Micky Jo

Jangan Anggap Remeh Mimisan loh…

Selasa, 02-10-2007 09:09:55 oleh: Micky Jo
Kanal: Kesehatan

Jangan Anggap Remeh Mimisan loh…

Mungkin tanpa kita sadari di saat sedang tidur hidung kita mengeluarkan darah dan meninggalkan bercak - bercak darah dibantal...atau disaat sedang melakukan aktifitas olahraga...atau di saat setelah membersihkan hidung dengan jemari...cermati dan jangan anggap remeh hal tersebut apalagi bila mimisan itu sering terjadi dalam sehari...Mimisan atau epistaksis memang bukan penyakit tetapi merupakan indikasi adanya suatu gangguan pada tubuh.

Mimisan dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu mimisan ringan dan mimisan berat...

1.Mimisan Ringan..
Mimisan ringan bersumber dari bagian anterior atau dari bagian depan rongga hidung saja. Pasalnya di bagian itulah banyak pembuluh darah bertemu. Pada umumnya ini terjadi pada anak yang sering mengalami pilek dan pembuluh darahnya tipis, kekurangan vitamin C dn kalsium, meghadapi perubahan cuaca, teriritasi gas yang merangsang, atau kemasukan benda - benda asing yang dapat menimbulkan luka dan berbau.

1.Mimisan Berat..
Yang harus lebih diwaspadai kalau sumber berasal dari dalam atau posterior karena bisa jadi merupakan indikasi suatu penyakit serius seperti demam berdarah, tekanan darah tinggi, tumor ganas pada rongga hidung atau nasofaring, kanker darah (leukemia), atau kelainan darah hemofilia (tidak memiliki zat pembeku faktor VIII), penyakit kardiovaskuler, dll.

Pada umumnya kejadian perdarahan posterior lebih sering (setiap 1 - 2 hari) dengan perdarahan lebih banyak sehingga lebih sulit diatasi. Perdarahan posterior kebanyakan terjadi pada para orang dewasa walaupun tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa mengalaminya, khususnya kalau terjadi infeksi, demam berdarah, atau leukemia. "Kalau darah keluar sampai berhari-hari sebanyak sekitar 1 - 2 lt, harus segera diatasi, jangan sampai terjadi kekurangan darah (anemia) atau yang lebih parah terjadi shock (turunnya tekanan darah secara mendadak yang diikuti pingsan)."

Langkah - langkah penanganan mimisan dibagi berdasarkan penderita...

•- Anak - anak, jangan panik, anak didudukkan dengan tegak, kepala diarahkan ke depan (jangan menunduk), pegang hidung anak dengan tissue atau kain bersih, jangan baringkan anak (karena akan mengakibatkan darah masuk kembali ke dalam kerongkongan bisa menyebabkan muntah), biarkan anak beristirahat.

•- Penderita dengan kelainan tekanan darah, belum berarti ini menandakan gejala stroke, karena perdarahan bukan berasal dari rongga otak. Hanya saja epistaksis karena tekanan darah tinggi pada umumnya hebat, sering kambuh dan tidak terduga terjadinya. Biasanya pada penderita tekanan darah tinggi perdarahan pada hidung berindikasi bahwa tekanannya sedang tinggi atau naik dan tentunya ia harus waspada.

•- Penderita yang terinfeksi penyakit hidung seperti sinus paranasal (rinitis atau sinusitis) bahkan yang lebih parah adalah infeksi karena penyakit lupus, sifilis, dan lepra. Tentu saja yang terparah kalau terjadi suatu keganasan pada rongga hidung atau nasofaring. Pengobatan di sini tidak bisa dengan pembedahan melainkan hanya dengan penyinaran dan kemoterapi.

•- Wanita hamil ada kalanya juga bisa mengalami epistaksis karena gangguan hormonal. Namun, sepanjang hanya pada batas normal, tidak perlu dikhawatirkan. Walau demikian, kalau perdarahan hidung sudah pada taraf serius, memang harus segera diatasi agar tidak mempengaruhi perkembangan sang janin.

Tanda-tanda Mimisan yang gawat darurat dan harus segera ditangani oleh dokter di antaranya bila mimisan disertai dengan kantuk dan kondisi sangat lemah dan mimisan yang terjadi akibat jatuh atau terkena benturan dikepala.

Cara pencegahan mimisan ...

- Usahakan supaya minum air putih lebih banyak dan istirahat yang cukup.

- Pemasangan tampon posterior dengan cara yang lebih rumit karena tampon harus dimasukkan ke dalam hidung.

- Pemberian obat hemostatik (pembeku darah), setelah darah berhasil dihentikan, barulah diteliti lebih lanjut penyebabnya. Pemeriksaan tidak bisa hanya berdasarkan darah yang keluar saja.

Selain menghentikan mimisan dengan cara medis juga dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menyumbatkan potongan daun sirih kedalam hidung.

Perlu diingat bahwa penyakit yang serius dapat menimpa kita karena kita terkadang suka meremehkan hal - hal yang kecil tanpa kita sadari...

Semoga bermanfaat ya friends....

Bookmark and Share

Tag/Label mimisan, hidung berdarah, epistaksis
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
46 komentar pada warta ini
Selasa, 02-10-2007 09:32:35 oleh: Agus Mardhika

Waktu kecil saya mengalami hal ini, setiap harinya saya bisa 2 atau 3 kali mimisan terkadang malah lebih, kalau menurut dokter saya tidak dapat beradaptasi dengan udara Jakarta yang panas, karena sebelumnya saya tinggal di Bengkulu tepatnya diCurup dimana udaranya lebih dingin dari suhu udara dipuncak. Saya mengalami mimisan ini sampai SMA, sangat tersiksa kalau sedang mimisan karena biasanya bisa sampai 15 menit lebih mengeluarkan darah, tentu saja sesudahnya badan ini lemas, untunglah saya mempunyai kakak yang begitu sayang dan selalu sabar untuk mengobati saya.



Selasa, 02-10-2007 15:21:27 oleh: Micky Jo

wah..lama juga ya sampai SMA...ya, memang perubahan suhu yang drastis juga bisa sebagai pemicu...semoga sehat selalu dan tetap menulis he..he..



Minggu, 07-10-2007 14:22:26 oleh: GeRonimo!!!

wah, kebetulan gw anak sma jg, neh. dan sama-sama suka mimisan. ampe 2-3 kali per hari.
tapi gw rasa itu juga dipicu cape dan stress, ding. dan gw jga biasanya 'ngocor' kalo lagi ada ujian-super-sulit atau lagi berantem...
yang pasti gak enak banget deh, mimisan terus... uda capek, lemes pula...




Minggu, 23-11-2008 21:53:19 oleh: HAYATI

Saat ini saya memang sangat panik karena mimisan hal yang baru bagi anak saya. Untuk itu saya mencari tahu tentang mimisan di milis ini.sekarang anak saya kls 3 smp.memang baru2 ini plg sekolah selalu sore.karena ada bimbel.mungkin stress,cape.harapan saya semoga anak saya cepat sembuh, dan bukan merupakan penyakit yang menakutkan.saya tetap akan periksakan ke dokter THT.terima kasih atas informasinya tentang mimisan. Doaan ya...agar anak saya cepat sehat kembali.



Kamis, 22-01-2009 17:09:29 oleh: silvi

mau tanya dunk, kalo hidung berdarah (ga tau ini termasuk mimisan ato gag) tapi darahnya ga sampe ngucur keluar, hanya di dalam hidung saja karena sedikit,,,
tapi disertai cairan semacam ingus..
hidung berasa penuh, pas di bersihkan ternyata ada gumpalan darah..
saya sering mengalami kejadian ini,,

ini karena hal apa ya??

trims..




Jumat, 27-03-2009 11:16:07 oleh: Dea

kalau mimisannya jarang ya sebulan atau dua bulan sekali trz kl lg mimisan rasanya pusing ( sakit kepala ) itu kenapa ya?wajar ga?trz tipsnya biar ga mimisan dijelasin donk?Trims.



Kamis, 04-06-2009 14:31:34 oleh: hilda sarwendah

klo akko knpa y sebeum mimisan itu kepala akko suka pusing banget mpe gk nhan dech pusingnya terus berhenti nya itu lama kadang mpe 3 jam...pernah jga mpe 3 hari gk brenti-brenti,,,itu knpa y? pa itu wajar?



Kamis, 30-07-2009 18:06:51 oleh: debbieamalia

kepala saya pernah mengalami benturan, rahang saya pernah patah. dan di pasang pen..berapa hari ini, saya sering mengalami mimisan. umur saya 32 tahun.saya kerja 15 jam sehari.dan berapa hari ini juga saya mengalami banyak masalah,mohon bantuan nya, apa yang harus saya lakukan, dan obat apa yang harus saya konsumsi.terima kasih



Jumat, 31-07-2009 09:31:57 oleh: abdul

saya mempunyai pacar
sering mimisan dan badannya lemas,saya tidak tau kenapa.
tetapi dia sering sekali mimisan.
saya tidak tau lamgkah apa dan usaha apa supaya pacar sayalekas sembuh !!




Kamis, 13-08-2009 18:50:51 oleh: Stefanny Martina Dewi

setahun lalu aku pertama kali mimisan.
Terus sekarang, aku suka mimisan kalau setelah mengajar latihan paskibra(kadang-kadang sih)
Tapi aku juga suka mimisan kalau mau menstruasi.
Itu termasuk mimisan ringan apa mimisan berat ya?
Thanks before.




Senin, 17-08-2009 10:23:00 oleh: Zanuar Arina Dewi

teman saya ada yg sring mimisan, namun jika dia kecapekan dy bs mimisan lbh dr 1 kali tiap hari. adakah indikasi dia manderita pnyakit dalam? terima kasih, info ini sangat berguna bagi saya



Jumat, 02-10-2009 22:35:06 oleh: Ajeng Tiara

Mbak Micky, saya pernah ngalamin yg namanya mimisan parah selama sekitar 4 bulan. bersin sedikitm atau pilek sedikit, langsung mimisan. Parah, bukan sekedar menetes tapi mengucur deras. kalau gak dibawa ke UGD gak berhenti. Saya sampai dibekali epinephrine untuk berjaga2. Semakin lama frekuensinya semakin banyak.
Setelah menemui dokter THT yg kompeten, ketahuanlah kalau dirongga hidung saya tumbuh tumor jinak yg dipenuhi pembuluh darah. Alhamdulillah, setelah diangkat sekarang sembuh total.
Tips utama dr dokter adalah, kalau dr kecil sudah biasa mimisan pertanda kalau pembuluh darah di hidung mmg tipis. Ini bawaan lahir yg tidak perlu dikhawatirkan.
Yang perlu dikhawatirkan adalah, kalau setelah dewasa tiba2 sering mimisan. Pertanda ada kelainan yg perlu diwaspadai.
Salam sehat!




Jumat, 23-10-2009 15:31:44 oleh: Rita Zahlia

ponakan saya udah beberapa kali mimisan...dia cowok umur 22 thn. apakah ada mungkin dari pengaruh obat-obatan? dia perokok. apa ya mimisan itu obatnya?



Minggu, 01-11-2009 03:04:19 oleh: dhika 'rNr'

aku mau tau nie,skalian mau tau cara2 pengobatan yng lebih intensif karna malam orang tua saya baru masuk rumah sakit karna darah trus kluar dari hidung dan mulut nya..pa ada cara pengobatan yng lebih intensif...tolong saya ya



Selasa, 03-11-2009 09:07:58 oleh: Me-Ga

Dear...

Sampai saat ini aku masih suka mimisan loh, padahal aku udah 27tahun. karena aku gak kuat terkena AC yang terlalu dingin, dan panas dalam, atau bahkan cuma karena kesenggol. mudah2an siy gak apa2, aku takut banget.




Kamis, 05-11-2009 16:25:05 oleh: Micky Jo

@Me-Ga and Dhika..have u consult about the case to the doctor...u must know about that sooner...i hope u both will get well sooner...c u..



Selasa, 02-03-2010 14:02:40 oleh: Esa Wildanhanif

Semua pendarahan hidung disebabkan lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Lepasnya mukosa akan disertai luka pada pembuluh darah yang mengakibatkan pendarahan. (wikipedia)

Kalo tekanan darahnya tinggi akan ngucur deh tuh darahnya. Solusinya, hidung disumpal dulu supaya terjadi pembekuan darah. pastikan penyumpalnya bersih agar tidak terjadi infeksi.

Konsumsi timun rebus untuk membantu menurunkan tekanan darah selama mimisam berlangsung.

Note: ini tips tradisional, periksakan segera ke dokter. http://solusiayurveda.wordpress.com




Senin, 08-03-2010 20:25:38 oleh: Tita putri tiandra

..quuu cwekk usiaa 17
quu seringg bngett mimisan,kadang" mlah bisa smpaii 8x seharii..
quu takutt terjadii ap"?
ygg terakhirr mimisan sampaiii parahh bnget 15mnit gak berhenti"...
apakah ygg saya alamii tidak apa"???




Senin, 08-03-2010 20:59:34 oleh: Micky Jo

tuk tita..segera konsultasi dan periksakan ke dokter ya..jangan disimpan..



Selasa, 09-03-2010 08:04:20 oleh: ika pratidina

anakku cewek umur 3,5 th, kmrn dy mimisan 2 kali!!! panik jg coz ingat ma adikku yg sakit ITP, adikku dl waktu kecil jg sering mimisan setelah umur 18 th br ketahuan klw skt ITP. apa ITP penyakit turunan????



Kamis, 01-04-2010 03:44:50 oleh: mardiyahti

umur sy 38,sy srg bgt pilek,kdg 2mgg sekali,dan d sertai panas dlm krn asam lambung naik,bhn klao mlm terjadi mimisan,apakah itu tanda penyakit?terakhir mimisan 12thn yg lalu krn demamberdarah,apakah ada hubunganya?



Minggu, 04-04-2010 15:28:43 oleh: yani

adekku laki laki umur 4,5 thn. dia suka ngorek- ngorek hidungnya, trus kemrin am tadi dia mimisan dan aq myarankan dia tidur,syukur mimisanya brenti.tp aq msh kwatir mimisanya kluar lg, itu knp y? dan buah apa dan obat tradisional apa,dan jg obat untuk mengghentikn perdrahannya.mkasih...



Selasa, 04-05-2010 09:05:01 oleh: Putrii

Ak Umur 12 Taun ...
Ak sering Msk Ruma Sakit krn Mimisan y Parah , sl.y Kkrangan Trombosit . dn kl uda naik , Bbrp minggu / bulan hmmm Turun lg trombosit ny ....

tlg Bantun y ^^




Selasa, 04-05-2010 09:22:30 oleh: Ema mugiati rachmi

assalamualaikum mbak. namaku EMA umurku 18 tahun.. tapi aku masih sering mimisan, padahal ada dokter yangt bilang kalau mimisan maksimal sampai kita haid khususnya kalau para wanita,tapi kalau udah sampai haid belum kelar katanya itu sebuah penyakit.. apakah iya ? apakh itu bukan penyakit serius dok? masalahnya dulu aku jarang , tapi akhir-akir i8ni hampir tap hari aku sering mimisan dok? makasih
wassalamu.wr.wb




Rabu, 16-06-2010 18:03:57 oleh: nay diana

ass,,
ibu dokter mau tanya,
aku nay nak sma,
aku tuh sring mimisan,bisa d bilang mimisan tuh kbiasaan aku,
kalo aku kecapean atau kurang tidur ,kdng2 suka mimisan,,trus sehabis mimisan ,aku ngerasa,kaki tuh,lemes banget,itu tandanya apa ya,
apa mimisan aku berbahaya?
terkadng jg mimisn itu dtang tiba2,tp bysanya sih seudah kcpean dulu..
dok,
apa mimisan aku berbahaya?
aku tak pernah konsult k dokter mslah mimisan aku.
pas baca ini,aku jdi takut,apa mimisan aku berbhaya yah.
hmhmhm,
bls ya dok, ;-)




Sabtu, 24-07-2010 11:13:39 oleh: kezia debora

artikelny menarik .
saya punya kakak .dr kecil sampai sekarang terus menerus mimisan kalau tekanan suhunya panas ..
hal ini sering terjadi dan tidak tanggung-tanggung darah yang di keluarkan banyak ..
sbg adik .. ak khawatir akan kondisi kakakq ....
karena dia mengalami hal ini sjak keciL ..
repp :: thq




Sabtu, 24-07-2010 11:20:10 oleh: Micky Jo

Tuk mbak Nay dan Mbak Kezia..tolong kondisi tersebut segera dikonsultasikan kedokter...gak perlu ada yang ditakutkan karena kita akan mendapatkan solusinya berupa pengobatan. Jangan dipendam ya..artikel ini saya tulis agar kita dapat megetahui kondisi yang terjadi pada diri kita sedini mungkin dan segera berobat..terima kasih..semoga cepat sembuh ya...



Minggu, 25-07-2010 15:04:03 oleh: thedysetiawan

bu doktr aku mau taya..!aku thedy aku klow bangun tdr suka mimisan apakah mimisan aku itu berbahaya.? aku soalya ngerasa terus dihantui mimisan



Selasa, 27-07-2010 14:40:40 oleh: indra pratama

saya takut karena setiap kali saya cuci muka.knpa yaa idung saya yg sblh kanan tiba" saja mengeluarkan darah..lumayan banyak c...saya juga bingung..pdhal sebelumnya kejadian ini belum pernah saya alami...



Rabu, 28-07-2010 10:36:24 oleh: wiwiet wiratmoko

sya brumur 20th tapi ketika kecapekan saya sering mimisan. apakah ada penyakit-penyakit khusus pada tubuh saya, dan bagaimana solusinya.



Jumat, 27-08-2010 23:06:58 oleh: adi putra

saya adi....
saya sudah berumah tangga.
istri saya sering mengalami pusing di sertai mimisan...
apakah itu berbahaya????
saya kerap kali merayu istri untuk konsultasi ke dokter,tp istri saya takut dengan diaknosa dokter....apa yang harus saya lakukan?????
mohon masukannya!!!!




Jumat, 17-09-2010 09:58:48 oleh: riny

putri saya, 7 tahun sejak bulan puasa yl mimisan 3x, saya khawatir merupakan gejala suatu penyakit. apakah saya harus konsul ke dokter?

Riny
Ym: rinybalqi
Mobile: 081398653933
Website: www.dbc-network.co.in
http://dbcn-menebusimpian.com/?id=riny




Minggu, 26-09-2010 04:52:41 oleh: jenny jethro mebarak ripoll

saya jenny..
saya sering mengalami pusing di sertai mimisan..
hal ini sering terjadi setiap kali saya banyak pikiran ..darah yg keluar tidak tanggung2..
Saya sangat khawatir dg diri saya..
apa yg harus saya lakukan...???
saya mohon solusinya buat saya...




Selasa, 28-09-2010 14:23:55 oleh: Micky Jo

Tuk thedy, wiwit, indra, adi,rini dan jenny.. konsultasikan segera tentang kondisi dan keluhan tersebut kedokter...gak perlu ada yang ditakutkan karena kita akan mendapatkan solusinya berupa pengobatan. Jangan dipendam ya..artikel ini saya tulis agar kita dapat megetahui kondisi yang terjadi pada diri kita sedini mungkin dan segera berobat..terima kasih..semoga cepat sembuh ya...




Senin, 18-10-2010 23:43:37 oleh: prasetyo budi

dok mau tanya....
saat ini anak saya berumur 6,5 th kemarin panasnya tinggi, setelah diperiksakan ternyata kata dokter kena gejala thypus. apakah thypus bisa menyebabkan mimisan, karena anak saya tersebut sering mimisan. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya.




Selasa, 19-10-2010 11:59:29 oleh: Micky Jo

Hallo Mas prasetyo...
Mohon maaf, perlu saya luruskan disini bahwasanya Micky Jo bukanlah seorang Dokter profesi saya seorang arsitek yang kebetulan juga hobby menulis dan salah satunya artikel ini..diharapkan semoga artikel yang MJ tulis ini sedikit dapat memberi info tentang mimisan..agar lebih jelasnya, MJ sarankan mas prasetyo segera konsultasi kondisi anak mas kepada dokter...semoga dimaklumi..terima kasih telah membaca artikel MJ..:)




Senin, 21-02-2011 11:01:13 oleh: Christine Luiren

saya mau tnya, teman saya setiap panas dalam selalu mimisan apakah itu wajar??



Senin, 13-06-2011 13:16:55 oleh: tihana connect

hy........
nma gw hana gw mau tanya nh .........

saudara gw tuch suka mimisan tp jrang kluar'y jga dikit ituh bahaya g sich

makasih




Senin, 24-10-2011 22:09:48 oleh: jean

hallo

saya jean usia 28 thn.. pengen konsultasi soal mimisan??? bbrp hari terakhir ini sy sering kali mimisan. sehari bs terjadi 3 kali dan susah berhenti.. perlu 20 menit buat menghentikan darah nya... saya sangat khawatir... soalnya ga seperti biasanya.

- mimisan kl di sertai rasa kantuk apakah bahaya dan termasuk penyakit berat??

- mimisan apa bisa di karenakan terlalu banyak pikiran atau stress??

mohon solusinya dokter....




Selasa, 25-10-2011 11:27:28 oleh: Micky Jo

Tuk christine, tihana dan Jean..
konsultasikan segera tentang kondisi dan keluhan tersebut kedokter...gak perlu ada yang ditakutkan karena kita akan mendapatkan solusinya berupa pengobatan. Jangan dipendam ya..artikel ini saya tulis agar kita dapat megetahui kondisi yang terjadi pada diri kita sedini mungkin dan segera berobat..terima kasih..semoga cepat sembuh ya...

O,ya..perlu saya luruskan disini bahwasanya Micky Jo bukanlah seorang Dokter profesi saya seorang arsitek yang kebetulan juga hobby menulis dan salah satunya artikel ini..diharapkan semoga artikel yang MJ tulis ini sedikit dapat memberi info tentang mimisan..agar lebih jelasnya, MJ sarankan segera konsultasi kondisi yang terjadi kepada dokter...semoga dimaklumi..terima kasih telah membaca artikel MJ..:)




Minggu, 22-01-2012 16:30:10 oleh: Fitria Andalini

Nama sya Fitria,,umur sya skarang 18 thn.
sya mw nanya,
kan dah dari kecil sya mngalami mimisan,,biasa'a terjadi setiap 1 bulan sekali,,sebelum mimisan sya merasa pusing,tubuh sedikit lema,suhu tubuh hangat,mata kunang kunang,,sekali mimisan sehari sampai 3-4 kali mimisan,,sebener'a apa yg sya alami itu bahaya apa g si??
Mohon d jelaskan,,terimakasih.




Sabtu, 15-12-2012 20:37:42 oleh: Dian Andreas

pacar saya 2 hari ini mmisan dan sering pusing seperti ada gempa ! saya suruh ia ke dokter tdk mau! saya takut kalau dia kenapa-napa! kira-kira apa yang ia derita ?curhat nih



Minggu, 28-04-2013 22:07:44 oleh: intan mayasari

saya intan ,saya suka mimisan dari kecil dan berhenti sejak sma namun mimisan ini akan muncul lg disaat saya kecapean dan kadang kpanasan. . .dulu hampir setiap hari namun seiring brjalananya umur mimisan datang disaat koodisi saya lemah,namumn ibu dan adik saya pun mengalami hal yg sama seperti itu. . .yg ingin sy tanyakan apakah mimisan ini faktor keturunan atau ada hal lainya seperti penyakit?



Senin, 03-06-2013 12:55:56 oleh: chituya

Halo sya mengalami sendiri mimisan dan di setiap kali mimisan bisa sampai berhari-hari. Dan darah mimisan itu saat keluar serasa panas dan perih. Kira-kira penyakit apa y yg saya derita ini? Trms



Rabu, 04-09-2013 01:37:26 oleh: gagah legawa

maaaf mau nanya donk
kalau sering sakit kepala di sertai mimisan tandanya penyakit apa?

terimakasih




Selasa, 12-11-2013 00:58:28 oleh: yeni maryani

Anak saya 1 stngh tahun dia sering mimisan dlm sbln bs 2-3 kali gt dok.... bahaya gak? Apa dampaknya klo sering mimisan gt dok....? Mhn jawabanya dok.... trmksh....



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY