaku
Kau membuat jantungku bergetar dahsyat
Oh Mariatul Adawiah
Dirimu pujaan semua pria
Yang ada di muka buli ini
Tak ada satupun yang bisa miliki hatimu
Seandainya kau menjadi milikku
Kujadikan kau permaisuriku




Jumat, 14-12-2007 16:11:40 oleh: mieka kurnia

Gulu waktu kecil kalo cegukan biasanya diobati pake robekan tikar yang ditempeli di jidat. Gak tau ya, soalnya 5 jam kemudian cegukannya hilang.

@Muhammad Husnun Nashar
ihik..ihik..ihik...cegukan juga ya?




Jumat, 14-12-2007 16:14:50 oleh: Zulfahmi


@Muhammad Husnun Nashar bukan cegukan mbak mieke..kesurupan he...




Sabtu, 12-01-2008 21:00:36 oleh: Ira Meida

@ mieka kurnia
wah, metode baru ya gus? kok bisa ya? mungkin karan udh ad asugesti, makanya bisa hilang cegukannya. hehehehe...

@ zulfahmi
kyknya bliau bkn kesurupan. salah kirim komentar kali. niatya ke ira yg laen. hehehe...

btw fahmi, mieka itu cowok bkn cewek. hehehe...




Senin, 06-10-2008 16:35:23 oleh: marsenti saragih

Sudah hampir 1 bulan ini saya cegukan setiap harinya, kadang sampe 3 x dlm sehari,tp cuma 5 menit dan kalau sudah minum banyak bisa hilang.
akhir2 ini kaki saya suka bengkak dan skarang bgkaknya sdh hilang tp jari tangan saya yg bengkak, apalagi habis bangun tidur jari2 tangan saya kaku banget. saya sdh periksa ke dokter dan dilakukan pmeriksaan darah dan urine, tp tdk ada ginjal dan asam urat. saat ini saya sdg menunggu hsl pemeriksaan lagi yaitu darah dan swab tenggorokan, ktnya utk mengetahui kmungkinan ada infeksi.
apakah cegukan saya ini termasuk jenis permanen??




Jumat, 24-10-2008 10:34:44 oleh: renniwati

mbak temen ku sering cegukan itu tandanya apa ya?? ada tanda-tanda penyakit menular gak?....



Jumat, 24-10-2008 13:41:49 oleh: Ira Meida

@ marsenti saragih
abang ato kakak ya? hehehehehehe...
skedar sharing...
dl, ibu saya pernah cegukan. lalu minum air dlm jumlah bnyk. bknnya hilang cegukannya, perut ibu saya kembung.

waktu itu, krn keterbatasan pengetahuan kluarga saya, ayah saya membawa ibu berobat ke internist. stlh diobati tak kunjung sembuh mlh bibir ibu miring dan bicaranya mulai teloh. akhirnya, atas saran seorang teman, ibu kami bawa berobat ke dkter sp syaraf. dan ibu saya dinyatakan terkena stroke dan yg diserang adlh batang otak.

kl diliat dr jenisnya, cegukan yg abng/kakak alami, mungkin saja permanen (persistence). buktinya frekuensinya hilang tp disertai keluhan lain. tp, utk memastikannya, memang hrs menunggu hsl cek kesehatan dr dktr yg brwenang. moga saja tak ada yg mengkhawatirkan. ^_^

@ renniwati
utk memastikan teman mbak renni terjangkit penyakit menular apa bkn, hrs diliat penyebab dan diperkuat dgn pemeriksaan2, misalnya pemeriksaan darah. jd, kl hanya kasat mata saja, mungkin saja cegukan yg temen mbak alami hanya yg bersifat ringan saja. ^_^





Jumat, 24-10-2008 14:06:46 oleh: Ajeng Tiara

Kalau orang sulawesi pakai secarik kertas yang ditaruh di ubun-ubun bayi yang cegukan. Believe it or not, tiga kali saya praktekkan tiga kali berhasil.



Jumat, 24-10-2008 15:03:54 oleh: Ira Meida

halo mbak ajeng...
wah.. unik jg ya ngatasin cegukan pd bayi ala orng sulawesi. cuman pake kertas yg diletakin diubun2 bayi, cegukan bisa ilang. setau saya, cegukan pd bayi memang cepet ilangnya walaupun tanpa penanganan khusus. gitu mbak.

btw, slm kenal mbak. ty udh mampir. ^_^




Minggu, 14-12-2008 16:23:39 oleh: arlina

wah...
saya suka artikel ini mbak..sangat bermanfaat dan menambah wawasan,oya..gmana dengan saya ya mbak?
saya kalau cegukan slalu ngeluarin suara yg kuat & terkadang lama sembuhnya tu.....




Minggu, 01-03-2009 20:18:47 oleh: denny achmad gunadi

alhamdulillah, sy udah cegukan 2 hari trus-menerus, sy coba dengan berbaring dan menekuk lutut ke arah perut beberapa saat, dan sy merasa seperti ada sesuatu/udara yg naik dari ulu hati ke tenggorokan, sy coba 2 kali, cegukan langsung hilang, thanks mba...



Senin, 13-04-2009 01:09:14 oleh: Tio

Salam kenal mbak.,
saya juga pernah cegukan..mngkn ini pengaruh obat yg saya minum.sebelumnya,saya terkena biduran..jadi saya mengkonsumsi obat yg d beri dokter pd saya. Setelah minum obat tsb,saya langsung cegukan. Sampai reaksi obat tsb hilang,br cegukannya hilang. Jadi, cegukan bs d akibatkan oleh obat2an yg qta minum. .




Rabu, 15-04-2009 17:58:58 oleh: Anggoro Nugraha Saputra

Ayah saya menderita cegukan sudah hampir 5 bulan, biasanya setiap cegukan 5-10 hari. ayah saya memang sedang menderita penyakit liver dan ada varises di saluran makan sudah di ligasi 2 kali. alhamdulillah sudah sehat tapi kok cegukannya sampai sekarang belum sembuh sembuh. apa lagi kalau sedang kecapekan pasti cegukannya kambuh lagi. bagaimana cara mengobatinya ?

Terimakasih




Jumat, 01-05-2009 13:17:11 oleh: naya

adik saya yang masih umur 2 bulanan sering sekali cegukan padahal dia masih mengkonsumsi ASI saja. kira2 penyebabnya apa????
biasanya dia cegukan saat dibaringkan atau waktu digendong.
lalu apakah pemberian ASI saat anak cegukan tidak menimbulkan aspirasi???
gimana cara mengatasi agar anak tidak sering cegukan dan untuk menghentikan cegukannya?????
thanks...




Sabtu, 13-06-2009 19:11:17 oleh: oke

Sekedar info, sudah googling sana-sini,ternyata buat ngilangin ceguken adalah: ambil segelas air putih hangat, dan diminum pelan-pelan tapi sambil tengok kanan kiri.. SUDAH DICOBA,..TERBUKTI dijamin langsung sembuh



Minggu, 14-06-2009 16:31:45 oleh: Maruli.N.

Sekedar info sebaiknya obat yang mengandung steroid dosisnya dikurangi setengah tetapi frekuensinnya tetap.



Senin, 29-06-2009 15:07:21 oleh: muhamad muhklis

saya sudah sering seperti itu cegukan,,,cara menobatinya mudah sekali,,,menurut saya itu karena suhu tubuh tidak setabil...biyasanya yang paling ampuh untuk mengatasi cegukan saya adalah,,,hirup blower ac tarik napas berulang2 pasti..!! sembuh..



Selasa, 03-11-2009 10:29:31 oleh: ariefhidayat

saya udah minum banyak beud, eh yang ada malah perut saya yang kembung.....^_^

kalo saran saya sich lok cegukan nyanyi aja....
nyanyi yang banyak cengkoknya kayak lagu st12 or lagu dangdut...he
tapi bener lho....
coba aja dech...
kalo sakit berlanjut hubungi mbah darmo.

# selamet mencoba ya #




Selasa, 05-01-2010 14:35:10 oleh: andimulia

Mungkin bagi orang lain cegukan masalah sepele... tapi sampai saat ini saya dalam 1 tahun bisa 2 kali mengalami cegukan yang kalau tidak kedokter bisa 1 minggu baru hilang... dkternya siih belum ngasih tahu penyebabnya apa...ada yg mo kasih saran buat saya utk ref lbh baik...tks




Minggu, 28-02-2010 15:34:14 oleh: hendra

sya udah 2 hari ini terkena cegukan...cuma kadang sembuh tapi besoknya muncul lagi...gmana cara atasinya



Selasa, 30-03-2010 23:57:59 oleh: abdullah makmur

Mbak Ira Meida :
Saya sering mengalami cekukan sudah lebih dari 10 tahun, timbulnya kadang-kadang, kalau lagi kambuh bisa sampai berminggu-minggu. sudah berbagai cara saya lakukan, baik secara medis maupun alternatif. kalau belum waktunya belum berhenti. Untuk itu tolong berisaya tip yg lebih jitu untuk mengatasi cekukan. Trim's.




Selasa, 27-04-2010 16:10:53 oleh: isrotamam1987@yahoo.co.id

sebenere kita ndak usah pusing-pusing kalau kita sakit, kesembuhan suatu penyakit itu 50% dari penyakit itu sendiri dan 50% lagi dari diri kita sendiri, kita benar2 mau sembuh mantapkan hati untuk sembuh, tapi jika kita hanya pasrah maka penyakit itu sendiri yang akan menang,kita yang kalah, carilah obat/penyembuhan yang benar menurut hati anda, rasa benar yang akan memberikan sugesti positif kepada kita, dari mana aja obat itu berasal yang penting kita mantep,




Kamis, 16-12-2010 13:39:46 oleh: Satriadi

baru saja aku segukan....trus saya ikuti cara Eryawan Nurcahya
Kalau saya bisa menambahkan untuk tindakan pertama untuk mengobatinya adalah :

Menutup hidung dengan cara cuping hihung di jepit dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan dengan telapak tangan kanan sambil telapak tangan kiri memegang segelas air hangat untuk secara bersamaan diminumkan tanpa henti dalam satu tarikan nafas.
Alhamdulillah Hilang




Senin, 31-01-2011 10:09:09 oleh: abi agif

Saya habis demam tinggi, efeknya cegukan jadi cegukan dan 2 hari tidak sembuh, coba minum air hangat dan menutup hidung juga tidak kunjung sembuh

Saya coba hajar dengan puch-up...posisi kedua kaki lebih tinggi di atas kursi/meja setinggi 25 - 30 cm...puch up beberapa kali (saya 20 x)....alhamdulillah sembuh.....sekedar sharing..kali aja tips dari saya bisa cocok juga sama yg lain..




Sabtu, 19-03-2011 15:52:58 oleh: ari

saya coba mengatasi ceguan dengan menekan hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk dan mulut ditutup kira-kira beberapa menit atau seberapa lama anda menahan napas tanpa meminum air dan berhasil cegukan berhenti.



Jumat, 22-04-2011 18:11:50 oleh: iman

@ wah seharian ini saya cegukan terus...! kadang berhenti sebentar, tapi terus berlanjut lagi saya coba minum bandrek berhenti satu jam trus lanjut lagi deh...! mohon tips yang lainnya dong..!



Kamis, 28-04-2011 05:41:33 oleh: Ovan

Anak saya umur 3,5 tahun setiap kali ketawa agak lama suka cegukan, dia suka langsung minta minum air dingin tapi kadang cegukannya gak berhenti setelah 5 menitan. apa itu tergolong cegukan ringan...?



Sabtu, 28-05-2011 01:12:52 oleh: henhen

sy juga lg worried ni, bokap cegukan trus.dah 2 bulanan nih. bahkan pas tdur jg cegukan (52 thn)
dia perokok, suka terpapar angin malam. haduh, klo baca ssesuaai dg ciri bokap kok ngeri ya.
need advice




Sabtu, 27-08-2011 07:36:40 oleh: eko jati purnomo

ikut gabung nih.....

Saya sudah 3 hari cegukan blm ilang juga, ilangnya itu pas tidur beberapa saat setelah bangun tidur cegukan datang lg..... obat yg paling ampuh apa yah.. apa termasuk cegukan kategori mana???

selagi menulis ini saya masih cegukan..

Terima kasih,




Sabtu, 01-10-2011 12:33:06 oleh: iza nugrah

alhamdililah cegukan q sembuh

mujarab jga yang tarik nafas tadi
thanks infonya :)




Rabu, 26-10-2011 22:15:06 oleh: juntak444

klo cegukan tiap kena angin masuk mana ya???
maksudnya cegukan permanen itu g sembuh dalam waktu lama ya???




Jumat, 23-12-2011 07:32:04 oleh: suryanto

Saya pria usia 33 tahun, tiba tiba cegukan lebih dari 4 jam, apakah ada gejala penyakit tertentu???mohon jawabanya



Kamis, 03-05-2012 17:11:15 oleh: laika

aku cegukan dah lebih dari 3 bulan...
sehari bisa 5x lebih cegukannya tp sekali2...
paling kalo misalnya lagi ngobrol tau2 "hik", abis itu udah, tapi ntar beberapa jam berikutnya "hik". kok durasi na lama ya??...
o iya aku setelah cekukan kadang langsung sendawa...
itu gimana penanganannya?...

kemaren dah periksa ke dokter, kyaknya di kasih obat Chlorpromazin/Tegretol , emang iya ngantuk,, tapi tetep gak ampuh...
yang ada aku malah pusing, sempoyongan, badan jadi ngilu...

mohon solusinya...




Sabtu, 27-10-2012 16:23:14 oleh: syarafana

Setelah saya membaca artikel dan pendapat yg temen kasih, sy mencoba salah satu yaitu, berbaring dan mengangkat kedua lutut ke arah perut dan di tahan beberapa menit sambil menarik nafas dan membuangnya berkali2. Mudah2an bermanfaat.
"saya sudah coba"




Kamis, 31-01-2013 21:07:40 oleh: intan ns

cegukan klu org kalsel bilang MANCIGU



Sabtu, 09-11-2013 14:13:34 oleh: natali

bagaimana ya cara menyembuhkan cegukan yang sudah berbulan-bulan tiada henti? sudah berobat ke beberapa rs dan alternatif juga tidak kunjung sembuh. mohon bantuan infonya. thx



Minggu, 29-12-2013 21:22:46 oleh: SHOLEH MOHLAND

Saya setiap kali minum obat maupun jamu pasti jadi cegukan. Hal ini bisa berlangsung 2 sampai 4 jam. Dari leher, dada sampai perut sangat terasa lelah. Dalam sehari frekwensinya bisa 3 kali. Berbagai hal sudah saya apa permasalahannya. Adakah yang bisa memberi solusi? Terima kasih sebelumnya.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY