GUS WAI

Mari Mengenal Makanan Lubuk Linggau

Senin, 29-10-2007 14:16:59 oleh: GUS WAI
Kanal: Wisata

Mari Mengenal Makanan Lubuk Linggau Tidak ada yang lebih menarik pada saat kunjungan ke kota lain selain mencari makanan daerah asli. Mendarat di kota Lubuk Linggau yang adalah bagian dari propinsi Sumatera Selatan, saya langsung bertanya kepada tuan rumah makanan-makanan khas kota Lubuk Linggau. Ternyata saya disodorkan beberapa makanan yang tidak asing di telinga saya yaitu makanan-makanan yang bisa saya temui di kota Palembang. Di antara nama-nama yang disodorkan adalah pempek, tekwan, model, otak-otak, burgo, dan lain-lain lagi. Kesemuanya bukan makanan yang asing bagi saya.

Kota Lubuk Linggau adalah kotamadya kecil dalam arti sesungguhnya. Terletak cukup jauh dari kota Palembang karena berlokasi diperbatasan antara Sum-Sel dengan Bengkulu. Tidak heran jika Lubuk Linggau lebih dekat dicapai lewat Bengkulu, 3,5 jam jalan darat sedangkan dari Palembang bisa 5 sampai 6 jam lewat jalan darat.

Jalan utama Lubuk Linggau hanya 2 yaitu Jl.Yos Sudarso dan Jl. Sudirman. Jl. Sudirman adalah jalan di mana pasar berada sehingga yang ada adalah pasar dan ratusan toko klontong serta dipenuhi pedagang kaki lima yang membuat jalan Sudirman menjadi jalan yang paling semrawut di antara jalan-jalan lain. Jl. Yos Sudarso adalah jalan utama di mana bank dan kantor pemerintah berada kecuali kantor Walikota yang terletak jauh di pinggir kota Lubuk Linggau.

Pempek

Karena lahan yang tersedia di jalan utama tidak banyak maka rumah makan banyak tumbuh di jalan-jalan perumahan yang berubah fungsi menjadi restoran kecil. Teras dan terkadang ruang tamu menjadi tempat untuk menata meja dan kursi buat pelanggan bersantap.

Untuk malam pertama di Lubuk Linggau saya saya minta diantar ke tempat yang menjual pempek. Dalam waktu yang relatif singkat dari Jl.Yos Sudarso, hotel Citra, tempat saya menginap saya dibawa ke sebuah jalan kecil di mana ada rumah yang di halaman depannya terdapat gerobak kayu yang memajang berbagai jenis pempek. Di situ tidak hanya pempek, tekwan, dan model yang masih berbahan utama ikan dan sagu pun tersedia. Buat saya yang menggemari pempek maka saya segera mengenali kualitas pempek yang sedang saya santap tersebut sebagai pempek yang tergolong enak.

Martabak India

Keesokan paginya, sambil menyusuri jalan Yos Sudarso saya melihat sebuah rumah makan yang khusus menjual Martabak. Martabak ala kota Palembang yang saya kenal bukan seperti martabak yang biasa kita jumpai di Jakarta. Di Palembang ada martabak ala India yang sangat terkenal yaitu martabak ala India dengan nama HAR. Dikenal juga sebagai martabak India karena yang menjual adalah keturuanan India.

Saya penasaran ingin mencoba. Ternyata bahan dan cara membuatnya sama dengan martabak HAR tetapi bumbunya sama sekali berbeda. Kalau martabak HAR menggunakan bumbu kari kentang maka di Lubuk Linggau saya menjumpai saos bumbu yang rada asam. Ketika saya tanyakan pada ibu yang menjual, dia mengatakan bahwa bumbunya dari ketan dan kentang. Ketika saya tanyakan alasannya, secara sederhana dia mengatakan bahwa dia tidak tahu cara membuat saos bumbu kari seperti martabak HAR. Sangat polos dan jujur.

Model Gandum

Untuk keesokan harinya saya menanyakan kepada tuan rumah agar mencarikan jenis makanan daerah lain untuk makan pagi. Alhasil saya ditawarkan mencobai “model gandum”.

Buat saya model gandum bukan barang baru. Di Palembang, model gandum adalah makanan jajan sore hari yang keluar ke jalan-jalan umum menggunakan gerobak sekitar pukul 3 petang. Makanan yang terbuat seluruhnya dari gandum tersebut bukanlah makanan mahal sehingga populer sebagai makanan iseng sore hari.

Perbedaan model gandum di Palembang dengan Lubuk Linggau terletak pada ukurannya. Kalau di Palembang ukuran model gandum bisa berukuran 1.5 kali bola tenis lapangan maka di Lubuk Linggau ukurannyan lebih kurang sebesar bola tenis meja. Cara penyajiannya sama saja, dipotong-potong kecil kemudian disirami kuah bening dengan aroma rempah yang sangat kuat, khususnya biji cengkeh serta irisan kecil daging sapi. Tempat menjual model gandum yang kami kunjungi berupa warung kecil, sangat ramai dikunjungi pembeli sampai-sampai terjadi antrian dari mereka yang mau membungkus untuk dibawa pulang.

Mie

Makan pagi identik dengan makan mie, maka perburuan berikutnya adalah mencari mie ala Lubuk Linggau. Maka pagi hari kami menyusuri jalan Batur di mana ada sebuah restoran rumah yang memang spesialis menjual mie. Seperti tampak pada gambar, mie ala Lubuk Linggau tidak disajikan di mangkok melainkan disajikan dengan piring makan. Jika kita minta menu komplit maka akan diberikan pangsit, baso ikan, dan sayuran. Aslinya mienya dimasak dan dilengkapi dengan taoge tetapi kita bisa minta jangan diberi taoge jika tidak terbiasa.

Burgo

Nah makanan yang satu ini tidak sempat saya nikmati namun untuk mengobati penasaran pembaca saya ceritakan sedikit. Burgo terbuat dari adonan tepung gandum yang dibuat seperti dadar namun tipis kemudian digulung kemudian di potong-potong seukuran lebar 2 jari tangan. Kemudian disirami kuah santan berwarna kuning, diatasnya ditaburi bawang goreng dan boleh ditambahi sambal merah sesuai selera. Hem…nyam…nyammm…

Demikian sekilas wisata kuliner di tengah-tengah kunjungan saya ke kota Lubuk Linggau yang masih satu propinsi dengan Sumatera Selatan, tidak heran makanannya tidak jauh berbeda, tetapi rasa dan cara penyajian bisa berbeda. Orang tua bilang, “Lain padang lain belalang yang artinya menggambarkan lain daerah lain adat istiadatnya.

Bookmark and Share

Tag/Label mie, lubuk linggau, palembang, burgo, martabak, india, martabak india, model gandum, model ikan, sagu, gandum, daerah, asli, pempek, tekwan, padang, belalang, santan, otak-otak, citra, hotel, kuliner
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
81 komentar pada warta ini
Senin, 29-10-2007 18:59:53 oleh: Joni

Walaah...kirain PSK yang beneran Pekerja S.. Komersial



Selasa, 30-10-2007 08:13:49 oleh: Agus Mardhika

Waaaa.... masih ada yang kurang Mas.. seharusnya Mas coba tanyakan masakan "TEMPOYAK" Atau "LEMA"

"TEMPOYAK" = Bahan aslinya dari duren

"LEMA" = Bahannya dari Rebung bambu

dan jangan lupa seharunya minta juga "KABAU" ini saudaranya jengkol..

makanan inilah yang lebih tradisional di daerah sana...





Selasa, 30-10-2007 08:50:50 oleh: GUS WAI

Iya, betul itu, tempoyak. Tidak semua tempat menyajikan. Berhubung saya tidak doyan maka saya tidak mencari :)
Lema??? Tidak ada yang bilang kalau ini adalah khas nya daerah situ.
Thanks atas tambahan informasinya.




Selasa, 06-11-2007 16:29:13 oleh: verhany

mungkinbukan lema tapi lebih di kenal dengan bung asam....



Kamis, 24-01-2008 23:06:03 oleh: hryu

Mi Lubuk-Lingau... Mie paling enak menurut aku. :)
Jadi kangen makan mie ayam linggau..




Selasa, 29-01-2008 19:22:25 oleh: evran

LEMA itu makanan tradisional suku bangsa Rejang, benar dibuat dari Bambu Muda (rebung) yang dicampur ikan, ini makanan khas orang Rejang yang tak ada ditempat lain



Kamis, 22-05-2008 17:53:17 oleh: fahmi

yang pastinya makanan llg ntu, enak benar, Q aja...



Rabu, 11-06-2008 20:17:03 oleh: erfan

gua gak bisa lupain tuh yang namnya tempoyak!



Jumat, 04-07-2008 11:07:05 oleh: pedri s

wai lemak nian caknyo makanan wong linggau

polagi yang namonyo tempuyak ...pengin tau rasonyo

cubo lah dewek wkwkwkwkw




Jumat, 11-07-2008 13:12:15 oleh: 4ri3

LEMA itu makanan khas rejang!!!
xlau d tmpt kto namo yo. REBUNG ASAM...

lah lamo nian dak makan TEMPOYAK..
kangen jd blek
he2x......




Jumat, 11-07-2008 14:55:03 oleh: phil lea

Rupanya pak Gus Way suka juga berburu kuliner, ayo pak di rekomondasikan untuk Wikimuers berburu.!!



Jumat, 01-08-2008 12:01:44 oleh: fiona muaro

mie ayam yang ada di linggau semua nya enak
dan maknyussssssssssssss
apalagi model gandum lemaaaaaaaaaaaaaaak nian




Kamis, 04-09-2008 22:00:00 oleh: anis

yang lemak tu bakso yang besak nian (cak bola tennis....) baso SETAN............... tau :)



Minggu, 07-09-2008 11:08:29 oleh: atmun jay muda

ooiii mang yg lebih..lemak tu..pepes tampoyak ikan patin.... apo lagi tambah ulam petai..pokok nyo makyooosss....makan nasi sebakol abis..!!!



Senin, 08-09-2008 13:18:01 oleh: eka diah paramasari

aku ini orang jakarta pengen tahu rasanya makanan khas dari lubbuk linggau, kira2 dijakarta dapetin makanan yang benar2 khas lubbuk linggau dimana ya? kirim z ke email q eivesblossom@yahoo.com




Selasa, 14-10-2008 11:55:16 oleh: rachmad hidayat

tolong donk........diperbagus lagi artikelnya.
gak ada yang menarik...... thankz




Selasa, 14-10-2008 15:40:32 oleh: fiermansach

tempoyak dari duren
baju koyak dari kemaren





Sabtu, 25-10-2008 15:28:11 oleh: marsal edi

memang benar makanan lubuk linggau itu paling top
aku asli wong sano, tapi kalu belum makan pempek panggang,rasonya lidah ini masih ado yang kurang.rumah ku di pemiri depan SMP 1.LUBUK
LINGGAU..memang Top.




Selasa, 04-11-2008 21:01:10 oleh: ARHAM

memang lemak oi tempyak tu dasar di jakarta dak katik yang pacak buat nyo cubo kalu ado pacak tiap ari makan di luar terus



Kamis, 20-11-2008 18:07:48 oleh: Iwan C

Yang jelas coba dulu pempek panggangnyo....jangan idak..agek nyesel...



Rabu, 24-12-2008 13:00:23 oleh: velsa

yo wong llg,byk kn lah makanan ggok tempat kite ka ne ye ken kite benyak kreasi baruuuuu gi ji wang jawe,sul,ppa, knal makanan kite



Rabu, 24-12-2008 13:02:58 oleh: velsa

yo wong llg,byk kn lah makanan gok tempat kite ka ne ye ken kite benyak kreasi baruuuuu gi, ji wang jawe,sul,ppa, knal makanan kite YG JEO BEDA SANG PLG YE



Rabu, 31-12-2008 18:58:38 oleh: anggie

aq ne asli wong kito. jadi lah paham makanan wong linggau. apolagi bakso mang no' laziz dan mantap kali. cubolah kawan dijln. merapi.. lengkapnyo bakso podomoro.

ade lagi mang cek yaitu nasi gemuk. siapo yang gemuk makannyo tambah gemuk yang kurus akan menjadi ayam babon. apolagi ditambah minyak atom,bisa didapat disela-sela terik matahari,poles sedikit akan tambah maknyoooossss.




Jumat, 23-01-2009 11:45:09 oleh: Marsal edi

kalau memang meraso kito ini wong linggau,mekmano kalau kito,adokan julo julo,antaro wong linggau, tapi sebelumnya kito harus adokan pertemuan dulu sesamo wong kito galo...mekmano ado yang punya usul dak.ini nomer HP ku.081398450548...ditunggu yoooo.



Jumat, 30-01-2009 08:59:16 oleh: Ayu utami

yo.....wong linggau galo-galonnyo

promosiin lah linggau kito tu.....
biar maju......n terkanal
wong dak banyak tau linggau tu dimano....
wong taunyo tu palembang bae.....


ado yang biso bantu aku dak?
aku ni lg mrantau,aku nak ngenalke linggau di rantauan aku ni,,,,,
nah,,,aku tu dak tau nak cak mano......




Selasa, 10-02-2009 10:57:12 oleh: Mhd. Syahrafiuddin

Dibagusin dikit euy artikel nie,,,

Ku kak wang linggau pulek,,, asli wang linggau,,,
Payo ponga galea kak nie,,, Makanan khas linggau tu benyak,,,

Lemak galek pulek,,,

Dari tempuyak,, Rebung,, Mie ayam,, Dlll




Rabu, 11-02-2009 10:32:50 oleh: MUHAMMA ANWARI

coy,,, kenalke pulek, ku kak wang muara megang. pan nga nak makan lemak, cubo bae bikin pindang baung. polagi ngan tempuyak, Buuuih... dap naan...



Rabu, 18-02-2009 19:15:37 oleh: marsal edi

ado dak yang namonyo marwan ,yang tinggal di pemiri,dekat kelingi,dulu dio sekolah di smp 1. lubuk linggau, dio itu siko kelas sama aku di smp dulu,



Sabtu, 21-02-2009 17:37:58 oleh: anggun septi c.

whahaaaG .............. yo laah.. CP dulu linkGaw kan Kota sebiduk semareee...
Pny Byk Keunikan,
bujang n derer nya Belagak - belagak galo...whaaaaag




Senin, 23-02-2009 17:51:39 oleh: atmu jay muda

salam kenal buat teman teman yg merasa putra linggau bumi sebiduk semare.....!!!
terus tingkat kan budaya'an dan tunjukan ke mata dunia kalo wang kite wang linggau itu punya potensi yg tinggi...mari kita kenal kan linggau lewat network..!!buat temen2 yg mau knl lebih dekat boleh kunjungi situs saya
http://www.atmujaymuda.worpress.com
mail jay_muda@lge.com
YM atmujaymuda@yahoo.co.id
atau mau browseing skye: ajay_palembang
saya tunggu .....!!!




Rabu, 11-03-2009 21:31:10 oleh: die

hemmmmmm.....

ku kak indu ngan Lontong tahu linggau...

lah setaon ku kak dek belek....


kangen nian aso eh.....




Kamis, 26-03-2009 20:54:27 oleh: arvhico arma

ADO YANG KURANG MAKANAN KHAS NYO...

==>> TEMPOYAK NYO MANO




Selasa, 07-04-2009 20:41:04 oleh: adi purnomo santoso

kalo saya lebih senang makan sate ayam depan rumah makan mas jaman,loh.....udah coba????



Sabtu, 18-04-2009 12:39:23 oleh: Boy

woi jangan lupo linggau juga terkenal dengan "berong" nyo.. jadi kalo mampir ke linggau,jalan2 malam di lapangan merdeka,kito pasti ketemu berong..enak untuk santap malam sambil minum Malaga yg byk di jual dipinggir lap.Merdeka.



Kamis, 23-04-2009 15:47:21 oleh: Rie_nie

lbh byk ke lg artikel ny trus makanan mo wisata ny jg d promosiin lg
cayoo bwt my city




Jumat, 24-04-2009 10:20:33 oleh: Buana Jaka

WONG KITO GALO SAMA BAE



Senin, 27-04-2009 10:45:53 oleh: dhe rhudezt

saya ini warga asli kota lubuklinggau.
lahir,besar,dan hidup di kota lubuklinggau...
payo,,,kamu tuh samo-samo ke linggau ni...
jangan lupo mampir ke rumah aku!!
di jl.kemang 1..
omong be dengan mang ojeg nyo'seberang yadika'
tapi,jangan sampe te sesat kamu pado ni...
oke??




Selasa, 28-04-2009 08:08:58 oleh: alvin

kemaren bulan januari saya pulang kelubuk lingau setelah 25 th gak pulang2 ternyata lubuk linggau uda sangat reme sekali,oya saya berharap pemerintah lubuk linggau memperhatikan kota lubuk linggau agar supaya rapi,bersih,indah dan tertib. salam buat pemerintah kota lubuk lunggau



Sabtu, 02-05-2009 15:33:04 oleh: rayen

gale-gale dem disebutin atu atu thuh...
coba bakso lilik kancil, uenaakkkkk niaannnnn.....

kuliner di pasar mambo jugo lemak...

pempek merah...




Kamis, 07-05-2009 22:04:53 oleh: afifa

lemaknyo makan di batas. dah lamo dak balik linggau. dusun nan kurindukan. 2.5 thn tinggal disana. bukit sulap sedap dipandang whhh.... duriannyo mantap eeennak nian



Rabu, 13-05-2009 12:22:01 oleh: Salendra Kms

nak kasih rekomendasi nih kalau ado kawan2 yang jauh balek doson nak makan khas wong kite

letaknyo diperbatasan lubuklinggau dan bengkulu(terminal watas) ado tempat makan lesehan disano enak man...........dak nyesal kalu nak nyubo

kalu ditengah pasar nak nyubo pindang patin lemaknyo di warung simpang permiri samo disamporna

dll deh makanan linggau tuh lemak nian oii






Minggu, 31-05-2009 15:26:54 oleh: adek

Kalo Bekasem cak mano? itu tu yang dari ikan dibusukin trus pake kerak nasi? Ado yang tau dak?



Jumat, 03-07-2009 16:02:06 oleh: mawi

hai saya mau nanya nama pasar di lubuk-linggau ada pasar apa aja? dan terletak dijalan mana? saya ada keperluan marketing untuk masuk ke tok-toko, sedangkan saya masih belum mengenal lubuk linggau, thanks infonya



Senin, 06-07-2009 13:20:26 oleh: Melly

Asslm.klu blh saran tlong donk makanan dr kota lubuklinggau lbh di jelasin lg....kira2 yg khas bngt gt, klu bs yg bkn mknan khas daerah lain jg..kn g enak ntar dblng meniru/menjiplak...
Satu lg tolng jg pakaian adat n instansi2 pemerintahan lbh di critain lg.




Sabtu, 22-08-2009 19:52:05 oleh: Madra

ai mak yang asli tu, sambal duo / sambal ayo, tu tepatnya didaerah pengen... nak nyubek datang bae ke pengen....



Selasa, 29-09-2009 10:22:49 oleh: Salim Assoba

euy lor jangan lupo jugo oleh lubuk linggau yaitu lempok durennyo, aku wong rantau kadam (muara rupit, tempay aku kalau musim duren, hemm jangan ditanyo, rasonyo yang namonyo lempok duren, maknyos.yos.yos, selamat main ke rantau kadam.



Kamis, 22-10-2009 03:12:12 oleh: indrajaya adhisurya

asalammualaikum galo-galonyo, aku baelah yg coba promosiin kuliner linggau dan palembang lewat studyku di produck desain,tapi maaf sbelumnyo, aku ni wong perantau di pulau jawo tepatnyo di bandung,tapi aku jugo pernah tinggal sebulan di linggau-kota tmpt ortu mutasi gawe. kalo brkenan bantu-bantu aku ngabari aku informasi2 di sano termasuk namo-namo masakan,keterangan,poto,asal-usul,dan pilosopinyo kalo ado,soalnyo aku dak pacak bolak balik ke sano,sapo ajo baelah hubungi email ku di: jay.depe@yahoo.com
makasih galo galonyo
wasalam salam kenal




Jumat, 30-10-2009 09:33:36 oleh: Salim Assoba

salam kenal bang Indra, terimo kasih infonyo?



Minggu, 01-11-2009 08:52:31 oleh: vivia

SEBENARNYA BANYAK MAKANAN YANG BERASAL DARI KOTA LUBUKLINGGAU TERUTAMA DARI DAERAH2 DIKOTA INI, LEMANG MAKANAN HAS DARI KOTA KITA WAJEK YANG SERING DITEMUI KALO ADA ORANG MAU MELAMAR SEORANG GADIS, PEPES TEMPOYAK, IKAN SALAI, SAYUR UMBUT DAN BANYAK LAGI



Jumat, 06-11-2009 11:43:55 oleh: yunita asmira

ehm model,,,,,,,,,wah ita suka bgt.........emang enak mknan2 dr Lubuk linggau tu. jd kangen ne ingin balik......... da tu tempoyak juga salah satu makanan khas lubuk linggau yg paling mantap,,,,,,dr anak kecil ampe lansia sgt suka tu ma tempoyak.........
I LOVE LUBUK LINGGAU




Kamis, 12-11-2009 15:26:36 oleh: Salim Assoba

I LOVE LUBUK LINGGAU



Kamis, 12-11-2009 21:43:53 oleh: andi andiandi al linggawy

ai mang,,tempat yg disebutin diartikel tuh masih sebagian kecik...banyak nian t4 makan khas linggau tuh....paling beda nian mie ayam ala linggau samo mie ayam ala palembang......jauh nian lemak la mie ayam linggau....trus sambal khas linggau tu namonyo SAMBAL WOHH,,,,bahan utamanya cung...tempoyak tuh banyak jugo macam penyajiannya, kalo dak tuh cubo la sop duren mentah (Lundang) maknyos nian



Selasa, 17-11-2009 14:03:41 oleh: Salim Assoba

andi2 benar wong linggau kau ini, benar nian apo kato kau tu, oi kini lagi musim duren yo, kemarin dari Rantau Kadam (Muara Rupit) bapak ku kirim lempok, woi nian ketagian aku. mak nyos nian rasonyo



Senin, 30-11-2009 13:57:09 oleh: Malayeh

Saya Pernah Datang ke kota Lubuk Linggau, dari semua jenis makanan yang di sajikan diatas, menurut saya satupun ngga ada yang memang benar-benar khas kota Lubuk-Linggau...yang ada itu adalah makanan-makanan yang sangat mudah dijumpai dan telah menjadi ikon kuliner di kota Palembang (saya 3 tahun tinggal di Palembang. dari komentar pengunjung blog ini membuktikan bahwa para pengunjung sangat belum mengerti apa yang dinamakan makanan khas...saya mengapresiasi satu orang pengunjung yang menyebutkan makanan Lontong Tahu.. dengan kuah panas ditambah cabe rawit heeem makanan ini pernah saya coba beberapa tahun yang lalu ....tempatnya kalo ngga salah di depan stasiun kereta api...dan makanan ini setahu saya cuma ada di Lubuk Linggau...ini mungkin yang khas kuliner lubuk linggau...



Senin, 14-12-2009 04:08:32 oleh: arli alfian

auuhg...enak keh kalo bisa makan tempoyak,,pindang baung,,,trus sambel coonk kediro,,,waw,,lezaat banget..linggau top ceeerr dah




Sabtu, 19-12-2009 21:46:51 oleh: rita asmaraningsih

kalo ke linggau dimana ya tempat wisata kuliner yg enak?



Sabtu, 19-12-2009 21:46:57 oleh: rita asmaraningsih

kalo ke linggau dimana ya tempat wisata kuliner yg enak?



Sabtu, 02-01-2010 14:33:31 oleh: eka

oiiii lemak nian makan duren trssssssss,dak ngajak2.............aq ni jeme linggau pule.........mane oi mintak durennyo



Kamis, 28-01-2010 02:58:35 oleh: m.sandika (BTU)

takuyak=tempoyak,,
tehong bus=terung di rebus,,
kabau,, lepok,, bong asam,,...

nah tu baru makanan lubuk linggau asli...
makkkkknyoooossszzzzz.....




Selasa, 02-02-2010 15:21:17 oleh: n.apriani

way...ribut galo wong kito neah..

dem-dem
emang nian linggau tu mkannanyo enak2 galo...
q be kgen smo msakan2 linggau.....
sm pempeky jugo.....,,
akh,,balik masih lamo ni...




Rabu, 03-02-2010 12:35:57 oleh: Itce echa

uduh jdi kangen n'n kota lubuklinggau q,,,
mkan pempek,model pa lgi ngumpul samo kawan di lapangan merdeka,,
salam buat semuanya yg berkomentar




Rabu, 17-02-2010 08:16:53 oleh: NOVI MARLINTON

HAI AKU JUGO WONG ASLI LLG,TP KINI ADO DI NTT.TOLONG DONG MASUKAN PULO RESEP PEMPEK BAKAR NYO,KALU TEMPOYAK AKU PUNYA SOALNYO LEBARAN KEMARIN AKU BALEK JADI BAWA TEMPOYAK 1 GELOK.PAS BALEK KEMARIN KAMI SEKELUARGO MAKAN TEKWAN DAN PEMPEK DI TALANG JAO PEMPEK MANG UDIN COBA DEH LEMAK NIAN.



Selasa, 27-04-2010 18:54:45 oleh: febby zeni tama

kok ngak ada tempoyak ya...........?



Selasa, 27-04-2010 19:23:22 oleh: yostariza

wah.....,setelah lama aku gak pulang,ternyata linggau udah lah maju.... bravo kota lubuk linggau.... hidup wang kite galek.....!



Jumat, 18-06-2010 18:03:58 oleh: Fitriyanti

Bgi anda2 yg suka kuliner dtg ajo k kota qt ne,........



Sabtu, 03-07-2010 00:41:59 oleh: mondus

saya jg penduduk lb linggau....n skr tinggal d tanah rantau....untk kuliner yg khas....ikan seluang kali ya....coz d tempat lain saya tdk menemukan.....n kabau....yg bau tapi hmmmmm yummy.....jd pengen 'pulkam' nih.......



Minggu, 04-07-2010 18:11:24 oleh: Andi.SM

Saya wong Musi Rawas, dulu sekolah di SMEAN 1 Linggau tamat tahun '95. Kangen juga dg Linggau setelah lamo dak balik. Cak mano kabar Linggau sekarang ya. Teman2 ku banyak sekali disano, kalu bae ado yg masih ingat aku, pacak bae hubungi aku di facebookku " andi.sm_ym@yahoo.com". Kito pacak saling silaturrahmi samo kanco2 lamo. Kangen gale' rasonyo ei...

Salam bae dari rantau Kalsel.




Sabtu, 04-12-2010 14:05:07 oleh: Heny Asli wang Taba

Ade Yang Kurang..
CoL sambaL meCaNg(embacang/mangga)




Senin, 27-12-2010 22:59:10 oleh: nata

aku wang plmbang mrantau dilinggau,kalu tman2 nak bli roti bakar bandung bli punyo aku be,aku jualan di simpang watervang tiap arai ade.



Minggu, 13-03-2011 05:33:21 oleh: igot

gara2 ngomong ke tempoyak laju memacu cacing perut bin ngidam...
payo kawan2 yang samo merantau njok tau t4 masakan tempoyak yang ado di kota lain...
khusus nyo di bandung, klo ado kawan2 yang merantau di bandung terus tau t4 makan tu kasih tau yo, la keliling aku nyari nyo dak temu!!

di tunggu yo...
ngidam nian oy...




Senin, 31-10-2011 16:34:32 oleh: jowandalinggau

lubuklinggau tu kayo nain dengan makanan or pajoan khas nyo..cobo beh bagi wong luar datanglah ke lubuklinggau..biar tau rasonyo hehehee,,thankss



Jumat, 16-12-2011 06:29:28 oleh: yudi jaher

ape kbr kuyung,mmg'bbk kupik,galela,,kamu ngmg pajoan,wong lgg jd lpr prut q,,ado srn tuk wang lgg yg d rantau,klo pengen tmpoyk,bl duren buang bjnyo taro tples ksh grm dkt tgu 3hr,,aq d aceh cak itula jgn lp smbal cangkuk,,smbl cengek n gulai apai,smbl kemang plg mntp..slm dr aceh,,!!




Senin, 14-05-2012 17:26:31 oleh: erma suryani

lubuk linggau food tradisional is the best
mbewww.....???
bese dusun gele raban ngaq kak.....!!!




Senin, 28-05-2012 10:48:26 oleh: Tri yulianti

khas lubuklinggau pindang tempoyak, ikan bekasam,gulai ampai, d tambah sambel calok yummyyyy




Kamis, 28-06-2012 11:19:19 oleh: Novie

aman aq belek kelinggau ndak makan ikan asam goreng ulam kabau ehhmmm nyammyyy..
walaupun mulut bembau...
hehehehe aq asli wang linggau rumah ku di mesat jaya RT 6 dekat kantor lurah, tapi sekarang aq tinggal di tangerang
melo lebaran lek belek dak ??
aman dak tu add FB ku yach
novieanzufles@yahoo.com
Salam kenal tuk gelea




Selasa, 27-11-2012 15:03:46 oleh: chaelum

ai dak ke watervang dak seru lah
oakwoakwokao




Kamis, 29-11-2012 16:45:27 oleh: faat

maaf OOT, tapi saya butuh informasi mengenai penginapan yang berada di daerah lubuk linggau. kiranya ada yang membantu saya untuk memberikan nama2 hotel lewat japri ke fery@globalindonesia.org
thx.




Kamis, 20-12-2012 15:25:38 oleh: andri

ke bukit sulap sambil makan tepuyak,,

lemak e,,,




Kamis, 11-07-2013 11:17:53 oleh: heri sandi

Makan belum lengkap tanpa pindang patin sungai musi di tambah ulam petai beras dayang rindu mantap habis.

by putra kelingi




Rabu, 27-11-2013 09:01:59 oleh: zulkipli

masakan linggau tempoyak lemak nian



Minggu, 15-12-2013 00:57:15 oleh: Feri Suryanto

aq wang linggau merantau ke lampung,jadi ingat lemang samo duren tembago lemak nian dak katek tandingannyo. ai jadi nak balek dusun. "ps satelit gang jambu"



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY