Agus Mardhika

Bahaya Sate dan Mie Instan versus Timun

Selasa, 23-10-2007 11:46:27 oleh: Agus Mardhika
Kanal: Kesehatan

Siapa yang tidak tergiur akan kelezatan sate, apakah itu sate kambing, sate ayam, ataupun sate padang dan beraneka ragam makanan lainnya yang bersumber dari air tawar ataupun hasil laut seperti ikan mas, ikan kakap, baronang, cumi, kepiting dan teman-temannya, ditambah sedikit lalapan dan sambal yang pedas. Mmmm sangat menarik bukan ?? Dan tentu saja untuk menemukan jenis makanan tersebut di Jakarta khususnya tidaklah susah, bila kita perhatikan banyak sekali di jalanan yang mencoba menjajakan jenis makan tersebut. Akan tetapi berhati-hatilah bila Anda adalah pengemar jenis makan tersebut, karena penyakit kanker sudah mengintai kita.

 

Pada umumnya untuk membakar makanan tersebut biasanya digunakan arang, ternyata di sinilah awal penyakit kanker tersebut bermula. Karena begitu makanan tersebut dibakar menggunakan arang yang mengandung zat karbon, maka pada makanan tersebut sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Tetapi tidak usah takut, bagi Anda pengemar makanan tersebut dapat mengatasinya dengan memakan timun, karena sate yang dibakar tersebut mengandung zat karsinogen (penyebab kanker) dan timun mempunyai anti karsinogen.

Bagi para pengemar mie instan, ternyata di dalam mie tersebut terkandung lilin yang berfungsi untuk melapisi mie instant (mungkin itu juga yah yang menyebabkan mie tidak lengket satu dengan yang lainnya). Pernah rekan saya bereksperimen dengan cara menyimpan kuah hasil olahan mie instan selama 3 hari, dan ternyata memang terbukti ditemukan zat seperti lilin.

Bagi anda pengemar mie instan, mungkin kini saatnya untuk berhati-hati mengkonsumsi mie tersebut, karena tubuh kita membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk membersihkan zat lilin tersebut. Dan saya juga biasanya kalau mengkonsumsi mie instan, selalu membuang air hasil rebusan dan menggantinya dengan air hangat yang baru. (untuk meminimalkan zat lilin yang masuk)

Dan masih banyak zat-zat berbahaya lainnya yang mengintai kita dan terbilang mudah menemukannya.

So…. Be careful aja kali yah..

Bookmark and Share

Tag/Label mardhika, sate ayam, sate kambing, kesehatan, kanker, penyakit, karsinogen, timun
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
49 komentar pada warta ini
Selasa, 23-10-2007 21:21:19 oleh: rudy

iiihhh....sereem sekali...ternyata apa yang kita makan selama ini, makanan yang akrab bagi anak kost mengandung racun, seharusnya di bungkusnya di kasih peringatan "Mengandung Lilin" jadi konsumen bisa lebih waspada..

terima kasih infonya...




Rabu, 24-10-2007 07:58:47 oleh: Setiaji Kurniawan

Betul sekali artikelnya Mas, saya sering kali diingatkan sama istri yang kerja di dunia kesehatan. Kalau bisa jangan sering-sering mengkonsumsi makanan yang resiko terkena kankernya tinggi...Sehat baru bisa dirasakan enak setelah kita sakit biasanya...



Rabu, 24-10-2007 08:20:36 oleh: Dani Ampriyanto

betul sekali, selain mengandung lilin, mi instan juga mengandung plastik dengan kadar lumayan besar.
bisa dicoba, setelah anda buka bungkus mi instan, anda akan temukan plastik... tul gak? :-)




Rabu, 24-10-2007 10:33:17 oleh: YANTI

oh my GOD...... ternyata kesukaan qu gak sehat... maksih mas.........



Rabu, 24-10-2007 15:06:41 oleh: Agus Mardhika

Betul Mas Dani.. bahkan bisa 2 - 4 kandungan plastik bisa kita temukan didalam sebungkus indomie..

Mulai dari bungkus cabe, bungkus minyak, bungkus sayuran dll.. tergantung jenis mie instan nya.. (hi.hi..hi..hi..)




Kamis, 25-10-2007 15:14:09 oleh: anime gladish

Ya lh!emng bnyk lilinnya kan klo ad lilinny ga prlu bayr listrik mahal2,y kan dan plastiknya jg bs buat bngks mkanan



Jumat, 26-10-2007 19:34:50 oleh: Wirawan

untung gw punya timun.....



Kamis, 01-11-2007 05:13:14 oleh: Kavita Rezi

Sebetulnya banyak kontroversi seputar Mie Instan ini mas! Saya sendiri awalnya menganggap Mie Instan ini benar benar mengandung zat- zat yang amat berbahaya sekali , karena konon katanya mengandung zat lilin, belum lagi MSG nya, dan pengawet yang tentu saja tidak baik untuk tubuh kita!

Tapi, kemudian karena saya 'terpaksa' melakukan research untuk sebuah proyek, saya jadi tahu, ternyata susah sekali (tidak banyak) menemukan data- data mengenai bahaya mie Instan untuk tubuh kita. Selama beberapa waktu melakukan research, saya tidak menemukan penjelasan yang memuaskan seputar hal ini. Sehingga akhirnya saya mengambil kesimpulan, Mie Instan sebenarnya sekali- sekali tidak apa apa untuk dikonsumsi , asalkan frekuensinya jangan terlalu sering! Lagipula logikanya kalau seberbahaya itu , tidak mungkin kan Pemerintah kita (dan juga Pemerintah negara- negara lain yang terkenal strict dengan aturannya) mengizinkan Mie Instan untuk terus menerus dikonsumsi!

Yah, pada akhirnya kembali lagi, apa- apa yang berlebihan itu memang tidak baik. Ya nggak?




Senin, 12-11-2007 21:51:09 oleh: wisnu pambudi

thanks so much.....infonya



Kamis, 15-11-2007 14:54:58 oleh: Agus Mardhika

Memang aneh juga yah untuk kasus mie instan ini.. soalnya tulisan seperti diatas tentang mie instan pasti sudah banyak beredar di internet, seandainya pihak produsen mie instan merasa dirugikan dengan berita semacam ini, pastilah PR ataupun bagian humas akan habis-habisan membahas persoalan ini mungkin juga bisa dibawa kemeja hijau, tetapi kenyataannya tidak ada satupun yang mengklaim kalau produk mereka bebas dari kandungan lilin seperti yang banyak diberitakan.

Demikian juga YLKI ataupun BPOM misalnya, mencoba melakukan riset dan kemudian mengumumkannya kepada publik. atau sudah pernah dilakukan tetapi tidak menemukan indikasi apa-apa. (atau memang saya aja kali yah yang ga tau infonya..:-)

atau memang sudah tidak ada yang peduli lagi akan issue permasalahan ini, karena sudah terlalu banyak beredar di masarakat..




Kamis, 23-10-2008 21:45:53 oleh: raNom

memang sgt ngeri bgt
iiiiiiihhhhhhhhhhhhhh
syukurny aQ ank kos jD jrang mkn sate kLo mie ia
heeeeeeee
tp aQ jd tau
tQ




Minggu, 02-11-2008 15:10:41 oleh: marissa satriliya

Allah telah memerintahkan kita untuk mengkonsmsi makanan-makanan yang TOYYIB, yang berarti baik untuk tubuh,dan ada manfaat, so klo kita melihat mie.................................................



Minggu, 05-04-2009 15:54:34 oleh: Chitra Dirgahayu

wah klo mengandung lilin bisa dimanfaatin klo lampu mati, atau klo mw candle light dinner jg bsa. hihihhi..

memang mie instan mengandung berbagai macam bahan yang berbahaya, apalagi kita juga tidak tahu apakah mie itu halal atau tidak.
jadi jangan sering-sering mkan mie deh...
menakutkan..

thanks yaw infonya,,




Jumat, 29-05-2009 12:48:30 oleh: cut wulandayu

MmM,,,,MuNGKin ITu yG meMbuAT c pENGkonSumSI MEnjAdi DaDUTz X yEAAAAAAAAA?



Jumat, 03-07-2009 12:43:37 oleh: indri ivo listiana

aku baru tau rentang bahaya ne,,,,,,,,,,,,jadeeeeee buat temen2 yang suka makan mie instan dah coba buat dikurangi,ato gak sah dikonsumsi lagiiiiiiii
tapi kalo sate..........yah kagak bisa dihindari

thanks ya booook buat infonya




Minggu, 05-07-2009 20:23:11 oleh: nieta

wahhhh.gitu ya....
walaupun aq bukan pencinta mei sejati, thanks ya infox.....
terkadang kita tau bahaya dari suatu hal. tapi klo dah suka, ga peduli lagima bahayanya......
yang penting makaaaaaaannnn.......
he..he..he......




Selasa, 14-07-2009 08:17:56 oleh: sisno

iihh.... ngeri ya. diperut kita bisa2 banyak lilinnya. bisa nggak ya? lilinnya dikeluarin dari perut buat ulang tahun?...... ha...ha....



Selasa, 14-07-2009 15:00:30 oleh: shufrotun nisa'

Ya tull bget tuuuCCch Mas.......!!!



Kamis, 16-07-2009 12:12:17 oleh: gita febriandini

aduuuuh bahaya! bahaya! bahaya!

aqu suka banged makan sate pake mie..

tnyt dua2 nya gak baik..

mgkn gak usah terlalu sering ja kali yah makan nya,hihihi..




Kamis, 16-07-2009 16:27:49 oleh: Sandhy.ED

Aku pernah menaggapi email yang membahas ini. Artikelnya dimuat di wikimu juga.., tapi waktu itu masih gaptek jadi gak di link ke artikel terkait.
Artikel itu bisa dibuka di link ini:
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=6195




Senin, 20-07-2009 14:23:33 oleh: poeyeng

kalo masalah lilin, nne agak repot kayanye'. khan banyak nyang nganjurin, bahkan jadi jargon unggulan, kalo sering makan apel kite2 akan jauh dari segal macem penyakit (katenye), tapi coba dech, iseng2, ntu buah, dibagian kulitnye kite kerok pake' pisau, ...... nahh loh, ternyata banyak tuch serpihan putih2nye, kira2, srpihan ntu apaan yeeee, hiiiiiii...........



Senin, 20-07-2009 21:43:33 oleh: Sahroni

mengandung lilin ya???, kebetulan akhir-akhir ini di Bandar Lampung sering mati lampu, jadi bisa dipake untuk penerangan.



Rabu, 22-07-2009 10:17:50 oleh: erick yoku

Bagi para pengemar mie instan, ternyata di dalam mie tersebut terkandung lilin yang berfungsi untuk melapisi mie instant (mungkin itu juga yah yang menyebabkan mie tidak lengket satu dengan yang lainnya). Pernah rekan saya bereksperimen dengan cara menyimpan kuah hasil olahan mie instan selama 3 hari, dan ternyata memang terbukti ditemukan zat seperti lilin.

Perlu diketahui ttg eksperimen yang dilakukan oleh teman penulis itu bukan lilin tapi itu lemak. Karena Mie itu mengandung lemak. Jangan sampai terjadi perbedaan persepsi tentang hal ini dan juga perlu banyak sekali referensi tidak sepotong-sepotong. Hal ini akan membingungkan publik.




Rabu, 22-07-2009 12:56:36 oleh: dedi

ni yang bener yang mana sih satu bilang zat lilin yang lain bilang lemak,jangan2 erick yoku ini orang perusahaan produsen mie instant.



Kamis, 23-07-2009 17:54:53 oleh: riza

mie instan emang sampah bang



Kamis, 30-07-2009 21:15:22 oleh: Vinnie Vincent

@poeyeng,
emang gitu kalo mau makan apel, harus dikerok dulu, karena serpihan itu adalah lilin yang digunakan agar apelnya nggak cepat busuk saat masih di supermarket. Biasanya sih apel impor yang pakai lilin, soalnya pakai pengiriman jarak jauh.

Saya juga tahu mengenai sate dan mie ini dari e-mail. Kalau sate (dan hasil 'bakaran' lainnya, misalnya ikan), menurut dokter saat dibakar bagian bawahnya dilapisi daun dulu. Kalau mie sih... kalau memang sehat kayaknya nggak mungkin murah banget deh. Sayur aja banyak yang lebih mahal daripada mie. Selain itu, mie instan di luar negeri memang lebih tawar, "nggak enak" (karena MSGnya kurang banyak, hehe), tapi kalo lilinnya sih nggak tau. Makanya mie instan Indonesia laku banget di luar karena katanya "lebih enak" dan harganya so pasti lebih murah. Kalo sehat bisa pakai cara (dan makanan) instan, orang mah nggak ada yang jadi anggota gym yang segitu mahal...




Kamis, 30-07-2009 21:20:01 oleh: Vinnie Vincent

Btw, yang Erick Yoku tuliskan sangat masuk akal. Lemak memang akan mengendap bila kuahnya sudah dingin, karena lemak otomatis terpisah dari air dan membeku. Coba aja kalau makan yang berkuah, apalagi kuahnya berminyak dan warnanya gelap, misalnya rawon, tinggalkan kuahnya di mangkok dan taruh es batu. Pasti akan ada lapisan putih mengambang diatasnya. Itulah lemak yang kita makan.



Jumat, 31-07-2009 15:00:54 oleh: ryant

Masya Alloh, gitu ya mas...ternyata gitu ya...kalau gitu sebaiknya perbanyak konsumsi makanan bebas pengawet alias tidak njajan alias masak dewe...Alhamdulillah anak2 ndak ada yang suka sate,sukanya tempe,coba kalau suka sate bisa tambah berabe kantong gue,terima kasih banyak mas.........



Selasa, 29-09-2009 16:26:37 oleh: sukiman

makanan yg di panggang emang bahaya,
apalagi jika di panggang ampe hitam2,
tapi orang2 juga gak peduli, Soal Mi
Instant jgn sering2 di konsumsi, cukup
seminggu sekali. klo mo bebas dari minyak lilin.
masak mi goreng aj. itu dijamin bebas dari lilin.
tapi setiap makanan klo sudah enak, semua juga
gak peduli. katanya racun vs racun,
klo mo bikin tubuh lebih rusak, makan mie tiap hari, makan sate, merokok and minum arak.




Jumat, 02-10-2009 19:29:21 oleh: eka dian mayasari

saya adalah salah satu di antara orang-orang yang menderita kanker..penyakit ini udah hampir 9 tahun menempel di payudara saya..saya merasa sedih sekali karena waktu kecil dulu saya sangat suka sekali mengkonsumsi indomie..tapi apa yang terjadi malah dampak buruk yang saya tanggung saat ini..saya berharap banget pada yang membaca komentar saya ini jauhilah indomie..karena itu bisa membahayakan kesehatan kita semua..belajar lah untuk makan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran dan untuk indomie..LUPAKANLAH!!!!!



Jumat, 09-10-2009 11:35:12 oleh: NINA PL

Aku jg setuju dg komentar erick yoku,tp kalo menurutku itu bukan lilin atopun lemak, tp itu jamur. sekarang coba aja masak sayur berkuah trus dibiarin 3 hari pasti diatasnya akan tumbuh jamur. memang mie instan itu berbahaya kalo dikonsumsi secara berlebih, tapi bukan mie instan aja....kelebihan mengkonsumsi gula pun jg gak baik buat tubuh, bs sakit diabetes, meskipun banyak jg karena penyakit keturunan...intinya semuanya yang dikonsumsi secara berlebih pasti tidak baik....



Sabtu, 17-10-2009 11:59:32 oleh: Swastanto

Sebelum makan apa aja baiknya doa dulu jadi aman.




Senin, 09-11-2009 11:08:38 oleh: lielie

lebih waspada yach !!
O yach aku punya info tambahan "kalo masak sayur asin ato lebih dikenal baikut khusunya etnis tionghoa kalo uda dimasak jangan smpe nyisa n dtaruh lagi di kulkas untuk dimakan lagi besoknya karena itu juga jadi salah satu penyebab kanker makan aja sampe habis pokoknya jangan mpe nyisa"




Jumat, 04-12-2009 14:32:03 oleh: fa_

gk nyanga trnyata mie instant brbhaya bwt ksehatan qt.SERREEEEMMMMM....




Rabu, 10-02-2010 05:22:58 oleh: Idraq

Kata orng2 tua, kebanyakan makan mie instan bs bikin bodoh. BERHENTI makan mie Instan utk menghindari resiko KANKER.



Rabu, 10-02-2010 14:22:53 oleh: Ina

Ternyata makanan instant itu ga selamanya sehat... Sereeeeeeemmmm Bwuanget..!!!



Sabtu, 13-03-2010 13:24:49 oleh: dwita riskyana

seharusnya di bungkusnya,,diberi peringatan donk,, biar org yg memakan nya lbh hati2.



Senin, 05-04-2010 02:02:09 oleh: cahaya

memang permasalahan bahan kimia makanan sudah tidak asing lagi di telinga kita,..dan masalah itu sudah tidak bisa ditanggulangi lagi..karena semua bahan makanan kita sudah beracun semua, yang penting jaga-jaga diri aja..masing2...sayur yang kita makanpun pake obat juga, jadi sama ajakan makan racun juga kita kan. pusingg...mau gimana lagi, perbanyak olahraga aja...biar sehat...terus perbanyak minum air putih...biar sehat juga...setuju kan....



Minggu, 18-04-2010 08:18:43 oleh: medikasari

waduuuhhh...kok pada ketakutan gitu ya ... emang ..dalam mie instan banyak dipake bahan tambahan makanannya, salah astunya dipake jenis hidrokoloid misalnya gum, cmc dan emulsifier .. (bukan zat lilin) ... fungsinya membantu memperbaiki tektur mie, .. sumuanya foodgrade .. zat-2 itu tidak cuma dipakai di mie saja di produk-2 lain sering kita jumpai ... jadi santai aja lah... yang terpenting kalau makan mie instant harus dilengkapi dengan sayuran dan sumber protein ... oya... kalau masak mie instant air rebusan pertamanya dibuang??? ... apa gak sayang tu vitamin-2 pada kebuang duluan



Kamis, 27-05-2010 15:20:43 oleh: rhisell

ya kalo makannya sesui aturan dan tidak untuk makanan pokok,mungkin tidak akan sampai segitunya sampai menimbulkan penyakit akibat mi instan .....



Rabu, 23-06-2010 11:31:33 oleh: Nenk Nena

kalau habis makan mie perutku sering jadi kembung .. seperti mau buang angin trussss... :-D
makanya aku gak suka...lagi pula di mie instant qt cuma dikasih perasa aja koq...mirip rasa ayam...mirip rasa bakso..mirip rasa soto...tapi gizinya gak ada




Rabu, 23-06-2010 11:35:51 oleh: Fadhlan Puding

aku zk mie......tp sekarang udah g suka takut di potong ususnya








Sabtu, 26-06-2010 09:43:38 oleh: lintang kusumaningrum

yach,...logikanya,.. makanan yang diawetkan,pasti mengandung bahan pengawet.klo ga ya jamuran,dan ga laku dijual.apalagi yang instan itu,bisa2 lebih instan juga masuk rumah sakit.so,..lebih aman makan sayuran dan buah yang segar.



Jumat, 15-10-2010 11:03:58 oleh: Akhmad Muhaimin Azzet

Makasih banyak ya... informasinya, dan salam kenal untuk semua...



Sabtu, 20-11-2010 17:43:02 oleh: ita

kalo gitu, knp mie instan harus dijual, dan ini pasti bukan hanya terjadi pada mie instan aja, tapi ada berbagai produk yang seperti ini juga,, iya kan



Sabtu, 20-11-2010 20:09:36 oleh: Angel

Aku memang suka banget sama mi, tapi nggak sering2 ah. Ada bahan pengawetnya! Hiii..



Kamis, 05-01-2012 11:56:09 oleh: ninik setyawati

JUDULNYA:SMUA YG BERLEBIH GA BAGUS,smua makanan yg awet lama pasti ada pengawetnya,kalau emang kadar yg terkandung lewat ambang batas harusnya Depom/Menkes ga usah lolosin tu makanan ke pasaran,nyatanya msh bredar jg,brarti msh fine



Jumat, 18-05-2012 13:10:41 oleh: arif

mie instan mengandung lilin.......! menurut saya apa yang ada di dalam mie instan bukanlah lilin, tetapi itu adalah lemak....... yang memang jika dibiarkan cukup lama akan seperti lilin.... coba aja kita praktikan.. kita merebus lemak sapi.. setelah dingin akan seperti lilin. yang jelas apapun yang kita konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek tidak bagus bagi tubuh kita...



Senin, 11-02-2013 12:08:50 oleh: kyla

Iyaa mie emang kalo dikonsumsi berlebihan ngga bagus,,bkn hanya mie yg murah aja yg berbahaya junkfood kaya' di mall2 fried chicken apalah itu parah...
Jadi possitive thinking ajaaahh...




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY