bajoe

Teladan Kecil dari Anies Baswedan,

Rabu, 31-10-2007 15:10:44 oleh: bajoe
Kanal: Opini

Teladan Kecil dari Anies Baswedan,

Ramai-ramai soal kepemimpinan kaum muda, dalam peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2007 kemarin, terselip satu nama Anies Baswedan. Seperti kekaguman yang diungkap Wirawan, aku juga punya kesan-kesan positif pada sosok satu ini.

Anies Baswedan saat ini adalah salah satu rektor muda di Indonesia. Dia menjabat Rektor Universitas Paramadina di usia 38 tahun. Sederet prestasi sudah diukir Baswedan muda ini . (selengkapnya dapat dilihat di http://www.lsi.or.id/liputan/213/politik-indonesia-sudah-liberal )

Di sini aku bukanlah juru kampanye dari Anies Baswedan, namun hendak membagikan  sikap-sikap keseharian yang positif yang mestinya dimiliki oleh seorang calon pemimpin muda bangsa ini.

Kesan pertama

Pertemuanku pertama kali dengan Anies Baswedan adalah sekian tahun lalu ketika masih sama-sama kuliah di UGM, Jogja. Dia ada kakak angkatan, beda fakultas. Kala itu dia adalah Ketua Senat Mahasiswa UGM, yang kala itu banyak didominasi aktivis HMI-MPO. Sementara aku aktif di pers mahasiswa tabloid Bulaksumur.

Kala itu, yang namanya pers mahasiswa UGM berada dalam posisi yang berbeda dengan Senat Mahasiswa. Tidak bermusuhan, seperti rivalitas antara  HMI dan GMNI dalam memperebutkan kursi Senat, tetapi berseberangan. Sebagai pers mahasiswa, kami lebih banyak menjadi pengritik (watchdog) atas kelahiran lembaga mahasiswa bentukan Rektorat ini.

Di tabloid Bulaksumur, posisiku adalah reporter plus merangkap loper koran. Karena begitu selesai dicetak, tabloid ini mesti segera didistribusikan ke pojok-pojok kampus. Karena aku satu-satunya yang mengendarai Vespa, dan motor ini cukup tangguh untuk membawa barang, maka tugas distribusi ini jatuh ke aku.

Aku masih ingat betul, di siang yang terik itu, aku melintas boulevard UGM, dengan setumpuk tabloid di kedua pahaku. Karena tidak diikat erat, dan tiupan angin, tiba-tiba bersebaranlah tabloid-tabloidku yang baru keluar dari mesin cetak. Sialnya, angin makin kencang, sehingga saling berkejaranlah tabloid-tabloid itu.

Terpaksalah aku berhenti dan memunguti tabloid yang ditulis dengan penuh keringat dari teman-teman yang lain. Semua orang yang melintas boulevard UGM itu hanya melihat dan sesekali tersenyum melihat aku memunguti tabloid tersebut.

Tak dinyana, ada seseorang yang menghentikan kendaraannya, dan membantu memunguti tabloid yang penuh kritik pada Senat Mahasiswa. Begitu aku mendekat, baru sadar bahwa yang membantuku itu adalah Anies Baswedan, si Ketua Senat. Dia bantu aku sampai semua tabloid itu selesai dikumpulkan. 

Hmmm...kejadian ini cukup berkesan untukku.

Kesan kedua

Minggu lalu, pada pertemuan awal Kaum Muda untuk mempersiapkan acara Sumpah Pemuda , aku bertemu kembali dengan Anies Baswedan setelah sekian tahun tidak berjumpa. Saat ini dia adalah Rektor Paramadina, sebuah posisi yang penting untuk ukuran sosok seusia dia.

Kami pun bertemu muka dan berjabat tangan. Tentu saja dia lupa namaku. Apalah artinya awak ini. Tapi Anies punya ingatan tajam, katanya padaku, "Dulu Balairung kan?" Agak meleset sedikit, majalah Balairung adalah kakak kandung dari tabloid Bulaksumur. Maka wajar kalau nama Balairung lebih terkenal.

Setelah basa-basi aku mengingatkan kembali namaku, dia spontan meminta kartu namaku. Setelah kuberi, tentu saja aku meminta kartu namanya juga. Tetapi dia mengaku tidak membawa.

Dari sudut jurnalistik, aku adalah reporter dan Anies adalah potensi sumber berita. Tidak lazim, kalau seorang reporter tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan kontak calon-calon sumber berita.

Alarmku sebenarnya sudah berbunyi dalam hati,"Kalau begitu, aku mesti minta no ponselnya, meski tidak mendapatkan kartu nama."

Tetapi sebelum aku berucap, Anies sudah berkata,"Ini nomer ponselmu? Nanti kusms nomerku ya." Sambil menunjuk di kartu namaku.

Seorang reporter yang tangguh, mestinya tidak menyerah begitu saja. Nomer kontak mesti didapat saat itu juga. Tidak ada jaminan seorang tokoh / calon sumber berita akan mengontak kembali untuk memberi nomer ponsel. Posisinya adalah reporter yang lebih membutuhkan sumber berita.

Tapi entah kenapa, malam itu aku malas sekali untuk menjadi reporter. "Sudahlah ini kan teman lama. Kalau dia tidak memberi nomer ponselnya, ya sudah biasa. Nanti kalau aku butuh kontak dia, tinggal cari nomer Universitas Paramadina saja,"ucapku dalam hati, dengan nada malas dan pasrah.

Waktu berlalu...

Sepulang dari pertemuan tersebut, kurang lebih pukul 23.00 WIB, tiba-tiba ada sms masuk ke ponselku. Kubaca dan ada pesan singkat : Bayu, ini nomer handphoneku. Anies.

Jarang sekali orang pada umumnya, apalagi tokoh yang dulu dipuja-puja di kampus dan sekarang mulai harum di kancah politik nasional, seperti Anies ini. Sosok yang mau menetapi janjinya pada hal-hal yang kecil.

 

Sumber foto: paramadina.ac.id

Bookmark and Share

Tag/Label anies baswedan, ugm, tabloid bulaksumur, balaiurung, universitas paramadina
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
20 komentar pada warta ini
Rabu, 31-10-2007 16:59:33 oleh: Arisakti Prihatwono

yuk kita buat anies baswedan fans club :)

masih ada satu lagi yang ok juga
Yudi Latief (wakil Rektor Paramadina kayaknya)




Rabu, 31-10-2007 18:51:37 oleh: Wirawan

Baca tulisannya Mas Bajoe jadi ingat Jogja lagi euy... Kangen anget ama teman-teman aktivis UGM 90-an. Taufik Reinaldy, Felix, Akuat, Tita, Hikmat, Aji Erlangga, Hasan, dll. Dimanakah kalian berada? Salam hangat dari Sumbawa.



Rabu, 31-10-2007 21:06:45 oleh: aloysius weha

Saya juga pernah berinteraksi dengan Anies, sewaktu kongres yang mengantarkannya jadi ketua senat mahasiswa UGM. Menurutku, orangnya memang santun dan ramah.



Rabu, 31-10-2007 22:13:19 oleh: Bernie

Tidak heran jika ia santun dan ramah, karena memang dididik di keluarga yg santun, rendah hati, dan sangat menyatu dengan lingkungan. Kebetulan mertuaku bertetangga dengan keluarga Rasyied Baswedan, hingga saat ini. Dan hingga saat ini pula keluarga beliau dikenal sangat dekat dengan lingkungan, ramah, aktif pada kegiatan RT/RW, dan sering membantu orang-orang di sekelilingnya yg membutuhkan pertolongan. Seseorang yg kadang dimintai tolong bantu2 di rumah bercerita bahwa anaknya2 bisa sekolah karena kelapangan hati keluarga Baswedan, yang mencarikan jalan untuk mendapat keringanan biaya dari sekolah2, atau bahkan malahan menanggung biaya itu sebagian besar.



Kamis, 17-04-2008 20:08:48 oleh: Grace

saya mahasiswi paramadina.. wah seneng banget deh punya rektor kaya pak anies.. udah muda, ganteng, pinter, ramah, baik, dll.. ok bgt! buat fans clubnya aja gimana?? anak paramadina banyak yg ngefans soalnya, termasuk saya... hehehe..

maju terus buat pak anies! mudah2an kampus kita makin maju di bawah kepemimpinan bapak..




Sabtu, 03-05-2008 10:04:39 oleh: arons

kita lihat dulu konsistensiny..... sampai
2014, dalam jangka waktu itu belum juga berubah (tetap baik hati&bersahaja + jujur) mari kita jadikan pak Anies calon Presiden




Sabtu, 10-05-2008 06:33:33 oleh: ardian risky

kami dari ITS(institut teknologi sepuluh nopember) yang berlokasi disurabaya, kami menanggumi sosok pak baswedan sebagai intelektual muda yang perhatian terhadap masalah pendidikan oleh karena itu kami hendak mengundang beliau sebagai pembicara dalam seminar kami mengenai pengelolaa perguruan tinggi mungkin rekan2 ada yang bisa membantu memberi kontak pak baswedan



Sabtu, 06-09-2008 21:27:42 oleh: wahyu wibowo

Assalamu'alaikum,Wr Wb.
Pak Anies R Baswedan,yang saya kenal waktu sama sama duduk di SMPN 5 Yogya.Pinter berorganisasi,ramah dan rendah hati.Cuma satu pertanyaan yang pingin saya tanyakan kepada Beliau tapi harus langsung ke Beliau tentang statement Beliau waktu Beliau masih duduk di kelas III SMP yang sangat saya ingat,mudah mudahan Pak Anies mau menanggapi.
Sebenarnya ada satu lagi teman saya yang saya harapkan muncul seperti Beliau ( Pak Anies ) namanya Rachmat Pribadi ( Ipri ).
Wassalamu'alaikum Wr Wb.




Senin, 08-09-2008 23:16:29 oleh: Ir.B.Fariati HMR,MT

mas Anies punya kharismatik...mudah2an bs membawa perubahan lbh baik di negeri tercinta ini....dan membawa angin segar .Tetaplah seperti skarang smoga karakter tdk tergores oleh jaman...senyum yg slalu ada di sudut wajahnya membawa kedamaian siapapun yg melihatnya....mencerminkan kaya batin...tular2 resepnya ya mas....boleh dunk...!mas kalau ada duplikatnya kenalin ya....he..he...
keep in touch...fans berat,,,,ha..ha....




Sabtu, 11-04-2009 13:30:23 oleh: nita

hai, saya nita pelajar sma. tidak sengaja baca teladan kecil dari anies baswedan. sebenarnya saya sedang mencari profil bapak anies baswedan. karena jujur saya sangat mengagumi rektor yang satu ini. sebelumnya saya hanya tau kalau anies baswedan adalah pengamat politik, yg sering saya saksikan di sejumlah stasiun televisi. apalagi sekarang lagi musim pemilu. kemarin malam pukul 21.00 saya melihat di metro tv. eh pas 23.00 saya juga melihat dia di rcti. luar biasa.. dia sampai diundang di dua stasiun televisi sekaligus, acaranya live lagi.. dan saya sangat terkagum kagum dengan pengamat politik yang satu ini begitu cerdas dan realistis. setelah membaca cerita anda. saya semakin mengagumi anies baswedan. salam ya.



Selasa, 20-10-2009 20:35:39 oleh: makmun

Sekaranglah waktu yang pas untuk mulai mengusung/mengawal beliau menjadi RI 1.
Amandemen UUD 45 tentang Pilpres, harus segera dilakukan. Kita usung beliau RI 1 dari Independen (bukan parpol)




Minggu, 27-12-2009 15:52:55 oleh: I PUTU GILI ASTIKA

melihat ada sosok seperti bapak anis baswedan saya menjadi heran. heran kenapa orang seperti beliau hidup dan tinggal serta engabdi di Indonesia. beliau mungkin terlalu baik untuk bangsa ini yang pemimpinnya sangat arogan dan hanya mementingkan dirinya dan keleganya saja. bapak anis terlalu baik dan “perfect” untuk itu. jika saja waktu dapat diputar ulang saya menginginkan beliau hadir dan memiliki kematangan intelektual saat pergolakan orde lama dan orde baru. mungkin Indonesia akan sangat naju dan tidak dipandang remeh oleh bangsa lain seperti sekarang. pemikiran beliau sangat masuk akal untuk saat2 seperti ini. namun saya pesimis ini akan disambut baik oleh pemimpin2 bangsa Indonesia yang kayanya makmur,sejahtera dan berdemokrasi.sekali lagi saya mohon untuk bapak anis baswedan,bantu kami, bantu negara ini mencapai kemakmuran dan segala macam mimpi yang telah kami simpan cukup lama. terimakasih.



Senin, 04-01-2010 17:51:07 oleh: niniek

Alhamdulillaah akhirnya kita ketemukan ...
Insya Allah beliau akan menjadi pemimpin Indonesia yang kita nati-nantikan..
Amiin Ya Rabbal 'Alamiin..

Mari kita mulai suarakan calon independent..
Partai No ! Independent Yes !
Wasalam




Jumat, 22-01-2010 20:32:15 oleh: muchlisa

Baru membaca biodata beliau saja, saya sudah kagum pada prestasinya, selain menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina dalam usia muda, beliau juga dinobatkan sebagai salah satu profesional dunia versi majalah Amerika ...Kekaguman saya bertambah, apalagi setelah bertemu langsung dengan Pak Anies.Saat itu saya menjadi moderator beliau dalam acara Raker di tempat kerja. Beliau bukan saja orang yang cerdas, islami, dan memiliki wawasan yang sangat luas, namun juga santun, ramah, low profile dan sangat menghormati orang lain...
Semoga Pak Anies Baswedan menjadi Pemimpin Indonesia di masa yang akan datang..amin.
Dan Saya mendukung 100% Pak Anies menjadi Presiden di tahun 2014 nanti...!
Salam dan sukses untuk Pak Anies..





Senin, 22-03-2010 15:51:13 oleh: awin

KAPAN SAHABAT SATU INI KITA USUNG JADI RI-1?
KITA SIAP JD TIM SUKSES! DR SABANG SAMPAI MEROKE SDH ADA ORG KT SEMUA.....
TINGGAL "KLIK" AJA KAWAN!3




Senin, 22-03-2010 15:56:53 oleh: AWAN SETIAJI

Rapatkan Barisan, susun kekuatan & strategi untuk itu!



Senin, 19-04-2010 13:16:51 oleh: anton friyanto

Bung anis, ternyata banyak harapan dan do'a untuk anda... hati - hati , jangan sampai terpeleset



Rabu, 21-12-2011 07:42:40 oleh: salbiah heremba

aslm wr.wb....walaupun sy tidak penah bertemu beliau secara langsung namun dgn membaca biografi pak anis&melihat penampilan beliau dari internet maupun tivi. jujur sy sangat merindukan sosok presiden NKRI seperti beliau. apakah pak anis mau mencalonkan diri sbagai presiden



Senin, 18-06-2012 14:39:22 oleh: sabrina

wah keren bgt,,, bs kenal dngn sosok Anis Baswedan, oh ya mas Bayu, saya boleh mnt no.kontak Pak Anis? ini teman2 di UIN SUKA mo ngundang beliau buat seminar nasional,,,
suwun..




Senin, 22-04-2013 20:54:09 oleh: nurul hidayah

Pak Anis memang sangat pantas menjadi presiden, aku bangga sebagai bangsa Indonesia.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY