Yulius Haflan

Peluang Usaha Unik: Foto Pre-Wedding

Senin, 24-09-2007 10:24:46 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Peristiwa

Peluang Usaha Unik: Foto Pre-Wedding

Bukan bermaksud untuk menyinggung-nyinggung mereka yang belum menikah, tapi ritual Pre-Wedding yang satu ini sudah menjadi semacam ‘kewajiban' sebelum pasangan mengucapkan janji setia. Meskipun tidak semua pasangan melakukan sesi foto pre-wedding, namun ternyata jasa yang satu ini ternyata cukup menjanjikan.

Bagi mereka yang sangat hobi dengan fotografi, bisnis macam ini tentu bukan hal sulit untuk dilakukan. Selain memiliki kamera sekelas DSLR, mereka yang hendak menerjuni bisnis ini harus memiliki kemampuan mengolah foto yang baik. Untuk itu, modal awal dari bisnis ini sebenarnya terbilang cukup besar. Selain memiliki kamera yang baik, juga harus ditunjang dengan peralatan fotografi yang lain seperti lampu, tripot, dan perangkat-perangkat fotografi profesional seperti biasanya.

Selain itu, mereka yang terjun dalam bisnis ini harus mampu memberi ide kreatif bagi para pasangan yang menjadi kliennya. Dan hal itu tentu memiliki nilai tantangan tersendiri. Ini disebabkan para klien itu bukanlah para model profesional yang paham bagaimana bergaya di depan kamera. Untuk itulah perlunya ketelatenan dan kesabaran yang lebih untuk menangani para ‘model dadakan' ini. Selain itu, komunikasi yang terbuka dan menerima setiap masukan dari klien merupakan poin penting suksesnya suatu pemotretan.

Yang tidak kalah pentingnya adalah masalah pemilihan tempat pemotretan. Pada umumnya lokasi yang sering dicari oleh para fotografer maupun klien adalah lokasi-lokasi outdoor yang memiliki kesan romance yang kuat. Karena itulah lokasi seperti pulau bidadari, Kebun Raya Bogor (dan tentu halaman Istana Bogor), Kota Tua, hingga alam terbuka seperti di Puncak, pemandangan alam di Bali, dan lainnya merupaka lokasi-lokasi yang mencari oleh para fotografer dan kliennya. Namun juga tidak jarang lokasi-lokasi yang tidak kalah seru seperti di atas gedung bertingkat, air terjun, hingga yang paling ekstrim adalah foto di udara ketika sedang terjun payung!

Semua itu tergantung budget yang dimiliki oleh para kliennya. Kalau memiliki budget pas-pasan, ya cukup pemotretan di tempat-tempat terdekat saja. Namun meski demikian, hasil yang didapat tidak kalah dengan pemotretan di tempat-tempat yang keren. Untuk itu, kreativitas dari fotografernya menjadi kuncinya. Tapi secara umum biaya foto pre-wedding itu mencakup pada ongkos jasa foto (termasuk hasil foto dan foto bingkai ukuran besar), make-up,stylish (pengarah gaya), akomodasi apabila lokasinya cukup jauh, hingga penyediaan kostum bila diperlukan.

Untuk tarif paket pre-wedding tersebut, rata-rata dipatok antara 2 juta hingga 10 juta rupiah. Biasanya tarif segitu sudah lengkap. Namun bukan berarti tidak ada tarif 'PaHe'. Tarif di bawah 1 juta pun sebenarnya bisa didapat, tergantung dari biaya-biaya yang bisa di-reduce, seperti make-up dan penggunaan stylish hingga masalah lokasi yang tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.

Secara umum, bisnis ini cukup menjanjikan. Mungkin yang menjadi hambatan dari bisnis ini adalah penyediaan alat-alat fotografi yang cukup mahal serta persaingan bisnis foto pre-wedding yang cukup sengit. Untuk memulai usaha ini, tentu perlu persiapan yang cukup matang seperti halnya memulai usaha yang lain. Dan yang terpenting adalah jangan cepat menyerah dalam memulai sesuatu yang baru.

Anda tertarik mencobanya?

Sumber foto: http://www.weddingsquare.com/

Bookmark and Share

Tag/Label pre-wedding, menikah, fotografi, yulius, dslr, bogor, bali, stylish, make up, bisnis
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Senin, 24-09-2007 12:49:29 oleh: kasyanto

kalau boleh tau, modalnya kira-kira berapa ya?
terima kasih banyak untuk artikel yang menambah wawasan bisnis ini. :-)




Senin, 24-09-2007 13:01:43 oleh: Yulius Haflan

klo untuk modal, saya perkirakan 30jt-an sudah bisa memulai bisnis ini. Itu sudah termasuk perangkat pendukung fotografi standard. Namun itu bukan patokan yang pasti. Perangkat software pengolah foto saat ini sudah cukup canggih, sehingga hanya dengan berbekal kamera DSLR saja sudah bisa mengolah dan memanipulasi hasil foto sesuai dengan apa yang diinginkan. Lagi-lagi kembali pada daya kreativitas kita nantinya.



Senin, 24-09-2007 15:24:55 oleh: Retty N. Hakim

Yang kecil-kecilan kan juga bisa kan...kata yang ahli foto nih...yang penting fotografernya bukan alat fotonya!

Kalau sudah begitu kan nggak harus yang studio...bisa saja foto di Gedung Arsip atau di Museum Seni Rupa dan Keramik...ada biayanya, ada perizinannya, tanya dulu kesana...

Yang saya heran sekarang semakin modern jadi foto pre wedding makin menjamur ya...padahal zaman dulu sebelum mantenan calon suami pamali ngelihat baju pengantin yang wanita. Boro-boro foto bersama, ada juga dipingit dulu biar nggak bersua...




Selasa, 25-09-2007 10:20:41 oleh: Yulius Haflan

Bener bu retty, kata teman juga cukup peralatan standard foto aja. Toh sekarang aja photoshop dah sangat canggih memanipulasi foto.

Sekarang ini memang pre-wedding itu dah kayak menu wajib sebelum nikah, pdhl pre-wedding itu bukan budaya kita..




Senin, 24-03-2008 11:25:36 oleh: Rochimat uyut

moment itu tdk bisa diulang, jd orang bijak tetap mengabadikan setiap moment. photo akan menjadi "cerita menarik" kala sudah berumur tua. dia (photo) saksi bisu yang tidak bisu. Prewedd kata saya mah kudu alis perlu... biar tambah cool gitu loh asal jgn coolehe.....



Kamis, 06-11-2008 20:34:50 oleh: hayuning purnama

untuk tahun 2009, prediksi usaha di bidang foto khususnya untuk wedding bagaimana?
saya mau memulai usaha ini. Modal saya rasa cukup, tapi saya ingin tahu peluang kedepan.




Jumat, 07-11-2008 08:21:50 oleh: Yulius Haflan

@hayuning,
Utk thn 2009 akan tetap menjanjikan, kuncinya adalah memulainya dan memasarkannya. Cobalah untuk menawari via kerabat dekat atau teman dl.




Jumat, 07-11-2008 08:37:12 oleh: Deny Hendrawan

Mas boleh sharing ....? Kami dari pengajarnya SEO untuk http://fothelart.com mengoptimalkan nya via Google.co.id dengan kata dekorasi pernikahan dan dekorasi perkawinan. Jadi untuk usaha mas bisa menggunakan kata wedding photography dan fotografi perkawinan / pernikahan yang notabene sehatinya sekitar 200 x pencarian di Google.co.id Sehari nya 200 andaikan 1 aja ke teman2 disini pasti MANTAP habis. Sukses ya untuk semuanya dari Dokterpim.com



Kamis, 05-02-2009 08:49:40 oleh: gusti setiawan

ya emnk sih mas fahlan potoshop emnk membuat foto kita jadi bagus... tapi tidak semua orng yang menyukai olding...
dan tidak sedikit pula orng yang tidak menyukai olding...
peralatan menurut saya juga sangat membantu kita...
dengan perelatan yang profesional...
bisa menjadikan kita profesional...
dan karya yang profesional juga...
contohnya pak darwis triadi...
dia adalah photografe yang profesional..
dan dia tidak melakukan olding untuk memperbagus karyanya..
owya mas fahlan...
kita fotografer...
bukan photoshoper...
hehehe...
salam




Kamis, 05-02-2009 09:38:25 oleh: Mira Tj

Betul, pak Darwis Triadi tidak melakukan olah digital pada foto-fotonya, karena dia sudah punya orang khusus yang lebih ahli daripada dia, untuk melakukan editing-editing besar atau kecil pada foto-fotonya. Namanya Angki. Last name-nya lupa. Tapi fotografer-fotografer yang tergabung di grup Darwis banyak pakai dia. Apalagi pak Darwisnya sendiri.



Selasa, 22-12-2009 19:49:13 oleh: abdul aziz

salam kenal mas...rencana aku pengin mlai usaha itu tapi kapasitas kami masih dikampung,mhon sarannya



Rabu, 27-10-2010 22:32:46 oleh: andre

saya tertarik untuk memulai usaha ini, tapi untuk permulaan saya mencoba memotret teman sendiri dengan mengunakan kamera digital biasa yg 10 mega pixel, trus saya edit pake photoshop... menurut anda bagaimana ? mohon sarannya. trima kasih



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY