Yulius Haflan

Biogas: Energi Yang Terlupakan

Senin, 10-09-2007 10:29:15 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Iptek

Biogas: Energi Yang Terlupakan

Hidup di Indonesia ini memang harus kreatif. Maksud saya, kreatif dalam segala hal. Mencari kerja sulit, akhirnya usaha. Mulai dari yang disebut halal hingga yang super haram. Sama juga dengan soal energi. Minyak tanah langka, gantinya kayu bakar. Mau beralih ke gas, paranoid takut meledak. Trus tangkinya mahal banget. Kalau mau beralih ke briket batubara, kayaknya tidak biasa juga. Selain itu nyari yang jual juga susah. Sama susahnya nyari minyak tanah.

Apa tidak ada alternatif energi lain? Ada kok, dan itu namanya biogas. Bagi yang jarang dengar namanya, biogas ini adalah energi alternatif hasil fermentasi dari kotoran organik yang menghasilkan gas metan. Pembuatan dan penggunaan biogas sebagai energi seperti layaknya energi dari kayu bakar, minyak tanah, gas, dan sebagainya sudah dikenal sejak lama, terutama di kalangan petani Inggris, Rusia dan Amerika Serikat. Sedangkan di Benua Asia, tercatat negara India sejak masih dijajah Inggris sebagai pelopor dan pengguna energi biogas yang sangat luas, bahkan sudah disatukan dengan WC biasa.

Setelah dipelajari ternyata dalam menghasilkan biogas tidaklah terlalu sulit dan rumit. Bagi yang berminat untuk memanfaatkan energi alternatif ini, berikut adalah sejumlah cara untuk memproduksi gas yang tidak berbau ini:

  1. Yang pertama dilakukan adalah menyediakan wadah atau bejana untuk mengolah kotoran organik menjadi biogas. Kalau hanya diperuntukkan secara pribadi, cukup menggunakan bak yang terbuat dari semen yang cukup lebar atau drum bekas yang masih cukup kuat. Selain itu perlunya kesediaan kotoran hewan (baik sapi maupun kambing) yang merupakan bahan baku biogas. Kalau sulit mencari kotoran hewan, maka percuma aja. Untuk itu diperlukan survey terlebih dahulu. Atau kalau mau sedikit niat, septik tank bisa dimanfaatkan seperti yang dilakukan di India.
  2. Proses kedua adalah mencampurkan kotoran organik tersebut dengan air. Biasanya campuran antara kotoran dan air menggunakan perbandingan 1:1 atau bisa juga menggunakan perbandingan 1:1,5. Air berperan sangat penting di dalam proses biologis pembuatan biogas. Artinya jangan terlalu banyak (berlebihan) juga jangan terlalu sedikit (kekurangan).
  3. Temperatur selama proses berlangsung, karena ini menyangkut "kesenangan" hidup bakteri pemroses biogas antara 27 - 28 derajat celcius. Dengan temperatur itu proses pembuatan biogas akan berjalan sesuai dengan waktunya. Tetapi berbeda kalau nilai temperatur terlalu rendah (dingin), maka waktu untuk menjadi biogas akan lebih lama.
  4. Kehadiran jasad pemroses, atau jasad yang mempunyai kemampuan untuk menguraikan bahan-bahan yang akhirnya membentuk CH4 (gas metan) dan CO2. Dalam kotoran kandang, lumpur selokan ataupun sampah dan jerami, serta bahan-bahan buangan lainnya, banyak jasad renik, baik bakteri ataupun jamur pengurai bahan-bahan tersebut didapatkan. Tapi yang menjadi masalah adalah hasil uraiannya belum tentu menjadi CH4 yang diharapkan serta mempunyai kemampuan sebagai bahan bakar.
  5. Untuk mendapatkan biogas yang diinginkan, bak penampung (bejana) kotoran organik harus bersifat anaerobik. Dengan kata lain, tangki itu tak boleh ada oksigen dan udara yang masuk sehingga sampah-sampah organik yang dimasukkan ke dalam bioreaktor bisa dikonversi mikroba. Keberadaan udara menyebabkan gas CH4 tidak akan terbentuk. Untuk itu maka bejana pembuat biogas harus dalam keadaan tertutup rapat.
  6. Setelah proses ini selesai, maka selama dalam kurun waktu 1 minggu didiamkan, maka gas metan sudah terbentuk dan siap dialirkan untuk keperluan memasak. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan biogas. Seperti misalnya sifat biogas yang tidak berwarna, tidak berbau dan sangat cepat menyala. Karenanya kalau lampu atau kompor mempunyai kebocoran, akan sulit diketahui secepatnya. Berbeda dengan sifat gas lainnya, sepeti elpiji, maka karena berbau akan cepat dapat diketahui kalau terjadi kebocoran pada alat yang digunakan. Sifat cepat menyala biogas, juga merupakan masalah tersendiri. Artinya dari segi keselamatan pengguna. Sehingga tempat pembuatan atau penampungan biogas harus selalu berada jauh dari sumber api yang kemungkinan dapat menyebabkan ledakan kalau tekanannya besar.

Meskipun demikian, kiranya tidak ada salahnya penggunaan biogas untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga perlu digalakkan. Atau apabila menggunakan konsep yang diterapkan India (kotoran manusia), maka sumber energi ini tidak akan ada habisnya. Untuk penggunaan reaktor biogas yang lebih besar, bisa dilihat di http://manglayang.blogsome.com/ .

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/, http://www.energi.lipi.go.id/

Sumber foto: www.jatropha.de

Bookmark and Share

Tag/Label biogas, kotoran, organik, yulius, india, gas metan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
32 komentar pada warta ini
Kamis, 27-09-2007 12:59:35 oleh: tony

sayang tidak ada gambar foto proses



Kamis, 27-09-2007 13:07:19 oleh: Yulius Haflan

mas tony,

Anda bisa liat proses pembuatan dan gambar2nya di link yang sudah saya sediakan di akhir tulisan. Sebenarnya pengen saya masukkan gambar2nya, tp rada ribet dan gak tau cara2nya.




Senin, 31-12-2007 17:23:44 oleh: hery sutopo

Bpk yg terhormat'
saya ingin tahu lebih detail mengenai cara membuat biogas,instalasi,kompor yang di gunakan. sebelumnya saya ucapkan trimakasih




Kamis, 14-02-2008 18:47:28 oleh: Yulis

Salam,
Saya membutuhkan pencerahan untuk alamat yang bisa dihubungi untuk pemesanan unit pengolah biogas (kotoran sapi).

Terimakasih,
Yulis




Selasa, 19-02-2008 06:58:13 oleh: yuyun irmawati

wah menarik......
boleh minta cara pembuatan biogas secara detail tidak? sekalian gambarnya
termakasih..




Sabtu, 08-03-2008 12:04:44 oleh: wahyudi Purnomo

unutuk biogas sebenarnya bisa di gunakan untuk pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan penampang panggangan ikan yang diberikan api, dan penampang itu akan mutar dan,putar penampang itu disambungkan ke dinamo dan akan menghasilkan listrik dan besarnya listrik tergantung dari besarnya penampang dan besarnya dinamo.



Kamis, 27-03-2008 10:12:02 oleh: ari

saya minta telp dan alamat biar saya lebih mengerti pembuatan biogas

terima kasih

-ari solo-




Selasa, 01-04-2008 20:40:55 oleh: Munir

Mas,....
TAu Bahan Pembuatan Briket Blotong TApi yang dari Kotoran Lembu G?

Plizzz Butuh Buanget Bwat PErcobaan......

tolong kirim ke lik_dexker@yahoo.com




Minggu, 06-04-2008 14:28:10 oleh: Syayma Karimah

thanks so much for this information. I need it for my comprtition. if U have new informaitoin about it please send it to my ID.



Jumat, 18-04-2008 11:43:14 oleh: MUHAMMAD KHAFILDULLOH

bagus dan berguna namun gambar detail pembuatannya yang tidak dipublikasikan beserta cara-cara praktis dan efisiensi peralatan dan biaya.



Kamis, 24-04-2008 02:44:19 oleh: hendi rohendi

sudah bis adimengerti cara pembuatannya, hanya yang belum ngerti, bagaimana cara menyalakan gas dengan api supaya api tidak kenyulut gas yang masih ada ditempat biogas yang utama (kontainer), apakah harus pakai katup pengaman? atau kalau disulut pasti aman, karena tekanan gas yang relatif kecilkah?
Trims




Rabu, 14-05-2008 10:20:34 oleh: dina

Terima kasih karena telah memberikan salah satu alternatif pembuatan gas dan pembagian ide kreatifitas ini. Salut buat bangsa Indonesia ^ ^
Tolong tampilkan cara pembuatan biogas dengan lebih terperinci, supaya saya bisa mengaplikasikannya di rumah sendiri. Disertai pula dengan gambar pembuatannya




Selasa, 20-05-2008 13:32:41 oleh: alim_bellarty

ya menurut saya ide pembuatan Biogas ini cukup menarik.saya tertarik karena saya memiliki ternak sapi dan saya ingin memanfaatkan limbah sapi tersebut.saya berkeinginan coba dalam pembahasan ini jelaskan proses pembuatan biogas secara urut N terperinci,supaya Q bisa bntu2 ortu saya.Thanks before N later N maju trus.




Selasa, 20-05-2008 13:40:19 oleh: arief

baik banget dan menurut saya dalam 100 tahun kebangkitan nasional ini,bangsa kita perlu memanfatkan limbah yang ada,karena sesungguhnya SDA di bumi smakin mnipis jadi kta hrus manfaatkan yg ada gtu for me



Selasa, 27-05-2008 07:45:38 oleh: sondy julianto

saya sangat tertarik karena di tempat saya banyak tersedia kotoran ternak dalam jumlah banyak, saya ingin tau lebih lanjut bagaimana bejana yang dapat menghasilkan gas metan tersebut.



Senin, 02-06-2008 10:12:34 oleh: soleh

saya sangat tertarik untuk pembuatan biogas saya sudah baca artikel tentang biogas sepertinya menarik karena saya ingin mengembangkan nya di tempat saya tinggal untuk saya smapaikan buat masyarakat untuk membuat teknologi biogas ,tolong kirimkan prosedur pembuatan biogas dan gambarreaktor yang aman dan efisien



Kamis, 05-06-2008 09:15:27 oleh: Mustofa

Terima kasih karena telah memberikan salah satu alternatif pembuatan gas dan pembagian ide kreatifitas ini.
Tolong tampilkan cara pembuatan biogas dengan lebih terperinci, supaya saya bisa mengaplikasikannya di rumah sendiri. Disertai pula dengan gambar pembuatannya




Senin, 16-06-2008 13:45:58 oleh: soleh

terima kasih atas informasinya tentang alternatif pembuatan biogas , tolong kirimkan gambar reaktor biogas ke email saya , solehpocis@yahoo.com



Senin, 16-06-2008 13:47:24 oleh: soleh

terima kasih atas informasinya tentang alternatif pembuatan biogas , tolong kirimkan gambar reaktor biogas ke email saya , solehpocis@yahoo.com



Senin, 16-06-2008 13:50:40 oleh: Tristan Prahastyawan

bahannya tersedia, caranya bisa dipelajari, hasilnya bagus. Ini semua orang pasti mau. Terus kok sampai terlupakan. Dimana sebenarnya kendalanya?



Selasa, 05-08-2008 00:40:42 oleh: rasyidin

biogas menarik untuk dikembangkan, selain kotoran hewan apa ada bahan baku lain yang bisa untuk membuat biogas misalnya kalo mau bikin untuk skala besar



Senin, 25-08-2008 19:59:58 oleh: i made wena

artikel ini sungguh sangat berguna ,makasihh yaaach.
apalagi saat pemerintah/pertamina sungguh keterlaluan terus menaikan harga LPG,mungkin m3ereka ngak mikir kalo mereka sedang memimpin bangsa yg sedang sekarat.




Kamis, 04-09-2008 10:03:53 oleh: tino akbar

mas...kalo pake septitank bisa...terus kalo bisa..kira kira lama gak ya mas,,,aku ingin coba ni,tapi mas bisa gak ngasi tau tentang cara pembuatan dan alat2 nya,,saya ucapakan terima kasih...



Kamis, 25-12-2008 06:43:37 oleh: hutwan syarifuddin

Artikel ini sangat berguna untuk menambah wawasan kita dalam menggunakan energi yang ramah lingkungan.
Saya mau tanya dimana tempat membeli plastik polyethilene untuk reaktor biogas dan kompor yang bisa digunakan untuk biogas, serta berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk satu paket biogas yang digunakan untuk satu rumah tangga.

Mohon informasi nya, trim




Sabtu, 31-01-2009 20:41:37 oleh: John

salam
tolong gambarkan yang lengkap cara pembuatannya biogas

THANKS!




Jumat, 06-02-2009 13:39:34 oleh: huda

cara pengukuran suhu dan pH pada awal pemasukan kotoran atau gmn?
kalau ph nya basa atau kurang dari yang diinginkan gmn?demikian juga suhu.thanks




Jumat, 13-03-2009 14:42:56 oleh: Ikhsan Albasar

terima kasih informasinya dan saya sangat mendukung dengan idea anda dimana masyrakat harus beralih pemanfaatan biogas.
Kalo boleh tolong dikirimkan prosedur pebuatan biogas (Gambar) mulai dari awal sampai dengan model kompornya melalui email saya (iccanksemangat@yahoo.com)

Makasih dan semangat untuk memajukan bangsa.




Selasa, 24-03-2009 11:41:57 oleh: hermawan

Dengan Hormat,

mas...tolong alamat untuk menghubungi biogas yang terbuat dari fiber...?
email saya wawanh58@yahoo.co.id
trimakasih




Kamis, 05-11-2009 14:44:35 oleh: DEWO F

tolong minta gambar cara membuatnya.makasih banget ya sebelumnya



Kamis, 24-12-2009 15:38:43 oleh: Ibnu Julaiman

bagaimana caranya dengan kotoran manusia?karna ketiadaan kotoran lembu ditempat saya.




Jumat, 19-03-2010 20:27:39 oleh: aris

gmana sih caranya buat biogas dengan sampah organik?



Minggu, 11-07-2010 10:37:40 oleh: gresta

sya kurang mengerti soal bio gas yang teulah die pergunakan dan hasil nya tidak berhasil dan saya ingin cara pembuatanya yang akuran dan sesuai die gambar ya



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY