Berthold Sinaulan

Jari Jempol

Rabu, 12-09-2007 11:12:04 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Gaya Hidup

Jari Jempol Hari: Rabu, 12 September 2007. Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Waktu: sekitar pukul 07.30 WIB. Seorang pengendara motor yang ingin melewati kendaraan penulis dengan cara memotong jalur, karena jalur di depannya agak padat, mengulurkan tangan kirinya dan kemudian memperlihatkan jari jempol tangannya. Begitulah caranya untuk masuk dan memotong jalur jalan yang dilalui kendaraan penulis, dan bukannya dengan menyalakan lampu sein di kendaraannya. Lampu seinnya dibiarkan mati, atau memang benar-benar mati dan tak berfungsi lagi. Entahlah.

Itu bukan yang pertama. Penulis sudah sering mengalami dan melihat, pengemudi kendaraan roda dua, roda empat, bahkan jenis bus kecil dan bus besar, yang bila ingin membelok atau memotong jalur kendaraan lain, pengemudi atau kondekturnya, mengulurkan tangan dan memperlihatkan jari jempolnya. Ini mungkin bisa juga digolongkan ke dalam kelompok keunikan "Only in Indonesia" yang pernah penulis ungkapkan di Wikimu beberapa hari lalu.

Orang lebih senang mengulurkan tangan dan memperlihatkan jari jempolnya daripada menggunakan lampu sein yang sudah tersedia di kendaraan bermotor. Berbalik dengan itu, penulis pernah melihat seorang pengendara sepeda anggota komunitas Bike to Work, justru melengkapi sepedanya dengan lampu sein. Jadi setiap kali dia ingin membelok, dia menyalakan lampu sein yang cukup terang dan mudah terlihat oleh orang lain.

Omong-omong soal jari tangan, penulis jadi teringat pertanyaan yang diajukan seorang kenalan beberapa waktu lalu ketika dia melihat anak-anak bermain di taman dekat rumahnya. Anak-anak bermain "suitan", permainan yang menggunakan jari tangan. Setidaknya ada tiga jari yang digunakan, jari jempol, telunjuk, dan kelingking. Setiap anak harus memperlihatkan salah satu dari tiga jari itu pada waktu yang bersamaan dengan anak lain yang menjadi lawan bermainnya. Jari jempol akan menang lawan telunjuk, telunjuk akan menang lawan jari kelingking, sebaliknya kelingking akan menang lawan jari jempol.

Kenapa begitu? Kabarnya karena jempol melambangkan gajah yang menang melawan manusia yang dilambangkan dengan telunjuk. Manusia menang melawan semut yang dilambangkan dengan kelingking, sebaliknya semut yang dilambangkan dengan kelingking menang melawan gajah yang dilambangkan dengan jari jempol. Semut dapat masuk ke telinga gajah, dan gajah tak bisa berbuat apa-apa, hanya terguling-guling di tanah untuk mengatasi rasa gatal di telinganya. Benarkah itu? Entahlah. Mungkin ada kontributor Wikimu yang dapat lebih menjelaskannya.

Kembali ke permainan suitan. Cara itu juga terkadang dipakai untuk menentukan siapa yang mendapat kesempatan pertama dalam permainan anak-anak lainnya. Yang menang, jalan lebih dulu, begitu istilahnya. Dalam permainan gendong-menggendong, yang menang juga mendapat hadiah digendong oleh temannya sambil berjalan dalam jarak tertentu.

Jempol juga menjadi tanda untuk memuji. Two thumbs up, begitu sering diucapkan. Dua jempol diangkat, pujian untuk suatu hal yang sangat menarik atau dianggap sangat luar biasa. Sebaliknya zaman dulu, seperti ditunjukkan dalam beberapa film, kalau dalam suatu pengadilan yang menghadapkan seorang tertuduh, ada penguasa (kerajaan) memperlihatkan jari jempolnya lalu diarahkan ke bawah, itu berarti sang tertuduh harus dihukum. Bahkan bisa berarti dihukum mati.

Sementara kalau jari telunjuk, sesuai namanya memang untuk menunjuk. Walaupun demikian, bagi orang Jawa atau sebagian suku bangsa lainnya di Indonesia, terkadang lebih sopan bila menunjuk dengan jari jempol. Untuk soal ini, seorang teman setengah bercanda berkata, "Kalau pakai jempol namanya bukan menunjuk lagi, tapi menjempol."

Sedangkan kelingking, kadangkala dipakai sebagai kiasan untuk menunjuk sesuatu yang kecil. Di samping kalau dua anak yang tadinya bermusuhan, saat berbaik kembali mereka juga saling mengait kelingking dengan temannya.

Tapi sungguh, jangan pernah memperlihatkan jari tengah Anda, apalagi menunjukkan jari tengah ke atas, sementara jari lainnya Anda genggam kuat. Itu bisa berarti penghinaan amat sangat, yang digunakan orang-orang yang menggunakan Bahasa Inggris untuk melambangkan satu kata dengan empat huruf diawali huruf F, yang tak pantas diucapkan.

Mengakhiri tulisan ini, sebagai seorang pembina pramuka, izinkan penulis memberikan salam pandu, salam tiga jari telunjuk, tengah, dan jari manis, untuk semua kontributor Wikimu yang memberikan "warna" indah pada dunia jurnalisme warga kita. Salam yang sama juga penulis berikan kepada para "komentator" dan pembaca Wikimu. Itulah salam pandu, salam persahabatan dan persaudaraan yang universal.
Bookmark and Share

Tag/Label jari, jempol, telunjuk, jari tengah, kelingking, jari manis, sepeda motor, indonesia, bike to work, kehidupan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
1 komentar pada warta ini
Jumat, 21-09-2007 16:12:47 oleh: wong semarang nang cibinong

kalo salam metal itu trus piye ya? ada jempol, telunjuk dan kelingking.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY