Yulius Haflan

Lumpuh Akibat Sindroma Guillain-Barre

Senin, 01-10-2007 09:20:48 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Kesehatan

Lumpuh Akibat Sindroma Guillain-Barre

Suatu ketika saya mendapat e-mail dari milis almamater saya di Surabaya. Ternyata suatu kisah sedih, salah seorang alumni kakak angkatan saya mengalami musibah. Beliau mengidap suatu penyakit yang disebut sebagai Sindroma Guillain-Barre (SGB). Nama penyakit ini agak asing bagi telinga saya, dan saya jamin juga para pembaca kurang paham soal sindroma ini.

Tak ada yang tahu pasti seperti apa penyakit ini dan seberapa berbahayanya penyakit ini. Setelah saya coba searching, akhirnya saya menemukan sedikit info tentang penyakit ini. Menurut Dr. Iskandar Japardi dari Fakultas Kedokteran USU, SGB merupakan penyebab kelumpuhan yang cukup sering dijumpai pada usia dewasa muda. SGB ini seringkali mencemaskan penderita dan keluarganya karena terjadi pada usia produktif, apalagi pada beberapa keadaan dapat menimbulkan kematian. Presiden paling populer AS, Franklin Delano Roosevelt, yang mengalami kelumpuhan akibat polio, diduga kuat oleh para ahli mengidap SGB ini, bukan polio.

SGB ternyata mempunyai sejumlah nama, seperti Idiopathic polyneuritis, Acute Febrile Polyneuritis, Infective Polyneuritis, Post Infectious Polyneuritis, Acute Inflammatory Demyelinating Polyradiculoneuropathy, Guillain Barre Strohl Syndrome, Landry Ascending paralysis, dan Landry Guillain Barre Syndrome. Namun biasanya lebih ringkasnya disebut dengan Sindroma Guillain-Barre.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, SGB sering menyerang pada orang-orang di usia produktif, yaitu antara 15 sampai dengan 35 tahun. Dan tidak jarang SGB juga menyerang pada usia 50 sampai dengan 74 tahun. Jarang sekali SGB menyerang pada usia di bawah 2 tahun. Untuk di Indonesia, kasus SGB masih belum begitu banyak, rata-rata yang terkena kasus ini berusia 23,5 tahun.

Secara etiologi SGB sampai saat ini masih belum dapat diketahui dengan pasti penyebabnya dan masih menjadi bahan perdebatan. Beberapa keadaan/penyakit yang mendahului dan mungkin ada hubungannya dengan terjadinya SGB, antara lain:

  1. Infeksi
  2. Vaksinasi
  3. Pembedahan
  4. Penyakit sistematik, seperti keganasan, systemic lupus erythematosus, tiroiditis, dan penyakit Addison
  5. Kehamilan atau dalam masa nifas

Namun secara umum kasus SGB banyak berhubungan dengan infeksi, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun bagaimana proses terjadinya SGB dari infeksi, masih belum diketahui dengan jelas. Diduga SGB terjadi akibat proses mekanisme imunlogi (ya semacam proses respon antibodi terhadap virus atau bakteri) yang menimbulkan kerusakan pada syaraf tepi hingga terjadi kelumpuhan.

Namun jangan khawatir, sebagian besar penderita dapat sembuh sendiri. Pengobatan secara umum bersifat simtomik. Meskipun dikatakan bahwa penyakit ini dapat sembuh sendiri, namun perlu adanya waktu perawatan yang cukup lama dan angka kecacatan (gejala sisa) cukup tinggi sehingga pengobatan tetap harus diberikan.

Untuk info lebih detail tentang SGB, Anda bisa lihat di http://library.usu.ac.id/download/fk/bedah-iskandar%20japardi46.pdf , atau info lainnya bisa Anda lihat di http://clinicaltrials.gov/search/term=%22Guillain-Barre%20Syndrome%22.

*Tulisan ini saya dedikasikan untuk Mas Yusuf yang sedang dirawat di RSUD Surabaya, semoga cepat sembuh ya, mas...

Sumber gambar: http://www.bbc.co.uk/
Bookmark and Share

Tag/Label sindroma guillain-barre, polio, yulius, alumni, almamater, usu, penyakit, virus, bakteri, imunlogi, simtomik
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
34 komentar pada warta ini
Jumat, 16-05-2008 12:41:08 oleh: maria ratri

saya sangat terkejut dengan penyakit ini.ini benar2 hal yang baru untuk saya.saya merasa ini sangat bermanfaat untuk saya,terutama adik saya yang sekarang sedang sakit dan dicurigai menderita SGB.saya hanya bisa berdoa dan berharap semoga adik saya terlepas dari penyakit ini,dan bisa kembali normal sampai sedia kala.saya sangat prihatin mengingat usianya yang masih begitu muda (25 th).kalau bisa disebutkan pula bagaimana cara perawatan bagi penderita SGB.apakah cukup dengan bed rest saja+pengobatan?



Jumat, 16-05-2008 13:58:38 oleh: Yulius Haflan

@mbk maria,
yg saya tau penyakit ini belum ada obatnya, intinya meski ada obat2an yang harus digunakan sifatnya hanya mengurangi gejalanya saja. Mungkin yang terpenting adalah menjaga semangat si pasien agar tetap optimis.




Rabu, 04-06-2008 12:43:47 oleh: Dian Eko Susanti

Saya menderita SGB sejak 18 April 2008. Saya dirawat di RS selama 2 minggu dan di rumah 1 minggu. Setelah itu hingga sekarang saya kerja, meskipun jalan masih belum sempurna dan tangan saya masih belum kembali normal. Pertanyaan saya: Apakah teman Bapak tadi sudah sembuh? Berapa lama ya saya bisa kembali normal? Thanks



Rabu, 04-06-2008 13:15:09 oleh: Yulius Haflan

@Dian
Alhamdulillah sudah mulai membaik. Bahkan sudah bisa bekerja kembali seperti sediakala. Untuk jelasnya mbak dian bisa liat blog-nya di http://m.yusuf.web.id atau bisa dihubungi di email m@yusuf.web.id.




Rabu, 18-06-2008 22:43:48 oleh: sutrisno

Kakak Nasabah saya menderita penyakit yang sama..saat ini dirawat di rs panti rapih jogja, kondisi mengalami kelumpuhan/paralyse separuh badan dan mata sebelah kiri juga terganggu..berapa besar persentase untuk dapat sembuh. terima kasih



Selasa, 19-08-2008 13:59:47 oleh: ibheb

saya sudah 3 kali kena GBS, yg terparah 12 juni08 sampai saat ini. 8 juli anfal msk r.s, baru 2 hari plg anfal lg masuk icu untungnya hanya 1 hari, di ruang perawatan 9 hari. dokter saranin untuk plasmapheresis. tgl 5 agustus di plasmapherisis tp saya drop 2 kali tensi 60/40 dan dihentikan. saat ini saya hanya minum obat aja. sokter bilang GBS saya termasuk jenis GBS CRPN ( Chronic Recurrent Poli Neuritis. apa GBS saya bisa sembuh totol? mohon infonya, mksh



Selasa, 26-08-2008 10:52:53 oleh: joko kendil

pak Yulius, mohon dibantu apakah ada obat yang dapat membantu si pasien agar tidak lebih parah penyakitnya. Hal ini sekarang sedang dialami salah satu pegawai saya, dan dirawat di Sumber Waras. Dokter menganjurkan komsumsi imunoglobulin untuk menjaga syarat luar agar tidak lebih parah. Masalah nya sekarang adalah bahwa paru-paru pasien sudah tidak bekerja, dan harus dipacu dengan pompa.
Mohon rekan2 disini bisa membantu anak buah saya, karena kami juga bingung karena sifatnya mendadakan sekali, hanya dalam kurang dari 4 jam, kelumpuhan total tidak bisa dihindari.
Salam dan Sukses selalu buat semuanya.
Kebersihan adalah pangkal kesehatan




Selasa, 21-10-2008 17:00:30 oleh: Mochamad Yusuf

Yulius,

Terima kasih atas dedikasi artikelnya. Gara-gara tulisanmu ini saya akhirnya jadi kenal dan aktif di Wikimu.

Saya pernah mengalami sakit GBS. Cerita pengalaman saya ada di:
http://www.myusuf.or.id/v20/writing/index.php?act=browse_cat&p_id=83




Selasa, 14-04-2009 22:02:13 oleh: Sheyla

mas, suamiku juga kena GBS mli awal januari smpe skrg msi sg lemas wlupun udh gak lumpuh lg. apa mmg gak bs tlu capek? prnj nyoba brng ke pantai tb2 kakinya gak bs bgrak krn tlu capek. paru2, jntg n pita suara kena skrg suaranya serak. trus bdnnya sblm skt lmyn berotot krn srg fitnes skrg otot di tubuh hbs n bdn kliatan kurus krn selera mkn terganggu. gmana ya? sy bgung jg infonya GBS gak mgkn berulang tp disn sy bc ada yg smpe 3x kena? bs gak bg infonya...



Minggu, 19-04-2009 12:05:17 oleh: erwin

Saya 'menang lotere' GBS bulan maret 2005. Waktu itu saya dirawat di RS selama 9 hari, diteruskan perawatan rumah dan fisio terapi.
Menurut pengalaman saya GBS itu ada 3 tahap: Masa pengrusakan/penurunan, masa datar (masa dimana gak ada pengrusakan atau perbaikan, lamanya krg lbh sama dg masa pengrusakan), dan masa penyembuhan.
Waktu itu masa penurunan saya sekitar 2 minggu.
Untuk para penderita GBS, tenang aja.. anda akan pulih kembali! yg penting adalah anda harus semangat utk sembuh dan banyak berdoa.
Saya berjuang melawan GBS selama setengah tahun dan di bulan ke 7 saya bisa bekerja kembali keluar kota walau baru 60% pulih. Tapi dg seiringnya waktu pemulihan sampe 99% persen itu tdk akan terasa.
Setahu saya GBS itu jarang(10x) sekali dapat berulang karena kemungkinan terkena GBS adalah 1:100.000 (sama peluangnya dg tersambar petir di siang hari yg cerah). Jd anda sangat(10x) beruntung sekali jika terkena GBS lebih dari 1x.
Saya ingin berbagi pengalaman dg anda yg mungkin mau bertanya ttg GBS, email aja saya di erween22@yahoo.com.
Tuhan memberkati.




Sabtu, 25-04-2009 00:44:34 oleh: tengku afnilita

saya lita yang berusia 17 tahun.
saya ingin bertanya apakah sindrom guillain barre ini bisa terjadi di karnakan pernah mengalami patah tulang? (jari kaki)
jujur sampai sekarang saya masih mengalami sakit apabila jari kaki saya ini di tekan dan terasa nyeri, padahal saya mengalami patah pada tahun 2007.
apakah dari patah tulang tsb bisa timbul bakteri yang menyebabkan terkena sindrom guillain barre?
mohon jawabannya lewat E-Mail saya tafnilita@yahoo.co.id
terima kasih sebelumnya...




Sabtu, 25-04-2009 15:58:14 oleh: ari tresnawan

saya ingin tanya, apakan penyakit itu bisa kita alami untuk ke-2 kalinya?



Sabtu, 30-05-2009 16:53:57 oleh: angie

saya, baru saja membantu dalamperawatan pasien GBS,namun pasien tersebut tidak terselamatkan. Pasien tersebut adalah seorang anak berusia 13thn jujur ini membuat saya terbawa dalam kesedihan... kejadian yang begitu sangat tiba-tiba dimana sesak membuatnya meninggal.
Kelumpuhan yang berawal dari kaki dan menjalar ke tangan berawal sejak bulan februari 2009 namun karena tidak begitu dihiraukan sehingga baru dirawat diRS pada bulan mei 2009 ini karena pasien sudah mulai merasa sesak.
gbs mgkin masih merupakan penyakit yang baru ditelinga kita so, thaNks ya atas artikelnya yang membantu ini.




Sabtu, 06-06-2009 11:11:05 oleh: sani Nuraeni

Paman saya kira2 berusia 50 tahun sudah 2 minggu ini di rawat di HCU salah satu Rumah sakit di BDG, dokter mendiagnosis beliau terkena GBS,,, awalnya saya juga tidak tahu penyakit apa ini, padahal saya seorang apoteker. yang tentunya biasa dengan bahasa kedokteran.
Namun dalam pengobatannya paman diharuskan melakukan cuci plasma , samapai kini beliau sudah melakukannya sampai 5 kali .Gejala awalnya seperti flu biasa, lama kelamaan kaki dan tangan beliau menjadi kaku dan lemas,,, sampai akhirnya beiau sempat anfal dan pada awalnya keluarga menyangka beliau terkena serangan jantung karena beliau memiliki riwayat jantung. Namun alhamdulilah kini beliau sudah mulai sadar meskipun blm bisa bicara normal dan pernafasan masih menggunakan alat bantu, dan kini paman saya sudah bisa menggerakan kakinya dan membuka matanya meskipun belum bisa fokus,,, dan hanya bisa menangis ketika keluarga membisikan sesuatu... semoga beliau dapat segera sembuh seperti semula. amin




Selasa, 16-06-2009 07:05:56 oleh: jatnika ck

kalo ga salah SGB itu penyakit tonus otot kelumpuhan yg menyerang pada dewasa yg gejalanya rasa nyeri pd bagian aksial, paraestesia ringan, postural hipertensi bradikardi, gangguan sal cerna baik menelan maupun konstipasi.
gejala LMN tonus menurun dan refleksi tendon menurun
pengobatan:
fisioterapi
plasmaferesis : mengeluarkan antibody (efektif dilakukan pd 7 hari pertama)
IVIg : mengurangi gejala neurologis dan memperpendek duration of illnes




Senin, 20-07-2009 01:20:38 oleh: haekal anas

november 2002 sy menderita penyakit GBS, dan dirawat di RS. Wahidin Makassar waktu itu sdh sampe menyerang paru2, kata dokter penyakit GBS ada 3 tingkat keparahan:1. GBS yg tanpa diobati(senbuh dengan sndirinya),2. GBS yg diobati dgn obat2an penguat saraf,3. GBS yg paling parah. Dan kebetulan yg ke 3 inilah yg sy derita. dokter mengatakan cuma ada 2 jln keluarnya yaitu diinjeksi dgn immunoglobulin intravenous atau cuci pasma darah, tetapi cuci plasma darah alatnya hanya ada di luar negeri(kurang tahu kalau skrg apa sdh ada di indonesia?)klo mau bertanya atau bertukar pengalamn hub. sy di haekal.anas@yahoo.co.id



Rabu, 21-10-2009 11:31:08 oleh: kukuh

beberapa hari yang lalu istri saya mengalami kejadian yang membuat badan menjadi kesemutan terus dari pinggul ke bawah hingga telapak kaki menjadi tidak bisa digerakkan sama sekali, boleh dibilang seperi lumpuh, terus kemudian saya kompres dengan air panas, alhamdulillah dari pinggul hingga pada udah terasa walau cuma di cubit, tapi dari lutut hingga telapak kaki sama sekali tidak dapat merasakan dan digerakkan sama sekali. kata dokter yang menangani istri saya mengalami seperti neuropathy entah apa itu namanya saya tidak tahu, mohon kalo ada info tentang penyakit seperti harus gimana ya, saya berterimakasih bila ada yang mau kasih saran dan harus bagaimana, terima kasih banget.



Selasa, 24-11-2009 13:41:49 oleh: oktavianus mulyadi

wah ternyata sudah banyak ya komunitasnya yg mengenal gbs ini. saya jg punya pengalaman tentang gbs karena februari kmrn saya dapati gejala yg bener sangat mirip dgn gbs. tapi skrg saya sudah normal kembali dan saya jg masih bingung itu gbs atau bukan karena dokter saya terakhir hanya mengdiagnosa saya kekurangn zat2 elektrolit sehingga menimbulkan imbalance. oh ya apakah imbalance itu menimbulkan susah napas tidak kan ? saya sudah cari tau lebih jauh ttg penyakit ini. sepertinya saya juga dapat lotere punya pengalaman sakit ini tapi syukurnya saaya cepat tertolong sehingga saya tidak menyisakan bekas lumpuh atau apapun itu. tapi sungguh sangat menyeramkan bila membayangkannya. bayangkan dari ujung kaki saya seperti ada ksemutan yg menjalar trus naik hingga ke tangan dan menyebabkan tangan saya jadi kaku sehingga tidak normal utk membuka lebar2 jari2 tangan saya. dan kalau sudah naek sampe ke kepala kesemutan itu seperti gempa bumi yg ada di kepal anda byangkan kepala anda bergoyang2 atau tepatnya serasa bergetar, lalu klo sudah sampe kepala turun kemudian ke dada. ini yg paling sulit jadi sulit bernafas dan dokter melihat wah normal koq respirasinya anda cm tegang. hahahaha lucu ya... tapi biar bagaimanapun akirnya saya sembuh ketika infus obat tidak lagi lewat tangan tapi langsung di dada jarumnya panjang skali hehehe.

buat yg mao berbagi pengalaman silakan email saya love_and_racing@yahoo.com karena saya masih memiliki beberapa arsip file medis saya dan kronologis sakit saya beserta tes2 lab apa saaja yg sudah saya ambil (tentunya yg berdasarkan dokter saat itu)

senang sekali rasanya skrg sudah sehat dan puji syukur kepada tuhan yg maha kuasa memberikan saya kesehatan skrg. dan saat ini yg terpenting adalah menjaga porsi istirahat karena penyakit gbs ini rata menyerang orang yg aktifitasnya padat.

semoga kata2 saya bermanfaat utk yg membaca atau yang mendampingi yg sakit jgn pernah putus semangat utk hidup.

haleluya

amin




Senin, 07-12-2009 21:13:31 oleh: ebtaria iskandar

saya pernah mendapat sakit SGB nie sekitar bulan may 2008,, alhamdullh berkat usaha, doa, n keyakinan yg kuat february 2009,, saya sembuh dari sakit nie,, dan sekarang dah bisa berjalan, wlawpun ampe skarang masih berat, ini sungguh pengalaman berharga dalam hidup saya,,, banyak banget hikmah yang saya dapatkan dari cobaan ini.



Kamis, 10-12-2009 17:29:21 oleh: Niken Sari

Adik saya punya gejala yg sama dan diduga terkena GBS ini. Sudah dibawa ke RS & dilakukan beberapa tes, namun anehnya dokter blm bisa pastikan positiv GBS. Untuk rekan2 please share & infonya :

1. Selain cara medis, boleh/amankah jika dilakukan pengobatan urut?
2. Adakah makanan yang hrs dihindari/sebaiknya dikonsumsi dlm masa penyembuhan?
3. Sebaiknya bed rest atau harus banyak latihan menggerakkan anggota tubuh untuk pemulihan?
4. Setelah pulih, dapatkah normal kembali untuk cara berjalan, berlari, dll. Apakah tdk boleh melakukan aktivatas fisik yg berlebihan (olahraga) ?

Mohon bantuannya berbagi pengalaman & pengetahuan, apa yg sebaiknya dilakukan/tdk dilakukan, agar kami tidak salah treatment.
Pls reply, thank you.

niken_tunjungsari@yahoo.com
Ph : 081314405044




Senin, 01-02-2010 20:05:49 oleh: shatia

teman saya baru aja meninggal karena virus SGB...
divonis kena virus SGB nya 3hari sebelum meninggal....




Jumat, 16-04-2010 10:35:17 oleh: kiki gustryanti

terima kasih atas info GBS nya.
ini sangat membantu dalam proses kuliah saya.




Minggu, 18-04-2010 19:20:19 oleh: mertiliani

saya menderita penyakit SGB , penyakit SGB ini menyerang saya dan saya berumur 12 tahun ,, perjuangan saya untuk hidup sangat sulit. memang benar penyakitnya ini mematikan. waktu itu saya nyaris gagal nafas.. and im so lucky !! allah save me from the death !!



Senin, 19-04-2010 21:32:54 oleh: Yosua

Kakak saya saat ini sedang dirawat di RS karena diguga terkena virus GBS. aneh nya, setelah menjalani tes oleh 2 dokter, 1 dokter mengatakan GBS, yang 1 nya mengatakan bukan GBS. untuk rekan2 yang pernah mengidap atau mengetahui penyakit ini lebih lanjut, mohon informasi nya..

terima kasih.
-yosua-
l_yungliung@yahoo.com




Jumat, 19-11-2010 18:54:44 oleh: Diana Dewi

Alm Ayahanda saya yang tercinta meninggal akibat guillain bare ini, sungguh tragis bahwa penjelasan dokter mengatakan bahwa tidak ada obat yang spesifik untuk mengobati penyakit ini. hanya anti bodi sipenderita yang bisa melawan virus tersebut..setelah 4 hari terinfeksi beliau terkena gagal jantung. diagnosa dokter mengatakan bahwa virus sudah menyerang ke otot pernafasan dan papa segera masuk icu. hanya bertahan 3 hari setelahnya belaiu meninggal..Kami yang ditinggalkan sempat merasa apakah ini sebuah kelalain rumah sakit sehingga menyebabkan papa gagal jantung, coz papa yang tadinya segar bugar tiba tiba lumpuh perlahan dan kemudian gagal jantung. padahal tidak ada riwayat hipertensi dan masalah jantung lainnya..akhirnya kami mencari informasi mengenai SGB dan merelakan dengan iklas kepergian papa. dan untuk diketahui pengidap SGB jangan sekali-kali di urut karena membuat trombosit penderita semakin turun..semoga ini pengalaman saya bermanfaat untuk teman-teman semua....



Rabu, 02-02-2011 01:05:09 oleh: elvi

papa saya sekarang sedang dirawat dirs.setelah keadaan papa HB menurun. punya riwayat jantung . saya membaca dr komentar diatas sepertinya papa saya cenderung ke penyakit GBS.sebelumnya batuk and pilek gak sembuh-sembuh.dan 4 hari yg lalu tiba2 lutut lemas.. kondisi sekarang papa susah untuk berjalan. pihak rs masih meneliti lanjut penyakit apa yg diderita papa saya. masih dilakukan beberapa penelitian.
kepada teman2 yg penah mengalami atau mengetahui kondisi seperti papa saya. saya minta saran2 nya ya.. supaya papa saya cepat tertolong..tolong dibantu ya. email ke elvihui@yahoo.com atau telp ke 08128804188, dengan elvi.




Rabu, 02-02-2011 01:27:14 oleh: elvi

ralat email. email ke elvi_hui@hotmail.com atau telp ke 08128804188. elvi. tolong dibantu ya teman2.. terimakasih.



Minggu, 27-03-2011 11:39:46 oleh: rubyy

menurut data ilmiah 40 % pencetus sindrom gbs ini adalah bakteri dari makanan yg tercemar => , http://en.wikipedia.org/wiki/Guillain–Barré_syndrome

atau juga dari virus influenza / flu.

jadi pencegahannya simpel aja : makan makanan yg bersih => masak dan bawa makaanan dari rumah sendiri.
(biasanya orang kantoran/anak kuliahan beresiko kena GBS ini karena makan siangnya diluar rumah dalam arti makan katering yg kotor, makan pinggir jalan yg kotor, makan di resto/food court/kantin yg kotor, krn itu tingkat kejadian gejala tipus /paratipus juga tinggi untuk pekerja kantoran/anak kuliahan)
Dan jaga kesehatan dengan olahraga teratur.

salam kesehatan

ruby






Rabu, 10-08-2011 08:53:58 oleh: Isra Tahir

Saya pribadi pernah mengalami penyakit GBS dan sembuh pada tahun 1983-1984 usia saya pada tahun tersebut 16 thn, saya ingin membantu para pembaca untuk mengetahui secara rinci tentang penyakit ini, berikut adalah tanda-tanda yang mungkin anda terkena GBS ini;
1. Demam hingga mencapai panas yang sangat tinggi dan berkepanjangan (2-3 minggu).
2. Bagian belakang tubuh sangat sakit (rasanya seperti tertusuk di otot dan tulang) bila kita bergerak dengan spontan sehingga sesak nafas kalau sakit akut.
3. Daya kekuatan otot melemah, ini akan terlihat bila kita sebelum terkena GBS, adalah seseorang aktif seperti olahragawan misalnya, dimana selutuh otot tangan kaki dan tubuh melemah, kita tidak mampu menggunakan tenaga secara maksimum seakan lumpuh (tidak bertenaga)misalnya ;
- cengkraman tangan yang lemah tidak dapat mengangkat beban lebih dari 5kg
- kaki, tidak dapat jinjit atau bertumpu pada tumit, bila parah susah untuk digunakan untuk berlari, untuk jalan agak sedikit diseret dan tidak bisa lama karena otot lutut dan pangkal paha linu sedikit sakit.
- Terjadi pengecilan pada otot (seperti polio) tetapi pada seluruh otot yang biasanya diantara sendi-sendi sepeti otot lengan atas, paha dekat lutut, otot tulang belakang.
4. Tidak ada indikasi refleks dalam tubuh di lutut, atau disiku atau dipergelangan kalau diketok tidak ada efek.
Proses Penyembuhan ;
1. Kalau sudah pelemahan pada otot tubuh harus mempunyai kemauan yang kuat untuk pysical teraphy karena selain lemah juga ada rasa sakit yang sangat amat pada otot bila dipaksakan jadi harus sabar dan bertahap.
2. Konsumsi VITAMIN B Complex (ini yang diberikan oleh Dokter saya dari Rumah Sakit Kyoto Jepang)
3. Pada usia tersebut saya tidak menyadari bahwa itu penyakit yang berbahaya, keuntungannya saya tidak pernah memikirkan bahwa itu penyakit berbahaya, jadi tidak pernah stress cenderung santai, mungkin itu juga membantu penyembuhan.
4. Berdoa..berdoa...berdoa
Semoga Allah melindungi kita semua.
isra_tahir@y




Jumat, 23-12-2011 09:22:09 oleh: irawan rahmad hidayat

saya juga mengalami kelumpuhan tapi hanya lutut kaki kebawah kanan dan kiri kaki saya dan tidak ada tanda2 dan tidak sakit sama sekali... Apakah ini juga dinamakan GBS... Mohon bagi pengalamanya di irawan_seira@yahoo.com



Jumat, 13-01-2012 11:58:53 oleh: apriliya wulandari

apakah penyakit SGB ini dapat menyebabkan kelumpuhan total..??atau adakah virus lain selain itu yang dapat menyebabkan kelumpuhan total...??



Selasa, 01-05-2012 10:04:42 oleh: titie purwanti

tmn krja sy divonis dokter kn pnyakit SGB dan skrg dirawat diruang ICU sdh hampir 2mggu dan kmrin hbs cuci darah.sy kasihan melihatnya disaming pngobatannya sgt mahal sluruh bdannya sdh tdk bs digerakan hanya kplanya sj,sya mau tnya tmn sy bs disembuhkan atau tidak? dan brapa lma smbhnya? trma kasih



Senin, 10-12-2012 12:46:35 oleh: Nun Zuraini

apakah benar susu kolostrum bisa membantu pemulihan penderita GBS? mohon info ya soalnya temen saya sedang menderita GBS.. makasih



Kamis, 06-03-2014 16:22:09 oleh: Nurmala

Papa saya skrng sedang menderita sgb, papa saya Sudah dirawat selama 2 minggu di iccu Sampai Sekarang, awalnya masuk igd Dan dirawat inap selama 1 hari krn nafasnya tiba2 tergganggu Dan membutuhkan ventilator skrng harus di iccu , kata dokter papa saya harus cuci plasma krn obat yg di berikan tidak Ada perkembangan sedang kan di rs pelni skrng tidak bs cuci plasma, kami sekeluarga bingung dokter menganjurkan Pindah ke rs cipto tetapi iccu di cipto penuh. Saat ini saya mohon bantuan Saran Dan doa untuk papa.. Keadaan papa skrng seperti lumpuh Dan matanya jg sulit URL melihat pernafasannya jg butuh bantuan alat pernafasan.. Mohon Sarannya tmn2... Thx



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY